Friday, November 15, 2013

BELAJAR IPA

IPA pada hakikatnya meliputi empat unsur utama yaitu:

  1. Sikap: rasa  ingin tahu tentang benda, fenomena alam, makhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru  yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar IPA  bersifat open ended; 
  2. Proses: prosedur  pemecahan masalah  melalui metode ilmiah; metode ilmiah meliputi penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen atau percobaan, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan
  3. Produk: berupa fakta, prinsip,  teori, dan hukum
  4. Aplikasi: penerapan metode ilmiah dan konsep IPA  dalam kehidupan sehari-hari.
Empat  point atau unsur utama IPA ini seharusnya muncul  dalam pembelajaran IPA.

Jadi Pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan
Metode  Discovery, metode pembelajaran yang menekankan pola dasar:

  1. melakukan pengamatan
  2.  menginferensi
  3. dan mengomunikasikan/menyajikan.
Pola dasar ini dapat dirinci dengan melakukan pengamatan lanjutan dengan

  1. mengumpulkan data
  2. menganalisis datta
  3. dan menarik kesimpulan.
Di dalam pembelajaran IPA, peserta didik didorong untuk

  1.  menemukan  sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks
  2. mengecek informasi  baru dengan aturan-aturan lama di dalam pikirannya
  3. dan merevisinya apabila  aturan-aturan itu tidak lagi sesuai.
Pandangan dasar tentang pembelajaran  Discovery ini  mau dikatakan bahwa
1.       pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik.
2.       Peserta didik harus didorong untuk mengonstruksi pengetahuan di dalam pikirannya. Agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan
3.       Peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan  masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan bersusah payah dengan ide-idenya.
Tentu sebagai Guru  dalam  pembelajaran Discovery ini diharapkan
  1. Dapat memberikan kemudahan untuk proses ini
  2. Dengan memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan atau menerapkan ide-ide mereka sendiri
  3. Dan mengajar peserta didik menjadi sadar dan secara sadar  menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar.
  4. Guru dapat memberi  peserta didik anak tangga yang membawa mereka ke pemahaman yang lebih tinggi, dengan catatan peserta didik sendiri yang harus memanjat anak tangga tersebut.
Sedang sebagai Peserta didik atau Siswa  memahami pembelajaran discovery ini  sebaikiknya

  1. harus bergeser dari “diberi tahu” menjadi “aktif mencari tahu”.
  2. Peserta didik harus didorong sebagai “penemu dan pemilik” ilmu, bukan sekedar pengguna atau penghafal pengetahuan.
  3. Di dalam pembelajaran IPA, peserta didik membangun pengetahuan  bagi dirinya.
  4. Bagi peserta didik siswa sebaiknya diketahui bahwa pengetahuan yang ada di benaknya bersifat dinamis, berkembang dari sederhana menuju kompleks, dari ruang lingkup  dirinya dan di sekitarnya menuju ruang lingkup yang lebih luas, dan dari yang bersifat konkrit menuju abstrak.

Sebagai manusia yang sedang berkembang, peserta didik telah, sedang, dan akan mengalami empat tahap perkembangan intelektual, yakni

  1. sensori motor
  2. pra-operasional
  3. operasional konkrit
  4. operasional formal.
Untuk  anak anak yang muda umumnya berada pada fase  peralihan dari operasional konkrit menuju operasional formal.
Ini berarti,  pembelajaran IPA telah dapat diterapkan  karena siswa sudah dapat diajak berpikir secara abstrak, misalnya

  1. sudah mampu melakukan analisis
  2. sudah bisa inferensi
  3. sudah bisa membuat  kesimpulan
  4. sudah mampu menggunakan penalaran deduktif dan induktif, dan lain-lain
Namun demikian seharusnya berangkat/dimulai dari situasi yang nyata dulu. Oleh karena itu, kegiatan pengamatan dan percobaan memegang peran penting dalam pembelajaran IPA, agar pembelajaran IPA  tidak sekedar pembelajaran hafalan.

Fungsi mental yang lebih tinggi pada umumnya muncul  dalam percakapan  atau kerja sama antarindividu sebelum fungsi mental yang lebih tinggi itu terserap ke dalam individu tersebut.
Jadi, pembelajaran terjadi apabila peserta didik bekerja atau belajar menangani tugas-tugas yang belum dipelajari namun tugas-tugas itu masih berada dalam jangkauan kemampuannya.

Peran guru dalam pembelajaran adalah memberikan tugas menantang  berupa permasalahan yang harus dipecahkan peserta didik.
Pada saat tugas  itu diberikan, peserta didik belum menguasai cara pemecahannya, namun dengan berdiskusi dengan temannya dan bantuan guru, tugas tersebut dapat diselesaikan.
Dengan menyelesaikan tugas tersebut, kemampuan-kemampuan  dasar untuk menyelesaikan tugas itu akan dikuasai peserta didik.
Guru IPA harus memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berdiskusi dan berbagai bentuk kerja sama lainnya untuk menyelesaikan tugas itu.
Selain  itu, guru memberikan sejumlah besar bantuan kepada peserta didik selama  tahap-tahap awal pembelajaran. 
Selanjutnya peserta didik mengambil alih  tanggung-jawab yang semakin besar segera setelah ia dapat melakukannya.
Bantuan yang diberikan guru tersebut dapat berupa

  1. petunjuk
  2. peringatan
  3. dorongan
  4. menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan,
  5. memberikan contoh
  6. atau apapun yang lain yang memungkinkan peserta didik tumbuh mandiri.
Sekali lagi, bantuan tersebut tidak bersifat “memberitahu secara langsung” tetapi “mendorong peserta didik untuk mencari tahu”.

OK  sebagai penutup Jika semua itu bisa diterapkan dapat diyakini anak indonesia tidak lagi menjadi Follower seperti yang terlihat sekarang ini namun dipastikan akan bisa sebagai Trendsetter dalam segala bidang.

Tidak hanya user yang terlihat sekarang namun sebagai seorang yang malu jika ia hanya bisa sebagi pengguna namun tidak sebagai pencipta . Rasanya memang malu melihat motor mobil , hp , dan sepertinya semua benda sampai pangan hahaha begitu banyak tersebar di negaraku semua produk  negara lain. Hal seperti ini bisa dikatakan mana Program mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan pendahulu kita sebagai pejuang yang berdarah darah hanya kita ingin merdeka tidak dijajah .    

Tuesday, November 12, 2013

SOAL UJIAN NASIONAL KELAS 12 IPA BIOLOGI LATIHAN 1

SOAL

1. Pupuk buatan yang digunakan secara berlebihan untuk meningkatkan produktifitas pertanian terbukti telah mengakibatkan pengaruh buruk terhadap perairan danau di sekitar lahan. Air danau yang keruh karena pertumbuhan ganggang yang tak terkendali akan menyebabkan ....
A. Turunnya kadar oksigen
B. Matinya fauna perairan
C. Membusuknya ganggang yang berada lebih dalam
D. Timbulnya racun yang bisa mematikan ikan-ikan
E. Terhalanginya cahaya matahari sehingga mengganggu fotosintesis

2. Perhatikan gambar beberapa jamur berikut ini:
Jamur berperan mengubah bahan mentah menjadi bahan yang bernilai ekonomis lebih tinggi. Pada pembuatan tape dan tempe dibutuhkan jamur nomor....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
E. 4 dan 5

3. Bakteri memiliki peranan menyuburkan tanah sehingga meningkatkan produktifitas pertanian. Rhizobium adalah salah satu contoh bakteri yang bisa meningkatkan kesuburan tanah dengan cara menambat nitrogen bebas dari udara. Bakteri ini bersimbiosis dengan....
A. Oryza sativa
B. Soja max
C. Coccos nucifera
D. Zea mays
E. Musa paradisiaca

4. Perhatikan gambar hewan berikut ini!

Berdasarkan ciri-cirinya, keduanya termasuk dalam satu kelompok hewan pada tingkatan takson….
A. Kingdom
B. Filum
C. Sub-filum
D. Kelas
E. Famili

5. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam hayati khususnya tumbuhan. Namun demikian, pertambangan mineral dan minyak telah banyak menimbulkan kerusakan hutan. Hal yang paling tepat untuk mengatasi dampak negatif pertambangan adalah….
A. Reklamasi lahan bekas tambang
B. Pengaturan dan ijin pertambangan yang sangat ketat
C. Pelarangan pertambangan di area hutan
D. Hanya mengijinkan pertambangan lepas pantai
E. Pembatasan perusahaan tambang

6. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri:
  • Batang beruas-ruas
  • Batang membesar terbatas
  • Daun berbentuk lembaran berlekuk dalam
  • Tulang daun menjari 
Tumbuhan tersebut termasuk dalam kelompok….
A. Dicotyledoneae
B. Monocotyledoneae
C. Spermatophyta
D. Gymnospermae
E. Angiospermae

7. Perhatikan daur hidup cacing hati berikut ini!
Nomor 1 dan 2 adalah….
A. Serkaria dan metaserkaria
B. Redia dan serkaria
C. Mirasidium dan redia
D. Sporokis dan mirasidium
E. Redia dan metaserkaria

8. Perhatikan ciri-ciri hewan berikut ini!
  • Tubuh berambut
  • Berdarah panas
  • Ruang jantung ada 4 (empat)
Hewan tersebut termasuk dalam kelompok….
A. Pisces
B. Amphibia
C. Reptil
D. Aves
E. Mamalia

9. Dalam suatu ekosistem darat terdapat makhluk hidup berikut ini:
  1. Rumput
  2. Belalang
  3. Burung pemakan biji
  4. Burung pemakan belalang
  5. Kambing
Bila ekosistem tersebut tercemar pestisida, maka komponen manakah yang dalam tubuhnya paling banyak mengandung residu pestisida?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

10. Perhatikan daur nitrogen berikut ini!
Masuknya nitrogen ke dalam ekosistem merupakan proses….
A. Pencernaan
B. Sintesis protein
C. Nitrifikasi
D. Denitrifikasi
E. Fiksasi

11. Dari suatu sampel air sungai didapat konsentrasi Escericia coli yang melebihi ambang batas. Hal itu menunjukkan bahwa perairan tersebut tercemar oleh….
A. Sampah pasar
B. Limbah pabrik
C. Limbah sawah
D. Tinja
E. Lumpur

12. Perhatikan gambar sel berikut ini!
Proses respirasi sel merupakan proses penting untuk menyediakan energi yang dibutuhkan oleh aktivitas seluler. Proses tersebut terjadi pada organel nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

13. Struktur dwi lapis fosfolipid terdiri atas molekul fosfat dan lemak. Kedua molekul tersebut memiliki sifat terhadap air secara berurutan yaitu….
A. Hidrofilik dan higrofilik
B. Hidrofobik dan higrofilik
C. Hidrofobik dan hidrofilik
D. Hidrofilik dan hidrofobik
E. Hidrofilik dan higrofobik

14. Suatu bagian tumbuhan bersifat sangat keras yang berfungsi melindungi biji atau buah dari kerusakan. Jaringan ini berwarna gelap. Jaringan tersebut tersusun atas sel-sel….
A. Parenkim
B. Aerenkim
C. Sklerenkim
D. Kolenkim
E. Palisade

15. Sambungan antar tulang pada tengkorak bayi tidak sempurna waktu bayi dilahirkan padahal tulang tengkorak berfungsi melindungi otak. Hal itu dimaksudkan agar….
A. Otak bayi leluasa berkembang
B. Pembuluh darah otak bisa tumbuh dengan normal
C. Memudahkan proses melahirkan
D. Besar kepala bayi seimbang
E. Gerakan bayi normal

16. Peredaran darah berfungsi mengangkut karbondioksida ke seluruh tubuh. Pembuluh darah yang paling kaya akan karbondioksida adalah….
A. Arteri pulmonalis
B. Aorta
C. Vena aferen
D. Vena pulmonalis
E. Vena porta hepatica

17. Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut ini!
Pencernaan karbohidrat terjadi di bagian nomor….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 1 dan 5
D. 1 dan 6
E. 5 dan 6

18. Saluran pernafasan manusia mengandung tulang rawan hialin. Hal tersebut bertujuan untuk….
A. Memudahkan aliran udara
B. Mempertahankan bentuk saluran
C. Melindungi bagian dalam saluran
D. Menjaga kesehatan saluran
E. Memisahkan dengan saluran pencernaan

19. Perhatikan gambar nefron berikut ini!

Air seni seorang pasien mengandung protein. Selain itu, air seninya juga berwarna merah. Hal itu bisa disebabkan kelainan pada bagian nefron nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

20. Perhatikan gambar anatomi mata berikut ini!
Agar seseorang dapat melihat dengan jelas, cahaya harus difokuskan oleh bagian nomor …. dan diatur intensitasnya oleh bagian nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
E. 4 dan 3

21. Perhatikana gambar organ reproduksi berikut ini!

Pertemuan sperma dan sel telur serta pelepasan sel telur terjadi di bagian nomor …. dan ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 4 dan 2
D. 4 dan 3
E. 5 dan 3

22. Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan berlapis dari kulit hingga sel darah putih. Sebagian besar kuman akan mati bila melewati sistem pencernaan. Hal tersebut disebabkan oleh….
A. Ludah bersifat membunuh semua kuman
B. Panas tubuh melemahkan kuman
C. Lambung bisa mencerna kuman
D. Gerak peristaltik menghancurkan kuman
E. Kuman memasuki daerah anaerob

23. Biji kacang hijau ditanam di tempat gelap menunjukkan gejala pertumbuhan sangat cepat. Namun demikian, bila ujung tanaman diputus/digunting kemudian pertumbuhannya melambat. Pernyataan yang sesuai dengan hal tersebut adalah….
A. Hormon auksin memacu pertumbuhan kecambah untuk mencari cahaya
B. Hormon auksin tidak terganggu aktifitasnya karena keadaan gelap
C. Ujung tanaman yang digunting menormalkan kembali konsentrasi auksin
D. Hormon auksin mempercepat pertumbuhan dan diproduksi diujung tanaman
E. Tanaman mengalami etiolasi karena tumbuh di tempat yang kurang cahaya

24. Berikut ini adalah grafik kecepatan reaksi enzim pepsin terhadap pH.

Dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa….
A. Pepsin dipengaruhi oleh pH
B. Pepsin merupakan suatu protein
C. Pepsin bekerja pada lingkungan asam
D. Pepsin mencerna protein
E. Pepsin bekerja di lambung

25. Berikut ini adalah tabel katabolisme glukosa, tempat, dan hasilnya.

26. H2O yang dihasilhan oleh respirasi aerob berasal dari ….
A. Glikolisis
B. Dekarboksilasi oksidatif
C. Siklus Krebs
D. Perubahan NADH menjadi FADH
E. Rantai transfer elektron

27. Oksigen yang dihasilkan oleh fotosintesis berasal dari….
A. Air
B. Glukosa
C. Karbondioksida
D. Udara
E. Tanah

28. Respirasi anaerob pada otot akan menimbulkan penimbunan asam laktat. Reaksi ini berlangsung jika….
A. Otot mengalami kelelahan
B. Otot bekerja keras
C. Otot mengalami kekurangan suplai oksigen
D. Otot kelebihan karbondioksida
E. Terjadi keracunan asam laktat

29. Informasi genetis DNA akan diterjemahkan menjadi RNA duta. Tidak semua informasi genetis DNA diterjemahkan menjadi RNA duta. Rantai DNA yang diterjemahkan menjadi RNA duta adalah….
A. Rantai sense
B. Rantai anti-sense
C. Rantai intron
D. Rantai ekson
E. Kodon

30. Berikut ini adalah tahapan sistesis protein.
  1. DNA membentuk RNA duta
  2. Polipeptida terbentuk
  3. Ribosom membaca informasi RNA duta
  4. RNA duta meninggalkan inti sel
  5. Asam amino berjajar sesuai informasi RNA duta
  6. RNA duta menempel di ribosom
  7. RNA transfer menuju ribosom dengan membawa asam amino
  8. RNA duta mengalami pematangan
Urutan translasi yang benar adalah…..
A. 6-4-8-5
B. 6-3-7-4
C. 6-3-7-6
D. 6-3-7-2
E. 6-8-4-7

31. Pada peristiwa spermatogenesis, setiap 1 spermatogonium yang mengalami meiosis akan membentuk ...
A. 1 spermatosit
B. 2 spermatosit primer
C. 2 spermatosit sekunder
D. 2 spermatid
E. 2 spermatozoa

32. Perkawinan seorang laki-laki bergolongan darah A heterozigot dengan seorang perempuan bergolongan darah B homozigot, maka kemungkinan golongan darah anak-anaknya adalah …
A. A dan B
B. A dan AB
C. AB dan O
D. B dan AB
E. A, B, AB dan O

33. Kuning dalam keadaan homozigot letal (KK), perkawinan tikus jantan berbulu kuning (Kk) dengan tikus betina berbulu kuning (Kk) mempunyai 89 anak yang semuanya sudah beranjak dewasa. Perbandingan fenotif tikus-tikus tersebut adalah …
A. Kuning : hitam = 1 : 1
B. Kuning : hitam = 2 : 1
C. Kuning : hitam = 3 : 1
D. Kuning : hitam = 1 : 2
E. Kuning : hitam = 1 : 3

34. Seorang lagi-laki albino menikah dengan perempuan yang ayahnya albino. Kemungkinan lahir anak albino dari pasangan tersebut adalah….
A. 0%
B. 25%
C. 33,33%
D. 50%
E. 75%

35. Perhatikan bahan-bahan ini!
  1. kolkisin
  2. digitonin
  3. asam askorbin
  4. nitrat
  5. temperatur
  6. sinar rontgen
Bahan-bahan kimia yang bersifat mutagenik adalah …
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5
E. 4, 5, 6

36. Pernyataan yang sesuai dengan percobaan Harold Urey adalah…
A. Halilintar mengubah gas-gas dan uap air menjadi asam amino
B. Sinar matahari memicu reaksi kimia berantai yang menghasilkan asam amino
C. Bumi masih panas memungkinkan terjadinya percepatan reaksi kimia
D. Gas-gas sangat pekat terkonsentrasi sehingga mudah bereaksi
E. Air masih mendominasi sehingga menjadi tempat penampungan hasil reaksi

37. Pernyataan yang sesuai dengan pendapat Charles Darwin mengenai evolusi adalah….
A. Kupu-kupu berubah hitam setelah revolusi industri di Inggris
B. Kupu-kupu putih berkurang populasinya setelah revolusi industri di Inggris
C. Jerapah berleher pendek mengembangkan kemampuan untuk menjangkau akanan di pohon
D. Paruh burung finch berubah sesuai dengan habitat dan makanannya
E. Kuda masa kini berasal dari nenek moyang kuda yang bertubuh kecil

38. Rekayasa genetika dengan mengadakan perubahan pada DNA menggunakan enzim penyambung molekul DNA yaitu….
A. Restriksi
B. Restruksi
C. Ligase
D. Revertase
E. Sintetase

39. Beberapa aplikasi bioteknologi adalah sebagai berikut:
  1. Pembuatan tempe menggunakan Rhizopus sp.
  2. Menghasilkan insulin dengan E. coli
  3. Fermentasi alkohol
  4. Produksi vaksin flu burung
  5. Home industry kecap
Kegiatan yang merupakan aplikasi bioteknologi modern adalah….
A. 2, 3
B. 2,4
C. 2,5
D. 3, 4
E. 3, 5

40. Dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah….
A. Jenis unggul bisa mengurangi ketahanan jenis lokal terhadap serangan Penyakit
B. Kapas hasil rekayasa genetika mengancam populasi kapas lokal
C. Bibit kedelai hasil rekayasa bisa menyebabkan resistensi hama karena pestisida
D. Produktifitas tinggi jenis unggul bisa mengurangi kesuburan tanah
E. Penggunaan jenis unggul bisa mengurangi ketersediaan air tanah

TRY AGAIN
















TRY AGAIN










Support web ini

BEST ARTIKEL