Monday, December 23, 2013

SOAL BIOLOGI KELAS X SEMESTER 1 DAN 2

SOAL yang saya upload ini sering keluar dalam ujian maupun ulangan harian maka lebih baik dipelajari dan siapa tahu akan berguna mungkin keluar dalam UN , ataupun test SBMPTN

SOAL


1. Biologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang ....
a. keberadaan jaring-jaring kehidupan di Bumi
b. seluruh makhluk hidup yang sekarang ada
c. hubungan antara produsen dan konsumen
d. makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
e. arti dan keseimbangan alam

2. Perbedaan ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada ....
a. pengetahuan memiliki objek tanpa metode, sedangkan ilmu memiliki objek sekaligus memakai metode tertentu
b. pengetahuan didapat tanpa sengaja dari objek, sedangkan ilmu didapat dari objek tertentu dengan menggunakan metode khusus
c. pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada masalah
d. pengetahuan didapat melalui penelitian terencana, sedangkan ilmu tidak
e. ilmu memiliki metode dan objek, sedangkan pengetahuan tidak

3. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya membutuhkan alat bantu yang berupa mikroskop, di antaranya ....
a. organ
b. sel saja
c. bioma dan biosfer
d. organel, sel, dan jaringan
d. atom dan molekul

4. Hal pokok yang membedakan antara biologi dengan ilmu yang lainnya yaitu ....
a. pengetahuan yang mendasari
b. metode yang digunakan
c. objek materialnya
d. objek formalnya
e. objek dasarnya

5. Objek material yang dikaji dalam bidang biologi yaitu ....
a. makhluk hidup dan tak hidup
b. makhluk hidup dan yang pernah hidup
c. mikroorganisme dan makroorganisme
d. makhluk hidup dan jasad renik
e. makhluk hidup saja

6. Salah satu kegunaan biologi yang paling mendasar dalam kehidupan manusia yaitu ....
a. munculnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan dirinya dan makhluk lainnya
b. kian bertambahnya manusia yang suka dengan ilmu biologi
c. munculnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung dalam berbagai kehidupan
d. dapat mengurangi dan meredakan masalah yang ada di lingkungan
e. makin  banyaknya jumlah penemuan biologi

7. Sejumlah upaya untuk meningkatkan hasil pangan di antaranya yaitu dengan melakukan penyilangan berbagai varietas padi guna memperoleh bibit unggul. Cabang biologi yang mempelajari hal ini yaitu ....
a. ekologi
b. genetika
c. fisiologi
d. morfologi
e. anatomi

8. Berikut ini adalah manfaat mempelajari biologi secara moral, kecuali ....
a. peduli terhadap keberadaan makhluk hidup yang ada di sekitarnya
b. berani memanfaatkan hutan dengan seenaknya
c. dapat bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
d. tak mudah percaya dengan hal-hal mistis
e. dapat memanfaatkan SDA secara bijaksana

9. Mekanisme pergerakan otot yang dipelajari dalam ilmu fisiologi gerak termasuk cabang biologi yang juga melibatkan ilmu lainnya, yaitu ....
a. fisika dan geofisika
b. statistik dan ekologi kimia
c. fisika dan kimia
d. matematika dan kimia
e. fisika dan matematika

10. Cabang bioloi yang mempelajari tentang ciri dan kehidupan tumbuhan yaitu ....
a. sitologi
b. histologi
c. mikrobiologi
d. botani
e. zoologi

VIRUS

1. HIV yang merupakan virus penyebab AIDS dapat mengakibatkan orang yang terkena infeksi virus tersebut mengalami ....
a. penurunan kadar eritrosit
b. penurunan sistem kekebalan
c. peningkatan trombosit
d. kerusakan hati dan limpa
e. peningkatan leukosit

2. Sifat virus yang membuktikan ciri sebagai makhluk hidup yaitu kemampuannya untuk ....
a. gerakan yang aktif
b. memasuki jaringan
c. dapat dikristalkan
d. mengikat oksigen
e. menduplikasi diri

3. Vaksin yang bisa diberikan melalui mulut yaitu vaksin untuk mencegah penyakit ....
a. cacar
b. polio
c. rabies
d. trakom
e. demam berdarah

4. Para ahli sains telah menemukan cara menyatukan bakteriofaga dengan menggunakan lapisan protein dari faga T2 dan DNA dari fage T4. Jika faga gabungan tersebut menginfeksi bakteri, maka faga yang dihasilkan oleh sel inang akan mempunyai ....
a. protein dan DNA dari faga T4
d. protein dan DNA dari faga T2
c. campuran anatra DNA dan protein dari faga
d. protein dari faga T4 dan DNA dari faga T2
e. protein dari faga T2 dan DNA dari faga T4

5. Penyakit pada sapi yang diakibatkan oleh virus yaitu ....
a. tetelo
b. surro
c. kuku dan kulit
d. tungro
e. antraks

6. Medium yang paling cocok untuk menumbuhkan virus yaitu ....
a. ekstrak agar-agar yang ditambah dengan glukosa
b. embrio tikus putih yang sudah mati
c. embrio ayam yang masih hidup
d. telur ayam busuk
e. agar-agar

7. Salah satu sifat virus yaitu ....
a. selnya berbentuk coccus
b. dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya
c. hanya menginfeksi sel yang mempunyai protein yang cocok
d. mempunyai organel sel dan inti sel
e. mampu hidup pada sel hidup dan tidak hidup

8. Virus dapat dikatakan sebagai benda mati karena ....
a. tidak mempunyai DNA atau RNA
b. melakukan tahapan replikasi
c. struktur tubuh tidak mempunyai nukleus seperti halnya makhluk hidup yang lainnya
d. dapat dikristalkan
e. sangat kecil dan tidak mampu bereproduksi

9. Aedes aegypti merupakan virus penyebab penyakit ....
a. influenza
b. demam berdarah
c. polio
d. AIDS
e. SARS

10. Berikut ini yang yang termasuk manfaat virus yaitu ....
a. pembuatan vaksin
b. pembuatan insulin
c. anti bakterial
d. a, b, dan c benar
e. a, b, dan c salah

MONERA

1. Berikut ini penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu ....
a. TBC, polio, dan virus
b. sifilis, tipus, dan lepra
c. pes, cacar, dan disentri
d. polio, cacar, dan trakhom
e. polio, tipus, dan TBC

2. Acetobacterium xylinium berperan dalam proses fermentasi ....
a. yoghurt
b. mentega
c. tape
d. nata de coco
e. kecap

3. Reproduksi bakteri secara generatif berlangsung melalui 4 tahapan, antara lain ....
a. transformasi, transduksi, induksi, dan konjugasi
b. plasmid, konjugasi, replikasi, dan induksi
c. konjugasi, plasmid, replikasi, dan transformasi
d. transformasi, induksi, konjugasi, dan plasmid
e. transformasi, konjugasi, transduksi, dan plasmid

4. Bakteri yang mempunyai seberkas flagella pada salah satu kutubnya termasuk dalam kelompok ....
a. atrik
b. peritrik
c. lofotrik
d. amfitrik
e. monotrik

5. Bakteri penyebab kolera berbentuk ....
a. streptococcus
b. diplococcus
c. vibrio
d. coccus
e. bacillus

6. Bakteri yang terdapat dalam usus manusia dan berperan dalam pembusukkan sisa makanan yaitu ....
a. Streptomyces venezuele
b. Escherichia coli
c. Lactobacillus bulgaricus
d. Nitrosomonas
e. Acetobacterium

7. Proses transfer DNA dalam tahapan reproduksi bakteri disebut ....
a. transformasi
b. transduksi
c. konjugasi
d. plasmid
e. induksi

8. Berikut ini bakteri yang bukan termasuk bakteri gram positif yaitu ....
a. Micrococcus
b. Aerococcus
c. Pediococcus
d. Leuconostoc
e. Aeromonas

9. Suatu bakteri memiliki flagella masing-masing satu pada kedua ujungnya. Bakteri tersebut tergolong ke dalam kelompok bakteri ....
a. peritrik
b. lofotrik
c. amfitrik
d. monotrik
e. tidak ada pilihan jawaban yang tepat

10. Bagian bakteri yang berfunsi sebagai alat gerak yaitu ....
a. kapsul
b. pilus
c. flagel
d. ribosom
e. membran sel

11. Persamaan dari kelompok bakteri Eubacteria dan Archaebacteria adalah ....
a.   mempunyai dinding sel
b.  jumlah sel banyak
c.   mempunyai organel sel
d.  bergerak aktif
e.  tidak mempunyai dinding sel

12. Kelompok bakteri yang mendapat julukan ”nenek moyang bakteri” adalah ....
a.   Archaeobacteria
b.  bakteri ungu
c.   Eubacteria
d.  bakteri biru
e.  Cyanobacteria

13. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari kingdom Monera adalah ....
a.   selnya prokariot
b.  tidak memiliki organel sel
c.   tidak memiliki membran inti
d.  berkembang biak secara mitosis
e.  selnya eukariot

14. Ani mengamati ganggang biru. Dari pengamatannya, dia menemukan tanda-tanda ganggang biru sebagai berikut: dapat bergerak, berbentuk benang, dan mempunyai sel yang pipih. Dengan demikian, dia berkesimpulan bahwa ganggang biru ini adalah ....
a.   Ochromonas
b.  Anabaena
c.   Nostoc
d.  Chroococcus
e.  Oscillatoria

15. Bakteri yang dapat menambat nitrogen di udara adalah ....
a.   Oscillatoria sp.
b.  Stigonema sp.
c.   Nostoc comunae
d.  Eleocapsa
e.  Rivularia sp.

16. Persenyawaan antara polisakarida dan protein yang merupakan penyusun dinding sel bakteri disebut
a.   mikrobakteri
b.  makrobakteri
c.   bakteriofag
d.  makrobakteriofag
e.  peptidoglikon

17. Proses menempelnya dua sel untuk memindahkan materi genetik antara kedua sel itu disebut ..
a.   fertililisasi
b.  konjugasi
c.   injeksi
d.  adsorpsi
e.  perakitan

18. Bakteri yang mampu mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik yang diperlukan oleh tubuh disebut bakteri ....
a.   bakteri autotrof
b.  bakteri anaerob
c.   bakteri heterotrof
d.  bakteri gram negatif
e.  bakteri aerob

19. Makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga bahan makanan diperoleh dari makhluk hidup lain atau lingkungannya adalah ....
a.   autotrof
b.  anaerob
c.   heterotrof
d.  bakteri
e.  aerob

20. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuktikan bahwa bakteri
adalah suatu benda yang hidup dapat dilakukan dengan ....
a.   mengamati unsur-unsur kimia tubuhnya
b.  membiakkan pada medium yang sesuai
c.   mengamati mikroskop elektron bentuk struktur bakteri
d.  mengamati mikroskop elektron ternyata bakteri mempunyai DNA
e.  mengamati dengan mikroskop bahwa bakteri bernapas

21. Salah satu bakteri yang menguntungkan, antara lain mampu mengikat nitrogen yang hidupnya bersimbiosis dengan polong-polongan, yaitu ....
a.   Rhizobium
b.  Azotobacter
c.   Nitrobacter
d.  Nitrosomonas
e.  Agrobacterium

22. Perhatikan gambar di samping!

Gambar tersebut adalah bentuk sel bakteri, bagian A adalah ....
a.   flagela
b.  sitoplasma
c.   mesosom
d.  DNA
e.  Kapsul

23. Perhatikan gambar di samping!
Gambar endospora ditunjukkan nomor ....
a.   1
b.  2
c.   3
d.  4
e.  5

24. Bakteri yang menyebabkan penyakit yang disebut raja singa adalah ....
a.   Neisseria meningitis
b.  Veillonella parvula
c.   Micrococcus denitrificans
d.  Neisseria gonorrhoeae
e.  Bacillus subtilis

25.  Yoghurt adalah minuman yang memiliki gizi yang cukup tinggi, bakteri yang berperan dalam pembuatan minuman ini adalah ....
a.   Escherichia coli
b.  Azetobacter chroococcum
c.   Lactobacillus bulgaricus
d.  Streptococcus pyogenes
e.  Acetobacter xylinum

26. Perhatikan bentuk bakteri dibawah ini!

Nama bentuk koloni bakteri di atas adalah ...
a. Monobacil
b. Diplococcus
c. sarcina
d. diplobasil
e. streptobasil

27. Dinding sel bakteri memiliki struktur yang disebut ...
a. selubung lendir
b. kapsid
c. peptidoglikan
d. lipoprotein
e. fosfolipid

28. Bakteri halofil merupakan bakteri yang dapat hidup pada lingkungan ekstrin yang sangat ...
a. panas
b. Dingin
c. Asin
d. asam
e. manis

29. Perkembangbiakan bakteri secara konjugasi dilakukan dengan tujuan ...
a. memperbanyak diri
b. melestarikan jenisnya
c. membentuk variasi genetik
d. Memecah diri
e. Menyebabkan penyakit

30. Bakteri yang menyebabkan penyakit raja singa (Gonosshoe) adalah ...
a. Neischeria gonorrhoe
b. Treponema palidum
c. Bacilus antrachis
d. Vibrio cholerae
e. Escherisia coli

PROTISTA

1. Organel yang terdapatpada sitoplasma protozoa air tawar yang fungsinya sebagai osmoregulasi yaitu ....
a. vakuola makanan
b. vakuola kontraktil
c. plasmogel
d. selaput plasma
e. plasmasol

2. Berikut ini beberapa ciri-ciri alga:
1) Pembiakan generatif dengan fragmentasi.
2) Pembiakan vegetatif menghasilkan spora.
3) Setiap sel berisi kloroplas yang berbentuk pita spiral.
4) Tubuh tidak bercabang, kloroplas seperti jala.
5) Bentuk tubuh seperti benang.

Yang termasuk ciri-ciri Spyrogyra sp. yaitu ....
a. 1-2-3
b. 2-4-5
c. 2-3-4
d. 2-3-5
e. 3-4-5

3. Seorang siswa mengambil sampel berupa air kolam, lalu mengamatinya di bawah mikroskop. Dari hasil pengamatannya, ia menemukan organisme yang memiliki cici-ciri sebagai berikut:
1) tubuh bersel tunggal,
2) bergerak cepat, dan
3) tubuh bersel tunggal.

Organisme yang memiliki ciri-ciri tersebut yaitu ....
a. Foraminifera
b. Sporozoa
c. Flagellata
d. Ciliata
e. Rhizopoda

4. Penyebab penyakit malaria adalah Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Cara pencegahan dan pengobatan penyakitan ini bisa dengan melakukan ....
a. pemberantasan secara biologis obat-obatan antiseptik
b. penyemprotan dengan larvasida dan vaksinasi
c. menggunakan kelambu pada tempat tidur dan vaksinasi
d. mengeringkan rawa dan obat-obatan kimia
e. penyemprotan insektisida dan vaksinasi

5. Ganggang bersel satu disebut sebagai vegetasi perintis, yang berarti ....
a. mampu hidup di daerah yang tumbuhan lain tidak mampu hidup
b. mampu hidup di daerah yang kurang unsur hara
c. mampu hidup bersama tumbuhan lain yang lebih sederhana
d. sebagai penyedia makanan bagi tumbuhan lainnya
e. tumbuhan bersel satu yang sudah berfotosintesis

6. Ganggang merah yang dapat digunakan sebagai bahan baku agar-agar yaitu ....
a. Euchema sp. dan Porphyra sp.
b. Gellidium sp. dan Porphyra sp.
c. Gellidium sp. dan Coralina sp.
d. Euchema sp. dan Coralina sp.
e. Euchema sp. dan Gellidium sp.

7. Jamur Oomycota yang merupakan parasit pada kentang yaitu ....
a. Phytophtora parmifera
b. Phytophtora nicotinae
c. Phytophtora intestan
d. Plasmophora viticola
e. Saprolegnia sp.

8. Berikut ini ganggang yang berbentuk lembaran yaitu ....
a. Chara sp. dan Ulva sp.
b. Ulva sp. dan Oedogonium sp.
c. Oedogonium sp. dan Chlamydomonas sp.
d. Oedogonium sp. dan Chlorococcum sp.
e. Chlamydomonas sp. dan Chlorococcum sp.

9. Ranggang coklat yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk hewan ternak yaitu ....
a. Ectocarpus
b. Ascophylum
c. Macrocystis
d. Fucus
e. Laminaria

10. Protista mirip jamur yang hidup parasit pada tanaman yang sedang berkecambah yaitu ....
a. Pytium sp.
b. Phytopthora taberi
c. Pythopthora nicotinae
d. Phytopthora intestan
e. Saprolegnia sp.

FUNGI

1. Persamaan bakteri dan fungi heteroptropik yaitu sama-sama ....
a. melakukan pencernaan secara intraseluler
b. mempunyai cilia untuk menangkap makanan
c. melakukan pencernaan secara ekstraseluler
d. mempunyai rongga gastrointestinal
e. mempunyai vakuola makanan

2. Jamur berbeda dengan tumbuhan hijua, utamanya dalam hal ....
a. tidak mampu membuat glukosa dari karbondioksida dan air
b. tidak dapat menyerap air
c. tidak dapat melakukan sintesis protein
d. tidak mempunyai dinding sel
e. merupakan tumbuhan uniseluler

3. Hamur merang yang tubuh buahnya bisa dimakan, membawa basidiosporanya pada bagian ....
a. pangkal batang
b. tengah batang
c. atas tudung
d. bilah bawah tudung
e. selaput penutup

4. Berikut ini yang termasuk sifat jamur yaitu ....
a. eukariotik dan tersusun atas benang-benang hifa
b. prokariotik dan bersel satu atau bersel banyak
c. prokariotik dan tersusun dari benang-benang hifa
d. autotrop dan bersel banyak
e. autotrop dan tersusun dari benang-benang hifa

5. Jamur dapat hidup di hutan lebat karena ....
a. hidup di tempat yang kering
b. tidak membutuhkan banyak air
c. memerlukan tempat yang sejuk
d. tidak membuat sendiri makanannya
e. memerlukan sedikit sinar

6. Rizhopus merupakan jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe. Pembiakan secara generatif pada jamur ini terjadi dengan cara membentuk ....
a. Konidiospora
b. Askospora
c. Zygospora
d. Basidiospora
e. Oospora

7. Kacang tanah yang berjamur sebaiknya dibuang, karena dikhawatirkan mengandung ....
a. Aspergillus
b. Auricularia
c. Rhizopus
d. Mucor
e. Penicillium

8. Organisme kelompok jamur hidup secara heterotrof, karena ....
a. selnya tidak berklorofil
b. hidup di tempat yang banyak bahan organik
c. berkembangbiak dengan spora
d. dinding selnya tidak memiliki membran
e. tubuhnya bersel banyak

9. Penyakit kulit pada manusia disebabkan oleh jamur dari kelompok ....
a. Oomycota
b. Deuteromycota
c. Basidiomycota
d. Ascomycota
e. Zygomycota

10. Perbedaan pokok spora jamur dengan spora bakteri yaitu spora jamur ....
a. belum memiliki membran inti
b. berfungsi melindungi diri
c. merupakan alat perkembangbiakan
d. tahan terhadap suhu tinggi
e. mempunyai dinding tebal

RUANG LINGKUP BIOLOGI

1. Cabang biologi yang mempelajari tentang kehidupan sel yaitu ....
a. patologi
b. sitologi
c. histologi
d. mikrobiologi
e. botani

2. "Penyebab penyakit malaria kemungkinan karena benda aneh yang berbentuk cincin yang terdapat di dalam darah", pernyataan tersebut termasuk ....
a. fakta
b. data
c. kesimpulan
d. hipotesis
e. teori

3. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar dalam kehidupan manusia yaitu ....
a. lahirnya para ahli biologi yang berkecimpung dalam berbagai bidang kehidupan
b. jumlah penemuan biologi semakin banyak
c. timbulnya sikap manusia yan peduli terhadap kehidupan diri sendiri dan makhluk lainnya
d. mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
e. semakin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi

4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1) membantu memecahkan masalah yang dihadapi;
2) membantu manusia mengenal lingkungannya;
3) membantu manusia mengenal dirinya;
4) sebagai ilmu dasar.
Yang termasuk manfaat biologi bagi manusia yaitu ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1, 2, dan 3
d. 2, 3, dan 4
e. 1, 2, 3, dan 4

5. Dalam bidang rekayasa genetika, virus dimanfaatkan sebagai ....
a. bahan penelitian penyakit infeksi
b. obat terapi gen
c. pembawa DNA/gen
d. penghasil antibodi monoklonal
e. bahan pembuatan antibiotik

6. Virus termasuk makhluk aseluler, karena ....
a. memiliki satu jenis asam nukleat DNA atau RNA saja
b. dalam benda tak hidup sebagai partikel kristal
c. bersifat patogen dan parasit
d. hanya memperbanyak diri pada jaringan hidup
e. tidak mempunyai inti dan sitoplasma

7. Berikut ini yang bukan termasuk bidang kajian biologi yaitu ....
a. penyebaran flu burung
b. tsunami
c. serangan wereng
d. kerusakan hutan
e. ledakan penduduk

8. Seorang peneliti ekosistem air tawar mengadakan penelitian, melakukan identifikasi variabel sebagai berikut.
Variabel respon: populasi ganggang
Variabel manipulatif: pemberian pupuk nitrogen
Variabel kontrol: jenis ikan, populasi, pencahayaan, kualitas air, dan luas kolam.

Rumusan hipotesis yang relevan diuji dalam penelitian tersebut yaitu ....
a. pencahayaan dan kualitas air berpengaruh terhadap populasi ganggang
b. populasi air jernih danjenis ikan dipengaruhi oleh pemberian pupuk nitrogen
c. pemberian pupuk nitrogen mempengaruhi pencahayaan kolam dan kualitas air
d. pemberian pupuk nitrogen mempengaruhi populasi ganggang
e. kualitas air dan luas kolam tidak berpengaruh terhadap populasi ganggang

9. Fenomena "duplikasi" dapat dijumpai pada ....
a. alga
b. DNA, RNA, dan virus
c. protein, DNA, dan RNA
d. virus, alga, dan bakteri
e. bakteri dan alga

10. Berikut ini beberapa contoh jamur:
1) jamur payung
2) jamur merang
3) jamur kayu
4) jamur kuping
Persamaans sifat yang terdapat pada jamur tersebut yaitu ....
a. berbentuk lembaran, hidup parasit, berkembang biak dengan basidium
b. tidak berklorofil, hidup parasit, berkembang biak dengan askus
c. tak berklorofil, hidup epifit, perkembangbiakannya dengan basidium
d. tidak memiliki klorofil,  hidup saprofit, perkembangbiakannya dengan askus
e. tak berklorofil, hidup saprofit, berkembang biak dengan basidium

11. Berikut ini adalah ciri-ciri virus, kecuali ....
a. bahan inti terdiri dari DNA dan RNA
b. tidak memiliki protoplasma
c. hanya dapat hidup pada sel hidup
d. mampu melakukan duplikasi
e. merupakan mikroorganisme

12. Berikut ini yang tidak terdapat pada sel bakteri yaitu ....
a. membran sel
b. dinding sel
c. DNA
d. mitokondria
e. ribosom

13. Dalam ekosistem, bakteri berperan sebagai ....
a. herbivora
b. dekomposer
c. saprovora
d. predator
e. produsen

14. Singami pada siklus reproduksi protista mirip jamur yaitu peleburan dua gamet yang ....
a. berbeda jenis, sama ukuran
b. berbeda ukuran, sama jenis
c. sama jenis, sama ukuran
d. sama ukuran, berbeda jenis
e. sama asalnya, berbeda ukuran

15. Protozoa yang alat geraknya berupa kaki semu yaitu ....
a. Rhizopoda
b. Flagellata
c. Ciliata
d. Sporozoa
e. Mastigophora

PLANTAE

1. Berikut ini yang bukan merupakan ciri Plantae adalah ....
a. hidup secara autotrof
b. sel-selnya bersifat eukariotik
c. memiliki miselium
d. memiliki klorofil
e. terdiri dari banyak sel

2. Berikut ini kelompok tumbuhan yang termasuk tumbuhan berpembuluh yaitu ....
a. tumbuhan biji, alga, lumut
b. lumut hati, lumut daun, tumbuhan biji
c. alga, lumut, tumbuhan paku
d. tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, tumbuhan berbiji tertutup
e. lumut, tumbuhan biji, tumbuhan paku

3. Gnetum gnemon termasuk salah satu tumbuhan ....
a. paku-pakuan
b. berbiji tertutup
c. berbiji terbuka
d. biji berkeping dua
e. biji berkeping satu

4. Pada daur hidup paku, tumbuhan paku dewasa termasuk ....
a. tropofil
b. sporofil
c. sporofit
d. gametangium
e. protalium

5. Tumbuhan paku yang bersimbiosis dengan alga biru untuk mengikat nitrogen dari udara bebas yaitu ....
a. paku ekor kuda
b. paku air
c. paku tiang
d. Suplir
e. semnaggi

6. Pada umumnya buah adalah ....
a. gametofit betina yang telah matang
b. akar yang mengalami modifikasi
c. bakal biji yang membesar
d. kepala putik yang menebal
e. sel telur yang telah matang

7. Lumut bermanfaat untuk persemaian jenis tumbuhan lain karena mempunyai kemampuan ....
a. sebagai produsen
b. mengikat nitrogen
c. menyimpan air
d. menyuburkan tanah
e. membentuk pupuk

8. Tumbuhan lumut dalam siklus hidupnya merupakan ....
a. sporangium
b. protalium
c. protonema
d. sporofit
e. gametofit

9. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Hidup di tempat yang lembap.
(2) Menghasilkan spora.
(3) Memiliki akar sejat.
(4) Memiliki klorofil.
(5) Memiliki ikatan pembuluh.

Yang termasuk ciri-ciri tumbuhan lumut adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (5)
d. (2), (3), dan (4)
e. (2), (4), dan (5)

10. Pernyataan berikut ini yang merupakan sifat-sifat dikotil adalah ....
a. tulang berkambium, biji berkeping dua, berakr tunggang
b. batang berkambium, biji berkeping dua, berakar serabut
c. ikatan pembuluh menyebar, tulang daun sejajar, biji berkeping dua
d. ikatan pembuluh menyebar, tulang daun menjari, biji berkeping satu
e. batang berkambium, tulang daun sejajar, biji berkeping dua

ANIMALIA

1.Berikut ini yang termasuk kelas cacing pita yaitu ....
a. Fasciola
b. Annelida
c. Cestoda
d. Trematoda
e. Turbellaria

2. Cacing pipih disebut juga ....
a. Annelida
b. Cestoda
c. Turbellaria
c. Annelida
d. Platyhelminthes
e. Nemathelminthes

3. Annelida dibedakan menjadi tiga kelas berdasarkan ....
a. zat penyusun tubuhnya
b. bentuk alat geraknya
c. persamaan dan perbedaan struktur tubuh
d. simetri tubuhnya
e. ada tidaknya rambut/seta

4. Berikut ini cacing pita yang hidup bebas yaitu ....
a. Taenia saginata
b. Taenia solium
c. Planaria
d. Shitossoma japoricum
e. Fasciola hepatica

5. Ciri utama hewan dalam filum Arthropoda yaitu ....
a. memiliki kaki beruas-ruas
b. memiliki cangkang
c. tubuhnya lunak
d. tubuhnya simetri bilateral
e. memiliki tubuh aselomata

6. Kelompok hewan yang tergolong pseudoselomata yaitu ....
a. Porifera dan Chordata
b. Nemantelminthes dan Porifera
c. Arthropoda dan Annelida
d. Platyhelminthes dan Protozoa
e. Porifera dan Protozoa

7. Echinodermata termasuk hewan yang memiliki tubuh ....
a. Tripoblastik aselomata
b. Diploblastik pseudoselomata
c. Triploblastik pseudoselomata
d. Triploblastik selomata
e. Diploblastik selomata

8. Yang memiliki jumlah spesies terbesar pada filum Mollusca adalah kelas ....
a. Cephalopoda
b. Pelecypoda
c. Scaphopoda
d. Gastropoda
e. Amphineura

9. Ikan hiu dan pari termasuk ikan yang bertulang rawan. Tubuhnya terdapat sisik tipe ....
a. Sikloid dan Stenoid
b. Plakoid
c. Sikloid
d. Ganoid
e. Stenoid

10. Hewan berikut ini yang berbulu, bertelur, dan berparuh yaitu ....
a. katak
b. Echidna
c. kura-kura
d. maleo
e. Platypus

11. Ciri mamalia yang tidak dimiliki vertebrata lainnya yaitu ....
a. menysui dan berbulu
b. menyusui dan mempunyai rahim
c. bertelur dan berbulu
d. menyusui dan berambut
e. berbulu dan menyusui

12. Kelas pada Protozoa yang seluruhnya bersifat parasit yaitu ....
a. Flagellata dan Rhizopoda
b. Siliata
c. Sporozoa
d. Flagellata
e. Rhizopoda

INVERTEBATA

1. Tubuh bulat memanjang dan bersegmen, kepala dimuali dari adanya tonjolan, seluruh tubuh diliputi rambut dan masing-masing segmen memiliki sepasang parapodia merupakan ciri-ciri dari ....
a. Cestoda
b. Nematoda
c. Hirudinea
d. Polychaeta
e. Oligochaeta

2. Suatu hewan tidak memiliki rangka, bentuknya simetris bilateral, bersegmen-segmen dan hidupnya di air tawar. Hewan tersebut tergolong ke dalam filum ....
a. Arthropoda
b. Mollusca
c. Annelida
d. Platyhelminthes
e. Coelenterata

3. Hama wereng disebabkan serangga yang tergolong ....
a. Isoptera
b. Orthoptera
c. Coleoptera
d. Diptera
e. Hemiptera

4. Taksa hewan berikut ini yang hanya dapat dijumpai di ekosistem laut yaitu ....
a. Arthropoda
b. Gastropoda
c. Annelida
d. Porifera
e. Crustacea

5. Ubur-ubur adalah hewan lunak yang habitatnya di lautan. Ubur-ubur termasuk golongan ....
a. Chordata
b. Coelenterata
c. Porifera
d. Echinodermata
e. Mollusca

6. Serangga yang mengalami metamorfosis sempurna dalam tahap pertumbuhannya yaitu ....
a. capung kuning
b. kutu kepala
c. wereng
d. lalat rumah
e. kecoa

7. Dua ekor siput yang termasuk ke dalam kelas yang sama kemungkinan juga ....
a. pada filum yang sama
b. pada famili yang sama
c. pada genus yang sama
d. speciesnya sama
e. pada ordo yang sama

8. Ciri-ciri berikut ini yang bukan termasuk ciri Mollusca yaitu ....
a. pembelahan spiral
b. lava trochopore
c. mempunyai radula
d. perkembangan teratur
e. bermantel

9. Kepiting termasuk ke dalam kelas ....
a. Arachnida
b. Dipopoda
c. Insecta
d. Chilopoda
e. Crustacea

10. Berikut ini yang bukan merupakan cacing yang termasuk filum Platyhelminthes adalah ....
a. Planaria
b. cacing hati
c. cacing pita
d. Schistosoma mansoni
e. Ascaris lumbricoides

KEANEKA RAGAMAN HAYATI

1. Berikut ini kelompok yang termasuk keanekaragaman jenis yaitu ....
a. mangga gedong dan mangga arumanis
b. padi cisadane dan padi pelita
c. kelapa kopyor dan kelapa hijau
d. merpati pos dan merpati mahkota
e. kadal dan buaya

2. Faktor-faktor penyebab keanekaragaman tingkat jenis adalah ....
a. adaptasi
b. lingkungan
c. materi genetik
d. lingkungan dan adaptasi
e. lingkungan dan materi genetik

3. Kelompok berikut ini yang termasuk keanekaragaman jenis dalam famili adalah ....
a. badak bercula dua dan badak bercula satu
b. aren dan kelapa
c. kelapa gading dan kelapa hijau
d. beruang coklat dan beruang putih
e. ayam ras dan ayam bekisar

4. Perbedaan yang dijumpai pada sesama ayam satu kandang dinamakan ....
a. identifikasi
b. spesialisasi
c. variasi
d. adaptasi
e. evolusi

5. Yang menyebabkan individu dalam satu spesies beraneka ragam adalah ....
a. komposisi gen dalam kromosom
b. jumlah gen dalam kromosom
c. jumlah kromosom yang berbeda
d. perbedaan makanan
e. pengaruh lingkungan

6. Pulau-pulau di Indonesia menjembatani dua kawasan zoogeografi yang mempunyai sifat yang sangat berbeda, yaitu ....
a. Australian dan Ethiopia
b. Paleartik dan Oriental
c. Paleartik dan Australian
d. Australian dan Oriental
e. Oriental dan Ethiopia

7. Agar kelestariannya tetap terjaga, penebangan kayu di hutan harus memenuhi persayaratan. Persyaratan tersebut di anatranya adalah ....
a. reboisasi di tepi jalan
b. penebangan maksimal
c. sistem tebang pilih
d. penebangan minimal
e. tebang habis, tanam lagi

8. Garis Wallace yang menghalangi penyebaran hewan adalah gairs pemisah antara pulau ....
a. Maluku dan Nusa Tenggara
b. Maluku dan Sulawesi
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Jawa dan Bali
e. Jawa dan Sumatera

9. Salah satu cara penataan lingkungan yaitu dengan melakukan penghijauan, misalnya dengan membuat kebun tanaman dapur dan tanaman herbal. Berikut ini yang termasuk tanaman herbal yaitu ....
a. jeruk nipis dan cabai merah
b. lengkuas dan serai
c. tomat dan cabai rawit
d. sambiloto dan belimbing wuluh
e. bayam dan seledri

10. Usaha manusia untuk melestarikan lingkungan supaya seimbang dan serasi di antaranya adalah ....
a. perburuan satwa tanpa peduli jumlah populasi
b. penebangan hutan secara ekonomis
c. pemberantasan hama dengan pestisida
d. pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak
e. penggunaan SDA secara berlebihan

EKOSISTEM

1. Status fungsional makhluk hidup dalam ekosistem dinamakan ....
a. komunitas
b. tingkat trofik
c. niche
d. bioma
e. habitat

2. Kelompok tanaman padi yang hidup di sawah berdasarkan konsep biologi termasuk ....
a. populasi
b. komunitas
c. ekosistem
d. individu
e. spesies

3. Apabila jumlah karbon dioksida dalam ekosistem semakin berkurang, maka organisme yang pertama akan mengalami dampak negatifnya yaitu ....
a. karnivora puncak
b. karnivora
c. konsumen
d. produsen
e. pengurai

4.  Peran bakteri denitrifikasi pada siklus nitrogen yaitu ....
a. membentuk asam amino
b. menghasilkan amino dari bahan organik
c. mengubah nitrit menjadi nitrat
d. mengubah amonia menjadi nitrit
e. mengubah nitrat menjadi nitrogen

5. Berikut ini yang bukan termasuk indikator suatu perairan tercemar yaitu ....
a. kurang oksigen
b. keruh
c. berwarna
d. berasa
e. berbau

6. Penimbunan senyawa nitrat yang berlebihan dapat mengakibatkan eutrofikasi. Apabila hal ini terjadi pada ekosistem danau, maka yang tumbuh subur ialah ....
a. zooplankton
b. bakteri pembusuk
c. eceng gondok
d. amfibi
e. ikan

7. Gas rumah kaca yang merupakan penyebab pemanasan global yaitu ....
a. ozon
b. metana
c. hidrogen
d. karbon dioksida
e. karbon monoksida

8. Berikut ini yang termasuk efek pemanasan global yaitu ....
a. es di kutub mencair
b. penipisan lapisan ozon
c. hujan asam
d. kabut
e. penipisan lapisan ozon, hujan asam, kabut

9. Polutan penyebab penipisan lapisan ozon yaitu ....
a. sulfur oksida
b. karbon dioksida
c. karbon monoksida
d. oksigen
e. kloroflorokarbon

10. Tjuan penghijauan di kota-kota besar adalah ....
a. meningkatkan pendapatan penduduk
b. meningkatkan kadar oksigen di udara
c. meningkatkan kadar kelembapan udara
d. meningkatkan kadar karbon dioksida di udara
e. meningkatkan suhu udara

11. Fungsi mikroorganisme pada pembuatan kompos yaitu ....
a. menurunkan kebasaan sampah
b. membantu penguraian sampah
c. menaikkan keasaman sampah
d. mengurangi aerasi pada sampah
e. menyuplai ketersediaan oksigen

12. Mikroorganisme tidak dapat menguraikan sampah plastik. Berikut ini upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar polusi sampah plastik adalah ....
a. membakar sampah plastik
b. mengumpulkan sampah plastik dan ditaruh di tempat yang aman
c. melarang masyarakat memakai plastik
d. mendaur ulang sampah plastik
e. menghindari produksi bahan jadi yang berbahan baku plastik

13. Berikut ini salah satu usaha untuk mengatasi pencemaran air adalah ....
a. membuang limbah sedikit demi sedikit
b. memberi sanksi kepada pengusaha industri
c. menutup industri kimia
d. mengolah limbah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai
e. membatasi pemakaian bahan kimia

14. Berikut ini merupakan upaya untuk menanggulangi pencemaran, kecuali ....
a. tidak membuang limbah sembarangan
b. pengendalian hama secara biologi
c. memakai pupuk buatan sesuai aturan
d. tidak memakai herbisida, fungisida, dan pestisida tanpa aturan
e. membuang limbah tanpa diolah terlebih dahulu

15. Berikut ini yang menyebabkan sempitnya area hutan, kecuali ....
a. kebakaran hutan
b. penebangan liar
c. konversi lahan untuk perkebunan
d. pembukaan hutan untuk proyek pembangunan
e. reboisasi

REVIEW SOAL BAB 1 KELAS X RUANG LINGKUP BIO

Wue Soal kelas X bab 1 yang lengkap semoga bermanfaat untuk latihan OK



1. Sel-sel yang serupa dan memiliki fungsi yang khusus membentuk ….
A. Jaringan
B. Organ
C. Individu
D. Populasi
E. Komunitas

2. Contoh organ yang manusia adalah …
A. Hati
B. Jantung
C. Usus
D. Mata
E. Semua benar

3. Suatu daerah terserang wabah muntaber. Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi yang disebut ….
A. Virologi
B. Bakteriologi
C. Parasitologi
D. Patologi
E. Sanitasi

4. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat Lahir pada bayi adalah ….
A. Genetika
B. Sitologi
C. Embriologi
D. Patologi
E. Teratologi

5. Berikut adalah manfaat biologi, kecuali ….
A. Penemuan antibiotik
B. Cara pembuatan keju
C. Penemuan termometer
D. Penyetekan tanaman
E. Teknologi bayi tabung

6. Suatu percobaan biasanya dimulai dengan adanya ….
A. Tanya jawab
B. Masalah
C. Kesimpulan
D. Hipotesis
E. Diskusi

7. Suatu ide atau penjelasan awal masuk akal yang akan diuji oleh para ilmuan disebut ….
A. Percobaan
B. Pengamatan
C. Hipotesis
D. Kesimpulan
E. Penemuan masalah

8. Dalam tahapan metode ilmiah, melakukan percobaan dilakukan setelah….
A. Pengumpulan data
B. Mengajukan hipotesis
C. Menarik kesimpulan
D. Menentukan tujuan
E. Menemukan masalah

9. Hipotesis dalam kerja ilmiah merupakan ….
A. Hasil percobaan
B. Masalah
C. Fakta
D. Dugaan awal
E. Pertanyaan

10. Ronal Ross memastikan bahwa Anopheles mpakan vektor malaria. Kepastian tersebut diambil berdasarkan ….
A. Teori
B. Hipotesis
C. Eksperimen
D. Observasi
E. Pengalaman

11. Variabel yang merupakan respon dari variabel yang diubah adalah ….
A. Terikat
B. Kontrol
C. Manipulasi
D. Bebas
E. Terkendali

12. Kesimpulan dari suatu percobaan merupakan ….
A. Intisari dari percobaan
B. Jawaban sementara
C. Jawaban atas pertanyaan suatu percobaan
D. Tahapan awal dalam melakukan percobaan
E. Pengujian kebenaran

13. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus diterapkan oleh setiap ilmuan, kecuali ….
A. Jujur terhadap fakta
B. Bertanggungjawab
C. Disiplin dan tekun
D. Melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
E. Peduli terhadap lingkungan

14. Suatu informasi yang diperoleh berdasarkan bukti-bukti disebut….
A. Opini
B. Fakta
C. Hipotesis
D. Artikel
E. Metode

15. Berikut ini adalah isi dari laporan ilmiah, kecuali ….
A. Tujuan
B. Pengajuan pertanyaan
C. Metode
D. Hasil
E. Kesimpulan

16. Pada laporan ilmiah, umumnya diagram terdapat pada bagian…
A. Pembahasan
B. Kesimpulan
C. Metode kerja
D. Tujuan
E. Hasil

17. Berdasarkan jenisnya, data dikelompokkan menjadi….
A. Data kuantitatif dan data kualitatif
B. Data eksperimen dan data kontrol
C. Data awal percobaan dan akhir percobaan
D. Data dan ciri objek
E. Semua jawaban benar

18. Yang bukan merupakan data kualitatif adalah ….
A. Morfologi buah jeuk
B. Warna bunga sepatu
C. Tahap metamorfosis kupu-kupu
D. Panjang dan lebar daun mangga
E. Ada atau tidaknya varigasi (pola garis-garis putih) pada daun bambu.

19. Data kuantitatif disajikan daam bentuk ….
A. Tabel
B. Diagram
C. Grafik
D. Uraian
E. A,b,c, benar

20. Berikut ini adalah media yang informasinya dapat digunakan untuk membahas hasil penelitian, kecuali ….
A. Majalah
B. Televisi
C. Internet
D. Buku
E. Jurnal

21. Ciri-ciri yang merupakan objek biologi adalah ….
A. Memerlukan makanan
B. Terjadi reaksi kimia
C. Bertambah banyak
D. Bertambah besar
E. Dapat bergerak

22. Dalam pengamatan lingkungan di sekitar sekolah, seorang siswa menemukan makhluk hidup. Untuk menentukan nakhluk tersebut tergolong Plantae adalah….
A. Dapat bergerak
B. Mempunyai dinding sel
C. Dapat berkembang biak
D. Memerlukan makanan
E. Dapat bernapas

23. Organisme tingkat seluler ditunjukkan oleh …
A. Amoeba
B. Hidra
C. Belalang
D. Kupu-kupu
E. Cacing

24. Seseorang akan melakukan transplantasi ginjal. Pada organisasi kehidupan tingkat apakah ginjal dipelajari?
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Sistem organ
E. Individu

25. Seorang ahli mempelajari hubungan kekerabatan antara kera dengan manusia. Persoalan biologi yang dipelajari adalah….
A. Hubungan organisme dengan lingungan
B. Struktur-fungsi
C. Sejarah biologi
D. Keseragaman dan keanekaragaman
E. Evolusi

26. Usaha memperoleh pada unggul dengan perkawinan pada lokal dengan padi luar negeri dipelajari dalam cabang biologi….
A. Genekologi
B. Reproduksi
C. Biokimia
D. Teratologi
E. Genetika

27. Pemberian nama suatu bioma didasarkan pada ….
A. Banyaknya spesies yang dijumpai
B. Tumbuhan yang dominan
C. Banyaknya hewan yang dominan
D. Letak bioma
E. Aliran energi yang terjadi

28. Kue lapis biologi bagian lapisan vertikal mempelajari tentang ….
A. Morfologi, anatomi, dan histologi
B. Morfologi, botani, zoologi
C. Anatomi, ornitologi, entomologi
D. Histologi, genetika,mikrobiolgi
E. Mikologi,mikrobiolgi, zoologi

29. Tingkat organisasi kehidupan, misalnya manusia yang ada di Jakarta, Banteng di Baluran, Badak di Ujung Kulon adalah ….
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Popluasi
E. Komunitas

30. Untuk pembuatan film tentang kehidupan makhluk di masa lampau yang berupa fosil, agar sesuai dengan aslinya, cabang biologi yang berperan adalah ….
A. Evolusi
B. Palaeontologi
C. Zoologi
D. Botani
E. Anatomi

31. Diantara nama-nama berikut, yang bukan ilmuwan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi adalah ….
A. Louis Pasteur
B. Galileo Galilei
C. Gregor Mendel
D. Watson dan Crick
E. Carolus Linnaeus

32. Objek kajian biologi dari paling sempit ke paling luas adalah ….
A. Individu-populasi-ekosistem-bioma
B. Individu-ekosistem-populasi-bioma
C. Individu-populasi-bioma-ekosistem
D. Individu-ekosistem-bioma-populasi
E. Populasi-individu-ekosistem-bioma.

33. Birikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi adalah ….
A.pengoptimalan pemanfaatan sumber daya alam hayati
B. pelestarian sumber daya alam hayati
C. eksploitasi sumber daya alam hayati
D. Diversifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati
E. Peningkatan kualitas hidup

34. Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dipalajari dalam ilmu….
A. Ekosistem
B. Taksonomi
C. Genetika
D. Morfologi
E. Ekologi

35. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:

  1. Mengumpulkan data;
  2. Merumuskan hipotesis;
  3. Menarik simpulan;
  4. Merumuskan masalah;
  5. Melakukan percobaan;
  6. Menyusun teori.
Urutan yang benar adalah….
A. 1-2-3-4-5-6
B. 2-1-4-5-3-6
C. 2-1-5-4-3-6
D. 4-1-2-5-3-6
E. 4-1-5-2-3-6

36. Pada percobaan untuk mengetahui pengaruh kelembapan terhadap frekuensi berbunga tanaman anggrek, yang menjadi variabel bebasnya adalah….
A. Persentase kelembapan
B. Jumlah air
C. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk berbungga
D. Jumlah bunga pada setiap tanaman
E. Jumlah daun pada setiap tanaman.

37. Beberapa ekor ulat dipelihara dalam botol percobaan di laboratorium dengan daun-daun sebagai makanannya.setelah beberapa hari, ulat tidak bergerak dan lalat kecil terdapat di dalam botol percobaan. Penjelasan tentang hal itu yang tidak teapat adalah….
A. Ulat itu mengandung larva lalat, larva lalat membunuh ulat dan tumbuh menjadi lalat
B. Lalat berkembang dari larva yang sudah ada di daun
C. Ulat mati karena tidak cukup makanan dan lalat memakan ulat mati
D. Ulat telah mencapai tahap imago dalam bentuk lalat
E. Ulat tetap hidup dan akan mengalami metamorfosis

38. Berikut adalah barang yang dijumpai pada sebuah supermarket :

  1. kain sutera
  2. ember plastik
  3. kain nilon
  4. kain katun
  5. minyak sawit
  6. bola plastik
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri adalah ….
A. 1,2, dan 3
B. 1,4, dan 5
C. 2,3, dan 5
D. 1,2, dan 4
E. 3,4, dan 5

39. Seoran dokter yang akan mengoperasi penderita tumor harus menguasai ilmu….
A. Sitologi
B. Patologi
C. Histologi
D. Anataomi
E. Parasitologi

40. Ayam menghasilkan ayam lain yang sifatnya mirip dengan induknya. Pernyataan tersebut menunjukkan ciri….
A. Tumbuh dan berkembang
B. Metabolisme
C. Gerak dan reproduksi
D. Reproduksi
E. Menurunkan dan tumbuh


DETAIL



Biologi sebagai salah satu ilmu telah banyak turut berperan menyelesaikan permasalahan-permasalahan manusia. 


  • Namun seringkali ilmu ini tidak berperan secara langsung karena Biologi sebagai ilmu dasar ilmu-ilmu terapan. 
  • Contohnya ilmu kedokteran, pertanian, peternakan. 

1. Biologi sebagai Ilmu

  • Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (hidup) dan Logos(ilmu). 
  • Jadi Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala seseatu tentang makhluk hidup. 
  • Biologi atau ilmu hayat merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang sering juga disebut Sains. 
  • Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari gejala alam yang meliputi, Fisika, Kimia, Ilmu pengetahuan Bumi dan Antariksa, serta Biologi. 
Biologi sebagai ilmu mempunyai beberapa ciri berikut.


  1. Mempunyai objek kajian berupa benda kongkret. Objek dapat dibedakan menjadi objek material dan objek formal. Objek material merupakan objek yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara memandang objek tersebut. Contoh objek materialdari Biologi berupa makhluk hidup dan makhluk yang pernah hidup termasuk fosil. Adapun objek formal Biologi berupa struktur, fungsi, dan interaksi dari makhluk hidup tersebut.
  2. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman nyata yang dapat dilakukan oleh setiap orang.
  3. Sistematis, yaitu menggunakan langkah-langkah yang urut dan bersifat baku.
  4. Menggunakan cara berpikir yang logis dan konsisten.
  5. Hasil kajiannya bersifat objektif.
  6. Teori yang dihasilkan berlaku umum.

Biologi merupakan ilmu yang selalu mengikuti perkembangan zaman. 

  • Pada awalnya, Biologi hanya mempelajari makhluk hidup saja, seolah-olah Biologi merupakan ilmu yang berdiri sendiri. 
  • Semakin permasalahan yang dihadapi manusia maka Biologi saat ini perlu didukung oleh cabang-cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang lain, 
  • Yaitu Kimia dan Fisika.

Selain itu juga Biologi dapat juga didukung oleh cabang-cabang Ilmu Pengetahuan Sosial, misalnya Sejarah, Ekonomi, dan Hukum. 

  • Setiap cabang ilmu pengetahuan tersebut saling berhubungan sehingga dapat dimanfaatkan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan. 
  • Setiap permasalahan perlu diteliti secara ilmiah sehingga diperoleh kebenaran ilmiah yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memecahkan masalah. 
  • Namun, kebenaran ilmiah bukanlah kebenaran yang mutlak. 
  • Kebenaran ilmiah bersifat relatife. 
  • Para peneliti perlu melakukan penelitian yang terus-menerus untuk menyempurnakan kebenaran ilmiah yang ada sekarang. 
  • Kemajuan di bidang teknologi pada saat ini sangat membantu manusia dalam mempelajari gejala alam. 
  • Penelitian-penelitian yang didukung teknologi modern telah menghasilkan teori-teori baru dan menumbangkan teori lama.

2. Cabang-Cabang Biologi        

  • Biologi memberikan sumbangan yang sangat penting bagi kesejahteraan manusia. 
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi kesempatan berkembangnya biologi secara luas. 
  • Biologi merupakan ilmu yang berkembang pesat. 
  • Perkembangan tersebut mendorong terjadinya spesialisasi ilmu. 
  • Spesialisasi ini memungkinkan terjadinya pengkajian yang lebih khusus terhadap suatu objek. 
  • Biologi mengalami spesialisasi menjadi cabang-cabang ilmu yang mempelajari bidang-bidang tertentu.

3. Ruang Lingkup biologi

  • Objek dari Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang terkecil hingga yang terbesar. 
  • Tingkat organisasi tersebut meliputi molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. 
Organisasi Fungsional Tingkat Molekul

  • Proton, neutron, dan elektron merupakan penyusun materi yang paling rendah. 
  • Partikel proton, neutron, dan elektron bergabung membentuk atom (contohnya atom hidrogen dan atom oksigen). 
  • Atom-atom ini kemudian berikatan membentuk molekul. 
  • Contohnya molekul air, molekul protein, dan molekul DNA, molekul-molekul tersebut saling  berikatan dan membentuk ikatan yang kompleks menyusun organel pada sel. 
  • Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa molekul, atom, dan partikel subatomik merupakan organisasi fungsional tingkat biokimia.

Organisasi Kehidupan Tingkat Sel.

  • Organel adalah subunit sel dengan fungsi spesifik. 
  • Contohnya ribosom sebagai tempat sintesis protein. 
  • Berbagai senyawa serta organel berinteraksi satu sama lain membentuk satu kesatuan yang disebut sel. 
  • Setiap sel memiliki materi untuk melakukan aktivitas metabolisme, mampu tumbuh dan berkembang. 
  • Oleh karena memiliki karakteristik yang dibutuhkan sebagai makhluk hidup maka sel disebut sebagai satuan unit terkecil kehidupan.

Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

  • Jaringan ditemukan pada organisme multiseluler (bersel banyak). 
  • Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki bentuk serta fungsi yang sama. 
  • Kelompok sel ini mempunyai fungsi spesifik.

Jaringan hewan

  • Jaringan hewan antara lain jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah. Jaringan epitel berfungsi melindungi jaringan yang ada di bawahnya. 
  • Jaringan otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. 
  • Jaringan saraf terdiri atas sel saraf yang berfungsi menerima dan merespon rangsangan. 
  • Jaringan darah terdiri atas sel saraf yang berfungsi menerima dan merespon rangsangan. 
  • Jaringan darah terdiri atas sel-sel darah dan plasma darah. 
  • Sel-sel darah berfungsi mengangkut oksigen, membunuh kuman, dan membantu pembekuan darah. 
  • Adapun plasma darah berfungsi mengangkut sari-sari makanan.

Jaringan tumbuhan

  • Jaringan tumbuhan antara lain jaringan epidermis, jaringan pembuluh, jaringan penguat, dan jaringan meristem. 
  • Jaringan epidermis merupakan jaringan yang melapisi permukaan tumbuhan. 
  • Jaringan pembuluh terdiri atas xilem dan floem. 
  • Xilem berfungsi mengangkut air dan zat hara dari tanah ke daun. 
  • Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. 
  • Jaringan penguat berfungsi untuk menyokong tubuh tumbuhan. 
  • Adapun jaringan meristem berfungsi untuk menghasilkan sel-sel baru.

Organisasi Kehidupan Tingkat Organ dan Sistem Organ

  • Organ hanya ditemukan pada organisme multiseluler. 
  • Organ merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jaringan yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu. 
  • Contohnya jaringan saraf dan jaringan ikat menyusun organ otak. 
  • Jaringan-jaringan tersebut bekerja sama untuk melakukan fungsi kordinasi. 
  • Demikian juga dengan jaringan epidermis, jaringan tiang, dan jaringan bunga karang yang menyusun organ daun. 
  • Jaringan-jaringan tersebut bekerja sama melakukan fungsi fotosintesis dan transpirasi.
  • Organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas saling terkait disebut sistem organ, contohnya pencernaan. 
  • Sistem pencernaan terbentuk dari kerja sama antara organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.
Organisasi Kehidupan Tingkat Individu/Organisme

  • Individu dapat berupa organisme uniseluler maupun multiseluler. 
  • Contoh organisme uniseluler yaitu bakteri dan protozoa. 
  • Contoh organisme multiseluler yaitu manusia, kucing, monyet, pohon jambu, dan pohon jeruk. 
  • Individu multiseluler terbentuk dari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan. 
  • Setiap sistem tidak dapat melakukan fungsinya sendiri-sendiri. 
  • Contoh pada manusia, jika salah satu sistem organ mengalami gangguan atau sakit maka sistem organ yang lain juga dapat mengalami gangguan.

Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi

  • Individu-individu sejenis jika berkumpul di suatu tempat tertentu pada waktu yang sama akan membentuk organisasi kehidupan yang disebut populasi. 
  • Individu-individu dalam populasi tersebut. 
  • Dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan. 
  • Contohnya populasi semut, populasi lebah, dan populasi burung.

Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

  • Pada umumnya terdapat lebih dari satu macam populasi di suatu tempat. 
  • Contohnya dalam ekosistem sawah terdapat populasi padi,populasi rumput, populasi ular, dan populasi semut. 
  • Kumpulan populasi yang menempati area yang sama dan saling berhubungan disebut komunitas. 
  • Di dalam komunitas, selalu ada interaksi baik antaranggota spesies yang sama maupun antarpopulasi yang berlainan.

Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem

  • Suatu organisasi kehidupan selalu menunjukkan saling keterkaitan, kebergantungan, dan hubungan timbal balik antarmakhluk hidup maupun makhluk dengan lingkungan. 
  • Bentuk organisasi kehidupan ini disebut organisasi tingkat ekosistem. 
  • Contohnya ekosistem darat dan ekosistem laut.
  • Ekosistem merupakan unit fungsional yang meliputi komponen biotik dan komponen abiotik yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi.
  • Komponen biotik dalam ekosistem meliputi produsen, herbivora, karnivora, omnivora, dan pengurai. 
  • Adapun komponen abiotik meliputi tanah, air, udara, dan zat anorganik. 
  • Didalam organisasi kehidupan tingkat ekosistem terdapat aliran energi.

Organisasi Kehidupan Tingkat Bioma

  • Bioma merupakan kumpulan ekosistem yang ada di dunia.misalnya bioma tundra, bioma taiga, bioma padang rumput, dan bioma gurun.

Organisasi Kehidupan Tingkat Biosfer

  • Biosfer merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang paling kompleks. 
  • Biosfer meliputi seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat adanya kehidupan.

Peranan Biologi bagi Kehidupan Manusia

  • Biologi memberikan sumbangan yang sangat penting bagi kesejahtraan manusia. 
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kesempatan berkembangnya biologi secara luas. 
  • Biolagi merupakan ilmu murni yang sangat mempengaruhi perkembangan ilmu terapan. 
  • Biologi terapan sering digunakan di bidang kedokteran, pertanian, farmasi, industri, dan lain-lain. 
  • Contoh peranan biologi di bidang-bidang itu sebagai berikut.

Bidang Kedokteran dan kesehatan
  1. Penemuan antibiotik yang dihasilkan oleh mikroorganisme.
  2. Pembuatan serum
  3. Pembuatan antibodi
  4. Penanganan operasi pembedahan
Bidang Pertanian
  1. Penemuan bibit unggul dari berbagai jenis tanaman.
  2. Pembuatan pupuk organik.
  3. Pemberantasan hama secara biologis
Bidang Peternakan dan Perikanan
  1. Penemuan berbagai varietas unggul melalui persilangan dan inseminasi buatan.
  2. Peningkatan produksi ternak dengan meningkatkan kualitas ternak.
  3. Pembuatan makanan ternak yang baik dan mampu mengoptimalkan produksi ternak, misalnya daging dan susu
Bidang Industri
  1. Penemuan serat sutra alam atau kapas yang mampu meningkatkan produksi sandang.
  2. Penerapan Biologi pada industri makanan, misalnya pembuatan susu fermentasi dan pengalengan makanan.
  3. Pengolahan limbah industri agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.
Bidang Farmasi

  1. Penemuan bebagai vaksin dan obat untuk penyakit.
  2. Inventarisasi hewan atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan obat-obat.

Kemajuan Biologi yang sangat pesat harus diimbangi dengan iman dan taqwa sehingga kemajuan tersebut tidak disalahgunakan. Penyalahgunaan Biologi dapat mengakibatkan tatanan lingkungan menjadi rusak.

Kerja Ilmiah

  • Para ilmuan mempelajari gejala alam dan permasalahannya menggunakan metode ilmiah. \Metode ilmiah merupakan suatu kegiatan penelitian objektif untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji ilmu pengetahuan. 
Langkah-langkah metode ilmiah dapat disimak dalam bagan berikut.

Suatu kegiatan penelitian menggunakan metode ilmiah yang meliputi tujuh langkah berikut.


  1. Penentuan masalah : Pemilihan Masalah dan Studi Pendahuluan, Perumusan Masalah, Pengumpulan informasi
  2. Pengajuan Hipotesis
  3. Melakukan Eksperimen
  4. Analisis Data
  5. Pengambilan Kesimpulan

Pemilihan Masalah dan Studi Pendahuluan

  • Sebelum melakukan suatu penelitian, ada dua hal yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi masalah dan studi pendahuluan. 
  • Masalah dapat timbul secara sengaja atau tidak sengaja ditemukan untuk dipecahkan. 
  • Contoh masalah yang tidak sengaja ditemukan adalah tanaman yang tumbuh di dekat kandang sapi tampak lebih subur dibanding tanaman yang tumbuh di tempat lain.
  • Untuk membantu menemukan suatu permasalahan dapat dengan melihat penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. 
  • Anda dapat menganalisis hasil penelitian tersebut dan menemukan permasalahan baru. 
  • Selain itu, permasalahan juga dapat ditemukan melalui studi pustaka dari berbagai referensi.semakin banyak buku yang dibaca, semakin mudah menemukan permasalahan. 
  • Masalah juga dapat ditemukan melalui pengamatan (observasi).
Perumusan Masalah

  • Perumusan masalah bertujuan untuk memperjelas batasan permasalahan yang akan dipecahkan. 
  • Untuk memperoleh rumusan masalah yang baik dapat dituliskan sebagai sebuah kalimat tanya seperti apa, bagaimana, dan mengapa.
  • Contoh : Mengapa tanaman di tempat terbuka tumbuh lebih subur dibandingkan dengan tanaman di tempat ternaungi?
  • Sebelum melakukan penelitian dari masalah yang ditemukan perlu dirumuskan tujuannya. 
  • Hal ini agar penelitian lebih terarah dan mencapai hasil yang optimal. 
  • Apabila masalah yang dihadapi cukup luas ruang lingkupnya maka permasalahan dapat dipersempit dengan merumuskan tujuannya.
Pengumpulan informasi

  • Pengumpulan informasi dalam bentuk studi literatur berupa teori, konsep, dan hasil penelitian yang sesuai dengan masalah yang diajukan. 
  • Sumber pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk memperoleh jawaban sementara dari permasalahan yag diajukan.

Pengajuan Hipotesis

  • Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. 
  • Hipotesis bersifat teoritis sehingga harus diuji kebenarannya.
  • Contoh: Cahaya mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tanaman jagung.
Melakukan Eksperimen

  • Hipotesis yang kita ajukan harus diuji kebenarannya dengan melakukan percobaan (eksperimen). 
  • Sebelum melakukan percobaan, alat dan bahan yang akan digunakan harus ditentukan terlebih dahulu. 
  • Selain itu, kita juga harus menentukan kelompok-kelompok percobaan. 
  • Ada dua macam kelompok percobaan dalam Biologi, yaitu kelompok kontrol (kelompok yang tidak diberi perlakuan) dan kelompok perlakuan (kelompok yang diberi perlakuan). 
  • Kelompok perlakuan dapat diberi satu variabel atau lebih.
  • Variabel adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada suatu eksperimen dan memiliki nilai yang dapat diubah-ubah. 
Beberapa variabel dalam eksperimen sebagai berikut.

  1. Variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam satu eksperimen.
  2. Variabel terikat adalah variabel yang terjadi karena perlakuan variabel bebas.
  3. Variabel terkontrol adalah variabel yang dibuat sama dalam suatu eksperimen
  4. Variabel penggangu adalah variabel yang tidak diharapkan tetapi dapat menggangu hasil percobaan. Variabel penggangu ini harus diusahakan tidak ada.

Analisis Data

  • Data diperoleh dari hasil eksperimen. Data tersebut harus diolah dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.
Pengambilan Kesimpulan

  • Kesimpulan harus mengacu pada hasil eksperimen. 
  • Ada dua kemungkinan yang ada dalam pengambilan kesimpulan, yaitu kemugkinan hipotesis diterima dan kemungkinan hipotesis ditolak.
  • Seorang peneliti harus mempunyai sikap ilmiah ketika menerapkan metode ilmiah. 
Beberapa sikap ilmiah sebagai berikut.

  1. Mampu membedakan opini dan fakta
  2. Memiliki Rasa Ingin Tahu
  3. Peduli terhadap Lingkungan

Mampu membedakan opini dan fakta

  • Opini adalah suatu pendapat yang belum teruji kebenarannya melalui suatu penelitian. Adapun fakta adalah hasil dari suatu penelitian yang kebenarannya sudah teruji.
Memiliki Rasa Ingin Tahu

  • Seorang peneliti biasanya selalu ingin mengetahui segala hal. 
  • Keingintahuan dan minat atas segala seseatu merupakan salah satu dasar ditemukannya konsep, teori, dan hukum dalam bidang sains.
Peduli terhadap Lingkungan

  • Sikap peduli terhadap lingkungan harus tertanam dalam jiwa seorang peneliti karena suatu penelitian akan sia-sia jika proses maupun hasilnya merusak lingkungan. 
  • Sikap ilmiah ini dapat diwujudkan dengan ikut menjaga kelestarian lingkungan.
Jujur terhadap fakta

  • Seorang peneliti harus jujur dalam mengambil dan mengolah data suatu penelitian. 
  • Tidak boleh ada pemalsuan (manipulasi) meskipun hasilnya tidak sesuai dengan keinginannya.
Terbuka dan fleksibel

  • Seorang peneliti harus terbuka dalam menyampaikan hasil kajiannya. 
  • Terbuka disini berarti mau menerima masukan, saran, dan kritikan agar hasil penelitian menjadi lebih baik.
Berani Mencoba

  • Rasa ingin tahu tentang seseatu tidak akan pernah terwujud tanpa keberanian untuk mencoba. 
  • Seorang peneliti harus berani mencoba mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang ada di pikirannya.
Berpendapat secara Ilmiah dan Kritis

  • Peneliti harus mampu berpendapat secara ilmiah dan kritis. 
  • Setiap pendapat harus mempunyai dasar yang kuat dan tepat. 
  • Oleh karena itu, seorang peneliti harus banyak membaca buku-buku literatur untuk menambah wawasan.
Bekerja Sama
Pada saat melakukan percobaan, seorang peneliti harus mampu bekerja sama dengan orang lain sehingga percobaan dapat berhasil dengan baik.

i. Ulet dan Gigih
Seorang peneliti tidak boleh cepat berputus asa, jika gagal dalam suatu penelitian, peneliti harus segera mencari penyebab kegagalan itu dan mencobanya lagi untuk memperoleh kesuksesan.

j. Bertanggung jawab
Dalam melakukan penelitian, seorang peneliti harus dapat bertanggung jawab terhadap hasil penelitiannya. Selain itu, keselamatan lingkungan juga menjadi tanggung jawabnya.

Hasil penelitian perlu dikomunikasikan kepada orang lain sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan. Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk laporan, makalah, atau jurnal. 

Sebuah laporan ilmiah harus mempunyai unsur-unsur berikut.

  1. Judul laporan
  2. Prakata, berisi ucapan rasa syukur penulis atas selesainya laporan ilmiah. Selain itu, prakata juga berisi ucapan-ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penelitian.
  3. Daftar isi.
  4. Pendahuluan, berisi latar belakang penelitan, perumusan masalah, hipotesis yang diajukan, dan tujuan penelitian.
  5. Tinjauan pustaka,berisi teori, konsep, fakta-fakta, dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik penelitian.
  6. Bahan dan metode kerja, berisi tentang cara kerja penelitian dan bahan-bahan yang digunakan dalam melaksanakan penelitian. Selain itu, bab ini juga dapat berisi waktu dan tempat melaksanakan penelitian serta cara pengambilan data.
  7. Hasil dan pembahasan, berisi tentang data dan fakta yang diperoleh selama penelitian. Selain itu, bab ini juga berisi tentang pengolahan data dan analisis penulis terhadap hasil yang diperoleh selama melaksanakan penelitian.
  8. Kesimpulan, berisi tentang kesimpulan secara singkat dari keseluruhan hasil penelitian.
  9. Daftar pustaka atau referensi, berisi sumber-sumber yang digunakan penulis sebagai acuan dalam menunjang penelitiannya.
  10. Lampiran, menyajikan tabel-tabel, grafik-grafik, gambar, dan informasi pendukung lainnya.
  11. Penelitian menggunakan metode ilmiah akan menghasilkan produk ilmiah dalam bentuk fakta, konsep, prinsip, prosedur, teori, postulat, atau hukum.

Support web ini

BEST ARTIKEL