Wednesday, January 8, 2014

KISI KISI BIOLOGI UJIAN NASIONAL 2014 SMA




NO
INDIKATOR UJIAN NASIONAL 2014
SOAL
1
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

2
Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.

3
Mengidentifikasi ciri /peran jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).

4
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.

5
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.

6
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.

7
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.

8
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.

9
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.

10
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.

11
Menjelaskan keterkaitan kegiatan manusia dengan perubahan/pencemaran lingk

12
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses pada sel.

13
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.

14
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.

15
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.

16
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.

17
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.

18
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.

19
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.

20
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.

21
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin

22
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh

23
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

24
Menjelaskan ciri dan cara kerja dari faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.

25
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.

26
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.

27
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.

28
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.

29
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.

30
Menjelaskan proses sintesis protein.

31
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.

32
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel.

33
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.

34
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia

35
Menjelaskan peristiwa mutasi.

36
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.

37
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.

38
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.

39
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern

40
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan


Silahkan KLIK ini

Ini kalau diurai menjadi demikian .........tinggal dicari soalnya hehe



  1. Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya
  2. Siswa dapat menjelaskan peran virus
  3. Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
  4. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  5. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  7. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  8. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu
  9. Disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
  10. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  11. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu  siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya
  12. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson  tertentu
  13. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem  tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
  14. Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  15. Siswa dapat menjelaskan dampak  pencemaran/perubahan lingkungan
  16. Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
  17. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  18. Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
  19. Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
  20. Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung
  21. Siswa dapat menjelaskan  penyakit/gangguan system peredaran darah
  22. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan Kimiawi yang terjadi
  23. Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan dada
  24. Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya
  25. Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan Penyebab/akibatnya
  26. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron
  27. Dsajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  28. Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf
  29. Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
  30. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
  31. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
  32. Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
  33. Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi Kerja enzim
  34. Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
  35. Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
  36. Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  37. Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
  38. Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
  39. Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
  40. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  41. Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
  42.  Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi  hasil persilangan yang ditentukan
  43. Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  44. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut
  45. Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
  46. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
  47. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
  48. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
  49. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  50. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan

 SEMOGA BERGUNA

TRY AND ERROR


 








TRY AGAIN

1. Perhatikan ciri kehidupan ini
  • organisme bersel satu 
  • Heterotrop
  • mempunyai inti mikro dan makronucleus
  • Mempunyai vacuola contraktil untuk osmoregulasi 
  • Eukaryotik

Dari ciri ciri diatas organisme tersebut tergolong dalam phyllum

A. Ciliata

B. Flagelata

C. Trhizopoda

D. Protozoa
E. Sporozoa

JAWAB :

2. Perhatikan macam-macam jamur yang menguntungkan berikut ini!:

Jamur yang memiliki kemampuan fermentasi ekstrak buah menjadi minuman beralkohol adalah Jamur….
A. 1 saja
B. 2 saja
C. 3 saja
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4



JAWAB :

3. Pernyataan yang salah tentang mikroorganisma dengan peranannya adalah …
A. Mycobacterium tuberculosis, bakteri ini menyerang alveolus paru – paru dan menyebabkan penyakit TBC.
B. Triponema pertenue, bakteri ini penyebab penyakit patek (frambusia).
C. Pasteuriella pestis, bakteri ini menyerang manusia dan binatang pengerat (rodentia) menyebakan penyakit pes (sampar).
D. Clostridium tetani, bakteri ini penyebab penyakit tetanus.
E.. Neisseria gonorrhoeae, bakteri ini menyerang saluran kandung empedu 

JAWAB :

4. Perhatikan tabel Arthropoda berikut ini.
Dari tabel tersebut, yang termasuk kelompok insecta ádalah… .
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V


Jawab :

5. Kawasan pelestarian alam yang mempunyai flora langka , dikelola dengan sistem terbimbing oleh para ahli yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, biasanya dibatasi untuk umum kecuali ada perijinan yang ketat adalah ....
A. Suaka margasatwa
B. Cagar alam
C. Taman nasional
D. Perlindungan hutan
E. Kebun raya


JAWAB :







6. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!

  1. tidak memiliki pembuluh 
  2. daun muda biasanya menggulung 
  3. bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah 
  4. berkembang biak menggunakan spora 
  5. sporofit lebih dominan dari gametofit 
  6. gametofit lebih dominan daripada sporofit 
Pteridophyta memiliki ciri yang ditunjukkan pada nomor ….
A. 1), 2) dan 3)
B. 2), 3) dan 5)
C. 2), 4) dan 5)
D. 3), 4) dan 5)
E. 3), 4) dan 6)

Jawab :

7. Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp)  



Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah
A. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
B. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
C. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
D. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
E. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru


Jawab :

8. Dari tabel di bawah ini manakah yang tepat menunjukkan ciri hewan vertebrata?

A Pisces Sisik, licin, berlendir 4 sempurna internal, ovipar
B Amphibia Kulit licin, basah 2 tidak sempurna eksternal, ovipar
C Reptilia Sisik, kering 4, Tak sempurna eksternal, ovovivipar
D Aves Bulu 4, sempurna internal, vivipar
E Mammalia Rambut 4, sempurna internal, vivipar


JAWAB :

9. Perhatikan gambar rantai makanan berikut!


Peran elang dalam aliran energi pada rantai makanan di atas adalah ….
A. produsen
B. konsumen 1
C. konsumen 2
D. predator
E. pengurai

Jawab :

10. Perhatikan gambar daur biogeokimia berikut !

Proses yang tranfirsi, resipitasi dan kondensasi secara urut adalah ….
A. I, II dan III
B. II, III dan I
C. III, I dan II
D. III, II dan I
E. I, III dan II

Jawab :

11.Bencana banjir yang melanda Indonesia merupakan salah satu akibat kerusakan alam yang dibuat manusia, Aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan, untuk itu kita harus berusaha untuk menanggulangi bencana tersebut dan mencegah terulang kembali. Usaha yang dapat mengurangi benaca diatas adalah….
A. mengurangi aktivitas industri
B. membatasi jumlah kendaraan bermotor
C. memberantas hama tanaman pertanian
D. memperbanyak menanam tanaman
E. mengurangi penangkapan ikan di laut

Jawab :

12.Perhatikan gambar berikut!


Sepotong kentang dimasukan ke dalam wadah X, Y dan Z, setelah beberapa jam. Kentang diangkat dan ditimbang. Kesimpulan yang benar adalah ….
A. Kentang di X bertambah beratnya
B. Kentang di Y bertambah beratnya
C. Kentang di Z bertambah beratnya
D. Kentang di X dan Y bertambah beratnya
E. Kentang di X dan Z bertambah beratnya

JAWAB :

13. Perhatikan gambar sel tumbuhan berikut ini

Organel yang berlabel X adalah ....
A. Mitokondria, berfungsi untuk menghasilkan energi
B. Kloroplas, berperan dalam proses fotosintesis
C. Mitokondria, berperan dalam proses fotosintesis
D. Kloroplas, berlangsungnya sintesis protein
E. Vakuola, menyimpan cadangan makanan

Jawab  :

14.Perhatikan gambar jaringan hewan berikut ini!


Fungsi jaringan tersebut adalah ….
A. Jaringan penyokong tubuh
B. Jaringan pengikat organ tubuh
C. Jaringan pelindung organ
D. Jaringan penyokong dan pelindung
E. Jaringan pengikat dan pelindung

Jawab :

15. Perhatikan mekanisme kontraksi otot berikut!


Berdasarkan gambar diatas!
Pernyataan yang benar adalah …
A. Saat kontraksi otot daerah X memendek
B. Daerah Y akan memendek jika otot berkontraksi
C. Daerah Z akan memendek jika otot berkontraksi
D. Saat kontraksi otot daerah X dan Y memendek
E. Saat kontraksi otot daerah X, Y dan Z memendek

Jawab :

16. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!

Pembuluh darah dan fungsinya yang ditunjuk oleh X adalah ...
A. arteri pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
B. vena pulmonalis membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
C. vena kava membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
D. aorta membawa darah keluar jantung yang kaya O 2
E. arteri membawa darah keluar jantung yang kaya O 2

17. Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut!

Berdasarkan gambar di atas, Tempat proses pencernaan enzimatis dan enzim yang dihasilkanya yang paling tepat adalah ....
A. 1 dan 2, pepsin dan amilase
B. 1 dan 3, amylase dan pepsin
C. 2 dan 3, kemotripsin dan lipase
D. 3 dan 4, pepsin dan lipase
E. 4 dan 1, lipase dan amylase

18. Perhatikan gambar diagram aktivitas udara pernapasa beriku!

Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah….
A. Volume pernapasan normal ada di no 1
B. Udara komplementer yang siap digunakan adalah no 1 dan 3
C. Udara pernapasan tidal ada di no 3
D. Pernapasan normal selalu menggunakan volume udara no 4
E. Kapasitas vital paru kita ada 1,2 3 dan 4

19. Perhatikan diagram nefron!


Zat-zat yang masih berguna akan direabsorbsi pada bagian berlabel ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

20. Perhatikan diagram gerak reflek berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas , pernyataan yang benar adalah….
A. X, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
B. X, saraf sensorik yang berfungsi menerima tanggapan
C. Y, saraf sensorik yang berfungsi menerima rangsang
D. Y, saraf motoric yang berperan menghubungan rangsang
E. X, saraf konektor yang berperan sebagai penghubung

21. Perhatikan mekanisme sekresi hormone reproduksi berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas aktivas homonal FSH, LH dan Prgesteron adalah....
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5

22. Pertahanan tubuh berikut yang merupakan pertahanan tubuh spesifik adalah ….
A. tubuh menghasilkan interferon untuk melawan virus
B. tubuh memberikan respons inflamasi saat terjadi luka
C. tubuh menghasilkan antibodi saat ada antigen yang masuk
D. sel-sel fagosit menelan pathogen yang masuk ke jaringan tubuh
E. membrane mukosa pada saluran pencernaan menghalangi masuknya pathogen

23. Tabel berikut adalah hasil percobaan siswa tentang pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda selama 7 hari pengamatan


Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ….
A. pertumbuhan tidak memerlukan cahaya
B. cahaya dapat menghambat pertumbuhan
C. cahaya tidak berpengaruh pada pertumbuhan
D. semakin banyak cahaya pertumbuhan semakin cepat
E. pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikkan intensitas cahaya

24. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase dari ekstrak hati yang direaksikan ke substrat H2O2 .

Tabel eksperimen yang menunjukkan kerja enzim katalase terdapat pada nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

25. Perhatikan skema respirasi aerob berikut !


Proses yang terjadi pada x ke y adalah … .
A. Glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif
B. Glikolisis dan dekarboksilasi siklus krabs
C. Glikolisis dan dekarboksilasi transfer elektron
D. Glikolisis dan rekarbonisasi
E. Glikolisis dan fermentasi karbon

26. Perhatikan reaksi respirasi sel anaerob dimulai dari senyawa glukosa:

Berdasarkan gambar di atas P,Q,R adalah ….
A. Asam piruvat, NADPH, etanol
B. Asam asetaldehida, ATP, etanol
C. Asam asetat, ADP, alkohol
D. Asam piruvat, NADPH, etanol
E. Asam piruvat, CO2, etano

27. Perhatikan gambar berikut :

Peristiwa fotosintesis yang terjadi pada bagian X adalah ….
A. fotolisis yang menghasilkan glukosa dan O2
B. reaksi gelap yang menghasilkan glukosa dan CO2
C. fotolisis yang menghasilkan oksigen dan NADPH
D. reaksi terang yang menghasilkan ATP, NADPH, O2
E. fotofosforilasi yang menghasilkan ADP dan NADPH

28. Pada respirasi anaerobik jumlah energi yang dihasilkan jauh sedikit daripada respirasi aerob, hal ini disebabkan ....
A. kekurangan oksigen untuk menghasilkan ATP
B. Terbentuknya gas C02 yang mengalami pembentukan energi
C. NADH2 dan FADH2 tidak dapat melepaskan ion hidrogen
D. asam piruvat yang terbentuk tidak berubah menjadi asetil ko enzim A
E. elektron yang digunakan untuk fermentasi memiliki energi yang rendah

29. Perhatikan tabel perbedaan DNA dan RNA berikut !


DNA deskripsinya adalah pada nomer
A. I
B. II
C. III
D.IV
E.V

30. Berikut ini adalah tahapan-tahapan sintesis protein:

  1. Proses penyalinan kode genetik dalam DNA 
  2. DNA melakukan transkripsi membentuk RNAd. 
  3. Asam amino berderet saling berikatan. 
  4. Terbentuk polipeptida. 
  5. Proses penerjemahan kode genetik RNAd oleh RNAt. 
Urutan pada fase translasi adalah … .
A. 1 – 2 – 4
B. 1 – 3 – 4
C. 2 – 1 – 4
D. 3 – 4 – 5
E. 5 – 3 – 4

31.Perhatikan gambar pembelahan sel berikut ....

Gambar 1 dan 2 adalah fase ....
A. Metafase - Profase
B. Metafase I - Profase I
C. Metafase 2-Anaphase
D. Anafase I – Profase I
E. Anafase 2- Telofase

32. Pada tanaman semangka bentuk buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan warna kulit buah hijau (H) dominan terhadap kulit buah bergaris-garis. Tanaman semangka bentuk buah bulat warna hijau heterozigot (BbHh) penyerbukan sendiri. Keturunan yang berfenotip bentuk buah bulat kulit bergaris-garis adalah….
A. 100 %
B. 75 %
C. 56,25 %
D. 25 %
E. 18,75 %

33. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (Hhkk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKK), maka ratio hitam : kuning : putih adalah ….
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 1 : 1 : 0

34. Seorang wanita carier albino menikah dengan laki-laki normal.(homozigotik). Prosentase anak-anak yang akan lahir dari pernikahan tersebut adalah ….
A. 75% albino, 25% normal
B. 50% albino, 50% normal
C. 25% albino, 75% normal
D. 100% normal
E. 100% albino

35. Sindrom XO terjadi pada wanita normal memiliki kromosom seks XX dengan jumlah total kromosom sebanyak 46, Hal ini terjadi karena satu kromosom hilang atau nondisjunction saat atau selama gametogenesis (pembentukan gamet) atau pun pada tahap awal pembelahan zigot. Kelainan ini dikenal dengan sindrom ….
A. Down
B. Turner
C. Clinofelter
D. Cri du Chat
E. Patau

36. Percobaan yang dilakukan oleh Stanley Miller (1953) bertujuan untuk membuktikan Postulat Harold Urey tentang asal usul kehidupan yang menyatakan bahwa…
A. Makhluk hidup berasal dari benda mati dan terjadi secara spontan
B. Makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup sebelumnya
C. Terbentuknya senyawa organik berasal dari meteorit dan komet
D. Reaksi gas-gas atmosfir bumi purba membentuk molekul organik sederhana
E. Atmosfir bumi purba terdiri dari CH4, NH3 , H2 dan uap air

37. Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A. adaptasi
B. jenis makanan
C. seleksi alam
D. perubahan lingkungan
E. isolasi geografis

38. Berikut ini adalah beberapa peran bioteknologi dalam kehidupan :
A. nata de coco
B. susu kaleng
C. baso
D. mentega
E. yogurt

39. Produk bioteknologi dalam bidang industri makanan, antara lain ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 1, 4 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5

39. Produksi hormone insulin dalam skala industri merupakan contoh keberhasilan penerapan teknik rekayasa DNA rekombinan. Prinsip kerja teknik DNA rekombinan adalah ….
A. pertumbuhan mikrobia di dalam suatu media tumbuh
B. menumbuhkan satu sel tumbuhan menjadi satu tumbuhan utuh
C. mengubah susunan gen dalam kromosom dengan memotong dan menyambung gen
D. memindahkan inti sel tubuh ke dalam sel telur yang telah dihilangkan inti selnya
E. menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama maupun organisme berbeda

40. Penerapan bioteknologi modern dapat menimbulkan problem etika dan religi yang meresahkan masyarakat. Contohnya adalah ….
A. pengobatan penyakit diabetes dengan terapi gen
B. cloning yang dilakukan pada manusia
C. penggunaan tehnik bayi tabung dengan fertilisasi diluar rahim
D. penggunaan tanaman transgenic yang mengandung biopestisida
E. pengobatan penyakit diabetes dengan insulin hasil rekayasa genetika

REVIEW KELAS XII



1. Berikut ini gambar tahap pembelahan meiosis:

Berdasarkan gambar yang menyatakan tahap metafase 2 dan anafase 1 ditunjukkan oleh nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 3

2. Persilangan antara tumbuhan mangga rasa masam bentuk besar dengan mangga manis bentuk kecil, dihasilkan mangga rasa manis bentuk besar (F1). Jika F1 melakukan penyerbukan sendiri, maka persentase mangga rasa manis bentuk besar yang dihasilkan F2 adalah ... .
A. 6,25%
B. 12,5%
C. 18,75%
D. 25 %
E. 56,25%

3. Jika H hitam epistasis terhadap K kuning yang hipostasis, persilangan antara kacang berkulit hitam (HhKk) dengan kacang berkulit kuning (hhKk) akan menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip ... .
A. Hitam : Kuning 1 : 1
B. Hitam : Kuning 3 : 1
C. Hitam : kuning : putih 4 : 3 : 1
D. Hitam : Kuning : Putih 4 : 2 : 1
E. Hitam : kuning : putih 9 : 3 : 1

4. Perhatikan peta silsilah keluarga berikut ini !


Berdasarkan peta silsilah tersebut, dapat ditentukan genotif nomor 1, 2 dan 3 secara berurutan adalah ... .
A. XHXH, XHXH, XhXh
B. XHXh, XHXh, XhXh
C. XHXh, XHY-, XhY-
D. XHXh, XHY-, hh
E. XHY-, XHXh,X hY-

5. Peristiwa mutasi berikut menyebabkan kromosom mengalami perubahan seperti pada gambar, yang disebut … .

A. translokasi
B. katenasi
C. duplikasi
D. inversi
E. delesi

6. Perhatikan perangkat percobaan Stanley Miller berikut !

Tempat terbentuknya senyawa organik terjadi pada bagian nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

7. Perhatikan nama-nama organ mahluk hidup berikut !

  1. kaki depan tikus
  2. tangan manusia
  3. sisik ikan kakap
  4. sayap burung
  5. sayap serangga

Organ yang menunjukkan hubungan homologi adalah ... .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5

8. Masyarakat di desa Sukamaju yang berpenduduk 10.000 orang terdapat 25 orang ber rhesus negatif, maka persentase orang berrhesus positif heterozigot adalah ... .
A. 0,95%
B. 1,95%
C. 9,5%
D. 9,8%
E. 95%

9. Hubungan yang benar antara bahan, jenis mikroba dan produk yang benar adalah ... .
Bahan Jenis Mikroba Produk
A susu Lactobacillus burgaris yoghurt
B kedelai Aspergillus wentii tempe
C air kelapa Rhizopus oryzae nata de coco
D kedelai Rhizopus oligospora kecap
E susu Acetobacter xylium keju

10. Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar di bidang kedokteran dapat dilakukan dengan cara ... .
A. teknologi hibridoma
B. kultur jaringan
C. totipotensi jaringan
D. terapi genetik
E. transplantasi gen

11. Tindakan manusia yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif penggunaan hasil bioteknologi adalah ... .
A. memanfaatkan antibiotik untuk membunuh bakteri
B. memanfaatkan sumbermakanan baru berupa PST
C. menggunkan insulin buatan untuk diabetes militus
D. memanfaatkan bibit unggul hasil rekayasa genetika sebanyak-banyaknya
E. mengantisipasi kemungkinan berpindahnya gen asing pada organisme transgenik


Monday, January 6, 2014

SOAL BAB 1 KELAS 7 LABORATORIUM - SEL

SOAL1. Pernyataan berikut ini berhubungan dengan ciri makhluk hidup, kecuali ….
A. peka terhadap rangsang
B. memerlukan suhu terten-tu untuk pertumbuhan
C. tumbuh dan berkem-bangbiak
D. semua dapat berpindah tempat

2. Apakah arti simbol di bawah ini?

A. bahan yang mudah terbakar
B. alat mudah pecah
C. bahan yang beracun
D. alat mudah mengalami korosi

3. Manakah bahan-bahan berbahaya yang dapat ditemukan di laboratorium?
A. air
B. alkohol
C. asam sulfat
D. larutan glukose

4. Perhatikan gambar berikut ini

Lensa mikroskop yang dekat dengan mata adalah lensa
A. obyektif
B. datar
C. okuler
D. silinder

5. fungsi cermin pada mikroskop adalah untuk
A. memfokuskan bayangan
B. menangkap cahaya supaya bisa terlihat
C. menambah obyek
D. tempat obyek

6. Fungsi diafragma pada mikroskop adalah untuk
A. mengatur cahaya yang masuk
B. melihat bayangan
C. menempatkan obyek
D. menfokuskan bayangan

7. bagian mikroskop yang berfungsi membuat obyek terlihat jelas adalah
A. lensa obyektif
B. tabung mikroskop
C. lensa okuler
D. pemutar halus

8. alat yang umum digunakan untuk membedah tubuh hewan adalah
A. scalpel
B. peniti
C. Penggaris
D. jarum

9. Sebelum dibedah sebaiknya hewan dibius degan menggunakan
A. tisu basah
B. kloroform
C. suntikan
D. sterofom

10. Agar bagian tubuh dalam hewan terlihat dengan jelas maka saat membedah sebaiknya menghindari
A. kulit
B. jaringan
C. pembuluh darah
D. tulang

11. gambar dibawah ini adalah symbol bahan…

A. Korosif
B. Radioaktif
C. Berbahaya bagi lingkungan
D. Beracun

12. Gambar di bawah ini adalah simbol bahan….


A. Korosif
B. Radioaktif
C. Berbahaya bagi lingkungan
D. Beracun

13. Untuk dapat melihat makhluk hidup mikroskopis, mata menggunakan bantuan alat yaitu
A. Lup
B. Kacamata
C. Lensa
D. Mikroskop

14. Alat pernafasan pada tumbuhan disebut juga
A. Lenti sel
B. Pleura
C. Inti sel
D. Daun

15. Zat yang dikeluarkan dari hasil pernafasan manusia adalah
A. Oksigen
B. Hidrogen
C. Karbondioksida
D. Helium

16. Proses bertambahnya bentuk dan ukuran yang tidak dapat kembali lagi disebut proses
A. Berkembang
B. Berkembang biak
C. Pertumbuhan
D. Berkembang dan tumbuh

17. Yang bukan merupakan faktor luar dari perkembangan manusia adalah
A. Air
B. Tanah
C. Cahaya
D. Gen

18. Pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina disebut perkembang biakan secara
A. Vegetatif alami
B. Cangkok
C. Generatif
D. Okulasi

19. Yang merupakan contoh dari perkembangbiakan dengan umbi lapis adalah
A. Bawang
B. Wortel
C. Ketela
D. Lobak

20. Zat sisa yang dikeluarkan oleh paru-paru adalah
A. Karbondioksida dan oksigen
B. Aceton dan protein
C. Aceton dan oksigen
D. Karbondioksida dan aceton

ESSAY
1. Perhatikan Gambar ini dan ...


1. Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop nomor 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11.
2. Bagaimana cara membedah ikan? Jelaskan menurut pengetahuanmu.


ISIAN

  1. Asam = zat yang di dalam air dapat menghasilkan ion Hidrogen 
  2. Basa = ……………………………………………………………… 
  3. Garam = senyawa yang terbentuk dari reaksi asam dan basa. 
  4. Reaksi netralisasi = reaksi antara asam dan basa yang akan menghasilkan garam. 
  5. Asam sitrat = ………………………………………………………….. 
  6. Asam Klorida = asam lambung, terdapat dalam lambung, berfungsi untuk membunuh kuman, membantu pencernaan dan memberi suasana asam pada lambung. 
  7. pH meter = …………………………………………………… 
  8. Indikator alami = ………………………………………………………… 
  9. Indikator universal = ……………………………………………………… 
  10. Indikator pp = ……………………………………………………………… 
  11. Kertas lakmus = ……………………………………………………………… 
  12. Asam lemah = ……………………………………………………………….. 
  13. Asam kuat = ………………………………………………………………….. 
  14. Basa lemah = …………………………………………………………………… 
  15. Basa kuat = ………………………………………………………………………… 
  16. Asam sulfat = ………………………………………………………………….. 
  17. Asam Karbonat = ……………………………………………………………… 
  18. Hujan asam = ……………………………………………………………………. 
  19. Natrium Klorida = ……………………………………………………………… 
  20. Magnesium Hidroksida = ……………………………………………………….. 
  21. Botani = ………………………………………………………………………. 
  22. Zoologi = ……………………………………………………………………… 
  23. Ornitologi = ……………………………………………………………………… 
  24. Mikologi = ………………………………………………………………………… 
  25. Virologi = ………………………………………………………………………. 
  26. Bakteriologi = …………………………………………………………………. 
  27. Mikrobiologi = ………………………………………………………………….. 
  28. Embriologi = ………………………………………………………………………. 
  29. Taksonomi = ……………………………………………………………………….. 
  30. Anatomi = …………………………………………………………………………… 
  31. Morfologi = ………………………………………………………………………….. 
  32. Sitologi = …………………………………………………………………………….. 
  33. Ekologi = …………………………………………………………………………….. 
  34. Metode ilmiah = …………………………………………………… 
  35. Hipotesis = …………………………………………………………………. 
SEL
1. Unit terkecil penyusun makhluk hidup adalah….
a. Sel
b. Jaringan
c. Organ
d. Sistem organ

2. Berikut ini perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang benar adalah....
a. sel tumbuhan punya nukleus, sel hewan tidak punya nukleus
b. sel tumbuhan tidak punya mitokondria, sel hewan punya mitokondria
c. sel tumbuhan tidak punya dinding sel, sel hewan punya dinding sel
d. sel tumbuhan punya plastida, sel hewan tidak punya plastida

3. Organel-organel sel terdapat di dalam suatu cairan sel yang disebut …
a. Nukleoplasma
b. Nucleolus
c. Sitoplasma
d. Sitosol

4. Organel sel dan fungsinya yang tepat adalah :
a. Nukleus : Mensintesis protein
b. Dinding sel : Menguatkan sel
c. Mitokondria : Sekresi protein
d. Ribosom ; Respirasi sel

5. Seluruh kegiatan dalam sel dikendalikan oleh:
a. Mitokondria
b. Nukleus
c. Sitoplasma
d. Badan Golgi

6. Materi genetik (pembawa sifat keturunan) yang terdapat di dalam nukleus adalah ….
a. Vakuola
b. Kromosom
c. Lisosom
d. Plastid

7. Perhatikan pernyataan berikut !
  1. Sel dilindungi oleh dinding sel 
  2. Sel tidak dilindungi oleh dinding sel 
  3. Memiliki plastid (berisi kloroplas) 
  4. Memiliki lisosom 
  5. Vakuola berukuran besar 
  6. Vakuola berukuran kecil 
Ciri-ciri sel tumbuhan terdapat pada nomor :
a. 1, 3, 5
b. 1, 3, 6
c. 2, 3, 5
d. 2, 4, 6

8. Sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama disebut …
a. Sel
b. Jaringan
c. Organ
d. Sistem organ

9. Berikut ini adalah contoh jaringan :
a. Daun, batang, palisade
b. Epidermis, xylem, floem
c. Tangan, kaki, otot lurik
d. Endodermis, epitel, jantung

10. Berikut ini adalah jaringan yang terdapat pada hewan vertebrata, kecuali …
a. Jaringan epitel
b. Jaringan ikat
c. Jaringan otot
d. Jaringan palisade

11. Cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang jaringan adalah ….
a. Fisiologi
b. Histologi
c. Anatomi
d. Morfologi

12. Perhatikan gambar irisan melintang batang dikotil berikut !

Letak floem, kambium, dan xylem berturut-turut ditunjukkan oleh nomor …
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 3, 4, 5
d. 2, 4, 5

13. Perhatikan gambar irisan melintang daun berikut !

Jaringan palisade terdapat pada nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

14. Perhatikan gambar dibawah ini

Berdasarkan gambar diatas Proses fotosintesis pada daun paling banyak berlangsung pada nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

15. Fungsi floem adalah …
a. Mengangkut air dari akar ke daun
b. Mengangkut garam-garam mineral ke seluruh tubuh
c. Mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
d. Mengangkut sisa metabolism dari daun ke seluruh tubuh

16. Jaringan yang berfungsi mengangkut air dan garam-garam mineral ke daun adalah…
a. Epidermis
b. Floem
c. Xylem
d. Parenkim

17. Perhatikan gambar berikut !


Gambar di atas adalah jaringan …
a. Otot polos
b. Otot lurik
c. Otot jantung
d. Otot serabut

18. Jantung disebut organ karena ….
a. Berfungsi memompa darah
b. Tersusun dari beberapa jaringan
c. Tersusun dari sel-sel
d. Merupakan bagian dari sistem peredaran darah

19. Berikut ini merupakan kelompok organ yaitu :
a. Jantung, hati, otot polos
b. Tangan, kaki, serabut saraf
c. Daun, batang, akar
d. Tulang, otot, kulit

20. Perhatikan data berikut !
1. Tulang
2. Daun
3. Batang
4. Pankreas
5. Akar
6. Hati
Organ yang terdapat pada hewan, kecuali…
a. 1, 2, 3
b. 1, 4, 6
c. 2, 3, 5
d. 2, 3, 6

21. Berikut ini adalah organ penyusun sistem pencernaan yaitu :
a. Mulut – tenggorokan – lambung – usus – rectum – anus
b. Mulut – kerongkongan – lambung – usus – rectum – anus
c. Mulut – hidung – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus
d. Hidung – mulut – kerongkongan – lambung – hati – usus halus – usus besar – anus

22. Organ berikut ini yang menyusun sistem ekskresi manusia adalah ….
a. Jantung
b. Ginjal
c. Usus
d. Lambung

23. Sistem pencernaan makanan pada manusia disusun oleh organ-organ berikut, kecuali …
a. Tenggorokan
b. Kerongkongan
c. Lambung
d. Usus halus

24. Sistem organ yang tidak terdapat pada tumbuhan adalah ….
a. Sistem transportasi
b. Sistem respirasi
c. Sistem saraf
d. Sistem reproduksi

25. Urutan organisasi kehidupan yang benar adalah ….
a. Sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme
b. Sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme
c. Sel – jaringan – sistem organ – organ – organisme
d. Jaringan – sel – organ – organisme – sistem organ

ISIAN

  1. Dalam urutan langkah kerja ilmiah, melakukan eksperimen dilakukan setelah ….  
  2. Ilmu yang mempelajari bagian dalam tubuh makhluk hidup adalah … 
  3. Jika akan memindahkan mikroskup dari satu tempat ke tempat lain maka bagian yang harus dipegang adalah………………dan ......... 
  4. Untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mikroskup ada bagian mikroskup yang diputar adalah ……………………. 
  5. Tempat untuk melakukan percobaan sains atau IPA adalah ……………………. 
  6. Alat yang dipergunakan untuk mengukur volume cairan bahan kimia yang digunakan dalam praktikum disebut ………………. 
  7. Alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu disebut …………… 
  8. Allat yang dipergunakan untuk mengukur kecepatan aktivitas berlari adalah ………………….. 
  9. Alat yang digunakan untuk menimbang benda adalah ………………….. 
  10. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki peneliti, kecuali….a. Rasa ingin tahu b. Jujur c. Obyektif d. subyektif 
  11. Ilmu yang mempelajari bentuk dan struktur tubuh bagian luar dari makhluk hidup adalah … 
  12. Fungsi utama mikroskup adalah ……………. 
  13. Bagian yang datar dari cermin pada mikroskup digunakan ketika….a. cuaca gelap b. Lampu listrik padam c. Sumber cahaya cukup terang d. Cahaya kurang terang 
  14. Bagian yang berfungsi sebagai pengumpul cahaya ketika cahaya kurang terang pada mikroskup adalah…a.lensa okuler b. Cermin datar c. Cermin cekung d. Diafragma 
  15. Pengatur jumlah cahaya yang diperlukan dalam pengamatan di bawah mikroskup disebu 
  16. Bagian mikroskup yang menghubungkan lensa okuler dan lensa obyektif adalah … 
  17. Cara membawa mikroskup yang benar adalah tangan yang satu menumpu bagian …………….. mikroskup, sedangkan tangan yang lain memegang bagian …………….. mikroskup. 
  18. Tumbuhan dapat melakukan fotosintesis. Oleh karena itu tumbuhan digolongkan dalam lingkungan a. konsumen b. Dekomposer c. Biotik d. Abiotik 
  19. Berikut ini yang termasuk gejala alam abiotik adalah.. .a. Meluapnya lumpur panas di Sidoarjo b. Peristiwa menetesnya embun dari daun-daun di pagi hari c. Interaksi antara tali putri (benalu) dengan tumbuhan inangnya. d. Ledakan jumlah penduduk suatu wilayah. 
  20. Hipotesis harus dibuktikan dengan melakukan ………………………Berikut ini yang termasuk pengamatan kualitatif adalah …Pesawat mengeluarkan suara yang memekakkan telinga 
  21. Jarak antara pangkal daun dan ujung daun sekitar 8 cm, Suhu tubuh Vino berkisar pada 36 Rata-rata tekanan darah normal manusia 120/80 mmHg 
  22. Lingkungan berupa perubahan suhu digolongkan sebagai …. a. Botik b. Abiotik c. Hidrosfer d. Atmosfer 
  23. Mikroskup yang memiliki satu lensa obyektif dan satu lensa okuler disebut mikroskup a. Stereo b. Binokuler c. Monokuler d. Elektron 
  24. Data yang biasa ditulis dengan angka atau bilangan adalah data ……………. 
  25. Untuk mengambil suatu larutan cair dalam botol digunakan alat a. Pipet b. Tabung reaksi c. Corong d. Erlenmeyer 
  26. Supaya preparat/obyek yang kita amati di mikroskup tidak bergeser maka bagian yang digunakan adalah …………………. 
  27. Ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur adalah ……………….. 
  28. Ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya disebut ………………….. 
  29. Ilmu biologi yang mempelajari tentang virus disebut …………………… 
  30. Ilmu biologi yang mempelajari tentang bakteri disebut ……………………… 
  31. Ilmu biologi yang mempelajari tentang sel adalah ………………….. 
  32. Ilmu biologi yang mempelajaari tentang perkembangan embrio adalah …………………… 
  33. Pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu pada satuan baku tertentu adalah pengamatan …………………. 
  34. Data yang disajikan dalam bentuk angka adalah data ………………. 
  35. Rusa dimangsa singa adalah sebuah contoh gejala alam …………………… 
  36. Wabah penyakit rabies di suatu wilayah adalah contoh dari gejala alam ……………. 
  37. Peristiwa gempa bumi adalah contoh dari gejala alam ………………… 
  38. Peristiwa gunung meletus adalah contoh dari gejala alam …………………. 
  39. Kasus flu burung adalah contoh dari peristiwa gejala alam ….………….. 
  40. Mencairnya es di kutub adalah contoh dari peristiwa gejala alam ……………

TRY AGAIN

1. Organela sel yang ada pada sel hewan, tetapi tidak ada pada sel tumbuhan adalah ….
a. nukleus
b. ribosom
c. retikum endoplasma
d. lisosom
e. mitokondria

2. Organela sel yang berfungsi sebagai penghasil enzim-enzim pencernaan adalah ….
a. lisosom
b. ribosom
c. mitokondria
d. badan golgi
e. retikulum endoplasma

3. Organela berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatas sistem membran dan erat kaitannya dengan sistem angkutan pada sintesis protein adalah ….
a. retikulum endoplasma
b. ribosom
c. lisosom
d. badan golgi
e. plasmodesma

4. Organela yang merupakan tempat berlangsungnya respirasi sel adalah ….
a. nukleus
b. lisosom
c. ribosom
d. retikulum endoplasma
e. mitokondria

5. Masuknya mineral dan air tanah dalam sel akar merupakan contoh transpor lewat membran secara ….
a. eksositosis
b. plasmolisis
c. difusi
d. osmosis
e. endositosis

6. Bila sel makhluk hidup direndam dalam larutan hipertonis, maka sel tersebut akan mengalami ….
a. turgor
b. plasmolisis
c. difusi
d. osmosis
e. hipotonis

7. Pasangan nama organel beserta fungsinya yang benar adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. badan golgi – sekresi
b. retikulum endoplasma – transportasi
c. ribosom – sintesis protein
d. lisosom – regulasi
e. mitokondria – respirasi

8. Peristiwa-peristiwa berikut ini merupakan peristiwa yang terjadi pada transpor aktif, kecuali ….
a. membutuhkan ATP
b. butuh protein integral sebagai carier
c. setiap pengeluaran tiga ion Na+, masuk dua ion K+
d. fosfat yang dilepaskan akan mengaktifkan glukosa
e. membutuhkan lemak

9. Gerakan molekul terlarut melalui selaput plasma, antara lain meliputi ….
a. endositosis
b. eksositosis
c. pinositosis
d. fagositosis
e. difusi

10. Aktivitas kehidupan organisme dapat tercermin melalui aktivitas sel. Hal ini sesuai dengan teori sel yaitu sel merupakan kesatuan ….
a. pertumbuhan
b. regenerasi
c. herediter
d. struktural
e. fungsional

11. Oksigen merupakan gas yang penting untuk proses oksidasi dalam sel. Masuknya oksigen ke dalam sel dengan cara ….
a. osmosis
b. eksositosis
c. fagositosis
d. pinositosis
e. difusi

12. Organela pada tumbuhan yang berperan dalam turbiditas sel adalah ….
a. mitokondria
b. sentriola
c. nukleus
d. ribosom
e. vakuola

13. Pada eksperimen osmosis sel tumbuhan, disiapkan tiga kentang berbentuk kubus dengan berat yang sama. Kentang I direndam dalam larutan gula 15%, kentang II dalam larutan gula 10%, kentang III dalam larutan gula 15% selama 5 menit dan diperoleh data sebagai berikut.


Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa berat yang hilang sebagai akibat ….
a. cairan gula hipertonis terhadap larutan sel
b. larutan gula hipertonis terhadap cairan sel
c. larutan gula dan cairan sel isosmosis
d. cairan sel hipertonis terhadap larutan gula
e. larutan gula dan cairan sel isotonis

14. Perhatikan Gambar berikut 
Organela yang ditunjukkan nomor 6 pada gambar tersebut adalah ….
a. ribosom
b. lisosom
c. mitokondria
d. badan golgi
e. retikulum endoplasma

15. Perhatikan gambar berikut ini 
Fungsi organela pada nomor 10 yaitu ….
a. untuk mensintesis protein
b. sebagai proses oksidasi sel
c. untuk pembentukan enzim
d. sebagai sarana transportasi molekul-molekul dari bagian sel satu ke bagian lain
e. sebagai pengatur pembelahan sel

ESSAY

  1. Apakah yang dimaksud sel?
  2. Organela apa sajakah yang menyusun sel? Sebutkan pula fungsinya masing-masing!
  3. Gambarlah organela sel yang ditemukan dalam sitoplasma dan tunjukkan bagian-bagian penyusunnya!
  4. Apakah perbedaan antara proses difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis?
  5. Ada berapa macam vakuola yang ada pada hewan? Sebutkan dan jelaskan masing-masing!
  6. Sebutkan organ-organ yang banyak terdapat organela: a. ribosom b. badan golgi c. lisosom
  7. Samakah struktur antara sel hewan dan tumbuhan? Jelaskan jawaban Anda disertai dengan gambar!
  8. Menurut Anda, manakah yang lebih cepat, perpindahan zat secara difusi atau secara osmosis? Berikanlah alasan Anda!
  9. Anda sudah mempelajari bahwa sel berukuran mikroskopis, walaupun demikian di dalam sel itulah semua proses kehidupan makhluk hidup diawali. Mengapa sel penyusun tubuh makhluk hidup harus berukuran kecil dan jumlahnya banyak? Adakah hubungannya dengan peran sel tersebut? Jelaskan jawaban disertai alasan yang tepat!
  10. Pada saat ini telah dikembangkan cara bercocok tanam dengan sistem “aeroponik”, yaitu merupakan cara bercocok tanam di udara. Tanaman tidak diberi media untuk tumbuhnya akar, melainkan dibiarkan terbuka, dengan menggantung pada suatu tempat yang dijaga kelembabannya. Akar dan tubuh tanaman disemprot dengan larutan pupuk yang mengandung nutrisi tanaman. Tanaman tersebut akan mengisap nutrisi melalui tubuh dan akar. Coba jelaskan dengan cara apakah akar tersebut menyerap nutrisi! Apakah secara difusi atau osmosis, berikan alasan yang jelas dan tepat!
THEORY

  • Organisasi seluler adalah susunan bagian-bagian tubuh yang berupa kumpuan sel. Sel berasal dari bahasa latin cella yang berarti ruang kecil. 
  • Orang yang pertama kali menemukan sel adalah Robert Hoke (1665) yang melakukan pengamatan terhaadap sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop. 
  • Robert Hooke melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut. 
  • Ruangan-ruangan kecil itu diberi nama sel. 
  • Istilah sel  ini terus di gunakan hingga sekarang. 
  • Brown (1831) menemukan inti sel ia mengemukakan bahwa sel merupakan suatu ruangan kecil yang dibtasi oleh membran, yang di dalam nya terdapat cairan (protoplasma). Protoplasma terdiri dari plasma sel atau sitoplasma dan inti sel atau nukleus. 
  • Di dalam inti sel terdapat plasma inti atau nukleoplasma. 
  • Pada tahun 1839 ahli fisiologi Jerman Theodor schwan ahli zoologi  mengungkapkan bahwa organisme tersusun atas sel. 
  • Begitu juga Mathias Schleiden ahli botani juga mengatakan seluruh tubuh tumbuhan tersusun atas sel maka keduanya menyusun teori semua mahkluk hidup struktur terkecilnya adalah sel 
  • Dari mana sel itu ? Ahli fisika Jerman Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel yang ada sebelumnya (Omnis Cellulae  e Cellula ) . Teori sel berasal dari sel di perkuat oleh berbagai eksperimen ahli mikrobiologi Perancis Louis Pasteur yang dilakukan antara tahun 1859-1861.

Ukuran sel bermacam-macam. Ada yang hanya 1-10 mikron, misalnya bakteri, ada yang mencapai 30-40 mikron misalnya protozoa, dan ada pula yang mencapai beberapa sentimeter, misalnya serabut kapas.

1.   Pengertian Sel.
Sel merupakan unit (satuan, zarah) terkecil dari makhluk hidup, yang dapat melaksanakan kehidupan. Sel disebut sebagai unit terkecil karena tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang berdiri sendiri.Secara setruktural, tubuh makhluk hidup terrsusun atas sel-sel sehingga sel disebut satuan setruktural makhluk hidup. Secara fungsional, tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan kehiduoan jika sel-sel penyusun itu berfungsi. Karena itu sel juga disebut satuan fungsional makhluk hidup. Sel mengandung materi genetik, yaitu materi penentu sifat-sifat makhluk hidup. Dengan adanya materi genetik, sifat makhluk hidup dapat di wariskan kepada keturuna

Cara Mengamati Sel
Untuk mengamati sel diperlukan alat bantu mikroskop yang dapat memperbesar bayangan objek yang diamati. Ada beberapa macam mikroskop yang dapat digunakan. Berikut  akan diuraikan prinsip cara kerja kedua mikroskop tersebut.
I.    Mikroskop Cahaya.
  1. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber penyinaran. Karena itu di perlukan lensa untuk memperbesar bayangan benda.
  2. Untuk mengamati objek diperlukan preparat (sediaan) yang tembus cahaya. Karenanya, preparat harus diiris setipis mungkin dengan ketebalan tidak lebih dari 50 mikron. Medium yang umum digunakan adalah air yang diteteskan ke atas gelas benda.
  3. Objek dapat diamati dalam keadaan hidup atau mati.
  4. Pengamatan dapat mengamati langsung melalui lensa okuler sehingga pengamatan dapat menentukan bentuk, warna, dan gerakan objek.
  5. Bayangan yang diperoleh dapat diperbesar hingga mencapai 100x, 400x, 1000x.

II.  Mikroskop Elektron.
  1. Mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya dan medan magnet sebagai pengganti lensa. Bayangan yang dihasilkan ditampilkan di layar monitor.
  2. Objek yang akan diamati harus sangat tipis dan berada di ruangan hampa udara agar dapat ditembus elektron.
  3. Tidakdapat mengamati objek yang masih hidup. Biasanya digunakan untuk mengamati bagian-bagian sel, misalnya organel, membran, atau molekul besar, seperti DNA.
  4. Tidak dapat mengamati secara langsung. Untuk menentukan bentuk objek diperlukan rekonstruksi dari beberapa hasil pengamatan.
  5. Bayangan yang diperoleh dapat diperbesar hingga mencapai sejuta kali.

B.Struktur Sel.

I.    Struktur Sel Prokariotik.Berikut akan struktur  sel E.coli yang meliputi:

  1. Dinding Sel " Dinding sel bakteri tersusun atas polisakarida, lemak, dan protein. Dinding sel berfmgsi sebagai perlindungan dan pemberi bentuk yang tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul."
  2. Membran Plasma " Membran sel atau membran plasma tersusunatas  molekul lemak dan protein. Fungsinya sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekitarnya, dengan jalan mengatur lalu lintas molekul dan ion-ion dari dan ke dala sel. struktur lengkapnya akan di bahas kemudian."
  3. Sitoplasma " sitoplasma tersusun atas air, protein, lemak, mineral, dan enzim-enzim. Enzim-enzim digunakan untuk mencerna makanan secara ekstraseluler dan untuk melakukan proses metabolisme sel."
  4. Mesosom " Mesosom berfungsi sebagai penghasil energi"
  5. Ribosom " Ribosom merupakan organel tempat berlangsungnya sintesis protein."
  6. DNA " Asam deoksiribonukleat (deoxyribonucleic acid, disingkat DNA) merupakan persenyawaan yang tersusun atas gula deoksiribosa, fosfat, dan basa-basa nitrogen."
  7. RNA " Asam ribonukleat (ribonucleic acid, disingkat RNA merupakan persenyawaan hasil transkripsi (hasil cetakan, hasil kopian) DNA."

II.  Struktur Sel Eukariotik. " Perbedaan ppokok antara sel prokariotik dan eukariotik adalah sel eukariotik memilii membran inti, sedangkan sel rokariotik tidak memiliki membran inti."

Membran Plasma. 

" Membran plasma atau membran sel tersusun atas molekul-molekul lemak dan protein. Molekul lemak tersusun atas dua lapis, terdapat dibagian tengah membran. di sebelah luarnya terdapat lapisan protein porifer (protein tepi), yang menyusun tepi luar dan dalam membran. Protein yang masuk ke lapisan lemak disebut protein integral. Tebal membran plasma antara 5-10 nm." Berikut model membran mosaik cair.

Fungsi membran plasma
  1. Melindungi isi sel : Membran sel berfungsi mempertahan kan isi sel.
  2. Mengatur keluar masuknya molekul-molkul. : Membran plasma bersifat semipermeabel (selektif permeabel), artinya ada zat-zat tertentu yang dapat melewati membran dan ada pula yang tidak.
  3. Sebagai reseptor (penerima) rangsangan dari luar. : Rangsangan itu berupa zat-zat kimia, misalnya hormon, racun, rangsangan listrik; dan rangsangan mekanik, misalnya tusukan dan tekanan.


Sitoplasma

Sitoplasma artinya plasma sel, yakni cairan yang berada di dalam sel selain nukleoplasma (plasma inti). Sitoplasma tersusun atas cairan dan padatan. Cairan sitoplasma disebut sitosol. Padatan sitoplasma adalah organel-organel. Sitosol tersusun atas air, protein, asam amino,vitamin, nukleotida, asam lemak, gula, dan ion-ion. 
Sitosol disebut pula matriks sitoplasma.
1.   Sifat-sifat sitosol.
Sifat fisik sitosol dapat berubah-ubah karena mengandung protein. Pada kondisi tertentu, sitosol berada pada fase sol(cair) dan pada saat yang lain berada dala, fase gel (gelatin, padat). Sitosol uang berada di dekat membran sel (ektoplasma) biasanya bersifat gel. Sedangkan sitosol yang berada pada bagian dalam sel (endoplasama) bersifat sol. Contohnya adalah putih telur.
2.   Fungsi sitoplasma.
Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula, lemak, dan protein.

Nukleus
Inti sel atau nukleus merupakan organel terbesar yang berada di dalam sel. Nukleus berdiameter sekitar 10um (mikrometer). 
Nukleus biasanya terletak di tengah sel dan berbentuk oval atau bulat.
  1. Membran nukleus : Membran rangkap nukleus terdiri atas membran luar dan membran dalam. Membran luar berhubungan langsung dengan retikulum endoplasma dan akhirnya ke membran sel.
  2. Nukleoplasma : Matriks nukleus disebut nukleoplasma. Nukeoplasma tersusun atas air, protein, ion,enzim, dan asam inti. Nukleoplasma bersifat gel. Di dalamnya terdapat benang-benang kromatin (benang penyerapwarna). Pada proses mitosis, benang kromatin itu tampak memendek dan disebut kromosom. Benang kromatin tersusun atas protein dan DNA. Di dalam benang DNA inilah tersimpan informasi kehidupan.
  3. Nukleolus : Nukleolus (anak inti) terbentuk pada saat terjadi proses transkripsi (sintesis RNA) di dalam nukleus.

Fungsi Nukleus.
Nukleus memiliki arti penting bagi sel.Fungsi nukleus antara lain adalah
  1. Pengendai seluruh kegiatan sel., misalnya dengan memasukkan RNA dan unit ribosom ke dalam RNA.
  2. Pengaturan pembelahan sel.
  3. Pembawa informasi genetik.

Sentriol

Sentriol merupakan organel uang dapa dilihat ketika sel mengadakan pembelahan. Pada fase tertentu dalamdaur hidupnya sentriol memiliki silia atau flagela. Sentriolhanya di jumpai pada selhewan, sedangkan pada sel tumbuhan tidak. Sentriol teretak saling tegak lurus antar sesamanya di dekat nukleus. Pada pembelahan mitosis, sentriol terbagi menjadi dua , tiap-tiap bagian menuju ke kutub sel. Maka terbentuklah benang-benang spindel yang menghubungkan kedua kutub tersebut. Benang spindel berfungsi "menarik" kromosom menuju ke kutub masing-masing.

Retikulum Endoplasma
Retikulum berasal dari kata reticular yang berarti anyaman benang/jala.Karena letaknya memusat pada bagian retikulum endoplasma (disingkat RE). RE banyak hanya dijumpai di dalam sel eukariotik, baik selhewanmaupun sel tumbuhan. RE memiliki banyak bentuk (polimorfik).
1.   Macam-macam Retikulum Endoplasma
RE kasar : Retiiculum endoplasma Granuler  
Membran RE yang berhadapan dengan sitoplasma ada yang ditempati ribosom, sehingga tampak berbintil-bintil. RE demikian disebut RE kasar/RE berbintil. RE kasarmerupakan penampung protein yang dihasikan ribosom. Protein yang dihasilkan masuk ke dalam rongga RE.

RE halus : Reticulum endoplasma Agranuler 
RE halus adalah RE yang tidak ditempati ribosom untuk sintesa Lemak 

Fungsi Retikulum Endoplasma
  1. menampung pertein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks Golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel (RE kasar).
  2. mensintesis lemak dan kolesterol (RE kasardan RE halus).
  3. menetralkan racun (detoksifikasi), misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati.
  4. transportasi molekul-molekul dari bagian sel yang satu bagian sel yang lain(RE kasar dan RE halus).

Ribosom
Ribosom tersusun atas RNA-ribosom (RNA-r) dan protein. Ribosom tidak memiliki membran. Menurut bentuknya, ribosom terdiri dari unit besar dan unit kecil yang masing-masing berbentuk bulat. Ribosom ada yang menempel pada membran RE, ada pula yang melayang-layang di dalam sitoplasma. Fungsinya sam, yaitu untuk mensintesis protein. Hanya saja, umumnya ribosom yang menempel paddaRE-lah yang berfungsi mensintesis protein untuk di bawa ke luar sel melalui RE dan kompleks Golgi. Sedangkan ribosom yang melayang mensintesis protein untuk keperluan di dalam sel.

Kompleks Golgi
Kompleks Golgi sering disebut Golgi saja. Pada sel tumbuhan, kompleks Golgi disebut diktiosom. Organel ini terletak di antara RE dan membran plasma. Selain berfungsi menambahkan glioksilat pada protein, Golgi juga berfungsi untuk mensintesis glikolipida, membentuk dinding sel tumbuhan, dan membentuk lisosom.

Badan mikro
Disebut badan mikro karena ukurannya kecil, hanya bergaris tengah 0,3-1,5um.
1.   Peroksisom
Peroksisom mengandung enzim katalase. Enzim katalase berfungsi menguraikan hidrogen peroksida (H2O2) menjadi oksigen dan air. Hidroperoksida merupakan senyawa hasil sampingan dari proses pernapasan (oksida) sel yang bersifat meracuni sel. Peroksisom terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Sel yang banyak mengandung peroksisom adalah sel yang banyak melakukan oksidasi, misalnya sel hati, ginjal, dan sel otot. Di samping itu, enzim katalase juga berperan dalam metabolisme lemak dan fotorespirasi.

Glioksisom
Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan, terutama pada jaringan yang mengandung lemak, seperti biji-bijian berlemak. Glioksisom menghasilkan enzim katalase dan oksidase yang keduanya berperan dalam proses metabolisme lemak, yaitu mengubah lemak menjadi gula. Proses metabolisme lemak menghasilkan energi yang diperlukan untuk perkembangan biji.

Mitokondria
Mitokondria merupakan penghasil energi (ATP)karena berfungdi untuk respirasi. Benruk mitokondria beraneka ragam . Namun, secara umum bentuk mitokondria adalah butiran atau benang. Ukurannya seperti bakteri dengan diameter 0,5-1 um dan 3-10um. Mitokondria baru terbentuk dari pertumbuhan serta pembelahan mitokondria yang telah ada sebelumnya (seperti pembelahan pada bakteri). Mitokondria memilik dua membran, yaitu membran luar dan membran dalam. Struktur membran luar seperti membran plasma. Pada membran dalam pelekukan ke arah dalam membentuk krista. Matriks adalah cairan yang berada di dalam mitokondria dan bersifat dsebagai gel.

Mikrotubulus dan Mikrofilamen
MIkrotubulus merupakan organel berbentuk tabung atau pipa, yang panjangnya mencapai 2,5 um dengan diameter 25 nm. Tabubung-tabung itu tersusun atas protein yang dikenal sebagai. Mikrotubulus terdapat pada gelendong sel, yaitu berupa benang-benang spindel yang menghubungkan dua kutub sel pada waktu sel membelah.

Lisosom
Lisosom (lyso = pencrnaan, soma= tubuh) merupakan membran berbentuk kantong kecil yang berisi enzim hidrolitik yang disebut lisozim. Enzim ini berfungsi dalam pencernaan intrasel, yaitu mencerna zat-zat yang masuk ke dalam sel.



Pembentukan lisosom
Enzim lisosom adalah suatu protein yang diproduksi oleh ribosom dan kemudian masuk ke RE. Dari RE enzim dimasukkan kedalam membran, kemudiandikeluarkan ke sitoplasma menjadi lisosom. Selainn itu ada juga enzim yang dimasukkan terlebih dahulu ke Golgi, oleh Golgi enzim dibungkus membran, kemudian dilepaskan di dalam sitoplasma. Jadi, proses pembentukan lisosom ada dua macam: pertama di bentuk secara lansung oleh RE dan kedua oleh Golgi.

Proses pencernaan oleh lisosom
Proses pencernaan oleh lisosom dapat di uraikan sebagai berikut. Misalnya sel menelan benda asing berupa bakteri secara fagositosis, maka bakteri itu dimasukkan ke dalam vakuola. Vakuola berisi bakteri itu segera didatangi lisosom. Membran lisosom dan membran vakuola bersinggungan,kemudian membran tersebut bersatu. Enzim dari lisosom masuk ke dalam vakuola, kemudian segera mencerna bakteri. Enzim lisosom tidak aktif mencerna membran pecah, maka enzim lisosom akan keluar dari membran dan mencerna sel itu sendiri.

Penyakit akibat kegagalan lisosom
a.   Silikosis
Pada orang yang bekerja di daerah berdebu, debu-debu itu terhisap ke paru-paru. Di dalam sel alveoli paru-paru debu-debu dalam vakuola dicerna oleh enzim lisosom. Namun bila debu mengandung silikon yang keras, debu tidak tercerna dan sebaliknya justru membran vakuola menjadi bocor. Akibatnya enzim lisozim keluar mencerna sel paru-paru. Orang yang menderita penyakit demikian disebut menderita silikosis.
b.  Rematik
Orang yang sering mengkonsumsi makanan dari organ dalam (usus, hati), belinjo, dan rebung, darahnya akan mengandung asm urat (berupa kristal). Asam urat itu masuk ke dalam lisosom dan tidak dapat dicerna. Kemudian, enzim lisosom keluar, mencerna sel-sel pada persendian dan akibatnya orang tersebut menderita rematik. Penderita rematik mengalami bengkak dan radang di persendian yang menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Transpor Lewat Membran
Perpindahan molekul atau ion melewati membran ada dua macam, yaitu transpor pasif dan transpor aktif.

1.   Tranpor pasif adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan sel.
2.   Transpor Aktif adalah perpindahan molekulatu ion dengan menggunakan energi dari sel itu, dan perpindahan tersebut dapatnterjadi meskipun menentang konsentrasi.

  1. Difusi adalah penyebaran molekul zat dari konsentrasi (kerapatan) tinggi konsentrasi rendah, tanpa menggunakan energi.
  2. Osmosis adalah perpindahan ion / molekul dari kerapatan tinggi ke kerapatan rendah dengan melewati suatu membran.



Support web ini

BEST ARTIKEL