Monday, September 22, 2014

SOAL REMEDIAL BIOLOGI KELAS X MID SEMESTER I

1.     Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari .....
A.      Benda hidup dan tak hidup        
B.      Manusia
C.      Benda hidup                             
D.       Tumbuhan
E.       Mikroskop

2.     Tumbuhan putri malu akan menutupdaunnya jika disentuh, hal ini menunjukkan ciri mahkluk hidup....
A.      Tumbuh dan berkembang          
B.      Gerak dan tumbuh
C.      Gerak dan iritabilitas                  
D.      Reproduksi dan evolusi
E.       Reproduksi dan adaptasi

3.     Orang yang berada di daerah pegunungan biasa berpakaian tebal. Perilaku demikian merupakan contoh....
A.      Adaptasi dengan lingkungan     
B.      Gerak pada manusia
C.      Iritabilitas dan reproduksi          
D.      Adaptasi dan reproduksi
E.       Evolusi pada manusia

4.     Pengujian  bukti kejahatan dengan mengambil tes DNA merupakan pemamfaatan ilmu biologi dengan bidang......
A.      Kedokteran                               
B.      Ekonomi
C.      Pertanian                                    
D.      Hukum
E.       Farmasi

5.     Manakah tingkatan organisasi kehidupan dibawah ini yang benar dari yang sederhana ke yang kompleks?
A.      Organisme, sel, populasi molekul ekosistem
B.      Ekosistem, populasi, organisme, sel, molekul
C.      Molekul, sel, organisme, populasi, ekosistem
D.      Molekul, organisme, sel, populasi, ekosistem
E.       Jaringan, sel, organ, organisme, sistem organ

6.     Kumpulan mahkluk hidup sejenis yang menempati areal tertentu disebut....
A.      Individu                     
B.      Populasi
C.      Komunitas                 
D.      Bioma
E.       Ekosistem

7.     cabang biologi yang mengkhususkan bidang kajiannya pada struktur tubuh mahkluk hidup adalah....
A.      Fisiologi                                    
B.      Morfologi
C.      Organologi                               
D.      Anatomi
E.       Sitologi

8.     untuk mempelajari organisme yang tidak kasat mata kita harus memperdalam cabang biologi......
A.      sitologi                                        \
B.      Mikrobiologi
C.      paleontologi                               
D.      Patologi
E.       parasitologi

9.     Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah .......
A.      Observasi                                  
B.      Melakukan eksperimen
C.      Menganalisis data                      
D.      Merancang eksperimen
E.       Identifikasi permasalahan

10.  variabel bebas dari pernyataan ”Tinggi tanaman pepaya tergantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut” adalah ......
A.       jumlah air                                   
B.      Tinggi tanaman
C.       tanaman pepaya                        
D.       Waktu penyiraman
E.        lama penyiraman

11.  Manfaat mempelajari biologi di antaranya adalah . . …
A.      menjadi takut karena terdiri berbagai cabang ilmu
B.      menjadi kurang berkembang karena ilmu yang dikajinya terbatas
C.      kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
D.      kurang bisa menerapkan secara langsung pada kehidupan karena terlalu umum
E.       di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas baru karena ada genetika, evolusi, dan taksonomi

12.  Yang  merupakan bahaya dari mempelajari biologi adalah.....
A.      Penemuan bibit unggul              
B.      Tumpang sari
C.      Senjata biologi                           
D.      Penemuan vaksin
E.       Intensifikasi pertanian

13.  Pernyataan yang tidak termasuk tata aturan Nomenklatur binomial adalah ...
A.      Singkatan nama dibelakang nama ilmiah menunjukkan penemu
B.      Penulisan nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
C.      Nama ilmiah terdiri dari dua suku kata
D.      Kata pertama dari nama ilmiah menunjukkan takson species, dan kata kedua menunjukkan keterangan dari species
E.       Penulisan nama ilmiah harus dibedakan dari penulisan lain dengan cara cetak miring.

14.  Selubung atau kulit virus terdiri atas ....
A.      protein                                        
B.      Karbohidrat
C.      asam inti                                    
D.      RNA
E.        lemak

15.  Sifat-sifat virus sebagai berikut, kecuali ......
A.      Hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA)
B.      Hanya dapat berkembangbiak pada sel hidup
C.      Virus peka terhadap antibiotika
D.      Virus bukan sel sehingga tidak memiliki inti, sitoplasma dan selaput inti
E.       Virus bersifat parasit obligat

16.   Perh atikan gambar virus T berikut ini !


Bagian virus yang berperan mengatur proses replikasi adalah yang bernomor ...
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
E.       5

17.  urutan yang benar pada reproduksi virus adalah......
A.      pelekatan, penetrasi, replikasi, pelepasan, perakitan
B.      pelekatan, penetrasi, perakitan, replikasi, pelepasan
C.      pelekatan, penetrasi, replikasi, perakitan, pelepasan
D.      penetrasi, adsorpsi, perakitan, replikasi, pelepasan
E.       pelepasan, perakitan, penetrasi, replikasi, pelekatan

18.  Kelompok penyakit berikut  yang disebabkan oleh virus adalah.
A.      rabies, kolera dan sampar.
B.      demam berdarah, rabies dan trakom.
C.      cacar, difteri dan campak.
D.      TBC, difteria dan tifus.
E.       influenza, demam dan difteri.

19.  virus yang menyebabkan penyakit kuning pada buncis adalah ..
A.      tobacco mosaic virus                 
B.      Turnip yellow mosaic virus
C.      Adenovirus                                
D.      bean  mosaic virus
E.       rhabdovirus

20.  virus yang menyebabkan tetelo pada ayam adalah…..
A.      Newcastle disease                      
B.      RhabdoVirus
C.      Foot and mouth disease            
D.      Rouse Sarcoma Virus
E.       Parrot fever




SOAL ESSAY

1.       Apakah yang menjadi ragam kajian biologi? Sebutkan!   
2.       Mention and explain organization levels of living organizations! 
3.       Jelaskan langkah utama didalam metode ilmiah menurut Stephen L & Miller! 
4.       At 1969, RH Whittaker perfected the classification system based on the levels of cell organism and the kind of nutrition. Mention are the kingdoms from the classification of whittaker! 
5.       Mention are the classification levels from the highest levels until the lowest level! 
6.       Peranan biologi dalam bidang perindustrian 
a.         Cabang biologi apa saja yang diterapkan dalam bidang industri
b.         Berilah dua contoh penerapan biologi dalam bidang industri
7.       Jelaskan! 
a.         Apakah perbedaan rumusan masalah dengan rumusan hipotesis?
b.         Apa yang dimaksud dengan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol?
8.       Berikut ini berkaitan dengan sistem klasifikasi, sebutkan tiga sistem klasfikasi! 
9.       Lengkapilah klasifikasi berikut ini: 
Kingdom              : a. …………………….
Phylum : Chordata
Classis   : b. …………………….
Ordo      : c. …………………….
Familia  : Felidae
Genus   : d. ……………………
Species : Felis tigris ( Harimau India)

JAWAB

1.    Ragam kajian biologi meliputi 9 tema permasalahan yaitu :
a.  Biologi (sains) sebagai proses inkuiri (penyelidikan)
b. Sejarah konsep Biologi
c. Evolusi
d. Keanekaragaman dan keseragaman
e. Genetika dan keberlangsungan hidup
f.  Organisme dan lingkungan
g. Perilaku
h. Struktur dan fungsi organ
i.   Regulasi

2.    The Organization of living organism are organic molecules, cells, tissue, organ, organs system, individual, population, ecosystem, and biome

3.  Langkah utama didalam metode ilmiah menurut Stephen L & Miller!
     Terdiri atas 3 langkah utama yaitu:
a.         Observasi         : pengamatan untuk mengumpulkan data
b.         Hipotesis          : dugaan sementara tentang bagaimana fakta-fakta dapat dihubungkan
c.          Eksperimen     : kegiatan untuk menguji kebenaran hipotesis

4.    At 1969, RH Whittaker perfected the classification system based on the levels of cell organism and the kind of nutrition. System classification 5 kingdom : Plantae, Animalia, Fungi, Monera, and Protist

5.    The classification levels are Domain, Kingdom, Phylum/Divisio, Classis, Ordo, Famillia, Genus, and Species

6.    Cabang biologi apa saja yang diterapkan dalam bidang industri : Biokimia , Bioteknologi, Biologi Molekular, Mikrobiolog

7.    Apakah perbedaan rumusan masalah dengan rumusan hipotesis?
·         Rumusan masalah adalah masalah yang harus dipecahkan dalam penelitian yang dirumuskan dengan benar yang menunjukkan inti permasalahan dan variabel-variabelnya sedangkan
·         Rrumusan hpotesis adalah jawaban sementara atas masalah yang dirumuskan yang dibuktikan kebenarannya melalui penelitian
8.    Apa yang dimaksud dengan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol?
a.       Variabel bebas adalah variabel yang ditentukan dalam penelitian
b.      Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas
c.       Variabel kontrol adalah variabel yang tidak mengalami perlakuan penelitian

9.    Berikut ini berkaitan dengan sistem klasifikasi, sebutkan tiga sistem klasfikasi!
a.    Klasifikasi Buatan/ Artifisial
b.    Klasifikasi Alamiah/ Natural
c.     Klasifikasi Filogenik

10. Lengkapilah klasifikasi berikut ini

  • Kingdom      : a. …………………….Animalia
  • Phylum         : Chordata
  • Classis           : b. …………………….Mammalia
  • Ordo              : c. …………………….Carnivora
  • Familia          : Felidae
  • Genus           : d. …………………….Felis
  • Species : Felis tigris ( Harimau India


Sunday, September 21, 2014

UJIAN MID SEMESTER 1 BIOLOGI KELAS XII

Soal ini sengaja kami sajikan sekarang untuk setidaknya melatih kemampuan anda semua dalam menghadapi ujian Mid semester 1 Kelas 12 jika ada ujian mid nya hehehe
SOAL

1. Seorang siswa ingin meneliti pengaruh cahaya lampu terhadap banyaknya oksigen yang diproduksi oleh Hydrilla. Manakah yang tergolong variabel bebas ........
A. siswa
B. intensitas cahaya lampu
C. tabung reaksi
D. volum oksigen
E. Hydrilla

2. Perhatikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau sebagai berikut

 
Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa, pertumbuhan kacang hijau ....
A. hanya dapat terjadi bila ditambah hormon tumbuh
B. tidak dipengaruhi oleh hormon tumbuh
C. hanya sedikit dipengaruhi oleh penambahan hormon
D. sangat tergantung pads penambahan hormon
E. akan lebih cepat jika ditambah hormone

3. Grafik di bawah ini menunjukkan hubungan antar suhu dan kecepatan pertumbuhan pada tumbuh-tumbuhan. Hal ini dilihat pada grafik ….

Ket : X= Suhu , Y= Kecepatan tumbuh





A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

 
4. Perhatikan gambar kecambah kacang merah di bawah ini. Kecambah ini diletakkan pada cawan petri yang beralaskan kapas basah. Akar yang panjangnya 2 cm dibagi menjadi 3 bagian, setelah 2 hari akan diukur lagi. Bagian yang paling cepat pertumbuhannya adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 2
E. 2 dan 3

5. Berikut ini adalah beberapa fungsi hormon tumbuhan:
1. merangsang perkembangan akar
2. membantu pemanjangan dan pembelahan sel
3. mempercepat pemasakan buah
4. mempengaruhi perkecambahan embrio dan kecambah
5. menghambat pertumbuhan kuncup ketiak
Fungsi dari hormon giberelin adalah yang bernomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 5
C. 1 dan 3
D. 4 dan 5
E. 2 dan 4

6. Di bawah ini tahap-tahap fase embrionik !
1. gastrula
2. imbas embrionik
3. diferensiasi
4. spesialisasi jaringan
5. morfogenesis
6. blastula
7. morula
8. organogenesis
Urutan tahap-tahap fase embrionik sebagai berikut :
A. 1-2-3-4-5-6-7-8
B. 7-6-1-3-5-4-2-8
C. 1-3-5-7-2-4-6-8
D. 7-6-1-5-3-4-2-8
E. 6-1-5-3-4-2-8-7

7. Seorang siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh suhu dan pH terhadap reaksi kimia yang melibatkan enzim tertentu. Dia mengamati hasil reaksi yang terjadi pada pH dan suhu yang berbeda. Dari hasil percobaannya, dia membuat grafik berikut.

Kesimpulan yang dapat diambil dari data pada grafik tersebut adalah ....
A. pada suhu di bawah 35˚C dan pH di bawah 8 enzim tidak bekerja
B. enzim tersebut hanya aktif pada suhu dan pH yang tinggi
C. pada suhu di atas 35˚C substrat telah habis bereaksi
D. hasil reaksi yang optimum berada pada suhu di bawah 35˚C dan pH di bawah
E. enzim tersebut hanya bekerja optimum pada rentang pH 6-8 dan suhu sekitar 35˚C

8. Perhatikan grafik hubungan antara aktivasi sel dengan enzim berikut !

Manakah kesimpulan yang tepat tentang biokatasilator berdasarkan grafik tersebut ?
A. Tidak mempengaruhi aktivitasi sel sehingga reaksi kimia relatif tetap
B. Mengurangi energi aktifvitasi yang diperlukan sehingga reaksi kimia dapat berlangsung dengan cepat
C. Meningkatkan suhu dalam sel sehingga aktivitasinya menjadi tinggi
D. Enzim akan meningkatkan energi aktivitasi yang diperlukan sehingga reaksi kimia berlangsung cepat
E. Menghambat jalannya reaksi kimia pada suhu rendah

9. Perhatikan skema respirasi aerob di bawah ini!


Dari bagan disamping, peristiwa 1 dan 2 secara berturut-turut adalah ........
A. siklus Krebs dan glikolisis
B. glikolisis dan siklus Krebs
C. siklus Krebs dan reaksi antara
D. glikolisis dan STE
E. STE dan siklus Krebs

10. Jika dalam tahap siklus asam sitrat dihasilkan NADH2 sebanyak 8 molekul dan FADH2 sebanyak 2 molekul , maka setelah melalui proses transfer elektron akan dihasilkan energi sebanyak ….
A. 32 ATP
B. 20 ATP
C. 30 ATP
D. 10 ATP
E. 28 ATP
11. Perhatikan Reaksi kimia dibawah ini

2 C6H12O6 --- C2H5OH + CO2 
Pernyataan yang TIDAK benar dari reaksi diatas adalah ….
A. membutuhkan jamur Aspergillus oryzae
B. termasuk respirasi anaerob
C. dihasilkan 2 ATP
D. dihasilkannya etanol
E. didahului dengan peristiwa glikolisis

12. Perhatikan gambar perangkat percobaan Ingenhousz di bawah ini! Perangkat seperti gambar dibuat empat buah dan diberi tanda 1, 2, 3, dan 4.
1. Diletakkan pada tempat terkena cahaya matahari
2. Diletakkan di tempat teduh
3. Diletakkan pada tempat terkena cahaya dan ditambah NaHCO3
4. Diletakkan di tempat terkena cahaya dan diberi es sehingga suhunya menjadi 15-20˚C.
Dari data pengamatan pada percobaan tiga lebih banyak terbentuk gelembung O2. Kesimpulan yang dapat diambil dari percobaan di atas adalah …
A. CO2 sangat berperan dalam fotosinthesis
B. H2O tidak berperan dalarn fotosinthesis
C. Cahaya tidak berperan dalam fotosintesis
D. Pada fotosintesis dihasilkan CO2
E. Suhu tidak berpengaruh terhadap hasil Fotosintesis

13. Perhatikan gambar tentang siklus non siklik di bawah ini .

Pada reaksi terang dihasilkan senyawa yang nantinya digunakan pada reaksi gelap adalah
A. ATP, NADPH
B. NADP+, ATP
C. NADPH, PGAL \
D. ATP, PGAL
E. foton, ATP

14. Perhatikan reaksi proses kemosintesis berikut ini:

CO2 + 2 H2S ------ CH2O + 2S + H2O
Reaksi ini berlangsung karena kemampuan bakteri mengadakan kemosintesis. Bakteri tersebut adalah ....
A. Nitrobacter
B. Thiobacillus
C. Nitrosococcus
D. Thiotrix
E. Nitrosomonas

15.Perhatikan tabel perbedaan antara katabolisme dan anabolisme dibawah ini

Dari keterangan tersebut manakah perbedaan yang benar
A. 1,2, dan 3
B. 2,3, dan 5
C. 1,3 dan ,4
D. 2,4, dan 5
E. 2,3, dan 4

16. Perhatikan gambar ini


Anabolisme dan katabolisme ditunjukkan pada bagian nomor ….
A. 1 dan 3
B. 3 dan 4
C. 2 dan 1
D. 4 dan 2
E. 3 dan 2

17. Perhatikan skema berikut !

Berdasarkan diagram tsb diatas dapat dijelaskan bahwa
A. pada reaksi terang menghasilkan NADP yang mengikat H2
B. ADP dan NADP yang dihasilkan pada reaksi terang digunakan untuk bahan reaksi gelap
C. ATP dan NADPH yang dihasilkan pada reaksi terang digunakan sebagai bahan pembentukan glukosa dan RuBP pada reaksi gelap
D. ATP sebagai sumber Energi dan NADPH sebagai sumber elektron dalam reaksi terang
E. ATP dan NADPH merupakan hasil reaksi gelap

18. Pernyataan manakah yang baik untuk menyatakan hubungan antara gen, kromosom, dan molekul ADN ?
A. Kromosom tersusun atas molekul-molekul ADN
B. Gen adalah unteian nukleotida di dalam ADN yang terletak di dalam kromosom
C. Kromosom merupakan benang-benang panjang yang tersusun dari molekul- molekul ADN, sepanjang benang menempel pula untaian gen-gen yang merupakan manik-manik
D. Gen gen yang terletak pada kromosom dan urutan basa nitrogen dalam molekul ADN menentukan macam gen
E. Panjangnya kromosom tergantung dari banyaknya molekul ADN dan gen-gen

19. Bulu pada populasi kelinci dipengaruhi oleh gen alela ganda dengan urutan dominasi sebagai berikut : W > wch > wh > w. W = normal, wch = chincilla, wh = himalaya, w = albino. Perkawinan kelinci chincilla heterozygot albino dan chincilla heterozygot himalaya kemungkinan menghasilkan keturunan ....
A. chinchilla semua
B. himalaya semua
C. chinchilla : himalaya = 3 : 1
D. chinchilla : himalaya = 1 : 1
E. normal : chinchilla : himalaya = 1 : 2 : 1

20. Perhatikan gambar ini

Dari skema sepotong molekul DNA di atas,ikatan hidrogen pada I dan II berjumlah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 1
D. 2 dan 3
E. 3 dan 1

21. Perhatikan gambar berikut ini


Dari soal nomor 20 jumlah nukleotida, nukleosida, dan ARNt nya berjumlah ....
A. 6, 6 dan 2
B. 2,12, dan 4
C. 6, 12 dan 6
D. 12,12, dan 6
E. 12,6 dan 12

22. DNA dan RNA mempunyai peranan penting dalam sintesa protein .
Tabel dibawah ini menunjukkan

Pernyataan yang benar untuk membedakan DNA dan RNA adalah
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

23. Berikut ini adalah beberapa kodon dengan asam amino yang diikatnya.

Bila urutan asam amino yang terbentuk adalah isoleusin, prolin, valin, dan serin maka urutan basa nitrogen dari DNA sense adalah ........
A. UAG, GGA, CAU, AGA
B. TAG, GGA, CAU, AGA
C. UAG, GGA, CAT, AGA
D. ATC, CCT, GTA, TCT
E. TAG, GGA, CAT, AGA

24. Perhatikan proses sintesa protein berikut


Dari diagram langkah sintesa protein diatas, bagian yang berlabel X adalah ….
A. RNA
B. RNAd
C. RNAt
D. RNAr
E. DNA

25. Diantara bagan berikut ini yang menunjukkan pembelahan Amitosis adalah 
 

26. Amati gambar pembelahan sel secara mitosis:
Fase metafase dan anafase ditunjukkan nomor ….
A. 1, 2
B. 4, 1
C. 1, 3
D. 4, 2
E. 2, 3

27. Perhatikan tabel perbedaan pembelahan mitosis dengan pembelahan meiosis I

Berikut ini. Pernyataan Perbedaan Mitosis dan Miosis yang benar adalah ....
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

28. Berikut gambar pembelahan sel pada sel hewan secara meiosis.

Tahapan yang ditunjuk pada gambar A, B, dan C secara berurutan adalah....
A. profase I, metafase I, dan anafase I
B. metafase II, anafase II, dan profase II
C. anafase I, profase II, dan metafase II
D. metafase I, profase I, dan anafase I
E. metafase I, profase II, dan anafase II

29. Perhatikan gambar berikut ini!

Tempat terjadinya pembelahan meiosis dan hasil mitosis secara berurutan adalah ....
A. 1 dan 2
B. 4 dan 5
C. 2 dan 3
D. D, 5 dan 6
E. 3 dan 4

30. Perhatikan diagram spermatogenesis


Dibawah ini. Nomor dan keterangan yang benar adalah ....
A. 1. spermatogonium, 4. spermatid
B. 1. spermatid, 3. spermatosit
C. 1. spermatogonium, 3. spermatosit
D. 1. spermatogonium, 4. sperma
E. 1. spermatid, 4. sperma

31. Individu bergenotip AaBbCc akan membentuk gamet Abc sebanyak …….%
A. 12,5
B. 62,5
C. 25
D. 75
E. 50

32. Pada penyilangan tanaman kapri, kedua induknya berbiji bulat warna kuning. Dari penyilangan tersebut diperoleh 103 biji bulat kuning, 35 bulat hijau, 37 kisut kuning dan 11 kisut hijau. Dari hasil tersebut dapat diduga bahwa ....
A. Kedua induk kapri homozigot
B. Kedua induk kapri heterozigot
C. Induk yang satu homozigot yang lain heterozigot
D. Pada penyilangan tersebut terjadi interaksi antara gen bulat dan gen kisut
E. Pada saat pembentukan gamet terjadi crossing over

33. Jika gen B (buah besar), D (daun sempit), alelanya resesif buah kecil dan daun lebar. Disilangkan tanaman berbuah besar daun sempit heterozigot dengan tanaman berbuah kecil berdaun lebar, maka turunannya yang berbuah besar berdaun lebar ada sebanyak….(%)
A. 12,5
B. 50
C. 25
D. 75
E. 33,3

34. Pada semangka kulit buah hijau dominan terhadap yang bergaris – garis, bentuk pendek dominan terhadap bentuk panjang, gen – gen yang mengontrol sifat – sifat tersebut diturunkan secara bebas. Persilangan antara tanaman heterozigot untuk sifat – sifat tersebut akan menghasilkan 320 buah dengan ketentuan :
A. 180 buah berbuah hijau panjang
B. 20 buah berbuah bergaris – garis pendek
C. 60 buah bergaris – garis berbentuk panjang
D. 20 buah bergaris – garis pendek marupakan galur murni
E. 20 buah bergaris – garis panjang

35. Gandum berkulit biji hitam disilangkan dengan gandum berkulit biji kuning ( Hitam epistasis terhadap kuning). Turunan pertama 100% berkulit hitam. Turunan kedua (F2) terdiri atas hitam, kuning, dan putih. Frekuensi turunan berkulit biji kuning adalah ….(%)
A. 6,25
B. 25
C. 12,5
D. 93,75
E. 18,75

36. Bunga Linaria marocanna merah (Aabb) disilangkan dengan Linaria marocanna Ungu ( AaBb) , keturunannya yang berwarna putih ada ..... %
A. 6,25 %
B. 37,5 %
C. 12,5 %
D. 50 %
E. 25 %

37. Suami – isteri masing-masing normal tetapi heterozygote untuk albino ingin menpunyai 4 orang anak. Berapa kamungkinan anak yang terakhir saja albino lagi pula laki-laki, andaikata terpaksa ada yang akan albino ?
A. 27/256
B. 27/512
C. 81/512
D. 81/256
E. 108/256

38. Jika terjadi pautan antara gen M dan gen N dan jika gen O dalam keadaan homozigot dominan letal, maka keturunan yang hidup dari perkawianan antar individu yang bergenotip MmNnOo sebesar …. %
A. 75
B. 25
C. 6,25
D. 50
E. 12,5

39. Belalang jantan berbadan hijau sayap panjang (HhPp) dikawinkan dengan betina berbadan coklat sayap pendek (hhpp). Pada gen H dan P maupun gen h dan p terjadi pautan. Dari hasil perkawinan tersebut diperoleh fenotip keturunan hijau sayap panjang : hijau sayap pendek : coklat sayap panjang : coklat sayap pendek = 530 : 450 : 782 : 310. Berdasarkan kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa selama pembentukan gamet terjadi pindah silang dengan nilai pindah silang sebesar …. (%)
A. 0,59
B. 59,46
C. 0,7
D. 70
E. 5,94

40. Di bawah ini hasil perkawinan antara lalat Drosophylla melanogaster jantan mata putih dan betina mata merah (mengalami gagal berpisah )

Lalat yang berjenis kelamin betina super mata merah, adalah yang bernomor
A. 1 

B. 2 
C. 3 
D. 4 
E. 5

41. Brakhidaktili merupakan gen dominan yang bersifat letal, sedangkan kidal merupakan gen homozygot resesif. Bila seorang pria yang brakhidaktili dan kidal menikah dengan seorang wanita yang brakhidaktili dan heterozygot kidal, maka kemungkinan mereka mempunyai anak yang brakhidaktili tidak kidal .... %
A. 12,5
B. 50
C. 16,7
D. 100
E. 33,3

42 Apabila umlah kromosom kuda 64 buah. Maka penulisan kuda jantan serta sperma yang terbentuk adalah .....
A. 62 AA + XY dan 31A + X/ 31A+Y
B. 62 A + XX dan 31 A + X / 31 A + Y
C. 62 A + XY dan 31A+ X / 31A +Y
D. 31 AA + XX dan 31A + X/ 31A+Y
E. 31 AA + XX dan 31A + X/ 31A+X

43 Perhatikan peta silsilah yang menunjukkan penurunan sifat albino dan hemofilia dalam tiga generasi di bawah ini

No 1 dan 2 adalah
A. No 1 adalah Wanita berkulit normal homozygot
B. No 2 adalah Laki laki Normal dari hemophyli heterozygot
C. No 1 adalah Wanita albino heterozigot
D. No 2 adalah Laki laki kulitnya mormal homozygote
E. No 2 adalah Laki laki kulitnya albino

44. Bila seorang ayah menderita Siklemia ( sel darah merah bulan sabit ), akibatnya adalah bahwa
A. semua anak pria mempunyai gen siklemia
B. semua anak wanitanya mempunyai gen siklemia
C. siklemia hanya terlihat pada anaknya yang pria
D. siklemia juga diderita oleh anaknya yang wanita
E. ayah tersebut menerima gen siklemia dari istrinya

45. Ani mempunyai golngan darah O Rh (+) heterozygot mendapat suami bergolongan darah AB Rh(-), kemngkinan keturunannya memiliki golongan darah dan rhesus ….
A. A Rh (-), B Rh (+) heterozygot
B. A Rh (+) heterzygt, B Rh (+) homozgot
C. A Rh (+) homozygot, B Rh (-)
D. A Rh (+) heterozygot, B Rh (-)
E. A Rh (+) homozgot, B Rh (+) heterozygot

46. Perhatikan DNA di bawah ini. dari data di atas dapat disimpulkan, bahwa DNA mengalami perubahan, secara urut namanya adalah .....

A. transisi, transversi
B. delesi, insersi
C. transisi, insersi
D. transversi, insersi
E. E.transisi, inversi

47. . Perhatikan perubahan struktur kromosom di bawah ini !

Secara urut perubahan struktur kromosom di atas dinamakan .....
A. delesi, duplikasi, inversi
B. delesi, inversi, duplikasi
C. inversi, delesi, duplikasi
D. inversi, duplikasi, delesi
E. dupikasi, inversi, delesi

48. Bila jumlah kromosom pada sel Triticum sativum ( gandum ) 20 , maka bila mengalami triploid dan trisomi maka jumlah kromosom nya ada ....
A. 21 dan 30
B. 30 dan 21
C. 19 dan 40
D. 30 dan 19
E. 22 dan 30

49. Perhatikan tabel kelainan- kelainan akibat mutasi kromosom berikut!



Pasangan yang benar adalah....
A. 1 dan C
B. 2 dan D
C. 1 dan D
D. 2 dan E
E. 1 dan E

50. Contoh mutagen pada proses mutasi buatan yaitu…..
A. sinar ultraviolet, digitonin, pancaran neutron dan karbondioksida
B. oksigen, sinar X, digitonin
C. karbondioksida, oksigen, dan gas metan
D. D. kolkisin, oksigen, pancaran neutron, dan sinar ultraviolet
E. kolkisin, sinar ultraviolet, sinar X, dan gas metana



SEMOGA SUKSES SISWA SISWI INDONESIA 

Support web ini

BEST ARTIKEL