Saturday, January 3, 2015

RUANG LINGKUP BIOLOGI MATERI SMP

Pertama kali sekolah SMP harus semangat ini ada materi berupa soal soal mulai dilatih ya biologi ini nanti seperti ini . Disini di Blog Biologi Gonzaga ini disediakan berbagai soal untuk bisa latihan OK

SOAL

01. IPA disebut juga sains yang terdiri dari …
a. Fisika, Kimia, Sosiologi
b. Farmasi, Kimia, Biologi
c. Fisika, Kimia, Biologi
d. Psikologi, Fisika, Biologi

02. IPA merupakan ilmu yang mempelajari …
a. Hubungan antar manusia
b. Alam semesta dan interaksi yang terjadi di dalamnya
c. Bumi dan bentang alamnya
d. Galaksi dan tata surya

03. Cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari tumbuhan, hewan, dan lingkungan berturut-turut adalah …
a. Biologi, fisiologi, ekosistem
b. Botani, zoologi, ekologi
c. Taksonomi, botani, ekologi
d. Zoologi, botani, morfologi

04. Berikut ini merupakan kelompok abiotik yaitu :
a. Air, udara, tanah, bakteri
b. Suhu, kelembaban, virus, telur
c. Cahaya, suhu, udara, mineral
d. Tanah, air, api, spora

05. Perhatikan data berikut ! 
1.       Es meleleh ketika dipanaskan 
2.       Burung bertelur untuk melestarikan keturunannya 
3.       Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari setelah turun hujan 
4.       Daun putri malu mengatup ketika disentuh
Data yang menunjukkan gejala alam biotik adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

06. Berikut ini merupakan contoh faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik, yaitu :
a. Tumbuhan memerlukan cahaya dan karbondioksida untuk berfotosintesis
b. Ikan memerlukan air untuk minum dan tempat hidupnya
c. Cacing tanah mengeluarkan kotoran dan membuat rongga-rongga dalam tanah sehingga dapat menyuburkan tanah
d. Tanaman strawberry perlu suhu udara yang dingin untuk tumbuh dan berbuah dengan baik

07. Berikut ini merupakan contoh faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik, yaitu :
a. Ketika berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen
b. Hewan mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah
c. Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik
d. Daun-daun yang berserakan di permukaan tanah akan membusuk dan membentuk humus

08. Kegiatan menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan disebut …
a. penafsiran
b. analisis
c. memprediksi
d. penyelidikan

09. Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian sering disebut dengan …
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

10. Langkah pertama dalam pelaksanaan metode ilmiah adalah ….
a. Mengumpulkan data
b. Merumuskan masalah
c. Mengambil hipotesis
d. Melakukan eksperimen

11. Langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah ….
a. Perumusan masalah
b. Eksperimen
c. Menarik kesimpulan
d. Mengumpulkan data

12. Tujuan utama penggunaan metode ilmiah adalah :
a. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia
b. Mengubah sikap manusia menjadi lebih ilmiah
c. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya penemuan-penemuan baru
d. Meningkatkan penggunaan teknologi baru

13. Jawaban sementara dari permasalahan yang akan dipecahkan disebut …
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. eksperimen
d. rumusan masalah

14. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk :
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

15. Tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian adalah agar …
a. Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain
b. Menunjukkan kemampuan kita kepada publik
c. Mempererat hubungan ilmuwan dengan masyarakat
d. Mencari keuntungan dari hasil publikasi

16. Pernyataan berikut yang bukan fakta adalah :
a. Batang tampak beruas-ruas
b. Mahkota bunga berjumlah ganjil
c. Bunganya berbau sedap
d. Penyerbukan terjadi karena adanya serangga

17. Langkah-langkah metode ilmiah :

1.       Merumuskan masalah 
2.       Melakukan pengamatan dan mengumpulkan data 
3.       Melakukan eksperimen/percobaan 
4.       Merumuskan hipotesis/dugaan sementara 
5.       Menarik kesimpulan 
6.       Menguji kesimpulan dengan mengulang percobaan lagi 
Urutan langkah-langah metode ilmiah yang benar adalah …
a. 1,2,4,3,5,6
b. 2,1,3,4,5,6
c. 1,4,2,3,5,6
d. 2,1,4,3,5,6

18. Pak Budi ingin meneliti tentang penyebab kematian ikan-ikan di kolamnya. Pak budi menduga bahwa penyebab kematian ikan-ikan tersebut adalah infeksi oleh jamur.
Langkah-langkah metode ilmiah yang telah dilakukan oleh Pak budi tersebut telah sampai pada tahap …
a. Menemukan masalah
b. Mengumpulkan data
c. Merumuskan hipotesis
d. Menarik kesimpulan

19. Variabel dalam sebuah percobaan yang dapat diubah-ubah disebut :
a. Variabel kontrol
b. Variabel bebas
c. Variabel terikat
d. Variabel pengganggu

20. Variabel bebas pada percobaan tentang “pengaruh jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan lele” adalah :
a. Jumlah pakan yang diberikan
b. Jenis pakan yang diberikan
c. Waktu pemberian pakan
d. Jenis dan usia ikan lele

21. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali :
a. Mencintai kebenaran dan ulet
b. Teliti dan hati-hati
c. Ingin tahu dan optimis
d. Manipulasi dan pesimis

22. Data hasil eksperimen yang tidak disajikan dalam bentuk angka disebut data :
a. Kualitatif
b. Kuantitatif
c. Primer
d. Sekunder

23. Pengukuran suhu menggunakan termometer akan menghasilkan data yang bersifat ….
a. Fisika
b. Kimia
c. Kualitatif
d. Kuantitatif

24. Perhatikan data berikut !

1.       Warna bunganya kuning 
2.       Lebar daunnya 4 cm – 5 cm 
3.       Batangnya kuat 
4.       Jumlah kelopak bunganya enam 
Data pengamatan di atas yang bersifat kuantitatif adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

25. Pada sebuah penelitian diambil rumusan masalah : “Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan biji”.
Hipotesis dari masalah tersebut adalah …
a. Cahaya tidak berpengaruh terhadap perkecambahan biji
b. Cahaya berpengaruh terhadap perkecambahan biji
c. Cahaya mempercepat perkecambahan biji
d. Cahaya memperlambat perkecambahan biji

ESSAY
1.        Sebutkan 5 cabang ilmu biologi disertai pengertiannya ! 
2.       Jelaskan pengertian biotik dan abiotik ! 
3.       Beri 3 contoh gejala alam biotik yang ada di sekitar kita ! 
4.       Beri 3 contoh faktor biotik yang mempengaruhi abiotik ! 
5.       Jelaskan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara lengkap! 
6.       Jelaskan perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif ! 
7.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas ! Beri 1 contoh ! 
8.       Jelaskan mengapa dalam setiap percobaan perlu adanya variabel kontrol! 
9.        Buatlah sebuah hipotesis dari percobaan tentang “pengaruh temperatur air terhadap kecepatan pernafasan ikan”! 

10.   Sebutkan 5 sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti!

Friday, January 2, 2015

CONTOH PERCOBAAN SEDERHANA PERTUMBUHAN TANAMAN

Eksperimen
Pengaruh nutrien pupuk kandang dari hewan sapi dan kambing terhadap pertumbuhan tanaman terong.
Tujuan
Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman terong.
Landasan Teori
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan membutuhkan nutrisi. Nutrisi ini harus tersedia dalam jumlah cukup dan seimbang antara satu dengan yang lainnya. Nutrisi diambil tumbuhan dari dalam tanah dan udara. Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan salah satunya yaitu zat-zat organic..
Zat-zat organic yaitu senyawa yang berasal dari makhluk hidup, tersusun dari unsur-unsur alam dan alami. Contohnya pupuk kandang. Pupuk kandang merupakan salah satu unsur yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. 
Pupuk kandang terdiri dari dua bagian yaitu :
a.    Pupuk dingin
Adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan secara perlahan oleh mikroorganisme sehingga tidak menimbulkan panas.
Contoh : kotoran kerbau, sapi dan babi.
b.    Pupuk panas
Adalah pupuk yang berasal dari hewan yang diuraikan mikroorganisme secara cepat sehingga menimbulkan panas.
Contoh : kotoran kambing, kuda dan ayam.
Pupuk kandang bermanfaat untuk menyediakan unsur hara mikro dan makro dan mempunyai daya ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkan bahan-bahan organik ditanah, termasuk pupuk organik.

Hipotesa
Pertumbuhan tanaman terong jika diberi pupuk kandang dari sapi akan lebih cepat tumbuh dari pada tumbuhan terong yang diberi pupuk kandang dari kambing.

Variabel


  1. Variable bebas               : pupuk
  2. Variable terikat              : tanaman terong
  3. Variable control             : penyiraman, penyinaran sinar matahari, suhu
  4. Variable pengganggu     : ulat

Alat dan Bahan


  1. Tanaman terong
  2. Tanah
  3. Polybag
  4. Sarung tangan lateks
  5. Cungkir
  6. Pupuk dari kotoran sapi
  7. Pupuk dari kotoran kambing
  8. Penggaris

Cara Kerja


  1. Siapkan dua polybag kemudian isi polybag tersebut dengan campuran tanah,pupuk kandang dan sekam padi. Untuk polybag A di isi dengan pupuk kandang dari kotoran sapi dan polybag B di isi dengan pupuk kandang dari kotoran kambing.
  2. Buat lubang tanaman pada polybag sedalam 5-7 cm.
  3. Masukkan bibit tanaman terong dari persemaian ke polybag. Pekerjaan ini dilakukan pada pagi atau sore hari agar sinar matahari tidak terlalu terik dan mengurangi rasa stress pada tanaman.
  4. Perlakukan polybag A dan polybag B dengan sama yaitu:


  • Penyiraman, sama-sama dilakukan tiga kali sehari.
  • Pengajiran, dilakukan agar tanaman tumbuh tegak.
Hasil Hasil
No.
Tanaman Terong
Ukuran Tanaman Minggu Ke-
I
II
III
IV
1.
A
10 cm
11 cm
12,5 cm
13,5 cm
2.
B
10 cm
13 cm
16,5 cm
20 cm



Hasil Pengaruh Pupuk Kandang Terhadap Tanaman Terong.

Kesimpulan dan Penjelasan


Dari hasil eksperimen yang dilakukan, ternyata pertumbuhan tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran kambing lebih cepat tumbuh dibandingkan tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran sapi. Hal ini dikarenakan jenis pupuk kandang itu sendiri. Pada tumbuhan terong yang diberi pupuk dari kotoran kambing pertumbuhannya lebih cepat daripada tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran sapi. Hal ini dikarenakan jenis pupuk kandang kambing merupakan jenis pupuk kandang panas dimana pupuk ini penguraiannya oleh mikrrorganisme lebih cepat dari pupuk yang berasal dari kotoran sapi yang merupakan pupuk jenis dingin dimana penguraiaan oleh mikroorganismenya lebih lambat. Sehingga pupuk yang berasal dari kambing dapat mempercepat pertumbuhan tanaman terong daripada pupuk yang berasal dari kotoran sapi


THEORY LEBIH JELASNYA


Support web ini

BEST ARTIKEL