Monday, March 23, 2015

UJIAN BIOLOGI SEKOLAH UTAMA

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami hakekat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah 
Uraian Kompetensi:
Objek dan permasalahan biologi di berbagai bidang, seperti pertanian peternakan,lingkungan, kedokteran, bioteknologi
Indikator Soal :
Disajikan permasalahan dari objek biologi bidang tertentu, siswa dapat mengidentifikasi obyek ilmu biologi tersebut beserta tingkat orgnisasinya

Nomor Soal: 1
Soal : 

Terjadinya reaksi penolakan tubuh setelah transplantasi hati merupakan permasalahan yang
memerlukan penanganan berdasarkan kajian biologis. Kajian tersebut dilakukan pada obyek
biologi dalarn cabang ilmu dan tingkat organisasi ....
A. imunologi-organ
B. teratologi-jaringan
C. onkologi-sel
D. histologi-jaringan
E. anatomi-sel

Kunci Jawaban :
A



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan peran virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia  
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan peran Eubacteria  yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan

Nomor Soal: 2

Soal : 
Pernyataan yang benar tentang peranan bakteri dalam kehidupan manusia di bawah ini
adalah ....
A.           Escherichia coli hidup bersimbiosis  di usus besar  manusia membentuk vitamin K dan membantu pembusukkan
B.            Rhizobium sp bermanfaat dalam bidang pertanian karena melakukan nitrifikasi untuk membentuk nitrat sehingga menyuburkan tanah
C.            Acetobacter aceti dapat melakukan fermentasi air kelapa untuk membentuk nata de-coco
D.           Clostridium botulinum  melakukan fermentasi terhadap susu asam untuk membentuk
minuman yakult
E.            Xanthomonas citri hidup bersimbiosis  pada tanaman jeruk dan melakukan fiksasi
nitrogen bebas dari udara
              
Kunci Jawaban :

A



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga)
Indikator Soal :
Siswa dapat mengidentifikasi anggota/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya

Nomor Soal: 3

Soal : 
Perhatikan gambar jasad renik dan tabel ciri-ciri makhluk hidup berikut: Ciri-ciri dari jasad renik pada gambar di atas ditunjukkan oleh…



Ciri-ciri makhluk hidup
A.
Autotrof karena berklorofil
B.
Bergerak dengan Flagela
C.
Multicellular
D.
Habitat di perairan
E.
Prokariotik







           

Kunci Jawaban :

B


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup
Indikator Soal :
Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri cirinya
Nomor Soal: 4

Perhatikan gambar berikut ini
Organisrne-organisme di atas tergolong dalam filum yang sama yaitu.......berdasarkan persamaan ciri yang dimilikinya. yaitu . . ..
A. Mollusca , tubuh luarnya lunak
B. Arthropoda, triploblastik
C. Echinodermata, anggota gerak beruas ruas
D. Crustacea, tubuh bersegmen segmen
E. Myriapoda, tubuh ditemukan bagian chepalo,thorax dan abdomen 

Kunci Jawaban

B



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA GONZAGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu
Indikator Soal :
Disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
Nomor Soal: 5

Soal
Pelestarian Rhinoceros sondaicus di Ujung Kulon, Raflesia arnoldi di hutan Bukit Barisan Bengkulu , Varanus komodoensis di P Komodo, Pongo pygmaeus di Pulau Kalimantan  secara In-situ bertujuan untuk ....
A.  Melestarikan sumber daya alam hayati di luar habitatnya
B.  Melindungi habitat dan makhluk hidup yang menempatinya
C.  Memberikan suaka terhadap alam yang berciri khas flora, fauna dan ekosistem apa adanya
D.  Melestarikan sumber daya alam hayati di habitat aslinya
E.   Menghimpun jenis-jenis flora-fauna dari berbagai tepat untuk dilestarikan
              
Kunci Jawaban :

D



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Mengidentifikasi cirri-ciri kelompok tumbuhan         
Indikator Soal :
Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada Kingdom Plantae dan menentukan tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya

Nomor Soal: 6

Soal : 
Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1.        Mengalami pembuahan ganda
2.        Bakal biji terbungkus daun buah
3.        Tidak memiliki strobillus
4.        Tidak memiliki bunga
5.        Berakar serabut
Ciri-ciri yang menunjukkan tumbuhan Angiospermae adalah … .
A.      1), 2), dan 3)
B.       1), 3), dan 4)
C.       2), 3), dan 4)
D.      2), 4), dan 5)
E.       3), 4), dan 5
Kunci Jawaban :
A

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata
Indikator Soal :
Disajikan daur hidup salah satu anggota invertebrata tertentu  siswa dapat mengidentifikasi tahapan perkembang biakannya          
Nomor Soal: 7

Soal : 

Perhatikan gambar berikut ini :


Gambar di samping menunjukan cara reproduksi dari… dan bagian yang bertanda X menunjuk kan...
A.           Fasciola hepatica, Mirasidium
B.            Fasciola hepatica, Redia
C.            Taenia saginta , Mirasidium
D.           Chlonorcis sinensis, Redia
E.            Ancylostoma duodenale, Serkaria

 








Kunci Jawaban :

A




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya
Uraian Kompetensi:
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata
Indikator Soal :
Siswa dapat mengidentifikasi jenis/ kelompok vertebrata tertentu pada suatu tingkatan takson 
Nomor Soal: 8

Soal : 
Perhatikan gambar hewan di bawah ini!


Hewan yang tergolong organisme poikilotermis  dan bertulang belakang adalah…..
A.      1 , 2 dan 3                                   
B.       1 , 2 dan 4
C.       1 , 2 dan 6           
D.      1 , 4 dan 6           
E.       2 , 3 dan 5

Kunci Jawaban :

B




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem        
Uraian Kompetensi:
Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliranenergi dalam suatu ekosistem
Indikator Soal :
Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya 
Nomor Soal: 9

Soal : 
Perhatikan gambar hubungan antar mahkluk hidup dalam jaring makanan di bawah ini!
Pada gambar tersebut, Tingkat tropi  II dan konsumen II adalah....
A.      Ayam dan Ular
B.       Tikus
C.       Burung pemakan biji dan Burung pemakan serangga
D.      Padi dan Belalang
E.       Ulat dan Burung pemakan biji

Kunci Jawaban :

C

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem        
Indikator Soal :
Menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu siklus unsur pada daur biogeokimia

No Soal : 10
Soal:
Perhatikan Daur Carbon pada siklus Biogeokimia ini
Proses yang terjadi pada daur Carbon yang terlihat pada gambar tanda panah yang ditunjukkan oleh X dan Y secara berurutan adalah proses … .
A.      Respirasi dan fotosintesis
B.       Fotosintesis dan respirasi
C.       Respirasi dan mati
D.      Fotosintesis dan mati
E.       Asimilasi dan fotosintesis
Kunci Jawaban :
A

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem        
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan      
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan dampak  pencemaran/perubahan lingkungan
Nomor Soal: 11

Soal : 
Meningkatnya volume kendaraan di kota besar nrengakibatkan peningkatan polusi udara. Terutama Carbon dioksida sehingga sering menimbulkan efek rumah kaca dan memungkinkan Global Warming. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi tersebut adalah ....
A. merubah kebiasaan dengan menggunakan mobil listrik
B. membuat monorel di kota besar
C. menanam pohon di tiap ruas jalan
D. lebih sering mengadakan Car Free Day
E. membuat undang-undang tentang polusi

Kunci Jawaban :

C




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan     
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel      
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan peristiwa tertentu yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane           
Nomor Soal: 12

Soal : 
Perhatikan gambar eksperimen pada daun Rhoeo discolor berikut ini !
Pada percobaan tersebut, daun Rhoeo discolor dimasukkan ke dalam larutan garam dengan
konsentrasi yang berbeda. Manakah sel daun yang mengalami plasmolisis?
A.      sel B karena larutan isotonis
B.       sel B karena larutan hipertonis
C.       sel B karena larutan hipotonis
D.      sel C karena larutan isotonis
E.       sel C karena larutan hipertonis
Kunci Jawaban :

B



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan     
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan  
Indikator Soal :
Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan salah satu organel sel dan fungsinya
Nomor Soal: 13
Soal : 
Perhatikan gambar sel hewan berikut:
Pada gambar di atas, nama organel bertanda X yang sesuai dengan fungsinya adalah ....
A.  kompleks golgi untuk sekresi zat
B.  retikulum endoplasma halus untuk transfer zat
C.  retikulum endoplasma kasar untuk sintesis protein
D.  mitokonclria untuk respirasi seluler
E.   lisosom sebagai penghasil enzim hidrolitik

Kunci Jawaban :

A


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan     
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan sifat, ciri-ciri, dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan
Indikator Soal :
Dideskripsikan suatu jaringan tumbuhan , siswa dapat mendeskripsi macam jaringan tumbuhan   
Nomor Soal: 14

Soal :

Suatu jaringan tumbuhan memiliki sifat-sifat: merupakan jaringan dasar, tersusun dari sel
hidup, mempunyai struktur morfologi yang bervariasi, masih dapat membelah, dan
berfungsi dalam pembentukan tunas.
Jaringan tumbuhan yang dimaksud adalah ....
A. epidermis
B. xilem
C. kolenkim
D. parenkim
E. sklerenkim

Kunci Jawaban :
D



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)
Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada system gerak pada manusia
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi, siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja otot  yang terjadi
Nomor Soal: 15
Soal : 
Berikut ini mekanisme kontraksi otot:

Aktomiosin
Zona Z
ZonaH
A.
Memendek
Memaniang
Memendek
B.
Memanjang
Memaniang
Memendek
C.
Memendek
Memaniang
Memanjang
D.
Memanjang
Memendek
Memendek
E.
Memendek
Memendek
Memanjang

Kunci Jawaban :
A

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system peredaran darah pada manusia dan gangguannya
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan  penyakit/gangguan system peredaran darah       
Nomor Soal: 16

Soal :

Hasil pemeriksaan darah bapak Dimas di laboratorium RSCM Jakarta:

Sel-Sel Darah
Hasil Lab
Eritrosit
5,2 juta
Leukosit
6,8 ribu
Trombosit
60 ribu

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, bapak Dimas dapat diduga menderita penyakit .....
A.    AIDS
B.     Anemia
C.     Leukopenia
D.    Leukimia
E.     Demam Berdarah
           

Kunci Jawaban :

E

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi           
Nomor Soal: 17

Soal : 
Perhatikan gambar sistem Pencernaan berikut :

Organ diatas berperan penting dalam pencernaan 
A. Menguraikan amilum menjadi glukosa 
B. Proses pencernaan secara kimiawi Protein yang menghasilkan pepton
C. Proses pencernaan secara kimiawi Pepton menjadi asam amino
D. Penguraian Maltosa menjadi Glukosa dan glukosa dengan mengeluarkan enzim maltase 
E. Penguraian Laktosa menjadi Glukosa dan galaktosa dengan mengeluarkan enzim laktase
              
Kunci Jawaban :

B


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system pernapasan pada manusia dan gangguannya    
Indikator Soal :
Disajikan Tabel perbedaan proses pernafasan dada dan Pernafasan perut ,siswa dapat membedakan cara mekanisme pernafasan tersebut
Nomor Soal: 18
Soal : 
Perbedaan pernapasa dada dan pernapasan perut..

No
Pernafasan Dada
Pernafasan Perut
1
Inspirasi:otot diafragma berkontraksi, diafragma mendatar, rongga dada membesar, udara masuk
Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk keatas, rongga dada membesar udara masuk
2
Inspirasi: otot tulang rusuk berkontraksi tulang rusuk keatas, rongga dada membesar udara masuk.
Otot diafragma berkontraksi diafragma, mendatar, rongga dada membesar udara masuk
3
Ekspirasi: otot diafragma relaksasi diafragma melengkung, rongga dada mengecil udara keluar
Otot tulang relaksasi, tulang rusuk kebawah, rongga dada mengecil udara keluar
4
Ekspirasi : otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk kebawah, rongga dada mengecil, udara keluar
Otot diafragma relaksasi, diafragma melengkung rongga dada mengecil udara
5
Ekspirasi: otot tulang rusuk dan otot diafragma relaksasi, rongga dada mengecil udara keluar
Otot diafragma dan otot tulang rusuk berkontraksi rongga dada mengecil, udara keluar
Perbedaan yang benar fase inspirasi dan ekspirasi adalah …
A.      1 dan 3
B.       1 dan 4
C.       2 dan 4
D.      2 dan 5
E.       3 dan 5
F.         
Kunci Jawaban :

C


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system ekskresi pada manusia dan gangguannya         
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron sekaligus mengetahui gangguan yang terjadi apabila ada bagian nefron yang tidak normal
Nomor Soal: 19
Soal : 
Perhatikan penampang nefron ginjal.
Jika volume urine sesorang berlebihan, maka penyebabnya adalah kerusakan pada bagian  …
A.    1
B.     2           
C.     3
D.    4
E.     5
             
Kunci Jawaban :
D




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system regulasi (saraf, endokrin, dan pengindraan) pada manusia       
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron secara gerak refleks      

Nomor Soal: 20

Soal : 
Uji refleks sering dilakukan dengan cara memukulkan benda lunak secara tiba-tiba ke
bagian bawah tempurung lutut sehingga secara tidak sadar tungkai bawah penderita
bergerak ke arah depan. Gerakan tersebut melibatkan busur retleks yang dimulai dari lutut
dan kemudian diteruskan ke . . ..
A. sensoris-sumsum tulang belakang-motoris-kaki
B. motoris-sumsum tulang belakang-sensoris-kaki
C. sensoris-motoris-sumsum tulang belakang- kaki
D. motoris-sensoris-sumsum tulang belakang-kaki
E. sumsum tulang belakang-scnsoris-motoris-kaki

Kunci Jawaban :

A


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan system reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin        
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan mekanisme menstruasi pada wanita
Nomor Soal: 21

Soal : 
Perhatikan diagram siklus menstruasi pada wanita berikut dan hubungannya dengan


Berdasarkan siklus menstruasi tersebut, proses yang terjadi pada bagian x adalah ....
A. fase menstruasi FSH mendorong estrogen untuk pematangan folikel
B. penebalan endometrium akibat peningkatan produksi progesteron
C. pematangan folikel oleh estrogen dan peluruhan endometrium
D. fase luteal, berhentinya produksi progesteron dan estrogen
E. folikel memproduksi FSH untuk pematangan telur

Kunci Jawaban :

B

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan struktur  dan fungsi system organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh    
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan proses kerja antibody
Nomor Soal:22

Soal : 

Ektivitas proses pengaktifan antigen melalui mekanisme penggumpalan dapat terjadi
karena antibodi ....
A. memiliki sisi aktif untuk semua tipe antigen .
B. mengaktifkan makrofag untuk menangkap antigen
C. memiliki lebih dari satu tempat pengikatan antigen
D. menghasilkan protein untuk rnengikat antigen
E. menghasilkan lisosom untuk menghancurkan antigen

Kunci Jawaban :

D




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan     
Uraian Kompetensi:
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Indikator Soal :
Disajikan percobaan pertumbuhan pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan           
Nomor Soal: 23

Soal : 
Perhatikan gambar percobaan pertumbuhan kacang hijau!


Pot A,B,C,D masing-masing pot diberi media tanah dan ditaburi 10 butir kacang hijau, di beri air secukupnya dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang optimum . Variabel bebas pada percobaan ini adalah …..
A.  media tanaman
B.  cahaya matahari
C.  biji kacang hijau                                            
D.  bentuk pot
E.   pemberian air

Kunci Jawaban :
A

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari factor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/data hasil percobaan kerja enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim/sifat enzim
Nomor Soal: 24

Soal : 
Nasi yang dilumatkan bila dicampur dengan air liur dan diuji dengan larutan benedict akan berwarna merah bata, tetapi bila nasi tersebut ditetesi air jeruk nipis, dicampur air liur dan diuji pula dengan benedict tidak berwarna merah bata. Hal ini disebabkan bahwa kerja enzim ptialin ....
A.      dipengaruhi oleh pH                                                 
B.       bersifat spesifik                                                         
C.       dipengaruhi oleh suhu
D.      dihambat oleh inhibitor
E.       dipengaruhi oleh koenzim

Kunci Jawaban :

A


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat 
Indikator Soal :
Disajikan diagram/deskripsi katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan tahapan prosesnya          
Nomor Soal: 25

Soal : 
Perhatikan bagan Siklus Krebs berikut!
Label X  pada proses Siklus Krebs ini adalah senyawa ....
A.      Asam sitrat
B.       Asam piruvat
C.       Asam malat
D.      Asam fosfoenolpiruvat
E.       Asetil Ko A         

Kunci Jawaban :
A





SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob    
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar/diagram proses respirasi aerob,siswa dapat menjelaskan tempat proses produk  yang dikeluarkan/dihasilkan  
Nomor Soal: 26
Soal : 
Pernyataan yang paling tepat  yang menunjukkan hubungan antara tahapan, tempat dan hasil dari proses respirasi aerob adalah ....
           

Tahapan
Tempat
Hasil
A.
Glikolisis
Siklus Krebs
Sitosol
Matriks Mitokondria
2 ATP
2 ATP
B.
Glikolisis
Siklus Krebs
Mitokondria
Matriks Mitokondria
4 ATP
2 ATP
C.
Glikolisis
Siklus Krebs
Sitosol
Kristae Mitokondria
2 ATP
4 ATP
D.
Siklus Krebs
Transpor elektron
Mitokondria
Krista Mitokondria
4 ATP
34 ATP
E.
Siklus Krebs
Transport elektron
Sitosol
Matriks mitokondria
2 ATP
34 ATP

Kunci Jawaban :
A



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan
Indikator Soal :
Disajikan tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi secara runtut
Nomor Soal: 27

Soal : 
Senyawa-senyawa yang diketemukan dalam siklus Benson-Calvin yang merupakan salah satu tahap fotosintesis.
1)      Phosphoglyceraldehyde (PGAL)
2)      Fiksasi CO2 oleh molekul ribulose biphosphate (RuBP)
3)      Asam difosfogliserat
4)      Molekul glukosa
5)      Asam fosfogliserat (APG)

Urutan yang benar tentang terbentuknya senyawa tersebut adalah ....
A.    1 – 2 – 3 – 4 – 5
B.     2 – 3 – 1 – 54
C.     2 – 5 – 3 – 1 – 4
D.    3 – 4 – 1 – 5 – 2
E.     2 – 5 – 34 – 1
Kunci Jawaban :
C



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob   
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar/diagram respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi serta produk yang didapatkan        
Nomor Soal: 28
Soal : 
Perhatikan jalur reaksi fermentasi berikut:

Hasil Reaksi yang terbentuk pada nomor 1, 2 dan 3 adalah ….
A.    Asam piruvat, CO2, Asetaldehide
B.     Asetaldehide, asam laktat, asam piruvat
C.     Asam piruvat, CO2, Etanol (alkohol)
D.    ATP,  asam piruvat, NADH
E.     Asetaldehide, asam piruvat, etanol (alkohol)

Kunci Jawaban :

C









SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom        
Indikator Soal :
Disajikan pernyataan pernyataan tentang kombinasi pasangan basa nitrogen , siswa dapat mengidentifikasi ketepatan basa nitrogen  
              
Nomor Soal: 29

Soal : 
Kombinasi pasangan basa-basa nitrogen yang tidak sesuai di bawah ini adalah ...........
     A. Adenin RNAd berpasangan dengan Timin pada sense DNA
     B. Guanin sense DNA berpasangan dengan Cytosin antisense DNA
     C. Urasil RNAd berpasangan dengan Timin sense DNA
     D. Guanin RNAd berpasangan dengan Cytosin RNAt
     E.  Cytosin RNAd berpasangan dengan Guanin sense DNA

Kunci Jawaban :
C




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan proses sintesis protein   
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
Nomor Soal: 30

Soal : 
Perhatikan skema sintesis protein berikut ini


Bagian yang bertanda X adalah proses….
A.  Transkripsi, yaitu proses pencetakan RNAd oleh DNA
B.  Transkripsi, yaitu proses pencetakan DNA oleh RNAd
C.  Translasi, yaitu proses penerjemahan kode oleh RNAt
D.  Translasi yaitu proses penerjemahan kode oleh DNA
E.   Replikasi,yaitu proses penggandaan DNA
              

Kunci Jawaban :
A




SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/gambar tahapan mitosis dan atau meiosis, siswa dapat menjelaskan perubahan yang terjadi
Nomor Soal: 31

Soal : 
Perhatikan gambar sebagian tahapan pembelahan meiosis berikut!.
Tahapan pembelahan yang ditunjuk oleh gambar 1, 2, 3 dan 4 secara berurutan adalah … .
A.      metafase-anafase-profase-telofase
B.       anafase- metafase- telofase-profase
C.       profase- metafase-anafase-telofase
D.      profase-anafase-metafase- telofase
E.       anaphase- profase- telofase- metafase    

Kunci Jawaban :

C

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Mengintepretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel           
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida yang ditentukan, siswa dapat mengintepretasi ratio fenotif hasil persilangannya
Nomor Soal: 32

Soal : 
Tanaman durian memiliki sifat biji bulat (B), biji gepeng (b), daging buah tebal (T) dan daging buah tipis (t). Jika tanaman durian biji bulat daging buah tebal heterozigot disilangkan dengan durian biji bulat (heterozygot) daging buah tipis, keturunan yang bersifat biji gepeng daging buah tebal adalah sebanyak .....
A. 6,25%        
B. 12,5%        
C. 18,75%
D. 42,5%
E. 56,25%

Kunci Jawaban :
C


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Mengintepretasikan persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel 
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi persilangan semu Hukum Mendel yang ditentukan, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan tersebut   
Nomor Soal: 33

Soal : 
Pada tanaman air Linaria maroccana :
Gen A = membentuk antosianin dominan terhadap gen a= tidak membentuk antosianin
Gen B = bereaksi basa (ungu) dominan terhadap gen b = bereaksi asam (merah)
Tanaman berbunga ungu (AaBb) disilangkan dengan tanaman bunga merah (Aabb). Ratio fenotip keturunannya adalah .........
A.      ungu : merah = 3 : 1        
B.       ungu : putih = 9 : 7
C.       ungu : merah : putih = 4 : 2 : 2
D.      ungu : merah : putih : 3 : 3 : 2
E.       ungu : merah : Putih = 9 : 3 : 4
           
Kunci Jawaban :
D

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia 
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia yang ditentukan, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut       
Nomor Soal: 34

Soal : 
Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X, jika gen(CB) untuk  penglihatan normal dan gen  (cb) untuk buta warna.
Orang nomor berapa sajakah yang memiliki  gen (cb) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
              

Kunci Jawaban :

B


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Memahami konsep dasaar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi           
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan peristiwa mutasi            
Indikator Soal :
Disajikan karyotipe kromosom sesorang yang termutasi , siswa dapat mengidentifikasi jenis syndrom tersebut akibat mutasi yang terjadi      
Nomor Soal: 35

Soal : 

Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi pada kromosom seks terbentuk karyotipe  44 A + XO pada kromosom manusia, Akibat dari proses mutasi itu terjadi kelainan fisik pada manusia yang disebut ......
A.      Sindrom Klinefelter
B.       Sindrom Patau
C.       Sindrom Turner
D.      Sindrom Jacob
E.       Sindrom Down

Kunci Jawaban :
C

SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains   
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya  
Indikator Soal :
Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi    
Nomor Soal: 36

Soal : 
Perhatikan gambar berikut.
Kesimpulan percobaan Francesco Redi tentang asal usul kehidupan adalah  … .
A.      Tabung A tidak ada belatung karena tertutup
B.       Tabung B banyak belatung karena terbuka
C.       Belatung berasal dari udara yang terkontaminasi
D.      Belatung berasal dari daging membusuk
E.       Belatung tumbuh dari daging yang disinggahi lalat
              

Kunci Jawaban :

E


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains   
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi     
Indikator Soal :
Siswa dapat menganalisa  Teori Seleksi alam Darwin yang tertuang dalam On the Origin by Means of Natural selection yang penting dalam evolusi
           
Nomor Soal: 37

Soal : 
Tahun 1926 Muller melakukan eksperimen terhadap lalat buah yang dipengaruhi sinar X.
Hasil eksperirnen memunculkan variasi fenotip yang tidak pernah dijumpai pada populasi
liar, seperti individu tanpa sayap dan bersayap melengkung yang mampu membentuk
populasi di laboratorium.
Apakah alasan yang tepat bahwa eksperimen tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan evolusi?
A.      Fenotip tersebut bersifat steril dan tidak stabil.
B.       Terjadi perubahan fenotip akibat desakan lingkungan.
C.       Fenotip tersebut hanya muncul jika dipengaruhi sinar X.
D.      Fenotip tersebut di alam tidak adaptif sehingga tidak lolos seleksi alam.
E.       Fenotip tersebut hanya berubah sesaat, ketika tidak dipengaruhi sinar X akan kembali normal.

Kunci Jawaban :
D



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi          
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi         
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern   tertentu
Nomor Soal: 38

Soal : 
           
Bioteknologi modern berkembang setelah ditemukannya enzim restriksi dan ligase. Berikut ini pernyataan yang benar berkaitan dengan dua enzim tersebut, kecuali  ... .
A.      Kedua enzim dapat digunakan untuk memotong gen
B.       Untuk memperoleh potongan gen yang diinginkan digunakan enzim endonuklease restriksi
C.       Untuk menyambung gen digunakan enzim ligase
D.      Penggunaan kedua enzim memungkinkan membentuk hibrid dengan DNA rekombinan
E.       Penggunaan kedua enzim menghasilkan teknik rekayasa genetika

Kunci Jawaban :
A



SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi          
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/modern      
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern    
Nomor Soal: 39

Soal : 
Bioteknologi sangat erat kaitannya dengan mikrobiologi.Berikut nama nama mikroorganisme dengan perannya dalam berbagai bidang.

Nama mikroorganisme
Peran dalam bioteknologi
1.      Thiobacillus ferrooxidans
2.      Rhizobium leguminosorum
3.      Bacillus thuringiensis
4.      Penicillium chrysogenum
a.       biopestisida
b.      biofarmasi
c.       pupuk biologis
d.      biometalurgi

Pasangan yang sesuai antara nama mikroorganisme dengan peranannya adalah ......
A.       1 – d      
B.        1 – c
C.        2 – b
D.       3 – d
E.        4 – a

Kunci Jawaban :
A


SPESIFIKASI DAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Naskah Soal:  Paket 1 / Paket 2 *)

Mata Pelajaran : Biologi
Program Studi             : IPA / IPS / IPA & IPS *)
Jumlah Soal                 : 40 PG dan 5 Essay
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda dan Essay
Bentuk Penilaian         : Tertulis

Standar Kompetensi Lulusan :
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi          
Uraian Kompetensi:
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan           
Indikator Soal :
Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan      
Nomor Soal: 40

Soal : 

40. Hal yang dapat menjadi dampak bioteknologi sehubungan dengan adanya bibit unggul yang merupakan hasil teknologi rekayasa genetika dengan penyambungan gen misalnya kedele transgenik dikhawatirkan adalah ....
A.      Berkurangnya plasma nuftah
B.       Adanya alergi pada manusia
C.       Tanaman berumur pendek
D.      Tanaman perlu pupuk lebih
E.       Berbagai tanaman  bersifat seragam

Kunci Jawaban :

A

Support web ini

BEST ARTIKEL