Saturday, October 17, 2015

TEST BIOLOGI UNTUK GURU BIOLOGI

Ternyata meski Guru juga harus diuji sehingga tahu kualitasnya secara pribadi hehe jika hasilnya jelek masih bisa belajar lagi jika bagus bisa sedikit sombong hahaha maka ini bisa digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuanmu OK

SOAL  

1.     Ciri-ciri makhluk hidup yang erat hubungannya dengan usaha pelestarian jenisnya adalan : .
a.     Memerlukan oksigen
b.    Tumbuh
c.     Berkembangbiak
d.     Bergerak

2.    Tingakat takson makhluk hidup yang anggotanya memiliki paling banyak persamaan adalah : ....
a.     Spesies
b.    Genus
c.     Filum
d.     Kingdom

3.     Organel yang berfungsi mengatur transportasi antar sel adalah : ....
a.     Sitoplasma
b.     Membran plasma
c.     Vakuola
d.     Kloroplas

4.     Perlindungan terhadap hewan langka di Indonesia di sebut : ....
a.     Suaka margasatwa
b.     Flora
c.     Fauna
d.     Cagar alam

5.     Perhatikan jaring-jaringmakanan berikut ini :....
 
Yang berperansebagai konsumentingakat II adalah
a.     Padi dan ayam
b.     Tikus dan ular
c.      Elang dan ular
d.     Ayam dan ular

6.     Kerugian yang sangat dirasakan oleh manusia apabila terjadi penggundulan hutan adalah : ....
a.     Memperluas lahan pertanian
b.     Tanah akan menjadi gresang
c.      Banyak di temukan sumber air
d.      Tanah akan menjadi subur

7.      Akibat yang di timbulkan oleh kepadatan penduduk yang tinggi terhadap sumber daya alam yang tersedia adalah : ....
a.      Terjadinya kekurangan bahan pangan
b.      Menurunnya kaenekaragaman hayati
c.       Meningkatnya prodoksi pangan
d.       Air dan tanah mudah di peroleh

8.     Pernyataan di bawah ini yang merupakan ciri-ciri sel otot polos adalah : ....
a.     Berinti satu, berbentuk gelondong, kerjanya tak disadari
b.     Berinti banyak, berbentuk silinder , Kerjanya disadari
c.     Berinti banyak, berbentuk silinder, kerjanya tak disadari
d.     Berinti satu, berbentuk gelembung, kerjanya disadari

9.       Daftar nama tulang :

  1. Tulang rusuk
  2. Tulang paha
  3. Tulang kering
  4. Tulang lengan atas
  5. Tulang dada
  6. Tulang belikat
Kelompok tulang pipa adalah : ....
a.      1, 2 dan 3
b.      2, 3 dan 4
c.      3, 4 dan 5
d.      4, 5 dan 6

10.   Urutan saluran pencernaan yang benar pada manusia adalah :
a.      Mulut – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus
b.      Mulut – kerongkongan – lambung – usus halus – usus besar – anus
c.       Mulut – tenggorokan – lambung – usus besar – usus halus – anus
d.       Mulut – kerongkongan – lambung – usus besar – usus halus – anus

11.    Perhatikan gambar berikut !
Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi asam-aminodi hasilkan oleh bagian yang di tunjukan nomor : ....
a.      1
b.      2
c.      3
d.      4

12. Jika kita menghembuskan udara pernapasan ke cermin  / kaca yang bersih maka cermin menjadi buram. Hal ini menunjukan bahwa bernapas mengeluarkan : ....
a.      Karbondioksida
b.      Nitrogen
c.      Oksigen
d.      Uap air

13.   Perhatikan gambar berikut !

Nama alat pernapasan yang di tandai dengan huruf R adalah :
a.      Aveolus
b.      Bronkiolus
c.      Trakea
d.      Laring

14.  Peredaran darah besar pada manusia, darah dari seluruh tubuh akan menuju ke : ....
a.     Serambi kanan
b.     Serambi kiri
c.     Bilik kanan
d.     Bilik kiri

15.  Berikut ini ciri-ciri sel darah :

  1. Mempunyai sel inti
  2. Bentuk tidak tetap
  3. Bergerak aktif
Ciri tersebut dimiliki oleh : ....
a.     Eritrosit
b.     Teukosit
c.      Serum
d.     Trombosit

16.    Perhatikan gambar berikut :

Uretra dan kantung kemih di tunjukan nomor.
a.      1 dan 2
b.      2 dan 3
c.      3 dan 4
d.      4 dan 3

17. Hubungan yang sesuai antara alat pengeluaran dengan penyakit pada sistim pengeluaran.


No

Alat Pengeluaran

Jenis Penyakit

A.

Hati

TBC

B.

Paru

Eksim

C
Ginjal
Diabetes

D

Kulit

Hepatitis












18. Perhatikan gambar sel saraf berikut
 
Bagian yang berfungsi menghantar rangsang ke badan sel di tunjukan oleh nomor.
a.    1
b.    2
c.     3
d.    4

19. Bagian otak yang berfungsi sebagai pusat keseimnbangan adalah :
a.   Otak besar
b.   Otak tengah
c.   Otak kecil
d.   Sumsum lanjutan

20.  Perhayikan gambar penampang daun di bawah ini !

Bagian yang berfungsi sebagai alat transponta ditunjukan oleh nomor : ....
a.     1
b.     2
c.     3
d.     4

21. Gerak menutupnya daun petai pada malam hari merupakan contoh gerak : ....
a.     Seiskonasti
b.    Niktinasti                      
c.     Fotonasti
d.    Kemonasti

22.  Gambar percobaan disamping menujukan proses fotosintesis menghasilkan : ....
                                                                            
a.     Oksigen
b.     Karbodiksida
c.     Uap air
d.     Anilum

23.  Perhatikan gambar paruh burung berikut ini !
Bentuk paruh burung pemakan daging dan pemakan biji-bijian aladah : ....
a.    1dan 2
b.    1 dan 3
c.    2 dan 3
d.    2 dan 4

24. Pertanyaan :
  1. Jika organisme tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya maka organisme tersebut akan bertahan hidup
  2. Jika organisme mampu berdaptasi dengan lingkungannya, maka organisme tersebut akan bertahan hidup
  3. Jika  organisme tidak mampu berdaptasi dengan lingkungannya maka organisme tersebut akan musnah
  4.  Jika organisme mampu berdaptasi dengan lingkungannya maka organisme tersebut akan musnsh
Pertanyaan yang sesuai mengenai seleksi alam adalah : ....
a.     1 dan 2
b.     1 dan 3
c.     2 dan 3
d.     3 dan 4

25.  Perhatikan gambar penampang telur berikut !
Bagian yang ditunjuk X adalah 
a. tali pusat
b. kalaza
c. yolk
d. albumen
e. myelin
26.  Ciri-ciri alat perkembangbiakan tumbuhan :
  1. Serbuk sari banyak
  2. Kepala sari besar
  3. Mahkota berbau
  4. Tidak bermahkota
  5. Mempunyai kelenjar madu
  6. Benang sari panjang
  7. Kepala putik besar
Cir-ciri yang sesuai untuk tumbuhan yang penyerbukanya di bantu oleh angin adalah : ....
a.     1 , 2 dan 4
b.     2, 3 dan 5
c.     2, 3 dan 6
d.     4, 6 dan 7

27.   Sistim kultur jaringan mempunyai tujuan utama untuk : ....
a.     Meningkatkan jumlah hasil pertanian
b.     Memproduksi bibit tananam dalam jumlah yang besar varietas unggul
c.     Memproduksi makanan dalam jumlah besar pada makanan bergizi
d.     Meningkatkan kualitas makanan dan pemulihan tanaman

28.   Pemanfaatan bioteknologi melalui proses penyuntikan atau pemalsuan sperma ke dalam tubuh betina tanpa mendatangkan pejantannya termasuk pada : ....
a.     Perkawinan silang
b.     Fertilisasi buatan
c.     Inseminasi buatan
d.    Ejakulasi buatan

29.  Zat aktif yang berbahayayang di gunakan mengawetkan tahu adalah : ....
a.     Natrium benzoat
b.     Monosodium
c.      Borax
d.      Formalin

30.   Bahan kimia yang berbahaya pada rokok adalah : ....
a.     Oksigen dan karbondioksida
b.     Tar dan karbondiokksida
c.      Nikotin dan oksigen
d.      Nikotin dan tar

KUNCI JAWABAN :

  1. C
  2. A
  3. B
  4. A
  5. C
  6. B
  7. A
  8. A
  9. B
  10. D
  11. D
  12. D
  13. A
  14. A
  15. B
  16. D
  17. C
  18. A
  19. C
  20. C
  21. B
  22. A
  23. D
  24. C
  25. B
  26. D
  27. B
  28. C
  29. D
  30. D

KISI KISI UJIAN NASIONAL 2016

Ini kisi kisi soal Biologi UN yang sudah diterbitkan negara lewat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan semoga bisa bermanfaat OK



BIOLOGI

Menentukan Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
  • Gejala alam biotik dan abiotik - ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup 
  • Keragaman pada sistem organisasi kehidupan
  • Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan 
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:

  • Sistem gerak pada manusia 
  • Sistem pencernaan manusia 
  • Sistem peredaran darah 
  • Sistem pernafasan 
  • Sistem ekskresi 
  • Sistem reprodusi manusia 
  • Jaringan tumbuhan 
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

  • Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan 
  • Kepadatan populasi manusia 
  • Pencemaran lingkungan 
  • Alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
  • Prosedur pengklasifikasian makhluk hidup 
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:

  • Faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak 
  • Percobaan dalam sistem pencernaan 
  • Mekanisme peredaran darah
  • Percobaan sistem pernapasan 
  • Menjaga kesehatan sistem ekskresi
  • Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia 
  • Keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan 
  • Percobaan fotosintesis 
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

  • Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan 
  • Dampak interaksi makluk hidup dan lingkungannya 
  • Pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya 
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:

  • Keterkaitan antara sistem organ pada manusia 
  • Keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
  • Pola hidup sehat 
  • Manfaat perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia
Dan lain lainnya Untuk mengetahui secara lengkapnya Segera dipersiapkan oleh para Guru SMP dan Siswa siswi SMP untuk menghadapi UJian Nasional
Ini KISI KISI nya yang lengkap

Ini untuk SKL ysng SMA ok

Support web ini

BEST ARTIKEL