Tuesday, October 27, 2015

SOAL BIOLOGI UKG 2015

UKG 2015




KERJA ENZIM

1. Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut ini menunjukkan hubungan antara kecepatan reaksi dan faktor yang memengaruhi kerja enzim.
Apabila X dalam grafik tersebut adalah pH, pernyataan manakah yang sesuai dengan grafik
tersebut?
A. Enzim bekerja baik pada suasana asam
B. Pada pH > l0 enzim masih bekerja dengan baik:
C. Enzim bekerja secara optirnum pada pH optimum.
D. Enzim yang berbeda mempunyai pH optimum yang berbeda pula.
E. Kerja enzim tidak terlalu dipengaruhi oleh pH.

2. Perhatikan tabel hasil percobaan yang menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kerja enzim katalase!
Dari hasil percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa kerja enzim katalase lebih efektif
pada suasana ….
A. panas
B. dingin
C. netral
D. basa
E. asam


3. Perhatikan grafik yang melukiskan hubungan antara aktivitas enzim katalase dengan suhu berikut ini!
Kesimpulan yang tepat untuk grafik tersebut adalah . . ..
A. pada suhu 0 o C enzim katalase tetap aktif
B. enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu di 40o C
C. suhu tidak mempengaruhi keria enzint katalase
D. berapa pun suhunya enzim katalasc tetap aktit
E. enzim katalase bekerja optimurn pada stthu 40 o C

4. Perhatikan data hasil percobaan cara kerja enzim:
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kerja enzim dipengaruhi oleh
A. derajat keasaman (pH)
B. kecepatan reaksi
C. konsentrasi ekstrak hati
D. volume gelembung udara
E. nyala api


FOTOSINTESIS


1. Reaksi gelap pada fotosintesis dinamakan demikian karena…
a. tidak dapat berlangsung siang hari
b. berlangsung di tempat gelap
c. memerlukan energi tidak dari cahaya
d. terjadi terutama malam hari
e. proses yang belum dapat dijelaskan

Reaksi gelap fotosintesis terjadi di stroma. Disebut reaksi gelap karena dalam reaksi ini tidak diperlukan energi cahaya.
Jawab : C

2. Yang tidak diperlukan untuk proses fotosintesis adalah…
a.air
b.oksigen
c. karbon dioksida
d.sinar matahari
e. klorofil

pembahasan :
Oksigen tidak diperlukan untuk fotosintesis.
Jawab : B

3. Faktor yang tidak berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas fotosintesis yaitu...
a. penambahan intensitas sinar merah
b. penambahan konsentrasi CO2
c. penambahan konsentrasi O2 udara
d. suhu optimum fotosintesis
e. penambahan intensitas sinar violet

pembahasan :
Kecepatan fotosintesis dapat berubah, tergantung pada faktor lingkungan dan ketersediaan bahan baku fotosintesis (CO2 dan H2O) juga sinar matahari yang berperan dalam reaksi terang, yaitu merah dan violet. Suhu optimum penting untuk tercapainya kecepatan fotosintesis maksimum. Penambahan kadar O2 udara tidak mempengaruhi kecepatan fotosintesis.
Jawab : C

4 Pada fotosintesis, reaksi pengikatan CO2 berlangsung di dalam...
a. klorofil
b. kloroplas
c. amiloplas
d. sitoplasma
e. stomata

Pembahasan :
Pada fotosintesis, proses pengikatan CO2 memerlukan klorofil. Klorofil terdapat dalam plastida yang disebut kloroplas.tepatnya pada stroma


Jawab : B

5. Tumbuhan yang sebagian bahan baku untuk berfotosintesis diambil dari tumbuhan inangnya disebut...
A. parasit fakultatif
B. semiparasit
C. euparasit
D. saprofit
E. autotrof

Pembahasan
tumbuhan parasit dibedakan atas :

1. parsit fakultatif : tumbuhan yang dapat bersifat parasit atau saprofit
2. parasit obligat
* euparasit (parasit sungguh)
* semiparasit (1/2 parasit) : berklorofil, CO2, diambil sendiri, H2O, diambil dari tumbuhan lainnya, contohnya benalu.
3. hiperparasit : parasit pada tumbuhan parasit
Jawab : B
6. Pada reaksi terang fotosintesis dihasilkan...
A. NADPH2, ATP, dan glukosa
B. NADPH2, ATP dan O2
C. ATP, O2, RDP
D. NADPH2, APG, H2O
E. RDP, APG, NADP+
Pembahasan :Reaksi terang fotosintesis yang berlangsung di grana menghasilkan oksigen, ATP, dan NADPH2.
Jawab : B
7. Pada foosintesis nonsiklik terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hidrogen yang diikat oleh molekul akseptor. Berikut ini manakah yang merupakan akseptor hidrogen?
A. Flavin Adenin Dinukleotida (FAD)
B. Nikotinamin Adenin Dinukleotida (NAD)
C. Nikotinamin Adenin Dinukleotida Phosphat (NADP)
D. Asam phospoenolpiruvat (PEP)
E. Ribulose diphosphat (RDP)
Pembahasan :2H+ dari fotolisis H2O akan diikat oleh akseptor hidrogen NADP menjadi NADPH2.
Jawab : C
8. Percobaan dengan oksigen radioaktif menunjukkan bahwa waktu fotosintesis...
a.semua molekul air digunakan untuk berfotosintesis
b. semua O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2
c. semua O2 yang dikeluakan beasal dari H2O
d. O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2 dan H2O
e. yan keluar, keluar melalui epidermis daun
Pembahasan :Percobaan Ruben dan Carmen membuktikan bahwa O2 yang dilepaskan dalam fotosintesis berasal dari H2O yang diberi unsur radioaktif.
Jawab : C
9. Tempat energi cahaya berubah menjadi energi kimia dalam sel berlangsung dalam organel...
a.mitokondria
b. nukleus
c. ribosom
d. kloroplas
e. stomota

Pembahasan :Fotosintesis berlangsung pada kloroplas. Kloroplas termasuk plastida yang berwarna hijau.
Jawab : D
10. Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis terbentuk pada...
a. reaksi terng saat fotolisis berlangsung
b. reaksi terang saat sensibilitas
c. reaksi gelap saat berlangsung oksidasi CO2
d. reaksi gelap saat berlangsung fiksasi oksidasi
e.reaksi gelap saat pengubahan gliseraldehid 3-P menjadi glukosa
Pembahasan :Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis berasal dari fotolisis H2O menjadi 2e- + ½ O2 + 2H+. Fotolisis sama dengan reaksi terang yang berlangsung di grana.
Jawab : A
11. Pada fotosintesis yang berlangsung di dalam kloroplas terjadi proses-proses :
1.penguraian air oleh energi cahaya matahari
2. perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
3. pengikatan karbon dioksida dari udara
4. pengikatan oksigen dari udara
Pembahasan :pada fotosintesis terjadi proses-proses :
1. reaksi terang : energi cahaya berubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH2.
NADPH2 terbentuk waktu H2O berfotolisis menjadi H+ + NADP + e- yang berenergi NADPH2
2. reaksi gelap : CO2 +RDP + APG
ALPG enzim C6H12O6
Jawab : A
12. Fungsi klorofil pada proses fotosintesis adalah...
1. CO2 untuk diubah menjadi glukosa
2. membebaskan oksign dari karbohidrat
3. menyerap sinar terutama sinar hijau
4. menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia

pembahasan :
* fungsi klorofil ialah sebagai donor elektron dan pentransfer energi cahaya menjadi energi kimia (reaksi cahaya) dalam bentuk ATP.
* CO2 diubah menjadi glukosa dengan energi kimia dan enzim.
CO2 + RDP APG
APG + NADPH2 ALPG
ALPG enzim glukosa
* sinar hijau tidak bermanfaat pada proses fotosintesis dan dipantulkan oleh klorofil.
Jawab : D
13. Bila daun hijau disinari cahaya dengan panjang gelombang 700 nm akan menghasilkan...
1. NADPH2
2. oksigen
3. glukosa
4. ATP

Pembahasan :
Jika hanya panjang gelombang 700 nm, maka yang terjadi adalah reaksi terang siklik yang hanya menghasilkan ATP.
Jawab : D
14. Fotosintesis terutama terjadi di dalam jaringan bunga karang daripada dalam jaringan tiang
SEBAB
Jaringan bunga karang mengandung klorofil lebih banyak dibandingkan jaringan tiang
Pembahasan :
Fotosintesis terjadi terutama di jaringan tiang (palisade) karena jaringan tiang berklorofil lebih banyak daripada jaringan bunga karang.

Jawab : E

15. Proses pembentukan karbohidrat dalam sel tumbuhan berlangsung dalam kloroplas
SEBAB
Di dalam kloroplas terdapat klorofil dan enzim yang diperlukan untuk pembentukan karbohidrat.

Pembahasan :

Proses pembentukan karbohidrat ialah melalui proses fotosintesis yang berlangsung dengan energi matahari, klorofil, dan enzim. Tempat klorofil adalah plastida yang dinamakan kloroplas.
Jawab : A

SUBSTANSI GENETIK


1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melakukan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut ,kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok
C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2kromosom XC. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

9. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – kromosom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA

11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk
A. kromosom
B. RNA
C. DNA
D. DNA dan RNA

12. Pernyataan yang paling tepat untuk hubungan gen dengan DNA
A. gen adalah DNA sedangkan DNA belum tentu gen
B. DNA adalah material genetik yang menentukan fungsi gen
C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan bantuan DNA
D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen

13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pitaDNA baru
C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
D. pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling

14. Pernyataan berikut benar tentang proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ........
A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
B. pita DNA cetakan adalah pita 3’ – 5’
C. pita RNAm yang dicetak adalah pita 5’ – 3’
D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yangditranskrip akan memiliki urutan basa ......................
A. TTC CGG AAG ACG
B. AAG GCC TTC TGC
C. UUC CGG UUC ACG
D. TTC GCC AAC TCG

16. Struktur DNA double helix menurut Watson & Crick adalah hal-hal berikut ini, kecuali
A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen

17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali
A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
B. RNAm ditransfer keluar dari inti
C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar

18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung?
A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma

19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, sebab
A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
C. terbentuk fragmen okazaki
D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses...
A. pembelahan sel
B. replikasi
C. transkripsi
D. translasi

21. Yang dimaksud mutasi adalah.........
A. perubahan sifat pada makhluk hidup
B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
C. proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
D. proses yang menyebabkan terjadinya evolusi

22. Mutasi dapat terjadi secara spontan maupun diinduksi. Berikut ini adalah contoh sifat yangtimbul karena mutasi yang diinduksi
A. penyakit kanker kulit
B. kelainan hemoglobin
C. semangka tidak berbiji
D. varietas padi unggul

23. Mutagen atau agen penyebab mutasi yang dayanya rendah adalah .....
A. sinar alfa
B. Neutron
C. asam nitrat
D. sinar ultra violet

24. Kodon AUG berubah menjadi AUA. Ini merupakan contoh mutasi......
A. mutasi salah arti (missens mutation)
B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
C. mutasi insersi
D. mutasi semu (silent mutation)

25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi
A. AG CT
B. AT GC
C. AT CG
D. GC AT

26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2
A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
B. deamionasi citosin menjadi xantin
C. perubahan AG menjadi TC
D. perubahan Timin menjadi urasil

27. Mutagen dibawah ini mana yang mengakibatkan mutasi Timin dimer?
A. ion radioaktif
B. sinar ultra violet
C. sinar infra merah
D. sinar X

28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadapprotein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasusmutasi ini dikenal dengan istilah.....
A. mutasi silent
B. mutasi nonsens
C. mutasi missens
D. mutasi frameshift

29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi.
Berikut ini manapernyataan yang tidak benar 
A. terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
B. penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

30. Contoh penyakit akibat mutasi oleh sinar ultra violet
A. kanker hati
B. kanker kulit
C. eritrosit bentuk sel sabit

D. hemoglobin abnormal

31. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melakukan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

32. Hubungan gen dengan kromosom dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA bersama-sama kromosom menentukan sifat makhluk hidup

33. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

34. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

35. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

36. Kromosom yang memiliki 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

37. Yang membedakan kariotip laki-laki dengan perempuan adalah
A. Laki-laki memiliki kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok C pada wanita terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
C. kromosom pada laki-laki berjumlah 45 pada wanita berjumlah 46
D. perempuan memiliki kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

38. Bagian ujung – ujung kromosom yang dapat membedakan sel muda dan sel yang sudah tua
adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

39. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

40. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar adalah ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – krom osom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA.


SOAL PEDAGOGIK

1.     Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.Dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.Praktis
C.Dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.Dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar

2.     Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.Beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.Beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.Ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 jawaban benar

3.     Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar

4.     Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A.45,5
B.56
C.65
D.70
E.75

5.     Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.Butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar

6.     Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.Refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.Refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.Perencanaan - Pelaksanaan - Analisis

7.     Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.Fasilitas fisik
C.Ukuran kewilayahan
D.Penggunaan waktu
E.Tidak ada jawaban

8.     Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta informasi lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat permintaan resmi

9.     Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.Catatan pelajaran siswa
B.Catatan harian sikap siswa
C.Hasil pekerjaan siswa
D.Profil perkembangan siswa
E.Semua jawaban benar

10. Fanatisme daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System

11. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa digunakan dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D.Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

12. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.  Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.  Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.  Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.  Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.  Tidak ada jawaban

13. Salah satu peranan utama surat adalah....
A.Mampu mengembangkan organisasi kantor
B.Menjadikan seseorang tetap bekerja
C.Dapat merekam informasi secara terperinci
D.Mempercepat penyelesaian pekerjaan

14. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

15. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar

16. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B.Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
D.Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E.Semua jawaban benar

17. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.Kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.Wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.Kesiapan ide untuk didiskusikan
D.Persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E.Ada 2 jawaban yang benar

18. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.Pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.Pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci
C.Pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D.Pembelajaran sains belum diperlukan
E.Semua jawaban benar

19. Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta informasi lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat permintaan resmi

20. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.Information
B.Convergence
C.Mutual Understanding
D.Network Relationship
E.Semua jawaban salah

21. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.Abstrak
B.Pendahuluan
C.Diskusi
D.Referensi
E.Ada 2 jawaban benar

22. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.Kondisi lingkungan sekolah
B.Jumlah siswa dalam kelas
C.Waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.Sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.Semua jawaban benar

23. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah; (2) sikap ilmiah; (3) produk ilmiah; (4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A.Pernyataan (1) dan (3)
B.Pernyataan (2) dan (4)
C.Pernyataan (2) dan (3)
D.Pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4

24. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan rencana sampling
E.Semua jawaban salah

25. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
E.Semua jawaban salah

26. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A.Artikel laporan dan artikel rujukan
B.Artikel konseptual dan artikel teoritis
C.Artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.Artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E.Tidak ada jawaban yang benar

27. Tunjukkan salah satu prinsip yang tidak boleh diterapkan guru dalam ber-inovasi, yaitu:
A.Metode tidak boleh mengganggu komitmen mengajar;
B.Pengumpulan data yang dapat menambah waktu guru;
C.Metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
D.Masalah sendiri di kelas;

28. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa digunakan dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D.Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

29. Kriteria PT. Pos terhadap beban biaya pengiriman surat yang mempertimbangkan jarak dan beratnya adalah untuk surat....
A.Sangat segera
B.Penting
C.Kilat khusus
D.Paket

30. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
A.Perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B.Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C.Pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
D.Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E.Semua jawaban salah

31. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A.Fakta atau kenyataan
B.Argumentasi
C.Teori yang diakui kebenarannya
D.Data empirik/hasil penelitian
E.Semua jawaban salah

32. Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.Inovators
B.Early Adopters
C.Early Majority
D.Late Majority
E.Tidak ada jawaban

33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A.Tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.Siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C.Kemampuan siswa dapat meningkat
D.Siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah
34. Pada intinya tujuan penulisan surat adalah....
A.Ingin menyampaikan informasi kepada pihak lain
B.Membantu pimpinan dalam membuat kebijakan
C.Memperlancar penyusunan dokumen kantor
D.Mendapatkan kejelasan tugas karyawan

35. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhatikan dalam menelaah soal bentuk uraian, kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

36. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap ...
A.Design
B.Evaluation
C.Trial
D.Wareness Interest
E.Trial Evaluation

37. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.41,5
B.54,15
C.56,6
D.79,25
E.64,25

38. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.Addition
B.Restructuring
C.Alternation
D.Substitution
E.Tidak ada jawaban

39. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.Senjata makan tuan
B.Kumbang cantik pengisap madu
C.Pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.Pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.Semua jawaban benar

40. Surat yang diterima oleh perusahaan atau institusi dari seseorang yang menginginkan pekerjaan termasuk kategori surat....
A.Dinas
B.Setengah resmi
C.Sangat rahasia
D.Penting

41. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah

42. Salah satu tahap yang tidak termasuk dalam model pembelajaran latihan penelitian adalah
A.Menghadapkan masalah
B.Penyajian data
C.Mencari dan mengkaji data
D.Eksperimen dan mengkaji data

43. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam ....
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
E.Semua jawaban benar

44. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A.  Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B.  Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
C.  Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D.  Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E.  Semua jawaban benar

45. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A.Pengukuran
B.Asesmen
C.Tes
D.Evaluasi
E.Semua benar

46. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali .....
A.Tingkat keseriusan masalah
B.Kemampuan guru untuk menangani masalah
C.Ada tidaknya mitra kolaborasi
D.Kompleks tidaknya masalah.
E.Semua jawaban benar

47. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
E.Tidak ada jawaban

48. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

49. Sebelum pelaksanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
A.Daftar hadir siswa
B.Skenario tindakan
C.Sarana dan fasilitas pendukung
D.Cara analisis data
E.Semua jawaban benar

50. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.PKR - Unit

51. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia..
A.0-8 tahun
B.0-3 tahun
C.2-8 tahun
D.0-5 tahun
E.9-14 tahun

52. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

53. Dilihat dari wujudnya, surat yang buat oleh seseorang berisi tentang informasi penting yang tidak boleh diketahui orang lain, kemudian dimasukkan ke dalam sampul dan dikrimkan melalui jasa pos termasuk surat...
A.sangat penting
B.rahasia
C.kilat
D.biasa

54. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.Memberikan umpan balik bagi siswa
B.Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C.Memberikan umpan balik bagi guru
D.Mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

55. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.Merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.Menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.Menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.Menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar

56. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan; (2) menarik kesimpulan; (3) merencanakan percobaan;
(4) mengajukan hipotesis; (5) merumuskan masalah; (6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah

57. Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.Alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.Alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.Petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua jawaban benar

58. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ...
A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.Tidak ada jawaban benar

59. Salah satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah...
A.Skepstis
B.Apatis
C.Pesimis
D.Romantis
E.Semua jawaban salah

60. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.Rata-rata kelompok
B.Kriteria yang telah ditetapkan
C.Persentase kemampuan siswa
D.Skor baku yang telah ditetapkan
E.Semua jawaban benar

61. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.Memaparkan bidang ilmu tertentu
B.Merupakan deskripsi suatu kejadian
C.Menggunakan gaya bahasa resmi
D.Disajikan secara sistematis
E.Semua jawaban salah

62. Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A.Tes
B.Daftar pertanyaan
C.Lembar observasi
D.Lembar wawancara
E.Semua jawaban benar

63. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A.Menjelaskan partisipan
B.Menulis masalah yang sudah pernah dibahas
C.Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.Melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

64. Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
A. Tes perbuatan
B. Teknik wawancara
C. Observasi
D. Tes simulasi
E. Lembar penilaian fortofolio

65. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
A. Kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
B. Menggunakan kata kerja operasional
C. Komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
E. Kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional

66. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
A. Penyusunan kisi-kisi
B. Penentuan dan penyebaran soal
C. Penulisan soal bentuk penilaian kinerja
D. Penyusunan butir soal tes tertulis
E. Perumusan indikator soal

67. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
A. Tes tertulis
B. Tes lisan
C. Tes kinerja
D. Jurnal
E. Portofolio

68. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
A. Tes verbal
B. Tes lisan
C. Tes analisis
D. Tes mengelompokkan
E. Evaluasi

69. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
D.  Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran- yang dilaksanakan di sekolah.
E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang

70. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

71. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

72. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
b. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
c. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
d. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
e. Dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran

73. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. Sahih (valid)
b. Objektip
c. Adil
d. Kooperatip
e. Terpadu

74. Penilaian agar dapat dipertanggungjawabkan kepada berbagai pi­hak yang berwenang (stakeholder), baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya adalah termasuk prinsip....
a.  Sahih (valid)
b.  Objektif
c.   Adil
d.  Akuntabel
e.  Sistematis

75. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotor
d. Psikologis
e. Kepribadian

76. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. Dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung
b. Bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal
c. Dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes
d. Lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian
e. Hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik

77. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. Lisan
b. Praktik/kinerja
c. Penugasan
d. Portofolio
e. Penilaian diri

78. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. Menentukan tujuan penilaian
b. Memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. Menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. Menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. Menentukan kriteria ketuntasan minimal

79. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a.     Urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b.     Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c.     Relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain,
d.     Keterpakaian, yaitu materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e.     Ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

80. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. Menentukan tujuan tes
b. Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c. Menentukan materi yang diujikan
d. Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. Menyusun kisi-kisi

81. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. Ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

82. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali ....
a.     Membandingkan
b.     Menjelaskan
c.     Hubungan sebab-akibat
d.     Memberi alasan
e.     Meringkas

83. Di bawah ini merupakan beberapa langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali ....
a.   Menentukan tujuan tes
b.   Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c.   Menentukan materi yang diujikan
d.   Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e.   Menyusun kisi-kisi.

84. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali ....
a.     Soal harus sesuai dengan indikator
b.    Setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
c.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran
d.     Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas

85. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari bahasa, kecuali ....
a.     Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
b.     Rumusan kalimat soal harus komunikatif
c.     Tidak menimbulkan penafsiran ganda
d.     Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e.     Tidak mengandung ungkapan yang menyenangkan

86. Di bawah ini adalah bentuk instrumen untuk mengukur sikap, kecuali ....
a.     Lembar kerja
b.     Lembar rubrik
c.     Lembar wacana
d.     Lembar pengamatan
e.     Lembar penilaian

87. Kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari ....
a.     Minat belajar
b.     Sikap belajar
c.     Motivasi berprestasi
d.     Stress belajar
e.     Aktivitas belajar

88. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah ....
a.     Penilaian Tertulis
b.     Penilaian Kinerja
c.     Penilaian Lisan
d.     Penilaian Portofolio
e.     Penilaian Non Tes
89. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian ....
a.     Kinerja
b.     Produk
c.     Penugasan
d.     Lisan
e.     Wawancara
90. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

91. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton

92. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi ....
a.     Kognisi
b.     Afeksi
c.     Konasi
d.     Toleransi
e.     Persepsi

93. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

94. Sikap adalah kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton,

TRY AGAIN

1. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.memberikan umpan balik bagi siswa
B.mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C.memberikan umpan balik bagi guru
D.mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

2. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

3. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.acuan norma
B.acuan kriteria
C.gabungan
D.acuan norma atau kriteria
E.Semua jawaban benar

4. Yang mana contoh sindrom akibat kelainan jumlah kromosom seks
A.Down Sindrom
B.Klinefelter sindrom
C.Patau sindrom
D.Edward Sindrom
E. Jacob Syndrome

5. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan rencana sampling
E.Semua jawaban salah

6. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

7. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar
8. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A.daftar pustaka
B.abstrak
C.daftar tabel
D.lampiran
E.Ada 3 jawaban benar

9. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A.tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C.kemampuan siswa dapat meningkat
D.siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah

10. Referensi memuat semua rujukan yang
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam badan tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan

E.Semua jawaban benar

LATIHAN SOAL UKG GURU

Saya up Load untuk Latihan Bapak Ibu Guru untuk melatih kemampuan diri baik kemampuan ilmu Pedagogik maupun ilmu murninya OK semoga bermanfaat

  1. Soal Pedagogik 1 
  2. Soal Pedagogik 2
  3. Soal Pedagogik 3
  4. Soal Pedagogik 4
  5. Soal Pedagogik 5
  6. Soal Pedagogik 6
  7. Soal Pedagogik 7
  8. Soal Pedagogik 8
  9. Soal Pedagogik 9
  10. Soal Pedagogik 10
TEST ILMU BIOLOGI

Indikator Esensial

  1. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
  2. Menjelaskan proses fotosintesis
  3. Menjelaskan tahapan proses respirasi sampai menghasilkan energi
  4. Mendeskrispikan tahapan proses fermentasi
  5. Mengaitkan proses katabolisme lemak, protein dan karbohidrat
  6. Menjelaskan keterkaitan antara struktur dan fungsi pada daun tumbuhan
  7. Menjelaskan perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder pada tumbuhan
  8. Menjelaskan keterkaitan antara struktur jaringan dasar dan fungsinya pada tumbuhan
  9. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan epitel pada hewan atau manusia
  10. Menjelaskan keterkaitan antara struktur jaringan penunjang dan fungsinya pada hewan
  11. Menjelaskan proses sintesis protein Menjelaskan proses sintesis protein
  12. Menganalisis keterkaitan materi genetik dalam proses penurunan sifat pada makhluk hidup
  13. Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom, Gen, DNA, dan RNA
  14. Menjelaskan hukum mendel dalam proses pewarisan sifat
  15. Menerapkan hukum Mendel I dan II secara teoritis dalam persilangan tumbuhan
  16. Mendeskripsikan jenis-jenis bioteknologi
  17. Mendeskripsikan penerapan bioteknologi di berbagai bidang
  18. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif bioteknologi
  19. Menganalisis proses-proses dalam teknologi bioproses
  20. Menganalisis proses-proses dalam teknologi rekayasa genetika
  21. Menjelaskan mekanisme gerak pada sistem gerak manusia
  22. Menjelaskan proses respirasi yang terjadi pada manusia
  23. Menjelaskan Struktur tingkatan organisasi kehidupan
  24. Menghitung ukuran sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskop
  25. Menjelaskan hukum-hukum fisika dan kimia dalam transportasi sel
  26. Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel berkaitan dengan transportasi seluler
  27. Menjelaskan struktru dan fungsi dari organel
  28. Mengenali tempat kedudukan alat dan kelenjar pencernaan serta fungsinya
  29. Menjelaskan struktur sel penyusun jaringan pada berbagai organ ekskresi pada manusia dan mengaitkan dengan fungsinya.
  30. Menggunakan kunci determinasi sederhana Membedakan arkaebakteria dengan bakteria
  31. Membedakan Bakteri Gram positif dan Gram negatif melalui kegiatan praktikum
  32. Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut
  33. Membedakan struktur hewan invertebrata dan vertebrata
  34. Menjelaskan hubungan saling ketergantungan antar komponen ekosistem
  35. Mendeskripsikan ekosistem darat, ekosistem air tawar, ekosistem air laut.
  36. Menjelaskan teknik pengolahan dan pemanfaatan limbah
  37. Menjelaskan proses daur sulfur dan daur fosfor
  38. Mendeskrispikan siklus reproduksi hewan dan mannusia
  39. Menjelaskan tahapansiklus reproduksi pada tumbuhan
  40. Menjelaskan reproduksi sel secara seksual dan aseksual
  41. Menjelaskan konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, hewan & manusia
  42. Mendeskripsikan konsep suksesi primer
  43. Menjelaskan pertumbuhan dan perembangan hewan fase dini
  44. Menjelaskan perumbuhan dan perkembangan hewan fase akhir
  45. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dankeselamatan
  46. Melaksanakan eksperiment biologi dengan cara yang benar. Merencanakan eksperiment biologi dengan cara yang benar
  47. Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
  48. Membedakan berbagai jenis kecerdasan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
  49. Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirnya (EH)
  50. Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuan intelektual peserta didik
  51. Mendeskripsikan keragaman peserta didik dalam kemampuan intelektual berdasarkan ciri-cirinya
  52. Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi peserta didik
  53. Mendeskripsikan keragaman peserta didik dalam kecerdasan emosi berdasarkan ciri-cirinya
  54. Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasan spiritual peserta didik.
  55. Mendeskripsikan keragaman peserta didik dalam kecerdasan spiritual berdasarkan ciri-cirinya.
  56. Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial peserta didik....
  57. Mendeskripsikan keragaman peserta didik dalam keterampilan sosial berdasarkan ciri-cirinya
  58. Mendeskripsikan tahapan perkembangan aspek moral peserta didik
  59. Mendeskripsikan keragaman peserta didik dalam perkembangan moral berdasarkan ciri-cirinya
  60. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik remaja
  61. Mendeskripsikan ciri-ciri remaja yang sehat secara fisik
  62. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
  63. Mendeskripsikan konsep kecerdasan majemuk
  64. Menjelaskan konsep kreativitas
  65. Menjelaskan konsep kecerdasan intelektual peserta didik
  66. Menentukan kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan intelektual peserta didik
  67. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
  68. Mengidentifikasi pengalaman belajar Fisika/kimia/biologi sesuai dengan pendekatan saintifik 
  69. Menentukan materi ajar kimia yang sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia (SU)
  70. Menentukan materi ajar kimia yang sesuai dengan pengalaman belajar
  71. Menentukan urutan materi pembelajaran berdasarkan hirarkhi materi kimia sesuai tututan KD
  72. Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarkhi materi kimia
  73. Memilih indikator yang tepat untuk suatu KD
  74. Mengidentifikasi jenis atau bentuk penilaian yang sesuai dengan konsep belajar kimia, fisika, biologi
  75. Mengidentifikasi prinsip pengembangan RPP
  76. Menentukan pernyataan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP
  77. Memilih padanan antara kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan
  78. Menentukan kompetensi dasar sikap yang sesuai dengan penerapan kompetensi dasar aspek pengetahuan
  79. Mengidentifikasi indikator pencapaian kompetensi aspek pengetahuan, keterampilan atau sikap
  80. Menyusun bahan ajar kimia sesuai dengan indikator pada RPP
  81. Menyusun RPP dengan lengkap sesuai peraturan pada (Permendiknas nomor 16 Tahun 2007) 
  82. Merancang lembar kegiatan siswa untuk eksperimen dan non eksperimen
  83. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
  84. Menentukan cara yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik fisika/kimia/biologi (AN)
  85. Menjelaskan pengertian media pembelajaran secara umum;
  86. Menjelaskan fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran
  87. Menjelaskan jenis-jenis media pembelajaran
  88. Menentukan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran
  89. Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran visual
  90. Menjelaskan strategi penggunaan media pembelajaran visual
  91. Menerapkan media pembelajaran berbasis visual dalam pembelajaran IPA
  92. Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran realita
  93. Menjelaskan strategi penggunaan media pembelajaran realita
  94. Menerapkan media pembelajaran realita dalam proses pembelajaran IPA
  95. Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran audio-visual
  96. Menjelaskan strategi penggunaan media pembelajaran audio-visual
  97. Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan media pembelajaran berbasis computer
  98. Menjelaskan strategi penggunaan media pembelajaran berbasis komputer
  99. Menerapkan media pembelajaran berbasis komputer dalam proses pembelajaran IPA
  100. Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihan pembuatan dan pengembangan alat peraga
  101. Menjelaskan prinsip pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA
  102. Mendeskripsikan cara melakukan evaluasi keberhasilan pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA
  103. Membuat alat peraga IPA untuk pembelajaran
  104. Melakukan evaluasi keberhasilan dalam pembuatan dan pengembangan alat peraga IPA
  105. Menentukan bentuk TIK yang sesuai topik kimia/fisika/biologi dan sarana prasarana di sekolah.
  106. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
  107. Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi secara optimal. (EH)
  108. Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta
SOAL APLIKASINYA 

1. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar

2. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

3. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah

4. Suatu organisme mempunyai jumlah kromosom 24, mengalami pentaploid, maka jumlah kromosom nya menjadi..............
A. 27
B. 60
C. 120
D. 30

5. Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK

6. Cuping telinga pada hewan mammal termasuk …..
A. perikhondrium
B. kartilago hialin
C. kartilago elastis
D. kartilago fibrosa

7. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A. organ, saraf, dan otak
B. otot, badan, dan otak
C. otot, saraf, dan otak
D. otot, saraf, dan pikiran
E. otak, mainan edukatif

8. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A. abstrak
B. pendahuluan
C. diskusi
D. referensi
E. Ada 2 jawaban benar

9. Molekul DNA berbentuk cirkular pita ganda, berukuran kecil yang dapat melakukan self replikasi disebut
A. intron
B. exon
C. plasmid
D. transposable element

10. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2 jawaban benar

11. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar

12. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A. rata-rata kelompok
B. kriteria yang telah ditetapkan
C. persentase kemampuan siswa
D. skor baku yang telah ditetapkan
E. Semua jawaban benar

13. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang tulisan
C. struktur sajian
D. penggunaan bahasa
E. Tidak ada jawaban benar

14. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2 jawaban benar

15. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar

16. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua jawaban salah

17. Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural Block
B. Mental Block Barries
C. Social Block
D. System Block
E. Social System

18. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah . . . .
A. Late Majority
B. Late Adopters
C. Early Majority
D. Early Adopters
E. Ada 2 jawaban benar

19. Kondisi berikut ini muncul jika homeostasis terganggu .... kecuali
A. Munculnya diabetes melitus
B. Munculnya osteoporosis
C. Tekanan darah tinggi
D. Kadar asam urat yang meningkat
E. Munculnya rasa lapar ketika kadar gula darah turun

20. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang tulisan
C. struktur sajian
D. penggunaan bahasa
E. Tidak ada jawaban benar

21. Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
A. berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
B. mendesain hasil karya
C. memilih dan menggunakan alat di lapangan
D. menilai hasil karya secara analitis dan holistik
E. Semua jawaban benar

22. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak ada jawaban benar

23. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A. artikel laporan dan artikel rujukan
B. artikel konseptual dan artikel teoritis
C. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E. Tidak ada jawaban yang benar

24. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A. Mutlak
B. mantap
C. tentatif
D. pasti
E. Semua jawaban benar

25. Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural Block
B. Mental Block Barries
C. Social Block
D. System Block
E. Cultural Social

26. Rambu-rambu penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah ...
A. fokuskan pada satu strategi penilaian
B. gunakan satu teknik penilaian tertentu
C. padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
D. gunakan format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar

27. Yang mana contoh sindrom akibat kelainan jumlah kromosom seks
A. Down Sindrom
B. Klinefelter sindrom
C. Patau sindrom
D. Edward Sindrom

28. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak ada jawaban

29. Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ...
A. sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
B. stabilitas emosi subjek yang dinilai
C. indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
D. reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
E. Semua jawaban benar

30. Sel-sel yang terdapat pada jaringan saraf tetapi tidak berperan sebagai penghantar rangsang disebut :
A. sel-sel basalis
B. sel-sel glia
C. sel-sel neurosekretori
D. sel-sel neurosupraoptikus
E. sel-sel neuroparaventrikularis

31. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A. Mutlak
B. mantap
C. tentatif
D. pasti
E. Semua jawaban benar

32. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar

33. Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu antara lain ...
A. Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B. Rumusan kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C. Pertanyaan menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E. Ada 2 jawaban benar

34. Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A. alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B. alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C. petunjuk pelaksanaan harus jelas
D. perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E. Semua jawaban benar

35. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
E. Semua jawaban salah

36. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah.....
A. mutasi silent
B. mutasi nonsens
C. mutasi missens
D. mutasi frameshift

37. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran
E. Ada dua jawaban benar

38. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) sikap ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A. pernyataan (1) dan (3)
B. pernyataan (2) dan (4)
C. pernyataan (2) dan (3)
D. pernyataan (1), (2), dan (3)
E. Pernyataan 1,2,3, 4


39. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
E. Semua jawaban salah

40. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
A. sistematika tulisan
B. panjang tulisan
C. ragam bahasa yang digunakan
D. pengarang
E. Ada 3 jawaban benar

41. Kapan tahapan observasi dilakukan?
A. mulai sebelum pelaksanaan
B. pada saat pelaksanaan tindakan
C. setelah pelaksanaan tindakan
D. semua jawaban benar
E. semua jawaban salah

42. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A. Memberikan umpan balik bagi siswa
B. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C. Memberikan umpan balik bagi guru
D. Mengontrol perkembangan siswa
E. Semua jawaban salah

43. Cuping telinga pada hewan mammal termasuk …..
A. Perikhondrium
B. Kartilago hialin
C. Kartilago elastis
D. Kartilago fibrosa

44. Rekomendasi untuk judul adalah
A. 8-10 kata
B. 10-12 kata
C. 12-15 kata
D. 15-30 kata
E. 30-50 kata

45. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A. Judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B. Judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. Judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. Judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak ada jawaban benar

46. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A. Acuan norma
B. Acuan kriteria
C. Gabungan
D. Acuan norma atau kriteria
E. Semua jawaban benar

47. Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :
A. Kompetensi
B. Standar kompetensi
C. Kompetensi dasar
D. Indikator pencapaian belajar.

48. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. Materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. Menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. Scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. Materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar

49. Kondisi berikut ini muncul jika homeostasis terganggu .... kecuali
A. Munculnya diabetes melitus
B. Munculnya osteoporosis
C. Tekanan darah tinggi
D. Kadar asam urat yang meningkat
E. Munculnya rasa lapar ketika kadar gula darah turun

50. Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
A. 0,5
B. 0,9
C. 3,0
D. 3,5
E. 2,5

Kunci Jawaban

1. C       2. A      3. A       4. C        5. B        6. C        7. C        8. C      9. C     10. C
11.A    12. B    13. B     14. C      15. C      16  C      17. C      18. A    19. B     20. B
21. C   22. B    23. C     24. A      25. A      26. C     27. A       28. B    29. D     30. C
31. A   32. A    33. C    34. C       35. C      36. A     37. D       38. C    39. C    40. A

MANING


1. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.abstrak
B.pendahuluan
C.diskusi
D.referensi
E.Ada 2 jawaban benar

2. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
 A.Heterofil
 B.Homofil
 C.Holomofil
 D.Homogen
 E.Ada 2 jawaban benar

3. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.Tidak ada jawaban

4. Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
A.daftar hadir siswa
B.skenario tindakan
C.sarana dan fasilitas pendukung
D.cara analisis data
E.Semua jawaban benar

5. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.praktis
C.dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar

6. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A.resmi
B.baku
C.impersonal
D.personal
E.Semua jawaban benar

7. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah

8. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di daerah kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .
A.Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management
B.School Merger
C.Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap
D.CBSA
E.Jawaban tidak ada

9 Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A.sikap penulis
B.panjang tulisan
C.struktur sajian
D.penggunaan bahasa
E.Tidak ada jawaban benar

10. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada disekitar sekolah,  yang didalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas, ikan mujair, ada yang besar dan beberapa masih kecil. sekelompok ikan mas dalam kolam disebut ...
A. individu
B. populasi
C. komunitas

D. ekosistem

Support web ini

BEST ARTIKEL