Thursday, November 5, 2015

PERSIAPAN TRY OUT BIOLOGI UN KELAS XII

Ujian Nasional sebentar lagi .........maka biasanya ada Try out  di sekolah semua mengadakan adar ngak bingung terus apa yang dipelajari ya dilatih aja dengan seksama teliti dan bisa dimulai dari sini kemudian cari Try out lagi dan lagi serta lagi sehinga hasilnya lumayan tidak menjijikkan OK

SOAL

1. Di sebuah desa berpenduduk 100.000 jiwa menurut sensus penduduk terdapat 2700 jiwa yang albino. Berapakah jumlah penduduk yang bergenotip heterozigot ?
A. 16 %                                          
B. 48 %
C. 84 %                                          
D. 72 %
E. 27 %

2. Pemanfaatan sifat totipotensi pada kultur jaringan tumbuhan adalah untuk memperoleh ….
A. anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat
B. anakan seragam dalam jumlah besar dan cepat
C. bibit unggul yang bergizi tinggi
D. anakan yang diperlukan untuk Hibridisasi
E. anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya

3. Gambar di bawah ini adalah berbagai fosil manusia dan kaki kuda yang telah ditemukan.


 Berdasarkan gambar-gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa  ….
A. fosil merupakan petunjuk adanya evolusi
B. makhluk hidup diciptakan berbeda-beda setiap masa
C. manusia dan kuda berasal dari moyang yang sama
D. tidak semua bagian tubuh organisme dapat menjadi       fosil
E. perkembangan tubuh manusia dan kuda terjadi pada     masa yang sama

4. Di dunia ini tidak pernah dijumpai dua individu yang identik sama, sehingga timbul variasi. Adapun yang dimaksud variasi adalah ….
A. perubahan sifat organisme karena evolusi
B. perbedaan antara individu organisme sejenis
C. persamaan sifat organisme karena adaptasi
D. perbedaan sifat organisme karena seleksi
E. perbedaan sifat beberapa organisme liar

5.    Sintesa protein disusun oleh dua tahapan yakni transkripsi dan translasi. Keduanya memiliki mekanisme seperti dibawah ini yaitu ….


TRANSKRIPSI
TRANSLASI
a.
Proses mengikat basa nitrogen
Proses menyusun basa nitrogen menjadi kodon
b.
Melibatkan rantai antisense pada DNA untuk pencetakan RNAd
Terjadi pengikatan asam amino yang larut dalam plasma sel
c.
Proses pencetakan RNAd
Proses pembentukan polipeptida
d.
Berperan dalam pembentukan protein dari asam amino
Berperan dalam pembentukan enzyme dari rangkaian asam amino
e.
Memerlukan basa nitrogen : A, G, T, S
Memerlukan basa nitrogen : A, T, G, U

6. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan cara :

  1. perkawinan silang
  2. kultur virus untuk produksi interferon
  3. radiasi buatan
  4. teknik hibridoma
  5. pembiakan sel dengan kolkisin
Rekayasa genetik yang dapat diterapkan untuk memperoleh bibit unggul tanaman adalah ….
A. 1 dan 3                                     
B. 3 dan 4
C. 1 dan 5                                     
D. 3 dan 5
E. 2 dan 4
 
7.  Pada bakal biji bunga jagung terdapat ....
A.   8 inti, hasil  2 x meiosis dan 3 x kariokinesis
B.   8 inti, hasil  1 x meiosis dan 3 x kariokinesis
C.   8 inti, hasil  2 xmeiosis dan 2 x kariokinesis
D.   4 inti, hasil  2 x meiosis dan 3 x kariokinesis
E.    4 inti, hasil  2 x meiosis dan 2 x kariokinesis

8.   Sepotong DNA dengan urutan basa nitrogen ATG-AAC-GGA-AGT mengalami paparan radiasi kosmis dan berubah menjadi ATA –AAC – GGG –AGT.
Adapun yang dialami oleh DNA di atas adalah mutasi ….
A. transisi                                    
B.  insersi
C. delesi                                        
D. translokasi
E. transversi

9.    Seorang ibu akan mempunyai anak yang menderita Erythroblastosis foetalis yang dapat menyebabkan kematian pada anak di atas, jika ….
GOLONGAN DARAH
OPTION
IBU
ANAK  KE 1
ANAK  KE 2
A.
Rh +
Rh -
Rh +
B.
Rh +
Rh -
Rh -
C.
Rh -
Rh -
Rh +
D.
Rh -
Rh +
Rh +
E.
Rh -
Rh +
Rh -

10. Perhatikan gambar di bawah ini !
Pembuahan ganda pada Angiospermae terjadi pada nomor ….
A. A dengan G dan A dengan K
B. C dengan J dan A dengan K
C. A dengan J dan C dengan K
D. A dengan J dan A dengan K
E. C dengan B dan A dengan G


11.    Gandum berwarna hitam (H) epistasis terhadap gandum berwarna kuning (K). Disilangkan gandum warna hitam (HHkk) dan putih , keturunannya lalu disilangkan dengan gandum bergenotip hhKk. Maka keturunan yang didapat adalah ....


HITAM
KUNING
PUTIH
A.
100%
-
-
B.
50%
50%
-
C.
75%
25%
-
D.
50%
25%
25%
E.
25%
50%
25%

12.    Tanaman Linaria maroccana berwarna ungu disilangkan dengan sesamanya, ternyata keturunannya adalah : merah (18),putih (24) dan ungu (58). Peristiwa diatas adalah penyimpangan hukum Mendel yang disebut ….
A. Atavisme                              
B. Epistasis         
C. Polimeri                               
D. Gen komplementer
E.  Kriptomeri

13.  Anjing berbulu hitam (H) dominan terhadap putih, Daun telinga kecil (K) dominan terhadap lebar. Jika disilangkan anjing berbulu hitam telinga kecil dengan anjing berbulu putih telinga lebar akan dihasilkan keturunan yang semuanya berbulu hitam telinga kecil. Hasil test-cross keturunannya didapatkan hasil seperti :
·    12 anjing berbulu hitam telinga kecil
·    2 anjing berbulu hitam telinga lebar
·    3 anjing berbulu putih telinga kecil
·    8 anjing berbulu putih telinga lebar
Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ….


PERISTIWA
NPs
A.
Tautan
25
B.
Tautan
100
C.
Pindah silang
25
D.
Pindah silang
20
E.
Normal
0

14. Individu yang mengandung faktor K tanpa faktor M atau sebaliknya berfenotip putih, tetapi
individu yang mengandung kedua faktor tersebut (K dan M) akan berfenotip ungu. Individu dengan genotip KKmm disilangkan dengan kkMM, menghasilkan fenotip ungu semua. F1 disilangkan sesamanya maka diperoleh keturunan F2 dengan rasio fenotip ….
A. 1 : 1                                           
B. 13 : 3
C. 3 : 1                                            
D. 15 : 1
E. 9 : 7

15. Duplikasi kromosom menjadi 2 kromatida, terjadi pada pembelahan ________ tahap _______
A.   Mitosis, telofase                
B.   Meiosis 2, profase 2
C.   Meiosis 1, profase1           
D.   Meiosis 2, metafase 2
E.    Meiosis 1, telofase 1

16. Penambahan volume dan massa sel selesai pada tahap ….
A.  G1 interfase                         
B.  Telofase
C.  G2 interfase                         
D.  Sitokinesis
E.  S interfase

17. Pada kelapa sifat buah banyak (B) dominan terhadap buah sedikit (b), sedang sifat batang rendah (R) dominan terhadap batang tinggi (r). Persilangan antara kedua pohon kelapa tersebut menghasilkan keturunan F2 dengan rasio fenotip (9 : 3 : 3 : 1) Keturunan pada F2 yang sifatnya paling baik adalah ….
A. Bb Rr                                         
B. BB rr
C. BB Rr                                         
D. BB RR
E. Bb RR

18.  Perhatikan gambar di samping ini !

Kromosom yang berbentuk seperti  pada gambar merupakan kromosom….
A. monogami
B. submetasentrik
C. Metasentrik
D. telosentrik
E. akrosentrik

19. Bagian kromosom yang didalamnya tidak terdapat gen dan tidak dapat menyerap warna, adalah
A.   Kromatid                              
B.   Sentrosom
C.   Kromomer                            
D.   Sentromer
E.    Kromonema

20.  Di bawah  ini yang bukan ciri struktur DNA menurut Watson dan Crick ....
A. rantai ganda polinukleotida
B. mengandung basa purin dan pirimidin
C. mengandung nukleotida : basa nitrogen, fosfat, dan    ribosa
D. berbentuk double helix
E. kedua polinukleotida berikatan pada basa nitrogen

21. Serangkaian proses pengubahan senyawa asetil koA menjadi senyawa-senyawa lain untuk membebaskan sejumlah ATP, CO2, FADH dan NADH dalam mitokondria disebut …
A. dehidrogenasi                        
B. reaksi terang
C. siklus Krebs                            
D. hidrogenasi
E. reaksi gelap

22. Hasil dari proses pengikatan karbondioksida oleh riboluse bifosfat dalam reaksi gelap fotosintesis menghasilkan senyawa ….
A. ATP                                            
B. pospogliseraldehid
C. NADPH2                                     
D. asam piruvat
E. Pospogliserat

23. Perbedaan antara RNA dan DNA yang benar adalah
OPTION
RNA
DNA
A.
Purin : sitosin dan Guanin
Pirimidin : sitosin dan timin
B.
Dipengaruhi kecepatan sintesis protein
Tidak dipengaruhi kecepatan sintesis protein
C.
gula : deoksiribosa
Gula : ribosa
D.
Terdapat di sitoplasma dan nukleus
Terdapat di nucleus, mitokondria
E.
Rantai pendek dan ganda
Rantai panjang dan tunggal

24.  Ketika sebuah senyawa glukosa selesai mengalami proses glikolisis, pada akhir proses dihasilkan sejumlah molekul ATP sebanyak ….
A. 5 molekul
B. 4 molekul                                 
C. 3 molekul
D. 2 molekul
E. 1 molekul                                 


25. Pernyataan yang benar tentang tahap-tahap respirasi sel berdasarkan tabel di bawah ini adalah
NO
PROSES
TEMPAT
HASIL
I
Glikolisis
Sitoplasma
2 Piruvat, 2NADH, 2ATP
II
Transport Elektron
Membran Mitokondria
32 ATP
III
Siklus Kreb’s
Membran Mitokondria
2ATP, 6NADH, 2FADH2
IV
Transport Elektron
Membran Mitokondria
34 ATP

26. Pernyataan di bawah ini merupakan ciri dan sifat dari enzim sebagai biokatalisator, kecuali ….
A. hanya diperlukan untuk reaksi anabolisme
B. dapat bekerja bolak balik
C. kerjanya dipengaruhi suhu
D. hanya diperlukan dalam jumlah sedikit
E. tidak berubah setelah membantu proses reaksi

27.  Perbedaan utama antara kemosintesis dengan fotosintesis ditentukan berdasarkan ….
A. asal energi yang diperlukan
B. bahan dasar yang akan disintesis
C. hasil sintesis yang terbentuk
D. bentuk reaksi kimianya
E. asal bahan dasar yang akan disintesis

28.  Beberapa pernyataan di bawah ini ada hubungannya dengan pembelahan sel :

  1. terjadi pada sel tubuh
  2. terjadi pada proses gametogenesis
  3. sifat sel anak sama dengan sifat sel induk
  4. sifat sel anak tidak sama dengan sifat sel induk
  5. pembelahan sel berlangsung satu kali
  6. pembelahan sel berlangsung dua kali
Adapun yang merupakan ciri khas mitosis adalah ….
A. 1 – 2 – 3                    
B.  1 – 3 - 5
C. 2 – 3 – 4                    
D.  4 – 5 - 6
E. 3 – 4 – 5

29. Pada hewan setelah telur dibuahi oleh sperma terbentuklah zigot yang akan berkembang secara bertahap melalui beberapa fase. Pada fase gastrula terjadi proses ….
A. pembelahan sel terus menerus sehingga terbentuk massa sel berbentuk seperti bola
B. pembentukan massa sel seperti bola yang mempunyai rongga berisi cairan
C. pembentukkan massa sel yang berbeda-beda sehingga terbentuk 3 lapisan sel yang tidak sama
D. perubahan mesoderm menjadi bentuk awal sebuah organ
E. pembentukan jaringan berbentuk seperti bola padat yang mempunyai kutub berbeda

30. Ketika melakukan percobaan tentang fungsi kerja enzim, Emir meneteska larutan H2O2 kedalam tabung berisi ekstrak  hati. Akibatnya terbentuk gelembung. Apakah kedudukan larutan H2O2 dalam percobaan di atas ?
A. Substrat                                    
B. pengatur pH                            
C. sumber enzim
D. inhibitor enzim
E. sumber energi

31. Pada proses spermatogenesis, fase yang kromosomnya haploid adalah ….
A. sperma dan spermatosit primer
B. sperma dan spermatogonia
C. spermatid dan spermatogonia
D. spermatid dan spermatosit sekunder
E. spermatogonia dan spermatosit sekunder

32.  Seorang siswa melakukan penelitian dengan judul : “Pengaruh intensitas cahaya terhadap kecepatan pertumbuhan kecambah kacang merah”. Maka yang termasuk variabel bebas adalah ….
A. intensitas cahaya
B. kecepatan tumbuh
C. data yang diperoleh
D. panjang batang kecambah
E. kacang merah

33.  Seorang siswa mengadakan percobaan dengan rangkaian alat-alat seperti di bawah ini!
Percobaan tersebut untuk mengamati bahwa ....
A. fotosintesis menghasilkan gas CO2
B. fotosintesis menghasilkan gas     oksigen
C. fotosintesis memerlukan cahaya
D. fotosintesis memerlukan air
E. karbon dioksida diperlukan dalam fotosintesis

34. Pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di bawah ini yang termasuk faktor dalam adalah ....
A. kadar mineral dalam tanah
B. intensitas cahaya
C. kelembaban udara
D. keadaan kegemburan tanah
E. hormon pertumbuhan

35. Jika proses gerak yang diatur oleh sistem saraf  sadar, maka impuls akan menempuh jalan seperti
A. reseptor → neuron sensorik → otak → neuron motorik → efektor
B. reseptor → neuron sensorik → interneuron →neuron  motorik → efektor
C. reseptor → neoron motorik → otak → neuron sensorik  → efektor
D. reseptor → neoron motorik → sumsum tulang  belakang → efektor
E. reseptor → neuron sensorik → neuron konektor →otak    → efektor

36. Hubungan estrogen dengan proses ovulasi adalah ….
A. merangsang hipofisis untuk mengekskresi FSH yang    akan menyebabkan folikel pecah
B. merangsang hipofisis untuk mengekskresi LH yang      menyebabkan folikel pecah
C. merangsang hipofisis untuk menghasilkan LH sehingga     folikel pecah
D. menyebabkan korpus luteum untuk menghasilkan   progesteron yang akan menyebabkan folikel pecah
E. merangsang folikel untuk menghasilkan progesteron     yang tinggi sehingga folikel pecah

37. Asma merupakan gangguan pada sistem respirasi yang mengakibatkan ….
A. peradangan pada mukosa rongga hidung dan  mengeluarkan lendir
B. sesak nafas, batuk dan bunyi mendengkur
C. peradangan pada pleura
D. tumor ganas yang merusak paru-paru
E. terjadinya penyempitan pada alveoli

38. Urutan proses pembentukan urin di bawah  ini yang benar adalah ….
A. filtrasi – reabsorpsi - augmentasi
B. filtrasi – sekresi - augmentasi
C. filtrasi – augmentasi - reabsorpsi
D. filtrasi – dehidrasi -augmentasi
E. filtrasi – reabsorpsi – dehidrasi

39. Pernyataan yang benar tentang macam sel darah putih dengan peranannya adalah ….
A. eosinofil memakan antigen dan mengontrol respon kebal
B. neutrofil mengenali antigen dan menghasilkan antibodi
C. basofil menembus pembuluh darah dan mengontrol respon kebal
D. monosit memproduksi antibodi dan menembus  pembuluh darah
E. limfosit mengontrol respon kebal dan menghasilkan  antibodi

40. Sistem organ pencernaan manusia disusun oleh organ organ :

  1. lambung                                   
  2. usus halus                                
  3. rectum                                       
  4. kerongkongan
  5. mulut
  6. anus
Urutan organ-organ penyusun sistem pencernaan yang benar adalah ….
A. 5–2–3–4–1–6                           
B. 5–3–1–4–2–6                           
C. 5–3–4–1–2–6
D. 5–4–1–2–3–6
E. 5–4–3–2–1–6

41. Pengangkutan air dari sel ke sel akan terjadi melalui….
A. kadar air protoplasma rendah ke fase sol
B. kadar air protoplasma rendah ke fase gel
C. kadar zat padat dalam protoplasma tinggi ke fase sol
D. kadar air protoplasma tinggi ke fase gel
E. kadar air protoplasma sedang ke fase sol

42. Relaksasi otot trisep menghasilkan gerak ….
A. rotasi, yaitu gerak melingkar satu sumbu sentral
B. ekstensi, yaitu gerak meluruskan tangan
C. fleksi, yaitu gerak membengkokkan tangan
D. abduksi, yaitu gerak tungkai menjauhi sumbu tubuh
E. adduksi, yaitu gerak tungkai mendekati sumbu tubuh

43. Di bawah ini contoh-contoh organisasi kehidupan.

  1. rawa, lumpur, kolam
  2. burung, ayam, kepiting
  3. tumbuhan air, lumut, ganggang
  4. matahari, bintang, awan
  5. jamur, pakis, pinus
Berdasarkan contoh di atas, yang termasuk komunitas adalah nomor ….
A. 1, 2, 3                                        
B. 1, 3, 4                                        
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5

44. Prinsip etika lingkungan yang mendasari tindakan manusia agar dapat menjaga keseimbangan lingkungan di bawah ini adalah ….
A. manusia dapat berbuat sesukanya terhadap lingkungan
B.  SDA harus dijaga karena jumlahnya terbatas dan hanya    untuk kepentingan manusia
C. sumber energi jumlahnya tak terbatas di negeri kita    maka dapat dipakai sesuka kita
D. manusia harus menjaga lingkungan karena    manusia bagian dari lingkungan
E.  negara mempunyai peranan untuk mengeksploitasi    sebanyak-banyaknya agar dapat digunakan secara     perorangan


45. Peneliti insekta meneliti ciri-ciri insekta. Dari 500 ekor serangga, kebanyakan insekta itu tidak bersayap, tidak mengalami metamorfosa, mulut menggigit, maka ahli tersebut memutuskan insekta-insekta diatas kebanyakan masuk golongan ….
A. Archyptera                                
B. Neuroptera                              
C. Hemiptera
D. Apterygota
E. Coleoptera

46. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan industri pabrik mengakibatkan naiknya kadar CO  yang sangat mengganggu proses pernapasan bagi makhluk hidup. Salah satu alternatif untuk penanggulangannya adalah ….
A. membuat saringan CO  di tempat-tempat tertentu
B. membatasi jumlah kendaraan di dalam kota
C. memberikan penyuluhan tentang kesehatan
D. menggiatkan kegiatan penghijauan di kota besar
E. menghentikan semua kendaraan yang masuk kota
 
47.     Perbedaan antara cacing Nematoda seperti Ascaris dengan Trematoda seperti Fasciola adalah .
A. Nematoda selalu hidup sebagai parasit, Trematoda tidak
B. Nematoda mempunyai usus biasa, Trematoda mempunyai usus gatro vaskuler
C. Nematoda berpenusuk, Trematoda tidak
D. Nematoda melakukan persilangan sendiri, Trematoda  fertilisasi silang
E. Nematoda melakukan fertilisasi silang, Trematoda  persilangan sendiri

48.     Pelapukan arca di candi Borobudur diantaranya diakibatkanoleh sejenis Lichenes, sebab Lichenes ….
A. mempunyai akar yang kuat, yang dapat menembus batu
B. memang merusak batu arca yang sudah lama
C. termasuk tumbuhan perintis yang mengeluarkan zat yang dapat melunakkan batu
D. adalah tumbuhan epifit
E. merupakan simbiose antara alga dan jamur
 
49. Kelompok penyakit di bawah ini yang disebabkan oleh bakteri adalah ….
A. influenza, cacar, gila anjing
B. gonorhoe, TBC, sipilis
C. trakom, cacar, gila anjing
D. eltor, kanker, rabies
E. kolera, rabies, influenza

50. Di bawah ini adalah ciri-ciri tumbuhan :

  1. mempunyai sorus
  2. gametofit lebih dominan
  3. mempunyai protonema
  4. mempunyai tulang daun sejajar
  5. tahap sporofit lebih dominan dalam hidupnya
  6. mempunyai protalium
Ciri-ciri paku adalah nomor ….
A. 1, 2 dan 3                                 
B. 1, 5 dan 6                                 
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
E. 4, 5 dan 6



SOAL TAXONOMI KELAS X

1. Dasar dari terbentuknya sistem klasifikasi tiga kingdom adalah .....
a. diketemukannya organisme jamur
b. ditemukannya mikroskop sederhana oleh Anthoni van Leuwenhoek
c. ditemukannya organisme uniseluler yang disebut protista
d. ditemukannya organisme prokariotik
e. ditemukannya jenis tumbuhan baru

2. Pada sistem klasifikasi filogeni, dua makhluk hidup yang berbeda dan dikelompokkan pada tingkat takson yang semakin tinggi akan memiliki …
a. Persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
b. Persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
c. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup makin jauh
d. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup semakin dekat
e. Antar makhluk hidup tidak saling memiliki hubungan perkerabatan

3. Kelompok makhluk hidup dibawah ini yang memiliki hubungan perkerabatan yang dekat adalah 
1. Oryza sativa (padi)
2. Phaseolus vulgaris (buncis)
3. Beta vulgaris (gula Biet)
4. Phaseolus radiatus (Kacang hijau)
5. Kanabis sativa (ganja)
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4

 4. Nama ilmiah dari tanaman seperti gambar dibawah ini adalah …
a. Cana edulis
b. Canabis sativus
c. Manihot utilisima
d. Oryza sativa
e. Zea mays

5. Nama ilmiah seperti: Zalaca edulis (salak), Tapirus indicus (tapir) dan Anoa depresicornis (anoa), merupakan salah satu syarat nomenklatur binomial jenis …
a. Nama ilmiah harus terdiri atas 2 suku kata
b. Nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
c. Kata pertama menunjukkan keterangan dari kata kedua
d. Kata pertama menunjukkan genus dari species tersebut
e. Singkatan dibelakang nama ilmiah menunjukkan takson genus

6. Penulisan nama ilmiah sesuai aturan Nomenklatur binomial dari tanaman kembang sepatu adalah 
a. Hibiscus-rosa sinensis
b. Hibiscus Rosa Sinensis
c. Hibiscus rosa-sinensis
d. hibiscus Rosa-sinensis
e. Hibiscus rosa-Sinensis

7. Nama ilmiah dari kucing hutan adalah …
a. Felix catus
b. Felix domestica
c. Felix tigris
d. felix leo
e. felix felixa

8. Alasan penggunaan bahasa latin dalam penamaan makhluk hidup (Nomenklatur binomial) adalah ..
a. Bahasa latin bersifat universal
b. Hanya ada satu nama untuk beberapa makhluk hidup
c. Bahasa latin adalah bahasa yang berkembang
d. Negara latin merupakan tempat lahirnya para ilmuwan
e. Bahasa latin merupakan bahasa international

9. Kelompok-kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup disebut …..
a. taksonomi
b. takson
c. klasifikasi
d. identifikasi
e. determinasi

10. Nangka, sukun, cempedak adalah kelompok tanaman yang buahnya berduri, daun berukuran besar, dan memiliki bunga jantan dan betina. Cara pengelompokkan tersebut didasarkan pada sistem klasifikasi .....
a. klasifikasi sistem sistem natural
b. Sistem klasifikasi sistem buatan
c. Sistem klasifikasi sistem alami
d. Sistem klasifikasi sistem filigeni
e. Sistem klasifikasi sistem taksonomi

11. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu, dan herba.
Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi …....
a. Buatan oleh Charles Darwin
b. Alami oleh carolus linnaeus
c. Filogeni oleh charles darwin
d. Buatan oleh Aristoteles
e. Alami dan filogeni

12.Pernyataan yang tepat untuk sistem klasifikasi buatan adalah …....
a. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang dikembangkan oleh Charles Darwin
b. Sistem pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah asal usulnya
c. Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup dengan melihat hubungan perkerabatannya
d. Sitem pengelompokkan makhluk hidup dengan mengutamakan ciri yang mudah diamati baik dari dalam maupun dari luar
e. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang mengutamakan tujuan praktis, dan cara yang sederhana

13. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup dengan lihat persamaan sejarah evolusi makhluk hidup adalah …
a. sistem klasifikasi fillogeni
b. sistem klasifikasi buatan
c. sistem klasifikasi alami
d. sistem klasifikasi natural
e. sistem klasifikasi artifisial

14.Manakah yang bukan merupakan tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup, kecuali ….
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup agar mudah di amati
b. Mengetahui hubungan perkerabatan antar makhluk hidup
c. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki
d. Mengurutkan proses perkembangan individu berdasarkan hubungan perkerabatan
e. Merubah susunan tubuh hewan berdasarkan urutannya

15. Pernyataan tentang pengelompokkan makhluk hidup.
1. memudahkan pengenalan
2. memudahkan penyimpanan
3. membuat lebih teratur dan rapi
4. Memudahkan pencarian
5. Membuat beragam bentuk baru
Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….
a. 1 - 3 - 5
b. 2 - 4 - 5
c. 1 - 3 - 4
d. 2 - 3 - 5
e. 1 - 2 - 3

16. Berikut adalah nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang terdapat disekitar kita :
1. Curcuma domestica
2. Musa texstilis
3. Musa paradisiaca
4. Felix domestica
Berdasarkan nama ilmiahnya, manakah yang paling dekat kekerabatannya ?
A. 1dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4

17. Ikan dan katak dikelompokkan pada kelas berbeda, tetapi mempunyai persamaan yaitu ………….
A. poikiloterm
B. vivipar
C. ovovivipar
D. homototerm
E. eksoskeleton

18. Orang pertama yang memperkenalkan sistem nama ganda adalah …………..
A. Carolus Linnaeus
B. Aristoteles
C. Charles Darwin
D. Gregor Mendel
E. Antoni Van Leuwenhoek

19. Keuntungan nama ilmiah adalah …………………………
A. dikenal oleh ilmuwan lain
B. digunakan untuk beberapa jenis organisme
C. terdiri dari banyak nama ilmiah untuk satu jenis organisme
D. dikenal oleh ilmuwan biologi seluruh dunia
E. menggunakan bahasa Inggris

20. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh …………………….
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Robeert Hooke
E. Robeert H. Wittaker

21. Tanaman berikut berkerabat dekat dengan kacang tanah adalah …………….
A. jagung
B. padi
C. kedelai
D. kentang
E. ketela pohon

22. Di bawah ini yang menunjukkan nama suku adalah ………………
A. Rubiaceae
B. Rubiales
C. Myrtales
D. Hibiscus
E. Hibiscus rosasinensis

23. Pernyataan berikut yang benar mengenai Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (bawang putih) adalah ……
A. jenis sama, marga sama
B. marga sama, suku berbeda
C. marga sama, jenis berbeda
D. jenis sama, marga berbeda
E. suku berbeda, jenis sama

24. Berdasarkan sistem klasifikasi lima kingdom, bakteri dan ganggang biru termasuk kedalam dunia 
A. Animalia
B. Plantae
C. Fungi
D. Protista
E. Monera

25. Zea mays adalah nama ilmiah tanaman jagung. Kata Zea pada nama ilmiah tersebut menunjukkan A. familia
B. kelas
C. bangsa
D. genus
E. spesies

26. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ……
A. menyederhanakan obyek studi
B. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
D. menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan sifat antara makhluk hidup

27. Seorang siswa menentukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut : batang pendek di dalam tanah berupa rizoma, berakar serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut termasuk ke dalam divisio......
A. Alga
B. Bryophyta
C. Pteridophyta
D. Gymnospermae
E. Fungi

28. Untuk tingkatan takson yang tertinggi sampai terendah adalah ………………
A. kingdom - phylum/division - classis - ordo - genus - familia – spesies
B. kingdom - phylum/division - classis - ordo - familia - genus - spesies
C. kingdom - phylum/division - classis - ordo - spesies - genus – familia
D. kingdom - kelas - filum/division - ordo - famili - genus - spesies
E. kingdom - ordo - kelas - filum/division - genus - famili - spesies

29. Berdasarkan system tata nama ganda (Binomial nomenclature) , cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah …………………………
A. Cocos nucifera
B. Cocos Nucufera
C. cocos Nucifera
D. cocos nucifera
E. COCOS NUCIFERA

30. Ilmu pengelompokkan makhluk hidup adalah...
A. taksonomi
B. sistematika
C. klasifikasi
D. morfologi
E. fisiologi

ESSAY

  1. Sebut dan jelaskan tiga tahapan dalam klasifikasi makhluk hidup
  2. Apakah yang dimaksud dengan pelestarian in-situ dan eks-situ. Berikan msing-masing tiga contoh !
  3. Jelaskan kekayaan flora dan fauna yang bagaimana, bisa dikatakan mempunyai nilai estetika dan nilai budaya !
  4. Mengapa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan flora dan fauna yang mendukung keanekaragaman hayati ?
  5. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman ekosistem
  6. Apa yang disebut keanekaragaman hayati !
  7. Mengapa individu-individu dalam satu spesies menunjukkan keanekaragaman !
  8. Apa yang dimaksud dengan sistem klasifikasi alami? Berikan contohnya?
  9. Keanekaragaman makhluk hidup sangat penting artinya bukan hanya bagi manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya, mengapa demikian?
  10. Apa yang dapat diambil manfaatnya jika kita mempelajari keanekaragaman hayati? Jelaskan
  11. Tuliskan dua daerah cagar alam dan margasatwa di pulau Jawa dan tunjukkan jenis hewan yang dilindungi?
  12. Seberapa besar kerusakan ekosistem di Indonesia dan apa penyebabkan? Jelaskan!
  13. Tunjukkan hewan dan tumbuhan yang diambang kepunahan dan jelaskan upaya yang dilakukan agar tumbuhan dan hewan yang hampir punah dapat dilindungi dan dikembangbiakkan!


Support web ini

BEST ARTIKEL