Sunday, November 15, 2015

SOAL LATIHAN OSN BIOLOGI SMA

Nemu soal di Locker udah usang karena bagus ya udah di upload agar sampai dikamu semua da bisa dipelajari OK

SOAL

1. Retikulum endoplasma kasar berbeda dari retikulum endoplasma halus akibat kehadiran dari . . . .
(A) Lisosom
(B) Histon
(C) Ribosom
(D) Nukleus
(E) Mitokondria

Jawab  B

Pembahasan
Gambar Reticulum Endoplasma


Terdapat dua daerah RE yang struktur dan fungsinya berbeda jelas, sekalipun tersambung RE halus dan RE kasar. RE halus diberi nama demikian karena permukaan sitoplasmanya tidak mempunyai ribosom. Sedangkan RE kasar tampak kasar jika dilihat melalui mikroskop elektron karena ribosom menonjol di permukaan sitoplasmik membran. Dengan kata lain RE halus tidak dilekati oleh ribosom sedangkan RE kasar dilekati oleh riboso

2. Metode-metode ini termasuk pada metode penghitungan bakteri secara langsung, yaitu. . .
(A) Berat kering sel, kekeruhan, kadar protein, kadar RNA
(B) Jumlah CO2, kadar enzim, kadar lemak, kekeruhan
(C) Counting chamber, cawan petri (plate count)
(D) Kadar DNA, kadar enzim, dan counting chamber
(E) Cawan petri, kadar glukosa, jumlah O2

Kunci : C
Pembahasan 

Pertumbuhan mikro organisme dapat diukur/ dihitung berdasarkan konsentrasi sel (jumlah sel persatuan isi kultur) ataupun densitas sel (berat kering dari sel-sel persatuan isi kultur). 
Penghitungan bakteri secara langsung, yaitu:

  1. Pengukuran menggunakan bilik hitung (counting chamber)
  2. Pengukuran menggunakan electronic counter
  3. Pengukuran dengan plating technique (cawan petri/plate count)
  4. Pengukuran dengan menggunakan teknik filtrasi membran
  5. Sedangkan penghitungan secara tidak langsung, yaitu:
  6. Pengukuran kekeruhan
  7. Pengukuran aktivitas metabolik
  8. Pengukuran berat kering (BSK/ Berat Sel Kering)
3. Tumbuhan karnivor seperti kantung semar, menjebak serangga. Apa yang tumbuhan peroleh dari serangga tersebut? Mengapa tumbuhan menggunakan senyawa tersebut?
(A) Tumbuhan memperoleh air karena hidup pada kondisi kering.
(B) Tumbuhan memperoleh fosfor untuk membuat protein.
(C) Tumbuhan memperoleh gula karena tumbuhan tersebut tidak dapat memproduksi gula yang cukup selama fotosintesis.
(D) Tumbuhan memperoleh nitrogen untuk membuat gula.
(E) Tumbuhan memperoleh nitrogen untuk membuat protein.

Kunci : E

  • Hidup dalam lumpur asam dan pada habitat yang kondisi tanah sangat buruk (khususnya dalam hal kandungan nitrogen) menyebabkan tumbuhan memperkaya diri mereka sendiri. 
  • Cara yang dilakukan tumbuhan karnivor seperti kantong semar, venus dan lainnya adalah untuk memperoleh nitrogen dan mineralnya dengan cara membunuh dan mencerna serangga. 
  • Untuk memperoleh karbohidrat mereka tetap melakukan fotosintesis
  • Tumbuhan karnivor (insektivora/ pemakan serangga) memerlukan nitrogen untuk menyusun protein atau asam nukleat dan molekul organik penting lainnya.
4. Respirasi seluler melibatkan beberapa tahapan. Masing-masing tahapan menghasilkan energi
berupa ATP. Tahapan mana yang menghasilkan ATP paling banyak?
(A) Rantai angkutan elektron
(B) Siklus krebs
(C) Siklus Calvin
(D) Perubahan asam piruvat menjadi asetil CoA
(E) Glikolisis

Kunci : A


  • ATP yang dihasilkan dari pemecahan glukosa menjadi karbondioksida dan air dalam respirasi aerob adalah sebagai berikut:
  • 2 ATP dari glikolisis + 2 ATP dari siklus krebs + 34 ATP dari sistem transport elektron (total 38 ATP)
5. Pemeriksaan darah seorang pasien laki-laki menunjukkan data:
·         Denyut jantung 70 denyut/ menit.
·         Vena pulmonary menandung 0,24 ml O2/ml
·         Arteri pulmonary menandung 0,16 ml O2/ml
·         Konsumsi O2 seluruh tubuh adalah 500 ml/menit.
Berapakah output jantung pasien?
(A) 1,65 L/ menit
(B) 6,25 L/ menit
(C) 4,55 L/ menit
(D) 8,00 L/ menit
(E) 5,00 L/ menit

Kunci : D
Diketahui:
Denyut jantung 70 denyut/ menit.
Vena pulmonary menandung 0,24 ml O2/ml
Arteri pulmonary menandung 0,16 ml O2/ml
Konsumsi O2 seluruh tubuh adalah 500 ml/menit.

               O2 konsumsi        500
Jadi output jantung pasien =    __________________ = __________ = 6.250 ml / menit = 6,25 L/ menit

                                                            O2 vena – O2 arteri      0,24 – 0,16

6. Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang . . .
(A) mulai berfungsi setelah adolescence
(B) tidak berfungsi setelah adolescence
(C) mempunyai saluran
(D) mensekresi vitamin
(E) tidak mempunyai saluran

Kunci : E


  • Epitelium kelenjar merupakan jaringan epitelium yang khusus berperan untuk sekresi zat untuk membantu proses fisiologis. 
Kelenjar ini dibedakan sebagai berikut:
  • Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang berada di jaringan kulit, mempunyai saluran, berfungsi membantu metabolisme dan komunikasi (pada hewan). 
  • Contoh: keringat, ludah
  • Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang terletak di dalam tubuh dan sering disebut sebagai kelenjar buntu karena tidak mempunyai saluran bagi sekretnya sehingga sekretnya langsung dilepaskan ke darah. Fungsinya adalah metaboliems. 
  • Contoh: hormon adrenalin (kelenjar adrenal), hormon insulin (kelenjar pankreas)

7. Dalam proses emulsifikasi lemak, garam empedu membuat lemak lebih mudah diurai oleh reaksi lipase dengan cara . . .
(A) mentransport globular lemak ke daerah afinitas lipase
(B) meningkatkan area permukaan dari globular lemak
(C) berfungsi sebagai katalis dari lipase
(D) menurunkan pH dari usus halus
(E) tidak ada jawaban yang benar

Kunci : B

  • Hampir semua lemak dalam suatu hidangan mencapai usus halus dalam kondisi sepenuhnya belum tercerna (95% samapai 99%). 
  • Hidrolisis lemak adalah permasalahan khusus, karena molekul lemaktidak larut dalam air. 
  • Langkah pertama pencernaan lemak adalah memecahkan butir-butir lemak menjadi ukuran-ukuran kecil dan melapisi partikel/ droplet-droplet lemak yang sangat kecil tersebut dan mencegahnya agar tidak menyatu, suatu proses yang disebut emulsifikasi. 
  • Enzim pencernaan yang tidak larut dalam lemak dapat bekerja pada permukaan-permukaan butiran. 
  • Semua ini dapat dicapai di bawah pengaruh garam empedu dari kantung empedu yang disekresikan ke dalam lapisan duodenum. 
  • Karena droplet lemak tersebut kecil, maka luas permukaan lemak yang besar menjadi terpapar ke lipase dan enzim yang menghidrolisis molekul lemak. 
  • Selain itu karena garam empedu juga berlaku seperti detergen yang sangat menurunkan tegangan antarpermukaan lemak dengan tegangan antarpermukaan yang rendah. 
  • Gerakan mencampur saluran pencernaan berangsur-angsur dapat memecah globulus lemak menjadi partikel yang lebih halus serta luas permukaan total lemak yang meningkat dua kali, di bawah pengaruh lipase pankreas. 
  • Kebanyakan lemak dipecah menjadi monogliserida, asam-asam lemak dan gliserol.
  • Lemak  (empedu+pergolakan)  lemak teremulsi
  • Lemak teremulsi  (lipase pankreas)  asam lemak+gliserol 4% dan gliserida 60%


8. Andini merupakan wanita normal sedangkan Rio merupakan laki-laki penderita buta warna. Setelah menikah pasangan ini dikaruniai dua orang anak perempuan buta warna dan anak laki-laki buta warna dan hemofili (alel buta warna dilambangkan c dan alel hemofili dilambangkan h). Genotip dari Andini dan Rio adalah . . .
(A) Andini XcHXCh dan Rio XcHY
(B) Andini XchXCh dan Rio XchY
(C) Andini XchXCH dan Rio XcHY
(D) Andini XCHXCH dan Rio XcHY
(E) Andini XcHXCh dan Rio XcHY

Kunci : C

Parental : Andini XchXCH dan Rio XcHY
♀         XcH    Y
Xch
            XcH Xch
A         XchY
B
XCH
            XCH XcH
C         XCHY
D


A = ♀ buta warna, carier hemofili
B = ♂ buta warna, hemofili
C =  ♀ carier buta warna, normal hemofili
D = ♂  normal buta warna, normal hemofili

9. Mutasi titik yaitu . . .
(A) terfiksasi dalam plasma germinal dan tidak dapat diturunkan ke anaknya
(B) terjadi pada ujung 5’ dari DNA
(C) memaksa kode genetik dibaca dari arah yang salah
(D) disebabkan oleh patahnya kromosom
(E) menyebabkan satu nukleotida diubah menjadi nukleotida yang lain

Kunci : E

  • Mutasi titik (point mutation) dikenal juga dengan mutasi gen, merupakan mutasi yang melibatkan penggantian satu pasang basa (substitusi basa). 
  • Satu basa pada satu titik sekuensi DNA diganti dengan basa yang berbeda. 
  • Bila DNA direplikasi maka hasilnya adalah substitusi pasangan basa. 
  • Contoh:
A G C G T     à        G G C G T
T C G C A     à        C C G C A

  • Mutasi titik dapat menyebabkan beberapa hal tergantung dari letak mutasinya pada gen. 
  • Bila penggantian basa berlangsung di dalam gen yang mengkode protein, maka mRNA yang ditranskripsi dari gen akan membuat basa yang salah. 
  • Bila mRNA tersebut ditranslasi menjadi protein, maka kesalahan basa tersebut dapat menyebabkan tidak terjadinya pembentukan protein atau terbentuknya protein abnormal. 
  • Atau bisa juga terbentuknya kodon nonsense (kodon STOP) yang menghentikan sintesis lengkap protein fungsional dan dikenal dengan nonsense mutation.
10. Burung bernyanyi, bajing/tupai bercakap-cakap, harimau meninggalkan fesesnya di suatu tempat tertentu, kucing mencakar pohon/ kayu dan serigala/anjing mengeluarkan urinnya. Keseluruhan hal tersebut merupakan . . . .
(A) tanda bahaya bagi anggota populasinya
(B) menyatakan dominansi di habitatnya
(C) menarik lawan jenisnya untuk kawin
(D) menandai daerah teritorinya
(E) mempertahankan diri dari predatornya

Kunci : D

  • Teritori adalah daerah yang dipertahankan oleh seekor individu hewan, yang umumnya untuk mengusir anggota lain dari spesies sendiri. 
  • Teritori secara khusus digunakan untuk sumber daya makanan, tempat membesarkan anak dan perlindungan dari musuh sehingga dapat meningkatkan kelestarian hidup.
  • Contoh dari teritori sebagai berikut:
  • Mengeluarkan suara seperti kicauan/ nyanyian burung, keributan (oleh singa laut), gemertak dari tupai merah, serta suara gonggongan
  • Aroma atau zat kimia, seperti mengeluarkan urin atau feses
  • Berpatroli pada tiap-tiap batas teritori.
11. Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang menunjukkan proses nitrifikasi pada siklus nitrogen?
(A) Konservasi dari ion amonium menjadi nitrat
(B) Konservasi dari ion amonium menjadi nitrit
(C) Konservasi dari gas nitrogen menjadi nitrit
(D) Konservasi dari gas nitrogen menjadi nitrat
(E) Konservasi dari nitrit menjadi nitrat

Kunci : A

  • Rangkaian peristiwa konservasi dari ion amonium menjadi nitrat sering disebut nitrifikasi. Adapun tahap-tahap nitrifikasi sebagai berikut:
  • N2 difiksasi lalu diubah menjadi amonia (NH3) = amonifikasi
  • Oksidasi amonia menjadi nitrit (NO2-) = nitritasi
  • Nitrit diubah (oksidasi) menjadi nitrat (NO3-) = nitratasi
12. Manakah di antara hewan-hewan berikut yang merupakan “Scavenger” ?
(A) Singa dan Hyena
(B) Cheetah dan Singa
(C) Burung Nasar dan Hyena
(D) Gajah dan Antelope
(E) Burung Nasar dan Cheetah

Kunci : C
Scavenger adalah hewan pemakan bangkai. Contoh: HyenaBurung Nasar dan Burung Gagak.

13. Organisme berikut yang memiliki ceolem semu adalah . . .
(A) Cacing Tanah
(B) Mammalia
(C) Mollusca
(D) Cacing Gilig
(E) Bintang Laut dan Bulu Babi

Kunci : D

  • Berdasarkan rongga tubuh (ceolem), hewan triploblastik dibagi menjadi:
  • Aselomata, hewan tanpa rongga tubuh (bertubuh padat). Contoh: Platyhelminthes/ Cacing Pipih.
  • Pseudomata, hewan yang memiliki rongga tubuh semu, berisi cairan yang memisahkan alat pencernaan dari dinding tubuh terluar, karena rongganya tidak terbungkus oleh mesoderm. Contoh: Nematoda/ Cacing Gilig.
  • Selomata, hewan dengan rongga tubuh, berisi cairan dan mempunyai batas yaitu terbungkus oleh mesoderm. Contoh: Cacing Tanah
14. Pada saat menangkap ikan di laut, ditemukan beberapa ikan seperti pari, bawal, tongkol, tuna, hiu, kerapu, dan sarden. Seorang siswa SMA mencoba melakukan pengamatan morfologi pada ikan-ikan tersebut dan diperoleh hasil sebagai berikut. Bawal, tongkol, tuna, kerapu dan sarden dapat digabungkan dalam satu kelompok, sedangkan pari dan hiu pada kelompok lainnya. Pengelompokan yang dilakukan oleh siswa SMA tersebut didasarkan pada . . .
(A) Jumlah sisik dan jumlah tulang pada sirip
(B) Jenis rangka/ skeleton penyusun tubuh
(C) Jenis sisik
(D) Letak gurat sisi
(E) Pengelompokan tersebut salah

Kunci : B

Kelas ikan (pisces)
  • Berdasarkan jenis tulangnya, ikan dapat dibagi menjadi 2 subkelas, yaitu:

  1. Chondricthyes (ikan bertulang rawan)
  2. Osteichtyes (Ikan bertulang sejati) 
Ciri-ciri Chondrichtyes
  • Endoskeleton berupa tulang rawan
  • Operculum (tutup insang) tidak ada
  • Celah insang tampak dari luar
  • Mult terletak di daerah ventral dari kepala
  • Tipe sisik ganoid dan plakoid
  • Contohnya ikan hiu dan ikan pari
Ciri ciri Osteichthyes (ikan bertulang keras)
  • Endoskeleton berupa tulang keras atau sejati
  • Memiliki Operculum (tutup insang)
  • Tipe sisik sikloid dan stenoid
  • Contohnya ikan mas, gurami, bandeng, mujair, bawal, tongkol, tuna, kerapu dan sarden
15. Di bawah ini adalah nama tokoh-tokoh terkemuka yang menentang pernyataan Aristoteles tentang Generatio Spontanea:
1. Lazzaro Spalanzani
2. Franscesco Redi
3. Louis Pasteur
4. Antonie van Leeuwenhoek
(A) 1, 2, 3
(B) 2, 4
(C) 1, 2, 3, 4
(D) 1, 3
(E) 4

Kunci : A

  • Franscesco Redi (1626-1697) berpendapat bahwa terbentuknya lalat pada percobaan Aristoteles karena adanya lalat yang meletakkan telurnya pada daging percobaan Aristoteles.
  • Lazzaro Spallanzani (1729-1896) memperbaiki percobaan F. Redi dengan menutup tabung percobaannya supaya mikroorganisme dari luar tidak masuk.
  • Louis Pasteur (1822-1895) memperbaiki percobaan Spallanzani dengan memasukkan udara ke dalam percobaannya.

16. Pertentangan pendapat antara aliran biogenesis dengan abiogenesis pada teori tentang kehidupan menghasilkan penemuan cara . . .
(A) Sterilisasi
(B) Tyndalisasi
(C) Pasteurisasi
(D) Redisisasi
(E) Filtrasi

Kunci : D

  • Pertentangan pendapat antara aliran biogenesis dan abiogenesis menghasilkan penemuan cara Tyndalisasi, yaitu pemanasan secara 3x pengulangan untuk membunuh bakteri dan endosporanya.
17. Bagian bakteriofag yang masuk ke dalam tubuh hospesnya adalah . . .
(A) Kapsid
(B) Ekor
(C) Leher
(D) DNA
(E) RNA

Kunci : D

  • Virus melekatkan ekornya pada bakteri, lalu dinding bakteri dilarutkan oleh virus. Lalu DNA virus masuk ke dalam tubuh bakteri inang (hospes)
18. Pada Escherichia coli ditemukan benda-benda di bawah ini, kecuali . . .
(A) Membran Inti
(B) Asam Nukleat
(C) Ribosom
(D) Membran Sel
(E) Dinding Sel

Kunci : A


  • Escherichia coli adalah bakteri yang hidup dalam kolon. Bakteri tergolong Monera yang intinya tidak mempunyai membran inti (prokarion) sehingga wujud inti tidak ada, sekalipun mempunyai bahan inti = nukleo protein (protein dan asam nukleat). Bakteri mempunyai membran sel dan dinding sel.
19. Bila stratum germinativum tidak berfungsi, maka kulit pada manusia akan . . . .
(A) menipis
(B) kering
(C) mengelupas
(D) menebal
(E) lembab

Kunci : C



  • Stratum germinativum berfungsi untuk meristematis (pembentuk laipsan baru pada kulit). 
  • Bila stratum germinativum tidak berfungsi, maka kulit pada manusia akan kering, karena sel kulit mati menumpuk.
20. Beri-beri merupakan gejala penyakit yang disebabkan oleh kekurangan . . .
(A) thiamin
(B) riboflavin
(C) asam panthotenat
(D) piridoksin
(E) sinokobaltamin

Kunci : A

  • Beri-beri merupakan gejala penyakit akibat kekurangan vitamin B1 (Thiamin). Tubuh kita memrlukan vitamin B1 ± 1 – 2 mg/ hari.
  • Fungsi:
  • Sebagai ko-enzim dalam metabolisme karbohidrat
  • Mempengaruhi penyerapan zat lemak pada jonjot usus.
21. Bagian otak yang mengatur suhu tubuh adalah . . .
(A) talamus
(B) hipotalamus
(C) cerebelum
(D) medula oblongata
(E) pons

Kunci : B

  • Hipotalamus berkaitan dengan fungsi pusat nutrisi, pengaturan suhu tubuh dan pertumbuhan sifat agresif.
22. Bagian yang mengatur pengeluaran spora dari kotak spora Pteridophyta disebut . . . .
(A) sorus
(B) sel anulus
(C) indusium
(D) kaliptra
(E) gigi peristom

Kunci : D



  • Sel-sel anulus membentuk sporangium paku. Sel-sel ini berfungsi dalam proses pengeluaran spora dengan gerak higroskopis.
23. Sulur tanaman labu Cucurbita sp. akan membelit apabila menyentuh tiang penyangga, peristiwa ini disebut . . . .
(A) fototropisme
(B) tigmonasti
(C) tigmotropisme
(D) niktinasti
(E) fotonasti

Kunci : B

  • Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. 
  • Gerak sulur daun dari Cucurbita sp. termasuk gerak tigmotropisme.
24. Salah satu hormon berikut yang mempunyai peranan penting dalam mengatur menutupnya stomata selama musim kering adalah . . .
(A) asam absisat
(B) sitokinin
(C) giberelin
(D) etilen
(E) auksin

Kunci : A

  • Asam absisat berperan dalam
  • Mengatur stoma selama musim kering
  • Menghambat pemasakan buah
25. Selama daur hidupnya, cacing hati (Fasciola hepatica) membutuhkan inang sebanyak . . . .
(A) 1
(B) 2
(C) 3
(D) 4
(E)  5

Kunci : B

  • Cacing hati (Fasciola hepatica) memerlukan inang perantara siput Lymnea dan inang menetap di hati sapi.
26. Amphioxus, ikan nila, ikan pari dan ikan paus memiliki kategori takson terendah yang sama yaitu . . . .
(A) Filum
(B) Subfilum
(C) Kelas
(D) Ordo
(E) Famili

Kunci : A



  • Amphioxus, ikan nila, ikan pari dan ikan paus termasuk satu filum Chordata. 
  • Filum ini memiliki ciri pada perkembangan embrio berupa notochord (sumbu pusat) dan gelembung insang.
27. Protalium jantan pada Selaginella sp., merupakan hasil pertumbuhan dari . . . .
(A) sporangium
(B) mikrospora
(C) strobilus
(D) makrosporofit
(E) sporofit

Kunci : D

  • Protalium jantan (mikroprotalium) tumbuh dari spora jantan (mikrospora).
28. Jika endosperm dari Angiospermae berkromosom 24, maka kromosom dari tiap sel akarnya adalah
(A) 24
(B) 12
(C) 4
(D) 16
(E) 8

Kunci : B


  • Endosperm berkromosom 3n (triploid), jadi 3n = 24 à n = 8. 
  • Maka kromosom sel tumbuhan tersebut adalah 2n = 2 x 8 = 16 kromosom.
29. Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, sefamili dengan . . . .
(A) bawang putih (Allium sativum)
(B) nanas (Ananas sativus)
(C) mentimun (Cucumis sativus)
(D) kedelai (Soja max)
(E) semangka (Citrullus vulgaris)

Kunci : D


  • Kapri (Pisum sativum) tergolong famili Leguminoceae (kacang-kacangan) yang sefamili dengan kedelai (Soja max).
30. Penyakit Hongeroedem (HO) yang ditandai dengan perut buncit, kulit kering, rambut rontok dan merah, pembengkakan hati dan anemia adalah akibat defisiensi . . . .
(A) karbohidrat
(C) protein
(E) vitamin K
(B) lemak
(D) mineral Fe

Kunci : C


  • HO (Hongeroedem) terjadi akibat defisiensi protein.
31. Respirasi aerob sempurna terhadap dua mol glukosa dapat menghasilkan ATP sebanyak . . . .
(A) 72 molekul
(E) 8 molekul
(B) 36 molekul
(D) 4 molekul
(C) 34 molekul

Kunci : A

  • C6H12O6 + 6O2  à  6CO2 + 6H2O + 36ATP
  • Jadi, bila terjadi oksidasi terhadap 2 mol glukosa (C6H12O6) maka ATP yang dihasilkan 72 molekul ATP.
32. Dalam siklus Benson-Calvin . . . .
(A) melibatkan P680
(B) menghasilkan ATP
(C) terjadi fotolisis
(D) menghasilkan C6H12O6
(E) berlangsung dalam tilakoid

Kunci : D

  • Siklus Benson-Calvin adalah bagian dari tahap reaksi gelap yang terjadi di stroma.

33. Tanaman kacang yang tinggi dominan terhadap pendek; warna bunga merah dominan terhadap warna putih. Jika dua tanaman kacang yang bersifat heterozigot disilangkan, maka perbandingan yang dapat diharapkan dari keturunannya adalah . . . .
(A) 3 tinggi merah : 1 pendek putih
(B) ½ pendek putih : ½ tinggi merah
(C) ½ tinggi putih : ½ pendek merah
(D) 9 tinggi merah : 3 tinggi putih : 3 pendek merah : 1 pendek putih
(E) 9 tinggi merah : 3 tinggi putih : 3 pendek putih: 1 pendek merah

Kunci : D
T = tinggi   ;    t = pendek   ;   M = merah   ;   m = putih        à dominan, resesif
P1 :             TtMm                    x          TtMm
                        (tinggi merah)                   (tinggi merah)
                          heterozigot                       heterozigot
                                                3 merah = 9 tinggi merah
F1 :       3 tinggi            1 putih = 3 tinggi putih
                                                3 merah = 3 pendek merah
                        1 pendek         1 putih = 1 pendek putih

34. Jika urutan basa pita DNA yang ditranskripsi adalah, 5’ GTCAT 3’, maka urutan basa dalam RNA duta hasil transkripsi adalah . . .
(A) 3’ GTCAT 5’
(B) 3’ CAGUA 5’
(C) 5’ TAGTA 3’
(D) 5’ GTCAT 3’
(E) 5’ CAGUA 3’

Kunci : C

  • Transkripsi adalah pencetakan RNA duta oleh DNA
5’ GTCAT 3’       ditranskripsi menjadi               3’ CAGUA 5’

35. Pada daerah pasang surut, organisme berikut yang termasuk bentos adalah . . . .
(A) udang, kepiting, ikan
(B) keong, kepiting, kerang
(C) ikan, keong, kerang
(D) udang, Spongia, Obelia
(E) Obelia, Hydra, Spongia

Kunci : B

  • Bentos adalah organisme yang melekat atau merayap di dasar ekosistem perairan. 
  • Pada daerah pasang surut, keong, kepiting, dan kerang dapat berperan sebagai bentos.
36. Mutasi yang mengakibatkan penambahan segmen kromosom ekstra adalah. . . .
(A) Translokasi
(B) Inversi
(C) Delesi
(D) Duplikasi
(E) Replikasi

Kunci : B

  • Mutasi yang mengakibatkan penambahan sel kromosom ekstra adalah duplikasi.
37. Komponen utama pembentuk dinding sel primer pada tumbuhan adalah . . . .
(A) dinding primer – dinding sekunder – lamela tengah
(B) selulosa – lignin – pektin
(C) membran sel – dinding primer – dinding sekunder
(D) selulosa – suberin – lignin
(E) selulosa – hemiselulosa – pektin

Kunci : E

  • Dinding sel merupakan bagian paling luar dari sel tumbuhan dan merupakan bagian yang membedakan antara sel tumbuhan dan sel hewan. 
  • Setelah terjadi pertumbuhan sekunder, dinding sel tumbuhan dibagi menjadi 3 lapisan, yaitu lamela tengah, dinding primer, dan dinding sekunder.
  • Lamela tengah tersusun atas zat pektin.
  • Dinding primer tersusun atas zat selulosa, hemiselulosa dan pektin dan terkadang lignin.
  • Dinding sekunder tersusun atas zat selulosa, hemiselulosa dan ligni (tidak ada zat pektin).
38. Terbentuknya spesies baru burung Finch di kepulauan Galapagos diakibatkan oleh adanya
(A) isolasi biologi
(B) isolasi reproduksi
(C) isolasi geografi dan penyesuaian diri
(D) rekombinasi genetik
(E) isolasi fisiogeografi

Kunci : C

  • Teori tentang mekanisme terbentuknya spesies baru burung Finch di Galapagos adalah sebagai berikut.
  • Finch di Galapagos berasal dari daratan Amerika Selatan, dan tidak kembali ke Amerika Selatan (isolasi geografis).
  • Galapagos berbeda lingkungannya dengan di Amerika Selatan.
  • Finch di Galapagos beradaptasi dan mengalami seleksi alam, ada yang lolos seleksi alam dan ada yang terkena seleksi alam. (penyesuaian diri)
  • Finch yang lolos seleksi melakukan hibridisasi dan menghasilkan keturunan yang bervariasi.
  • Adaptasi dan seleksi alam terus menerus dalam waktu yang sangat lama dan hibridisasi juga terus berlangsung.
  • Semakin lama variasi semakin banyak dan semakin jauh menyimpang dari moyangnya dan terbentuklah spesies baru.
39. Pencemaran air di teluk Minamata, Jepang, telah menyebabkan ratusan orang meninggal akibat memakan ikan yang mengandung polutan logam berat . . .
(A) Pb (timbal)
(B) Hg (merkuri)
(C) Cd (cadmium)
(D) Ag (perak)
(E) Mg (magnesium)

Kunci : D


  • Teluk Minamata di Jepang menampung limbah pabrik dan berbagai aktivitas lain yang mengandung polutan logam berat terutama Hg (merkuri)
  • Logam tersebut masuk ke dalam jaring-jaring makanan dan terakumulasi pada konsumen tertinggi dalam priamida makanan (Biological magnification).
40. Manakah di antara tubuh golongan hewan berikut ini yang sulit diklona?
(A) Porifera
(B) Aves
(C) Vermes
(D) Coelenterata
(E) Echinodermata

Kunci : D


  • Golongan hewan yang sulit diklona adalah Aves, sebab Aves merupakan organisme tingkat tinggi yang telah memiliki diferensiasi sel yang kompleks.

Saturday, November 14, 2015

PREDIKSI TEST GURU BIOLOGI

Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
 A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
 B.Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
 C.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
 D.Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
 E.Semua jawaban benar

Kondisi berikut ini muncul jika homeostasis terganggu .... kecuali
 A.Munculnya diabetes melitus
 B.Munculnya osteoporosis
 C.Tekanan darah tinggi
 D.Kadar asam urat yang meningkat
 E.Munculnya rasa lapar ketika kadar gula darah turun

Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) sikap ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
 A.pernyataan (1) dan (3)
 B.pernyataan (2) dan (4)
 C.pernyataan (2) dan (3)
 D.pernyataan (1), (2), dan (3)
 E.Pernyataan 1,2,3, 4

Semua pernyataan berikut ini berhubungan dengan enzim restriksi endonuklease kecuali
 A.enzim yang diekstrak dari sel bakteri
 B.enzim yang memiliki sekuens pengenalan spesifik
 C.enzim yang digunakan untuk menyambung DNA
 D.enzim yang digunakan untuk memotong DNA

Yang dimaksud mutasi adalah.........
A.perubahan sifat pada makhluk hidup
B.perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan dapat menyebabkan perubahan genotip
C.proses yang menyebabkan munculnya sifat abnormal
D.proses yang menyebabkan terjadinya evolusi

Cuping telinga pada hewan mammal termasuk …..
A.perikhondrium
B.kartilago hialin
C.kartilago elastis
D.kartilago fibrosa

Yang mana contoh sindrom akibat kelainan jumlah kromosom seks
 A.Down Sindrom
 B.Klinefelter sindrom
 C.Patau sindrom
 D.Edward Sindrom


Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak berpengaruh terhadap protein yang disintesis sebab ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasus mutasi ini dikenal dengan istilah.....
 A.mutasi silent
 B.mutasi nonsens
 C.mutasi missens
 D.mutasi frameshift

Di alam terdapat bakteri tanah yang memiliki kemampuan untuk mendegradasi polutan logam berat proses yang berhubungan dengan kemampuan bakteri ini disebut
A.biodekomposer
B.biokontrol
C.bioremediasi
D.biofertilizer


Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
 A.dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
 B.dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pita DNA baru
 C.dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
 D.pita DNA induk akan mencetak pita baru secara berselangseling

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam
bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
 A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
 B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
 C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
 D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
 E.Semua jawaban salah

Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
 A.urutan basa-basa yang menyusun DNA
 B.ikatan basa – gula – fosfat
 C.jumlah basa yang menyusun DNA
 D.nukleotida penyusun DNA

Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh kejadian mutasi. Berikut ini mana pernyataan yang tidak benar
 A.terjadi perubahan kode pada basa ke enam rantai beta
 B.penderita memiliki eritrosit berbentuk sabit
 C.penderita mengalami kelainan hemoglobin
 D.hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

Yang dimaksud genom adalah
A.seluruh DNA yang dimiliki individu
B.seluruh DNA dalam kromosom haploid
C.DNA yang ada di dalam sel soma
D.Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A.Mutlak
B.mantap
C.tentatif
D.pasti
E.Semua jawaban benar

Molekul DNA berbentuk cirkular pita ganda, berukuran kecil yang dapat melakukan self replikasi disebut
 A.intron
 B.exon
 C.plasmid
 D.transposable element

Sel-sel yang terdapat pada jaringan saraf tetapi tidak berperan sebagai penghantar rangsang disebut :
 A.sel-sel basalis
 B.sel-sel glia
 C.sel-sel neurosekretori
 D.sel-sel neurosupraoptikus
 E.sel-sel neuroparaventrikularis

Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
 A.organ, saraf, dan otak
 B.otot, badan, dan otak
 C.otot, saraf, dan otak
 D.otot, saraf, dan pikiran
 E.otak, mainan edukatif


PEDAGOGIK

Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.Inovators
B.Early Adopters
C.Early Majority
D.Late Majority
E.Tidak ada jawaban

Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah

Rambu-rambu penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah ...
 A.fokuskan pada satu strategi penilaian
 B.gunakan satu teknik penilaian tertentu
 C.padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
 D.gunakan format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
 E.Semua jawaban benar
.
Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
 A.Information
 B.Convergence
 C.Mutual Understanding
 D.Network Relationship
 E.Semua jawaban salah

Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
 A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
 B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
 C.Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 D.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
 E.Semua jawaban benar

Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
 A.sistematika tulisan
 B.panjang tulisan
 C.ragam bahasa yang digunakan
 D.pengarang
 E.Ada 3 jawaban benar

Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
 A.rangkuman dan tindak lanjut
 B.simpulan umum
 C.rekomendasi penulis
 D.simpulan dan saran
 E.Ada dua jawaban benar

Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
 A.Mencatat (Recording )
 B.Menerima (Receiving)
 C.Menjawab (Responding)
 D.Menilai (Valuing)
 E.Semua jawaban salah

Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
 A.Design
 B.Evaluation
 C.Trial
 D.Wareness Interest
 E.Wareness Trial

Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
 A.Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
 B.Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
 C.Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
 D.Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
 E.Semua jawaban benar

Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
 A.Relative advantages
 B.Compatibility
 C.Trialability
 D.Complexity
 E.Semua jawaban benar

Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
 A.ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
 B.beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
 C.beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
 D.ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
 E.Ada 2 jawaban benar

Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
 A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
 B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
 C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
 D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
 E.Tidak ada jawaban

Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
 A.panjang tulisan
 B.nada tulisan
 C.gaya tulisan
 D.bahasa tulisan
 E.Semua jawaban salah

Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
 A.fakta atau kenyataan
 B.argumentasi
 C.teori yang diakui kebenarannya
 D.data empirik/hasil penelitian
 E.Semua jawaban salah

Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
 A.daftar hadir siswa
 B.skenario tindakan
 C.sarana dan fasilitas pendukung
 D.cara analisis data
 E.Semua jawaban benar

Rekomendasi untuk judul adalah
 A.8-10 kata
 B.10-12 kata
 C.12-15 kata
 D.15-30 kata
 E.30-50 kata

Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
 A.berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
 B.mendesain hasil karya
 C.memilih dan menggunakan alat di lapangan
 D.menilai hasil karya secara analitis dan holistik
 E.Semua jawaban benar

Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
 A.Helen Parkhust
 B.Kak Seto
 C.John Dewey
 D.Montessori
 E.Ki Hajar Dewantara

Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
 A.Cultural Block
 B.Mental Block Barries
 C.Social Block
 D.System Block
 E.Cultural Social

Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
 A.senjata makan tuan
 B.kumbang cantik pengisap madu
 C.pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
 D.pengaruh obat bius yang menghebohkan
 E.Semua jawaban benar

Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
 A.sistematika tulisan
 B.panjang tulisan
 C.ragam bahasa yang digunakan
 D.pengarang
 E.Ada 3 jawaban benar

Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :
 A.Kompetensi
 B.Standar kompetensi
 C.Kompetensi dasar
 D.Indikator pencapaian belajar.

Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
 A.merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
 B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
 C.menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
 D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
 E.Ada 3 jawaban benar

Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
 A.sikap penulis
 B.panjang tulisan
 C.struktur sajian
 D.penggunaan bahasa
 E.Tidak ada jawaban benar

Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
 A.Helen Parkhust
 B.Kak Seto
 C.John Dewey
 D.Montessori
 E.Ki Hajar Dewantara

Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
 A.rata-rata kelompok
 B.kriteria yang telah ditetapkan
 C.persentase kemampuan siswa
 D.skor baku yang telah ditetapkan
 E.Semua jawaban benar

Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
 A.Cultural Block
 B.Mental Block Barries
 C.Social Block
 D.System Block
 E.Cultural Social

Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
 A.berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
 B.mendesain hasil karya
 C.memilih dan menggunakan alat di lapangan
 D.menilai hasil karya secara analitis dan holistik
 E.Semua jawaban benar

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
 A.perencanaan dan penyusunan alat penilaian
 B.penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
 C.pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
 D.penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
 E.Semua jawaban salah

Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
 A.kelayakan ide untuk dipublikasikan
 B.wacana tentang ide yang sedang berkembang
 C.kesiapan ide untuk didiskusikan
 D.persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
 E.Ada 2 jawaban yang benar

Tulisan analisis konseptual terdiri dari
 A.judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
 B.judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
 C.judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
 D.judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
 E.Tidak ada jawaban benar

Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
 A.menjelaskan partisipan
 B.menulis masalah yang sudah pernah dibahas
 C.memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
 D.melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
 A.daftar pustaka
 B.abstrak
 C.daftar tabel
 D.lampiran
 E.Ada 3 jawaban benar

Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
 A.memaparkan bidang ilmu tertentu
 B.merupakan deskripsi suatu kejadian
 C.menggunakan gaya bahasa resmi
 D.disajikan secara sistematis

 E.Semua jawaban salah

Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
 A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
 B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
 C.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
 D.Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
 E.Tidak ada jawaban

Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
 A.pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
 B.pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
 C.abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
 D.abstrak, bagian inti, penutup
 E.Semua jawaban benar

Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
 A.memiliki unsur keterbaruan
 B.dapat memecahkan suatu masalah
 C.memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
 D.tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
 E.Ada 2 jawaban benar

Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah .
 A.Late Majority
 B.Late Adopters
 C.Early Majority
 D.Early Adopters
 E.Ada 2 jawaban benar

Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
 A.Design
 B.Evaluation
 C.Trial
 D.Wareness Interest
 E.Wareness Trial

Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
 A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
 B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
 C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
 D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
 E.Tidak ada jawaban

Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
 A.merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
 B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
 C.menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
 D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
 E.Ada 3 jawaban benar

Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
 A.Addition
 B.Restructuring
 C.Alternation
 D.Substitution
 E.Tidak ada jawaban

Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
 A.acuan norma
 B.acuan kriteria
 C.gabungan
 D.acuan norma atau kriteria
 E.Semua jawaban benar

Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
 A.Pengukuran
 B.Asesmen
 C.Tes
 D.Evaluasi
 E.Semua benar

Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
 A.pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
 B.pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
 C.abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
 D.abstrak, bagian inti, penutup
 E.Semua jawaban benar

Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
 A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
 B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
 C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
 D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
 E.PKR - Unit

Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
 A.Mencatat (Recording )
 B.Menerima (Receiving)
 C.Menjawab (Responding)
 D.Menilai (Valuing)
 E.Semua jawaban salah

Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
 A.Linier
 B.Kontradiktif
 C.Konvergen
 D.Collective
 E.Semua jawaban salah
Salah satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah...
 A.skepstis
 B.apatis
 C.pesimis
 D.romantis
 E.obyektif

Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
 A.Santosa S. Hamidjaja
 B.Mattew B. Milers
 C.Sumantri Mulyani
 D.Rabbin
 E.Semua jawaban salah

Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
 A.berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
 B.mendesain hasil karya
 C.memilih dan menggunakan alat di lapangan
 D.menilai hasil karya secara analitis dan holistik
 E.Semua jawaban benar

Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
 A.0,5
 B.0,9
 C.3,0
 D.3,5
 E.2,5
.
Fungsi penilaian kelas antara lain adalah ...
 A.menggambarkan penguasaan konpetensi siswa
 B.memberikan umpan balik secara berkesinambungan
 C.mempertimbangkan kebutuhan khusus peserta didik
 D.meningkatkan mutu proses pembelajaran seefektif mungkin.
 E.Semua jawaban benar

Rambu-rambu penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah ...
 A.fokuskan pada satu strategi penilaian
 B.gunakan satu teknik penilaian tertentu
 C.padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
 D.gunakan format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
 E.Semua jawaban benar

Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
 A.apa inti teori/konsep yang dibahas?
 B.mengapa konsep itu dibahas?
 C.Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
 D.Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
 E.Tidak ada jawaban benar

Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
 A.merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
 B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
 C.menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
 D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
 E.Ada 3 jawaban benar

Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
 A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
 B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
 C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
 D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
 E.Semua jawaban benar

Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ...
 A.sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
 B.stabilitas emosi subjek yang dinilai
 C.indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
 D.reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
 E.Semua jawaban benar

Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
 A.0,5
 B.0,9
 C.3,0
 D.3,5
 E.2,5
.
Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
 A.Selama pembelajaran berlangsung
 B.Ketika akan dimulai pembelajaran
 C.pada saat penskoran
 D.Jawaban benar semua
 E.Jawaban salah semua

Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
 A.Relative advantages
 B.Compatibility
 C.Trialability
 D.Complexity
 E.Semua jawaban benar

Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
 A.kondisi lingkungan sekolah
 B.jumlah siswa dalam kelas
 C.waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
 D.sarana dan fasilitas yang tersedia.

 E.Semua jawaban benar

Support web ini

BEST ARTIKEL