Thursday, December 3, 2015

SOAL MUTASI KELAS XII SMA

Siang ini saya postingkan soal Mutasi bab terakhir kelas XII semester 1 ini sehingga hasil nilai biologi diharapkan meningkat OK

SOAL

1. Berikut ini yang merupakan defenisi dari mutasi adalah suatu perubahan pada....
A. Gen saja
B. Gen dalam kromosom
C. Jumlah autosom
D. Sel dan jaringan
E. Sifat tampak

Pembahasan :

Mutasi merupakan suatu proses perubahan gen pembawa sifat yang menyebabkan berubahnya sifat individu pembawanya dan diturunkan. Secara sederhana, mutasi dapat diartikan sebagai perubahan gen dalam kromosom. Jawaban : B

2. Salah satu akibat yang dialami individu jika terjadi mutasi gen adalah ....
A. Perubahan genotif dan fenotif individu
B. Perubahan sifat tampak saja
C. Terjadi perubahan genotif
D. Pertukaran genotif sedangkan fenotif tetap
E. Perubahan fenotif tapi genotif tidak berubah

Pembahasan :

Ketika suatu individu mengalami mutasi gen atau mutasi titik, maka tidak hanya genotif yang berubah, tetapi fenotif atau sifat tampaknya juga berubah. Jawaban : A

3. Peristiwa mutasi yang terjadi pada suatu individu dapat diwariskan pada keturunannya jika mutasi tersebut terjadi di dalam .....
A. Sel somatik
B. Sel alveolus
C. Sel darah
D. Sel plasenta
E. Sel kelamin

Pembahasan :

Ketika suatu individu mengalami peristiwa mutasi sehingga terjadi perubahan genotif dan fenotif, maka perubahan sifat yang dialaminya akan diwariskan kepada keturunannya jika peristiwa mutasi tersebut terjadi di dalam sel kelamin (gonad). 

Jawaban : E

4. Salah satu karakter virus yang membuatnya mampu menimbulkan mutasi makhluk hidup adalah ....
A. Dapat mengendalikan transkripsi dan translasi sel inang
B. Dapat hidup pada jaringan hidup
C. Tidak dapat hidup pada jaringan mati
D. Mampu bertahan pada suhu ekstrim
E. Dapat membentuk kristal

Pembahasan :

Virus merupakan organisme yang dapat menjadi mutagen (penyebab mutasi) karena DNA/RNA virus mampu mengendalikan peristiwa transkripsi dan translasi pada sel inangnya. Hal tersebut mempengaruhi metabolisme sel inang dan menyebabkan krusakan kromosom. 

Jawaban : A

5. Berikut adalah penyebab terjadinya mutasi spontan, kecuali ....
A. Radiasi sinar radioaktif
B. Sinar kosmis
C. Sinar ultraviolet
D. Ionisasi internal
E. Polusi udara

Pembahasan :

Mutasi spontan atau mutasi alami dapat terjadi karena pengaruh beberapa faktor diantaranya radiasi sinar kosmis, ultraviolet, bahan-bahan radioaktif, radiasi dan ionisasi internal, mikroorganisme, dan salah pasangan basa yang terjadi secara kebetulan pada saat replikasi DNA akibat panas yang tidak sesuai. Jawaban : E

6. Berdasarkan faktor penyebabnya, mutasi dibagi menjadi ....
A. Mutasi gen dan mutasi kromosom
B. Mutasi alami dan mutasi spontan
C. Mutasi alami dan mutasi buatan
D. Mutasi buatan dan mutasi induksi
E. Mutasi kimia, mutasi fisika, dan mutasi biologi.

Pembahasan :

Berdasarkan faktor penyebabnya, mutasi dibagi menjadi dua jenis yaitu : mutasi alami (spontan) dan mutasi buatan (induksi). 

Jawaban : C

7. Bahan yang menyebabkan mutasi disebut ....
A. Mutan
B. Mutagen
C. Polutan
D. Genotif
E. Hereditas

Pembahasan :

Faktor-faktor penyebab mutasi disebut mutagen atau mutagenic agent. Jawaban : B

8. Meski terjadi secara spontan dan sulit dipastikan penyebabnya, tetapi salah satu penyebab terjadinya mutasi spontan adalah ....
A. Kesalahan dalam replikasi DNA
B. Kesalahan transkripsi
C. Terhambatnya sintesis protein
D. Kegagalan transisi
E. Kesalahan metabolisme tubuh

Pembahasan :

Salah satu penyebab mutasi spontan adalah terjadinya kesalahan dalam replikasi DNA yaitu terjadi salah pasangan basa. 

Jawaban : A

9. Istilah biologi untuk organisme yang kehilangan satu pasang kromosomnya karena mutasi adalah ....
A. Monosomi
B. Nulliosomi
C. Trisomi 

D. Tetrasomi 
E. Aneusomi 

Pembahasan :

Aneusomi merupakan salah satu dari perubahan jumlah kromosom dimana set kromosomnya normal namun pada set tertentu tidak normal

Misal Syndrome Down pada no 1- 20, dan 22 - 23 normal namun pada nomer 21 tidak normal lihat gambar OK
Jadi tidak jauh perbedaannya dengan kromosom normal. Jika kromosom manusia normal 46 buah (2n) maka Aneusomi bisa bertambah atau berkurang 1 atau 2 jadi 47 kromosom atau 45 kromosom OK


  
Aneusemi atau perubahan penggandaan dibedakan menjadi 4 bagian yaitu :
  • Trisomi Salah satu kromosomnya ada tiga (2n + 1).
  • Tetrasomi Salah satu kromosomnya ada empat (2n + 2).
  • Monosomi Salah satu kromosomnya hanya ada satu (2n - 1).
  • Nulisomi Ada dua macam kromosom yang masing-masing hanya satu sehingga organisme tersebut kekurangan satu pasang kromosom (2n - 2).
  • 2n itu jika di manusia = 46 ya .......... Jadi jika  2n + 1 = 46 + 1 - 47 kromosom karena pada gambar diatas itu kasus Syndrome Down trisomi pada no 21 = kelebihan di no 21 ada tiga kromosom Autosom maka disebut trisomi Autosom OK  
Jawaban : B
10. Peristiwa penambahan satu atau beberapa basa nitrogen pada peristiwa mutasi gen disebut .... 
A. Transisi
B. Transversi
C. Delesi
D. Addisi
E. Inversi
Pembahasan :

Perubahan basa nitrogen pada peristiwa mutasi gen dapat dibedakan menjadi : Transisi : pergantian basa nitogen sejenis. Transversi : pergantian basa nitrogen yang tidak sejenis. Addisi : penambahan satu atau beberapa basa nitrogen. Delesi : pengurangan satu atau beberapa basa nitrogen. 
 
Jawaban D


TRY AGAIN


1. Mutagenesis adalah ….
a. mutasi yang terjadi pada bentuk kromosom
b. peristiwa terjadinya mutasi
c. perubahan pada basa nitrogen
d. faktor yang menyebabkan mutasi
e. mutasi yang terjadi pada fenotipe

2. Salah satu keuntungan mutasi yang dilakukan pada tumbuhan adalah dihasilkannya semangka tanpa biji. Jika dilihat dari kelestarian tumbuhan tersebut dapat merugikan, karena ….
a. tidak dapat melakukan pembelahan sel
b. tidak ada kromosom yang terbentuk
c. gagalnya proses nondisjunction
d. tidak dapat meneruskan keturunannya sebab tidak ada sel-sel generatif
e. tidak adanya sel-sel vegetatif

3. Berikut yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab terjadinya mutasi kromosom adalah …
a. depurinasi
b. delesi
c. duplikasi
d. translokasi
e. inversi

4. Semangka tanpa biji merupakan hasil mutasi. Hasil mutasi ini menghasilkan keturunan ….
a. tetrapoliploidi
b. autopoliploidi
c. diploidi
d. triploidi
e. poliploidi

5. Perhatikan gambar berikut.


Gambar yang ditunjukkan X tersebut menunjukkan mutasi kromosom abrasi jenis ….
a. inversi
b. translokasi
c. duplikasi
d. katenasi
e. delesi

6. Mutasi gen dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu ….
a. depurinasi, translokasi, inversi
b. dimer timin, depurinasi, inversi
c. deaminasi, depurinasi, inversi
d. translokasi, delesi, duplikasi
e. depurinasi, deaminasi, dimer timin

7. Seseorang yang berkariotipe 47 XXY atau 44A+XXY mengalami ….



a. sindrom Jacobs
b. sindrom Patau
c. sindrom Turner
d. sindrom Klinefelter
e. sindrom Edwards

8. Berikut merupakan mutagen fisika, yaitu ….
a. DDT, sinar , sinar
b. fumigant, DDT, gliserol
c. gliserol, formaldehida, pestisida
d. fumigant, formaldehida, sinar
e. sinar kosmis , sinar gamma, ultra violet

9. Sindrom Down yang terlihat pada gambar terjadi karena kelebihan satu kromosom, tepatnya pada kromosom nomor ….



a. 13
b. 14
c. 15
d. 21
e. 22

10. Mutasi yang diturunkan disebabkan oleh ….
a. mutasi yang mengenai sel-sel kelamin (germinal)
b. mutasi yang hanya mengenai sel-sel tubuh (somatik)
c. kesalahan pada saat meiosis
d. kesalahan replikasi DNA
e. mutagen alami

11. Seseorang yang jumlah kromosomnya dirumuskan 2n–1, mengalami mutasi ….
a. disomi
b. trisomi
c. pentasomi
d. monosomi
e. tetrasomi

12. Sinar rontgen atau sinar X pada sel dapat menimbulkan….
a. ionisasi pada RNA
b. ionisasi pada gen
c. ionisasi pada DNA
d. ionisasi pada badan sel
e. ionisasi pada kromosom

13. Orang yang memiliki ciri diderita oleh wanita, alat kelamin bagian dalam tidak berkembang, steril, dan keterbelakangan mental adalah ciri penderita sindrom ….
a. sindrom Turner
b. sindrom Jacobs
c. sindrom Down
d. sindrom Klinefelter
e. sindrom Patau

14. Sindrom cri-du-chat adalah contoh mutasi kromosom pada peristiwa ….
a. duplikasi
b. euploidi
c. inversi
d. translokasi
e. delesi

15. Berikut ini yang bukan merupakan dampak dari mutasi yang merugikan adalah ….
a. dihasilkan keturunan yang steril
b. hasil mutasi akan diturunkan kepada keturunannya
c. dihasilkan keturunan yang cacat
d. menghasilkan organisme unggul
e. dihasilkan organisme yang tidak memiliki alat generatifnya.

16. Kromosom dapat mengalami kerusakan dimana jumlah gennya tetap namun kedudukannya bergeser adalah  ….
a. inversi
b. delesi
c. inversi
d. translokasi
e. katenasi 

17. Perhatikan gambar berikut.


Susunan kromosom penderita pada gambar tersebut adalah ….
a. 45A + XY atau 45A + XX
b. 44A + X 
c. 44A + XYY atau 44A + XXY
d. 44A + XXY
e. 44A + XXX 

18. Berikut merupakan salah satu mutagen buatan adalah ….
a. virus
b. DDT
c. Ultra violet
d. HCl
e. Radio isotop

19. Perubahan yang terjadi pada jumlah set keseluruhan gen atau genom disebut ….
a. translokasi
b. aneuploidi
c. euploidi
d. katenasi
e. delesi

20. 44AXYY adalah orang yang menderita sindrom ….
a. sindrom Jacob
b. sindrom Klinefelter
c. sindrom Patau
d. sindrom Edwards
e. sindrom Down


21. Mutasi alam diduga disebabkan oleh :
a. sinar-sinar kosmis dan radio aktif alam
b. sinar-X
c. pengaruh polusi
d. sinar laser
e. hereditas

22. Semangka tanpa biji mengandung kromosom 3n. Semangka ini diperoleh dari mutasi yang memanfaatkan
a. sinar ultra violet
b. kolkisin
c. radiasi sinar x
d. asam nitrat
e. gas metan

23. Mutasi gen meliputi hal hal kecuali ....
a. insersi
b. inversi
c. transisi
d. transversi
e. Delesi

24. Salah satu rantai ADN memiliki susunan basa nitrogen : ATG GST SSAT, jika saat replikasi mengalami mutasi transversi, maka susunan basa nitrogen pada rantai komplementernya adalah
a. T A S S G A G G T A
b. T A G G G A G G T A
c. A T S G S A S G A T
d. A T G S G A G S A T
e. A T S S S A S S A T

25. Oleh karena suatu kekeliruan, basa nitrogen DNA Timin diganti menjadi Guanin. Akibatnya protein yang disintesis keliru. Mutasi gen yang demikian disebut
a. transisi
b. transversi
c. translokasi
d. inversi
e. katenisasi

26. Kelainan genetik yang disebabkan karena mutasi autosom ialah
a. sindroma Turner
b. sindroma Klinefelter
c. sindroma Superfemale
d. sindroma Supermale
e. Sindroma Down

27. Salah satu bentuk mutasi kromosom yang dinamakan duplikasi adalah
a. hilangnya sebagian kromosom karena patah
b. penambahan patahan gen kromosom dari kromosom homolognya
c. perubahan urutan letak gen dalam suatu kromosom
d. perubahan pada jumlah kromosom
e. perubahan susunan penggadaan kromosom

28. abcde --> abcdcde; termasuk mutasi genetik apakah bagan disamping
a. translokasi
b.delesi
c.duplikasi
d.katenasi
e.translokasi

29. Apabila dijumpai seseorang yang memiliki ciri sebagai berikut :
  • Anggota tubuh panjang
  • Laki-laki
  • Tumbuhnya payudara
  • Gaya mirip wanita
  • Mandul
Maka, dapat diduga orang itu memiliki kelainan genetis yang disebut sindrom
a. Down
b. Klinofelter
c. Turner
d. Edward
e. Patau

30. Bila suatu individu di alam, kromosomnya mempunyai gen yang berbeda dari aslinya, maka perubahan gen semacam itu disebut
a. modifikasi
b. adaptasi
c. hibridasi
d. mutasi

e. evolusi

31. Makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut . . . .
a. mutagen
b. mutan
c. metagenic agent
d. sindrom
e. aberasi

32. Sindrom Patau adalah mutasi pada manusia yang disebut . . . .
a. trisomik
b. nulisomik
c. monosomik
d. tetrasomik
e. trisomik ganda

33. Sinar ultra violet tidak dapat menyebabkan mutasi yang diturunkan karena .
a. hanya sampai pada sel germinal
b. tidak merusak sel somatik namun merusak sel kelamin
c. tidak mempengaruhi mitosis
d. hanya beberapa milimeter menembus kulit
e. tidak toksik sel somatik

34. Perhatikan gambar ini 
Peristiwa di atas termasuk mutasi . . . .
a. inversi
b. translokasi
c. delesi
d. pindah silang
e. duplikasi

35. Bahan kimia mutagen antara lain . . . .
a. formaldehida, kolkisin, pestisida, sinar UV
b. kolkisin, sinar gamma, virus, bakteri
c. bakteri, kafein, kolkisin, elemen loncat
d. sinar X, antibiotik, kafein, pestisida
e. pestisida, kafein, gas mustrad, kolkisin

36. Salah satu contoh mutasi titik yang terjadi karena perubahan gen-gen, yaitu
a. sindrom Turner
b. sindrom Klinefelter
c. penemuan padi atomita I dan padi atomita II
d. terbentuknya buah tak berbiji
e. kelainan bentuk eritrosit

37. Sel individu yang kehilangan salah satu buah kromosom dinamakan . . . .
a. nulisomi
b. monosomi
c. poliploid
d. diploid
e. haploidi

38. Pada mutasi kromosom dapat terjadi proses katenasi yaitu peristiwa . . . .
a. hilangnya sebagian kromosom karena patah
b. penambahan patahan kromosom pada kromosom normal
c. perubahan jumlah kromosom
d. pindahnya satu potongan kromosom ke potongan lain yang
bukan homolognya
e. patahnya kromosom di dua tempat

39. Berikut ini merupakan penyebab mutasi yang berakibat besar terhadap hewan dan tanaman, kecuali . . . .
a. uranium
b. sinar x
c. sinar laser
d. sinar radioaktif
e. sinar ultraviolet

40. Bentuk ini adalah ciri-ciri tanaman yang mengalami mutasi
1) Batang tampak kokoh yang mengalami mutasi
2) Ukurannya lebih besar
3) Bijinya banyak
4) Hanya dapat dikembangkan secara vegetatif
5) Polyploidi
Yang bukan ciri mutan akibat zat kimia kolkisin adalah . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5


41. Bila suatu individu di dalam kromosomya mempunyai gen yang berubah dari aslinya, maka perubahan gen semacam itu dapat…..
a. Adaptasi
b. Evolusi
c. Mutasi
d. Hibridasi
e. Variasi

42. Kolkisin dapat menyebabkan mutasi dalam peristiwa…
a. Poliploidi
b. Aneploidi
c. Gagal berpisah
d. Pindah silang
e. Trisomik

43. Dipandang dari kepentingan tumbuhan itu sendiri, umumnya tumbuhan polpploid merugikan karena…
a. Pertumbuhan terhambat
b. Buahnya makin kecil
c. Biji yang dihasilkan sedikit
d. Mudah terserang penyakit
e. Tidak dapat membuat alat generatif

44. Kerusakan kromosom dimana salah satu gen pindah ke lokus kromosom lain yang non homolog disebut …
a. Inversi
b. Duplikasi
c. Delesi
d. Translokasi
e. Transisi

45. Gen yang temutasi ajan diwariskan kepada anak cucu kita. Hal ini benar bila mutasi gen itu terjadi di dalam
a. Sel rahim
b. Sel plasenta
c. Sel somatik
d. Sel kelamin
e. Sel tubuh
 
 
RILEKS dulu kan Bukan robot





ULANGAN MID SEMESTER 1 BIOLOGI IPA X

Ini soal latihan ujian semester 1 kelas X untuk mereview kembali materi yang udah lama diajarkan apakah masih bisa OK

SOAL

1. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. memiliki objek kajian
d. universal
b. subjektif
e. sistematis
c. objektif

2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
d. histologi
b. teratologi
e. anatomi
c. filogeni

3. Pengertian ilmu biologi adalah ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada sekarang ini
c. ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan alam

4. Cara untuk membuat hipotesis yang baik adalah ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami masalah dan mempunyai penalaran yang baik
e. perlu melakukan percobaan atau eksperimen

5. Kegiatan observasi meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
d. melihat
b. membau
e. meraba
c. mengecap

6. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tanaman polong-polongan

7. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti baru yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu

8. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melakukan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun

9. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan

10. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

11. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

12. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum

13. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....


a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke

14. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.

  1. Panthera leo
  2. Canis familiaris
  3. Cavia cobaya
  4. Panthera tigris
Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

15. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat, yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah

16. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis tanaman ini adalah adalah ....


a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.

17. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas

18. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit

19. Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena memiliki ciri ....
a. dapat menyerang manusia
b. dapat bergerak
c. dapat berkembang biak dalam sel hidup
d. dapat menularkan penyakit
e. dapat dikristalkan

20. Selubung virus tersusun dari ....


a. virion
d. karbohidrat
b. protein
e. vitamin
c. lemak

21. Berikut ini merupakan ciri-ciri sains, kecuali ….
a. dasar perkembangannya dari pengalaman empiris
b. terdapat langkah-langkah sistematis dan baku
c. cara berpikir logis
d. objek kajian berupa benda konkret
e. hasil yang diperoleh bersifat subjektif

22. Cara mempelajari IPA dengan menggunakan keterampilan proses. Langkah keterampilan proses yang tidak perlu dilakukan oleh peneliti adalah ….
a. observasi
d. memprediksi
b. menggolongkan
e. meramalkan
c. menafsirkan

23. Urutan organisasi kehidupan dari tingkat rendah ke tinggi adalah ….
a. sel - molekul - jaringan - organ - sistem organ - individu
b. molekul - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu
c. jaringan - sel - molekul- organ - sistem organ - individu
d. sel - jaringan - sistem organ - organ - individu
e. makhluk hidup - sistem organ - organ - jaringan - sel - molekul

24. Kanker adalah penyakit yang diakibatkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak dapat dikendalikan dan bersifat ganas. Cabang biologi yang memegang peranan dalam hal ini adalah ....
a. epidemiologi
d. sitologi
b. teratologi
e. bakteriologi
c. patologi

25. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari virus adalah ….
a. hanya dapat hidup dalam sel-sel hidup
b. dapat berbentuk kristal
c. tidak dapat melewati saringan bakteri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas protein

26. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung bibit penyakit yang sudah dilemahkan untuk membentuk kekebalan aktif. Vaksin yang biasa diberikan secara oral adalah vaksin untuk mencegah penyakit ....
a. tipus
d. polio
b. campak
e. hepatitis
c. difteri

27. Berikut ini nama-nama bakteri yang bermanfaat dalam produksi makanan.

  1. Lactobacilus casei 
  2. Lactobacillus bulgaricus 
  3. Acetobacter xylinum
  4. Streptococcus lactis
  5. Clostridium bitiricum
Di antara bakteri tersebut yang bermanfaat untuk pembuatan yoghurt dan nata de coco adalah ….
a. 1, 2, 3
d. 5, 4, 3
b. 1, 4, 3
e. 5, 2, 3
c. 1, 5, 3

28. Habitat bakteri terdapat di berbagai macam tempat. Jika keadaan lingkungan buruk, maka bakteri akan membentuk ….
a. kapsid dan endospora
d. flagela dan endospora
b. endospora dan selaput lendir
e. flagela dan selaput lendir
c. kapsid dan selaput lendir

29. Ketika nyamuk Anopheles betina menggigit manusia, maka akan keluar cairan ludah yang masuk ke dalam darah manusia dan ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia
dan membentuk ….
a. tropozoit
d. sporozoid
b. merozoid
e. ookista
c. ookinet

30. Jamur yang hidup bersama dengan tumbuhan tingkat tinggi dalam bentuk simbiosis mutualisme dinamakan ….
a. parasit
d. lichenes
b. saprofit
e. mikoriza

c. heterotrof

31. Bakteriofage adalah virus yang menyerang ....
a. bakteri
d. manusia
b. tumbuhan
e. serangga
c. hewan

32. Kultur yang paling sesuai untuk pembiakan virus adalah ....
a. medium agar
b. embrio tikus
c. kaldu steril
d. garam fisiologis yang steril
e. embrio ayam hidup

33. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah ....
a. adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
b. adsorpsi – perakitan – sintesis – litik – injeksi
c. adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik
d. adsorpsi – injeksi – sintesis – litik – perakitan
e. adsorbsi – sintesis – injeksi – perakitan – litik

34. Fase yang tidak terdapat pada daur litik adalah ....
a. sintesis
d. penggabungan
b. perakitan
e. adsorbsi
c. injeksi

35. Virus yang mempunyai asam nukleat RNA adalah virus ....
a. HIV
d. influenza
b. cacar
e. herpes
c. hepatitis

LATIHAN LAGI YA

1. Menurut sistem tiga kingdom, makhluk hidup dibagi sebagai berikut . . . .
a. Plantae, Animalia, Monera
b. Plantae, Animalia, Protista
c. Plantae, Animalia, Fungi
d. Plantae, Animalia, Archaeobacteria
e. Plantae, Animalia, Eubacteria

2. Pencetus teori abiogenesis atau generatio spontanea adalah . . . .
a. Francisco Redi
b. Louis Pasteur
c. Lazzaro Spallanzani
d. Schleiden
e. Aristoteles

3. Bagian sel yang berperan sebagai pusat pengaturan segala proses yang terjadi di dalam sel adalah


a. badan golgi
b. mitokondria
c. ribosom
d. nukleus
e. retikulum endoplasma

4. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah . . . .
a. dinding sel hewan kuat, dinding sel tumbuhan tipis
b. dinding sel hewan tipis, dinding sel tumbuhan kuat
c. sel tumbuhan tidak mempunyai vakuola, sel hewan mempunyai vakuola
d. sel tumbuhan tidak berplastida, sel hewan berplastida
e. sel tumbuhan di dalam intinya terdapat sentrosom, sel hewan tidak

5. Jaringan pada hewan, yang berfungsi mengoordinasikan dan meneruskan rangsang adalah . . . .
a. jaringan epitel
b. jaringan ikat
c. jaringan saraf
d. jaringan darah
e. jaringan tulang

6. Jaringan mesofil pada tumbuhan berfungsi untuk . . . .
a. melindungi permukaan tubuh tumbuhan
b. membuat makanan dengan proses fotosintesis
c. menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan
d. menghasilkan sel-sel baru untuk pertumbuhan
e. mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh

7. Kelompok individu dari satu spesies yang menduduki areal tertentu disebut . . . .
a. individu
b. ekosistem
c. bioma
d. komunitas
e. populasi

8. Pada bioma tundra didominasi oleh tumbuhan . . . .
a. lumut
b. rumput
c. kaktus
d. tumbuhan berbunga
e. tumbuhan paku

9. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus, yaitu . . .
a. zoologi
b. ekologi
c. botani
d. embriologi
e. bioteknologi

10. Manfaat mempelajari biologi di antaranya adalah . . . .
a. menjadi takut karena terdiri berbagai cabang ilmu
b. menjadi kurang berkembang karena ilmu yang dikajinya terbatas
c. kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
d. kurang bisa menerapkan secara langsung pada kehidupan karena terlalu umum
e. di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas baru karena ada genetika, evolusi, dan taksonomi

11. Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan . . . .
a. manusia dengan organisme-organisme yang berada di sekelilingnya
b. suatu organisme dengan organisme lainnya
c. organisme dengan keadaan sekelilingnya
d. manusia dengan organisme patogen
e. komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem

12. Sekelompok padi yang hidup pada sebidang tanah menurut konsep dalam ekologi merupakan . .
a. spesies
b. individu
c. populasi
d. komunitas
e. ekosistem

13. Makhluk hidup sebagai komponen biotik dengan komponen abiotik merupakan satu kesatuan yang disebut sebagai . . . .
a. ekosistem
b. bioma
c. biosfer
d. habitat
e. komunitas

14. Sistem bercocok tanam monokultur pada dasarnya sangat merugikan, di antaranya adalah . . . .
a. meningkatkan sistem keanekaragaman hayati yang ada
b. meningkatkan kesuburan tanah
c. jumlah hama yang menyerang tanaman menjadi semakin berkurang
d. dapat mengembalikan kualitas tanah menjadi lebih baik
e. sistem keanekaragaman hayati semakin berkurang sehingga memengaruhi sistem keseimbangan ekologi

15. Suatu daerah yang memiliki vegetasi yang khas karena pengaruh ketinggian dan garis lintang disebut . .
a. ekosistem
b. populasi
c. habitat
d. bioma
e. biosfer

16. Hubungan yang terjadi antara seekor kambing dan lembu dalam suatu padang rumput adalah . .
 a. portokooperasi
b. alelopati
c. simbiosis
d. parasitisme
e. kompetisi

17. Di bawah ini yang termasuk agroekosistem adalah . . . .
a. sawah, danau, hutan, dan laut
b. sawah, ladang, kebun, dan tambak
c. laut, sawah, ladang, dan danau
d. danau, rawa, ladang, dan pekarangan
e. hutan, laut, danau, dan rawa

18. Di dalam ekosistem ada padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi padi menurun dari pernyataan  berikut ini yang benar adalah . . . .
a. ekosistem tetap seimbang
b. terjadi ledakan tikus dan elang
c. tidak berpengaruh terhadap populasi tikus dan ular
d. populasi tikus, ular, elang menurun
e. rantai makanan akan berjalan terus

19. Pada ekosistem laut, daerah yang memiliki komponen biotik tingkat produsen yang paling tinggi jumlahnya adalah . . . .
a. abisal
b. batial
c. fotik
d. afotik
e. termoklin

20. Makhluk hidup yang mampu menguraikan sampah organik yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai ialah
a. bakteri dan jamur
b. bakteri dan ganggang
c. jamur dan rayap
d. ganggang dan cacing tanah
e. cacing tanah dan ulat

21. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu contoh bakteri yang membantu proses tersebut misalnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter

22. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin dekat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen adalah sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring makanan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut

23. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi

24. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak adalah . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang dapat memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang memiliki jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang memiliki jumlah individu terkecil

25. Hubungan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan adalah . . . .
a. jaring makanan menyusun rantai makanan
b. memiliki organisme yang sama
c. rantai makanan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. memiliki penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama

26. Manfaat kita mempelajari aliran energi yang terjadi dalam ekosistem adalah . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin mencintai lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem

27. Dalam ekosistem tersusun atas:
  1. Ikan karnivora
  2. Bakteri pengurai
  3. Fitoplankton
  4. Ikan herbivora
  5. Zat-zat organik
Dari beberapa komponen yang ada di atas, dapat disusun suatu rantai makanan dengan susunan urutan . . . .
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 3, 4, 1, dan 2
c. 5, 4, 3, 1, dan 2
d. 5, 1, 3, 2, dan 4
e. 5, 2, 3, 4, dan 1

28. Hal yang terjadi jika suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . . .
a. penyebarannya terbatas
b. mudah mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak

29. Ketika sulfur dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini adalah dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik

30. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- pengurai

TRY AGAIN UN KELAS X

1. Tumbuhan merupakan salah satu contoh mahkluk hidup. Salah satu peranan tumbuhan  dalam ekosistem adalah ............ 
A. Berperan penting dalam daur karbon dan oksigen  
B. Menghasikan bahan pangan  
C. Sumber karbohidrat  
D. Untuk bahan bangunan  
E. Untuk bahan obat herbal

2. Ketika melakukan pengamatan tumbuhan pisang di kebun belakang rumahnya, Fuji menemukan di sekitar pohon induk pisang lima tunas pohon pisang. Ini menunjukkan bahwa pohon pisang tersebut  melakukan ..... 
A. Pertumbuhan  
B. Perkembangan  
C. Perkembang biakan  
D. Metabolisme  
E. Adaptasi terhadap lingkungan

3. Yang bukan merupakan ciri mahkluk hidup adalah ........................... 
A. Tumbuh  
B. Membutuhkan nutrisi  
C. Berkembang biak  
D. Memiliki massa  
E. Melakukan metabolism

4. Berikut ini adalah peranan yang ditunjukkan oleh beberapa mahkluk hidup : 
1. Menghasilkan antibiotik  
2. Menyebabkan bahan makanan membusuk 
3. Menimbulkan berbagai penyakit pada hewan piaraan  
4. Untuk pembuatan vaksin  
5. Sebagai gulma pada tanaman budidaya Peranan negatif yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup ditunjukkan pada ..........
A. 1, 2 dan 3  
B. 1, 3 dan 4  
C. 2, 3 dan 4  
D. 2, 3 dan 5  
E. 3, 4 dan 5

5. Salah satu ciri yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup adalah iritabilitas, maksudnya adalah.. 
A. Mampu menambah jumlahnya  
B. Menghasilkan stabilitas ekosistem  
C. Bereaksi terhadap adanya rangsang  
D. Beradaptasi terhadap perubahan lingkungan  
E. Membutuhkan nutrisi

6. Keberadaan tumbuhan menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Hal ini disebabkan karena tumbuhan ... Dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan  Menghasilkan fosil  Mengendalikan daur CO2 dan O2  Memiliki klorofil  Berperan sebagai produsen dalam ekosistem darat

7. Kelompok kucing, harimau dan anjing merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat ................. Gen  Species  Jenis  Ekosistem  Komunitas

8. Berikut ini adalah beberapa nama jenis tumbuhan : mawar berbunga merah  mawar berbunga putih  kelapa sawit  mawar berbunga ungu  kelapa hijau  kurma Jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat gen, adalah.. 1, 2 dan 3  1, 2 dan 4  2, 4 dan 5  3, 4 dan 5  4, 5 dan 6

9. Kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang kapri merupakan keanekaragaman hayati tingkat species karena ........... Keempat jenis tersebut merupakan satu species yang sama  Keempatnya sama-sama bernama kacang  Mereka mempunyai kandungan zat yang sama  Keempatnya berbeda species tapi masih satu famili yang sama  Keempatnya berbeda species tapi varietasnya sama


10. Cacing tanah, keluwing dan rayap merupakan komponen biotik dalam ekosistem yang berperan sebagai     ...... Detritivor Karnivora  Produsen  Konsumen  Dekomposer 

Support web ini

BEST ARTIKEL