Saturday, July 16, 2016
Tuesday, July 12, 2016
TAHAPAN BELAJAR ANABOLISME
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Apakah definisi dari anabolisme?
|
Anabolisme adalah pembentukan senyawa kompleks dari
senyawa sederhana (penyusunan senyawa organik dari anorganik).proses butuh energi - endorgonik
|
2
|
Jelaskan anabolisme berdasarkan sumber energinya!
|
-Anabolisme fotosintesis adalah anabolisme yang
menggunakan energy cahaya.
-Anabolisme khemosintesis adalah anabolisme yang
menggunakan energy dari hasil reaksi kimia.
|
3
|
Sebutkan sumber – sumber energy anabolisme!
|
-
Cahaya matahari
-
Energi kimia
-
ATP hasil katabolisme
|
4
|
Jelaskan 3 tahapan dasar anabolisme!
|
1.
Produksi
prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida.
2.
Pengaktivasian
senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP.
3.
Penggabungan
prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida,
lemak, dan asam nukleat
|
5
|
Jelaskan pembagian makhluk hidup berdasarkan
anabolisme!
|
-
Heterotrof : Makhluk
hidup yang tidak bisa menyusun senyawa organic karena tidak berkhlorofil
-
Autotrof : makhluk hidup yang
membentuk molekul organik kompleks
di sel seperti polisakarida dan protein dari molekul sederhana seperti karbon
dioksida dan air
|
6
|
Jelaskan pembagian autotrof berdasarkan energy yang
digunakannya!
|
-
Fotoautotrof : menyusun zat
organic dengan bantuan energy cahaya. misal proses fotosintesis
-
Kemoautotrof : menyusun zat
organic dengan bantuan energy kimia.misalnya proses nitrifikasi
|
7
|
Berikan contoh hasil anabolisme!
|
Glikogen, lemak, dan protein
berguna sebagai bahan bakar cadangan untuk katabolisme, serta molekul
protein, protein-karbohidrat, dan protein lipid yang merupakan komponen
struktural yang esensial dari organisme, baik ekstrasel maupun intrasel.
|
8
|
Contoh proses anabolisme adalah fotosintesis.
Tentukan bahan fotosintesis!
|
Air (H2O) diambil oleh akar melalui xylem
dan karbon dioksida (CO2) diambil dari udara melalu stomata |
9
|
Tentukan hasil fotosintesis dan tempat penyimpanannya!
|
-Oksigen (O2) dilepaskan ke udara di lingkungan
-glukosa (C6H12O6) disimpan di buah, umbi, atau
batang biasanya disimpan dalam bentuk amilum . tepung / pati
|
10
|
Dimanakah lokasi terjadinya fotosintesis di tumbuhan
dikotil?
|
Ditumbuhan hijau —di daun—di jaringan parenkim
palisade—di kloroplas—di tilakoid(grana)/ atau stroma
|
11
|
Dimanakah lokasi terjadinya fotosintesis di tumbuhan
monokotil?
|
Karena tumbuhan monokotil tidak memiliki jaringan
palisade, fotosintesis terjadi di jaringan spons.
sedangkan pada dikotil di Parenkim palisade |
12
|
Sebutkan tahap fotosintesis!
|
1. Reaksi terang : terjadi di tilakoid/grana
2. Reaksi gelap : terjadi di stroma
|
13
|
Apakah stroma itu?
|
Ruang antara grana dengan grana pada organela kloroplast . Struktur kosong
dalam kloroplast.
|
14
|
Sebutkan bahan dan produk dari fotosintesis reaksi
terang!
|
Bahan : H2O
Produk : O2, NADPH, ATP Oksigen di buang ke udara , NADPH dan ATP untuk energi dan sumber H pada reduksi PGA - PGAL
|
15
|
Sebutkan bahan dan produk dari fotosintesis reaksi
gelap!
|
Bahan : CO2
Produk : C6H12O6(glukosa)
|
16
|
Bagaimanakah hubungan antara reaksi gelap dengan
reaksi terang berdasarkan energy yang digunakan?
|
Reaksi terang menggunakan energy sinar merah
(680-700nm), sedangkan reaksi gelap menjadikan produk dari reaksi terang
(NADPH dan ATP) sebagai sumber energinya. Karena di reaksi gelap tidak ada
cahaya.
|
17
|
Sebutkan tahapan dalam reaksi terang!
|
1. Pigmen fotosintesis menyerap energy cahaya dan melepaskan electron
yang akan masuk dalam sistem transport electron.
2. Molekul air pecah, ATP dan NADPH terbentuk, oksigen dilepaskan.
3. Pigmen fotosintesis yang melepaskan electron menerima kembali
electron sebagai penggantinya.
|
18
|
Sebutkan tahapan dalam reaksi gelap!
|
1. Fiksasi : mengikat CO2 oleh RuBP
2. Reduksi : melakukan pelepasan ion H yang ditambahkan PGA menjadi PGAL
3. Regenerasi : membentuk kembali RuBP dari PGAL
4. Sintesa : menyusun PGAL menjadi Glukosa
|
19
|
Sebutkan bahan dan produk dari fiksasi!
|
Bahan : CO2
Produk : Senyawa dengan 6 atom C labil (pecah
menjadi PGA)
|
20
|
Sebutkan bahan dan produk dari reduksi!
|
Bahan : PGA
Produk : PGAL
|
21
|
Sebutkan bahan dan produk dari regenerasi!
|
Bahan : PGAL
Produk : RUBP (ribula biphospat)
|
22
|
Sebutkan bahan dan produk dari sintesa!
|
Bahan : PGAL
Produk : Glukosa
|
23
|
Untuk apakah enzim rubisco?
|
Untuk RUBP mengikat CO2
|
24
|
Apakah yang disebut dengan fotosintesis c4?
|
Fotosintesis yang terjadi di gurun. CO2 diambil saat
malam hari, agar tidak kehabisan air (mengurangi proses penguapan).
|
25
|
Apakah yang disebut dengan fotolisis?
|
Reaksi pecahnya molekul air menjadi oksigen, ion –
ion H+, dan electron.
|
26
|
Dimanakah fotolisis terjadi?
|
Ketika reaksi terang, untuk menghasilkan O2.
|
27
|
Apakah yang dibutuhkan PGA dalam reaksi gelap
(reduksi) untuk menjadi PGAL?
|
-
Gugus fosfat dari ATP yang
menjadi ADP
-
Hidrogen serta electron dari
NADPH yang menjadin NADP.
|
28
|
Kemanakah PGAL yang telah terbentuk?
|
Dari 6 molekul CO2, akan terbentuk 12 molekul PGAL.
10 molekul akan menjadi RUBP dan siap mengikat CO2 yang baru, sedangkan 2
molekul PGAL lain akan berkondensasi menjadi glukosa 6 fosfat.
|
29
|
Apakah produk yang bisa dibentuk dari glukosa 6
fosfat?
|
-
Sukrosa (karbohidrat yang
paling mudah ditransportasikan, sebagai makanan bagi tumbuhan).
-
Pati (karbohidrat yang
tersimpan sebagai cadangan makanan di tempat penimbunan).
|
30
|
Bagaimanakah hubungan antara reaksi terang dengan
reaksi gelap berdasarkan produknya?
|
Saat reaksi terang, sel – sel fotosintesis mengubah
glukosa terfosforilasi menjadi sukrosa atau pati.
Saat reaksi gelap, sel –sel fotosintesis mengubah
pati menjadi sukrosa untuk diangkut ke sel – sel tumbuhan di daun, batang,
dan akar.
|
31
|
Apakah sebenarnya definisi dari fotosintesis?
|
Fotosintesis adalah peristiwa penggunaan energy
cahaya untuk membentuk senyawa dasar karbohidrat dari karbondioksida dan air.
|
32
|
Apakah yang dimaksud dengan tilakoid?
|
Struktur cakram yang terbentuk dari pelipatan
membrane dalam kloroplas. Tilakoid menangkap energy cahaya dan mengubahnya
menjadi energy kimia.
|
33
|
Apajah yang dimaksud dengan grana?
|
Setumpuk tilakoid.
|
34
|
Sebutkan pigmen yang terdapat dalam kloroplas!
|
-karotenoid : menyerap cahaya biru kehijauan dan
biru keunguan
-antosianin : pigmen merah pada bunga
-fikobilin : pigmen merah pada cyanobacteria
|
35
|
Bagaimana proses pelepasan energy eksitasi dalam
fotosintesis reaksi terang?
|
Energi cahaya yang diserap oleh pigmen fotosintesis
mendorong electron melepaskan energy eksitasi. Energy eksitasi akan dibawa ke
klorofil a. kemudian electron tersebut akan dibawa ke penerima electron dalam
transport electron.
|
36
|
Sebutkan perbedaan antara klorofil a dan klorofil b!
|
Klorofil a mampu menyerap cahaya merah dan biru
keunguan.
Klorofil b mampu menyerap cahaya biru dan merah
kejinggaan.
|
37
|
Apakah fungsi dari pigmen yang terdapat dalam
kloroplas?
|
Menyerap cahaya.
|
38
|
Sebutkan 2 jenis fotosistem!
|
Fotosistem II : P680 (NADPH)
Fotosistem I : P700 (ATP)
|
39
|
Jelaskan perbedaan aliran electron siklik dan
non-siklik!
|
Siklik : energy cahaya digunakan untuk membawa
electron dari fotosistem I, menuju sistem transport, dan kembali ke
fotosistem I.
Non-siklik : Aliran electron dari air ke fotosistem
II melalui sistem transport, menuju fotosistem I. kemudian electron akan
diberikan ke NADP+.
|
40
|
Kapan proses aliran electron non-siklik terjadi?
|
Saat fotosistem II yang ditandai dengan P680 sebgaai
pusat reaksi menyerap cukup energy foton untuk melepaskan electron.
|
41
|
Darimanakah sumber energy pada khemosintesis?
|
Sumber energinya adalah reaksi kimia eksergonik.
|
42
|
Apa yang dimaksud dengan reaksi kimia eksergonik?
|
Reaksi kimia eksergonik adalah oksidasi senyawa
anorganik, misalnya ion ammonium, ion besi, atau belerang.
|
43
|
Siapa yang dapat melakukan reaksi kimia eksergonik?
|
Bakteri kemosintetik.
|
44
|
Sebutkan contoh reaksi kimia eksergonik!
|
Bakteri belerang yang mengubah belerang menjadi
sulfat, yang kemudian digunakan tanaman untuk sintesis protein.
|
45
|
Jelaskan yang disebut dengan sachs!
|
Sebuah penelitian yang digunakan untuk menguji dan
membuktikan bahwa fotosintesis itu menghasilkan glukosa.
|
46
|
Jelaskan yang disebut dengan Ingenhous!
|
Sebuah penelitian terhadap daun yang membuktikan
bahwa dalam fotosintesis, tumbuhan menghasilkan O2.
|
47
|
Jelaskan yang dimaksud dengan Angelmen!
|
Suatu penelitian terhadap daun yang membuktikan
bahwa fotosintesis itu membutuhkan cahaya merah.
|
48
|
Apa yang dimaksud dengan fiksasi CO2 pada reaksi
gelap?
|
Ketika RuBP yang memiliki 5 molekul mengikat molekul
CO2, dan menghasilkan 6 atom C labil.
|
49
|
Apa yang dimaksud dengan fotosistem?
|
Suatu tempat yang melekat di membrane tilakoid,
tempat berkumpulnya beratus-ratus molekul pigmen fotosintesis (untuk menyerap
cahaya).
|
50
|
Apa yang dimaksud dengan pusat reaksi dalam
fotosistem?
|
Klorofil a. tugasnya menerima eksitasi, namun tidak
membawanya ke pigmen lain. Ia memberikan electron ke molekul penerima
electron dalam transport electron. Energy yang dilepaskan setahap demi
setahap pad asistem transport electron digunakan untuk pembentukan ATP dan
NADPH.
|
Subscribe to:
Posts (Atom)
Support web ini
BEST ARTIKEL
-
Mendekati mid semester bulan oktober ini tentu soal semacam ini diperlukan maka saya posting saja agar bisa untuk latihan OK semoga berguna...
-
Malam Ini akan saya postingkan soal dan theory tentang Reproduksi sel bahan materi kelas XII IPA semoga bermanfaat ....meski sederhana saya...
-
1.Perhatikan Gambar ini Gambar di atas menunjukkan adanya peristiwa mutasi kromosom yang disebut … a. inverse b.delesi c.katenasi d....
-
Bahasa pengantar dalam Film untuk Ice Breaking membangkitkan Neuron neuron OK Soal Pertumbuhan dan Perkembangan 1. Pertumbuhan a...
-
Rasanya percuma juga kalau pengerjaan soal genetika yang akan dikerjakan ini hanya sekedar mengerjakan namun nggak ada roh genetikanya &...
-
Siang ini saya postingkan soal Mutasi bab terakhir kelas XII semester 1 ini sehingga hasil nilai biologi diharapkan meningkat OK SOAL 1. Be...
-
SOAL INI DIDEDIKASIKAN UNTUK ANAK ANAK YANG INGIN CERDAS DAN MENGKHUSUSKAN BELAJAR BIOLOGI METABOLISME SEL . YANG DI SMA DIAJARKAN DI KELA...
-
Ketika kami membuat preparat sederhana dari lapisan epidermis bawang merah yang kemudian dilihat dibawah mikroskop di Laboratorium Biologi ...
-
Setelah anda sudah mengenal diri anda, sifat , kelakuan , kekurangan , kelebihannya , mulai sekarang anda harus kenal yang lain temannya , ...
-
Ini Akan kami sajikan tulisan sederhana tentang tumbuhan lumut dan paku yang tergolong Dalam kingdom plantae atau kerajaan tumbuhan . ...