Monday, October 28, 2013

IPA KELAS 8 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

ESSAY

  1. Alat yang digunakan untuk mengukur  kecepatan pertumbuhan tanaman adalah  ……..   
  2. Jika sebuah kecambah dibiarkan tumbuh  maka bagian akar yang  pertambahan panjangnya paling cepat adalah  pada bagian … …………………..
  3. Hormon tumbuhan berfungsi merangsang pembentukan daun adalah ……………..
  4. Suhu yang diperlukan agar tumbuhan dapat melakukan pertumbuhan terbaik disebut ………………..
  5. Perubahan bentuk dari telur  sampai menjadi hewan dewasa disebut ………………………
  6. Serangga berikut ini yang mengalami metamorfosis sempurna adalah …  a. Kupu-kupu  b. Belalang    c. Jangkrik.
  7. Pada saat berudu katak bernapas menggunakan …………………….
  8. Faktor internal yang  berpengaruh pada pertumbuhan tanaman adalah …………………..
  9. Ciri-ciri pertumbuhan adalah ………………………………… dan ………………………………….
  10. Perkembangan pada makhluk hidup adalah proses ……………………………………….
  11. Di bawah ini merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi  pertumbuhan, kecuali … a. Makanan    b. Suhu     c. Hormon     d. Cahaya.
  12.  Bagian ujung akar dan ujung batang yang melakukan perbanyakan sel  di daerah ……………….
  13.  Kecambah yang tumbuh di tempat gelap lebih panjang daripada  yang tumbuh di tempat terang. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya bersifat ………………………..
  14.  Keadaan pertumbuhan tanaman di tempat yang gelap dimana batangnya tinggi, rapuh dan daunnya pucat disebut ……………………….
  15.  Cahaya matahari dibutuhkan tumbuhan hijau untuk proses ………………………..
  16.  Auksin yang terdapat pada titik tumbuh batang jika terkena cahaya matahari di siang hari akan ……………………….
  17.  Hormon yang berfungsi merangsang aktivitas pembelahan sel adalah …   a. Auksin   b. Giberelin      c. Sitokinin
  18.  Hormon kalin yang berfungsi merangsang pembentukan bunga adalah ………………….
  19.  Hormon kalin yang berfungsi merangsang pembentukan akar adalah …………………….
  20.  Hormon kalin yang berfungsi merangsang pembentukan batang adalah ………………….
  21.  Pembelahan sel pada vertebrata yang menghasilkan formasi sel-sel berbentuk bola padat atau menyerupai buah anggur disebut ………………………
  22. Bentuk awal embrio  yang berkembang dari proses pelekukan blastula, sehingga terbentuk embrio yang memiliki tiga lapisan embrional  disebut ………………………….
  23. Berikut ini adalah organ-organ tubuh yang dihasilkan oleh lapisan mesoderm, kecuali ….  a. Otot  b. Tulang    c. Ginjal    d. Paru-paru
  24. Kulit, sistem saraf dan alat indra terbentuk dari lapisan ………………….
  25. Tumbuhan lumut dan paku mengalami pergiliran keturunan dalam daur hidupnya yang disebut …………………
  26. Tumbuhan lumut dan paku berkembangbiak dengan menghasilkan ………………
  27. Spora tumbuhan lumut yang jatuh di tempat lembab akan tumbuh menjadi ………………..
  28. Spora tumbuhan paku yang jatuh di tempat lembab akan tumbuh menjadi ……………………..
  29. Anteridium menghasilkan ……………………
  30.  Arkegonium menghasilkan…………………………………
  31. Apabila embrio yang keluar dari telur terus menerus mengalami perubahan maka hewan tersebut mengalami ……………………….
  32. Apabila embrio yang keluar dari telur bentuknya menyerupai hewan dewasa  maka hewan tersebut mengalami ……………………….
  33. Tahapan metamorfosis pada kupu-kupu adalah ……………………………………………………………..
  34. Pertumbuhan raksasa pada tanaman,  terbentuknya buah yang besar dan tidak berbiji  dipengaruhi oleh hormon………………………………..
  35. Titik tumbuh  berupa jaringan meristem  pada tumbuhan dikotil yang berperan memperbesar diameter batang  terdapat pada …
  36. Fase generatif pada peristiwa pergiliran keturunan  tumbuhn lumut adalah  ……………….
  37. Fase generatif pada peristiwa pergiliran keturunan tumbuhan paku adalah ………………………..
  38. Apabila udara kurang lembab maka proses ………………………… pada tumbuhan lebih cepat.
  39. Fase yang dominan dari tumbuhan lumut adalah ……………………….
  40. Fase yang dominan dari tumbuhan paku adalah …………………

PEMBAHASAN

1. AUKSANOMETER
2. PALING UJUNG (karena paling ujung bersifat merriskematik/ aktif membelah diri)
3. FILOKALIN
4. SUHU OPTIMUM/ SUHU OPTIMAL
5. METAMORFOSIS
6. KUPU-KUPU
7. INSANG
8.GEN/GENETIS/HEREDITAS DAN HORMON
9. KANTITATIF (dapat diukur) dan IRREVERSIBEL (tidak dapat kembali ke bentuk semula.
10.menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak dapat diukur).
11.kecuali HORMON
12. daerah PEMBELAHAN SEL
13. MENGHAMBAT
14. ETIOLASI
15. FOTOSINTESIS
16. TERURAI
17. SITOKININ
18. ANTHOKALIN
19. RHIZOKALIN
20. KAULOKALIN
21. MORULA
22. GASTRULA
23. PARU-PARU
24. EKTODERM
25. METAGENESIS
26. SPORA
27. PROTONEMA
28. PROTALIUM
29. SPERMATOZOID (sel kelamin jantan)
30. OVUM (sel kelamin betina)
31. METAMORFOSIS SEMPURNA
32. METAMORFOSIS TIDAK SEMPURNA
33.TELUR—-LARVA—-PUPA—–IMAGO (KUPU-KUPU DEWASA)
34. GIBERELIN
35. KAMBIUM/titik tumbuh sekunder, bersifat meristemaatik
36. TUMBUHAN LUMUT itu sendiri, yang mengasilkan anteridium dan arkegonium
37.PROTALIUM, yang menghasilkan anteridium dan arkegonium
38.PENGUAPAN dan PENYERAPAN ZAT HARA
39. FASE  GAMETOFIT/ FASE GENERATIF

40. FASE  SPOROFIT/ FASE VEGETATIF

EVOLUSI DARWIN

Charles Darwin (12 Februari 1809 – 19 April 1882, usia akhir 73 tahun)


  • Charles Darwin adalah seorang naturalis, berkebangsaan Inggris, pencetus Teori Evolusi berdasarkan teori “Seleksi Alam” yang dikembangkannya. 

Darwin menulis ide tentang evolusi di buku berjudul  “The Origin of Species” (Asal-usul Spesies”) yang diterbitkan pada tahun 1859.
Buku ini memperkenalkan teori ilmiah bahwa makhluk hidup berevolusi (berubah secara berangsur-angsur) dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam

  • Asal-usul Spesies oleh Charles Darwin (terbit tahun 1859) adalah karya penting dalam literatur ilmiah dan dianggap sebagai tonggak dalam teori evolusi. Judul lengkapnya adalah On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or the Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life yang arti bebasnya : Asal-usul Spesies melalui Cara Seleksi Alam, atau Pelestarian Kelompok dalam Perjuangan untuk Hidup). 
  • Buku ini memperkenalkan teori ilmiah bahwa populasi berevolusi dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. 
  • Isi buku ini kontroversial karena menentang teori penciptaan menurut kepercayaan agama, dan merupakan pencetus timbulnya ilmu bernama biologi pada abad ke-19. Buku yang ditulisnya merupakan hasil ekspedisi lautnya dengan kapal layar HMS Beagle pada tahun 1830-an, dan dilanjutkan dengan penyelidikan dan eksperimen setelah tiba kembali dari ekspedisi.
  • Orang yang bukan ahli bahkan bisa membaca buku ini dan banyak menarik perhatian orang. Buku ini sangat kontroversial dan menimbulkan banyak perdebatan di bidang sains, filsafat, dan agama. Teori ilmiah tentang evolusi juga telah berevolusi dibandingkan dengan teori awal yang ditulis Darwin, namun seleksi alam tetap menjadi teori ilmiah yang paling banyak diterima untuk menjelaskan evolusi dari suatu spesies. Kontroversi teori penciptaan dan teori evolusi terus berlangsung hingga saat ini 
Teori Darwin didasarkan pengamatan penting dan kesimpulan yang ditarik darinya.  
  • Spesies pada dasarnya memiliki fertilitas yang sangat tinggi. Jumlah keturunan yang dilahirkan lebih banyak dari keturunan yang bisa mencapai usia dewasa. 
  • Populasi kira-kira tetap berjumlah sama, dengan sedikit perubahan. 
  • Sumber makanan adalah terbatas, tetapi relatif stabil dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu terjadi perjuangan secara implisit untuk bertahan hidup
  • Pada spesies yang melakukan reproduksi secara seksual, biasanya tidak ada dua individu yang identik.
  • Beberapa variasi dalam spesies secara langsung memengaruhi kemampuan individu untuk bertahan dalam kondisi alam tertentu.
  • Sebagian besar dari variasi ini bersifat turunan. 
  • Individu yang kurang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya memiliki kemungkinan bertahan hidup yang yang lebih kecil dan kemungkinan akan lebih banyak melakukan reproduksi. 
  • Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya. 
  • Proses yang menyebabkan perubahan ini menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara terus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya spesies baru. 
  • Teori ilmiah tentang evolusi juga telah berevolusi dibandingkan dengan teori awal yang ditulis Darwin, namun seleksi alam tetap menjadi teori ilmiah yang paling banyak diterima untuk menjelaskan evolusi dari suatu spesies
Catatan : 
 
Setelah dikuatkan pernyataan dari Benjamin Franklin, orang Amerika yang menemukan konduktor petir, dalam bukunya berjudul An Essay On Principle of Population, menyatakan bahwa jika tidak ada faktor pembatas di alam, satu spesies tanaman atau binatang akan menyebar ke seluruh permukaan bumi. Tapi karena ada banyak spesies, keseimbangan di antara mereka pun tetap terjaga.

Pernyataan dari Benjamin Franklin tersebut membuat Darwin benar-benar menemukan mekanisme universal yang dapat menjelaskan tentang teori evolusinya. 

Sehingga dapat diuraikan bahwa teori evolusi Darwin mencakup beberapa hal yaitu:

  1. Adanya seleksi alam dalam perjuangan mempertahankan kehidupan, di mana mereka yang paling mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannyalah yang akan bertahan dan melestarikan jenisnya. Selanjutnya, dia menambahkan bahwa seleksi alam barulah merupakan tahap awal dari sebuah evolusi, perjuangan yang sangat berat sering terjadi di antara spesies-spesies yang paling mirip satu sama lain, karena mereka harus berjuang untuk mendapatkan makanan yang sama. Disinilah terjadi variasi-variasi kecil dalam hal upaya mendapatkan makanan dan bertahan hidup.
  2. Darwin juga mengemukakan bahwa selain berevolusi untuk mendapatkan makanan, melindungi diri dari binatang lain juga sangatlah penting. Usaha mempertahankan diri dari serangan musuh pada setiap makhluk berbeda-beda, ada yang mempunyai kamuflase pelindung, kemampuan berlari cepat, mengenali musuh, ataupun mempunyai bau yang menjijikkan.
  3. Selain kemampuan-kemampuan diatas, masih ada kemampuan lain yang tidak kalah penting, yaitu kemampuan bereproduksi. Sebagai contoh, untuk melestarikan jenis mereka, burung-burung melantunkan nada-nada yang merdu, jika reproduksi tidak berjalan dengan baik, mereka tidak akan bisa meneruskan keturunan, dan jenis mereka pun akan semakin berkurang. Kekebalan terhadap penyakit merupakan salah satu ciri penting yang terus terakumulasi dan tersimpan dalam varian-varian yang berhasil bertahan. Sehingga akan terlahir keturunan-keturunan yang paling mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tertentu dalam jangka panjang akan dapat melestarikan jenis mereka dalam lingkungan itu. Hal tersebut yang menyebabkan semakin banyaknya spesies binatang selama berabad-abad ini karena adanya banyak ekologi dalam lingkungan alam. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi manusia yang memang mempunyai kemampuan unik untuk menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi kehidupan yang berbeda. Sebagai contoh, orang-orang tropis mempunyai kulit gelap untuk melindungi mereka dari matahari, sedangkan orang-orang kulit putih beresiko lebih tinggi terkena kanker kulit jika terlalu lama berjemur dibawah terik matahari.

Teori evolusi Darwin, secara umum menyebutkan bahwa di balik evolusi kehidupan diatas bumi adalah variasi individu-individu yang terus berkembang di dalam spesies yang sama, ditambah keturunan dalam jumlah besar, yang berarti bahwa hanya sebagian saja diantara mereka yang bertahan hidup. Mekanisme sesungguhnya, atau daya dorong, dibelakang evolusi karenanya adalah seleksi alam dalam perjuangan untuk mempertahankan diri. Seleksi ini memastikan bahwa yang paling kuat, atau yang paling cocok, itulah yang menang.
Kontroversi teori penciptaan dan teori evolusi terus berlangsung hingga saat ini.

Riwayat Charles Darwin

  • Charles Darwin dilahirkan pada tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Shropsphire, Inggris, di rumah keluarganya, the Mount House. Ia adalah anak ke 5 dari 6 bersaudara dari pasangan seorang dokter yang kaya, Robert Darwin dan Susannah Wedgwood . Ibunya meninggal dunia ketika Charles masih berusia 8 tahun.
  • Pada tahun 1825, walaupun Darwin sudah sejak dini tertarik biologi, untuk menyenangkan ayahnya, ia mengambil studi kedokteran. Darwin belajar kedokteran di Universitas Edinburgh. Namun ia sangat membenci kebrutalan praktik bedah sehingga ia meninggalkan studinya.
  • Pada 1827, ayahnya yang tidak gembira karena anak tidak berminat untuk menjadi dokter, diam-diam mendaftarkannya dalam sebuah program Bachelor of Arts di Bachelor of Arts di Christ’s College, Universitas Cambridge, untuk menyiapkannya menjadi pendeta. Ini adalah sebuah pilihan yang masuk akal saat itu ketika para pendeta Anglikan memperoleh penghasilan yang lumayan, dan kebanyakan dari kaum naturalis di Inggris saat itu adalah pendeta yang menganggap bagian dari tugas mereka adalah “menjelajahi keajaiban-keajaiban ciptaan Tuhan”.
Dalam ujian-ujian akhirnya di Universitas Cambridge pada Januari 1831, Darwin berhasil dengan baik dalam teologi, dan karena ia belajar keras dalam studi klasik, matematiaka dan fisika, ia muncul pada peringkat 10 dari 178 mahasiswa yang lulus.

  • Kemudian ia mengikuti ekspedisi penelitian ilmiah selama 5 tahun dengan kapal HMS Eagle yang berangkat dari Inggris pada 27 Desember 1931.
  • Selama survai Eagle yang berlangsung selama 5 tahun itu, Darwin menghabiskan dua pertiga dari waktunya ini untuk menjelajahi daratan. Ia menyelidiki beraneka ragam penampilan geologis, fosil dan organisme hidup, dan menjumpai beraneka ragam manusia, baik masyarakat pribumi maupun kolonial. Secara metodik ia mengumpulkan sejumlah besar spesimen, banyak di antaranya baru bagi ilmu pengetahuan. Hal ini mengukuhkan reputasinya sebagai seorang naturalis dan menjadikannya salah seorang perintis dalam bidang ekologi.
  • Sekembalinya ke Inggris tahun 1936, Darwin berusaha memecahkan teka-teki atas apa yang ia amati, juga yang menyangkut pertanyaan bagaimana spesies berevolusi. Dengan berbekal pemikiran Malthus, Darwin mengemukakan teori evolusi yang terjadi dengan proses seleksi alam. Hewan atau tumbuhan yang paling bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya paling besar peluangnya untuk bertahan hidup dan bereproduksi, sambil meneruskan karakteristik yang membantunya bertahan ke keturunannya.
-
Darwin mengerjakan teorinya itu selama 20 tahun. Dari studinya Darwin menyimpulkan bahwa :

  1. Evolusi terjadi di alam.
  2. Perubahan evolusioner terjadi secara perlahan-lahan (gradual) dalam tempo ribuan sampai jutaan tahun. Proses yang menyebabkan perubahan ini menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara terus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya menjadi spesies baru.
  3. Mekanisme utama dalam terjadinya evolusi adalah satu proses yang disebut seleksi alam. Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya.
  4. Jutaan spesies yang hidup dewasa ini berasal dari satu bentuk kehidupan asli tunggal melalui proses pencabangan yang dikenal dengan nama spesiasi (speciation).
-
-
- darwin-2
Kapal ekspedisi ilmiah HMS Eagle.
-
- darwin-3
Buku berjudul “On The Origin of Species” edisi tahun 1859.
-
-
darwin-4
Proses evolusi manusia.
-
-
darwin-5
Struktur kerangka manusia dan kerangka “nenek moyangnya”.
-
-
darwin-6
Gambar pohon evolusi (proses pencabangan). 

Proses evolusi ini yang diperkirakan berawal 4 --5 juta tahun lalu, terdapat beberapa “bentuk transisi” antara manusia modern dan nenek moyangnya. 
Menurut skenario terdapat 4 “kategori” dasar: 

  1. Australopithecus
  2. Homo habilis
  3. Homo erectus
  4. Homo sapiens (manusia modern).
-
-
darwin-7
Charles Darwin, 7 tahun, pada 1816, setahun sebelum ibunya tiba-tiba meninggal dunia.
-
-
darwin-8
Ketika masih muda, Charles Darwin bergabung dengan elit ilmiah.
-
-
darwin-9
Charles memilih menikahi sepupunya, Emma Wedgwood.
-
-
darwin-10
Darwin pada 1842 dengan anak sulungnya, William Erasmus Darwin.
-
-
darwin-11
Darwin di usia tua.
-
-
darwin-12
Ruang belajar Darwin.

Support web ini

BEST ARTIKEL