Friday, January 29, 2016

ADA APA DENGAN CINTA DI GONZAGA

Inilah SMA Kolese Gonzaga ....SMA terbaik di Jakarata Selatan yang menjadi impian anak anak muda ...Disinilah saya beraktivitas sejak tahun 87 hingga sekarang .....hilir mudik anak muda melakukan apa saja dengan variasi aktivitas angkatan yang setiap harinya berbeda diluar belajarnya .... dengan waktu yang saya habiskan disini tentu apapun yang kami lakukan pasti untuk Gonzaga yang sudah saya kenal, saya selami  ...,,, benar benar saya jatuh hati dengan semboyan yang dimiliki di SMA Gonzaga Ad Maeorem Dei Gloriam , Man for Others dan 3C nya yang simple ini tentu sudah merasuk di lubuk hatiku terdalam..........Dan ternyata Orang orang yang ada di Photo ini sama sepertinya dengan saya , Ia juga mencintai Gonzaga dengan memorable nya Ada Apa dengan Gonzaga  
Inilah Wajah Lokasi Syuting AADC, Dulu dan Sekarang


Source of Picture

Kenangan tidak hanya bisa bangkit kembali dan pulang lewat diri seseorang, tapi juga benda-benda mati, seperti bangunan. Memori paling senang tinggal bertahun-bertahun di sana untuk menunggu dibangunkan oleh sesuatu hal. Begitu pula bangunan SMA Kolese Gonzaga yang berdiri sejak tahun 1987 di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Kwitang, dan salah satu sudut ramai di Kelapa Gading.

Adapun kompleks bangunan SMA Kolese Gonzaga hingga sekarang masih menjadi saksi bisu dari proses syuting film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) pada tahun 2001. Bangunan ini banyak dipakai sebagai latar cerita AADC dan mempunyai andil besar dalam membantu menghidupkan akting para pemain (Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Ladya Cheryl, Titi Kamal, Adinia Wirasti, Sissy Prescillia, Dennis Adhiswara) dan memberi napas pada jalinan ceritanya, sehingga AADC ditonton lebih dari 2,5 juta orang pada tahun 2002. Pada Selasa, 5 Januari lalu, Muvila datang ke SMA Kolese Gonzaga dan beberapa lokasi lain untuk sejenak membangunkan lagi kenangan akan adegan-adegan dalam film AADC. Kami memotret lokasi-lokasi tersebut yang menjadi saksi bisu syuting AADC. Lima belas tahun berselang sejak syuting AADC, tentu sudah banyak perubahan pada bangunan SMA Kolese Gonzaga, Kwitang dan Kelapa Gading. Namun, perubahan pada fisik belum tentu mengubah ataupun menghapus memori para fans AADC tentang berbagai adegan Cinta, Rangga dan Geng Cinta di lokasi-lokasi syuting tersebut. Ini foto-fotonya.
Quote:

RUANG MADING
Ruang Mading (Majalah Dinding) tempat Cinta, Alya, Maura, Karmen dan Milly kerap berkumpul untuk menyiapkan edisi mading terbaru. Bagaimana tampilan ruang mading ini sekarang? Lihat foto berikutnya.

BUKAN RUANG MADING LAGI
Aslinya, ini sebenarnya adalah Ruangan Moderator SMA Kolese Gonzaga yang kemudian disulap menjadi Ruangan Mading Geng Cinta di AADC.Quote:MAMET & GENG CINTAAdegan di dekat penghujung film AADC ini berlangsung di tempat parkir SMA Kolese Gonzaga, 15 tahun lalu. Tampilannya sekarang sudah tak sama lagi. Seperti apa? Cek foto selanjutnya.
AREA PARKIR SEKARANGDulu, area parkir sekolah ini dipakai dalam adegan ketika Cinta dan teman-temannya memaksa Mamet untuk mengantar mereka ke bandara untuk mengejar Rangga.Quote:LOBI DEPANLobi depan SMA Kolese Gonzaga sekarang.Quote:CINTA SENDIRIANMasih ingatkah, Muvilaz, kenapa Cinta menyendiri di bangku penonton Hall Basket ini?CINTA & RANGGA BERANTEM LAGIRangga dan Cinta berantem untuk kesekian kalinya, di tengah-tengah pertandingan basket Karmen. Kini, ada beberapa renovasi besar di Hall Basket SMA Kolese Gonzaga. Lihat tampilannya di foto berikut.HALL BASKET YANG SUDAH BERUBAHHall Basket SMA Kolese Gonzaga yang dipakai dalam adegan ketika Adinia Wirasti bertanding basket, serta Cinta dan Rangga adu mulut. Kini, tempat duduk penonton sudah dipindahkan ke atas.Quote:RAUT CINTAKenapa Cinta menampakkan raut sedih di lorong sekolah ini? Masihkah sama bentuk lorong sekolah ini sekarang? Lihat foto selanjutnya.Quote:RANGGA VERSUS BORNE CSKarena dianggap telah menyakiti hati Cinta, Borne cs mengeroyok Rangga yang sedang asyik membaca buku "Catatan Seorang Demonstran" di gudang. Masih adakah gudang itu sekarang? Foto berikutnya memberikan jawaban.KINI SUDAH JADI TEMPAT PARKIR MOTORTempat menyendiri Rangga ini sekarang sudah menjadi area parkir motor SMA Kolese Gonzaga.Quote:TEMPAT MADING SUDAH TAK ADADinding identitas SMA Kolese Gonzaga ini dulu menjadi tempat Majalah Dinding yang dikelola Cinta dan teman-temannya.Quote:MAURA, MILLY & KARMENRuangan kelas yang dipakai ketika syuting AADC 15 tahun lalu. Bagaimana rupanya sekarang?RUANG KELAS TAK BERUBAHIni ruang kelas SMA Kolese Gonzaga yang tidak banyak alami perubahan ketika dipakai menjadi ruang kelas Rangga ataupun Geng Cinta pada 15 tahun lalu.Quote:CINTA DI KWITANGDalam film AADC, Cinta ikut Rangga untuk melihat-lihat buku bekas di toko langganan Rangga di Kwitang. Sekarang, toko dan para pedagang kaki lima yang menjual buku-buku bekas di Kwitang kebanyakan sudah direlokasi ke beberapa tempat baru, salah satunya di Blok M Square.KWITANG SUDAH DITINGGALKAN PARA PENJUAL BUKU BEKASInilah salah satu sudut Kwitang sekarang. Pada 15 tahun lalu, Kwitang adalah lokasi penjualan buku-buku bekas oleh para pedagang kaki lima yang dipakai untuk syuting AADC.Quote:RANGGA BERSAMA PENGAMEN & PEDAGANG KAKI LIMARangga bersama para pedagang kaki lima dan pengamen jalanan di pinggir Jalan Boulevard Raya di Kelapa Gading. Shot ini tidak muncul di dalam film AADC.Quote:KELAPA GADINGInilah Jalan Boulevard Raya di Kelapa Gading sekarang yang dulu menjadi lokasi adegan saat Rangga menyeberang dan melihat Cinta.Quote:PERTEMUAN PERTAMA CINTA DENGAN RANGGARangga bertemu pertama kali dengan Cinta di perpustakaan ini, dan mereka langsung berantem. Masih samakah perpustakaan SMA Kolese Gonzaga dulu dan sekarang? Lihat foto selanjutnya.WAJAH PERPUSTAKAAN ITU SEKARANG
Ruang perpustakaan SMA Kolese Gonzaga sekarang yang menjadi tempat Rangga dan Cinta pertama kali bertemu.

Tuesday, January 26, 2016

TRY OUT SISTEM PENCERNAAN UN 2016

SOAL

1.Yang termasuk zat makanan mikro (mikronutrien) adalah....
a. karbohidrat dan air 
b.protein dan mineral
c.lemak dan vitamin
d.lemak dan karbohidrat
e.vitamin dan mineral

2.Zat makanan pada proses metabolisme yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama . . . .
a.karbohidrat 
b.protein
c.serat
d.lemak
e.vitamin

3.Perhatikan tabel hasil percobaan uji makanan di bawah ini!

No.
Bahan Makanan
Benedict
Biuret
Lugol
1
P
Merah bata
Abu-abu
Biru tua
2
Q
Merah bata
Abu-abu
Cokelat
3
R
Merah bata
Ungu
Cokelat
4
S
Biru muda
Ungu
Biru tua
5
T
Biru muda
Abu-abu
Biru tua
Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa bahan makanan ....
a. K mengandung glukosa dan amilum 
b. L mengandung glukosa dan amilum
c. M mengandung glukosa dan amilum
d. N mengandung protein dan lemak
e. O mengandung lemak dan glukosa

4.Zat-zat makanan yang telah dicerna menjadi molekul-molekul yang sederhana, sesampainya di usus halus diserap oleh vili dan....
a. hanya vitamin dan mineral yang menuju kapiler
b. semuanya akan menuju ke kapiler
c. asam lemak dan asam amino menuju ke pembuluh chyl
d. asam amino, glukosa serta asam lemak menuju ke pembuluh chyl
e. asam lemak dan gliserin menuju ke pembuluh chyl sedangkan asam amino, glukosa, vitamin dan mineral ke kapiler

5. Bahan makanan yang dianjurkan untuk penderita anemia adalah....
a. kangkung dan bayam
b. kacang-kacangan dan buah-buahan
c. telur dan buah-buahan
d. ikan laut dan rumput laut
e. kuning telur dan otak

6. Bila kekurangan vitamin akan menyebabkan penyakit defisiensi vitamin atau avitaminosis. Sebaliknya, bila kelebihan vitamin dapat menimbulkan penyakit hipervitaminosis walaupun kasus ini sangat jarang terjadi. Seperti halnya kasus mengkonsumsi vitamin C, jika kekurangan vitamin C akan mengalami gangguan pencernaan, menurunnya kekebalan tubuh, timbul sariawan dan penurunan jumlah sel darah merah, sementara jika mengkonsumsi vitamin C berlebihan akan menimbulkan masalah pada sistem urinaria karena vitamin C yang larut dalam air akan mengendap dan membentuk Kristal pada kandung kemih jika terlalu lama ditumpuk dan kurang air minum.
Berdasarkan uraian di atas, sikap yang benar dalam menghadapi permasalahan ini adalah…
a. tidak perlu mengkonsumsi vitamin C karena berbahaya bagi sistem urinaria.
b. Cukup mengkonsumsi vitamin lainnya yang fungsinya tidak jauh berbeda.
c. Konsumsi vitamin C dengan kadar yang seimbang dan banyak minum.
d. Kurangi kadar konsumsi vitamin C yang normal.
e. Perbanyak minum air mineral setiap saat.

7. Di dalam esofagus makanan mengalami….  
a. pencernaan mekanik
b. pencernaan kimiawi
c. gerakan peristaltik
d. pencernaan kimiawi dan mekanik
e. pencernaan kimiawi dan gerakan peristaltik

8. Zat-zat makanan yang diserap oleh pembuluh darah kapiler di dalam usus halus seperti berikut, kecuali.…
a. Air
b. Vitamin
c. asam amino
d. glukosa
e. gliserol

9. Rasa lapar disebabkan karena ....
a. tidak adanya makanan di dalam lambung
b. berkurangnya zat makanan dalam tubuh
c. menurunnya kadar gula darah
d. menurunnya persediaan energi dalam tubuh
e. lambatnya gerakan peristaltik usus

10. Tahap-tahap pada proses pencernaan makanan sebagai berikut.

  1. Ingesti
  2. Absorbs
  3. Deglutisi
  4. Digesti
  5. Mastikasi
  6. Defekasi
Proses pencernaan makanan yang terjadi di mulut terdapat pada nomor . . . .
a. 1), 2), 3), dan 4)
b. 1), 3), 4), dan 5)
c. 2), 3), 4), dan 5)
d. 2), 3), 5), dan 6)
e. 3), 4), 5), dan 6)


11. Perhatikan gambar berikut!



Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam organ bertanda X yaitu . . .
a. amilum menjadi maltosa oleh enzim ptyalin
b. protein menjadi pepton oleh enzim pepsin
c. pepton menjadi asam amino oleh enzim tripsin
d. pepton menjadi asam amino oleh enzim erepsin
e. emulsi lemak menjadi asam lemak dan gliserol

12. Pada mulut terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Secara mekanik, makanan akan dihancurkan oleh gigi-gigi dan dibantu oleh lidah untuk mengatur letak makanan pada mulut. Sedangkan secara kimiawi, makanan dicerna oleh enzim yang terdapat pada saliva. Jadi, apabila seseorang sedang makan, maka sebaiknya perlakuan yang harus bagaimana yang sesuai dengan konsep di atas ialah…
a. makan sambil minum air sebanyaknya
b. mengunyah makanan sampai lumat
c. mensekresikan banyak air liur sampai keluar dari mulut
d. menelan makanan tanpa dikunyah
e. menelan banyak-banyak air ludah

13. Pembuluh kil menyerap zat makanan berupa.…
a. mineral
b. asam amino
c. vitamin
d. asam lemak
e. glukosa

14. Di dalam duodenum terjadi absorpsi….
a. Lemak
b. Air
c. Protein
d. Elektrolit
e. Asam amino

 15. Perhatikan organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan makanan berikut.

  1. Faring
  2. Laring
  3. Kerongkongan
  4. Tenggorokan
  5. Lambung
  6. Pankreas
  7. Hati
  8. Usus 12 jari
Organ-organ yang termasuk saluran pencernaan makanan terdapat pada . . .
a. 1), 2), 3), dan 5)
b. 1), 3), 5), dan 8)
c. 1), 4), 5), dan 6)
d. 2), 3), 5), dan 8)
e. 2), 4), 5), dan 8)

16. Perhatikan gambar berikut ini!

Erepsin dihasilkan oleh organ bernomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

17. Perhatikan gambar berikut ini!

Deaminasi terjadi pada organ bernomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

18. Dinding usus halus memiliki jonjot (vili) yang berguna memperluas daerah penyerapan. Kemungkinan yang akan terjadi jika dinding usus mulus atau tidak memiliki vili ialah…
a. Tidak terjadi apa-apa.
b. Tidak mempunyai pengaruh apa-apa.
c. Manusia akan menjadi kurus karena tidak ada gizi yang diserap.
d. Banyak zat makanan yang tidak terserap secara optimal.
e. Semua pilihan tidak ada yang benar.

19. Kesulitan buang air besar karena pergerakan feses yang lambat, disebut.…
a. defekasi
b. apendiksitis
c. diare
d. konstipasi
e. disentri

20. Seorang siswa mengalami gangguan pencernaan makanan dengan gejala sukar membuang air besar. Gangguan ini disebut ....
a. sembelit, disebabkan makanannya kurang mengandung serat
b. diare, disebabkan keracunan makanan
c. kolik, disebabkan kekurangan vitamin C
d. apendisitis, disebabkan infeksi kuman
e. peritonitis, disebabkan infeksi selaput rongga tubuh

21. Sakit maag yang akut dapat mengakibatkan penyakit lain, yaitu....
a. peritonitis
b. meningitis
c. diare akut
d. faringitis
e. tukak lambung

22. Berikut ini beberapa kelainan sistem pencernaan:
1. usus besar mengabsorpsi air secara berlebihan  
2. feses menjadi kering dan keras
3. pengeluaran feses menjadi sulit
4. usus besar menyekresi air terlalu banyak
5. poros usus mengalami pembengkakan
Dari ciri-ciri tersebut, yang merupakan gejala sembelit adalah ....
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 5
c. 1, 3, 4
d. 3, 4, 5
e. 2, 3, 4

23. Penyebab terjadinya sembelit atau konstipasi adalah ....
a. feses sangat cepat didorong oleh kolon sehingga feses terlalu encer
b. usus membelit sehingga zat makanan terhambat perjalanannya
c. penderita terlalu banyak memakan makanan yang merangsang lambung
d. gerakan peristaltik pada kolon mengalami gangguan
e. feses sangat lambat didorong oleh kolon, karena terlalu banyak penyerapan air

24. Berdasarkan hasil laboratorium pada tinja Udin ditemukan zat lemak, sedangkan pada urinenya tidak. Dugaan di antara organ di bawah ini yang mengalami kerusakan adalah ....
a. Hepar
b. Jejenum
c. Gastrum
d. Ileum
e. Duodenum

25. Penyakit pencernaan dimana terjadi di lambung , HCl banyak diproduksi sehingga pH lambung menjadi sangat rendah terasa sangat asam adalah....
a. Kolik
b. Gastritis
c. Maag
d. Ulkus
e. Emphisema

26.Pencernaan karbohidrat dimulai pada organ ...
a. Mulut
b. Esofagus
c. Lambung
d. Duodenum
e. jejenum


27. Salah satu fungsi karbohidrat adalah ..........
a. sebagai zat pengatur
b. sebagai biokatalisator
c. sebagai sumber energi utama
d. melarutkan vitamin A, D, E dan K
e. medium berlangsungnya reaksi kimia dalam tubuh

28. Enzim pada lambung yang dihasilkan hanya pada saat bayi saja, adalah ........
a. renin
b. lipase
c. ptialin
d. tripsin
e. pepsin

29. Garam empedu yang dihasilkan oleh hati berfungsi untuk ........
a. menguraikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol
b. memecah gliserol menjadi bilirubin
c. menggumpalkan lemak menjadi kim
d. menghasilkan enzim lipase
e. mengemulsikan lemak

30. Berikut ini yang menyatakan hubungan yang benar antara nama enzim-lokasi dihasilkan-fungsi enzim, adalah ..........
a. ptialin-mulut-memecah protein menjadi asam amino
b. lipase-hati-memecah lipid menjadi asam lemak dan gliserol
c. pepsin-lambung-memecah protein menjadi pepton
d. renin-pankreas-mengendapkan protein susu
e. sukrase-usus besar-memecah sukrosa menjadi glukosa

31. Perhatikan gambar berikut ini !

Bagian yang ditunjuk oleh angka 2 adalah ............
a. kardiak penghasil HCl
b. kardiak menghasilkan musin
c. fundus penghasil HCl dan musim
d. pilorus menghasilkan cairan alkali
e. fundus menghasilkan cairan alkali

32. Fungsi organ pankreas dalam sistem pencernaan makanan manusia, adalah ......
a. menyerap asam amino dan glukosa
b. mencerna disakarida secara kimiawi
c. menghasilkan ptialin untuk mencerna amilum
d. menghasilkan amilase, lipase dan tripsinogen
e. menghasilkan tripsinogen dan pepsinogen


33. Pernyataan yang benar mengenai gangguan pencernaan dan penyebabnya adalah ....
a. diare, disebabkan kelebihan asam lambung
b. gastritis, disebabkan gangguan absorpsi air pada usus
c. ulkus, disebabkan racun yang dikeluarkan oleh bakteri Salmonella typhy
d. apendisitis, disebabkan adanya gangguan absorpsi air
e. konstipasi, disebabkan kurang makanan berserat

34. Perhatikan gambar di bawah ini !



Organ yang menjadi tempat penyerapan zat-zat makanan hasil akhir pencernaan , adalah ....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7



THEORY SISTEM PENCERNAAN


TRY AGAIN SMP PENCERNAAN


1. Yang dimaksud proses pencernaan mekanik pada manusia adalah…..
a. Proses pencernaan yang terjadi di dalam mulut manusia.
b. Proses pencernaan atau pelunakan makanan dari besar menjadi kecil dengan bantuan enzim.
c. Proses pencernaan yang terjadi di dalam mulut yaitu ketika makanan dihaluskan atau diubah menjadi kecil-kecil dengan menggunakan gigi.
d. Proses pencernaan makanan yang terjadi ketika manusia sedang tertidur.

2. Urutan system pencernan manusia yang benar adalah…..
a. Mulut – kerongkongan – ventrikulus – intestinum tenue – kolon
b. Mulut – tenggorokan – ventrikulus – intestinum tenue – kolon
c. Mulut – kerongkongan – lambung – kolon – intestinum tenue
d. Mulut – tenggorokan – lambung – kolon – intestinum tenue

3. Berdasarkan fungsinya gigi dapat dibagi menjadi…..
a. Insisivus, kaninus, gigi geraham, dan gigi seri
b. Kaninus, gigi seri, premolar dan molar
c. Premolar, gigi taring, gigi geraham dan molar
d. Molar, gigi seri, gigi geraham belakang dan insisivus

4. Perhatikan gambar di bawah ini!



Yang merupakan bagian kelenjar parotis dari bagan nomer…..
a. 1
b. 2
c. 3
d. Semua benar

5. Berikut adalah alat system pencernaan pada manusia:

  1. Tenggorokan
  2. Usus halus
  3. Kerongkongan
  4. Faring
  5. Laring
  6. Mulut
  7. Usus besar
  8. Lambung
Urutan system pencernaan manusia yang benar adalah…..
a. 6-3-4-8-2-7
b. 6-5-3-2-8-7
c. 6-4-3-8-2-7
d. 6-4-3-8-7-2

6. Fungsi dari HCl yang terdapat di dalam lambung adalah…..
a. Membantu untuk menyingkirkan kuman penyakit yang terdapat pada makanan.
b. Mengasamkan makanan dan menonaktifkan pepsinogen.
c. Membunuh kuman penyakit yang dibawa oleh makanan masuk ke dalam tubuh.
d. Membasakan makanan yang masuk ke tubuh, sehingga makanan menjadi chim.

7. Perhatikan gambar di bawah ini!



Bagian lambung tersebut secara berurutan no 3, 2, 9 dan 7 adalah…..
a. Pylorus, Fundus, Badan Lambung dan Kardia.
b. Kardia, Fundus, Pylorus dan Badan Lambung.
c. Pylorus, Badan Lambung, Kardia dan Fundus.
d. Fundus, Kardia, Otot-otot polos dan Badan Lambung.

8. Penyerapan sari-sari makanan dapat berlangsung efektif karena…..
a. dinding usus dangat halus
b. usus halus berlipat-lipat
c. usus halus sangat panjang
d. banyak enzim yang dihasilkan

9. Penyerapan sari-sari makanan terjadi di dalam usus…..
a. duodenum
b. jejunum
c. ileum
d. kolon

10. Data organ pencernaan beserta enzim yang dihasilkan:

1) mulut-ptialin
2) lambung-pepsin
3) usus 12 jari-amilase, lipase dan tripsin
4) usus halus-erepsin
a. karbohidrat, protein dan lemak
b. protein, lemak dan karbohidrat
c. lemak, protein dan karbohidrat
d. lemak, karbohidrat dan protein

Penggunaan Energi Makanan

11. Zat makanan yang menghasilkan energy lebih besar adalah……
a. 2 gram karbohidrat
b. 2 gram lemak
c. 3 gram protein
d. 3 gram karbohidrat

12. Zat makanan yang tidak perlu dicerna adalah…..
a. Amilum, glukosa, dan vitamin
b. Amilum, lemak, dan protein
c. Vitamin, mineral, dan glukosa
d. Karbohidrat, lemak, dan protein

13. Zat makanan yang berfungsi sebagai menjaga keseimbangan tubuh (homoestatis)…..
a. Lemak dan vitamin
b. Protein dan mineral
c. Mineral dan vitamin
d. Karbohidrat dan mineral

14. Fungsi vitamin E adalah sebagai berikut kecuali…..
a. Menjaga struktur sel darah merah
b. Mencegah oksidasi kolesterol
c. Menjaga keremajaan kulit
d. Mencegah askorbut

15. Bahan makanan yang telah siap untuk diserap oleh pembuluh darah adalah…..
a. Vitamin
b. Amilum
c. Gliserol
d. Protein

THEORY ENZIM PENCERNAAN

Enzim pencernaan membantu kerusakan makromolekul polimer menjadi blok-blok bangunan kecil, yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mempertahankan kehidupan yang sehat. Enzim ini juga hadir dalam air liur, di mana mereka membantu langkah pertama pencernaan. Enzim diklasifikasikan pada sifat substrat mereka bekerja. 
Enzim pencernaan secara luas diklasifikasikan ke dalam empat kelompok :
  1. Proteolitik enzim: protein split asam amino 
  2. Enzim lipolitik: lemak split asam lemak dan gliserol 
  3. Enzim amilolitik: karbohidrat split dan pati menjadi gula sederhana 
  4. Nucleolytic Enzim: asam nukleat split nukleotida 
Mulut
Rongga mulut atau mulut mengandung kelenjar ludah yang mengeluarkan berbagai enzim untuk membantu pencernaan karbohidrat makanan. kelenjar ludah parotis mengeluarkan enzim , kekelenjar ludah bawah lidah dan kelenjar ludah rahang bawah mengeluarkan air dan lendir  
Kelenjar ludah mengeluarkan enzim ptialin dan lendir yang bersifat lisozim yang memiliki aksi anti bakteri. 
Enzim-enzim yang disekresi oleh mulut terutama memberikan perlindungan terhadap saluran pencernaan terhadap bakteri. 
Betaine membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam mulut. 

Daftar enzim pencernaan disekresi oleh rongga mulut meliputi
  1. Ptyalin: Mengkonversi pati menjadi gula larut sederhana 
  2. Amilase: Mengubah pati menjadi gula larut 
  3. Betaine: Menjaga keseimbangan cairan sel sebagai osmolytes 
  4. Bromelain: agen anti-inflamasi

Lambung

Enzim-enzim yang dikeluarkan oleh lambung dikenal sebagai enzim lambung. Mereka bertanggung jawab untuk mengubah makromolekul kompleks seperti protein dan lemak menjadi senyawa sederhana. 
  • Pepsinogen adalah enzim utama perut dan bentuk aktifnya adalah pepsin.
  • Pepsinogen diaktifkan oleh HCl menjadi pepsin sehingga bisa mengubah protein menjadi pepton
  • Lambung mengeluarkan asam klorida yang membunuh bakteri dan kuman dan menyediakan lingkungan asam untuk aktivitas enzimatik teruta,a enzim protease berupa renin dan pepsin. 
  • Daftar enzim pencernaan disekresi oleh lambung antara lain

  1. Pepsin: Menyederhanakan protein menjadi peptida kecil 
  2. amilase: Degradasi pati 
  3. Gelatinase: Degradasi gelatin dan kolagen hadir sebagai proteoglikan dalam daging 
  4. Rennin: Konversi susu cair untuk partikel padat 
  5. Lipase lambung: Degradasi lemak mentega 
Pankreas
Pankreas adalah gudang enzim pencernaan dan merupakan kelenjar pencernaan utama tubuh kita. 
  • Enzim-enzim amilase akan menguraikan karbohidrat pati menjadi gula sederhana. 
  • Mereka juga mengeluarkan kelompok enzim yang membantu dalam degradasi asam nukleat. 
  • Pankreas juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin karena menghasilkan hormon insulin dan kelenjar eksokrin karena menghasilkan Enzim TLA 
  • Enzim-enzim TLA itu berupa Tripsin - Lipase - Amilase yang berupa Disakarase . 
  • Sekresi Pancreas secara detail adalah

  1. Lipase pankreas: mendegradasi trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol 
  2. Phospholipase: menghidrolisis fosfolipid menjadi asam lemak dan zat lipofilik 
  3. Tripsin: Mengkonversi pepton dari lambung menjadi asam amino  
  4. Steapsin. Lipase Pancreas : menguraikan trigliserida (Lemak) menjadi gliserol dan asam lemak 
  5. Chymotrypsin: Mengkonversi protein menjadi asam amino aromatik 
  6. Carboxypeptidase: Degradasi protein menjadi asam amino 
  7. Pankreas amilase meliputi maltase , LAktase dan Sukrase yang mendegradasi karbohidrat menjadi gula sederhana 
  8. Elastases: Turunkan protein elastin 
  9. Nucleases: Konversi asam nukleat nukleotida dan nukleosida 

Usus Halus

Langkah terakhir pencernaan dilakukan oleh usus kecil. Ini berisi sekelompok enzim yang rinciannya produk tercerna oleh pankreas. Ini terjadi sesaat sebelum ekskresi. Makanan akan dikonversi menjadi bentuk semi-padat dengan aktivitas enzim hadir dalam duodenum, jejunum, dan ileum. Enzim berfungsi di bagian sistem pencernaan yang disebutkan di bawah.

  1. Sukrase: Mengubah sukrosa disakarida dan monosakarida 
  2. Maltase: Mengubah maltosa menjadi glukosa 
  3. Laktase: Mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa 
  4. Isomaltase: Mengubah  maltosa untuk isomaltose 
Setelah mengetahui jenis enzim pencernaan dan fungsi masing-masing, saya harap Anda mengerti bagaimana rumit sistem pencernaan manusia bekerja. Produk akhir pencernaan yaitu kotoran tersebut kemudian diangkut ke usus besar dari mana ia diusir.

Support web ini

BEST ARTIKEL