Thursday, December 26, 2013

SOAL UN 2013 BIOLOGI IPA SMP

SOAL UN UNTUKLATIHAN YA .....OK


Indikator SKL: Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Indikator soal :Disajikan data zat aditif makanan siswa dapat mengidentifikasi zat aditif pewarna sintetis pada makanan

Butir soal

1. Berikut adalah data mengenai komposisi pada kemasan makanan: Tepung terigu, tepung tapioka, minyak sayur, perisa ayam, rempah rempah, pemantap nabati, tartrazin , monosodium glutamate, asam folat, garam gula, dan bubuk cabe. Manakah zat pewarna sintetis yang terdapat pada kemasan makanan tersebut?
A. monosodium glutamate
B. tartrazin cl 19140
C. pemantap nabat
D. asam folat

Indikator SKL : Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
Indikator soal : Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh zat adiktif depresi

Butir soal
2. Putaw, heroin, alkohol, diazepam, morfin termasuk contoh zat psikotropika yang mempunyai jenis efek depresan, gejala yang tampak pada pemakainya adalah....
A. berperilaku agresif
B. berperilaku hiperaktif
C. berhalusinasi
D. tidak sadarkan diri

Indikator SKL : Mengidentifikasi ciri - ciri makhluk hidup
Indikator soal : Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar

Butir soal

3. Perhatikan gambar berikut. -

Gambar tersebut menunjukan bahwa mahluk hidup mempunyai ciri ....
A. memerlukan cahaya matahari
B. peka terhadap rangsang
C. memerlukan nutrisi
D. tumbuh dan berkembang

Indikator SKL:Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
Indikator soal:Disajikan beberapa gambar hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi

Butir soal

4. Perhatikan berikut

Kelompok hewan yang bernapas dengan menggunakan paru-paru adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 2

Indikator SKL:Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal : Diberikan contoh pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)

Butir soal
5. Interaksi antara lebah yang mengambil nektar dari bunga, sementara kehadiran lebah Membantu proses polinasi bunga digolongkan pada simbiosis....
A. komensalisme
B. parasitisme
C. predator
D. mutualisme

Indikator SKL: Menjelaskan usaha -usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator soal : Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran udara

Butir soal

6. Perhatikan gambar berikut ini


Akibat aktivitas pabrik dengan cerobong asap seperti pada gambar di atas maka akan menimbulkan pencemaran udara di lingkungan sekitarnya. Usaha yang dapat kitalakukan untuk mengurangi pencemaran udara itu adalah ...
A. mengecilkan cerobong asap pabrik
B. melakukan uji emisi gas buangan
C. membuat intalasi pembuangan asap atau gas yang baik
D. mengantikan bahan bakar batu bara dengan gas

Indikator SKL:Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
Indikator soal : Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan

Kebutuhan pangan, siswa dapat menjelaskan hubungan tersebut

Butir soal :

7. Perhatikan grafik berikut

Grafik yang menunjukan hubungan antara kebutuhanan makanan dengan peningkatan populasi manusia disuatu daerah adalah....
X :kepadatan populasi manusia
Y : kebutuhan makanan

Indikator SKL: Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya

Indikator Soal : Siswa dapat menetukan contoh penyakit /kelainan sistem peredaran darah

Butir soal :

8. Perhatikan kelainan penyakit berikut!
1. Anemia
2. Varises
3. Leukemia
4. Arteriosklerosis
5. Haemofilia
Kelainan penyakit yang berhubungan dengan sel darah adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 4, dan 5
D. 3, 4dan 5

Indikator SKL: Menjelaskan system pencernaan dan enzim enzim yang berperan pada proses pencernaan
Indikator soal : Disajikan gambar organ pencernaan siswa dapat menentukan fungsi enzim dalam proses pencernaan makanan
Butir soal :
9. Perhatikan gambar berikut


Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dan asam amino dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 2

Indikator SKL : Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal : Diberikan data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut

Butir soal :
10. Perhatikan data berikut
1. Rongga paru -paru membesar
2. Tekanan udara dalam paru-paru besar
3. Kontraksi otot diafragma mendatar
4. Udara dalam paru-paru keluar
Fase ekspirasi pada pernapasan perut di tunjukan oleh nomor ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 1

Indikator SKL:Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal : Disajikan gambar tentang kelainan pada susunan tulang belakang, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.

Butir Soal:
11. Perhatikan gambar berikut !

Penyebab terjadinya kelainan seperti ditunjuk dengan gambar adalah...
A. penyakit TBC dan posisi duduk yang salah
B. mengidap polio dan posisi duduk yang salah
C. artritis dan serangan bakteri
D. posisi duduk dan gizi yang salah

Indikator SKL:Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungandengannya
Indikator Soal
Siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan proses pembentukan urine pada ginjal

Butir soal:
12. Hasil dari augmentasi pada proses pembentukan urine pada nefron ginjal adalah....
A. filtrat tubulus
B. filtrat glomerulus
C. urine sekunder
D. urine sesungguhnya

Indikator SKL : Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsang yang disebabkan oleh jenis gerak tertentu

Butir soal:
13. Perjalanan impuls pada gerak reflex saat kita bersin adalah ....
A. reseptor sel saraf motorik otak besar sel saraf sensorik otot
B. reseptor sel saraf sensorik otak kecil sel saraf motorik otot
C. reseptor sel saraf sensorik sumsum lanjutan sel saraf motorik otot
D. reseptor sel saraf motorik sumsum tulang belakang sel saraf sensorik otot

Indikator SKL:Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
Indikator Soal : Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan pada tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis jaringan tertentu pada tumbuhan

14. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Terdapat pada bagian permukaan tubuh tumbuhan
2. Berfungsi melindunghi jaringan di bawahnya
3. Mengandung kloroplas dengan jumlah sedikit
4. Tersusun atas satu lapisan sel yang sama
5. Menyimpan cadangan makanan
Pernyataan yang menunjukkan ciri dari jaringan epidermis pada tumbuhan adalah....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 3, 4, dan 5

Indikator SKL: Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal : Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar,siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai/benar.

Butir soal :

15. Perhatikan contoh gerak pada tumbuhan berikut ini!
1. Pecahnya polong biji kacang-kacangan yang sudah dewasa saat udarakering
2. Tanaman putri malu akan mekar bunganya saat disentuh
3. Arah tumbuh ujung kecambah menuju sumber cahaya
4. Gerak membuka daun tanaman bunga pukul empat menjelang petang.
Perubahan ini disebabkan karena rangsangan suasana yang gelap.Pernyataan di atasyang sesuai ditunjuk oleh nomor....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

Indikator SKL: Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan percobaan tentang proses tersebut
Indikator Soal : Siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimiawi fotosintesis dengan benar

Butir soal :

16. Reaksi kimia fotosintesis yang benar adalah...
A. 6CO2+6 H2OC6H12O6+6 O2
B. 6CO2+ 6O26C6H12O6+ 6H2O
C. 6C6H12O6+ 6H2O6CO2+6 O2
D. 6CO2+ H2O6C6H12O6+6 O2

Indikator SKL: Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator Soal :Siswa dapat memberikan contoh faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
Butir Soal :
17. Faktor ekternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diantaranya adalah...
A. genetik dan hormon
B. hormon dan nutrisi
C. nutrisi dan kelembaban
D. Suhu dan Genetik

Indikator SKL: Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Indikator Soal :Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
Butir soal :18. Tujuan dari paus secara periodik naik ke permukaan adalah....
A. mengambil udara untuk bernafas
B. mengejar ikan kecil untuk dimangsa
C. mengatur tekanan udara dalam tubuh
D. menjaga agar kadar air tubuhnya stabil

Indikator SKL : Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Indikator Soal : Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
Butir Soal
19. Persilangan antara tanaman bunga pukul empat warna merah dengan warna putih menghasilkan tanaman (F1) berbunga merah jambu. Maka apabila F1 disilangkan dengan sesamanya dan menghasilkan tanaman F2 sebanyak 32 tanaman, maka kemungkinan akan dihasilkan tanaman berbunga merah sebanyak ....
A. 6
B. 8
C. 12
D. 16

Indikator SKL : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Indikator soal : Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
Butir soal :
20. Manfaat produk bioteknologi dalam bidang kesehatan diantarnya adalah...
A. ditemukannya vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu
B. antibodi monoclonal yang dimanfaatkan untuk menjaga serangan bakteri dan jamur
C. insulin dimanfaatkan untuk menyerang dan membunuh sel tumor atau kanker
D. antibiotik mengontrol kadar gula darah bagi penderita kencing manis (diabetes mellitus)


TRY OUT  IPA FISIKA
1. Contoh-contoh besaran di bawah yang semuanya merupakan besaran turunan adalah ....
a. kecepatan, massa jenis, jarak
b. rapat arus listrik, percepatan gravitasi, kalor jenis
c. periode getaran, tekanan, panjang gelombang
d. berat, massa, energi

2. Jika F adalah gaya dengan satuan Newton (N) dan v adalah kecepatan dengan satuan m/detik, maka satuan b dari persamaan : F= - b v adalah ....
a. kg/s
b. N/s
c. kg/m
d. m/s2

3. Nilai tetapan gravitasi G adalah 6,7 x 10-11 N m2 kg-2. Dimensi tetapan G adalah ....
a. ML-2 T-1
b. MLT
c. M-2 LT-1
d. ML-1 T-2

4. Setengah liter susu segar diperlukan sebagai bahan campuran saus puding, maka susu yang harus dimasukkan ke dalam bahan saus puding sebanyak ….
a. 5000 ml
b. 500 cc
c. 50 dm3
d. 5 m3

5. Dua buah vektor memiliki titik pangkal berimpit. Besar masing-masing vektor adalah 3 satuan dan 4 satuan. Jika sudut apit antara dua vektor tersebut adalah 60o maka besar resultan dua buah vektor tersebut adalah ....
a.
b. 35,7
c.
d.

6. Perhatikan gambar berikut

Hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong berikut adalah ....
a. 42,4 cm
b. 4,54 cm
c. 4,26 cm
d. 4,24 cm

7. Sebuah benda mula-mula bergerak lurus ke kiri sejauh 15 m kemudian ke kanan sejauh 10 m. Jarak tempuh dan perpindahan benda tersebut adalah . . .
a. 5 m dan 25 m ke kanan
b. 25 m dan 5 m ke kanan
c. 5 m dan 25 m ke kiri
d. 25 m dan 5 m ke kiri

8. Berikut ini yang termasuk gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah...
a. Adi bergerak dengan kecepatan tetap dari rumah ke sekolah
b. Pak Karwo mengerem mobilnya mendadak
c. Buah mangga jatuh dari pohonnya
d. Bola yang ditendang dan berubah arahnya

9. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 60 km/jam. Dua ratus meter di belakangnya bergerak sebuah truk dengan kecepatan tetap 80 km/jam, searah dengan mobil itu. Setelah berapa lama mobil itu dilewati truk?
a. 9 detik
b. 12 detik
c. 24 detik
d. 36 detik

10. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 40 m. Jika percepatan gravitasi bumi di tempat itu 10 m/s2, maka pada saat benda berada di ketinggian 20 m dari tanah kecepatan benda tersebut adalah . . ..
a. 10 m.s-1
b. 20 m.s-1
c. 15 m.s-1
d. 25 m.s-1

11. Fenomena berikut ini yang tidak sesuai dengan hukum III Newton adalah …
a. Bumi menarik bulan sebagai reaksi dari bulan menarik bumi
b. Roket meluncur sebagai reaksi dari menyemburnya gas diekor roket
c. Gaya normal oleh meja kepada balok sebagai reaksi dari gaya berat balok
d. Gaya aksi reaksi pada dua anak yang bermain saling mendorong

12. Peristiwa di bawah ini yang tidak mempunyai hukum kelembaman adalah ...
a. Bila mobil yang kita tumpangi direm mendadak, tubuh kita terdorong ke depan
b. Bila kita berdiri di mobil, tiba-tiba mobil bergerak maju tubuh kita terdorong ke belakang
c. Pemain ski yang sedang melaju, tiba-tiba tali putus, pemain ski tetap bergerak maju
d. Penerjun payung bergerak turun ke bawah walaupun tidak didorong dari atas

13. Perhatikan gambar berikut

Sebuah sistem di atas terdiri dari 4 balok dengan massa A = 2 kg, B = 2 kg, C = 2 kg, dan D = 4 kg. Apabila lantai licin dan percepatan gravitasi 10 m/s2. Tentukan tegangan tali T1!
a. 2 N
b. 6 N
c. 4 N
d. 8 N

14. Sebuah buku bergerak turun pada bidang miring kasar. Maka...
(1) usaha yang dilakukan gaya total sama dengan perbedaan energi potensial buku
(2) usaha yang dilakukan gaya total ditentukan oleh perbedaan energi kinetik buku
(3) usaha yang dilakukan gaya total bergantung pada energi potensial buku
(4) jumlah energi kinetik dan potensial buku tidak tetap
Jawaban yang benar aadalah ....
a. (1), (2), (3) benar
b. (1) dan (3) benar
c. (2) dan (4) benar
d. (4) benar

15. Sebuah benda bermassa 2 kg diletakkan pada sebuah bidang miring dengan ketinggian 16 m dan sisi miring 25 m, kemudian benda tersebut bergerak menuruni bidang miring. Apabila kecepatan pada saat mencapai ujung bidang miring adalah 15 m/s, berapakah usaha yang dilakukan oleh gaya gesek ?
a. 45 J
b. 75 J
c. 95 J
d. 125 J

16. Sebuah bejana yang penuh dengan air tertutup oleh dua silinder yang berbeda ukuran Silinder kiri dibebani balok A yang bermassa mA dan silinder kanan dibebani balok B yang bermassa mB. Jari jari silinder kanan dua kali jari jari silinder kiri. Massa kedua silinder jauh lebih kecil daripada massa kedua balok dan gesekan kedua silinder dengan bejana diabaikan. Jika kedua silinder berada dalam keadaan diam maka ..
a. mA=mB/4
b. mA=mB/2
c. mA=2mB
d. mA=4mB

17. Seseorang yang menyelam di laut terlalu dalam, maka akan terasa sesak nafasnya, hal ini disebabkan oleh :


a. suhu air di dalam laut tinggi


b. terlalu lama di dalam air


c. semakin ke dalam, tekanan zat cair semakin besar


d. air yang mendesak pernafasan terlalu luas






18. Gejala kapilaritas adalah gejala...


a. Naiknya permukaan zat cair karena tekanannya lebih besar dari tekanan udara


b. Naiknya permukaan zat cair pada pembuluh rambut


c. Tekanan zat cair pada pipa kaca yang tidak bergantung pada besar lubang pipa


d. Permukaan zat cair yang selalu dalam keadaan mendatar






19. Sebuah benda dengan massa 1 kg bergerak kearah sumbuh x positif dengan kecepatan 2 m/s. Benda yang lain dengan massa 2 kg bergerak dengan kecepatan 2 m/s dari arah berlawanan. Setelah tumbukan keduanya bergerak bersama, pernyataan berikut yang benar adalah…


a. Kedua benda bergerak dengan kecepatan 1 m/s


b. Kedua benda bergerak dengan kecepatan 2 m/s


c. Kedua benda bergerak dengan kecepatan 3 m/s


d. Kedua benda bergerak ke arah sumbu x positif






20. Dari besaran-besaran yang dimiliki gelombang berikut, ada satu besaran yang tidak tergantung pada besaran lainnya, yaitu ….




a. Frekuensi


b. Periode


c. Amplitudo


d. Cepat rambat








21. Dua buah kayu berjarak 42 m terapung di permukaan air dan bergerak turun naik dengan permukaan air, dengan frekuensi 50 Hz. Bila salah satu kayu berada di lembah gelombang, maka kayu yang lain berada di puncak bukit gelombang dan di antara kedua kayu terdapat tiga lembah gelombang. Berapa kecepatan gelombang di atas permukaan air?




a. 900 m/s


b. 600 m/s


c. 300 m/s


d. 150 m/s








22. Perhatikan pernyataan berikut:


1) Bunyi adalah gelombang longitudinal


2) Bunyi dapat merambat melalui vakum


3) Bunyi adalah gelombang elektromagnetik


4) Cepat rambat bunyi di air lebih besar dari cepat rambat bunyi di udara





Pernyataan yang benar mengenai bunyi adalah ….




a. 1 dan 2


b. 1 dan 4


c. 2 dan 3


d. 3 dan 4





23. Sebuah kapal melalui laut yang dalamnya 2.100 m sambil mengirim pulsa ultrasonic dari fathometer. Apabila cepat rambat bunyi di air 1.400 m/s, maka selang waktu yang akan di catat oleh fathometer, mulai pulsa ultrasonik dikirim sampai diterima kembali adalah ….




a. 1 s


b. 2 s


c. 3 s


d. 4 s








24. Seutas dawai yang panjangnya 50 cm dipetik dan menghasilkan bunyi dengan frekuensi 100 Hz. Jika dawai itu ditumpu ditengahnya, maka frekuensi bunyi dari hasil petikannya menjadi ….




a. 25 Hz


b. 50 Hz


c. 100 Hz


d. 200Hz








25. Pelangi dapat dilihat apabila….


a. Matahari di atas kita dan ada titik air di lapisan atmosfer atas


b. Matahari berada di depan kita dan ada hujan di belakang kita


c. Ada hujan dan matahari di depan kita


d. Ada hujan di depan kita dan matahari di belakang kita






26. Jika cahaya putih dilewatkan pada sebuah kisi difraksi, maka akan dihasilkan tiga orde pertama spektrum pada layar. Warna spektrum pusat tersebut adalah ….




a. Putih


b. Ungu


c. Merah


d. Hijau








27. Sebuah cermin cembung ditempatkan di tikungan jalan. Ketika terdapat benda yang jaraknya 2 m dari cermin, bayangan yang terbentuk 1/16 kali tinggi benda. Jarak fokus cermin adalah ….




a. 2/17


b. 2/15


c. 5/8


d. 15/2








28. Bayangan sebuah benda yang dibentuk oleh lensa mata dan jatuh di retina mempunyai sifat ….




a. nyata, terbalik diperkecil


b. nyata, tegak, sama besar


c. maya, terbalik, diperbesar


d. maya, tegak, diperkecil








29. Sebuah benda bercahaya terpisah dari layar sejauh D. Panjang fokus maksimum suatu lensa yang ditempatkan antara benda dan layar agar objek tetap terfokus di layar adalah ….




a. 4D


b. 2D


c. ½ D


d. ¼D








30. Sebuah mikroskop mempunyai lensa objektif yang berjarak titik api 7,5 mm dan okuler yang berjarak titik api 2 cm. Jarak antara objektif dan okuler 20 cm. Perbesaran mikroskop untuk mata normal yang tidak berakomodasi adalah ….




a. 287,5 kali


b. 324,2 kali


c. 572,6 kali


d. 1.269,5 kali









31. Cahaya yang merambat dari suatu medium ke medium yang lain mengalami perubahan ….


1) Cepat rambat cahaya


2) Arah


3) Panjang gelombang


4) Frekuensi





Jawaban yang benar adalah ….




a. 1, 2 dan 3


b. 1 dan 3


c. 2 dan 4


d. 4 saja





32. Alkohol dan raksa banyak digunakan dalam pembuatan termometer. Termometer yang harus digunakan untuk mengukur titik didih air adalah termometer . . .


a. Alkohol karena aman digunakan dan tidak beracun.


b. Alkohol dapat diberi warna sehingga lebih mudah terbaca.


c. Raksa karena bacaannya termometer raksa lebih mudah diamati.


d. Raksa karena titik didihnya lebih tinggi dari titik didih air.






33. Pak Fajar memiliki sepotong es dimasukkan ke dalam sebuah bejana, kemudian dipanaskan. Es berubah menjadi air. Apabila terus – menerus dipanaskan, air mendidih, dan menguap. Kesimpulan tentang hubungan antara kalor dengan perubahan bentuk zat adalah . . .


a. Melebur dan menguap memerlukan kalor


b. Menguap dan mengembun memerlukan kalor


c. Membeku dan melebur melepaskan kalor


d. Melebur dan mengembun melepaskan kalor






34. Perhatikan gambar


Sebuah bimetal pada suhu 26°C berikut !













Ketika bimetal tersebut dinaikkan suhunya menjadi 50°C peristiwa yang terjadi sebagai berikut :








No.


Bimetal membengkok


Karena koefisien muai panjang logam (a)



1.


Ke arah logam (a)


Lebih besar dari koefisien muai panjang logam (b)



2.


Ke arah logam (b)


Lebih besar dari koefisien muai panjang logam (a)



3.


Ke arah logam (a)


Lebih kecil dari koefisien muai panjang logam (b)



4.


Ke arah logam (b)


Lebih kecil dari koefisien muai panjang logam (a)







Arah membengkok dan alasan yang benar ditunjukkan oleh . . .




1. (1) dan (2)


2. (1) dan (4)


3. (2) dan (3)


4. (3) dan (4)








35. Mengompres seorang penderita panas tinggi dengan handuk basah dapat menurunkan suhu Tubuhnya. Peristiwa ini termasuk aplikasi konsep . . .




a. Konduksi dan radiasi


b. Konveksi dan radiasi


c. Konduksi dan konveksi


d. Konduksi, konveksi dan radiasi












36. Misalkan ada empat muatan listrik: A, B, C dan D. Jika muatan A dan B didekatkan saling tarik menarik, B dan C didekatkan akan tolak menolak, B dan D didekatkan akan tarik menarik. Jika A bermuatan positif, maka muatan B, C dan D adalah . . .




a. B = positif, C = negatif, D = positif


b. B = negatif, C = negatif, D = positif


c. B = negatif, C = positif, D = negatif


d. B = positif, C = positif, D = negatif






37. Sebuah mobil mainan anak memnggunakan baterai 9 volt. Didalam mainan tersebut terdapat kumparan yang berputar diantara dua magnet. Ketika mainan dihidupkan konsep fisika yang diterapkan pada mainan tersebut adalah . . .




a. Rangkaian arus DC


b. Rangkaian magnetik


c. Induksi magnetik


d. Imbas elektromagnetik









38. Tegangan yang dihasilkan oleh generator dapat diperbesar dengan menggunakan cara . . .


a. Memperbesar waktu putaran


b. Mempercepat putaran kumparan


c. Mengurangi banyaknya lilitan


d. Memperkecil luas penampang kumparan






39. Dua buah kabel diletakkan sejajar satu terhadap yang lain. Diamati bahwa dalam daerah di antara kedua kabel terdapat tempat-tempat yang medan magnetnya nol. Maka:


a. Kedua kabel pasti dialiri arus yang sama kuat dan berlawanan arah.


b. Kedua kabel mungkin dialiri arus yang berlawanan arah.


c. Kedua kabel pasti dialiri arus yang sama kuat dan searah.


d. Kedua kabel mungkin dialiri arus yang sama kuat dan searah.










Pernyataan yang benar adalah . . .


a. (1), (2), (3) benar


b. (1) dan (3) benar


c. (2) dan (4) benar


d. (4) benar






40. Sebongkah es yang massanya 125 gram pada suhu 0°C dimasukkan ke dalam 0,5 kg air yang memiliki suhu sebesar 20°C. Bila kalor lebur es 80 kal/gr dan kalor jenis es 1 kal/gr°C. Maka suhu akhir campurannya . . .





a. 0°C


b. 5°C


c. 15°C


d. 20°C












41. Dua batang A dan B dengan ukuran yang sama tetapi jenis logam yang berbeda disambungkan seperti pada gambar. Ujung kiri batang A bersuhu 80°C dan ujung kanan batang B bersuhu 5°C. Jika koefisien konduksi kalor batang B adalah dua kali koefisien konduksi kalor batang A, maka suhu pada bidang batas batang A dan batang B adalah . . .









a. 30°C


b. 45°C


c. 60°C


d. 75°C









42. Perhatikan gambar rangkaian berikut:

















Jika R1 = 20 Ώ, R2 = 60 Ώ, R3 = 30 Ώ dan R4 = 20 Ώ dihubungkan dengan sumber tegangan 120 V. Maka besarnya kuat arus I1 , I2, dan I3 adalah . . .


a. 2/3 A, 2 A dan 4/3 A


b. 4/3 A , 2 A dan 2/3 A


c. 2 A, 2/3 A dan 4/3 A


d. 2 A, 4/3 A dan 2/3 A






43. Muatan listrik +q1 = 10µC; +q2 = 20µC dan q3 terpisah seperti pada gambar dengan medium udara. Agar gaya Coulomb yang bekerja pada q2 = nol; maka muatan q3 adalah . . .









a. – 4 µC


b. – 2 µC


c. + 2 µC


d. + 4 µC









44. Dua buah lampu masing – masing tertulis 60 watt 120 volt dan 40 watt 120 volt. Jika kedua lampu tersebut dihubungkan seri pada tegangan 120 120 volt, maka jumlah daya pada kedua lampu tersebut . . .




a. 100 watt


b. 50 watt


c. 24 watt


d. 18 watt





45. Kota A terletak pada 15o BB menunjukkan tepat pukul 09.00. pada saat yang sama kota B menunjukkan tepat pukul 11.00 dan kota C menunjukkan pukul 06.44. Kota B terletak pada garis bujur ....




a. 15o BT


b. 15o BB


c. 49o BT


d. 49o BB









46. Dua buah planet S dan T mengorbit Matahari. Perbandingan antara jarak planet T dan planet S ke Matahari adalah 9 : 4. Apabila periode planet S mengelilingi matahari 24 hari, periode planet T adalah ....




a. 88 hari


b. 84 hari


c. 81 hari


d. 60 hari




47. Astronot akan memiliki berat paling besar di planet ....




a. Bumi


b. Mars


c. Yupiter


d. Saturnus




48. Perhatikan gas-gas berikut!


1) oksigen


2) karbondioksida


3) nitrogen


4) argon






Banyaknya gas yang terdapat di atmosfer bumi kita mulai dari yang terbesar adalah ....


a. 1), 2), 3) dan 4)


b. 1), 3), 2) dan 4)


c. 4), 3), 2) dan 1)


d. 3), 1), 4), dan 2)





49. Gerhana matahari dapat terjadi pada ....




a. bulan baru


b. kuartir pertama dan terakhir


c. bulan purnama


d. kapan saja




50. Perhatikan pernyataan berikut!


1) Pergantian siang dan malam


2) Pergantian musim


3) Gerak semu harian benda langit


4) Gerak semu tahunan matahari


5) Perbedaan waktu





Yang merupakan akibat dari pertuparan bumi pada porosnya adalah ....




a. 1), 3), dan 5)


b. 2), 3), dan 4)


c. 1), 2), dan 3)


d. 3), 4), dan 5)

UJIAN NASIONAL 2014 SEPERTINYA INI YANG DIINGANKAN


Nggak usah nunggu materinya biologi itu ya hanya ini maka nggak perlu nunggu nunggu kisi kalaupun kelebihan ya untuk materi umptn hehehe (nanti akan saya Link dengan isi blog ini) OK   

  1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek  permasalahan biologi melalui metode ilmiah. 1    2      3  
  2. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi. 1      2     3
  3. Menjelaskan peran Virus  1     2     3
  4. Menjelaskan peran  Archaebacteria  dan Eubacteria bagi kehidupan manusia. 1    2     3
  5. Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (protista jamur, protista protozoa, protista alga). 1      2      3
  6. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup. 1       2       3
  7. Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.  1       2     3
  8. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
  9.  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
  10. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidupdan klasifikasinya, peranankeanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
  11. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
  12. Menganalisis hubungan antarkomponendanaliranenergi dalam suatu ekosistem.
  13. Menjelaskan proses yang terjadi pada daur  biogeokimia
  14. Menganalisis hubungan antarakomponen ekosistem, perubahanmateri dan energi serta peran manusiadalam keseimbangan ekosistem.
  15. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusiadengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
  16. Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya,serta proses yang terjadi pada sel.
  17. Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan danhewan.
  18. Menjelaskan struktur dan fungsi selserta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
  19. Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan padatumbuhan dan hewan.
  20. Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
  21. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusiadan gangguannya.
  22. Menjelaskan sistem pencernaan makanan padamanusia dan gangguannya.
  23. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dangangguannya.
  24. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dangangguannya.
  25. Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
  26. Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
  27. Menjelaskan struktur dan fungsisistem organ manusia sertakelainan/penyakit yang mungkinterjadi pada organ tersebut.
  28. Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
  29. Menjelaskan faktor-faktor yangmempengaruhi proses pertumbuhan
  30. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. dan perkembangan yang terjadi padatumbuhan melalui hasil percobaanatau pengamatan.
  31. Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
  32. Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
  33. Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
  34. Mendeskripsikan proses metabolismekarbohidrat dan kemosintesis.
  35. Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
  36. Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, ataukromosom.
  37. Menjelaskan proses sintesis protein.
  38. Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahanmitosis/meiosis/gametogenesis.
  39. Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukumMendel.
  40. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangansemu hukum Mendel.
  41. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
  42. Memahami konsep dasar hereditas,reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
  43. Menjelaskan peristiwa mutasi.
  44. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
  45. Menjelaskan teori evolusi danimplikasi pada perkembangan sains.
  46. Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
  47. Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
  48. Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologikonvensional/ modern
  49. Menjelaskan prinsip-prinsip danaplikasi bioteknologi
  50. Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagimasyarakat dan lingkungan.
TEST UN YANG UDAH DI UAN KAN UNTUK LATIHAN
DARI 4000 SOAL MASAK NGGAK ADA YAANG COCOK TO HAHAHA

  1. SOAL UN 1
  2. SOAL UN 2
  3. SOAL UN 3
  4. SOAL UN 4
  5. SOAL UN 5
  6. SOAL UN 6
  7. SOAL UN 7

Wednesday, December 25, 2013

SHORT CUT GENETIKA MENDEL

Kali ini saya posting Materi Genetika serba cukup, Fokus nggak kemana mana, smg Jelas hehehe

Percobaan Mendel dilakukan pada tanaman kacang ercis dengan menggunakan diagram persilangan dan beberapa istilah. Berikut istilah-istilah yang digunakan dalam diagram persilangan:


  1.  Parental : induk/orang tua, baik jantan maupun betina yang dikawinkan
  2. Gamet : sel kelamin
  3. Filial : keturunan/anak
  4. Genotip : susunan gen yang tidak dapat diamati langsung/yang tidak tampak, biasanya disimbolkan sesuai huruf depan sifat, misal bunga warna merah=simbol MM. Simbol huruf berpasangan karena kromosom tubuh tersusun 2n.
  5. Fenotip : sifat yang tampak dari susunan gen, misal merah, besar, manis, tinggi
  6. Dominan : sifat yang menang/menutupi/mengalahkan sifat yang lain, disimbolkan dengan huruf kapital
  7. Resesif : sifat yang kalah/ditutupi/dikalahkan sifat yang lain, disimbolkan dengan huruf kecil
  8. Intermediet : sifat yang tidak menang maupun tidak kalah/mempunyai kekuatan yang sama muncul pada keturunan.
  9. Homozigot : genotip yang terdiri dari pasangan gen yang hurufnya sama (kapital semua/kecil semua), misal MM, mm, AABB, aabb
  10. Heterozigot : genotip yang terdiri dari pasangan gen yang hurufnya berbeda (kapital dan kecil), misal Mm, Aa, Bb, AaBb
  11. Hibrid : persilangan individu dengan sifat beda, misalnya monohibrid (1 sifat beda, dihibrid (2 sifat beda)




Pewarisan Sifat Menurut Mendel :

Untuk mengembangkan dan membuktikan teori pewarisan sifat, Mendel melakukan

1.    Eksperimen pembastaran/ kawin silang pada tanaman kacang kapri ( Pisum sativum):
1. 1 sifat beda (monohibrid)
2. 2 sifat beda (dihibrid)
3. 3 sifat beda (trihibrid)
4. Banyak sifat beda (polihibrid)
2.    Membuat simbol-simbol untuk tiap-tiap persilangan :
P = Parental/induk : P1 , P2
F = Filial/filius/keturunan : F1 , F2
G = Gamet
Gen = Genotife
Fen = Fenotipe
Penulisan huruf besar double mis : BB , MM dll = u/ induk homozigot dominan
Penulisan huruf kecil double mis : bb , mm dll = u/ induk homozigot resesif
Penulisan huruf besar dan kecil mis : Bb , Mm dll = u/ induk heterozigot.
3.    Membuat hukum hukum
Hukum Mendel I (Prinsip Segregasi Bebas)
" Pd saat pembentukkan gamet terjadi pemisahan bebas dr sifat/gen yang dikandung induk, sehingga setiap gamet mengandung gen yg telah memisah secara acak dari induknya"
Mis
1.      monohibrid : Bb gamet masing2 B dan bk
2.      dihibrid : BbPp gamet masing2 BP , Bp , bP , bp
3.      trihibrid : MMPPQg gamet masing2 MPQ , MPq
4.      trihibrid : RrkkBb gamet masing2 RkB , Rkb , rkB , rkb
5.      polihibrid : AaBbCcDD gamet  : ABCD , ABcD , AbCD , AbcD , aBCD, aBcD, abCD , abcD
Contoh soal :

1. Dik : Kapri biji bulat (B = Bulat ) dikawinkan dengan kapri biji keriput (b = keriput).
Dit : Tentukan F1 dan F2
Jawab :
P : BB x bb
Gamet : B ; b
F1 : Bb (bulat)

P2 : Bb x Bb
Gamet : B, b ; B, b
F2 : BB, Bb, Bb, bb
( Bulat) (Bulat ) (Bulat) ( keriput)
Ratio fen: 3 : 1
Ratio gen: 1 : 2 : 1

BB = homozigot dominan
Bb = heterozigot
Bb = homozigot resesif

2. Dik : kapri batang tinggi (T) disilangkan dengan kapri batang rendah (t)
Dit : Tentukan F1 dan F2
Jawab :

P : TT x tt
Gamet : T ; t
F1 : Tt

P2 : Tt x Tt
Gamet : T,t ; T,t
F2 : TT, Tt, Tt, tt
Ratio gen: 1 : 2 : 1
Ratio fen : 3 : 1

II. Hukum Mendel II (Hukum Asortasi/Hukum Berpasangan Secara Bebas)
“ Setiap gen/sifat dapat berpasangan secara bebas dengan gen/sifat lain, tetapi gen untuk satu sifat tidak berpengaruh pada gen untuk sifat yang lain yang bukan termasuk alelnya”
(Terjadi pada persilangan dihibrid/plihibrid)

Contoh soal :

1.Dik : kapri biji bulat, warna kuning dikawinkan dengan kapri biji keriput warna hijau.
B = bulat, K = Kuning, b = keriput, k = hijau
Dit : Tentukan F1 dan F2!
Jawab :

P : BBKK x bbkk
(Bulat kuning) (keriput hijau)

Gamet : BK ; bk
F1 : BbKk

P2 : BbKk x BbKk
Gamet :BK, Bk, bK, bk ; BK, Bk, bK, bk
F2 :
: : BK--------- Bk-------- bK--------- bk
BK--- BBKK (1)--- BBKk (2)--- BbKK (3)--- BbKk (4)
Bk--- BBKk (5)--- BBkk (6)--- BbKk (7)--- Bbkk (8)
bK--- BbKK (9)--- BbKk (10)-- bbKK (11)-- bbKk (12)
bk--- BbKk (13)-- Bbkk (14)-- bbKk (15)-- bbkk (16)

Ratio Genotipe :
BBKK = 1 (1)
BBKk = 2 (2; 5)
BbKK = 2 (3; 9)
BbKk = 4 (4, 7, 10, 13 )
BBkk = 1 (6)
Bbkk = 2 ( 8; 14)
bbKK = 1 ( 11)
bbKk = 2 ( 12; 15 )
bbkk = 1 (16)
maka ratio genotype = 1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1
Ratio fenotipe : buat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1

2.Dik : Kapri batang tinggi (T), bunga kuning (K), dan letak bunga di ketiak/aksial (A) dominan terhadap kapri batang pendek (t), bunga putih (k) dan letak bunga di ujung (a). Kapri batang tinggi, warna kuning, letak bunga aksial heterozigot sempurna disilangkan sesamanya.
Dit : Tentukan macam genotype dan fenotipe keturunannya!
Jawab :
a. Rumus Jumlah macam gamet : 2n (n = jumlah pasangan alel yang heterozigot)
= 23 = 8
b. Rumus Jumlah kombinasi : (2n)2 = (23)2 = 64
c. Rumus Macam fenotype : 2n = 23 = 8
d. Rumus Macam genotype : 3n = 33 = 27
P : TtKkAa x TtKkAa
Gamet : TKA,TKa,TkA,Tka,tKA,tKa,tkA,tka ; TKA,TKa,TkA,Tka,tKA,tKa,tkA,tka
Ratio genotype :
1 TTKKAA : 2 TTKKAa : 1 TTKKaa : 2 TTKkAa : 4 TTKkAa : 2 TTKkaa : 1 TtkkAA : 2 TtkkAa : 1 Ttkkaa : 2 TtKKAA : 4 TtKkAa : 2 TtKKaa : 4 TtKkAA : 8 TtKkAa : 4 TtKkaa : 2 TtkkAA : 4 TtkkAa : 2 Ttkkaa : 1 ttKKAA : 2 ttKKAa : 1 ttKKaa : 2 ttKkAA : 4 ttKkAa : 2 ttKkaa : 1 ttkkAA : 2 ttkkAa : 1ttkkaa

Ratio fenotype :
Tinggi kuning aksial : tinggi kuning terminal : tinggi putih aksial : pendek kuning aksial : tinggi putih terminal : pendek kuning terminal : pendek putih aksial : pendek putih terminal =
27 : 9 : 9 : 9 : 3 : 3 : 3 : 1.

Cara Mencari Jumlah Macam Gamet
Rumus macam gamet : 2
n , n adalah jumlah pasangan alel yang heterozigot.
1. BB, jumlah pasangan alel heterozigot = 0, sehingga macam gamet : 2
0= 1 yaitu  gamet B
2. Aa, jumlah pasangan alel heterozigot = 1, sehingga macam gamet : 2
1 = 2 yaitu A dan a
3. AaBB,jumlah pasangan alel heterozigot = 1 sehingga macam gamet : 2
1= 2yaitu AB dan aB
4. AaBb, jumlah pasang alel heterozigot = 2 sehingga gamet : 2
2= 4 yaitu AB, Ab,aB,ab

Hubungan antara banyaknya Sifat Beda, Jumlah Gamet, serta Kombinasi Fenotipe dan
Genotipe keturunan F2 dapat dicari dengan menggunakan rumus al :

1.        rumus macam gamet : 2 n
2.        rumus kombinasi F2  2 n
3.        rumus jumlah macam fenotip : 2 n
4.        rumus banyaknya macam genotipe dalam F2 : 3n
5.        rumus banyak kombinasi baru yang homozigot : (2n)2

Menentukan hasil Ratio keturunan Kedua (F2) :
Untuk menghitung ratio (perbandingan) fenotip pada F2 dapat dilakukan dengan cara :
Segitiga Pascal


Prosedurnya
1.      Angka segitiga pascal itu digunakan sebagai ratio banyaknya
2.      Tentukan Konstanta 3 (mutlak)
3.      Kalikan angka segitiga pascal dengan bilangan Konstanta
4.      Pangkatkan konstanta itu sesuai hibridnya  , semakin kebelakang semakin turun
5.      Banyaknya pangkat juga bisa untuk menentukan banyaknya gen dominan

Misal : Hasil Perkawinan F2 monohibrid Mendel

1.      Jumlah Sifat beda 1 (monohibrid)
2.      Ambil angka segitiga pasca 1    :      1
3.      Kalikan dengan konstanta nya
4.      1 X 31  :  1  X 30
5.      Hasilnya  3 banyaknya 1 dan 1 banyaknya 1 jadi : 3 : 1 OK

2.  Misal lagi perkawinan pada sifat beda 2 (dihibrid) AaBb X AaBb

1.      Jumlah Sifat beda 2 (dihibrid)
2.     Ambil angka segitiga pasca 1    :   2   :   1
3.      Kalikan dengan konstanta nya
4.      1 X 32  :  2 X 31  :  1  X 30
5.      Hasilnya  9 banyaknya 1 dan 3 banyaknya 2 dan 1 banyaknya 1
6.      Jadi Ratio F2 muncul pada perkawinan dihibrid 9 : 3 : 3 : 1   OK

3.    Jumlah sifat beda 3 (trihibrid) AaBbCc x AaBbCc


1.        Jumlah Sifat beda 3 ( trihibrid)
2.       Ambil angka segitiga pasca 1    :   3   :    3  :   1
3.        Kalikan dengan konstanta nya
4.        1 X 33  :  3 X 32  :  3 X 31  :  1  X 30
5.        Hasilnya  27 banyaknya 1 dan 9 banyaknya 3 dan 3 banyaknya 3 dan 1 banyaknya 1
6.        Jadi Ratio F2 muncul pada perkawinan trihibrid dgn 3 sifat beda yaitu
27 : 9 : 9 : 9 : 3 : 3 : 3 : 1   OK

Supaya lebih detail artinya Ratio itu
1.      Sebanyak 27 keturunan  mempunyai 3 gen dominan A_B_C_
2.      Sebanyak 9   keturunan  mempunyai 2 gen dominan A_B_cc/ A_bbC_/ aaB_C_
3.      Sebanyak 3   keturunan  mempunyai 1 gen dominan A-bbcc / aaB_cc/aabbC_
4.      Sebanyak 1  keturunan  mempunyai  0 gen dominan  aabbcc

Jadi kalau ada soal dalam perkawinan itu menghasilkan F2 sebanyak 640 tanaman maka yang Baik sifatnya misalnya mangga manis besar wangi ambil yang punya 3 gen dominan
Jadi hasilnya 27 / 64 X 640 tanaman = 270 tanaman yang punya sifat seperti pada pertanyaan OK

Diagram Garpu (Branched System)

Cara mencari ratio antar fenotip yang dihasilkan :
- Setiap faktor dominan diberi angka 3 ; resesif diberi angka 1
- Kemudian nilai dari tiap faktor dikalikan sehingga diperoleh frekuensi masing2 fenotip
Mis :

1. Dik : Tanaman bunga merah (M), buah besar (N) heterozigot disilangkan sesamanya
Dit : Tentukan macam dan ratio fenotipe, jika sifat merah dominan terhadap putih dan sifat buah besar dominan terhadap sifat kecil.
Jawab :
P : MmNn x MmNn
Gamet : 2 pgkt 2 = 4
M : - N dan - n
m : - N dan – n
Jumlah kombinasi : (2 pgkt 2) kuadrat = 16
3M : - 3N dan - 1n = - 9 MN ( merah besar) dan – 3Mn (merah kecil)
1m : - 3N dan – 1n = - 3 mN (putih besar) dan – 1mn ( putih kecil)

- Untuk dominan homozigot diberi nilai 1; dominan heterozigot diberi nilai 2; dan resesif diberi nilai 1
- Kemudian nilai dari tiap faktor dikalikan sehingga diperoleh frekuensi masing2 fenotip
Mis :
2. Dik : Persilangan dihibrid antara buah manis (M) besar (B) yang masing2 dominan terhadap sifat hambar buah kecil (mmbb). Kedua induk heterozigot
Dit : Tentukan macam genotip dan fenotip keturunannya!
Jawab :
P : MmBb x MmBb
1MM : - 1BB ; - 2Bb ; - 1bb = 1MMBB = manis besar ; - 2MMBb = manis besar ; - 1MMbb (manis kecil)
2Mm : - 1BB ; - 2Bb ; - 1bb = 2MmBB = manis besar ; - 4MmBb = manis besar ; - 2Mmbb (manis kecil)
1mm : - 1BB ; - 2Bb ; - 1bb = 2mmBB = hambar besar ; - 4mmBb = hambar besar ; - 2mmbb (hambar kecil)

Persilangan Resiprok :

·      Persilangan yang tidak dipengaruhi oleh sifat yang dibawa oleh kelamin jantan atau kelamin betina
·      Mis : bunga warna merah disilangkan dgn bunga warna putih akan menghasilkan keturunan yang sama bila serbuk sari diambil dari bunga merah atau putih.
Mis : AA x aa = aa x AA
Backcross :
·      Persilangan F1 dgn salah satu induknya, dominan atau resesif
·      Tujuannya untuk mengetahui genotip induk
·      Mis :  F1 : Kk (kuning) x … induk…(putih)
Gamet : K, k  untuk induk jantan dan K
Hasil : Kk, kk = ratio fen kuning : putih = 1 : 1

Testcross :

·      Perkawinan F1 dgn salah satu induk yang resesif
·      Tujuannya u/ mengetahui individu yang diuji homozigot galur murni atau heterozigot
·      Jika ratio fen = 1 : 1 berarti heterozigot
·      Jika ratio fen = 100% sama berarti homozigot
F1 : ….?....(bulat) x bb (keriput)
Gamet : B, b induk jantan dan gamet b untuk induk betina
Hasil : Bb : bb = 50% : 50%, berarti individu heterozigot.



LATIHAN SOAL SEDERHANA


1.   Fenotip adalah sifat yang tampak dari luar merupakan ekspresi dari…
a.   Genotip                 
b. Genotip & lingkungan
c.   gen dominan         
d. gen resesif 

2. Bila sifat keturunan dari suatu persilangan merupakan kombinasi atau campuran dari sifat kedua induknya, maka disebut sifat…
a.   Dominan             
b. intermediet
c.   Resesif                  
d. komplementer

3. Gen yang menutupi pengaruh gen lain sehingga sifat yang dibawanya terekspresikan pada suatu individu disebut…
a.   gen dominan
b.   gen resesif
c.   gen komplementer
d.   gen intermediet

4. Perkawinan silang dengan hanya melibatkan satu sifat beda disebut perkawinan secara …
a.   Trihibrid               
b.   polyhibrid
c.   Monohibrid           
d. Dihibrid

5.   Individu homozigot adalah individu yang…
a.   memiliki gen yang sama-sama dominan atau sama-sama resesif
b.   memiliki gen yang dominan dan gen yang resesif
c.   memiliki genotipe yang sama dengan fenotipe
d.   memiliki fenotipe yang sama meskipun lingkungan berbeda

6.   Genotip homozigot ditunjukkan sebagai berikut kecuali…
a.   BB
b.   kk
c.   LlMm
d.   BBKK

7.   Individu dengan genotip AaBb akan memiliki gamet…….
a.   Aa, Bb
b.   AA, Aa, BB, Bb
c.   AB, ab
d.   AB, Ab, aB, ab

8.  Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominan terhadap gen bulu putih (h). Perkawinan 2 ekor kucing menghasilkan keturunan dengan rasio hitam : putih = 1 : 1. Berdasarkan data diatas, maka genotipe kedua induk kucing masing-masing adalah…
a.   HH dan HH            
b. Hh dan hh
c.   HH dan hh             
d. Hh dan Hh
9.   Bila bunga Mirabillis jalapa merah muda (Mm) disilangkan dengan putih (mm) akan menghasilkan keturunan…
a.     merah muda : putih = 2 : 1
b.     merah muda : putih = 1 : 1
c.     merah muda : putih = 1 : 3
d.     merah muda : putih = 3 : 1

10.Persilangan terjadi antara sesama kacang kapri berbiji bulat kuning heterozigot. Jika biji bulat (B) dominan terhadap kisut (b) dan kulit biji berwarna kuning (K) dominan terhadap hijau (k) maka persilangan tersebut akan menghasilkan keturunan dengan rasio fenotip…..
a.   9 : 6 : 1
b.   9 : 3 :3 : 1
c.   15 : 1
d.   12 : 3 : 1

11.Pada marmut, warna bulu hitam dominan terhadap albino, bulu kasar dominan terhadap bulu halus. Marmot yang berbulu hitam kasar dikawinkan dengan yang berbulu albino halus menghasilkan keturunan F1 yang semuanya berbulu hitam kasar. Jika keturunan F1 tersebut saling dikawinkan, maka probabilitas keturunannya yang berbulu hitam kasar adalah ..
a.   9/16                       
b.   6/16
c.    3/16                      
d.    1/16

12.Pada tanaman kacang, biji bulat (B) dominan terhadap kisut (b) dan kulit biji berwarna coklat (C) dominan terhadap putih (c). Tanaman kacang yang bijinya bulat coklat dikawinkan dengan yang bijinya kisut putih menghasilkan tanaman yang berbiji bulat coklat, bulat putih, kisut coklat & kisut putih dengn perbandingan 1:1:1:1. Masing-masing genotipe dari kedua induk adalah…
a.   BBCC dan bbcc        
b.   BbCc dan bbcc
c.   BBCc dan bbcc        
d.   BbCc dan bbCc

13.Pada Tanaman Hibiscus batang tinggi (T) dominan terhadap pendek (t), warna bunga merah (M) dominan terhadap warna putih (m). Jika dua tanaman yang bersifat heterozigot disilangkan dan menghasilkan F1, maka dari 48 tanaman F1 yang berbatang pendek merah ada………
a.   27                           
b.   3
c.   9
d.  Tidak ada

14.Sepasang suami istri masing-masing bergolongan darah A dan B memiliki seorang anak yang bergolongan darah O, maka penjelasan yang dapat diberikan yaitu…
a.   istri A heterozigotik & suami B homozigotik
b.   istri B heterozigotik & suami A homozigotik
c.   istri A homozigotik & suami B heterozigotik
d.   istri A heterozigotik & suami B heterozigotik

15.Pernikahan antara wanita dan laki-laki yang keduanya berpenglihatan normal menghasilkan seorang anak laki-laki yang buta warna dan dua anak perempuan berpenglihatan normal. Dari kasus ini dapat diketahui bahwa…
a.   ibu adalah homozigot dominan
b.   ibu adalah homozigot resesif
c.   ibu adalah karier
d.   ayah adalah homozigot dominan

PINGIN PINTER LAGI KLIK 

Support web ini

BEST ARTIKEL