Saturday, February 18, 2017

SOAL IDENTIFIKASI .DESKRIPSI MAHKLUK HIDUP

1. Berikut ini adalah ciri-ciri organisme :
·         Bentuk tubuh seperti pita
·         Kloroplas berbentuk seperti jala
·         Pembiakan seksual meghasilkan 4 zoospora haploid
·         Tiap sel mengandung kloroplas berbentuk spiral
·         Pembiakan vegetatif hanya dengan fragmentasi, generatif dg peleburan gamet membentuk zigospora
Ciri-ciri yang dimiliki oleh ganggang Spirogyra, adalah .........................
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 1, 3 dan 5
E. 1, 4 dan 5

2. Berikut ini adalah beberapa jenis organisme yang sudah kita kenal :
1.       Amoeba proteus
2.       Euglena viridis
3.       Rhizopus stolonifer
4.       Paramaecium caudatum
5.       Bakteriofage
Jenis organisme yang merupakan anggota kingdom Protista antara lain ...................
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5

3. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
1.       Bersifat fotosintetik dan absorbtif
2.       Struktur tubuh berbentuk benang
3.       Berperan sebagai produsen
4.       Hetrotrof
5.       Hidup di lingkungan lembab
Persamaan Protista mirip jamur dengan jamur sejati ditunjukkan oleh nomor ......................
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 4 dan 5

4. Euglena viridis dimasukkan ke dalam Protista mirip tumbuhan . Salah satu alasan para ahli klasifikasi memasukkan Euglena ke dalam kelompok Protista mirip tumbuhan adalah ....................
A. Berukuran mikroskopis
B. Memiliki struktur seperti akar, batang dan daun
C. Sel eukariot dan memiliki flagel
D. Memiliki kloroplas dan mampu melakukan fotosintesis
E. Membentuk alat reproduksi vegetatif berupa tunas

5. Ciri-ciri jamur yang tergolong dalam kelas Zygomycotina, adalah ...............kecuali
A. Hifa tak bersekat dan dinding sel dari kitin
B. Ada yang uniseluler , ada juga yang multiseluler
C. Di dalam basidiocarp terdapat basidium
D. Reproduksi seksual dengan konjugasi menghasilkan zigospora
E. Reproduksi aseksual dengan membentuk sporangiospora

6. Yang menunjukkan ciri-ciri kingdom Fungi adalah ...................................
A. Uniseluler / multiseluler, pencernaan ekstraseluler, terrestrial, hidup di tempat lembab
B. Uniseluler, pencernaan ekstraseluler, terrestrial dan hidup di tempat lembab
C. Multiseluler, pencernaan ekstraseluler, eukariotik, hidup di tempat basah
D. Multiseluler, pencernaan intraseluler, terrestrial, dan hidup di tempat lembab
E. Uniseluler / multiseluler, pencernaan intraseluler, terrestrial, dan hidup di tempat lembab

7. Pelajari tabel ciri-ciri beberapa protista berikut ini ! 
Protista Alat gerak            Habitat                 Cara hidup
I               -                              Perairan               Autotrof
II             -                              Laut dangkal       Autotrof
III            Bulu cambuk      Dlm tubuh inang               Heterotrof / Parasit
IV            Pseudopodia     Air tawar              Saprofit
V             Rambut getar    Perairan               heterotrof
Pernyataan yang tepat sesuai dengan tabel di atas adalah ....................
A.I = Flagellata, II = Phaeophyta, III = Chlorophyta, IV = Sarcodina, V = Ciliata
B.I = Chlorophyta, II = Phaeophyta, III = Flagellata, IV = Sarcodina, V = Ciliata
C.I = Phaeophyta, II = Chlorophyta, III = Sarcodina, IV = Ciliata , V = Flagellata
D.I = Chlorophyta, II = Flagellata, III = Pphaeophyta, IV = Ciliata, V = Sarcodina
E. I = Flagellata, II = Ciliata, III = Sarcodina, IV = Chlorophyta, V = Phaeophyta

8. Berikut ini adalah nama  berbagai jenis anggota fungi berikut ini !
1. Rhizopus sp ( jamur tempe ) 
2. Volvariella volvacea ( jamur merang ) 
3. Penicillium notatum ( jamur pinisilin ) 
4. Auricularia politrica (  jamur kuping ) 
5. Pleurotus ostreatus ( jamur tiram ) 
Jamur-jamur yang perkembangbiakan secara generatifnya  membentuk basidiospora  antara lain ............
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5

9. Rhizopus sp adalah salah satu jenis fungi yang reproduksi generatifnya dengan cara konjugasi hifa membentuk  ............
A. Zygospora
B. Askospora
C. Basidiospora
D. Konidiospora
E. Sporangiospora

10.  Hasil pengamatan terhadap dua jenis jamur diperoleh data sebagai berikut.
Ciri yg diamati              Jamur A                Jamur B
Tubuh                           Multiseluler           Multiseluler
Hifa                              Bersepta              Bersepta
Tempat spora               Sporangium di ujung tangkai spora          Sporangium dalam tubuh buah
Reproduksi vegetatif     Spora                  Konidiospora
Reproduksi generatif     Konjugasi hifa membentuk zygospora    Konjugasi hifa - basidospora
Berdasarkan data di atas, penyataan yang tepat adalah .......................
A. Jamur A = Zygomycotina, jamur B = Ascomycotina
B. Jamur A = Ascomycotina, jamur B = Basidiomycotina
C. Jamur A = Zygomycotina, jamur B = Basidiomycotina
D. Jamur A = Deuteromycotina, jamur B = Basidiomycotina

E. Jamur A = Basidiomycotina, jamur B = Zygomycotina



111.  Tanaman lumut, suplir, melinjo dan rambutan dalam pengklasifikasian masuk ke kingdom plantae, karena memiliki ciri khusus, yaitu….
A. eukariotik, multiseluluer, dan fotoautotrof
B. eukariotik, uniseluler dan berfotosintesis
C. prokariotik, multiseluler dan autotrof
D. prokariotik, eukariotik dan berfotosintesis
E. eukariotik, multiseluler dan heterotrof

212. Pergiliran keturunan yang fase gamtofit lebih dominan dibandingkan fase sporofit adalah….
A. monokotil
B. dikotil
C. gymnospermae
D. pteridophyta (paku)
E. bryophyta (lumut)

313.  Manfaat tumbuhan paku secara ekonomis antara lain dapat dipakai sebagai….
A. Ramuan obat-obatan dan bahan kertas
B. Tanaman hias dan sayur-sayuran
C. Bahan kertas dan bahan bangunan
D. Kayu rel kereta api dan bahan makanan
E. Bahan kertas dan tanaman hias

414.  Perhatikan gambar tumbuhan lumut di bawah ini!
       
 
Manakah yang merupakan bagian tumbuhan gametofit?
A. 1, 2, 3                       D. 2, 4, 5
B. 1, 2, 5                       E. 3, 4, 5
C. 1, 3, 5

515.  Apabila spora tumbuhan lumut jatuh di tempat yang sesuai maka spora akan tumbuh menjadi….
A. Gamet
B. Zigot
C. Sporogonium
D. Tumbuhan lumut
E. Protonema

616.  Berikut adalah fase pergiliran keturunan (metagenesis) pada lumut.
1)  tumbuhan lumut
2)  spora
3)  protonema
4)  sporogonium
urutan yang benar dalam daur hidup lumut adalah….
A. 1-3-4-2                     D. 2-3-4-1
B. 2-1-3-4                     E. 2-4-3-1
C. 2-3-1-4

717.   Tumbuhan lumut yang sehari-hari tampak berwarna hijau adalah bagian….
A. sporofit                    D. protalium
B. gametofit                 E. sporofil
C. protonema

818.   Perhatikan skema pergiliran keterunan berikut.

Yang diberi lambang X, Y, dan Z berturut-turut adalah….
A. protonema, anteridium, ovum
B. protonema, ovum, anteridium
C. anteridium, protalium, ovum
D. protalium, anteridium, ovum
E. protalium, ovum, anteridium

919.  Ditinjau dari spora yang dihasilkannya, Marsilea (semanggi) tergolong tumbuhan paku yang….
A. homospor                D. anemokor
B. isospor                    E. hidrokor
C. heterospor

120. Tumbuhan paku peralihan antara homospor dengan heterospor adalah….
A. Selaginella               D. Equisetum
B. Marsilea                  E. Adiantum
C. Lycopodium

121. Spora tumbuhan paku yang jatuh pada tempat lembab maka akan tumbuh menjadi….
A. sporogonium          D. sporangium
B. sporofit                  E. protalium
C. protonema
1
222. Daun pada tumbuhan paku yang menghasilkan spora adalah….
A. sporofil                   D. tropofil
B. sporofit                   E. sorus
C. saprofit

123. Siska  mengamati tumbuhan, dia menemukan berkas pembuluh pada sayatan batangnnya, dan dia menemukan spora-spora di bagian daunnya. Tumbuhan yang di amati siska adalah….
A. paku
B. lumut
C. tumbuhan berbiji terbuka
D. tumbuhan berbiji tertutup
E. tumbuhan berbunga

124. Seorang siswa mengamati bagian tubuh tumbuhan dan mendapatkan ciri-ciri:
1)  berakar tunggang
2)  tidak berbunga sejati
3)  berbiji dan berdaun
4)  bakal biji terdapat pada strobilus
berdasarkan ciri-ciri di atas, tumbuhan tersebut adalah…
A. tumbuhan lumut
B. tumbuhan paku
C. alga
D. gymnospermae
E. angiospermae

125. Ani mengamati lima tumbuhan sebagai berikut:
Nama
Ciri-ciri
P
Tulang daun menjari, akar tunggang
Q
Terdapat berkas pengangkut, tidak berbunga
R
Tulang daun sejajar, akar serabut
S
Memiliki spora pada daun
T
Tidak bias dibedakan daun, batang dan akar
yang termasuk tumbuhan monokotil adalah….
A. P                                D. S
B. Q                               E. T
C. R

126. Berikut adalah tumbuhan Gymnospermae yang berperan untuk bahan makanan….
A. Ginkyo biloba
B. Gnetum gnemon
C. Pinus merkusii
D. Cycas rumphii
E. Dioon edule

227. Fertilisasi  angiospermae (tumbuhan berbunga) terjadi di dalam….
A. stigma                       D. ovulum
B. stilus                         E. karpelum
C. ovarium

128. Berikut ini adalah tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbunga).
1)  Cocos nucifera (kelapa)
2)  Ananas sativus (nanas)
3)  Musa paradisiaca (pisang)
4)  Zingiber officinale (jahe)
5)  Cyperus rotundus (rumput)
Persamaan ciri yang dimiliki oleh kelima tumbuhan tersebut adalah….
A. tulang daun sejajar atau melengkung
B. akar dan batangnya berkambium
C. tulang daun menyirip atau menjari
D. daun-daunnya kaku
E. akarnya tunggang

129. Tumbuhan berikut yang digolongkan ke dalam dikotil adalah….
A. jagung                      D. salak
B. nangka                    E. kelapa
C. padi

330. Perhatikan gambar organ reproduksi dan proses fertlisasi pada tumbuhan berbiji berikut.


Peleburan inti yang akan menghasilkan zigot terjadi anatara bagian….
A. 1 dan 2                     D. 2 dan 5
B. 1 dan 3                     E. 3 dan 5
C. 2 dan 3





Sunday, February 5, 2017

MENU DIET

Ini dilakukan untuk mengurangi berat badan agar seimbang dan ia melakukan diet

hasilnya


Saturday, February 4, 2017

CONTOH JOURNAL BIOLOGI



PENGOLAHAN RUMPUT LAUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR
BIOLOGI MELALUI PROJECT BASED LEARNING DI
KABUPATEN LOMBOK TIMUR


Abstrak:

Keterampilan hidup (life skills ) sangat dibutuhkan siswa untuk menghadapi abad globalisasi. Diantara keterampilan hidup tersebut adalah kemampuan dalam mengelola sumber daya alam. Rumput laut merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki potensi cukup besar di Propinsi NTB, termasuk di kabupaten Lombok Timur. Akan tetapi dari seluruh potensi tersebut hanya 30% yang sudah diolah. Melalui jalur pendidikan, yaitu mata pelajaran biologi diharapkan siswa mampu mengembangkan potensi yang ada di daerahnya sehingga siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan konsep tetapi juga keterampilan dalam mengelola sumberdaya lokal yang ada. Dalam pelaksanaannya digunakan Project Based Learning , yang mana orientasinya adalah aktivitas dan menghasilkan produk.

Kata kunci : rumput laut, life skills, project based learning


KLIK INI
KLIK LAGI 

Support web ini

BEST ARTIKEL