Friday, November 22, 2019

UAS BIOLOGI KELAS X PRACTICE


Pagi ini dicoba untuk mereka reka apa ya yang sering keluar dalam ujian biologi UAS semester 1 kelas X IPA  Semoga bermanfaat OK

1. Berikut ini merupakan ciri-ciri sains, kecuali ….
a. dasar perkembangannya dari pengalaman empiris
b. terdapat langkah-langkah sistematis dan baku
c. cara berpikir logis
d. objek kajian berupa benda konkret
e. hasil yang diperoleh bersifat subjektif

2. Cara mempelajari IPA dengan menggunakan keterampilan proses. Langkah keterampilan proses yang tidak perlu dilakukan oleh peneliti adalah ….
a. observasi
d. memprediksi
b. menggolongkan
e. meramalkan
c. menafsirkan

3. Urutan organisasi kehidupan dari tingkat rendah ke tinggi adalah ….
a. sel - molekul - jaringan - organ - sistem organ - individu
b. molekul - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu
c. jaringan - sel - molekul- organ - sistem organ - individu
d. sel - jaringan - sistem organ - organ - individu
e. makhluk hidup - sistem organ - organ - jaringan - sel - molekul

4. Kanker adalah penyakit yang diakibatkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak dapat dikendalikan dan bersifat ganas. Cabang biologi yang memegang peranan dalam hal ini adalah ....
a. epidemiologi
d. sitologi
b. teratologi
e. bakteriologi
c. patologi



5. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. memiliki objek kajian
d. universal
b. subjektif
e. sistematis
c. objektif

6. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
d. histologi
b. teratologi
e. anatomi
c. filogeni

7. Pengertian ilmu biologi adalah ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada sekarang ini
c. ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan alam

8. Cara untuk membuat hipotesis yang baik adalah ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami masalah dan mempunyai penalaran yang baik
e. perlu melakukan percobaan atau eksperimen

9. Kegiatan observasi meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
d. melihat
b. membau
e. meraba
c. mengecap

10. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tanaman polong-polongan

11. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti baru yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu

12. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melakukan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun

13. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan

14. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

15. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

16. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum

17. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke

18. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
(1) Panthera leo
(2) Canis familiaris
(3) Cavia cobaya
(4) Panthera tigris
Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

19. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat, yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah

20. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ....
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.

21. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas

22. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit

23. Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena memiliki ciri ....
a. dapat menyerang manusia
b. dapat bergerak
c. dapat berkembang biak dalam sel hidup
d. dapat menularkan penyakit
e. dapat dikristalkan

24. Selubung virus tersusun dari ....
a. virion
d. karbohidrat
b. protein
e. vitamin
c. lemak

25. Bakteriofage adalah virus yang menyerang ....
a. bakteri
d. manusia
b. tumbuhan
e. serangga
c. hewan
26. Kultur yang paling sesuai untuk pembiakan virus adalah ....
a. medium agar
b. embrio tikus
c. kaldu steril
d. garam fisiologis yang steril
e. embrio ayam hidup

27. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah ....
a. adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
b. adsorpsi – perakitan – sintesis – litik – injeksi
c. adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik
d. adsorpsi – injeksi – sintesis – litik – perakitan
e. adsorbsi – sintesis – injeksi – perakitan – litik

28. Fase yang tidak terdapat pada daur litik adalah ....
a. sintesis
d. penggabungan
b. perakitan
e. adsorbsi
c. injeksi

29. Virus yang mempunyai asam nukleat RNA adalah virus ....
a. HIV
d. influenza
b. cacar
e. herpes
c. hepatitis


30. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari virus adalah ….
a. hanya dapat hidup dalam sel-sel hidup
b. dapat berbentuk kristal
c. tidak dapat melewati saringan bakteri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas protein

31. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung bibit penyakit yang sudah dilemahkan untuk membentuk kekebalan aktif. Vaksin yang biasa diberikan secara oral adalah vaksin untuk mencegah penyakit ....
a. tipus
d. polio
b. campak
e. hepatitis
c. difteri


32. Salah satu bakteri yang menguntungkan, antara lain mampu mengikat nitrogen yang hidupnya bersimbiosis dengan polongpolongan, yaitu ....
a. Rhizobium
b. Azotobacter
c. Nitrobacter
d. Nitrosomonas
e. Agrobacterium

33. Perhatikan gambar di bawah ini !

Gambar tersebut adalah bentuk sel bakteri, bagian A adalah ....
a. flagela
b. sitoplasma
c. mesosom
d. DNA
e. kapsul

34. Perhatikan gambar di bawah ini ! 
Gambar endospora ditunjukkan nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

35. Bakteri yang menyebabkan penyakit yang disebut raja singa adalah ....
a. Neisseria meningitis
b. Veillonella parvula
c. Micrococcus denitrificans
d. Neisseria gonorrhoeae
e. Bacillus subtilis
 
36. Yoghurt adalah minuman yang memiliki gizi yang cukup tinggi, bakteri yang berperan dalam pembuatan minuman ini adalah ....
a. Escherichia coli
b. Azetobacter chroococcum
c. Lactobacillus bulgaricus
d. Streptococcus pyogenes
e. Acetobacter xylinum

37. Kelompok Eubacteria adalah kelompok bakteri pada umumnya yang mempunyai sel ....
a. prokariot
b. heterotrof
c. eukariot
d. autrotof
e. bersel banyak

38. Persamaan dari kelompok bakteri Eubacteria dan Archaebacteria adalah ....
a. mempunyai dinding sel
b. jumlah sel banyak
c. mempunyai organel sel
d. bergerak aktif
e. tidak mempunyai dinding sel

39. Jenis Archaebacteria yang menghasilkan metana berupa biogas adalah ....
a. Bacillus
b. Halobacterium
c. Thermoasidofil
d. Metanobacteria
e. Thermoplasma

40. Agar susu tidak terurai dan mudah dicerna dilakukan ....
a. pasteurisasi
b. sterilisasi
c. pemanasan
d. pendinginan
e. pengasapan



41. Berikut ini adalah salah satu cara untuk membuktikan bahwa bakteri adalah suatu benda yang hidup dapat dilakukan dengan ....
a. mengamati unsur-unsur kimia tubuhnya
b. membiakkan pada medium yang sesuai
c. mengamati mikroskop elektron bentuk struktur bakteri
d. mengamati mikroskop elektron ternyata bakteri mempunyai DNA
e. mengamati dengan mikroskop bahwa bakteri bernapas

42. Berikut ini nama-nama bakteri yang bermanfaat dalam produksi makanan.
(1) Lactobacilus casei (4) Streptococcus lactis
(2) Lactobacillus bulgaricus (5) Clostridium bitiricum
(3) Acetobacter xylinum
Di antara bakteri tersebut yang bermanfaat untuk pembuatan yoghurt dan nata de coco adalah ….
a. 1, 2, 3
d. 5, 4, 3
b. 1, 4, 3
e. 5, 2, 3
c. 1, 5, 3
 

43. Habitat bakteri terdapat di berbagai macam tempat. Jika keadaan lingkungan buruk, maka bakteri akan membentuk ….
a. kapsid dan endospora
d. flagela dan endospora
b. endospora dan selaput lendir
e. flagela dan selaput lendir
c. kapsid dan selaput lendir

44. Protista lebih maju dari kelompok virus dan bakteri karena selselnya sudah memiliki sifat ....
a. autrotof
b. aerob
c. eukariot
d. prokariot
e. heterotrof

45. Dalam rantai makanan, Protozoa yang hidup di lingkungan daratan basah/akuatik adalah sebagai pemakan bakteri atau cendawan yang sering disebut ....
a. Protozoa saprofitik
b. Protozoa heterotrof
c. Protozoa prokariot
d. Protozoa aerob
e. Protozoa kosmopolit

46. Pada saat nyamuk menghisap darah manusia secara bersamaan akan keluar cairan ludah nyamuk, dalam peristiwa tersebut ada kemungkinan Plasmodium masuk ke tubuh manusia dalam bentuk ....
a. ookinet
b. ookista
c. sporozoit
d. merozoit
e. gametosit

47. Ada beberapa Plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria. Penyakit tersebut ditandai dengan gejala suhu badan karena panas dingin berganti-ganti, setiap 2 hari sekali. Penyebab malaria tersebut adalah jenis Plasmodium ....
a. ovale
b. falciparum
c. malariae
d. vivax
e. kuartana

48.Perhatikan gambar di bawah ini !
 
Gambar tersebut adalah Paramecium. Vakuola kontraktil ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

49. Jenis Dinoflagelata yang menyebabkan air pasang merah atau “red tides” dan bersifat beracun di sekitar lautan adalah ....
a. Noctiluca
b. Ptycerodiscus
c. Ceratium
d. Gomynyaluta
e. Navicula

50. Chrisophyta sering disebut sebagai alga pirang/alga keemasan karena mempunyai pigmen ....
a. fukosantin
b. xantofil
c. klorofil
d. fikosianin
e. fikoeritrin

51. Kelompok Protista yang mempunyai kelompok diatom adalah ....
a. Euglenophyta
b. Phyrophyta
c. Chrysophyta
d. Flagellata
e. Cyanophyta

52.Perhatikan gambar dibawah ini ! 


Jamur lendir pada gambar tersebut adalah ....
a. Saprolegnia
b. Physarum
c. Dictyostelium
d. Phytium
e. Pinnularia

53. Penyakit yang pernah menyerang orang Afrika bagian barat yang sering dikenal dengan “penyakit tidur” disebabkan oleh ....
a. Trichonympha
b. Trypanosoma gambiense
c. Trichomonas vaginalis
d. Giardia lamblia
e. Leishmania donovani

54. Ketika nyamuk Anopheles betina menggigit manusia, maka akan keluar cairan ludah yang masuk ke dalam darah manusia dan ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia
dan membentuk ….
a. tropozoit
d. sporozoid
b. merozoid
e. ookista
c. ookinet

55. Jamur tidak dapat digolongkan ke dalam dunia tumbuhan karena ....
a. mempunyai dinding sel
d. mempunyai hifa
b. bersifat autrotof
e. mempunyai spora
c. tidak mempunyai klorofil

56. Jenis jamur ada yang mempunyai hifa bersekat dan ada pula yang tidak bersekat. Pada hifa yang bersekat, inti selnya tersebar di dalam sitoplasma yang disebut ....
a. sinositik
d. saprofit
b. haustorium
e. konidiospora
c. parasit

57. Berikut ini beberapa macam spora aseksual pada jamur, kecuali ....
a. konidiospora
d. basidiospora
b. oospora
e. artrospora
c. sporangiospor

58. Klasifikasi jamur dikelompokkan berdasarkan ....
a. ciri morfologi
d. ciri reproduksi
b. ciri fisiologi
e. habitatnya
c. ciri biokimia

59.
Perhatikan dan amati gambar di bawah ini ! 


Bagian sporangiosfor terdapat pada nomor .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

60. Jamur yang berperan dalam pembuatan tempe adalah ....
a. Aspergillus
d. Penicillin
b. Mucor
e. Therospora
c. Rhizopus

61.
Perhatikan struktur jamur pada gambar di samping! 

Jamur tersebut salah satu contoh dari kelompok jamur ....
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deuteromycota
e. Mikoriza

62. Jamur yang menghasilkan enzim selulose dan dapat dimanfaatkan untuk produksi single cell protein adalah ....
a. Trichoderma
d. Xylaria tubacina
b. Candida albicans
e. Monila sitophila
c. Sarcharomyces cereviceae

63. Kelompok jamur yang sering disebut fungi imperfecti adalah ....
a. Zygomycota
d. Deuteromycota
b. Ascomycota
e. Lichenes
c. Basidiomycota

64. Lichenes merupakan gabungan simbiosis antara jamur dan ....
a. Ascomycota dan Chlorophyta
b. Zygomycota dan Chlorohyta
c. Basidiomycota dan Chrysophyta
d. Basidiomycota dan Phyrrophyta
e. Deuteromycota dan Chlorophyta

65. Jamur yang hidup bersama dengan tumbuhan tingkat tinggi dalam bentuk simbiosis mutualisme dinamakan ….
a. parasit
d. lichenes
b. saprofit
e. mikoriza
c. heterotrof



Selamat mengerjakan soal ini ...lihat refrensinya ...search blog  misal jamur maka dapat bacaan jamur dengan jelasnya OK

Saturday, November 9, 2019

PEREDARAN DARAH GETAH BENING - TERBUKA

Pagi ini saya Postingkan sistem Limfatik semoga bermanfaat terima kasih

Selain sistem peredaran darah, sistem transportasi pada manusia juga terdiri dari sistem peredaran getah bening (limfe). Lalu, apa yang dimaksud dengan sistem peredaran getah bening? Yang jelas sistem peredaran getah bening berbeda dengan sistem peredaran darah baik pada salurannya maupun pemompanya Ok
Untuk mengetahui lebih jelas tentang sistem peredaran getah bening. Simak ulasan berikut ini.

√ Sistem Peredaran Getah Bening : Pengertian, Fungsi, Klaasifikasi & Prosesnya Lengkap 


Pengertian Sistem Peredaran Getah Bening
Getah bening atau limfa adalah cairan yang susunannya mirip dengan plasma darah dengan kadar protein yang lebih rendah dan kandungan air yang lebih besar dibanding plasma darah atau cairan jernih kekuning-kuningan yang berisi sel-sel darah putih, keping darah dan fibrinogen.
Getah bening mempunyai peredaran sendiri. Peredaran getah bening termasuk peredaran darah terbuka maksudnya cairan ini beredar tanpa melalui pembuluh dengan pompa otot lurik yang ada disekitar jaringan .

Bagaimana Fungsi Sistem Peredaran Getah Bening

Fungsi sistem peredaran getah bening adalah sebagai berikut :
  • Untuk sistem pertahanan tubuh
  • Mengangkut kembali cairan tubuh, cairan plasma darah, sel darah putih yang berada di luar pembuluh darah dan mengangkut lemak dari usus ke dalam sistem peredaran darah misalnya lemak

Peedaran getah Bening/limfa

terdiri atas cairan limfa, pembuluh limfa dan dan kelenjar limfa.
1. Cairan Limfa
Cairan limfa adalah cairan yang terdapat di dalam pembuluh limfa. Cairan ini berasal dari cairan ekstrasel di ruang antar sel. (Interstitial)
Cairan ini merupakan cairan darah yang merembes keluar dari kapiler darah, mengandung sel-sel darah putih yang berfungsi melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh dimana darah putih itu keluar dari pembuluh dengan cara Diapedesis
Selain itu, cairan limfa juga mengandung lemak karena memang membawa lemak sehingga pada peredaran darah plasma darah tidak mengandung lemak namun mengandung glukosa , asam amino dan protein protein darah yang ada. Oleh karena lemak bisa mengisi pada semua  ringga , jaringan Adiposa dan tempat yang memungkinkan lemak berada disana sebagai cadangan makanan.
Jika ada pembuluh darah yang menjadi sempit karena AArherosklerosis itu lemak yang menekan pembuluh darah sehingga salurannya mengecil
\
.2. Pembuluh Limfa
Pembuluh limfa terletak di sela-sela otot, mempunyai cabang-cabang yang halus dan bagian ujungnya terbuka. Melalui ujung inilah cairan tubuh masuk ke dalam pembuluh limfa. Struktur pembuluh limfa mirip dengan vena yang kecil tetapi mempunyai lebih banyak katup dan terdapat pada semua jaringan tubuh, kecuali pada sistem saraf pusat.

Pembuluh limfa dibedakan atas 2 macam, yaitu pembuluh limfa kanan dan pembuluh limfa kiri.
  • Pembuluh limfa kanan, Pembuluh limfa kanan menerima aliran cairan limfa dari arah kepala, leher, dada (kiri), paru-paru, jantung dan dada sebelah kanan untuk kemudian bermuara di pembuluh balik di bawah selangka kanan.
  • Pembuluh limfa kiri, Pembuluh limfa ini menerima aliran cairan limfa dari pembuluh limfa atas bagian bawah dan bermuara di pembuluh balik selangka kiri.
  • Kelenjar Limfa, Kelenjar limfa terdapat di sepanjang pembuluh limfa, berfungsi membuat sel darah putih dan menjaga agar tubuh tidak mengalami infeksi lebih lanjut. Di dalam tubuh juga terdapat alat tubug yang fungsinya sama dengan kelenjar limfa, yaitu mencegah infeksi lebih lanjut, di antaranya
    • Kelenjar limfa di lipatan ketiak, paha dan leher
    • Kelenjar folikel di pangkal lidah
    • Tonsil dan amandel
    • Kelenjar limfa di selaput lendir usus

Asal Getah Bening

Ketika darah melalui kapiler-kapiler di dalam jaringan, cairan merembes keluar melalui dinding kapiler yang berpori dan besirkulasi di dalam jaringan tersebut untuk mendarahi setiap sel. Cairan ini disebut cairan jaringan atau cairan interstisial.
Cairan ini mengisi interstisium atau ruang antar sel yang terdapat di berbagai jaringan. Cairan ini jernih, encer, dan berwarna jerami, mirip plasma darah yang merupakan asalnya.
Apabila darah bersirkulasi hanya melalui pembuluh darah, cairan jaringan bersirkulasi melalui jaringan dan membawa zat-zat nutrisi, oksigen, dan air dari aliran darah ke masing-masing sel dan membawa produk-produk sisa, seperti karbon dioksida, urea,  dan air, dan menghantarkan mereka ke dalam darah. Dengan kata lain, cairan ini merupakan medium penghubung antara sel-sel jaringan dan darah. Dari sejumlah cairan yang keluar dari kapiler ke dalam jaringan, sebagian diantaranya kembali ke sirkulasi melalui dinding kapiler, tetapi proses kembali ini lebih sulit daripada proses keluarnya karena adanya aliran darah yang terus-menerus datang dari kapiler. Kelebihan cairan yang tidak dapat kembali langsung ke dalam aliran darah bergabung dan kembali ke aliran darah melalui perangkat pembuluh kedua, yang membentuk sistem limfa dan cairan yang mengisi pembuluh ini disebut limfa (getah bening).

Klasifikasi Getah Bening

Sistem limfatik terdiri dari empat macam struktur yaitu :
1. Kapiler Limfatik
Kapiler limfatik berasal dari ruang intersel jaringan sebagai pembuluh sangat halus dengan dinding berpori-pori. Kapiler ini menampung kelebihan cairan dari jaringan dan kemudian bergabung membentuk pembuluh limfatik. Dinding kapiler limfe bersifat permeabel, terhadap zat-zat dengan ukuran molekul lebih besar daripada yang bisa lolos dari dinding kapiler darah.

2. Pembuluh Limfatik
Pembuluh limfatik merupakan pipa berdinding tipis dan bisa kolaps, strukturnya mirip dengan struktur vena, tetapi berisi cairan limfe. Pembuluh ini lebih halus dan jumlahnya lebih banyak dari pada vena dan seperti halnya vena, pembuluh ini diperlengkapi dengan katup untuk mencegah aliran cairan limfe ke arah yang salah. Pembuluh limfatik ditemukan pada kebanyakan jaringan, kecuali sistem syaraf pusat, tetapi pembuluh ini khususnya berjalan dalam jaringan subkutan dan melewati satu atau lebih nodus limfatik.

3. Nodus Limfatik (kelenjar getah bening)
Nodus limfatik adalah struktur kecil dengan ukuran bervariasi dari seujung jarum sampai sebesar buah almon. Pembuluh limfatik membawa cairan limfe ke nodus ini dan disebut pembuluh aferen.
Pembuluh ini masuk ke dalam nodus limfatik dan kemudian bercabang dan melepas cairan limfe ke dalam lumen. Cairan limfe kemudian berkumpul kembali ke dalam pembuluh limfatik baru yang disebut pembuluh aferen, yang kemudian akan membawa cairan tersebut selanjutnya dan akhirnya bermuara ke duktus limfatik setelah kemungkinan melewati nodus limfatik yang lain. Nodus limfatik terutama terdiri dari sel-sel yang mirip dengan sel darah putih (limfosit), yang dikumpulkan oleh suatu jejaring, yang terdiri dari jaringan penyambung, yang juga membentuk kapsul nodus limfatik.
Nodus limfatik umumnya berkelompok di berbagai bagian tubuh. Kelompok nodus di leher dan di bawah dagu menyaring cairan limfe dari kepala, lidah, dan dasar mulut. Kelompok nodus di aksila menyaring cairan limfe dari ekstremitas atas dan dinding dada. Kelompok nodus di lipat paha menyaring cairan limfe dari ekstremitas bawah dan dinding abdomen bagian bawah. Kelompok nodus di dalam torak dan abdomen menyaring cairan limfe dari organ-organ internal.

4. Duktus Limfatik
Setelah difiltrasi oleh nodus limfatik, cairan limfe disalurkan oleh pembuluh limfe ke dalam dua duktus limfatik: duktus torasikus dan duktus limfatikus kanan. Duktus torasikus berukuran lebih besar. Duktus ini berasal di sebuah kantong kecil pada bagian belakang abdomen, yang disebut sisterna cili. Semua pembuluh limfe dari ekstremitas bawah dan organ abdomen dan pelvis bermuara ke dalam sisterna ini. Dari sisterna cili, duktus berjalan ke atas melalui mediastinum di belakang jantung ke arah dasar leher dan kemudian berbelok ke kiri, bergabung dengan pembuluh limfatik dari sisi kiri kepala dan toraks dan ekstremitas kiri, dan akhirnya bermuara pada vena subklavia kiri, pada tempat pertemuannya dengan vena jugularis interna kiri.
Duktus torasikus mempunyai panjang 45 cm dan diperlengkapi dengan katup untuk mencegah cairan limfe mengalir ke arah yang salah.  Duktus limfatikus kanan adalah pembuluh yang relatif kecil dan dibentuk oleh gabungan pembuluh-pembuluh limfatik dari sisi kanan kepala dan toraks dan ekstremitas atas kanan pada dasar leher. Panjangnya hanya sekitar 1 cm dan bermuara ke dalam vena subklavia kanan pada tempat pertemuannya dengan vena jugularis interna kanan. Kedua duktus limfatik menampung semua cairan limfe dan mengembalikannya ke dalam aliran darah. Dari aliran inilah cairan jaringan akan selalu diperbaharui.

Friday, November 8, 2019

DIRGAHAYU MAULID NABI 9 NOV 2019

Setelah menjalankan kebaikan lakukan lagi kebaikan yang lain 


Monday, November 4, 2019

PREDIKSI TEST KOMPETENSI GURU SERI 1


PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral

6. Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. Spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif

7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual

SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. Penalaran pascakonvensional
B. Penalaran konvensional
C. Penalaran prakonvensional
D. Penalaran interkonvensional

9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. Mengemukakan gagasan
B. Mengaktualisasikan diri
C. Penciptaan hubungan yang baik
D. Menformulasikan tindakan

11. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

12. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. Kesulitan akademis
B. Gangguan simbolik
C. Gangguan non simbolik
D. Gangguan sosial

13. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming

15. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A. Keluarga
B. Sosial
C. Kondisi fisik
D. Intelektual

SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

19. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme

20. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme

21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik

SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL


23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran


24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.


25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan


26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

D. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD


27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan


28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:

A. Metode mengajar yang digunakan guru

B. Karakteristik bahan ajar

C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran


29. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.

3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....

A. Kognitivisme

B. Behaviorisme

C. Konstructivisme

D. Humanisme


30. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.

B. Pemberian tugas yang tersetruktur.

C. Penggunaan metode bervariasi

D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.


31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.


33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….


A. Role Playing


B. Inquiry


C. Problem Solving


D. Picture and Picture


34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:


A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi


B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan


C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran


D. Motivasi belajar siswa


35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:


A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu


B. Membuat media dan alat bantu sederhana


C. Menggunakan media dan alat bantu


D. Merawat media dan alat bantu


36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….


A. Pencapaian standar kompetensi


B. Pencapaian kompetensi dasar.


C. Pencapaian tujuan pembelajaran


D. Pencapaian standar kelulusan


37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:


A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan


B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami


C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa


D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


38. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?


A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan


B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik


C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan


D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber


39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?


A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut


B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah


C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik


D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.


40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....


A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.


B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.


C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.


D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.


41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....


A. Sharing dengan teman


B. Guru kreatif


C. Pengalaman nyata


D. Menggunakan satu sumber


42. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…


A. Sahih


B. Kebermanfaatan


C. Layak dipelajari


D. Menarik minat


43. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....


A. Kausal


B. Spiral


C. Kronologis


D. inquiri






SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN


44. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.


Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...


A. Tujuan


B. Sasaran didik


C. Ketersediaan


D. Konteks penggunaan


45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…


A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah


B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.


C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.


D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.


46. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..


A. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas


B. Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat


C. Media tradisional dan media berbasis tik


D. Media dua dimensi dan media tiga dimensi


47. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.


Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...


A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.


B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.


C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan


D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media


48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:


A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tik


B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran


C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran


D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan


49. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.






Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:


A. Menampilkan objek yang terlalu besar


B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak


C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.


D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


50. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.


Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:


A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.


B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.


D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.


51. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…


A. Book


B. Forum


C. Blog


D. E-portofolio


52. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).


Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…


A. Program mencari informasi


B. Program desktop publishing


C. Program untuk menjelajahi laman


D. Program penciptaan laman


53. Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...


A. www.gmail.com


B. www.google.com


C. www.hotmail.com


D. www.cari-data.com


54. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).


Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...


A. www.yahoo.com


B. www.gmail.com


C. www.hotmail.com


D. www.cari-data.com


55. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
Microsoft Database
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop Publishing
Microsoft Word


56. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....


A. Microsoft Database


B. Microsoft Spread Sheet


C. Microsoft Power point


D. Microsoft Desktop Publishing


57. Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.


Fitur moodle ini adalah...


A. Quiz


B. Page


C. Lesson


D. Blog


58. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…


A. Penulis konten (content writer)


B. Penata grafis (design grafis)


C. Perancang pembelajaran (course design)


D. Pemrogram komputer (computer programmer).


59. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.


Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…


A. Portofolio


B. Saintifik


C. Penemuan


D. Autentik


60. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .


Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….


A. Portofolio


B. Saintifik


C. Penemuan


D. Autentik


61. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.


Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Discovery Learning


C. Problem Based Learning


D. Inquiry learning


62. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.


Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Inquiry learning


C. Discovery learning


D. Problem based learning


63. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.


Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Problem based learning


C. Discovery learning


D. Inquiry learning


64. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.


Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...


A. Inquiry learning


B. Problem based learning


C. Project based learning


D. Discovery learning


65. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.


Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....


A. Problem solving learning


B. Problem based learning


C. Project based learning


D. Discovery learning


66. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :


1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,


2) Mendesain Perencanaan Proyek,


3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),


4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),


5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),


6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).


Urutan yang benar adalah ....


A. 1-2-3-4-5-6


B. 1-3-2-4-5-6


C. 1-3-2-5-6-4


D. 1-2-3-5-4-6


67. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!


1) Mengorganisasi siswa dalam belajar


2) Orientasi siswa pada masalah


3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok


4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....


A. 1-2-3-4


B. 2-3-1-4


C. 3-2-1-4


D. 2-3-1-4


68. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.


1) Orientasi siswa pada masalah


2) Mengorganisasi siswa dalam belajar


3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok


4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....


A. Discovery learning


B. Project based learning


C. Problem solving learning


D. Problem based learning






SOAL PENILAIAN


69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….


A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru


B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa


C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa


D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa


70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....


A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran


B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran


C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.


D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.


71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….


A. Pencapaian standar kompetensi


B. Pencapaian kompetensi dasar.


C. Pencapaian tujuan pembelajaran


D. Pencapaian standar kelulusan


72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;


A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa


B. Menambah bahan pelajaran baru


C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut


D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut


73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:


A. Pedoman observasi


B. Kuesioner


C. Pedoman wawancara


D. Tes hasil belajar


74. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?


A. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan


B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik


C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan


D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber


75. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:


A. Buku sumber yang digunakan


B. Kurikulum dan silabus


C. Indikator pencapaian kompetensi


D. Kemampuan awal siswa


76. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:


A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur


B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran


C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai


D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi


77. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:


A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan


B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai


C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik


D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester


78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:


A. Nilai batas ambang kompetensi


B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik


C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik


D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah


79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;


A. Mean


B. Modus


C. Median


D. Simpangan baku


80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan


A. Penilaian hasil belajar peserta didik


B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru


C. Penilaian silabus dan RPP


D. Penilaian standar kompetensi lulusan


81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….


A. Objektivitas.


B. Transparan


C. Bermakna


D. Menyeluruh


82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?


A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan


B. Menyampaikan laporan ke atasannya


C. Menyusun rencana tindak lanjut


D. Menyusun laporan hasil pemantauan


83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:


A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda


B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi


C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai


D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….


A. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa


B. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik


C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa


D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


85. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….


A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial


B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa


C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.


D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi


86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....


A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar


B. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya


C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan


D. Merencanakan pengajaran remidi


87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….


A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa


B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa


C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar


D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial


88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....


A. Konstruktivisme


B. Authentic assesment


C. Efektif


D. Kondusif






SOAL PENDEKATAN PENILAIAN


89. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....


A. Penilaian acuan patokan


B. Penilaian acuan norma


C. Penilaian tuntas


D. Penilaian berkelanjutan


90. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.


Pendekatan tes yang dimaksud adalah….


A. Penilaian berkelanjutan


B. Penilaian menyeluruh


C. Penilaian acuan patokan


D. Penilaian acuan norma


91. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.


Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....


A. Penilaian berkelanjutan


B. Penilaian autentik


C. Penilaian acuan patokan


D. Penilaian acuan norma






SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN


92. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…


A. Tujuan penilaian


B. Prinsip penilaian


C. Fungsi penilaian


D. Hasil penilaian


93. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….


A. Prinsip penilaian


B. Tujuan penilaian


C. Fungsi penilaian


D. Bentuk penilaian.


94. Fungsi penilaian yang tepat adalah …


A. Alat meningkatkan prestasi peserta didik


B. Alat untuk menemukan gaya belajar peserta didik


C. Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran


D. Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.


95. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:


A. Objektif


B. Adil


C. Kooperatif


D. Terpadu.


96. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:


A. Adil


B. Objektif


C. Valid


D. Sistematis


97. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…


A. Adil


B. Akuntabel


C. Valid


D. Sistematis


98. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…


A. Adil


B. Objektif


C. Valid


D. Sistematis


99. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….


A. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi


B. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi


C. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan


D. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek






SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN


100. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...


A. Fleksibilitas


B. Interaktif


C. Adaptif


D. Kesinambungan


101. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...


A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut


B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial


C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya


D. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa


102. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:


A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda


B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi


C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai


D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


103. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….


A. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa


B. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik


C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa


D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


104. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….


A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial


B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa


C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.


D. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi






SOAL PTK


105. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...


A. Merumuskan masalah


B. Mengidentifikasi masalah


C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan


D. Menyusun proposal penelitian


106. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….


A. Refleksi


B. Observasi


C. Perencanaan


D. Pelaksanaan


107. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….


A. Observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan


B. Refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi


C. Perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi


D. Perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi


108. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?


A. Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?


B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?


C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?


D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?


109. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....


A. Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar


B. Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan


C. Keinginan untuk membantu guru


D. Kepedulian peneliti akan kinerja guru


110. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….


A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja


B. Kegiatan yang direkayasa


C. Perencanaan


D. Upaya empiris dan sistematis


111. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….


A. Pengumpulan data


B. Menganalisis masalah


C. Mencapai tujuan


D. Menentukan ruang lingkup


112. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…


A. Guru


B. Peneliti


C. Guru dan Peneliti


D. Objek Penelitian


113. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….


A. Pelaksanaan tindakan


B. Observasi dan intepretasi


C. Diskusi balikan


D. Analisis data


114. Tujuan PTK adalah…


A. Perbaikan KBM


B. Menyusun teori baru


C. Memperbaiki teori


D. Menyusun generalisasi


115. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…


A. Analisis


B. Refleksi


C. Observasi


D. Diskusi


116. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….


A. Kesimpulan


B. Prosedur penelitian


C. Pendahuluan


D. Metodologi penelitian


117. Persiapan awal dalam PTK adalah…


A. Menyiapkan cara wawancara


B. Membuat analisis kelayakan hipotesis


C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya


D. Menyiapkan fasilitas dan sarana


118. Proposal penelitian dalam PTK adalah….


A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian


B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru


C. Uraian projek penelitian pendidikan


D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK


119. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…


A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan


B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan


C. Persiapan tindakan


D. Observasi dan inperetasi.






SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN


120. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....


A. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran


B. Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.


C. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya


D. Untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.


121. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….


A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik


B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan


C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran


D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu


122. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....


A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran


B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran


D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran


123. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….


A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran


B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis


D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran


124. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...


A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?


B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?


C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?


D. Mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan


125. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…


A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.


B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.


C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.


D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.

Support web ini

BEST ARTIKEL