Wednesday, December 22, 2010

SEKEDAR PEMAHAMAN BELAJAR BIOLOGI

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi
  1. Faktor internal
  2. Faktor External

Faktor Intern meliputi
  • Intelegensi
  • Perhatian
  • Bakat
  • Minat
  • Motivasi
  • Kematangan
  • Kesiapan.
Perhatian
  • Perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi jiwa itupun bertujuan semata-mata kepada suatu benda atau hal (objek) atau sekumpulan obyek.
Bakat
  • Bakat adalah the capacity to learn
  • Dengan kata lain, bakat adalah kemampuan untuk belajar
  • Kemampuan itu akan terealisasi pencapaian kecakapan yang nyata sesudah belajar atau terlatih.
  • Kemampuan potensial yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang.
Minat
  • Minat adalah menyakut aktivitas-aktivitas yang dipilih secara bebas oleh individu.
  • Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa, siswa yang gemar membaca akan dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan teknologi.
Motivasi
  • Motivasi erat sekali hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai dalam belajar
  • di dalam menentukan tujuan itu dapat disadari atau tidak, akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat,
  • sedangkan yang menjadi penyebab berbuat adalah motivasi itu sendiri sebagai daya penggerak atau pendorongnya.
  • Jadi, dari pendapat di atas dapat diasumsikan bahwa motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa,
  • Dengan demikian prestasi belajar siswa dapat berdampak positif bilamana siswa itu sendiri mempunyai kesiapan dalam menerima suatu mata pelajaran dengan baik.

Faktor Ekstern
Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap prestasi belajar dapatlah dikelompokkan menjadi tiga faktor
  1. Faktor keluarga
  2. Faktor sekolah
  3. Faktor masyarakat
SEKOLAH
Guru dan cara mengajar
  • Faktor guru dan cara mengajarnya merupakan faktor penting,
  • bagaimana sikap dan kepribadian guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki oleh guru
  • bagaimana cara guru itu mengajarkan pengetahuan itu kepada anak-anak didiknya turut menentukan hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa.
Alat-alat pelajaran
  • Untuk dapat hasil yang sempurna dalam belajar
  • alat-alat belajar adalah suatu hal yang tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
  • misalnya perpustakaan, laboratorium dan sebagaianya.
  • Sekolah yang cukup memiliki alat-alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk belajar ditambah dengan cara mengajar yang baik dari guru-gurunya,
  • Kecakapan guru dalam menggunakan alat-alat itu, akan mempermudah dan mempercepat belajar anak.
Kurikulum
  • Kurikulum diartikan sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa,
  • Kegiatan itu sebagian besar menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu.
  • Kurikulum yang tidak baik akan berpengaruh tidak baik terhadap proses belajar maupun prestasi belajar siswa.
Waktu sekolah

  • Waktu sekolah adalah waktu terjadinya proses belajar mengajar di sekolah
  • Waktu sekolah dapat pagi hari, siang, sore bahkan malam hari
  • Waktu sekolah juga mempengaruhi belajar siswa
Interaksi guru dan murid
  • Guru yang kurang berinteraksi dengan murid secara intim, menyebabkan proses belajar mengajar itu kurang lancar.
  • Oleh karena itu, siswa merasa juah dari guru, maka segan berpartisipasi secara aktif di dalam belajar.
Media pendidikan
  • Kenyataan saat ini dengan banyaknya jumlah anak yang masuk sekolah
  • Maka memerlukan alat-alat yang membantu lancarnya belaajr anak dalam jumlah yang besar pula
  • Media pendidikan ini misalnya seperti buku-buku di perpustakaan, laboratorium atau media lainnya yang dapat mendukung tercapainya prestasi belajar dengan baik
Dan semua itu tadi harus dilambari dengan 6 pedoman yang jelas yang harus diketahui yaitu

.

Biologi sebagai bagiaan dari Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan dapat disebut sebagai ilmu apabila memenuhi syarat atau ciri-ciri sebagai berikut.

1.       Memiliki Obyek Kajian
Suatu ilmu harus memiliki objek kajian, contoh ilmu matematika memiliki objek kajian berupa angka-angka, ilmu kimia memiliki objek kajian berupa zat-zat beserta sifatnya.
2.       Memiliki Metode
Pengembangan ilmu pengetahuan tidak dapat dilakukan secara asal-asalan,tetapi menggunakan cara atau metode tertentu. Metode yang digunakan itu bersifat baku dan dapat dilakukan oleh siapapun.
3.       Bersifat Sistematis
Dalam biologi, jika kita akan mempelajari tentang sel, maka materi yang dipelajari perlu mendapat dukungan materi lain, misalnya tentang jaringan, organ, sistem organ, dan individu. Demikian pula sebaliknya, sehingga pengetahuan-pengetahuan itu tidak bertolak belakang. Ilmu pengetahuan bersifat sistematis adalah bahwa sebuah pengetahuan harus memiliki hubungan ketergantungan dan teratur, tidak boleh ada unsur-unsur yang saling bertolak belakang.
4.       Bersifat Universal
Kebenaran ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh ilmu harus berlaku secara umum.
E. Bersifat Obyektif
Sebuah ilmu pengetahuan harus menggambarkan keadaan secara apa adanya, yaitu mengandung data dan pernyataan yang sebenarnya (bersifat jujur), bebas dari prasangka, kepentingan, atau kesukaan pribadi.
5.       Bersifat Analisis
Kajian suatu ilmu pengetahuan dapat terbagi-bagi menjadi bagian yang lebih rinci guna memahami berbagai hubungan, sifat, serta peranan dari bagian-bagian tersebut.
6.       Bersifat Verifikatif
Suatu ilmu mengarah pada tercapainya suatu kebenaran. Misalnya, teori tentang Generatio Spontanea, menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang sudah diyakini kebenarannya, tetapi akhirnya teori itu digugurkan dengan teori Biogenesis, menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Akhirnya teori ini diyakini kebenarannya sampai sekarang.

Dari pemahaman itu agar menjadi membumi dan jelas bagaimana langkah belajarnya



Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan. Di bawah ini adalah beberapa metode pembelajaran efektif, yang mungkin bisa kita persiapkan.


Metode Debat
Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat orang. Di dalam kelompoknya, siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru.
Selanjutnya guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi yang meliputi kedua posisi tersebut dan mengevaluasi seberapa efektif siswa terlibat dalam prosedur debat.
Pada dasarnya, agar semua model berhasil seperti yang diharapkan pembelajaran kooperatif, setiap model harus melibatkan materi ajar yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung ketika mereka belajar materi dan bekerja saling tergantung (interdependen) untuk menyelesaikan tugas. Ketrampilan sosial yang dibutuhkan dalam usaha berkolaborasi harus dipandang penting dalam keberhasilan menyelesaikan tugas kelompok. Ketrampilan ini dapat diajarkan kepada siswa dan peran siswa dapat ditentukan untuk memfasilitasi proses kelompok. Peran tersebut mungkin bermacam-macam menurut tugas, misalnya, peran pencatat (recorder), pembuat kesimpulan (summarizer), pengatur materi (material manager), atau fasilitator dan peran guru bisa sebagai pemonitor proses belajar.

Metode Role Playing
Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. Kelebihan metode Role Playing:
Melibatkan seluruh siswa dapat berpartisipasi mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerjasama.
1. Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
2. Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
3. Guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.
4. Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.

Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Adapun keunggulan metode problem solving sebagai berikut:
1. Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan.
2. Berpikir dan bertindak kreatif.
3. Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
4. Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan.
5. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan.
6. Merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat.
7. Dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dunia kerja.
Kelemahan metode problem solving sebagai berikut:
1. Beberapa pokok bahasan sangat sulit untuk menerapkan metode ini. Misal terbatasnya alat-alat laboratorium menyulitkan siswa untuk melihat dan mengamati serta akhirnya dapat menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut.
2. Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain.

Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Problem Based Instruction (PBI) memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
Langkah-langkah:
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
Kelebihan:
1. Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserapnya dengan baik.
2. Dilatih untuk dapat bekerjasama dengan siswa lain.
3. Dapat memperoleh dari berbagai sumber.
Kekurangan:
1. Untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
2. Membutuhkan banyak waktu dan dana.
3. Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini

Cooperative Script
Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah:
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan.
2. Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
6. Kesimpulan guru.
7. Penutup.
Kelebihan:
• Melatih pendengaran, ketelitian / kecermatan.
• Setiap siswa mendapat peran.
• Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan.
Kekurangan:
• Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu
• Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut).

Picture and Picture
Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis.
Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Menyajikan materi sebagai pengantar.
3. Guru menunjukkan / memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi.
4. Guru menunjuk / memanggil siswa secara bergantian memasang / mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
5. Guru menanyakan alas an / dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
6. Dari alasan / urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep / materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
7. Kesimpulan / rangkuman.
Kebaikan:
1. Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
2. Melatih berpikir logis dan sistematis.
Kekurangan:Memakan banyak waktu. Banyak siswa yang pasif.

Numbered Heads Together
Numbered Heads Together adalah suatu metode belajar dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.
Langkah-langkah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya.
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6. Kesimpulan.
Kelebihan:
• Setiap siswa menjadi siap semua.
• Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
• Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
Kelemahan:
• Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru.
• Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru

Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
Metode investigasi kelompok sering dipandang sebagai metode yang paling kompleks dan paling sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para guru yang menggunakan metode investigasi kelompok umumnya membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5 hingga 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Pembagian kelompok dapat juga didasarkan atas kesenangan berteman atau kesamaan minat terhadap suatu topik tertentu. Para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan. Adapun deskripsi mengenai langkah-langkah metode investigasi kelompok dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Seleksi topik
Parasiswa memilih berbagai subtopik dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan lebih dahulu oleh guru. Para siswa selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi pada tugas (task oriented groups) yang beranggotakan 2 hingga 6 orang. Komposisi kelompok heterogen baik dalam jenis kelamin, etnik maupun kemampuan akademik.
b. Merencanakan kerjasama
Parasiswa beserta guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan berbagai topik dan subtopik yang telah dipilih dari langkah a) di atas.
c. Implementasi
Parasiswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan pada langkah b). Pembelajaran harus melibatkan berbagai aktivitas dan ketrampilan dengan variasi yang luas dan mendorong para siswa untuk menggunakan berbagai sumber baik yang terdapat di dalam maupun di luar sekolah. Guru secara terus-menerus mengikuti kemajuan tiap kelompok dan memberikan bantuan jika diperlukan.
d. Analisis dan sintesis
Parasiswa menganalisis dan mensintesis berbagai informasi yang diperoleh pada langkah c) dan merencanakan agar dapat diringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas.
e. Penyajian hasil akhir
Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua siswa dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasi kelompok dikoordinir oleh guru.
f. Evaluasi
Guru beserta siswa melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individu atau kelompok, atau keduanya.

Metode Jigsaw
Pada dasarnya, dalam model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen lebih kecil. Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif yang terdiri dari empat orang siswa sehingga setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. Siswa dari masing-masing kelompok yang bertanggungjawab terhadap subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari yang terdiri dari dua atau tiga orang.
Siswa-siswa ini bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam: a) belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya; b) merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula. Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya. Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru. Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan.

Metode Team Games Tournament (TGT)
Pembelajaran kooperatif model TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement.
Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Ada5 komponen utama dalam komponen utama dalam TGT yaitu:
1. Penyajian kelas
Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi dalam penyajian kelas, biasanya dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan ceramah, diskusi yang dipimpin guru. Pada saat penyajian kelas ini siswa harus benar-benar memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan guru, karena akan membantu siswa bekerja lebih baik pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan skor kelompok.
2. Kelompok (team)
Kelompok biasanya terdiri dari 4 sampai 5 orang siswa yang anggotanya heterogen dilihat dari prestasi akademik, jenis kelamin dan ras atau etnik. Fungsi kelompok adalah untuk lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan lebih khusus untuk mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat game.
3. Game
Game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas dan belajar kelompok. Kebanyakan game terdiri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana bernomor. Siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor itu. Siswa yang menjawab benar pertanyaan itu akan mendapat skor. Skor ini yang nantinya dikumpulkan siswa untuk turnamen mingguan.
4. Turnamen
Biasanya turnamen dilakukan pada akhir minggu atau pada setiap unit setelah guru melakukan presentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja. Turnamen pertama guru membagi siswa ke dalam beberapa meja turnamen. Tiga siswa tertinggi prestasinya dikelompokkan pada meja I, tiga siswa selanjutnya pada meja II dan seterusnya.
5. Team recognize (penghargaan kelompok)
Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan. Team mendapat julukan “Super Team” jika rata-rata skor 45 atau lebih, “Great Team” apabila rata-rata mencapai 40-45 dan “Good Team” apabila rata-ratanya 30-40

Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD)
Siswa dikelompokkan secara heterogen kemudian siswa yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti.
Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll.).
2. Guru menyajikan pelajaran.
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
5. Memberi evaluasi.
6. Penutup.
Kelebihan:
1. Seluruh siswa menjadi lebih siap.
2. Melatih kerjasama dengan baik.
Kekurangan:
1. Anggota kelompok semua mengalami kesulitan.
2. Membedakan siswa.

Model Examples Non Examples
Examples Non Examples adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus / gambar yang relevan dengan KD.
Langkah-langkah:
1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP.
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan / menganalisa gambar.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar / hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7. KKesimpulan.
Kebaikan:
1. Siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar.
2. Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar.
3. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
Kekurangan:
1. Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
2. Memakan waktu yang lama.

Model Lesson Study
Lesson Study adalah suatu metode yang dikembangkan di Jepang yang dalam bahasa Jepangnya disebut Jugyokenkyuu. Istilah lesson study sendiri diciptakan oleh Makoto Yoshida.
Lesson Study merupakan suatu proses dalam mengembangkan profesionalitas guru-guru di Jepang dengan jalan menyelidiki/ menguji praktik mengajar mereka agar menjadi lebih efektif.
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Sejumlah guru bekerjasama dalam suatu kelompok. Kerjasama ini meliputi:
a. Perencanaan.
b. Praktek mengajar.
c. Observasi.
d. Refleksi/ kritikan terhadap pembelajaran.
2. Salah satu guru dalam kelompok tersebut melakukan tahap perencanaan yaitu membuat rencana pembelajaran yang matang dilengkapi dengan dasar-dasar teori yang menunjang.
3. Guru yang telah membuat rencana pembelajaran pada (2) kemudian mengajar di kelas sesungguhnya. Berarti tahap praktek mengajar terlaksana.
4. Guru-guru lain dalam kelompok tersebut mengamati proses pembelajaran sambil mencocokkan rencana pembelajaran yang telah dibuat. Berarti tahap observasi terlalui.
5. Semua guru dalam kelompok termasuk guru yang telah mengajar kemudian bersama-sama mendiskusikan pengamatan mereka terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Tahap ini merupakan tahap refleksi. Dalam tahap ini juga didiskusikan langkah-langkah perbaikan untuk pembelajaran berikutnya.
6. Hasil pada (5) selanjutnya diimplementasikan pada kelas/ pembelajaran berikutnya dan seterusnya kembali ke (2).
Adapun kelebihan metode lesson study sebagai berikut:
- Dapat diterapkan di setiap bidang mulai seni, bahasa, sampai matematika dan olahraga dan pada setiap tingkatan kelas.
- Dapat dilaksanakan antar/ lintas sekolah.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor di atas sangat mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa
Dari dasar itulah saya tidak tega kalau anak indonesia hanya mau belajar dan bisa biologi saja kok harus susah , ngeluarin uang berjibun jibun untuk Bimbel dll, maka saya beranikan diri membuat BLOG ini sebisa mungkin , sesederhana mungkin , semudah mungkin untuk bisa biologi dengan baik. dan tentu saya berharap semuga Blog ini bermanfaat. Tengkyu

KLIK KELAS X

TRY OUT 8 NEGERI

Ini latihan soal biologi untuk melancarkan Soal Ujian Nasional ya OK semoga berguna

1. Seorang siswa menemukan jamur menempel pada kayu lapuk, bentuknya seperti kuping, dapat dimakan, sebagai sumber protein. Jamur tersebut dikelompokkan ke dalam ..
A. Ascomycota
B. Basidiomycota
C. OOmycota
D. Deuteromycota
E. Zygomycota

2. Perhatikan data species yang diketemukan di hutan jati Bojonehoro
  1. Kelelawar
  2. Tikus
  3. Kucing
  4. Landak
  5. Anjing
  6. Tupai
Kelompok Rodentia ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 6
D. 4 dan 5
E. 6 dan 7

3. Chordata adalah kelompok mahkluk hidup yang meliputi kecuali   ...
A. Lintah
B. Tupai
C. Planaria
D. Bekicot
E. Laba laba

4. Bakteri yang menguntungkan bagi manusia adalah ...
A. Thiobacillus ferrosidans dapat menghasilkan antibodi
B. Penicillium camemberti berperan dalam pembuatan keju
C. Clostridium tetani berperan dalam pembentukkan alkohol
D. Mycobacterium tuberculosis menyebabkan TBC
E. Streptococcus thermophilus berperan dalam pembuatan nata de coco

5. Perhatikan bagan lumut berikut
Sporofit dan Gametofit secara berurutan ditunjuk oleh nomer ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5


6. Perhatikan gambar berikut
  • Gambar struktur biji untuk label G = antipoda, K = inti kandung lembaga sekunder, I = ovum, B = sinergid, sedangkan untuk gambar buluh serbuk nomor C adalah inti vegetatif, nomor A adalah inti generatif
  • Zygot akan berkembang menjadi embrio merupakan hasil peleburan antara .
A. inti A dan I
B. inti A dan K
C. inti C dan B
D. inti A dan G
E. inti C dan G

7. Perhatikan ciri organisme vertebrata berikut:
  1. fertilisasi internal
  2. alat gerak atas berupa sayap
  3. jantung beruang 4
  4. memiliki sepasang ovarium
  5. tubuh ditutupi bulu
  6. bertelur / ovipar
Ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh kelas aves adalah ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 5
E. 4 dan 6

8. Pada rantai makanan di padang rumput, organisme yang berperan sebagai konsumen 1 adalah ...
A. tumbuhan
B. detritivor
C. dekomposer
D. karnivora
E. herbivora

9. Sampah plastik dapat menyebabkan menurunnya daya dukung lingkungan. Upaya penanggulangan yang tepat terhadap hal tersebut adalah ...
A. melarang masyarakat menggunakan plastik
B. membakar sampah plastik
C. meneliti cara penguraian plastik
D. melakukan daur ulang sampah plastik
E. mengubur plastik ke dalam tanah

LAGI YE

1. Ada beberapa bibit unggul dihasilkan melalui rekayasa genetika, bibit unggul yang banyak memberikan keuntungan bagi konsumen juga dikhawatirkan menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem yaitu….
A. munculnya penyakit baru
B. banyak bakteri yang resisten
C. berkurangnya plasma nutfah
D. menimbulkan alegi
E. harga barang melonjak naik

2. Bioteknologi modern di bidang farmasi telah menemukan interferon yang dapat mengobati penyakit kanker. Rekayasa genetika yang dilakukan adalah ….
A. Teknik pembuahan invitro
B. Cloning sel somatis
C. Teknologi hibridoma
D. teknologi plasmid
E. tehnik pemurnian serum

3. Lactobacillus bulgaricus merupakan bakteri yang berjasa dalam industry makanan karena dapat membentuk …
A. Serat nata dari air kelapa dan tumbuh dalam suasana asam
B. Serat natadari air kelapa dan tumbuhan dalam suasana basa
C. Serat nata dari susu dan tumbuh dalam suasana asam
D. Susu asam yang bermanfaat untuk kesehatan perut
E. Susua sam dan tumbuh dalam suasana asam

4. Perhatikan ciri-ciri jamur berikut:
  1. Hifa senositik yang tidak bersekat.
  2. Benuk hypa stolon, ada rizoid dan sporangiopora
  3. Miselium dengan hifa yang bersekat (bersepta)
  4. Hifa yang menjulang keatas membentuk sporangium).
  5. Kantung-kantungpenyimpanan yang disebutaskus (konidia).
Ciri zygomycotina adalah ….
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,3 dan 5
E. 3,4 dan 5

5. Perhatikan gambar berikut ini!


Protozoa yang dikelompokkan rhizopoda adalah ….
A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 4
C. 2 ,4 dan 5
D. 3 dan 4 saja
E. 5 dan 6 saja

6. Di Indonesia terdapat beberapa kawasan yang mempunyai ekosistem yang asli dan unik sehingga sangat potensial digunakan untuk penelitian dan pendidikan. Pelestarian dapat dilakukan secara sengaja atau alami untuk menjaga kelangsungan hidup satwa tertentu.
Pelestarian sumber daya alam itu disebut ….
A. Kebun koleksi
B. Taman nasional
C. Suaka margasatwa
D. Kebun raya
E. Cagar alam

7. Tumbuhan berbiji (spermatophyta) dibedakan menjadi tumbuhan berbiji terbuka(Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Dasar pengelompokkan pada tabel berikut ini yang benar adalah ….

Gymnospermae
Angiospermae
A
batang  tidak bercabang
batang bercabang
B
biji berkeping tunggal
biji berkeping ganda
C
biji terbungkus endosperm
biji terbungkus buah
D
bakal biji tidak terbungkus daun buah
bakal biji terbungkus daun buah
E
sistem perakaran serabut
sistem perakaran tunggang

8. Berikut ciri-ciri suatu perkembangbiakan hewan :

  1. Berkembangbiakdenganmenggunakan tunas atauseksual
  2. Fertilisasi eksternal di dalam air
  3. Terdapat medusa betina dan medusa jantan
  4. Memiliki fas ezigot, planula, skifistoma dan efira
Dari ciri-ciri perkembangbiakannya hewan tersebut adalah ….
A. cacingPlanaria
B. ubur-ubur
C. anemone laut
D. cumi-cumi
E. bulubabi

9. Berikut adalah ciri-ciri hewan dari filum Vertebrata :

  1. Kulit licindan tidak bersisik
  2. Fertilisasi eksternal dan bersifat ovipar
  3. Suhu tubuh sesuai suhu lingkungan (berdarahdingin)
  4. Ruang jantung 2 serambi dan 1 bilik

Dari ciri-ciritersebuthewaninitergolongkedalamkelas ….
A. Amphibia
B. Aves
C. Reptilia
D. Mamalia
E. Picses

10. Perhatikan rantai makanan berikut ini!


Taraf trofi dari makhluk hidup diatas yang memiliki produktifitas sangat rendah adalah ….
A. padi
B. belalang
C. katak
D. ular
E. elang

11. Perhatikan daur nitrogen berikut!


Berdasarkan daur nitrogen di atas proses yang terjadi di 1, 2 dan 3 adalah….
A. Fiksasi , amonifikasi dan nitrifikasi
B. Amonifikasi, denitrifikasi dan fiksasi
C. Amonifikasi, fiksasi dan denitrifikasi
D. Nitrifikasi, nitrafikasi dan fiksasi
E. Nitrifikasi, nitrafikasi dan denitrifikasi

12. Aktivitas manusia sangat berpengaruh terhadap keseimbangan lingkungan. Untuk mengurangi terjadinya pemanasan global usaha yang dilakukan adalah ….
A. Mengurangi aktivitas industri
B. Membatasi jumlah kendaraan bermotor
C. Memberantas hama tanaman pertanian
D. Memperbanyak menanam tanaman
E. Mengurangi penangkapan ikan di laut

13. Perhatikan gambar membrane sel di bawah ini!
Bagian yang bersifat hidrofobik bernomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3dan 4
E. 4 dan 5

14. Perhatikan gambar sel hewan!


Organel sel yang berfungsi mengatur gerakan Kromosom pada saat pembelahan sel yang terlihat pada gambar adalah
A. Peroksisom
B. Badan Golgi
C. Badan Mikro
D. Centriol
E. Mikrotubuus

15. Perhatikan gambar berikut!


Fungsi dan nama jaringan X pada gambar diatas adalah….
A. pemanjangan ujung batang , meristimatik
B. pemanjangan ujung batang , parenkim dasar
C. pembesaran diameter batang , meristimatik
D. pembesaran diameter batang , parenkim dasar
E. pemanjangan ujung batang , jaringan pengangkut

16. Perhatikan mekanisme gerakan tagonis berikut!
 
Berdasarkan gambar diatas, secara urut adalah gerak antagonis….

A. fleksor>
B. Supinasi X Pronasi
C. Elevasi X Depresi
D. Ekstensi X Fleksi 
E. Abduksi X Adduksi 

17. Cermati beberapa ciri dari pembuluh darah berikut!
  1. Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik
  2. Merupakan pembuluh yang liat dan elastic
  3. Tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi
  4. Dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis.
  5. Tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik
  6. Memiliki sebuah katup (valvula semilunaris) yang berada tepat di luar jantung
  7. Terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali
Ciri dari pembuluh nadi adalah…
A. 1, 2, 3,4 dan5
B. 1, 2, 4, 5 dan6
C. 1, 2, 5, 6 dan7
D. 2, 6, 7, 1dan3
E. 4, 5, 6, 7 dan1

18. Di bawah ini terdapat organ pencernaan dan enzim yang terdapat didalamnya:

  1. mulut – ptialin
  2. lambung – pepsinogen
  3. usus 12 jari – lipase
  4. usus halus – erepsinogen

Urutan proses pencernaan zat makanan dari mulut sampai usus secara kimiawi adalah ….
A. protein, lemak, karbohidrat, protein
B. karbohidrat, protein, lemak , protein
C. lemak karbohidrat, protein, protein
D. protein, karbohidrat, lemak , protein
E. karbohidrat, lemak, protein, lemak

19. Gas karbonmonooksida (CO) merupakan gas pembunuh yang berbahaya karena tidak berbau dan berasap. Bila dihirup akan menyebabkan kematian karena ….
A. Elastisitas gelembung paru-paru berkurang
B. Gangguan pengangkutan oksigen kejaringan
C. Menimbulkan reaksi alergi sehingga sesak napas
D. Sulit bernapas karena membrane mukosarongga hidung berlendir
E. gas CO melalui aliran darah akan merusak selaput jantung.

20. Dalam proses pembentukan urin terjadi penyerapan kembali senyawa organik yang masih di perlukan tubuh, seperti glukosa. Proses ini terjadi di….
A. glomerolus
B. badan golgi
C. tubulus proximal
D. tubulus distal
E. tubulus kolektifus

21. Perhatikan diagram reproduksi berikut ini!


Fungsi organ Z dalam diagram reproduksi pria adalah….
A. sekresi hormon testosteron dan proses spermatogenesis
B. sekresi hormon testosteron dan androgen
C. sekresi senyawa protein dan proses spermatogenesis
D. pematangan sperma dan sekresi cairan prostat
E. sekresi senyawa buffer pada sperma

22. Perhatikan diagram gametogenesis berikut!


Berdasarkan gambar diatas sel yang bersifat haploid adalah….
A. 1, 2 dan 6
B. 1,2,3,dan 6
C. 2,3,6 dan 7
D. 2,3,4,6,dan 7
E. 3,4,5,6 dan 7

23. Berbagai jenis penyakit dapat dicegah dengan imunisasi melalui pemberian vaksin.
Vaksin adalah.…
A. antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit
B. antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan fasif terhadap suatu penyakit
C. antibodi yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit
D. antibodi yang digunakan melawan bibit penyakit
E. antigenik yang digunakan melawan bibit penyakit

24. Perhatikan data pertumbuhan kecambah kacang hijau yang diberi perlakukan dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda berikut ini !
No
Kondisi cahaya
Pertambahan tinggi pada hari ke..(cm)
1
2
3
4
5
6
7
1
Gelap
2.0
3.4
5.2
5.6
7,2
8.0
8.6
2
Remang – remang
1.2
1.8
2.2
2.3
2.6
3.1
4.5
3
terang
0.4
0.9
1.3
1.3
1.5
2.2
3.0







Dari data tabel diatas dapat disimpulkan bahwa semakin gelap pertumbuhan semakin cepat.
Hal ini terjadi akibat dari ….
A. cahaya dapat mengurangi proses fotosintesis
B. cahaya merusak aktivitas hormon pertumbuhan
C. cahaya dapat mempengaruhi jumlah air dalam tumbuhan
D. semua hormn tumbuhan dapat rusak dengan adanya cahaya
E. proses respirasi tumbuhan akan terhambat karena cahaya

25. Hasil percobaan enzim katalase sebagai berikut:
No.
Ekstrak hati dengan
Perlakuan
Nyala bara
Keterangan
1.
H2O2
Suhu 37oC
++
+    = banyak
++= banyak sekali
2.
H2O2
Suhu 15oC
3.
H2O2
Suhu 60oC
4.
H2O2
pH 3
5.
H2O2
pH 7
++
6.
H2O2
pH 12
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa …. .
A. pada suhu dan pH rendah enzim aktif
B. enzim bekerja pada pH 7 dan suhu di atas 37oC
C. kerja enzimdipengaruhi oleh pH dan suhu
D. aktivitasenzimdipengaruhisuhutetapitidakdipengaruhi pH
E. pH dan suhukurangberpengaruh pada kerjaenzim

26. Perhatikan diagram siklus krebs berikut ini!


Berdasarkan diagram siklus krabs diatas ada beberapa reaksi yang menghasilkan akseptor dan energi. Dimanakah 6 NADH dihasilkan….
A. 2, 3 dan 4
B. 2, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 7
D. 3, 4 dan 7
E. 5, 6 dan 7

27. Perhatikan reaksi umum respirasi berikut!
C6H12O6 + 6O2 ? 6CO2 + 6H2O + Energi
H2O dan CO2 berturut-turut dihasilkan pada tahap ….
A. Glikolisis dan dekarboksilasi
B. Glikolisis dan daur Krebs
C. Dekarboksilasi dan daur Krebs
D. transport electron dan glikolisis
E. transport electron dan daur Krebs

28. Proses fotosintesis menghasilkan gas oksigen yang dilepaskan keudara dan dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup yang melakukan proses respirasi. Oksigen dihasilkan pada tahap…
A. transpor elektron pada membran tilakoid
B. pemecahan molekul air pada membran tilakoid
C. fiksasi CO2 pada stroma kloroplas
D. fotofosforilasi pada membran tilakoid
E. regenerasi RuBp pada stroma kloroplas

29. Dalam keadaan tanpa oksigen ragi Saccharomyces sp dapat melakukan proses fermentasi.Produk fermentasi yang dilakukan diantaranya menghasilkan energi ATP yang jumlahnya sangat sedikit. Molekul ATP dihasilkan pada peristiwa perubahan ….
A. glukosa ? asam piruvat
B. glukosa ? asam laktat
C. asam piruvat ? asetaldehide
D. asam piruvat ? asam laktat
E. asetaldehide ? etanol

30. Perhatikan diagran DNA berikut!
Dari gambar struktur DNA diatas, yang diberi label 3 dan 4 berturut-turutadalah….
A. Timin – Adenin
B. Sitosin – Guanin
C. Adenin – Sitosin
D. Guanin-Timin
E. Sitosin – Adenin

31. Perhatikan diagram proses sintesis protein!

Bagian yang berlabel 1 dan 2 adalahproses ….
A. replikasi dan translasi
B. replikasi dan transkripsi
C. translasi dan replikasi
D. transkripsi dan translasi
E. translasi dan replikasi

32. Gambar tahap- tahap pembelahan sel.


Profase, metafase, anafase dan telofase secara berurutan adalah …….
A. 1 – 2 – 3 dan 4
B. 2 – 3 – 4 dan 5
C. 3 – 2 – 1 dan 4
D. 4 – 5 – 2 dan 1
E. 5 – 4 – 2 dan 3

33. Mawar merah (M,) disilang dengan mawar putih, keturunannya berwarna merah, apabila F1 disilangkan sesamanya menghasilkan 160 keturunan. Jumlah keturunan yang berwarna putih adalah ….
A. 10
B. 20
C. 30
D. 40
E. 120

34. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning). Apabilakedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip putih. Bila gandum hitam (HHkk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKK), kemudian F1-nya disilangkan sesamanya,maka akan dihasilkan gandum hitam, kuning dan putih dengan rasio …
A. 12 : 1 : 3
B. 12 : 3 : 1
C. 9 : 4 : 3
D. 9 : 3 : 4
E. 3 : 1 : 12

35. Perhatikan peta silsilah hemofilia berikut ini!


Berdasarkan peta silsilah diatas menunjukkan banyak keturuanan yang mengalami hemofilia baik laki-laki maupun wanita. Yang menjadi pembawa sifat hemofili (carier) adalah ….
A. 1, 2 generasi ke II dan 3, 5 generasi ke III
B. 1, 4 , 6 generasi ke II dan 3, 5, 8 generasi ke III
C. 2, 3 , 6 generasi ke II dan 3, 5, 8 generasi ke III
D. 4 generasi ke II dan 5 , 8 generasi ke III
E. 4 generasi ke II dan 5 generasi ke III

36. Perhatikan diagram mutasi berikut!


Mutasi yang terjadi adalah ….
A. duplikasi
B. delesi
C. inversi
D. insersi
E. katenasi

37. Menurut Urey, gas-gas purba di atmosfer bereaksi membentuk zat organik yang penting bagi kehidupan makhluk hidup. Gas – gas purba yang diperkirakan Urey adalah ….
A. CH4, NH3, N2 dan H2O uap air
B. CH4, NH3, H2 dan H2O uap air
C. CH4, NH3, CO2 dan H2O uap air
D. CH4, NH3, NO2 dan H2O uap air
E. CH4, NH4, H2 dan H2O uap air

38. Evolusi merupakan adanya perubahan sifat makhluk hidup ke bentuk yang lebih kompleks. Ada 2 hal penting penyebab munculnya evolusi yaitu….
A. variasi dan mutasi
B. variasi dan seleksi alam
C. variasi dan rekmbinasi
D. perkawinan dan rekombinasi
E. mutasi dan rekombinasi

39. Perhatikan tabel berikut!
No
Mikroorganisme
Peranan
1
Streptococusthermophilus
mentega
2
Penicilium camemberti
Nata de coco
3
Aspergillusorysae
keju
4
Acetobacterxilinum
kecap
5
Sacharomycescerevisae
tape
Antara mikroorganisme dan fungsinya yang benar dalam bidang bioteknologi adalah….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

40. Perhatikan diagram teknologi plasmid di bawah ini!



Pada bagan teknologi plasmid diatas keterangan X dan Y adalah …..
A. X. enzim endonuklease dan Y. DNA donor
B. X. enzim DNA polimerase dan Y. DNA rekombinan
C. X. enzim endonuklease dan Y. DNA rekombinan
D. X. enzim ligase dan Y. DNA plasmid
E. X. enzim ligase dan Y. DNA rekombinan

Support web ini

BEST ARTIKEL