Wednesday, April 4, 2012

TRY OUT 01 UN 2012 BAHASA INGGRIS

Ini saya postingkan dengan sengaja untuk anak indonesia yang perlu latihan UN 2012 bahasa inggris , soal ini saya dapatkan dari temen deket saya yang jagoan bahasa inggris . Semoga berguna ya  

Dengan senang hati pula saya sertakan kunci jawabannya dibawahnya.  OK


PREDIKSI SOAL INGGRIS UN 2012

TRY OUT UJIAN NASIONAL

                                            Mata Pelajaran             :       Bahasa Inggris
                                            Program Studi               :       IPA, IPS dan Bahasa
                                            Hari / Tanggal               :       Selasa, 13 Maret 2012
                                            Waktu                          :       07.00 – 09.00 WIB
 

Petunjuk Umum
  1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Try Out Ujian Nasional (LJTOUN) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B.
  2. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket TO UN ini.
  3. Jumlah soal 50 (lima puluh) butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
  4. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
  5.  Laporkan kepada Pengawas Try Out apabila terdapat soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
  6. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung  lainya.
  7. Periksa pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Try Out.
  8. Lembar soal boleh dicoret-coret untuk mengerjakan perhitungan.
 

Ini saya postingkan dengan sengaja untuk anak indonesia yang perlu latihan UN 2012 bahasa inggris , soal ini saya dapatkan dari temen deket saya yang jagoan bahasa inggris . Semoga berguna ya  

Dengan senang hati pula saya sertakan kunci jawabannya dibawahnya.  OK

Listening Section   
In this section of the test, you will have the chance to show how well you understand spoken English. There are four parts to this section, with special directions for each part.
Part  I
Questions 1 to 3
Directions:
In this part of the test, you will hear some dialogues spoken in English. The dialogue will be spoken twice. They will not be printed in your test book, so you must listen carefully to understand what the speakers are saying.
After you hear a dialogue and the question about it, read the five possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Now listen to a sample question.
You will hear:
Boy           : Have you finished doing your homework?
Girl            : Not yet.
Boy           : Do it right away. The class will begin soon.

You will also hear:
Narrator: Where does the conversation take place?


You will read in your test book:
                                                                                                                     
A.     At school
B.     At home.
C.     At a store
D.     At the mall
E.      At the market

The best answer to the question ‘Where does the conversation take place? is choice (A),  ‘At school’.
Therefore, you should answer choice (A)

  1. A.    Doing the final examination.                                                                                                      B.    Having the final examination                                                                                                     C.    Joining the final examination                                                                                                       D.    Passing the final examination.                                                                                                 E.    Following the final examination.
2.        A.    Tomorrow afternoon at 4 o’clock.
B.        Tomorrow morning at 7 o’clock.
C.        Tomorrow afternoon at 7 o’clock.
D.       Tomorrow evening at 7 o’clock.
E.        The next two days at 7 o’clock.


3. A.    In the bank
B.        In the library.
C.        In the cinema.
D.       In the restaurant.
E.        In the supermarket

4. A.      Unhappy
B.      Excited.
C.      Delight
D.      Happy
E.       Sad



5.    A.    The difficult assignment.
B.        The coming final test.
C.        The last examination.
D.       The coming flight.
E.        Their study club.

Part II
Questions: 6 to 10
Directions:
In this part of the test, you will hear several questions or statements spoken in English followed by five responses, also spoken in English. The questions and responses will be spoken twice. They will not be printed in your test sheet, so you must listen carefully to understand what the speakers are saying. You have to choose the best response to each question or statement.


Now listen to a sample question:
You will hear:
Woman : Good morning, John. How are you?                              
Man       :….                                                                                                                  
You will also hear:
A.     I am fine, thank you.
B.     I am in the living room.
C.     Let me introduce myself.
D.     My name is  Hendra Gunawan.
E.      I am living in Jakarta.
The best answer to the question ‘How are you?’ is choice (A), ‘I’m fine, thank you.’
Therefore, you should choose choice (A)
6. Mark your answer on your answer sheet.
7. Mark your answer on your answer sheet.
8. Mark your answer on your answer sheet.
9. Mark your answer on your answer sheet.
10. Mark your answer on your answer sheet.

Part III
Questions: 11 to 13
Directions:
In this part of the test, you will hear some dialogues and a monologue spoken in English. The dialogues and the monologue will be spoken twice. They will not be printed in your test book, so you must listen carefully to understand what the speakers say.
After you hear the dialogue or the monologue and the question about it, look at the pictures and decide which one would be the best answer to the question you have heard. 

11.       A.     1
B.     2
C.     3
D.     4
E.      5



12.       A.     1
B.     2
C.     3
D.     4
E.      5


13.      A.     1
B.     2
C.     3
D.     4
E.      5

Part IV
Questions 14 and 15
Directions:
In this part of the test you will hear a monologue. The monologue will be spoken twice. It will not be printed in your test book, so you must listen carefully to understand what the speaker is saying.
After you hear a monologue and the questions about it, read the five possible answers and decide which one would be the best answer to the questions you have heard.
14. A. The speaker’s dog.
       B. The speaker’s cat.
C.     The Italian breed.
       D. The dog’s meal
       E. The dog’s bone.

15.  A.    Fish.
B.        Bread.
C.        Bonds.
D.       Soft food.
E.        Steamed rice.
This is the end of the listening section

Dear Member,
The next meeting will be held on Thursday 14 January at 2.30pm. Agendas will be distributed seven days before the meeting, and if you have not received your agenda by the 10th then you are asked to contact the Honorary Secretary.
Yours sincerely Ethel Honywood Hon. Secretary

16. The text mainly tells about ....
A. the time of the meeting
B. the agenda of the meeting
C. the distribution of the agendas
D. the agendas before the meeting
E. the information about the meeting

Dear Member,
The next meeting will be held on Thursday 14 January at 2.30pm. Agendas will be distributed seven days before the meeting, and if you have not received your agenda by the 10th then you are asked to contact the Honorary Secretary.
Yours sincerely Ethel Honywood Hon. Secretary

17. The word “you” refers to ...
A. secretary
B. the member
C. distributor
D. Honorary Secretary
E. the writer of the agenda

 
 1234 Main Street, Boston, MA 02123
 07 April, 2011

Hello Sarah,

I want you to know how awful I feel about letting you down. I know you were really counting on me to leave you alone and I blew it! You must be frustrated and angry with me and I don't blame you. Nothing is more aggravating than having to deal with a flake who can't be depended on. Ordinarily, I am very responsible and reliable. I wish I had a good excuse for why I failed you, but I'm afraid there just isn't one. I hope you'll forgive me for this lapse on my part. Again, I am terribly sorry.

Regards,

Jim Karter


18. From the text above we know that...
A. the writer really regrets his mistake.
B. the writer doesn’t blame his friend.
C. the writer is forgiven by his friend.
D. the writer will forgive his friend.
E. the writer shares his feeling.

  1234 Main Street, Boston, MA 02123
 07 April, 2011                                                                  

Hello Sarah,

I want you to know how awful I feel about letting you down. I know you were really counting on me to leave you alone and I blew it! You must be frustrated and angry with me and I don't blame you. Nothing is more aggravating than having to deal with a flake who can't be depended on. Ordinarily, I am very responsible and reliable. I wish I had a good excuse for why I failed you, but I'm afraid there just isn't one. I hope you'll forgive me for this lapse on my part. Again, I am terribly sorry.

Regards,

Jim Karter

19. What is the purpose of the text?
A. To tell the lapse of someone.
B. To share someone’s feeling.
C. To consider the fault.
D. To ask for apology
E.  To tell the truth.

ATTENTION
 To apply for a new drive’s license, come to the BRI to buy a form. Then bring the form you’ve completed to the license office Monday through Friday between 8.00 a.m. and 2.30 p.m. You will take a written test and a driving test after you fill in other forms from the license office. There will be a fee but not much.

20. The text is mainly about the announcement of... .
A. written and driving test
B. the place to get the license
C. how to get the license form
D. applying for a drive’s license
E. the schedule to apply the drive’s license

21. According to the text, we can get the form for applying the new drive’s license by... .
A. coming to the BRI
B. going to the license office
C. buying it in the license office
D. taking the written and driving test first
E. coming to the office on Monday through Friday


The following text is for questions no. 22 and 23.


22. The spray is produced by ...
A. Radium Spray CO., Inc.
B. Grocers and Druggist
D. 114 Third Ave
C. Druggist
E. Grocers

23. What does the advertisement mainly tell about?
A. the way to use the spray
B. the new product of spray
C. the advantages of using the spray
D. the spray to kill insects and vermin
E. the combination bug killer and furniture polish

The following text for questions 24 to 26.  
A Mouse who always lived on the land, by an unlucky chance, formed an intimate acquaintance with a Frog, who lived, for the most part, in the water.
One day, the Frog was intent on mischief. He tied the foot of the Mouse tightly to his own. Thus joined together, the Frog led his friend, the Mouse, to the meadow where they usually searched for food.
 After this, he gradually led him towards the pond in which he lived, until reaching the banks of the water, he suddenly jumped in, dragging the Mouse with him.
The Frog enjoyed the water amazingly, and swam croaking about, as if he had  done a good deed. The unhappy Mouse was soon sputtered and drowned in the water, and his poor dead body floating about on the surface.
          A Hawk observed the foating Mouse from the sky, and dove down and grabbed it with his talons, carrying it back to his nest. The Frog, being still fastened to the leg of the Mouse, was also carried off a prisoner, and was eaten by the Hawk.

24. There are ... characters in the story.
A. two
B. three
C. four
D. five
E. six

25. What is the moral value of the text?
A. We must do our obligation
B. We must be brave with our enemy.
C. We must not underestimate your friend.
D. We will be paid for what we have done.
E. There is always someone living more painfully than us.
26. The main idea of paragraph 5 is ... .
A. the hawk’s bad luck
B. the impact of being cruel
C. the strategy to get the prey
D. the benefit of the hawk’s accuracy
E. the frog’s happiness of his friend’s death

The following text is for questions no. 27 and 28.

A grizzly bear killed a 57-year-old man hiking in Yellowstone National Park with his wife Wednesday. It's the first fatal bear mauling in the park since 1986.
      The bears involved in Wednesday's encounter have not been captured, and park officials said they did not immediately have enough information to determine what measures, if any, they might take in the aftermath of the attack.
       According to the AP, Yellowstone National Park is home to at least 600 grizzly bears, though some say the population is over 1,000. While the attack is the first fatal mauling in the park since 1986, it's the third in the region in little over a year.
       A National Park Service statement said the couple surprised the mother grizzly while with her cubs, and that the grizzly fatally mauled the man in "an attempt to defend a perceived threat to her cubs."
                                                                             
27. From the text, we know that ....
A. there were often fatal accidents in Yellowstone Park
B. a bear killed an old man at Yellowstone Park
C. the grizzly bear and her cubs were attacked
D. unexpected incident happened in the zoo
E. the old woman got a tragic incident

28. Why did the grizzly bear attack the old man?
A. The old man disturbed the bear’s cubs
B. The grizzly bear wanted to eat the old man
C. The bear thought the man threatened its cubs
D. The bear defended itself from enemy’s attack
E.  The old man and his wife took the cubs of the bear

The following text for questions 29 and 30.
I lifted my wet woolen gloves up to my damp eyelashes and wiped the delicate snowflakes from my eyes. I could not feel my nose and my breath was like icecles forming in the air. I was cold. I was fed up! I wanted to go home. Mum and dad had forced me and my two sisters – Jenny and Mary to go for a Sunday afternoon walk in the park. I could see my footprints in the snowy path. Like atrail of breadcrumbs in the forest showing me the way home.
      I stopped and listened to the music around me. I could hear the wind howling like a stray hungry dog for a yummy bone. The branches of the trees that used to whisper and rustle had become bare, brown bones and the grass was covered with a white sparkling blanket. Then I saw a web shimmer and glimmer beneath a pale sun. My breath was like silky soft smoke wafting up into the freezing cold air.
     Suddenly there was mum with a big cup of liquid heaven. She handed it to me with an enormous smile on her face. “Here you are Jo, this will keep you warm.” I slowly sipped the delicious liquid and felt it dripping and slipping down into my tummy like lava flowing down a mountainside. My wet woolen gloves were no longer frozen but warm. My breath had thawed and I was no longer fed up or cold. I was happy and contented.

29. What did the writer’s parents ask him to do?
A. Have a walk in the park.
B. Go home on Sunday afternoon.
C. Enjoy the scenery in the snowy.
D. Have a big cup of liquid heaven.
E. Wear the gloves to warm his hands.

30. Paragraph 2 mainly  tells about...
A. the condition of snowy weather
B. the beautful scenery
C. the wind in the snow
D. the strong wind
E.  the slim body

The following text is questions 31 and 32.

Tyrannosaurus rex, sometimes just called T-rex, is believed to be the largest and most fearsome predator on Earth's land ever to have existed.
      This dinosaur once lived in the Creataceous period approximately 68 to 65 million years ago. The T-rex lived in a humid, semi-tropical environment, in open forests with nearby rivers and in coastal forested swamps. The seasons were mild.
      Tyrannosaurus rex was up to 40 feet (12.4 m) long, about 15 to 20 feet (4.6 to 6 m) tall. The arms were only about 3 feet (1 m) long. Tyrannosaurus rex was roughly 5 to 7 tons in weight.
      As a carnivorous dinosaur, this giant predator most likely ambushed their prey, and devoured them with jaws full of white sharp teeth. With its fast ability to run at an astonishing speed of 32 mph (50 kmh), a perfect slim and stiff tail that gave it an excellent balance and allowed it to make quick turns, equipped this gigantic predator and made it even more deadly, like a killing machine.

31. The text is about ... .
A. tyrannosaurus rex
B. the largest dinosaur
C. the most fearsome predator
D. the habitat of tyrannosaurus rex
E. the life history of tyrannosaurus rex

32. Why was T-rex known as a deadly animal?
A. It had the white sharp teeth and fast ability to run.
B. It was the largest predator in the world.
C. It most likely attacked its prey.
D. Its big posture scared its prey.
E. It liked to keep its prey.

 The following text for questions 33 and 34.
Easter Island is in the South Pacific, 3,700 kilometers from the coast of Chile, On the island, there are 600 large statues. We don’t know who built them but they were probably constructed between 1150 and 1500. We don’t really know why they are there.
            Norwegian explorer, Thor Heyerdahl, believed that they were built by people from South America. To prove this, he made a simple raft and sailed there, all the way from Peru.
            Archaeologists think that the statues represent dead tribal leaders. We don’t know why the statues left alone on the island. Perhaps they were killed by disease or war. Perhaps the builders used all the natural resources on the island. There are many unanswered questions about Easter Island.
                       
33. The text mainly tells about....
A. the Islands in the South Pacific
B. the uniqueness of Easter Island
C. the statues on Easter island
D. the beauty of Easter Island
E. the history of Easter Island

34. Heyerdahl proved his conviction of the statues construction on Easter Island by... .
A. finding the truth that the statues were built by South American
B.  making a simple raft and sailed all the way from Peru
C. thinking that the statues represent dead tribal leaders
D. doing research with some archaeologists
E. asking the archaeologists

The following text is for questions 35 to 37.

Seasons come to us regularly. We have probably noticed that it gets warmer in summer or dry season while it gets colder in the winter or wet season. However do we know how these seasons change?
       Seasons happen and change every year. This happens because the earth tilts back and forth as it goes around the sun. During the summer, the earth tilts toward the sun. It makes half of the earth hotter. This condition is what we call summer. During the other half of the year, the earth tilts away from the sun. As a result, it makes that half of the earth cooler. This cool condition is then what we call winter.
        The different parts of the world have the same season at different times. In the northern half of the world , winter happens during the months of December, January and February. The regions are such North America and Europe. In the other hand, the southern half of the world have winter during the months of June, July and August.The regions are like South America and Australia. How does this difference happen? The same season happens at different times because the top and bottom halves of the earth tilt away from the sun at different times.

35. The text explains... .
A. how the seasons happen
B. kinds of seasons in the world
C. the change of weather in a country
D. the expected and unexpected seasons
E. the difference of seasons among other countries


36. Why do seasons always change?
A  the earth tilts toward the sun
B. earth tilts away from the sun
C. the same season happens at different times
D. the earth tilts back and forth as it goes around the sun
E. the top and bottom halves of the earth tilt away from the sun at different times

37. The writer’s intention in writing the text is....
A. to report the season that happened in some countries
B. to explain how the seasons happen and change
C. to tell about the difference of seasons
D. to describe the seasons on the earth
E. to classify the seasons

The following text is for questions 38 to 40.
Drug users are actually ill people who need to be helped. Rehabilitation is one of the main things that they should get. Instead of punishing and stacking them in prisons which are getting full, the government should provide rehabilitation for them. Most users are actually victims of persuasive peddlers and they suffer from consuming the drugs. Therefore, by rehabilitating them, we are actually helping them out of a trap, which they might accidentally step on. They then, can start a normal life again.
 Furthermore, if we only arrest drug users and send them to jail it doesn’t solve the problem because the drug users will still be addicts unless being properly treated. Jails will be filled up with drug users. Moreover, the users will still be users after released from prison. They then, will be arrested again.
By providing rehabilitating programmes for drug users and forcing them to participate on the programmes is a better way than only arresting them and do nothing on their illness.         
Moreover, the prison will not be so full and packed up with users. Only drug dealers, traffickers, and wholesalers should be imprisoned instead.              


                                                                                                                                  
38. What will  happen if the drug users do not get a rehabilitation?
A. They will persuade the others to use the drugs
B.  They will still be addicted to drugs
C. They will not be sent to the prison
D.They will sell lots of drugs again
E. They will stop using drugs

39. The text mainly tells about....
A. the rehabilitation that should be provided for the drugs users
B. the drugs users as the victims of the problem
C. the solution to help the drugs users
D. the impact of being the drugs users
E.  the punishment to the drugs users
  
40. The main idea of paragraph 3 is....
A. the punishment to the drug dealers, traffickers, and wholesalers
B. the participation of the drugs users in a program
C. the prison as the best place for the drugs users
D. the rehabilitation for the drug users
E. the way to help the drugs users

The following text is for questions  41 to 43.

Working and going to school is challenging, it can be a rewarding experience if you use some foresight. However, you’d better think a hundred times before you decide to take a part time job. There are a lot of things that should be considered to take a part time job.
 Working and still maintaining a good grade at school is not an easy task. Having less time for schoolwork becomes the main negative effect. Consequently, many students who work part time fail to perform at their best both on schoolwork and on examinations. Moreover, a part- time job can really interfere with the students’ free time. It also cuts into their studies or social life.
On the positive side , a part time job helps students to support day to day living expenses. Working can be a valuable part of a student’s life. Students can derive a great deal from working. In most cases, they can acquire a nice dose of discipline and a whole new set of skills and experiences. Another benefit of part time work is the opportunity to expand the resume. Ideally, a student should try to find a job that is related in some way to his or her selected field of study. But if not, a student can still gain some work experience and develop his or her skills.
Working takes a lot of time and energy, so students need to make sure to be able to handle both employment and their current commitments. Finally, if you are considering working part time, talk to your school counsellor to discuss this move. Explaining your goals to someone else can help you make decisions and figure out your priorities.


41. The bad impact of taking a part time job is... .
A. no opportunity to expand the resume of the course work
B. disturbing student’s living expenses
C. having less time for schoolwork
D. no chance to develop skills
E. being undisciplined

42. The text discusses ... .
A. the effects for students of taking part time jobs
B. the reason why students should take part time jobs
C. the positive impacts for students of taking part time jobs
D. the best decision for students to take part time jobs
E.  what the students do on their free time

43. From paragraph four, we can imply that ….
A. students have to handle their studies and job when they take a part time job
B. students may take the job after completing their studies
C. students should study first than take a part time job
D. students are forbidden to take the part time job
E. part time job makes students be tired

The following text for questions   44 to 46.
Functionally, translation is transferring the message or the meaning and not the word. According to Nida, such translation is called dynamic equivalence translation. It tries to bring the precise message in different language.
Many people like to watch Hollywood movie but many get trouble in understanding to the actors' dialogue. So the way they get the understanding about the movie is reading the translating text running. If Hindi translation is provided, it will bring the better understanding for Indian moviegoer. Hollywood movie spread over other Asia countries. Therefore, Arabic translation, Indonesian translation and Farsi translation are widely needed and that is a big chance for English master in that countries.
India is likely being an English speaking country. India translation will grow better and it seems Indonesia, Malaysia and Filipina will reach that mark too soon. Translation job will be great in amount and that is good development for translating job seekers.

44. The language which is absent in the text is ...
A. Farsi
B. Hindi
C. Arabic
D. French
E. Indonesian

45. The text mainly tells about....
A. movie translation
B. the Hindi translation
C. the Hollywood movie
D. the Asian language translation
E. the hobby of watching Hollywood movie

46. How can people from other countries understand the dialog of Hollywood movie?
A. By asking the translator when watching the movie
B. By reading the translating text running
C. By watching the artists’ gesture
D. By watching the whole movie.
E. By translating the dialog

47. Arrange the following sentences into a good paragraph!
(1) Next, slide the SIM card carefully into the slot and make sure that the golden connectors  
      are facing to the connector of the phone.
(2) Press the locking catch and slide the cover then lift it off the phone.
(3) Insert the two catches of the back cover corresponding slot in the phone and slide the  cover forward button of the phone until locks into place.
(4) Don't forget to switch on the cellphone. Wait until it is ready to use.
(5) When inserting the SIM Card to cellphone, make sure that the cellphone has been switched off and follow the direction below.
(6) Put the battery and align it until snaps into its place.
(7) Push two catches in the opposite directions and remove the battery.
Which of the followings is the good arrangement to be the correct text?

A. 5-1-2-7-3-6-4
B. 5-2-7-1-6-3-4
C. 5-6-1-2-7-3-4
D. 5-7-2-1-6-3-4
E. 5-7-1-2-6-4-3

The following text is for questions 48 t0 50.
Complete the text with appropriate words.

 One of Kelly Brook's hobby is swimming. She likes to ...(48) ... whole day swimming in the sea. She usually goes swimming on weekend to refresh and away from her routine. Last Saturday afternoon, Kelly visited Long Beach to enjoy sun shine. She walked alone on the beach. Then, she stopped in the shady place to remove her clothes. In blue sexy swimsuit, Kelly walked toward began to step into the water. Kelly swam around 100 meters. Her hair was wet and made her look so beautiful. Kelly ...(49) ... to enjoy her time on the beach. She swam until she got her skin tanned. She looked cheerful and laughed a lot. The sun had set down when Kelly took her clothes on ...(50) ... walked through the sand to go home. She looked satisfied and fresh.

                                                                                                                                                        
48. A. spend
      B. expand
      C. make
      D. waste
      E. give

49. A. seemed
      B. seems
      C. is seemed
      D. had seemed
      E. has seemed

50. A. so
      B. and
      C. then
      D. although
      E. moreover

KUNCI


No
Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban

1
D
26
B
2
B
27
B
3
D
28
C
4
D
29
A
5
B
30
A
6
A
31
A
7
C
32
A
8
A
33
C
9
A
34
B
10
B
35
A
11
A
36
D
12
E
37
B
13
D
38
B
14
A
39
A
15
C
40
D
16
E
41
C
17
B
42
A
18
A
43
A
19
D
44
D
20
D
45
A
21
A
46
B
22
A
47
B
23
D
48
A
24
B
49
A
25
D
50
C

BUKU SAKTI KLAS X

Konsep konsep Biologi
oleh : isharmanto
Gonzaga College


Kata Pengantar


Mengingat Biologi itu mempelajari Mahkluk Hidup , Tentulah sifat sifat mahkluk hidup harus dipahami secara detail keberadaannya. Setidaknya peta sel - jaringan - organ tubuh mengetahui dan memahaminya
Pemahaman secara detail mahkluk hidup adalah bukan menghafal ciri ciri yang ada secara membabi buta, tetapi memaknai secara mendasar apa itu mahkluk hidup. 

Mahkluk hidup adalah disusun oleh unit tekecilnya berupa sel maka di sel itulah sebenarnya kehidupan terjadi, didalam sel itulah sistem terjadi . Dan dari sinilah harus dikuasai sepenuhnya bagaimana makna kehidupan dimulai .
  • Bagaimana sel itu mendapatkan makanan, yang kemudian dicerna 
  • Hasil cernaan itu kemudian untuk apa 
  • Zat yang tidak dicerna kemudian dibagaimanakan 
  • Setelah melakukan itu semua kemudian untuk tujuan apa ? 
  • dll
Dari pemahaman itu kemudian dikembangkan ke mahkluk hidup sel tunggal (unicellulair) so dikorelasikan dengan tubuh kita yang multicellulair terus bagaimana semua ini terjadi .
Jadi dari hal diatas berarti semua yang dilakukan oleh kita , dengan mati matian mencari material dari luar dengan di lomando oleh Koordinasi untuk memahami dan melenturkan lingkungan , sehingga kita bisa mendapatkan matteri itu . yang kemudian masuk ke sistem Pencernaan , Respirasi , Ekskresi , Transportsi , Tumbuh dan Reproduksi adalah semua dikhususkan agar semua mencapai ke sasaran bagian terkecil tubuh kita. 

bagian terkecil tubuh kita itu adalah Sel .

Jika anda memaknai makanan berupa protein sampai di lambung dicerna oleh enzim pepsin menjadi peptone belum berarti apa apa makanan itu sebelum makanan itu sampai di sel dengan berbagai cara. Artinya jangan hanya berhenti mengetahui enzim di lambung dicerna secara bagaimana saja tetapi kuasai hingga makanan itu bisa akhirnya di sel kemudian diapakan .


Jika anda memaknai udara yang kita hirup berupa oksigen sampai di paru dan berakhir di alveolus belum berarti apa apa oksigen itu sebelum oksigen itu sampai di sel dengan berbagai cara. Artinya jangan hanya berhenti mengetahui organ yang digunakan , saluran dan mekanismenya tetapi kuasai hingga semua itu bisa akhirnya di sel kemudian diapakan

penulis

Kita awali materi dari Klas 1 ( di UN : 10 soal )

Keaneka Ragaman Mahkluk Hidup

1. Klasifikasi caranya dibagi 3 :

  1. Alamiah didasarkan atas pengelompokan yang dilakukan oleh alam / habitat , tumbuhan biji , perdu , semak , ( kecoa - burung merpati , ubur - hiu dll )
  2. Buatan / Artifisial dibuat oleh manusia ( kecoa, belalang dalam kelompok insekta dll Jadi klasifikasi Buatan mendasarkan ke cirri tubuh: anatomi , reproduksi , fisiologis , cara reproduksi dll, sehingga menyederhanakan obyek studi .Ini yang dilakukan oleh Carollus Linnaeus sehingga ia mendapat gelar Bapak Klasifikasi
  3. Phillogenik : hubungan evolusi / hubungan kekerabatan : mis kera dan manusia . Tokohnya Charles Darwin

2.URUTAN TAKSON
 

PIKOFAGES (hewan) / DIKOFAGES (tumbuhan) artinya semakin kearah spesies maka
  • semakin banyak persamaan
  • sedikit perbedaan sehingga sulit dibedakan
  • sedikit anggotanya dan sangat dekat hubungan kekerabatannya

  • Pencarian jenis mahkluk hidup yang belum diketahui namanya dapat menggunakan KUNCI DETERMINASI
  • Kunci determinasi : kunci yang dikotomis berisi uraian 1 a - 2b dst
  • kunci ini berupa buku deteksi / determinasi yang digunakan untuk mencocokkan nama species tersebut sehinnga bisa diberi nama
  • lihat soal di blog ini pada analisa skl 1
CARA MUDAH
  • Bagaimana cara menggunakan kunci ini dengan mudah untuk menyeleasaikan soal UN ?
  • Tentukan cara mengurutnya dari no yang paling belakang kedepan , jangan memulai dari nomer 1a atau 1b
  • Pencocokan dari nomor yang besar ke nomor kecil pasti di jamin benar.
Binomial Nomenclature

3. Memahami maksud dua tumbuhan pada Sacaharum officinarum dg Sacharum spontaneum dalam klasifikasi itu bagaimana ?

  • Kedua tumbuhan diatas Genusnya sama namun Species beda , sehingga kedua tanaman itu sama Genus , yaitu sama sama Genus Sacharum
  • Ini berarti kedua tanaman tebu dan glagah itu meskipun sama genus Sacharum namun speciesnya terjadi perbedaan artinya keduanya beda species , beda strukturnya 
  • Jadi meskipun keduanya sama genus dan mirip namun keduanya terjadi perubahan kearah speciasi maka pengelompokannya dimasukkan dalam Keaneka ragaman species
  • Berbeda pada berbagai Jenis pada Padi misalnya padi Gogo dengan Padi Pandan wangi , meskipun berbeda keduanya masih Padi dituliskan Oryza sativa 
  • Keduanya berbeda hanya ke arah variasi atau macam bukan jenis jadi hanya menunjukkan ia berbeda beberapa gennya tetapi masih satu species Oryza sativa  
  • Kedua tanaman padi Gogo dan Padi Pandan wangi itu kemudian dikelompokkan dalam Keaneka ragaman genetik
  • Untuk keaneka ragaman genetik mempunyai karakter jika mahluk hidup yang berbeda itu dikawinkan masih fertil
Penulisan ilmiah dengan karakter

  • Karakter penulisan ilmiah pada species dan karakter pada takson misal Species ditulis dua nama (nomenclature binomial)
  • Penulisan nama genus dengan satu nama yaitu nama depan species
  • Penulisan takson family pada tumbuhan berakhiran ceae , ordo tumbuhan berakhiran ales dll ( detailnya juga bisa dilihat bdi blog ini)

4. Keaneka Ragaman Mahkluk hidup ada 3

  1. Keaneka ragaman genetic : dikawinkan Fertil : kelapa apa saja namun jangan ikut kelapa sawit , mangga apa saja asal jangan kweni , pisang apa saja asal jangan pisang kipas dll yang tidak bisa Jeruk /Ganggang apa saja ( keaneka ragaman ini disebut pula keaneka ragaman dalam satu species)
  2. Keaneka ragaman Species dikawinkan Steril : sapi dengan kerbau atau dengan anjing dll berbagai jenis ikan , berbagai jenis burung dll
  3. Keaneka ragaman Ekosistem : keaneka ragaman pada lingkungan nya : Gurun , Hutan Tropis , Taiga , Tundra , pantai dll
Karakter Penanda *
  • Hutan : , Kanopi . Liana , Tanaman hetrogen , Iklim mikro di dasar hutan dan makro di tajuk kanopi tumbuhan
  • Gurun : Xerophyt , interval suhu siang malam tinggi , evaporasi tinggi maka ….
  • Pantai berlumpur : Bakau / mangrove yang punya akar nafas ( Lumpur hasil dari penguraian sampah sehingga BOD ( Biological Oxygen Demand) naik , DO ( Desolve Oksigen) turun sehingga bakau menggunakan akar nafas)
  • Taiga : Konifer ( Tumbuhan berdaun jarum )
  • Tundra : Lichenes, ( padang es ), dll
  • Laut : salinitas tinggi , perrbedaan suhu kedalaman beda
Pelestarian
5. Pelestarian Insitu Berarti : disitu , ditempat aslinya : Badak bercula satu diujung kulon sedang eksitu diluar habitatnya , bunga Raflesia di kebun raya bogor dll yang jelas exsitu itu untuk upaya penelitian yang kebanyakan berupa kebun 2 nggak di aslinya OK

6. Kingdom Virus
Reproduksi Virus :

  1. Lisis ( APEAL : Adsorbsi-Penetrasi-Eklipase/Replikasi-Asembling-Lisis) dan
  2. Lisogenik ( virus menumpang hidup di sel inang membentuk PROFAGE) inang tetap hidup dan membelah namun suatu saat melisis juga )

  • Tumbuhan : Tungro ( padi kerdil) , CVPD ( jeruk ) , Mozaik ( TMV/ belang daun tembakau ) , Blister blight pada Teh
  • Hewan : Rabies , Flu burung ( H5N1/Myxovirus ) Foot Mouth Disease ( sapi )
  • Manusia : Demam berdarah ( Dengue) Polio , Cacar ,Hepatitis, Rabies, Trachoom, Campak , Herpes , Morbili , Kutil pada manusia , Gondong , Flue , Aids , Sars , Ebola dll
  • Untuk menghafal penyakit virus ini mudah sebenarnya yaitu setiap membaca penyakitnya disertakan Virusnya , misal virus hepatitis , virus polio maka otak akan menandai nya
  • Ciri virus : dpt dikristalkan ( spt benda mati), punya 1 nucleotida DNA or RNA ( mampu reproduksi ) , Parasit obligat , Hanya bisa dikultur / dikembang biakkan di jaringan m.h misal di embryo telur dll nggak bisa dikembangkan di media bakteri misal agar , Aseluler dll
  • Pembunuh Virus ampuh yaitu INTERFERON Produk bioteknologi

7. Kingdom Monera ( Bakteri dan Ganggang Biru )

  • Bakteri : Dinding sel ( Peptidoglikan ), peptidoglikan tebal pada kelompok gram + sebaliknya ,Prokaryotik ( inti tanpa selaput ) digolongkan Monera
  • Bentuk cocus, basilus, vibrio, spirillium , mesosom pengganti mitocondrianya , reproduksi Amitosis (biner atau membelah diri)
  • Bergerak dengan flagel ( mi-li- am- per ) : Monotrik , Lopotrik, Ampitrik , Peritrik
  • Koloninya bisa Streptococus, Stapilococus , Sarkina , Diplococus , Diplobacillus etc
  • Respirasi bisa aerob dan aerob serat fakultatif ataupun obligat , bisa autotrop maupun heterotrop , Thermofil , Psikrofil , dengan reproduksi vegetatif amitosis maupun generatif dengan paraseksual ( konjugasi transduksi, transformasi )
Peran /guna bakteri untuk
  • Fiksasi N2 / pengikat N2 ( Rhizobium , Azotobacter , Clostridium pasteurianum )
  • Nitrifikasi ( NS dan NC membuat nitrit ( HNO2) dan NB membuat nitrat (HNO3) dengan meng oksidasi nitrit ( Nitrosococus , Nitrosocoocus, Nitrobacter ) bakteri ini aerob :perlu O2
  • Teknik plasmid ( Rekombinan gen ) / pembusukan di usus, buat vitamin K ( Esherichia colly )
  • Yogurt ( Lactobacillus bulgaricus ) Bioinsektisida / BT ( Bacillus Thuringiensis )
  • Biometalurgi ( Thiobacilus ferooksidan) , SCP ( Methilophyllus )
  • Biogas methan ( Methanobacterium ) dll
  • Penyakit bakteri : Tiphes , Disentri , Sipilis, TBC , Pes, Dipteri , Radang pa ru (pneumonia), Tetanus , Kolera , Antraks, Gonoroe (menghafalkannya Disebutkan bakterinya : bakteri TBC)


8.Kingdom Fungi
  • Jamur OZABD jamur ini mempunyai karakter : Oomicotina ( jamur air : Phytoptora), Zygomicotina (Rhizopus ) , Ascomicotina ( Ascus spt beruas ruas Penisillium dan Asergillus dan Sacharomyces ) Basidiomycotina ( Basidium berpayung ) Volvariela volvacea , Auricularia dll , Deuteromicotina : Monilia sitophyla ( Oncom)
  • Dengan Prinsip Reproduksi dari Spora – Hifa – Micellium – Sporangium – Spora
  • Mendapatkan makanan makanan secara heterotrop menguraikannya secara eksternal dengan mengeluarkan enzim keluar / kesubstrat. Makanan kesel sudah sederhana.
  • Jamur Merugikan Aspergilus flavus racun aflatoxin , Pucinia ( Padi ) , Ustilago ( Gandum) , Phytoptora infestan (kentang ) Aspergilus fumigatus ( paru paru burung)
  • Jamur Menguntungkan : Rhizopus ( tempe ) , Aspergilus wentii ( kecap), Sacharomyces cerevisae (alcohol), Monilia sitophyla ( Oncom) Volvariela volvacea , Auricularia ( jamur berukuran besar dimakan Basidiokarpnya ( badan buah) ,Basidium penghasil Basidiosporanya
 
  • Lichenes ( simbiosis mutualisme jamur dan Ganggang ) : sebagai tumbuhan perintis
Ciri-ciri jamur adalah sebagai benikut.
  • Mempunyal membran Intl (eukariot), tetapi dapat membuat makanan sendiri kanena mengandung kiorofil. Jamur memperoleh makanan dari lingkungan di sekitarnya.
  • Jamur bersel banyak (multiseluler) terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.
  • Cabang dan hifa disebut dengan miselium yang berfungsi menyerap makanan dan substratnya.
  • Bersifat saprofit dan parasit.
  • Berkembang biak secara aseksual dan seksual.
  • Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan oleh jamur yang bersel tunggal (uniseluler), yaitu dengan pertunasan dan pemutusan hifa (fragmentasi).
  • Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan membentuk askus spora.
Kiasifikasi Jamur
1. Zygomycota
  • Nama Zygomycota berasal dan jenis perbanyakan diri seksual, terutama pada pembentukan zigospora.
Ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota adalah:
  • Biasa hidup sebagai saprofit.
  • Miselium bercabang banyak dan hifa tidak bersekat sehingga terlihat seperti pipa atau buluh.
  • Dinding sel terdiri atas kitin, tidak memfliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana.
  • Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah.
  • Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan si selnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya.

2. Ascomycota
  • Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembang biak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantung kecil) yang disebut askus.
  • Pembentukan askus inilah yang menjadi ciri Ascomycota. P
  • erkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan pembentukan askospona melalui beberapa tahap, yaitu:
  1. Perkawinan (kopulasi) antara gametangiUm jantan dan gametangium betina,
  2. Bersatunya plasma kedua gametangium yang disebut dengan plasmolisis.
  3. Bersatunya Intl yang berasal dan gametangium yang disebut dengan kariogami.
  4. Kariogami yang menyebabkan terjadinya pembelahan reduksi, dilanjutkan dengan pembentukan askospora secara endogen menurut pembentukan sel bebas.
  • Perkembangbiakan secara aseksual dapat dilakukan dengan pembentukan konidium, fragmentasi, dan pertunasan.
CONTOH
  1. Saccharomyces  :                                                                                                                      Hidup sebaga saprofit dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan kue, tape, alkohol, roti, bersifat uniseluler, sel berbentuk bulat, tidak berhifa, dan berkembang biak dengan pertunasan. Ragi atau Sacharomyces cereviceae dimanfaatkan untuk mengembangkan adonan roti dan pembuatan alkohol.
  2. Penicillium sp.                                                                                                                           Dapat memberi citarasa yang khas untuk keju rokefort dan kamembert Sedangkan penicillium notatum dan penicillium chrysogenum adalah pembuat penisilin karena bersifat racun yang dapat menghasilkan zat mematikan, yaitu antibiotika,
  3. Neurospora crassa                                                                                                                          Merupakan jamur yang dimanfaatkan untuk pembuatan oncom. Berwarna oranye dan sering tumbuh di kayu yang telah terbakar.
3. Basidiomycota
  • Basidiomycota merupakan kelompok jamur yang pembentukan sporanya terjadi di atas sel yang disebut basidium.
  • Basidium terdiri dari beberapa sel yang masing-masing membentuk satu basidiospora.
  • Jamur kelompok ini dapat berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidiumdan berkembang biak secara seksual dengan membentuk spora basidium.
  • Contoh jamur yang termasuk dalam Basidiomycota adalah jamur merang (Volvariella volvacea) yang dapat dimakan dan dikembangkan; jamur kuping (Auricularia polytricha) yang hidup dikayu lapuk, dapat dimakan dan dikembangkan; jamur tiram (Pleurotes) dapat dimakan; jamur api yang dapat merusak tanaman tebu; jamur beracun (Amanita phalloides) berwarna putih dan merah, hidup di tanah; jamur upas (Corticum salmonella).
4. Deuteromycota (Jamur imperfeksi)
  • Jamur Deuteromycota adalah jamur yang berkembang biak dengan konidia dan belum diketahui tahap seksualnya.
  • Tidak termasuk dalam kelas jamur Ascomycota dan Bosidiomycota. 
  • Jamur ini merupakan jamur yang tidak sempurna (jamur imperfecti) karena perkembangan biakkanya hanya vegetatif tidak ada hase generatifnya
  • Jamur-jamur yang tergolong pada jamur imperfekti ini banyak yang menimbulkan penyakit, seperti Dermatomikosis
9. Kingdom Protista
  • Ganggang(protista tumbuhan)
  • Protozoa(protista hewan)
  • Jamur Lendir dan Jamur air ( Ptotista jamur)
Algae
  • Ganggang hijau. keemasan,coklat dan merah ( Chloro, Crisso, Phaeo dan Rhodophyta ) dengan urutan pigmen chlorofil, karoten/xantofil dan fikoXantin dan FikoErythrin). Adaptif terhadap air , Autotrop
  • Peran Spirulina (biru – SCP ),Anabaena (biru -fiksasi nitrogen),Chlorella (hijau SCP),Diatomae / Navicula (keemasan –isolasi dinamit),Laminaria (coklat/pirang-mengandung asam alginate untuk tekstil, kapsul kosmotik ),Euchema spinosum , Glacilaria, Gelidium (EGG) (merah–agar agar dengan pasta dr telur (EGG)

Protozoa ( RSCM ) : Rumah Sakit Cepet Mati

  1. Rhizopoda ( kaki semu / psudopoda ) : Amuba , Foraminifera (indicator minyak bumi )
  2. Sporozoa ( tanpa alat gerak ) : Plasmodium ( malaria ) dibawa nyamuk Anoples (STMGZOO)
  3. Ciliata ( Bulu getar /Cilia) : Paramaecium caudatum ( indicator air jernih )
  4. Mastigopora/Flagelata (Bulu cambuk) : Tripanosoma ( penyakit tidur ) Euglena (berklorofil)

10. Hewan ( Animalia ) : P C P N A M M A E C


  • P & C : Diploblastik , P : Triploblastik Acoelomata , N : Triploblastik Pseudocoelomata
  • A sampai C : Triploblastik Coelomata
  • P (CHD) : Calcarea , Hextinelida, Demospongia ( Ascon , Sycon , Leucon ) terdapat Sel koanosit (pencernaan ) Amubosit (mengedarkan makanan )
  • C (HAS) : Hidrozoa , Antozoa , Schipozoa ( Hydra , Lilia Laut , Ubur ubur )
  • P (CTT) : Cestoda , Trematoda , Turbelaria ( C. Pita , C Hati , C. Planaria )
  • N(OTAWA) : Oxyuris vermicularis , Trichinella, Ascaris lumbricoides, Wucheria, Ankilostoma duodenale ( C. Kremi , C. Otot , C . Perut , C. Filaria , C. tambang )
  • A (POH) : Polychaeta , Oligochaeta, Hirudinea ( C. wawo , C. Tanah , Lintah )
  • M (CGP) : Chepalopoda , Gastropoda , Pelecypoda (Cumi , gurita , Siput , Kerang)
  • A ( CAIM) : Crustacea , Aracnoida , Insekta dan Myriapoda ( Jumlah kaki 5 psg – 4 – 3 – 2/1 Psg), ( Udang , Laba laba /Kalajengking , serangga, Kaki seribu / Kelabang )
  • E (OACEH) :Ophiuroidea , Asteroidea , Crinoidea , Echinoidea , Holothuroidea (Bintang Ular , Bintang Laut , Anemon , Bulu Babi , Teripang )
  • C (PARAM) : Pisces , Ampibia , Reptil , Aves , Mamalia ( ikan , katak , salamander , ular , buaya , unggas , menyusui )
  • Pisces ( Agnatha , Chondrictyes , Osteichtyes )
  • Ampibia ( Apoda, Anura , Urodella)
  • Reptil ( Squamata, Chelonia ,Crocodilia , Ophidia ) ,
  • Mamalia( Chiroptera, Marsupialia, Monotremata , Cetacea , carnivore dll+)
Platyhelminthes



Nemathelminthes

 Annelida
  • Polychaeta, Oligochaeta dan Hirudineae termasuk ke dalam jenis cacing cincin yang sering dikenal dengan nama Annelida. Pembagian kelas dalam annelida ini didasarkan atas keadaan rambut di permukaan tubuh.
  • Berikut ini perbedaan dari tiga kelas tersebut :
  1. POLYCHAETA (cacing berambut banyak) Habitatnya di lautan, tubuhnya terdiri dari banyak rambut (poly = banyak, chaeta = rambut/bulu). Contoh cacing tersebut adalah : Nereis viren, Eunice viridis (cacing wawo) dan Lysidice oele (cacing palolo). Dua jenis terakhir sering dikonsumsi oleh orang-orang di Kepulauan maluku.
  2. OLIGOCHAETA (cacing berambut sedikit) Habitatnya di tanah, memiliki sedikit rambut (oligo = sedikit, chaeta = rambut/bulu)Contoh cacing tersebut adalah : Lumbricus terestris dan Pheretima sp. (keduanya disebut cacing tanah). Mempunyai organ KIitellum yang berisi semua kelenjar, termasuk kelenjar kelamin. Pernafasan dilakukan oleh pemukaan tubuhnya. Makanan diedarkan ke seluruh tubuh dengan sistem peredaran darah. Contoh lain Moniligaster houtenii (endemik di Sumatera)
  3. HIRUDINAE (cacing tidak berambut) Tidak memiliki rambut (chaeta) tetapi menghasilkan zat antikoagulasi (anti pembekuan darah) yang dinamakan Hirudin. Contoh cacing tersebut adalah Hirudo medicinalis (lintah). Hirudin dari lintah sering digunakan dokter-dokter dahulu untuk mengeluarkan darah dan nanah dari bisul. Contoh lainnya yaitu Hirudinaria javanica (lintah kuning) dan Haemadipsa zeylanica (pacet)
Arthropoda


Mollusca



Echinodermata


11. Reproduksi Hewan
  1. Pada Platihelmintes - Cacing Pita : (Telur – Hexacant – Cisticercus – C dws Taenia Solium (cacing pita babi ), T saginata (sapi) ,Echinococus granulosus (anjing) Masuk tubuh makan daging yangada Cisticerkus.
  2. Cacing Hati ( Fasciola hepatica ) : TuMiSiR Calon MC ( Telur –Mirasidium- Sporosis- Redia- Cercaria- MetaCercaria) mirasidium kesiput , keluar metacercaria lerumput – Ternak C, Dewasa – Manusia , Cacing hati Ikan Clonorsis sinensis
  3. Coelenterata : Zygot – Planula- Polip (skifistoma) – Efira – Medusa muda – Dewasa( Ubur ubur ) Generasi generatif Medusa Dewasa karena menghasilkan zigot )
  4. Cacing Tambang ( Ankilostoma ) Telur – Larva Rhabditiform – Filariform – menembus kulit - pembuluh darah – hati- jantung - paru – mulut – kerongkongan – usus (anemia)
  5. Cacing Wucheria /filaria : Telur – larva microfilaria (nyamuk culex) – Elephantiasis (menyumbat kelenjar limfe , Limfe turun ke kaki jadi bengkak )
  6. Anelida : Cacing tanah : telur diletakkan di KLITELUM ruas yang menebal ,hermaprodit
  7. Arthropoda – Pada Arachnoida : Kelisera dimulut ( Racun) , Pedipalpus ( capit) memgang , memasukkan sperma Insekta : Metamorfosis sempurna ( Holometabola ) : T-L-P-I : kupu , nyamuk , lalat Hemimetabola : T-N-I: Belalang , kecoa,jangkrik
  8. Molluska ( CGP) Chepalopoda ( kaki di kepala ): tanpa cangkang kec Nautilus Gastropoda ( kaki di perut ) cangkang satu : siput ( bekicot , Lymnea ) Pelecipoda ( kaki pipih ) /Bivalvia (cangkang sepasang)/Lamelibranchiata (insang berlapis lapis) : kerang Lapisan cangkang dari luar ke dalam berurutan Periostrakum ( gelap / hijau ) , Prismatik dan nakreas (mengkilat ) – PPN Mutiara buatan : batu kecil diletakan di antara Mantel dan Nakreas
  9. Echinodermata : OACEH yang bisa dimakan Holothuroidea : teripang semua bergerak dengan kaki ambulakral (diawali dari lubang madreporit – ke mulut melalui pembuluh)
  10. Chordata ( Vertebrata ) PARAM

12 PLANTAE
  • LUMUT (Bryophyta) dan PAKU (Pterydophyta) dan SPERMATOPHYTA
  • PAKU ( PS) : di bawah (sporofit ) 2n ada daun sporofil sporogonium – sporangium
  • LUMUT ( LG ) : diatas (Gametofit ) yang kromosomnya haploid ada alat kelamin anteridium ( jantan) dan arkegonium (betina)
Pada Lumut (Bryophyta)
metagenesis, sebagai berikut:


C. Pada Tumbuhan Paku (Pterydophyta)
metagenesis, sebagai berikut:



  • Ciri Lumut : - Gametofitnya :Tumbuhan lumut . Sporofitnya :Sporogonium (Bryophyta) - Akar Rhizoid , belum punya Berkas pengangkut Xilem dan Floem ,Gametofit lebih lama hidupnya dibanding sporofitnya Sporogoniumnya : terdapat Seta (tangkai) , Apofisis (ujung tangkai yang melebar ) , kaliptra (tutup sporogonium)
Klasifikasi Dibagi
  1. Lumut Daun ( Musci) contoh Spagnum ( berumah satu)
  2. Lumut Hati ( hepaticae) contoh Marchantia polymorpha untuk penyembuh hepatitis dengan batang tak namapak dibungkus daun

Tumbuhan Paku/ Pterydophyta
Metagenesis Daur hidup paku

  • Tumbuhan paku atau dikenal dengan Pterydophyta
  • Tumbuhan paku adalah salah satu dari kelompok kingdom Plantae yang secara evolusi lebih maju dibandingkan Bryophyta (Lumut)
  • Tumbuhan paku sudah tergolong dalam Tracheophyta karena sudah mempunyai Trakeid atau berkas pengangkut baik Xilem maupun Floem OK
  • Selain akarnya sudah jelas dan membentuk sistem perakaran serabut.
  • Secara keseluruhan Paku dan Lumut mempunyai persamaan yaitu adanya peristiwa metagenesis
  • Metagenesis yaitu peristiwa pergiliran keturunan dari fase sexual ke fase asexual ke fase sexual lagi sehingga membentuk daur/cyclus.
Karakter khas pada Pteridophyta ( tumbuhan paku)
  • Tumbuhan paku dewasa yang dijumpai di alam merupakan fase sporofit yang menghasilkan spora sebagai alat perkembangbiakan seksual.
  • Spora yang jatuh ditempat lembab akan tumbuh menjadi protalium atau prothallus yang merupakan fase gametofit yang berwujud tumbuhan kecil berupa lembaran berwarna hijau
  • Fase gametofitnya lebih pendek daripada fase sporofitnya.
  • fase sporoitnya berupa tumbuhan paku sendiri

Daur hidup tumbuhan paku mengenal pergiliran keturunan, yang terdiri dari dua fase
  1. Fase Gametofit
  2. Fase Sporofit.
  • Tumbuhan paku yang mudah kita lihat merupakan bentuk fase sporofit karena menghasilkan spora.
  • Bentuk generasi fase gametofit dinamakan protalus (prothallus) atau protalium (prothallium),yang sementara kemudian akan menjadi tumbuhan paku setelah terjadi fertilisasi
PROTHALLIUM 

  • Prothallium berwujud tumbuhan kecil berupa lembaran berwarna hijau, mirip lumut hati,
  • tidak berakar (tetapi memiliki rizoid sebagai penggantinya)
  • tidak berbatang, tidak berdaun.
  • Prothallium tumbuh dari spora yang jatuh di tempat yang lembab.
  • Dari prothallium Tumbuh anteridium (antheridium, organ penghasil spermatozoid atau sel kelamin jantan) dan arkegonium (archegonium, organ penghasil ovum atau sel telur).
  • Pembuahan mutlak memerlukan bantuan air sebagai media spermatozoid berpindah menuju archegonium. Ovum yang terbuahi berkembang menjadi zigot, yang pada gilirannya tumbuh menjadi tumbuhan paku baru.
Ciri Paku : Gametofitnya : Protalium Sporofitnya : Tumbuhan Paku
  • Pterydophyta : Akar serabut , ujung daun muda menggulung, berkas pengangkut ada konsentris , daun berspora karena ada Sporogonium ( ada indusium , sporangium , annulus) pada daun sporofil di bagaina bawah
Klasifikasi Paku berdasar sporanya
  1. Paku homospora ( spora ukuran , bentuk dan jenis sama ) : paku kawat ( Licopodium )
  2. Paku Heterospor homospora ( spora ukuran , bentuk dan jenis beda : paku rane ( Selaginela) semanggi ( Marsilea crenata )
  3. Paku Peralihan (spora ukuran ,bentuk sama & jenis beda) Paku Ekor Kuda ( Equisetum debile)
Sistematika / Klasifikasi Linnaeus 

 
 Spermatophyta ( kormophyta Berbiji )
  • Gymnospermae : Biji Terbuka : pembuahan tunggal , belum ada bunga namanya Strobilus Ex : Pinus, Melinko, Damar, Conifer , Gingko biloba, Pakis haji
  • Angispermae ( Mono dan Dikotil) : pembuahan ganda , berbunga ( monokotil kelipatan 3 , dikotil kelipatan 5 ) , Pembuahan ganda IG 1 dengan Ovum jadi Zygot (2n), IG2 dengan IKLS jadi Endosperm ( 3n)

13. Lingkungan ( Ekologi )
Polusi Udara :

  1. CO gas mematikan , Afinitasnya dengan Hb lebih kuat dibandingkan Oksigen  
  2. CO2 : Efek Rumah Kaca ( penghijauan ) dampaknya suhu bumi meningkat Global Warning
  3. SO2 dan NOx : Hujan Asam ( diberi kapur )
  4. CFC : Membuat lubang pada Ozon , sehingga terjadi Penetrasi sinar Ultraviolet inyensitas tinggi
Polusi Air dan Tanah
  1. Sampah Organik : Biological Oxygen Demand naik , Desolve Oxygen turun
  2. Pupuk /Deterjen : Eutrofikasi ( Blooming eceng gondok / ganggang ) : BOD naik , DO turun karena Oksigennya digunakan untuk mengurai daun eceng gondok yang tua dan mati oleh bakteri terjadi pula Pendangkalan
Polusi Suara : Suara diatas 80 dB

Suksesi

  • Suksesi Primer : Ada – hilang – Ada : ada lagi diawali dengan urutan vegetasi Lichenes – lumut / paku – rumput – semak – perdu – pohon
  • Suksesi sekunder : Ada – Rusak – Ada : hutan terbakar cirri Vegetasi sama dari sebelumnya
Rantai makanan
  • Nichia /Niche : Status Jabatan m.h (kompetisi terjadi jika , Tempat dan Niche sama)
  • Tingkat tropi I : Produsen ( fitoplankton , tumbuhan hijau )
  • Konsumen I : Herbivora ( Zooplankton , sapi )
  • Dasar piramida : Produsen
  • Rantai Perumput : dimulai dari Produsen
  • Rantai Detritus : dimulai dari sissa m.h dimakan detritivor ( Cacing , Belatung )
  • Perpindahan energi pada rantai makanan : energi terkecil di Konsumen terakhir , karena terjadi pengurangan 90 % yang menjadi Egesta, ekresta, aktifitas , jadi yang untuk tuimbuh 10%
  • Insektisida ( DDT) yang bersifat Non Bio Degradable tercemar di perairan Kandungan DDT terbesar Konsumen terakhir
  • Hg tercemar di perariran Hg akan mengendap ke dasar sehingga kandungan terbesar di Kerang yang berupa kehidupan bentos . menyebabkan Minamata
  • Predasi : Predator dengan yang dimangsa
  • Komensalisme : Anggrek dan mangga , Liana ( rotan ) yang merambat dengan pohon
 
BioGeoKimia : suatu siklus materi berupa unsur /senyawa kimia dari MH bio) kelingkungan ( geo)
  • Siklus O2 CO2 pada respirasi dan fotosintesis
  • Sikus Nitrogen dalam nitrifikasi, fiksasi dan penguraian sisa sisa oleh bakteri dll

SUKSESI lINGKUNGAN
dibagi 2 suksesi
1. Suksesi Primer dan
2. Suksesi sekunder



Tahap-tahap terjadinya suksesi adalah:


Lahan kosong invasi benih kolonisasi kompetisi interaksi antarkomunitas dan lingkungan stabilisasi dan tercapainya keseimbangan yang mantap.

  • Di kebun yang telah lama ditinggalkan, akan ditumbuhi berbagai jenis rumput. 
  • Dalam hal ini sudah terjadi invasi benih, dimulailah kolonisasi rumput pada tempat tersebut. 
  • Kemudian muncul semak, perdu, dan pohonpohon, sehingga di kebun tersebut terjadilah kompetisi untuk mendapatkan zat makanan, ruang, dan cahaya. 
  • Dalam komunitas yang terbentuk itu kompetensi akan berkurang, yang melalui penyesuaian terhadap lingkungan yang berubah-ubah. 
  • Jenis-jenis yang dapat bertahan akan terjadi interaksi dan saling ketergantungan, stabilitas dan keseimbangan komunitas dapat tercapai sehingga terbentuk menjadi hutan. 
  • Proses perubahan dalam suksesi dari awal sampai mencapai keseimbangan yang mantap akan memakan waktu yang sangat lama. 
Suksesi Primer
  • Suksesi primer terbentuk ditandai oleh hilangnya komunitas asal secara total
  • hilangnya komunitas misalnya karena letusan gunung, tanah longsor, penambangan timah dan batubara sehingga tidak ada organisme penyusun komunitas asal yang tersisa, yang ada hanyalah tanah gersang yang berupa batu-batuan. 
  • Dalam waktu yang lama dimulainya munculnya organisme perintis yang berupa lumut kerak. 
  • Lumut kerak ini akan melapukkan batuan yang semakin lama pelapukan tersebut akan terbentuk tanah. Ada beberapa spora paku terbang dibawa oleh angin dan jatuh pada tanah itu, sehingga tumbuhan paku tumbuh.
  • Proses pelapukan batuan semakin intensif dan tanah yang terbentuk semakin kaya nutrien. 
  • Keadaan ini terus berlanjut akan terbentuk ekosistem yang didominasi oleh tumbuhan perdu yang akhirnya mencapai klimaks. 
  • Dengan demikian, suksesi primer terjadi ditandai dengan permukaan yang kosong sehingga akan muncul ekosistem baru.
 Suksesi Sekunder.
  • Suksesi sekunder berlangsung pada bekas ekosistem tidak mengalami kerusakan total. 
  • Jadi, tidak mengubah komunitas asal secara total, substrat dan kehidupan asal masih dijumpai. 
  • Misalnya, terjadi kebakaran alami, banjir, angin kencang secara alami, penebangan hutan secara selektif, pembakaran padang rumput dengan sengaja.
  • Di dalam tempat ini tidak dijumpai organisme perintis. 
  • Jika daerah tersebut didiamkan, maka akan terjadi suksesi kembali karena akan ditumbuhi lagi komunitas asal. 
  • Tumbuh-tumbuhan baru juga akan tumbuh dan hewan-hewan akan kembali lagi. 
  • Hewan-hewan tersebut akan memberi senyawa organik untuk tanah sehingga banyak tumbuhan lain akan hidup di daerah ini. 
  • Keseluruhan proses ini menyebabkan populasi berubah dan komunitas berkembang secara bersinambungan. 
  • Belum lama ini di Indonesia terjadi tsunami di Aceh, termasuk golongan suksesi apa? 

Kecepatan proses suksesi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut :

  1. Luas komunitas asal yang rusak karena gangguan.
  2. Jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di sekitar komunitas yang terganggu.
  3. Kehadiran pemencar benih.
  4. Iklim, terutama arah dan kecepatan angina yang membantu penyebaran biji, sporam dan benih serta curah hujan.
  5. Jenis substrat baru yang terbentuk
  6. Sifat – sifat jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat terjadinya suksesi.

Untuk Latihan materi klas X ini dapat secara detail klik isharmanto

Di blog ini juga tersedia materi teori yang detail ,jika anda masih ada waktu untuk membaca , jika waktu sangat mepet buka saja Prediksi UN 2010 dibaca pasti OK.hehehe

SEMOGA BERHASIL
1. Baca ringkasan ini siang ini sampai ngelotok , ujikan di soal soalnya Try Out , BimBel etc
2. Kumpulkan Try 1 sampai terakhir , Prediksi Un dari mana saja coba satu demi satu dengan tenang dipelajari
3. jika belum jelas buku paket dikeluarin dibuka gambar gambarnya sambil cari hiburan (lihat gambar )
4. jika belum jelas Tanya mendadak ke 085692237784 hehe
. atau email isharmanto_gonz@yahoo.com / FB chatting jika ndak buru buru hahaha
5. jangan Lupa ya Berdoa dan yakin bisa

http://www.4shared.com/get/_HfV4B17/soal_soal_un_biologi_kls_xii.html


SUKSES SRLALU

Support web ini

BEST ARTIKEL