Friday, November 28, 2014

THE MAGIC OF GONZ

SMA-Kolese-Gonzaga
Fasilitas sekolah SMA Kolese Gonzaga yang lengkap emang jadi alasan pas kenapa sobat-sobat kita betah belajar di sini. Lo yang belum pernah main ke sekolah di daerah Pejaten Barat ini, wajib baca artikelnya dan cari tau fasilitas serunya!
Main ke SMA Kolese Gonzaga, ga lengkap kalo lo belum keliling sekolah dan lihat-lihat fasilitasnya. Nah, OUCH! juga ga mau ngelewatin kesempatan buat lihat kayak apa sih sekolah tempat anak-anak SMA Kolese Gonzaga ngehabisin waktu seharian. Yuk, langsung intip!

fasilitas-olahraga

Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga di SMA Kolase Gonzaga lumayan lengkap, Sob. Selain lapangan basket, lo juga bisa nemuin lapangan sepak bola dan running track. Terus, ada juga wall climbing yang jadi tempat latihan anak-anak pencinta alam. Keren ga tuh?

laboratory

Laboratories

Uniknya sekolah di SMA Kolese Gonzaga, anak-anaknya harus ngikuting sistem moving class. Jadi tiap pelajaran, mereka harus pindah kelas buat menemui guru yang mengajar pelajaran tadi. Ga heran kalau pelajaran kayak Fisika, Biologi, atau Kimia, biasanya anak-anak SMA Kolese Gonzaga belajar di laboraturium.

locker

Locker

Sistem moving class bikin anak-anak SMA Kolese Gonzaga ga punya meja tetap. Setiap pindah kelas, mereka harus ngebawa tas dan barang-barangnya. Makanya, disediain locker sebagai fasilitas sekolah buat menaruh barang. Eits… tapi barang apa yang ditaruh di locker ga bisa sembarangan karena guru juga sering ngadain razia mendadak.

computer-lab

Computer Lab

Yakin banget, pasti lo ga pengin belajar di sekolah yang ga ngikutin perkembangan teknologi kan, Sob? Di SMA Kolese Gonzaga, ga ada istilah gaptek. Selain ada beberapa spot sekolah yang dilengkapi wifi supaya anak-anak bisa kesambung sama internet, ada juga computer lab yang sering dipakai pas mata pelajaran computer.

TV

TV

Tahu ga, Sob. Ternyata, SMA Kolese Gonzaga giat ngegerakin kampaye paperless. Daripada buang-buang kertas untuk nempel pengumuman di majalah dinding, guru-guru lebih suka ngumumin lewat televisi yang terdapat di beberapa sudut sekolah. Lucunya nih, anak-anak juga jadiin TV pengumuman ini buat nonton di sela-sela pergantian jam. Misalnya waktu pengangkatan presiden Joko Widodo, wuihh anak-anak rame ngerumunin TV pengumuman.

library

Perpustakaan

Ini fasilitas sekolah yang baru aja direnovasi, perpustakaan! Selain nyaman buat tempat baca buku karena full ac dan dilengkapi sofa empuk, koleksi bukunya juga lengkap mulai dari buku pelajaran sampai novel. Makanya waktu istirahat atau setelah pulang sekolah, perpustakaan pasti penuh sama anak-anak SMA Kolese Gonzaga.

aula

Aula

Aula SMA Kolese Gonzaga emang gede dan punya kapasitas tampung sampai 500 orang. Fasilitas sekolah ini biasanya dipakai untuk acara sekolah, Forum sekolah dengan siswa siswinya , Saresehan , Pertemuan orang tua, sampai tempat latihan dan berkumpul beberapa eskul.

Nah, ngerti kan lo kenapa anak-anak SMA Kolese Gonzaga betah di sekolah,Kenapa anak anak semakin wajah nya ceria, Semakin Nge Gonz dan tentu semakin hari semakin cerdas hehehe

Ini anak anak Gonz ketika di Alam Bebas , Ketika Gonzaga Sunday Festival di Bundaran HI Jakarta dan Bersama membela timnya dalam Pertandingan di luar akademik dengan Komunitas Laskar Gonzaga 

PORTAL BIOLOGI GONZAGA



AMDG


Tuesday, November 25, 2014

SISTEM PENCERNAAN IKAN (PISCES)

Ikan yang mempunyai habitat di air setelah dibedah ternyata Sistem pencernaan (tractus digestivus) sudah lengkap meskipun ada beberapa organ yang belum ditemukan,Walaupun bentuk saluran pencernaan ikan dari depan sampai ke belakanghampir sama, tetapi masih dapat dibedakan masing-masing bagian, sebagai berikut:
  1. Rongga mulut (cavum oris), pada rahangnya terdapat gigi-gigi kecil. lidah (lingua), melekat pada dasar mulut dan tidak dapat digerakkan,banyak mengandung kelenjar lendir (glandula mucosa) tetapi tidak memiliki
  2. Kelenjar ludah (glandula salivales). pangkal tenggorokan (pharynx), merupakan lanjutan rongga mulut yang terdapat di daerah sekitar insang.
  3. Kerongkongan (esophagus), sangat pendek dan merupakan lanjutan dari
  4. Pharynx, berbentuk seperti kerucut dan terdapat di belakang daerah insang.
  5. Ventikulus (lambung), merupakan lanjutan dari esophagus dan berupa saluran memanjang yang agak membesar. Batas dengan usus tidak terlalu jelas. Pada beberapa spesies tertentu, di bagian akhir ventrikulus terdapat  tonjolan-tonjolan berbentuk kantong buntu yang disebut pyloric caeca (appendices pyloricae). Kantong buntu ini berguna untuk memperluas
  6. Permukaan dinding ventrikulus agar pencernaan dan penyerapan makanan dapat berlangsung lebih sempurna.
  7. Usus (intestinum), berbentuk seperti pipa panjang yang berkelok-kelok dan sama besarnya, berakhir dan bermuara keluar pada lubang anus. Usus ini diikat oleh suatu alat penggantung yang disebut mesenterium, yang merupakan derivat dari pembungkus rongga perut (peritonium).



Kelenjar pencernaan (glandula digestoria)
  1. Hati (hepar), bentuknya besar, berwarna merah kecoklat-coklatan, letaknya di bagian depan rongga badan dan meluas mengelilingi usus.
  2. Kantong empedu (vesica fellea), bentuknya bulat bila berisi penuh, berwarna kehijau-hijauan, terletak pada bagian depan dari hati, mempunyai saluran yang disebut ductus cysticus yang bermuara pada usus. 
  3. Kantung empedu berfungsi untuk menampung dan menyimpan empedu (bilus) dan mencurahkannya ke dalam usus bila diperlukan. Empedu berguna untuk mencernakan lemak.

  • Suatu kelenjar pencernaan lain yang disebut pancreas tidak ditemukan pada ikan karena bersifat mikroskopis. 
  • Limpa atau lien berwarna merah tua, melekat pada mesenterium di antara usus dan gonad, tidak masuk ke dalam sistem pencernaan melainkan termasuk dalam systema reticulo-endothelia. 

Jenis makanan ikan dan cara makannya dapat diduga dari :
  • bentuk mulut, posisi mulut
  • tipe gigi : canin, incisor, dsb
  • tulang-tulang tapis insang : rapat, panjang, halus, dsb
  • perbandingan antara panjang usus dengan panjang tubuhnya
Untuk efektivitas sistem pencernaan, terdapat modifikasi-modifikasi pada lambung (misalkan belanak) dan pada usus (misal pada ikan hiu). Dengan mengetahui jenis makanan alami dan cara makannya, dapat diterapkan pada usaha budidaya ikan
Dengan pemahaman diatas itu maka kita bisa membagi ikan herbivora dan carnivora . Perbedaan antara struktur alat pencernaan ikan herbivora dan ikan carnivora adalah:
1.    Untuk ikan herbivora:
a.    gigi tumpul dan kadang-kadang halus
b.    tidak memiliki lambung tetapi usus bagian depan membesar membentuklambung palsu
c.    panjang usus beberapa kali panjang tubuhnya
d.    tapis insang panjang dan rapat

2.    Untuk ikan carnivora:
a.    gigi runcing (gigi taring)
b.    lambung memanjang
c.    panjang usus sama atau lebih pendek daripada panjang tubuhnya
d.    tapis insang pendek dan tidak rapat



Support web ini

BEST ARTIKEL