Thursday, June 4, 2015

SBMPTN IPA BIOLOGI

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Biologi pada kemampuan tes IPA yang diujikan nanti daftar materinya adalah:
  • Virus
  • Monera
  • Protista
  • Vertebrata 
  • Insekta 
  • Ekologi 
  • Anatomi Sel 
  • Anatomi Tumbuhan 
  • Metagenesis Lumut dan Paku 
  • Sistem Sirkulasi 
  • Sistem Ekskresi 
  • Sistem Pernapasan 
  • Pertumbuhan 
  • Perkembangan 
  • Anabolisme 
  • Katabolisme 
  • Pembelahan Sel 
  • Pewarisan dan Pola Hereditas 
  • Evolusi 
  • Bioteknologi Modern 
  • Bioteknologi Konvensional 
LATIHAN SOAL

01. Contoh keberadaan satwa pada suatu habitat yang dijaga dengan baik sebagai upaya pelestarian ex situ adalah…
(A) Orang utan di hutan Kalimantan.
(B) Cendrawasih di hutan Papua.
(C) Rusa di Kebun Raya Bogor.
(D) Pesut diSungai Mahakam.
(E) Anoa di Pulau Sulawesi

02. Komunitas mikroba yang melekat pada suatu substrat/benda sehingga dapat merusak sub-strat/benda tersebut disebut…
(A) Biodegradator.
(B) Bioaktivator.
(C) Biokatalis.
(D) Biodeposit.
(E) Biofilm.

03. Bagian sistem pencernaan yang berperan dalam memecah polipeptida menjadi oli-gopeptida adalah…
(A) Duodenum.
(B) Usus besar.
(C) Lambung.
(D) Jejunum.
(E) Ileum.


04. Asam absisat melindungi tanaman yang men-galami kekurangan air melalui mekanisme…
(A) Peningkatan pembentukan kutikula.
(B) Penurunan tekanan turgor sel penjaga.
(C) Peningkatan kecepatan pembelahan sel.
(D) Penurunan kecepatan pembentangan sel.
(E) Penghambatan pemanjangan sel epider-mis.

05. Pernyataan yang salah mengenai fotofos-forilisasi siklik dan non siklik adalah…
A. Pada fotofosforilisasi non siklik sumber elektron yang memasuki Fotosistem II adalah molekul air, pada fotofosforilisasi siklik, sumber dari elektron adalah Foto-sistem I.
B. Pada fotofosforilisasi non siklik pene-rima elktron terakhir adalah NADP, pada fotofosforilisasi siklik, penerima elektron terakhir adalah Fotosistem I.
C. Hasil dari fotofosforilisasi non siklik adalah ATP, NADPH, dan O2, sedang-kan hasil dari fotofosforilisasi siklik-hanya ATP.
D. Fotofosforilisasi non siklik melibatkan Fotosistem I dan II, fotofosforilisasi siklik hanya melibatkan Fotosistem II.

06. Perhatikan diagram saluran kreb berikut!


Tahap dimana berlangsung hidrasi adalah
(A) 1 dan 4
(B) 1 dan 5
(C) 2 dan 6
(D) 3 dan 7
(E) 3 dan 8

07. Perhatikan gambar tahapan mitosis berikut!


Tahap telofase, metaphase, anaphase dan profasen ditunjukan oleh urutan angka…
(A) 1-3-2-4
(B) 1-3-4-2
(C) 1-4-3-2
(D) 4-1-2-3
(E) 4-1-3-2

08. Karena mengalami mutasi kromosom men-galami perubahan seperti pada gambar di bawah.




Jenis Mutasi tersebut adalah
(A) Adisi.
(B) Delesi.
(C) Inversi.
(D) Duplikasi.
(E) Translokasi.


09. Hal berikut ini berkaitan dengan seleksi bua-tan, kecuali…
(A) Hanya individu dengan cirri yang di-inginkan saja yang boleh bereproduksi
(B) Menghasilkan varietas baru hewan atau tanaman budidaya.
(C) Seleksi terus-menerus dapat mengubah frekuensi genotype.
(D) Genotype dapat dikembangkan dari spe-sies liar.
(E) Menghasilkan spesies baru.

10. Grafik berikut menunjukan kinerja insulin sintetis.



Berdasarkan grafik di atas, Insulin yang pal-ing cepat membantu penyerapan adalah…
(A) NPH
(B) Aspartat
(C) Detemir
(D) Glasgine
(E) Insulin biasa 


11. Apabila kortek adrenal memproduksi kortisol dalam jumlah besar, kondisi yang terjadi adalah .. 
(A) produksi CRH menurun 
(B) produksi ACTH meningkat 
(C) aktivitas hipotalamus meningkat 
(D) aktivitas kelenjar pituitari anterior akan meningkat 
(E) sensitivitas hipotalamus terhadap kortisol menurun 

12. Gen buta warna terpaut kromosom X dan resesif. Apabila dalam satu keluarga memiliki 2 anak laki-laki buta warna dan 2 anak perempuan normal, kemungkinan orang tuanya laki-laki adalah ... 
(A) buta warna dan ibunya karier 
(B) normal dan ibunya karier 
(C) karier dan ibunya karier 
(D) normal dan ibunya buta warna 
(E) buta warna dan ibunya normal 

13. Stomata tumbuhan membuka pada saat ... 
(A) volume air dalam sel penjaga tinggi 
(B) volume air dalam sel penjaga sedikit 
(C) ion K+ dalam sel penjaga sedikit 
(D) CO2 tanaman banyak 
(E) pH sel penjaga rendah 


14. Hasil studi komparatif perkembangan embrio berbagai jenis invertebrata menghasilkan simpulan sebagai berikut, KECUALI ... 
(A) ada hubungan kekerabatan 
(B) persamaan proses perkembangan zigot 
(C) tidak ada perkembangbiakan secara aseksual 
(D) memiliki persamaan mekanisme fertilisasi internal 
(E) persamaan perkembangan pada fase organogenesis 

15. Pernyataan yang benar tentang organ dan fungsinya pada invertebrata adalah ... 
(A) laba-laba bernapas dengan trakea. 
(B) planaria bernapas dengan cara difusi. 
(C) coelenterata bernapas dengan mesoglea. 
(D) tentakel ubur-ubur berfungsi untuk mencerna makanan. 
(E) skoleks cacing pita berfungsi untuk menghisap makanan. 

16. Sukrosa yang ditranspor keluar dari floem sel akan diubah menjadi amilum di dalam organel ... 
(A) vakuola. 
(B) plastida. 
(C) lisosom. 
(D) peroksisom. 
(E) glioksisom. 


17. Berikut ini merupakan bagian dari proses pernapasan: 
1. Udara mengalir masuk paru-paru 
II. Relaksasi diafragma 
III. Volume paru meningkat
IV. Kontraksi diafragma
Urutan yang benar ketika orang menghirup napas adalah ...
(A) I – III – IV 
(B) II – III – IV 
(C) II – IV – III 
(D) III – IV – II 
(E) IV – III – I 

18. Proses yang paling erat kaitannya dengan kekurangan asam amino adalah terhalangnya ... 
(A) replikasi DNA. 
(B) transpor nutrisi. 
(C) translasi mRNA. 
(D) absorpsi glukosa. 
(E) sintesis membran sel. 

19. Penggunaan pupuk buatan yang melebihi dosis anjuran dalam jangka waktu yang lama bagi perairan sekitarnya akan meningkatkan ... 
(A) kandungan oksigen terlarut dalam air. 
(B) penetrasi cahaya ke dalam air. 
(C) keanekaragaman jenis tumbuhan air. 
(D) populasi tumbuhan air tertentu. 
(E) keanekaragaman jenis ikan. 

20. Komposisi basa sitosin pada E. coli diketahui 20%. Berapa persen komposisi basa adenin? 
(A) 80% 
(B) 60% 
(C) 40% 
(D) 30% 
(E) 20% 

21. Jika tekanan darah kita 120/80 mmHg, angka 120 dan angka 80 berturut-turut menunjukkan ... 
(A) tekanan ventrikel kiri kontraksi; tekanan ventrikel kanan relaksasi 
(B) tekanan ventrikel berkontraksi; tekanan jantung relaksasi. 
(C) tekanan arteri berkontraksi; ritme denyut jantung. 
(D) ritme denyut jantung; ritme denyut pembuluh nadi. 
(E) tekanan arteri berkontraksi; tekanan vena. 


22. Glukosa direabsorpsi habis dari filtrat ketika berada di ... 
(A) kapsula Bowman’s. 
(B) awal masuk loop Henle. 
(C) ujung akhir tubulus distal. 
(D) ujung akhir duktus pengumpul. 
(E) ujung akhir tubulus proksimal. 

23. Tujuan dihilangkannya jaringan meristem apeksnya pada tumbuhan adalah agar tumbuhan tersebut dapat ... 
(A) melakukan transpor nutrisi. 
(B) melakukan fotosintesis. 
(C) melakukan transpor air. 
(D) menghasilkan buah. 
(E) menumbuhkan cabang lateral. 

24. Pada spermatogenesis, urutan proses pembentukan spermatozoa yang tepat adalah ... 
(A) spermatosit primer – spermatosit sekunder – spermatogonia – spermatid – Spermatozoa 
(B) spermatogonia – spermatosit primer – spermatosit sekunder – spermatozoa – spermatid 
(C) spermatosit primer – spermatosit sekunder – spermatid – spermatogonia – spermatozoa 
(D) spermatogonia – spermatosit primer – spermatosit sekunder – spermatid – spermatozoa 
(E) spermatosit primer – spermatosit sekunder – spermatid – spermatozoa – spermatogonia 

24. Berikut adalah sifat-sifat ganggang biru, kecuali ....
(A). mempunyai ribosom
(B). mempunyai plastida
(C). sel bersifat prokariotik
(D). mempunyai pigmen fikosianin
(E). mempunyai inti

25. Bila kelenjar paratiroid tidak berfungsi, maka tubuh akan berpotensi terjadi ....
(A). batu ginjal
(B). akromegali
(C). obesitas
(D). kretinisme
(E). tetanus

26. Pada batang tumbuhan dikotil, aktivitas kambium vaskular ke arah dalam menghasilkan
(A). empulur
(B). floem primer
(C). floem sekunder
(D). silem primer
(E). silem sekunder

27. Sapi dimasukkan ke dalam golongan hewan ruminansia karena berkaitan dengan
(A). cara makan
(B). jenis makanan
(C). proses pencernaan
(D). cara reproduksi
(E). cara ekskresi

28. Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses
(A). glikolisis
(B). pembentukan asetil CoA
(C). siklus Krebs
(D). sistem transpor elektron
(E). pembentukan A

29.Tanaman kerdil dapat dipacu menjadi tanaman normal dengan memberikan perlakuan hormon 
(A)auksin 
(B)giberelin 
(C)etilen 
(D)sitokinin 
(E)asam absisat 

30.Pada tumbuhan kormofita berbiji tertutup, mikrospora terdapat di dalam 
(A)serbuk sari 
(B)kepala putik 
(C)kepala sari 
(D)dasar putik 
(E)bakal biji

31. Tahap perkembangan embrio dimana terdapat bentuk bola dengan rongga yang terletak di antara dua kutub disebut ... 
(A) ovulasi. 
(B) gastrulasi. 
(C) blastulasi. 
(D) morulasi. 
(E) maturasi. 

32. Berikut ini merupakan hasil kegiatan monokultur, KECUALI ... 
(A) meningkatnya produksi tanaman. 
(B) penurunan keanekaragaman hayati. 
(C) menyebabkan pemiskinan unsur hara tanah. 
(D) meningkatnya jumlah hama tanaman. 
(E) diperlukan tambahan pupuk buatan dan biaya meningkat. 

33. Jika makanan hewan tidak mengandung asam amino esensial, maka aktivitas sel yang terpengaruh adalah ... 
(A) respirasi. 
(B) pembelahan. 
(C) replikasi DNA. 
(D) translasi mRNA. 
(E) transport oksigen. 

34. Pada suatu relung dijumpai 2 species siput yang genusnya sama, bentuk mirip, tetapi tidak identik. Dari kemungkinan sebab berikut ini: 
I. spesies yang berkerabat dekat dan menggunakan sumber makanan yang sama, 
II. ada interaksi kompetisi di antara kedua spesies,
III. keterbatasan sumber makanan.
Pernyataan yang paling tepat adalah ...
(A) I saja. 
(B) II saja. 
(C) III saja. 
(D) I dan II. 
(E) I dan III. 


36. Rambut akar terdapat pada zona ... 
(A) sel yang aktif membelah. 
(B) pemanjangan sel. 
(C) pendewasaan sel. 
(D) meristem apikal. 
(E) tudung akar. 

37. Dalam sistem ekskresi manusia, komponen darah seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah dari tempat filtrasinya melalui proses ... 
(A) difusi terfasilitasi. 
(B) difusi sederhana. 
(C) transport aktif. 
(D) pinositosis. 
(E) osmosis. 

38. Translokasi adalah tipe mutasi kromosom dengan ciri salah satu ... 
(A) segmen kromosom hilang. 
(B) bagian kromosom dihasilkan dua kali. 
(C) segmen kromosom dipindahkan dan dihancurkan. 
(D) segmen kromosom dipindahkan ke kromosom nonhomolog lainnya. 
(E) segmen kromosom dipindahkan dan disisipkan kembali ke kromosom lainnya. 

39.Seorang wanita normal bersuami pria hemofili. Anak perempuannya menikah dengan laki-laki normal, maka kemungkinan cucu yang lahir adalah 
(A)25% hemofili, 75% normal 
(B)50% hemofili, 50% normal 
(C)75% hemofili, 25% normal 
(D)25% hemofili, 50% normal, 25% carrier 
(E)50% hemofili, 25% normal, 25% carrier 

40.Seorang murid menderita penyakit turunan yang memiliki silsilah keluarga sebagai berikut Hak Cipta dilindungi Undang-undang Murid 
Keterengan 
: Wanita 
: Pria 
: Penderita 

Berdasarkan gambar silsilah di atas , penyakit tersebut disebabkan oleh 
(A)gen resesif pada autosom 
(B)gen dominan pada autosom
(C)gen resesif pada kromosom x 
(D)gen dominan pada kromosom x 
(E)gen pada kromosom Y 

41.Limabelas bersaudra kandung terdiri atas 5 wanita dan 10 pria. 
Kesepuluh pria pada keluarga tersebut mengalami kelainan pada salah satu anggota badannya, sedangkan ke 5 wanitanya normal. Kelainan tersebut disebabkan oleh faktor genetik akibat peristiwa 
(A)pindah silang 
(B)pautan seks 
(C)gagal berpisah 
(D)epistasis 
(E)kriptomeri 

42. Jika DNA dipotong oleh enzim restriksi, bagian yang terputus adalah ikatan ... 
(A) nitrogen 
(B) peptida 
(C) fosfat 
(D) karbon 
(E) hidrogen 

43. Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk ... 
(A) senyawa nitrogen 
(B) senyawa nitrit 
(C) asam amino 
(D) gas amonia 
(E) ion nitrat 


44.Dalam daur hidup Angiospermae, sel mikrospora berkembang menjadi
(A)buluh serbuk sari
(D) kotak sari
(B)benang sari
(E) kepala sari
(C)serbuk sari

45. Fertilisasi pada tumbuhan dari golongan Angiospermae terjadi di dalam
(A)stigma 
(B) ovulum
(C)stilus 
(D) karpelum
(E)ovarium 

46. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini !
1.pencernaan intrasel 
2.sekresi 
3.autolisis 
4.transportasi 
5.detoksifikasi 
6.autofage 
Pernyataan yang berhubungan dengan lisosom adalah yang bernomor ...
A. 1,2,3
B. 1,3,6
C. 2,3,5
D. 2,3,6
E. 2,4,6

47. Diketahui :
(1) alel posisi bunga aksial (A) dominan terhadap posisi bunga terminal (a)
(2) alel batang tinggi (L) dominan terhadap batang kerdil (I)
(3) alel biji bulat (B) dominan terhadap biji keriput (b)
Perkawinan sendiri tanaman heterozigot akan menghasilkan keturunan
dengan sifat homozigot untuk posisi bunga aksial dan batang tinggi serta
heterozigot untuk bentuk biji, bunga aksial  dengan kemungkinan
A.3 : 1 : 3 : 1
B.1 : 1 : 1 : 1
C.9 : 3 : 1 : 3
D.9 : 3 : 3 : 1
E. 1 : 9 : 1 ; 3

SOAL


1. Planaria sp merupakan anggota Platyhelmin-thes yang dapat dijadikan bioindikator ling-kungan perairan.
SEBAB Planiaria bersifat karnivora dan banyak di-jumpai pada perairan yang tercemar limbah domestic.


2. Proses menarik napas atau in-spirasi terjadi sebagai hasil kontraksi otot paru-paru.
SEBAB Proses menarik napas terjadi pada saat diafragma turun dan tekanan rongga dada menurun.

3. Kenaikan kadar kalsium dalam darah dibantu oleh aktivitas osteoklas melalui peningkatan kondisi asam pada matrik tulang.
SEBABKondisi asam akan menimbulkan dekalsifikasi pada matrik tulang.

4. Sel kanker adalah sel yang terus aktif membelah. 
SEBAB 
Sel kanker tidak mampu mengendalikan mitosis.

5. Sacharomyces cereviceae merupakan cendawan multiseluler yang dikelompokkan ke dalam kelas Ascomycetes.
SEBABSacharomyces cereviceae dapat menghasilkan miselium yang bersepta sehingga gerakan inti dan sitoplasmanya terbatas pada ruang yang dibatasi oleh sekat tersebut.


6. Meningkatnya osmolaritas darah dan turunnya tekanan darah menyebabkan penurunan ADH yang dibebaskan oleh pituitari posterior.
SEBABPenurunan ADH dibutuhkan untuk meningkatkan pengikatan air dan tekanan darah.

7. Salah satu faktor yang mendorong evolusi virus adalah mutasi RNA. 
SEBABMutasi RNA virus bisa menyebabkan perubahan struktur DNA-nya.

8. Tanaman jagung yang tidak dapat berfotosintesis akan kehilangan cadangan bahan organik. 
SEBABBahan organik pada tanaman hanya dihasilkan melalui proses fotosintesis.

9. Tamarindus indica termasuk ke dalam divisio Spermatophyta
SEBAB
Tamarindus indica adalah jenis tumbuhan yang berbunga.

10. Penyempitan pembuluh darah pada kulit merupakan bentuk penyesuaian diri manusia terhadap lingkungan yang dingin
SEBABPenyempitan pembuluh darah akan menghambat pengeluaran keringat.

11. Variasi individu dapat terjadi pada populasi yang mengalami perubahan
lingkungan
SEBAB
Variasi individu dalam populasi terjadi akibat persilangan antar individu.

12. Pindah silang (crossing over) terjadi pada sel yang mengalami mitosis dan meiosis. 
SEBAB
Pindah silang selalu terjadi pada kromosom homolog pada setiap pembelahan sel.

13. Asam nukleat virus merupakan unsur genetik penentu sifat virus. 
SEBABAsam nukleat virus adalah DNA yang merupakan penyedia asam amino dalam sintesis protein virus.

14. Belalang memiliki darah yang beredar bebas dalam tubuh tanpa melalui pembuluh. 
SEBABSistem peredaran darah belalang berfungsi mengangkut sari makanan dan oksigen tetapi tidak mengangkut karbon dioksida.


15.Sporofit yang terdapat pada tumbuhan paku maupun lumut bersifat diploid SEBAB 
Sporofit berasal dari pertumbuhan dan perkembangan zigot

16.Biji yang terbentuk pada monokotil bersifat haploid 
SEBAB 
Tumbuhan monokotil hanya memiliki biji berkeping satu

7.Fungsi jaringan endosperma adalah untuk menyokong pertumbuhan embrio
SEBAB 
 Endosperma banyak mengandung makanan dalam bentuk karbohidrat

8.Adanya dua embrio dalam satu biji mangga merupakan akibat dari proses pembuahan ganda 
SEBAB 
Tanaman mangga termasuk ke dalam subdiviso Angiospermae yang dapat melakukan pembuahan ganda 



SOAL

1. Pernyataan yang salah mengenai hubungan interaksi antara dua atau lebih populasi adalah…
  1. Transfer energi antar tingkatan trofik umumnya memiliki tingkatan efisiensi kurang dari 20% 
  2. Seperenam energi dari sehelai daun da-pat dimanfaatkan oleh seekor ulat yang memakannya. 
  3. Produksi sekunder suatu ekosistem adalah jumlah energi kimia yang diubah menjadi biomassa konsumen. 
  4. Efisiensi produksi suatu organism adalah bagian energy yang dimakannya yang digunakan dalam respirasi 
2. Molekul 3 fosfogliserat hasil glikolisis dapat diubah menjadi asam amino serin pada kom-partemen sel…
  1. Restikulum endoplasma 
  2. Mitokondria 
  3. Badan Golgi 
  4. Sitoplasma 

3. Perhatikan gambar gamet berikut!



Jika setiap kromosom memiliki sepasang gen, maka…
  1. Organism tersebut diploid. 
  2. Tiap gamet memiliki jumlah kromosom haploid 
  3. Tiap gen dalam kromosom memiliki kemungkinan maksimum 2 macam alel. 
  4. Tiap sel embrio memiliki kemungkinan Maksimum 4 macam alel. 

4. Yang terjadi pada penderita hepatitis yang parah adalah ...

  1. peningkatan toksin dalam darah. 
  2. peningkatan toksin di seluruh tubuh. 
  3. akumulasi sisa pemecahan hemoglobin. 
  4. gangguan penyerapan asam amino ke dalam usus. 

5. Komponen yang digunakan untuk penggandaan DNA dengan mesih PCR dalam tabung reaksi adalah ...

  1. DNA polimerase 
  2. primer 
  3. nukleotida 
  4. enzim ligase 

6. Peningkatan aktivitas tubuh manusia mengakibatkan peningkatan ...
  1. pemakaian nutrisi sel 
  2. jumlah mitokondria sel 
  3. pemakaian oksigen 
  4. jumlah ribosom 

7. Yang terkait dengan reaksi kimia siklus Krebs adalah ...
  1. terjadi dalam kondisi aerob 
  2. terjadi di dalam mitokondria 
  3. melibatkan enzim dan koenzim 
  4. satu kali reaksi untuk satu mol glukosa
8. Pernyataan berikut yang sesuai dengan sistem limpatik pada manusia adalah ...
  1. penting bagi sistem sirkulasi. 
  2. langsung dikendalikan oleh sistem saraf. 
  3. hanya melibatkan transportasi cairan pada seluruh tubuh. 
  4. mempunyai peranan penting bagi sistem pertahanan tubuh. 
9. Fungsi utama ginjal adalah ...
  1. menguraikan zat racun. 
  2. menjaga keseimbangan air. 
  3. mengendalikan suhu tubuh. 
  4. membuang sisa metabolisme yang mengandung nitrogen. 
10. Pernyataan-pernyataan berikut ini, yang terkait dengan keberadaan asam sitrat di dalam tahapan siklus Krebs adalah ...
  1. hasil reaksi Asetil KoA dengan oksaloasetat. 
  2. dibentuk dari AsetilKoA di sitoplasma. 
  3. produk pertama dalam siklus Krebs. 
  4. produk sebelum memasuki siklus Krebs. 
11. Struktur tubuh berikut ini yang merupakan ciri Kelas Trematoda adalah ...
  1. terbagi atas segmen-segmen. 
  2. dilengkapi dengan epidermis. 
  3. pipih berambut getar. 
  4. berbentuk daun.
12. Sel yang mempunyai retikulum endoplasma dan badan golgi dalam jumlah banyak adalah 
  1. sel darah merah yang mentransport oksigen. 
  2. sel B plasma yang memproduksi antibodi. 
  3. sel adiposa yang menyimpan lemak. 
  4. sel Langerhans yang mensekresi insulin. 
13. Ciri-ciri arteri adalah ...
  1. membawa darah menuju dan keluar jantung. 
  2. membawa darah keluar dari jantung. 
  3. selalu membawa darah yang banyak mengandung oksigen. 
  4. membawa darah yang mengandung banyak atau sedikit oksigen. 
14. Pernyataan berikut yang berkaitan dengan proses respirasi aerob adalah ...
  1. menggunakan oksigen sebagai akseptor elektron terakhir. 
  2. hasil yang diperoleh adalah asam laktat. 
  3. proses pemecahan substrat masuk ke siklus Krebs. 
  4. proses ini berlangsung dalam sel prokariotik dan sel eukariotik. 
15. Adanya binatang endemik seperti komodo terjadi karena ...
  1. adaptasi lingkungan 
  2. isolasi geografi 
  3. seleksi alam 
  4. mutasi
16. Dalam menjawab permasalahan asal-usul kehidupan, ilmuwan yang
berpandangan bahwa kehidupan berasal dari prinsip reaksi kimia yang ada di
alam, yaitu

  1. Louis Pasteur
  2. Harold Urey
  3. Francesco Redi
  4. Alexander Oparin
17. Manfaat teknik kultur jaringan tumbuhan adalah
  1. memperoleh tanaman yang homogen
  2. memperbaiki kualitas genetik
  3. mendapatkan nilai ekonomi tinggi
  4. memperbaiki kualitas fenotip
18. Di dalam vakuola sel tumbuhan terdapat
  1. cadangan makanan
  2. pigmen
  3. minyak atsiri
  4. kromoplas

19. Pada saat mengambil nafas maka rongga dada akan membesar, hal tersebut disebabkan oleh peristiwa berikut, kecuali ....
  1. kontraksi otot dan diafragma
  2. diafragma berelaksasi menjadi posisi cekung
  3. tulang rusuk bergerak ke atas
  4. tulang dada bergerak ke bawah
20. Menstruasi dapat ditunda bila wanita subur diberi suntikan hormon
  1. estrogen
  2. folikel stimulating hormon
  3. progesteroil
  4. luteinizing hormon

21.Hal berikut yang TIDAK sesuai untuk spora paku kawat (Lycopodium ) adalah
  1. dapat dibedakan menjadi makrospora dan mikrospora 
  2. dapat tumbuh menjadi tumbuhan paku 
  3. berkembang dari protalium 
  4. terdapat di dalam strobilus 
22.Ciri ciri berikut yang dimiliki oleh tumbuhan paku dan lumut adalah
  1. mengalami metagenesis 
  2. dapat berfotosinteis 
  3. berkembangbiak dengan spora 
  4. spermatozoid dapat bergerak 

23.Paku dan lumut memiliki kesamaan dalam hal berikut ini
  1. memiliki pergiliran keturunan 
  2. memiliki berkas pembuluh 
  3. memiliki spora dan alat berbiak 
  4. memiliki akar, batang dan daun 
24.Hal berikut yang merupakan kesamaan generasi gametofit antara tumbuhan paku dan lumut adalah
  1. bersifat multiseluler 
  2. mampu membentuk gamet 
  3. mampu berfotosintesis 
  4. bersifat haploid 

25. Tumbuhan dikotil dengan monokotil dapat dibedakan berdasarkan perbedaan struktur morfologi yang dapat diamati pada

  1. (1)daun 
  2. (2)batang 
  3. (3)akar 
  4. (4)bunga 
26.Peristiwa meiosis di dalam tubuh tumbuhan tejadi pada saat pembentukan 
  1. jaringan meristem 
  2. sel generatif 
  3. kuncup 
  4. serbuk sari 
13.Jika serbuk sari dari tumbuhan Dikotl berkromosom 30 maka
  1. sel kepala sari berkromosom 60 
  2. sel generatif berkromosom 30 
  3. sel mahkota bunga berkromosom 60 
  4. sel endosperma berkromosom 90 
16.Hemofili adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh gen resesif yang terpaut kromosom X. Seorang anak laki-laki hemofili dapat lahir dari perkawinan
(1)ayah normal dan ibu normal heterozigot
(2)ayah normal dan ibu hemofili karier
(3)ayah normal dan ibu normal karier
(4)ayah hemofili dan ibu normal homozigotik

20.Pasangan suami isteri memiliki golongan darah A dan B, memiliki anak yang golongan darahnya bervariasi yaitu A, B, AB dan O. Susunan gen pasangan suami isteri tersebut adalah
(1)suami dan isteri homozigot
(2)suami homozigot, isteri heterozigot
(3)suami heterozigot, isteri homozigot
(4)suami dan isteri heterozigot

2. Salah satu faktor yang mempengaruhi kerja enzim katalase adalah pH. Grafik yang benar untuk menggambarkan hubungan aktivitas enzim katalase dan pH adalah ...
a.
b.
c.
d.
e.

3. Pembuahan ganda ditemukan pada golongan tumbuhan ...
a. Spermaophyta
b. Pterydophyta
c. Gymnospermae
d. Angiospermae
e. Bryophyta

4. Pernyataan yang TIDAK TEPAT mengenai respirasi aerob berikut ini
a. tahap dekarboksilasi oksidatif ditunjukkan oleh nomor 2
b. nomor 3 menghasilkan energi tertinggi
c. tahap nomor 4 terjadi secara aerob
d. nomor 1 terjadi pada sitoplasma
e. CO2 dihasilkan pada tahap nomor 2 dan 3

5. Perhatikan penampang melintang daun berikut ini 



Jaringan yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

6. Perhatikan reaksi nitrifikasi diatas. 

Bakteri yang berperanan (X dan Y) pada peritiwa tersebut secara berurutan adalah
a. Rhizobium sp. dan Nitrobacter sp.
b. Nitrosococcus sp. dan Nitrobacter sp.
c. Nitrosococcus sp. dan Azotobacter sp.
d. Nitrosomonas sp. dan Nitrosococcus sp.
e. Nitrosomonas sp. dan Acetobacter sp.

7. Dari persilangan lalat buah abu-abu sayap panjang heterozigot dengan lalat buah hitam sayap pendek, didapatkan keturunan 400 ekor, di antaranya turunan itu ditemukan lalat abu-abu sayap pendek 30 ekor, dan lalat hitam sayap panjang 20 ekor. Persentase gen yang mengalami pindah silang adalah ...
a. 62,5%
b. 37,5%
c. 3,75%
d. 1,25%
e. 12,5%

8. Perhatikan peta silsilah pewarisan sifat imbisil di bawah ini. 


Dapat dipastikan bahwa individu karier imbisil adalah ...
a. I1 dan I2
b. II1 dan II2
c. II1 dan II3
d. II2 dan II3
e. I1 dan II2

9. Pernyataan yang mendukung teori evolusi Lamarck ...
a. tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa generasi berikutnya ekornya tetap panjang
b. perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan materi genetik
c. mutasi merupakan salah satu mekanisme dalam evolusi
d. proses evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
e. jerapah berleher pendek berubah menjadi jerapah berleher panjang karena seleksi alam

10. Teori tentang asal usul kehidupan diantaranya :
1.teori kreasi khas
2.teori evolusi biokimia
3.teori generatio spontanea
4.teori kehidupan tidak berasal usul
5.teori kosmozoan

Dari teori-teori di atas , yang dikemukakan oleh Oparin dan Aristoteles adalah ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 3 dan 5
e. 4 dan 5

11. Berikut adalah hasil bioteknologi yang memanfaatkan teknik hibridoma ?
a. organisme transgenik dan antibiotik
b. hormon dan antibodi mokoklonal
c. enzim dan antibodi poliklonal
d. antibiotik dan hormon
e. antibodimonoklonal dan antibodi poliklonal

12. Cara ikan laut beradaptasi dengan lingkungannya adalah ...
a. mengekresikan garam dengan segera untuk mencegah penumpukan garam
b. minum sedikit air untuk menghindari masuknya garam terlalu banyak
c. mengambil air terus menerus secara osmosis karena perbedaan nilai osmotik
d. mengabsorbsi garam lewat insang karena air yang diminum sedikit
e. mengeluarkan urin dalam jumlah yang banyak untuk mempertahankan tekanan osmosisnya

13. Berikut ini ciri-ciri suatu alga adalah ... 
• prokariot 
• klorofil dan fikosianin tersebar di dalam plasma sel 
• berbiak dengan cara fragmentasi 
• hidup di air tawar dan laut 
Berdasarkan data di atas alga tersebut termasuk kelas ...
a. Clorophyta
b. Phaeophyta
c. Cyanophyta
d. Rhodophyta
e. Crysophyta

14. Perhatikan gambar ini

Pada metagenesi spaku berikut ini, sporofit, gametofit dan sporangium ditunjukkan secara berurutan oleh nomor ...
a. 1-2-3
b. 1-3-2
c. 1-4-2
d. 1-5-2
e. 1-5-3

15. Gambar diatas adalah penampang melintang batang Dikotil. 
Fungsi bagian yang bernomor 3 adalah membentuk ...
a. xilem primer
b. xilem sekunder
c. floem primer
d. floem sekunder
e. jari-jari empulur


16. Hewan-hewan berikut ini tergolong pada filum ...

a. Molusca
b. Arthropoda
c. Porifera
d. Echinodermata
e. Coelenterata

17. Tabel ciri-ciri mahluk hidup. Mahluk hidup yang memiliki hubungan kekerabatan paling dekat adalah ...
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. (2) dan (4)

18. Jaringan berikut tergolong pada ...
a. tulang rawan
b. tulang keras
c. saraf
d. epitel
e. otot

19. Kadar gula dalam darah dapat diturunkan oleh hormon adrenalin yang dihasilkan oleh kelejar ...
a. pankreas
b. pituitary
c. thymus
d. paratiroid
e. anak ginjal

20. Pembuluh eustakhius dalam telingan berfungsi menghubungkan antara ...
a. membran timphani dengan saluran telinga
b. telinga tengah dengan rongga faring
c. tingkap oval dengan tingkap bulaat
d. tulang-tulang pendengar dengan selaput pendengar
e. alat korti dengan tulang-tulang pendengaran


TRY AGAIN
TRY AGAIN 02

Wednesday, June 3, 2015

CARA BUAT RPP BIOLOGI

Sekedar perangsang bagi Guru yang bingung apa yang dilakukan di awal pembelajaran 

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP

  • Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimulai dari  mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, 
  • Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.  Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan. 
Penjelasan tiap-tiap komponen adalah sebagai berikut.

  1. Mencantumkan Identitas
Terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas­, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :

RPP boleh disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus
(Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan)

Indikator merupakan:

  • Ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar
  • Penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan  potensi daerah.
  • rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
  • digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 45 menit). 

  • Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada  kompetensi dasarnya.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Output (hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Misalnya
  • Kegiatan pembelajaran:  ”Mendapat informasi tentang sistem peredaran darah pada manusia”.
  • Tujuan pembelajaran, boleh salah satu atau keseluruhan tujuan pembelajaran, misalnya peserta didik dapat:

  1. mendeskripsikan mekanisme peredaran darah pada manusia.
  2. menyebutkan bagian-bagian jantung.
  3. merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman sekelasnya.
  4. mengulang kembali informasi tentang peredaran darah yang telah disampaikan oleh guru.
Bila pembelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut waktu pertemuan, sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil.

3.   Menetukan Materi Pembelajaran
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran,  dapat diacu dari indikator.
Contoh:
Indikator: Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan.
Materi pembelajaran:
Ciri-Ciri Kehidupan:
Nutrisi, bergerak, bereproduksi, transportasi, regulasi, iritabilitas, bernapas, dan ekskresi.

4.  Menentukan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
Karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik:
a.   Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya: pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah, dan sebagainya.
b.   Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah, inkuiri, observasi, tanya jawab, e-learning dan sebagainya.

5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran
a.   Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Langkah-langkah minimal yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.   Kegiatan Pendahuluan

  • Orientasi: memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya.
  • Apersepsi: memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
  • Motivasi: Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari gempa bumi, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan gempa bumi, dsb.
  • Pemberian Acuan: biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
  • Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).

2.   Kegiatan Inti

  • Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing-masing. 
  • Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
  • Untuk memudahkan, biasanya kegiatan inti dilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswa (LKS), baik yang berjenis cetak atau noncetak. 
  • Khusus untuk pembelajaran berbasis ICT yang online dengan koneksi internet, langkah-langkah kerja peserta didik harus dirumuskan detil mengenai waktu akses dan alamat website yang jelas. 
  • Termasuk alternatif yang harus ditempuh jika koneksi mengalami kegagalan.

3.   Kegiatan penutup

  • Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
  • Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun atau dalam bentuk tanya jawab dengan mengambil ± 25% peserta didik sebagai sampelnya.
  • Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.


  • Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya.  Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.


Memilih Sumber Belajar

  • Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan.  
  • Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. 
  • Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. 
  • Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
  • Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
  • Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
Menentukan Penilaian

  • Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai.

Contoh minimal Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



A. Identitas
Nama Sekolah          : ...................................
Mata Pelajaran        : ...................................
Kelas, Semester       : ...................................
Standar Kompetensi  : ...................................
Kompetensi Dasar     : ...................................
Indikator                  :  ...................................
Alokasi Waktu          : ..... x  ... menit (…  pertemuan)

B. Tujuan Pembelajaran  
C. Materi Pembelajaran   
D. Metode Pembelajaran 
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1
§  Kegiatan Awal
§  Kegiatan Inti
§  Kegiatan Penutup
Pertemuan  2
§  Kegiatan Awal
§  Kegiatan Inti
§  Kegiatan Penutup
Pertemuan 3. dst
F. Sumber Belajar           
G. Penilaian                     


Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah...................,                                      Guru Mata Pelajaran,



..................................                                                      ............................

NIP.                                                                                                    NIP.

Ini secara keseluruhan Bisa di Down Load Gratis lagi ....Mudah lagi .....senyum lagi OK

CONTOH 1
CONTOH 2
CONTOH 3




  • Panduan Pengembangan Silabus SMA
  • Panduan Pengembangan RPP SMA
  • Panduan Pengembangan Indikator SMA
  • Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran SMA
  • Panduan Pengembangan Bahan Ajar SMA
  • Pembelajan Tatap Muka,Penugasan Terstruktur dan Tugas Mandiri Terstruktur
  • Juknis Pembelajaran Tuntas, Remedial dan Pengayaan
  • Model Pengembangan Muatan Lokal
  • Pedoman Pengembangan Materi e-Pembelajaran SMA





    Support web ini

    BEST ARTIKEL