Tuesday, February 9, 2016

PREDIKSI SOAL UN BIOLOGI 2016 SMA KELAS XII

Siang yang agak santai ini otak atik UN biologi akhirnya bisa dipostingkan tulisan ini semoga bisa membantu anak anak kelas XII mengerjakan Ujian Nasional Biologi dengan hasil maksimal OK
  1. Menjelaskan hubungan bakteri dan perannya dalam kehidupan.
  2. Siswa dapat menjelaskan peran organism protista tertentu dalam kehidupan
  3. Siswa dapat menjelaskan peran spesies  jamur tertentu dalam kehidupan
  4. Siswa dapat menjelaskan peran tumbuhan tertentu dalam kehidupan
  5. Siswa dapat menjelaskan peran hewan tertentu dalam kehidupan
  6. Disajikan ciri-ciri ekosistem tertentu, siswa dapat menentukan macam ekosistem dimaksud , siswa mampu menentukan jenis keaneka ragaman hayati
  7. Disajikan gambar interaksi/aliran energy dalam ekosistem, siswa dapat menentukan fungsi dan kedudukan suatu organism
  8. Disajikan gambar struktur jaringantumbuhan,siswa dapat  menjelaskan macam jaringan dan fungsinya.
  9. Disajikan gambar struktur jaringanhewan/manusia, siswa dapat menjelaskan macam  jaringan dan fungsinya
  10. Disajikan gambar kerja otot tertentu,siswa dapat menentukan otot / nama mekanisme kerja otot
  11. Disajikan system pencernaan, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  12. Disajikan gambar/diagram sirkulasi, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  13. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system pernafasan yang ditentukan bioprosesnya
  14. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system ekskresi yang ditentukan bioprosesnya
  15. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system koordinasi yang ditentukan bioprosesnya
  16. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari system reproduksi  yang ditentukan bioprosesnya
  17. Disajikan deskripsi  gangguan fungsi pada system gerak, siswa dapat  menentukan macam gangguan dimaksud
  18. Disajikan deskripsi   gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  19. Disajikan deskripsi gangguan suatu fungsi  yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  20. Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi  pada system respirasi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud
  21. Disajikan  deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud.
  22. Disajikan deskripsi gangguan fungsi  yang mungkin terjadi pada system koordinasi, siswa dapat menentukan  gangguan dimaksud
  23. Disajikan gambar struktur sel (hewan/tumbuhan), siswa dapat menjelaskan organel dan fungsi organel yang ditentukan
  24. Siswa dapat menentukan susunan struktur DNA/RNA
  25. Siswa dapat menentukan proses katabolisme/anabolisme  berdasarkan data-data yang disajikan
  26. Disajikan produk/pemecahan masalah bioteknologi, siswa dapat menjelaskan/menentukan  prinsip-prinsip dasar (teknik bioteknologi konvensional/modern) yang dikembangkan
  27. Disajikan deskripsi persilangan mono/dihibrida siswa dapat menentukan rasio/jumlah keturunan tertentu
  28. Disajikan proses percobaan tentang asal-usul makhluk hidup yang dilakukan para ahli, siswa dapat menjelaskan hasil percobaannya
  29. Siswa dapat menjelaskan pandangan/pokok-pokok pikiran tentang teori evolusi dari ahli tertentu dari fakta-fakta yang disajikan
  30. Disajikan gambar bakteri tertentu, siswa dapat mengklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya
  31. Disajikan gambar anggota protista (Protozoa, alga), siswa dapat mengklasifikasi kan pada tingkat kelas organisme dimaksud.
  32. Disajikan ciri-ciri jamur , siswa dapat mengklasifikasi kan pada  tingkatan divisi/spesies organisme dimaksud.
  33. Disajikan ciri-ciri Plantae (lumut, paku, biji), siswa dapat mengklasifikasikan  pada tingkatan divisi/subdivisi/kelas organism dimaksud.
  34. Disajikan ciri-ciri animalia (avertebrata/vertebrata), siswa dapat mengklasifikan pada tingkatan filum/kelas organism dimaksud
  35. Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan perusakan/pencemaran lingkungan atas sebab perbuatan manusia
  36. Disajikan bagan daur biogeokimia, siswa dapat menentukan organisme/peran organisme/perubahan yang terjadi pada bagian yang ditentukan
  37. Disajikan gambar kerja otot (kontrasi/relaksasi), siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja yang terjadi.
  38. Disajikan gambar/deskripsi kerja jantung, siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja /aliran darah yang terjadi
  39. Disajikan gambar/deskripsi  organ pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi kerja system pencernaan secara kimiawi.
  40. Disajikan gambar/deskripsi kerja system pernapasan , siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja yang terjadi
  41. Disajikan gambar/deskripsi organ hati, siswa dapat mengidentifikasi proses ekskresi yang terjadi pada organ tersebut
  42. Disajikan gambar otak, siswa dapat mengidentifikasi  proses kerja asosiasi pada bagian-bagian tersebut
  43. Disajikan gambar/deskripsi  pembentukan ovum/menstruasi  pada tahapan tertentu, siswa dapat mengidentifikasi proses yang terjadi
  44. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system gerak, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  45. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system sirkulasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  46. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  47. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system respirasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  48. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  49. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system koordinasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  50. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system reproduksi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  51. Disajikan deskripsi mekanisme transport lewat membran, siswa dapat mengidentifikasi macam transport yang terjadi
  52. Disajikan grafik kinerja enzim karena pengaruh factor tertentu, siswa dapat mengidentifikasi kinerja optimal enzimtersebut
  53. Disajikan bagan proses  anabolisme siswa dapat mengidentifikasi tempat terjadinya reaksi dan hasil reaksinya
  54. Disajikan deskripsi proses fermentasi dengan organisme tertentu, Siswa dapat mengidentifikasi hasilnya
  55. Disajikan gambar/deskripsi  tahapan reproduksi sel, siswa dapat mengidentifikasi proses  perubahan yang terjadi
  56. Disajikan bagan proses/deskripsi sintesis protein, siswa dapat mengidentifikasi tahapan proses yang ditentukan.
  57. Disajikan produk bioteknologi konvensional/modern, siswa dapat  mengidentifikasi  dampak  (positif/negative) terhadap berbagai aspek kehidupan (salingtemas)
  58. Disajikan diagram/deskripsi persilangan dari penyimpangan semu  hukum mendel tertentu, siswa dapat mengidentifikasi rasio keturunan tertentu
  59. Disajikan gambar gametogenesis, siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan pada bagian yang ditentukan
  60. Disajikan genotip individu tertentu karena kondisi normal/pautan, siswa dapat mengidentifikasi macam gamet yang diperoleh
  61. Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghindari penyakit/gangguan yang sifatnya enurun pada manusia
  62. Disajikan bukti/petunjuk evolusi, siswa dapat mengidentifikasi  kesesuaiannya  dengan  pandangan ahli evolusi tertentu
  63. Disajikan gambar berbagai eubacteria , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  64. Disajikan gambar berbagai protista , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  65. Disajikan gambar berbagai jamur , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  66. Disajikan gambar berbagai tumbuhan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  67. Disajikan gambar berbagai hewan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  68. Disajikan kasus  perubahan lingkungan karena pencemaran, siswa dapat menganalisis dampak yang terjadi bagi kehidupan
  69. Disajikan data keluhan penderita yang mengganggu system gerak yang dialminya, siswa dapat  menganalisis  macam gangguan yang dialmi penderita
  70. Disajikan  data gangguan  pada system  sirkulasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  71. Disajikan data gangguan pada system pencernaan  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  72. Disajikan data gangguan pada system respirasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  73. Disajikan data gangguan pada system ekskresi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  74. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  75. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  76. Disajikan data/deskripsi hasil percobaan pengaruh factor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menyimpulkan factor yang mempengaruhi pertumbuhan dimaksud
  77. Disajikan gambar/hasil percobaan transport lewat membrane, siswa dapat menyimpulkan mekanisme transport yangterjadi
  78. Disajikan data percobaan  kerja enzim,  siswa dapat menganalisis hasil percobaan yang diperoleh
  79. Disajikan peta silsilah pewarisan penyakit/gangguan (albino, butawarna, hemofili, gangguan mental) pada manusia,siswa dapat mengintepretasi  pewarisan sifat tersebut pada keturunannya
  80. Disajikan kasus /fakta terjadinya evolusi, siswa dapat mengintepretasikan hubungan teori dan prinsip berdasarkan pandangan ahli evolusi tertentu
  81. Disajikan deskripsi fenomena evolusi  organic (pandangan lama/baru), siswa dapatmengintepretasi  mekanisme pembentukan spesies baru














































klik kanan (Mouse) open link new tab ....perbesar OK

Kunci Lainnya 

SOAL 1
SOAL 2

Saturday, February 6, 2016

SOAL DASAR SYSTEM SIRKULASI

Pagi ini saya postingkan hal mendasar dari penjelasan Sistem sirkulasi lewat aplikasi soal semoga bisa dipakai untuk melatih kemampuan menerima penjelasan dari buku/guru ke aplikasi ini OK

SOAL 

1.Sistem sirkulasi manusia terdiri dari...
a.Jantung dan pumbuluh darah 
b.Darah dan pembuluhnya
c.Ginjal dan uretra
d.Hidung dan paru-paru
e. Hati dan empedu

2. Fungsi gerakan kontraksi pada jantung adalah...
a.Menyaring darah yang masuk ke  jantung 
b.Menambahkan O2 pada darah yang masuk ke jantung
c.Memompa darah ke seluruh bagian tubuh
d.Menampung darah dari seluruh tubuh
e. Menggerakkan otot-otot jantung

3.Perhatikan gambar berikut.


Bagian 1 dan 2 berturut-turut adalah...
a. Atrium kanan dan ventrikel kiri 
b.Katup bikuspid dan katup trikuspid
c.Vena cava superior dan ventrikel kiri
d.Arteri pulmonalis dan atrium kiri
e.Vena pulmonalis dan arteri pulmonalis 

4.Otot ventrikel lebih tebal dibanding dengan otot atrium. Hal ini disebabkan karena...
a.Sel-sel ototnya lebih banyak 
b.Fungsinya sebagai pemompa darah
c.Banyaknya pembuluh darah di sekitar ventrikel
d.Darah yang ditampung sangat  banyak
e.Seluruh darah akhirnya ditampung ke ventrikel

5.Di pergelangan tangan kita sebelah dalam akan terasa denyutan jantung. Denyutan ini dikarenakan oleh...
a.Getaran detakan jantung sampai ke  pergelangan tangan sebelah dalam. 
b.Darah mengalir di dalam pembuluh vena.
c. Jantung memompa darah ke tangan.
d. Pembuluh nadi di pergelangan tangan memiliki tekanan yang kuat.
e. Aliran darah menyinggung sel saraf sehingga dapat dirasakan denyutan.

6. Pernyataan yang paling tepat mengenai struktur jantung adalah... 


a.Terdiri dari banyak otot polos 
b. Darah dikeluarkan dari jantung ke seluruh tubuh melalui vena cava.
c.Memiliki katup trikuspid yang akan mengalirkan darah dari atrium kanan ke ventrikel kanan.
d.Terdiri dari 2 ruang, yaitu atrium dan ventrikel.
e.Arteri pulmonalis mengandung darah yang kaya akan oksigen.

7. Pembuluh darah yang membawa darah keluar dari jantung ke seluruh tubuh adalah...
a.Aorta 
b.Arteriol
c.Kapiler
d.Vena
e.Vena pulmonalis

8. Berikut adalah ciri dari pembuluh darah.
1.    tekanan lebih lemah
2.    tekanan lebih kuat
3.    lebih tipis dan tidak elastis
4.    liat dan elastis
5.    terletak di dekat permukaan kulit
Yang merupakan ciri dari pembuluh arteri adalah...
a.(1) dan (4) 
b.(5) saja
c.(1), (3), (5)
d.(1) dan (3)
e.(2) dan (4)

9.Pembuluh darah yang membawa darah dari kepala menuju ke jantung adalah...
a.Vena pulmonalis 
b.Arteri pulmonalis
c.Aorta
d.Vena cava superior
e.Vena cava inferior

10.Bila jantung tidak memiliki katup yang memisahkan ruang-ruangnya maka yang akan terjadi adalah...
a.Darah dari bagian jantung sebelah kanan bercampur dengan darah dari  bagian jantung sebelah kiri. 
b.Darah akan berbalik arah sehingga darah dari ventrikel masuk ke atrium.
c.Darah yang kaya oksigen  bercampur dengan darah yang kaya karbondioksida.
d.Darah dari arteri pulmonalis mengalir menuju paru-paru.
e.Darah dari atrium kiri mengalir menuju ventrikel kiri.

11.Perhatikan gambar pembuluh darah  berikut.


Pembuluh darah yang mengandung oksigen adalah...
a.Vena cava superior dan vena cava inferior 
b.Vena pulmonalis dan vena cava
c.Arteri pulmonalis dan aorta
d.Vena pulmonalis kiri dan vena  pulmonalis kanan
e.Aorta dan vena cava inferior

12.Urutan pembuluh darah yang mem- bawa darah menuju seluruh tubuh adalah...
a. Aorta, arteriol, kapiler 
b.Kapiler, vena, arteri
c.Vena pulmonalis, Vena cava infe-rior, vena cava superior
d.Arteri pulmonalis, vena cava superior, aorta
e.Aorta, vena pulmonalis, vena cava superior, vena cava inferior

13. Pembuluh darah yang mengangkut darah dari seluruh tubuh menuju ke  jantung adalah....
a.Arteri 
b.Kapiler
c.Vena
d.Vena pulmonalis
e.Aorta

14.Vena pulmonalis berfungsi untuk...
a.Mengangkut darah dari jantung menuju ke paru-paru 
b.Mengangkut darah dari paru-paru ke jantung
c.Mengalirkan darah ke atrium kanan
d.Membawa darah menuju ke  jaringan
e. Mengangkut darah dari ventrikel kiri ke bagian tubuh atas

15.Darah yang dibawa oleh arteri  pulmonalis adalah...
a.Darah yang kaya akan oksigen 
b.Darah yang kaya akan karbon-dioksida
c.Darah yang keluar dari ventrikel kiri
d.Darah yang berasal dari vena  pulmonalis
e.Darah yang berasal dari aorta

16. Pembuluh darah arteri terdiri dari aorta, arteriol, dan kapiler. Kapiler memiliki diameter yang kecil dan membawa darah menuju jaringan tubuh. Berdasarkan hal tersebut dapat kita ketahui bahwa di dalam kapiler akan terjadi hal-hal berikut, kecuali...
a.Pertukaran zat-zat yang diperlukan  jaringan dengan sisa pembakaran dalam jaringan. 
b.Menjamin pekerjaan jantung.
c.Mengangkut darah menuju  pembuluh vena.
d.Mengangkut darah menuju  pembuluh arteri.
e. Membawa oksigen ke dalam jaringan.

17.Denyutan jantung dapat terasa pada bagian tubuh tertentu oleh karenaadanya pembuluh darah. Pembuluhdarah itu mengangkut oksigen dan berakhir pada jaringan. Pertukaran zatakan terjadi melaui proses...
a.Osmosis 
b.Difusi
c.Transpor aktif
d.Eksositosis
e. Phinositosis

18. Pernyataan yang benar tentang pembuluh darah pada jantung adalah...
a.Darah keluar dari jantung menuju ke paru-paru melalui aorta. 
b.Vena cava superior dan vena cava inferior membawa darah dariseluruh tubuh menuju ke atrium kiri.
c.Vena pulmonalis membawa darahyang mengandung banyak Oksigen dari ventrikel kiri menuju paru- paru.
d.Arteri pulmonalis membawa darahyang mengandung Oksigen dari paru-paru menuju jantung.
e.Kapiler membawa darah menuju arteriol untuk selanjutnya dibawake dalam jaringan.

19.Bagian yang memompakan darah dari jantung menuju ke paru-paru adalah...
a. Ventrikel kanan 
b. Ventrikel kiri
c. Atrium kanan
d. Atrium kiri
e. Aorta

20. Darah yang berasal dari paru-parumerupakan darah yang kaya akanoksigen dan akan masuk ke jantungmelalui pembuluh darah. Darah yang berasal dari seluruh tubuh juga akandibawa kembali ke paru melalui pembuluh darah. Proses ini disebut...
a.Pengangkutan darah 
b.Peredaran darah besar
c.Peredaran darah kecil
d.Peredaran darah sistemik
e.Peredaran darah teratur

21.Pada saat jantung berkontraksi, yangterjadi adalah...
a. Jantung akan mengembang dandarah mengalir masuk. 
b. Darah yang berada di ventrikel kirikeluar menuju seluruh tubuh.
c. Katup pulmonalis terbuka dan darah dari atrium kanan mengalir ke arteri pulmonalis.
d. Darah masuk ke atrium kanan dan atrium kiri.
e. Darah dari vena masuk ke atrium kanan.

22.Fungsi jantung sebagai pemompa darahke seluruh tubuh terjadi karena adanyakontraksi. Kontraksi otot jantung dapatterjadi karena...
a. Otot jantung mempunyai ke-mampuan untuk menimmbulkanrangsangan listrik yang dimulai dari nodus SA. 
b. Adanya peace maker (pusat picu jantung) yang membuat katup-katup terbuka.
c. Adanya gelombang listrik pada bagian ventrikel kiri.
d. Atrium mengembang dan ventrikelmenguncup.
e. Jantung menghasilkan listrik.

23.Perhatikan gambar berikut.


Urutan proses peredaran darah kecil adalah...
a. Jantung- arteri- kapiler- vena- jantung 
b. Jantung- aorta- arteri- kapiler-vena- jantung
c. Jantung- aorta- paru-paru- jantung
d. Jantung- seluruh tubuh- jantung
e. Jantung- paru-paru- jantung

24. Darah yang berasal dari seluruh tubuh dipompakan ke paru-paru dengan tujuan...
a. Menambahkan oksigen ke darahtersebut. 
b. Menukarkan darah yang kayakarbondioksida dengan darah yangkaya oksigen.
c. Menyaring darah tersebut untuk selanjutnya digunakan kembali.
d. Untuk meningkatkan kualitas darah.
e. Untuk merelaksasikan jantung.

25. Alat pendeteksi denyut jantungadalah...
a. Mikroskop 
b. Periskop
c. Steroskop
d. Tensimeter
e. Stetoskop

26. Pada saat berelaksasi otot jantung akan merenggang, sehingga...
a. Jantung mengembang 
b. Jantung menguncup
c. Jantung mengecil
d. Rongga dada mengembang
e. Aorta menyempit

27.Dengan menggunakan stetoskop dapatdidengar ada dua suara. Suara yang pertama agak keras disebut sistol dansuara yang kedua agak lemah disebut diastol. Diastol terjadi pada saat...
a.Ventrikel menguncup 
b.Ventrikel berelaksasi
c.Atrium berkontraksi
d.Atrium menguncup
e.Ventrikel tidak berkontraksi

28.Saat mengonsumsi air yang bersoda,denyut jantung akan semakin cepat.Hal ini disebabkan oleh...
a.Jantung tidak siap menerima minuman bersoda. 
b.Minuman bersoda menghasilkanlistrik yang mempercepat kerja jantung.
c.Air bersoda memicu kerja jantungkarena soda membuat perubahan pada proses metabolisme tubuh yang berpengaruh pada jumlahdarah yang masuk dan keluar jantung.
d.Tubuh dipenuhi karbondioksida sehingga harus secepat mungkindigantikan dengan oksigen yang diangkut oleh darah yangdipompakan oleh jantung.
e. Air bersoda membuat jantung lemah.

29.Darah yang keluar masuk jantung padasaat sistol dan diastol sama dengan isisekuncupnya pada waktu terjadi sistol ventrikel (stroke volume). Jika isi sekuncup orang yang melakukan pekerjaan berat 70 cc dalam satu menit memerlukan cardiac output 14 liter,maka jantungnya harus berdenyut sampai...
a.150 kali/menit 
b.980 kali/menit
c.200 kali/menit 
d. 500 kali/menit
e.50 kali/menit

30.Proses terjadinya denyut jantung adalah...

a.nodus SA mengawali gelombang depolarisasi secara spontansehingga menyebabkan timbulnya potensial aksi yang disebarkan melalui sel-sel otot atrium, nodus atrio ventrikuler (nodus AV), berkasHis, serabut Purkinje dan akhirnyake seluruh otot ventrikel. 

b.Gelombang listrik diteruskan kenodus SA kemudian ke nodus AVmenuju ke purkinje kemudian kesel-sel otot jantung sehingga atrium berkontraksi.

c.nodus AV mengawali gelombang depolarisasi sehingga menyebabkantimbulnya potensial aksi yangdisebarkan melalui sel-sel ototatrium.

d.Potensial aksi disebarkan melalui sel-sel otot atrium, nodusatrioventrikuler (nodus AV), berkasHis, serabut Purkinje dan akhirnya ke kembali ke otot ventrikel.

e.Gelombang listrik AV menuju ke purkinje kemudian ke sel-sel otot jantung sehingga otot-otot ventrikel berelaksasi




Support web ini

BEST ARTIKEL