Friday, February 23, 2018

SOAL PERTUMBUHAN KELAS VIII SMP

Soal Pilihan Ganda

1. Hormon yang berperan mempercepat proses
pemasakan buah adalah hormon ....
a. auksin
b. gas etilen
c. giberelin
d. asam absisat

2. Unsur yang diperlukan tumbuhan hijau dari udara untuk proses fotosintesis adalah ....
a. nitrogen
b. oksigen
c. hidrogen
d. karbon

3. Ujung batang tanaman dapat membengkok ke arah datangnya cahaya karena pengaruh hormon ....
a. gas etilen
b. auksin
c. giberelin
d. sitokinin

4. Aktivitas kambium yang meninggalkan batas yang jelas pada batang kayu disebut ....
a. kayu
b. kulit
c. lingkaran tahun
d. floem

5. Di bawah ini adalah mineral yang diperlukan untuk membentuk senyawa organik yang dibutuhkan tumbuhan, kecuali ....
a. karbon
b. oksigen
c. hidrogen
d. kalsium

6. Di bawah ini adalah fase-fase perkembangan embrio, kecuali ....
a. blastula
b. morula
c. organogenesis
d. mesoderm

7. Pembentukan lubang lekukan (blastopor) terjadi pada fase ....
a. blastula
b. morula
c. organogenesis
d. gastrula

8. Embrio akan menempel di dinding rahim ibu pada hari ke ....
a. 3 - 5
b. 6 - 9
c. 10 - 13
d. 14 – 17

9. Di bawah ini adalah ciri-ciri seks sekunder pada laki-laki, kecuali ....
a. dada menjadi bidang
b. Suara membesar
c. pinggul membesar
d. otot-otot membesar

10. Pada wanita, jika organ reproduksi sudah tidak mampu menghasilkan ovum disebut masa ....
a. manula
b. ovulasi
c. menopause
d. menstruasi

11. Dari semua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, yang merupakan faktor dalam adalah ....
a. vitamin
b. hormon
c. aktivitas fisik
d. oksigen
e. sinar matahari

12. Gigantisme pada pertumbuhan hewan disebabkan oleh adanya kelebihan hormon ....
a. somatotrof
b. estrogen
c. adrenalin
d. testosteron
e. insulin

13. Tahap perkembangan makhluk hidup yang berbeda bentuk morfologi dan cara reproduksinya, disebut sebagai ....
a. metamorfosis
b. metamorfosis sempurna
c. metamorfosis tidak sempurna
d. metagenesis
e. mutasi

14. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempe ngaruhi pertumbuhan pada hewan, kecuali ....
a. aktivitas tubuh
b. hormon
c. makanan
d. faktor genetik
e. jenis kelamin

15. Hewan yang dapat mengalami metagenesis adalah ....
a. kupu-kupu
b. ubur-ubur
c. belalang
d. cacing tanah
e. kecoa

16. Berikut ini termasuk ke dalam hormon yang mempe ngaruhi pertumbuhan pada tumbuhan, kecuali ....
a. auksin
b. tiroksin
c. asam traumalin
d. rizokalin
e. sitokinin

17. Bentuk morfologi pada serangga yang tidak terdapat pada metamorfosis tidak sempurna adalah ....
a. telur
b. larva
c. ulat
d. kepompong
e. serangga muda

18. Berikut ini adalah ciri kelamin perkembangan anak laki-laki, kecuali ....
a. tumbuhnya jakun
b. membesarnya pinggul
c. tumbuhnya bulu di ketiak
d. membesarnya testis
e. tumbuhnya bulu halus pada kemaluan

19. Mineral yang termasuk dalam kelompok mikronutrisi adalah ....
a. oksigen
b. karbon
c. hidrogen
d. kalium
e. besi

20. Pada Tumbuhan paku, sel telur dihasilkan oleh ....
a. saprofit
b. gametofit
c. anteridium
d. arkegonium
e. sporangium

21. Hormon tumbuhan yang berfungsi untuk mem percepat pertumbuhan memanjang tetapi tidak membantu pertumbuhan membelok adalah ....
a. giberelin
b. auksin
c. sitokinin
d. kalin
e. tarumalin

22. Metamorfosis dapat dialami oleh hewan berikut, kecuali ....
a. hydra
b. kecoa
c. lebah
d. katak
e. lalat

23. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi kwantitas glukosa pada tumbuhan  ....
a. kadar oksigen
b. kadar karbon dioksida
c. kadar cahaya matahari
d. suhu
e. kelembaban

24. Sporofit tumbuhan Lumut dan Paku menjadi dewasa ditandai dengan terbentuknya ....
a. sorus
b. arkegonium
c. anteridium
d. sel telur
e. sperma

25. Bukti bahwa gravitasi mempengaruhi Pertumbuhan pada tumbuhan adalah ....
a. daun sebelah barat lebih subur
b. akar mendekati sumber air
c. akar menuju pusat bumi
d. batang tumbuh ke atas
e. batang tumbuh membelok

26. Tanda bahwa seorang wanita sistem
reproduksinya sudah berfungsi adalah ....
a. mengalami ejakulasi
b. mengalami menstruasi
c. tumbuhnya payudara
d. mencuatnya putting susu
e. membesarnya pinggul

27. Giberelin dapat memacu pertumbuhan buah tanpa biji karena ....
a. dapat memicu sel-sel karpel tanpa pembuahan
b. dapat menghilangkan hambatan cahaya
c. dapat menghilangkan hambatan biji
d. dapat meningkatkan pembelahan
e. dapat meningkatkan pertumbuhan

28. Bentuk ubur ubur yang dapat bergerak bebas disebut ....
a. gonad
b. medusa
c. polip
d. gamet
e. larva

29. Supaya tumbuhan tidak bercabang, maka petani harus memicu kerja hormon ....
a. giberelin
b. auksin
c. sitokinin
d. kalin
e. asam tarumalin

30. Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada ....
a. kupu-kupu
b. kecoa
c. lebah
d. lalat
e. nyamuk

31. Arti pertumbuhan pada makhluk hidup adalah ....
a. bertambahnya luas penyebaran spesies
b. terjadi perubahan bentuk yang terus menerus
c. penambahan ukuran yang dapat diukur
d. proses menuju ke arah kedewasaan

32. Pupuk kompos berasal dari ....
a. kotoran hewan
b. daun-daun
c. kotoran hewan dan daun-daun
d. campuran sisa-sisa organik

33. Serangga di bawah ini yang mengalami metamorfosis sempurna (holometabola), adalah ....
a. capung
b. nyamuk
c. laron
d. kutu buku

34. Serangga di bawah ini yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ....
a. lalat
b. kupu-kupu
c. semut
d. belalang sembah

35. Tumbuhan di bawah ini yang mengalami Meta genesis, adalah ....
a. paku-pakuan
b. angiospermae
c. gimnospermae
d. ganggang

THEORY


Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah penambahan biomassa yang bersifat tidak dapat balik (irreversible).
Penambahan bomassa ditandai dengan penambahan berat, panjang, volume, jumlah sel, dan lain-lain. Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat dilihat dari perubahan ukurannya.
Oleh karena itu, pertumbuhan dapat dinyatakan dalam ukuran panjang maupun berat.
Ciri-ciri pertumbuhan antara lain sebagai berikut
a. Terjadi perubahan fisik dan perubahan ukuran.
b. Terjadi peningkatan jumlah sel.
c. Terdapat penambahan kuantitatif individu
d. Dapat dinyatakan dalam ukuran panjang maupun berat.
e. Dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal
f. Bersifat terbatas, pada usia tertentu makhluk hidup sudah tidak tumbuh lagi.

Perkembangan
Selama pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan.
Perkembangan merupakan perubahan struktur dan fungsi yang bersifat spesifik. Perubahan struktur dan fungsi
tersebut menyebabkan bagian-bagian penyusun
tubuh bertambah lengkap, sempurna, dan
kompleks.
Adapun ciriciri perkembangan antara lain sebagai berikut.
a. Terjadi peningkatan kualitatif individu.
b. Adanya proses kedewasaan.
c. Tidak dapat dinyatakan dalam ukuran jumlah, panjang, maupun berat.
d. Bersifat sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Artinya proses perkembangan terus terjadi sampai
makhluk hidup tersebut mati.

3. Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Manusia
Pertumbuhan dan perkembangan hewan terjadi di seluruh bagian tubuhnya.
Pertumbuhan tersebut menyebabkan bagian-bagian tubuh
hewan semakin besar atau semakin panjang.
Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada hewan dan manusia dipengaruhi oleh faktor dari dalam (internal) makhluk hidup dan faktor dari luar (eksternal).
a. Faktor internal
Faktor dari dalam tubuh makhluk hidup yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan antara lain sebagai berikut.
1) Gen
Gen merupakan faktor penentu sifat yang diturunkan dari induknya. Sifat sifat yang diturunkan dalam gen setiap
jenis hewan berbeda.
2) Hormon
Hormon memengaruhi aktivitas di dalam tubuh. Hormon yang memengaruhi pertumbuhan hewan dan
manusia disebut hormon somatotrof.
b. Faktor eksternal
Pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh faktor dari luar. Faktor dari luar yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia
adalah sebagai berikut.
1) Makanan
Semua makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber tenaga dan zat pembangun tubuh. Makanan
sebagai sumber tenaga adalah karbohidrat, sedangkan sumber pembangun tubuh adalah protein.
Ketercukupan kebutuhan makanan akan menjadikan hewan atau manusia tumbuh optimal.

2) Sinar matahari
Sinar matahari diperlukan dalam pengubahan provitamin D menjadi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan.
3) Aktivitas fisik
Kegiatan fisik, misalnya olahraga dan latihan, akan dapat memperbesar ukuran otot dan tulang.
4) Suhu
Suhu yang sesuai diperlukan dalam pertumbuhan hewan maupun manusia.
2. Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan
dan Perkembangan Tumbuhan
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan interaksi antara faktor dalam dan faktor luar.

Faktor dalam yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain sebagai berikut.
a. Hormon
Hormon yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan antara lain sebagai berikut.

1) Auksin
Auksin berfungsi untuk pertumbuhan dan penghambatan pertumbuhan, dormansi, pembentukan bunga dan buah, serta penuaan dan pengguguran.
2) Giberelin
Fungsi giberelin adalah merangsang pembelahan sel serta merangsang aktivitas enzim amylase dan proteinase
yang berperan dalam perkecambahan.
Giberelin juga merangsang pembentukan tunas, menghilangkan dormansi biji, dan merangsang
pertumbuhan buah secara parthenogenesis.
3) Sitokinin
Sitokinin dapat ditemukan pada jaringan yang membelah. Sitokinin yang ditemukan pertama kali adalah kinetin. Sitokinin yang terdapat pada Zea mays adalah zeatin.

Fungsi
sitokinin adalah merangsang
pembelahan sel, merangsang
pembentukan tunas pada batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan mempercepat pertumbuhan memanjang.

4) Asam absisat
Tidak semua hormon berfungsi untuk memacu pertumbuhan, sebab ada juga yang menghambat pertumbuhan, yaitu asam absisat.
Fungsi asam absisat
adalah menghambat pembelahan dan pemanjangan sel, menunda pertumbuhan atau dormansi, merangsang penutupan mulut daun di musim kering, dan membantu
peluruhan daun pada musim kering.

b. Genetik
Faktor genetik yang diturunkan dari induknya sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Adapun faktor luar yang memengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan pada
tumbuhan di antaranya adalah sebagai
berikut.
a. Suhu
Suhu lingkungan berpengaruh terhadap respirasi, fotosintesis, transpirasi, dan reproduksi.
b. Cahaya
Cahaya diperlukan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Namun, pada saat proses perkecambahan,
cahaya justru menghambat pertumbuhan kecambah. Kecambah yang ditumbuhkan di tempat yang gelap lebih cepat tumbuh dibandingkan di tempat yang terang. Pertumbuhan yang cepat di tempat yang gelap disebut etiolasi.
c. Kelembaban
Kelembaban udara berpengaruh terhadap penguapan air (transpirasi) serta penyerapan makanan dan air. Jika
kelembaban udara rendah maka transpirasi akan berlangsung cepat sehingga memacu tumbuhan untuk
menyerap makanan dan air. Keadaan ini dapat memacu pertumbuhan tumbuhan.

d. Oksigen
Oksigen memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seluruh bagian tubuh tumbuhan. Tanah yang gembur
mempunyai kemampuan yang besar untuk menyimpan oksigen. Oksigen ini dimanfaatkan tumbuhan untuk
respirasi.

e. Air dan zat hara
Zat hara merupakan sumber energi dan sumber materi untuk pembentukan
berbagai komponen sel yang diperlukan selama pertumbuhan tanaman.
Air sangat diperlukan pada saat perkecambahan biji. Air juga sangat penting untuk membentuk vakuola sel
dan mengaktifkan enzim.
Air berfungsi sebagai pelarut zat hara agar dapat

masuk ke dalam sel akar secara difusi.

JAWABAN 


1. Hormon yang berperan mempercepat proses pemasak    an buah adalah hormon ....
a. auksin
b. gas etilen
c. giberelin
d. asam absisat

2. Unsur yang diperlukan tumbuhan hijau dari udara untuk proses fotosintesis adalah ....
a. nitrogen
b. oksigen
c. hidrogen
d. karbon

3. Ujung batang tanaman dapat membengkok ke arah datangnya cahaya karena pengaruh hormon ....
a. gas etilen
b. auksin
c. giberelin
d. sitokinin

4. Aktivitas kambium yang meninggalkan batas yang jelas pada batang kayu disebut ....
a. kayu
b. kulit
c. lingkaran tahun
d. floem

5. Di bawah ini adalah mineral yang diperlukan untuk membentuk senyawa organik yang dibutuhkan tumbuh an, kecuali ....
a. karbon
b. oksigen
c. hidrogen
d. kalsium

6. Di bawah ini adalah fase-fase perkembangan embrio, kecuali ....
a. blastula
b. morula
c. organogenesis
d. mesoderm

7. Pembentukan lubang lekukan (blastopor) terjadi pada fase ....
a. blastula
b. morula
c. organogenesis
d. gastrula

8. Embrio akan menempel di dinding rahim ibu pada hari ke ....
a. 3 - 5
b. 6 - 9
c. 10 - 13
d. 14 – 17

9. Di bawah ini adalah ciri-ciri seks sekunder pada laki-laki, kecuali ....
a. dada menjadi bidang
b. Suara membesar
c. pinggul membesar
d. otot-otot membesar

10. Pada wanita, jika organ reproduksi sudah tidak mampu menghasilkan ovum disebut masa ....
a. manula
b. ovulasi
c. menopause
d. menstruasi

11. Dari semua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, yang merupakan faktor dalam adalah ....
a. vitamin
b. hormon
c. aktivitas fisik
d. oksigen
e. sinar matahari

12. Gigantisme pada pertumbuhan hewan disebabkan oleh adanya kelebihan hormon ....
a. somatotrof
b. estrogen
c. adrenalin
d. testosteron
e. insulin

13. Tahap perkembangan makhluk hidup yang berbeda bentuk morfologi dan cara reproduksinya, disebut sebagai ....
a. metamorfosis
b. metamorfosis sempurna
c. metamorfosis tidak sempurna
d. metagenesis
e. mutasi

14. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada hewan, kecuali ....
a. aktivitas tubuh
b. hormon
c. makanan
d. faktor genetik
e. jenis kelamin

15. Hewan yang dapat mengalami metagenesis adalah ....
a. kupu-kupu
b. ubur-ubur
c. belalang
d. cacing tanah
e. kecoa

16. Berikut ini termasuk ke dalam hormon yang mempe ngaruhi pertumbuhan pada tumbuhan, kecuali ....
a. auksin
b. tiroksin
c. asam traumalin
d. rizokalin
e. sitokinin

17. Bentuk morfologi pada serangga yang tidak terdapat pada metamorfosis tidak sempurna adalah ....
a. telur
b. larva
c. ulat
d. kepompong
e. serangga muda

18. Berikut ini adalah ciri kelamin perkembangan anak remaja perempuan  ....
a. tumbuhnya jakun
b. membesarnya pinggul
c. tumbuhnya bulu di ketiak
d. membesarnya testis
e. tumbuhnya bulu halus pada kemaluan

19. Mineral yang termasuk dalam kelompok mikronutrisi adalah ....
a. oksigen
b. karbon
c. hidrogen
d. kalium
e. besi

20. Pada Tumbuhan paku, sel telur dihasilkan oleh ....
a. saprofit
b. gametofit
c. anteridium
d. arkegonium
e. sporangium

21. Hormon tumbuhan yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan memanjang tetapi tidak membantu pertumbuhan bercabang adalah ....
a. giberelin
b. auksin
c. sitokinin
d. kalin
e. tarumalin

22. Metamorfosis sempurna dapat dialami oleh hewan berikut, kecuali ....
a. hydra
b. kecoa
c. lebah
d. katak
e. lalat

23. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi kwantitas glukosa pada tumbuhan  ....
a. kadar oksigen
b. kadar karbon dioksida
c. kadar karbon monoksida
d. suhu
e. kelembaban

24. Sporofit tumbuhan Lumut dan Paku menjadi dewasa ditandai dengan terbentuknya ....
a. sorus
b. arkegonium
c. anteridium
d. sel telur
e. sperma

25. Bukti bahwa gravitasi mempengaruhi Pertumbuhan pada tumbuhan adalah ....
a. daun sebelah barat lebih subur
b. akar mendekati sumber air
c. akar menuju pusat bumi
d. batang tumbuh ke atas
e. batang tumbuh membelok

26. Tanda bahwa seorang wanita sistem
reproduksinya sudah berfungsi adalah ....
a. mengalami ejakulasi
b. mengalami menstruasi
c. tumbuhnya payudara
d. mencuatnya putting susu
e. membesarnya pinggul

27. Giberelin dapat memacu pertumbuhan buah tanpa biji karena ....
a. dapat memicu sel-sel karpel tanpa pembuahan
b. dapat menghilangkan hambatan cahaya
c. dapat menghilangkan hambatan biji
d. dapat meningkatkan pembelahan
e. dapat meningkatkan pertumbuhan

28. Bentuk ubur ubur yang dapat bergerak bebas disebut ....
a. gonad
b. medusa
c. polip
d. gamet
e. larva

29. Supaya tumbuhan tidak bercabang, maka petani harus memicu kerja hormon ....
a. giberelin
b. auksin
c. sitokinin
d. kalin
e. asam tarumalin

30. Metamorfosis tidak sempurna terjadi pada ....
a. kupu-kupu
b. kecoa
c. lebah
d. lalat
e. nyamuk

31. Arti pertumbuhan pada makhluk hidup adalah ....
a. bertambahnya luas penyebaran spesies
b. terjadi perubahan bentuk yang terus menerus
c. penambahan ukuran yang dapat diukur
d. proses menuju ke arah kedewasaan

32. Pupuk kompos berasal dari ....
a. kotoran hewan
b. daun-daun
c. kotoran hewan dan daun-daun
d. campuran sisa-sisa organik

33. Serangga di bawah ini yang mengalami metamorfosis sempurna (holometabola) , adalah ....
a. capung
b. nyamuk
c. laron
d. kutu buku

34. Serangga di bawah ini yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ....
a. lalat
b. kupu-kupu
c. semut
d. belalang sembah

35. Tumbuhan di bawah ini yang mengalami Meta genesis, adalah ....
a. paku-pakuan
b. angiospermae
c. gimnospermae
d. ganggang

PERK MANUSIA 

Tuesday, February 20, 2018

GINJAL DENGAN PERAN EKSKRESINYA

Sering ditanya apa fungsi Ginjal sebagai Organ Ekskresi Pak dari pada ngomong satu persatu setiap pertanyaan maka keluarlah jawaban spontan yang ditulis kemudian saya upload sehingga mengurangi pertanyaan lagi OK

GINJAL ( REN )

Fungsi ginjal sebagai organ ekskresi sebagai berikut.
  1. Membuang sisa metabolisme, misal urea,asam urat, kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
  2. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
  3. Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh (natrium, fosfor, dan kalium) dan mengembalikannya ke saluran peredaran darah.
  4. Menjaga asam basa cairan darah dengan mengatur pH plasma darah dan cairan tubuh dengan mengekskresikan urine yang bersifat basa atau mengekskresikan urine yang bersifat asam.
  5. Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur ekskresi garam-garam, yaitu membuang garam yang berlebihan dan menahan garam apabila jumlahnya berkurang.
Semua ini dilakukan oleh ginjal agar darahmu tetap Homeostatis sehinga opersional darah efektif untuk transportasi .... ketika kelebihan beban maka dibuanglah OK

Monday, February 12, 2018

PANDUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII

  1. Mengamati carta/video tentang pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  2. Menyusun rancangan, melakukan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  3. Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  4. Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis untuk menemukan sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme
  5. Mendiskusikan tentang sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan anabolisme meliputi bahan, proses, hasil dan tempat berlangsungnya
  6. Menyimpulkan hasil diskusi, pengamatan percobaan dan memperesentasikan tentang sifat-sifat, cara kerja enzim
  7. Mengamati diagram/ gambar/film struktur DNA, RNA, dan kromosom serta semua aktivitasnya (replikasi, transkripsi dan translasi)
  8. Membahas tentang bagaimana keterkaitan antara sistesa protein dan pembentukan sifat makhluk hidup
  9. Mengamati berbagai sifat morfologis pada Mahluk hidup, misalnya, berbagai bentuk dan warna bunga, bulu pada tubuh hewan, warna dan bentuk rambut pada manusia
  10. Mensimulasikan hubungan antara sintesis protein dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup dengan melakukan analisis suatu DNA makhluk serta menggambarkan sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud makhluk hidup
  11. Mengkaji literatur tentang mitosis dan meiosis meliputi tujuan, proses/tahapan, hasil, tempat berlangsung
  12. Mengaitka hubungan antara pembelahan mitosis dan meiosis/ gametogenesis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya berdasarkan pengamatan gambar/diagram/film
  13. Menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara: Mitosis dan meiosis.Ssrta perbedaan Oogenesis dan spermatogenesis.
  14. Pembentukan sifat pada anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.
  15. Mengomunikasikan hasil diskusi dan kesimpulannya
  16. Melakukan studi literatur tentang pewarisan sifat menurut Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel serta istilah-istilah : Allel, genotip, fenotip dan gamet
  17. Mengamati keanekaragam gen, dan jenis pada lingkungan sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut dapat terjadi
  18. Menerapkan pemahaman tentang pola pewarisan sifat menurut Mendel dengan membuat skema persilangan monohibrid, dihibrid
  19. Membuat kesimpulan tentang persilangan menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
  20. Membuat laporan tertulis hasil percobaan persilangan dengan kancing /baling-baling genetika menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
  21. Menyimpulkan pola pewarisan sifat non Mendelian didasarkan pada hasil pengamatan adanya kenyataan sifat-sifat pada anak yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tuanya
  22. Menerapkan konsep gen letal, pautan, pautan sex, pindah silang dan gagal berpisah dalam menyelesaikan persoalan dengan latihan soal
  23. Mengaitkan adanya perbedaan variasi dalam satu keturunan dengan pola pewarisan sifat Mendelian
  24. Menyimpulkan bahwa ada pewarisan sifat non Mendelian
  25. Mempresentasikan hasil diskusi dan latihan soal
  26. Membaca peta silsilah Ratu Victoria dan mengaitkan dengan pola-pola penurunan sifat heredite
  27. Membuat analisis bagaimana penurunan sifat hemofilia dari peta silsilah Victoria
  28. Menyimpulkan tentang penurunan sifat-sifat pada mahkluk hidup (Golongan darah, cacad dan penyakit, jenis kelamin)
  29. Menerapkan konsep penurunan sifat penyakit menurun dan golongan darah dan jenis kelamin dalam menyelesaikan persoalan
  30. Membahas mekanisme pewarisan penyakit menurun dan golongan darah 
  31. Menyusun peta silsilah keluarga
  32. Mempresentasikan hasil hasil diskusi tentang pewarisan sifat pada manusia
  33. Membahas tentang mutasi berdasarkan pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan manusia
  34. Membahas mekanisme dan penyebab mutasi (proses, faktor penyebab, hasil dan dampak mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan kelainan pada makhluk hidup
  35. Menganalisis dampak positif dan negatif mutasi dan mempresentasikan hasilnya
  36. Mengamati berbagai fenomena variasi morfologi , misalnya variasi bentuk paruh burung finch, cakar berbagai burung, warna sayap ngengat Biston betularia, sayap kumbang kelapa dari Manado
  37. Mendiskusikan teori-teori asal usul Mahkluk hidup dihubungkan dengan pohon Filogeni Mahkluk hidup
  38. Mengaitkan hubungan antara variasi dengan proses mutasi dan kompetisi serta adaptasi
  39. Mengaitkan terjadinya variasi makhluk hidup sebagai dasar terjadinya proses evolusi
  40. Menyimpulkan hasil diskusi dan kajiannya tentang teori evolusi dan mempresentasikannya
  41. Mengamati berbagai produk-produk bioteknologi melalui tayangan video/gambar
  42. Membahas tentang bioteknologi (bahan, proses, produk, dampak)
  43. Membuat rencana dan melaksanakan pembuatan produk bioteknologi konvensional dan menyusun laporan
  44. Simulasi DNA Rekombinan dengan menggunakan puzzle
  45. Membuat kesimpulan hasil diskusi tentang dampak bioteknologi dan mempresentasikannya

Sunday, February 11, 2018

TRY OUT JARINGAN TUMBUHAN

Pagi ini akan di share soal materi Jaringan yang banyak yang dipelajari dan mikroskopis sekali sehingga pada dijauhi bab ini mengingat banyak hafalannya meskipun demikian bisa hal hal itu didekati dengan aplikasi soal sehingga bisa menjadi hafal OK

1. Berdasarkan kemampuan membelahnya, jaringan tumbuhan dapat dibedakan menjadi ....
A. Jaringan meristem dan jaringan dewasa
B. Jaringan meristem dan jaringan dasar
C. Jaringan epitel dan jaringan ikat
D. Jaringan meristem dan parenkim
E. Jaringan penyokong dan pelindung

2. Jaringan meristem yang terdapat di ujung pucuk utama dan pucuk lateral serta ujung akar disebut ...
A. Meristem interskalar
B. Meristem apikal
C. Meristem lateral
D. Meristem primer
E. Meristem sekunder

3. Jaringan meristem yang sel-selnya berkembang dari jaringan dewasa yang sudah mengalami differensiasi adalah ...
A. Meristem interskalar
B. Meristem apikal
C. Meristem lateral
D. Meristem primer
E. Meristem sekunder

4. Jaringan yang tersusun atas sel-sel berbentuk poligonal atau pipih memanjang dan berfungsi sebagai jaringan pelindung adalah ....
A. Jaringan epidermis
B. Jaringan parenkim
C. Jaringan penyokong
D. Jaringan sklerenkim
E. Jaringan endodermis

5. Bagian epidermis yang termodifikasi dengan mempunyai bentuk menonjol di antara sel-sel epidermis yang lain disebut ....
A. Lentisel
B. Feloderm
C. Trikoma
D. Stomata
E. Kutikula

6. Jaringan tumbuhan yang tidak mempunyai aktivitas untuk memperbanyak diri dan sudah mengalami penebalan dinding sesuai fungsinya adalah ....
A. Jaringan endodermis
B. Jaringan pelindung
C. Jaringan meristem
D. Jaringan dasar
E. Jaringan dewasa

7. Lubang atau celah yang terdapat pada epidermis organ tumbuhan dan dibatasi oleh sel khusus atau sel penutup adalah ...
A. Trikoma
B. Stomata
C. Kutikula
D. Floem
E. Xylem

8. Epidermis ganda yang terdapat pada akar anggrek disebut ...
A. Litokis
B. Sistolit
C. Velamen
D. Kutikula
E. Stomata

9. Berikut ini yang merupakan derivat epidermis adalah ....
A. Stomata, trikoma, dan sel gabus
B. Stomata, kutikula, dan serat
C. Kolenkim, sklereid, dan jaringan gabus
D. Jaringan gabus, sel kipas, dan serabut
E. Sel kipas, sklereid, dan korteks

10. Jaringan kulit gabus terdiri dari tiga bagian, yaitu ...
A. Felogen, periderm, dan sel gabus
B. Sel gabus, felem, dan periderm
C. Periderm, felogen, dan korteks
D. Felem, feloderm, dan periderm
E. Felogen, felem, dan feloderm

11. Jaringan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara atau transit hasil fotosintesis adalah ...
A. Palisade parenkim
B. Spons parenkim
C. Epidermis
D. Kutikula
E. Floem

12. Fungsi utama dari jaringan epidermis adalah ....
A. Sebagai alat perasa
B. Sebagai alat pengangkut
C. Sebagai alat pelindung
D. Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan
E. Sebagai media pertumbuhan akar

13. Sel-sel penyusun jaringan sklerenkim yang berbentuk bulat pendek dan mengandung zat lignin pada dinding selnya sehingga bersifat kaku dan keras disebut ...
A. Fiber
B. Sklereid
C. Mesofil
D. Trikoma
E. Sel gabus

14. Menurut teori histogen, titik tumbuh pada lapisan luar pembentuk epidermis disebut ...
A. Lapisan periblem
B. Lapisan tepi
C. lapisan dalam
D. Lapisan dermatogen
E. Lapisan plerom

15. Menurut teori tunika korpus, titik tumbuh batang terdiri dari dua lapisan, yaitu ....
A. Lapisan tepi dan lapisan dalam
B. Lapisan luar dan lapisan dalam
C. Lapisan tengah dan lapisan luar
D. Lapisan dermatogen dan periblem
E. Dermatogen dan tunika

16. Jaringan kolenkim yang mengalami penebalan-penebalan pada dinding sel yang tangensial disebut ...
A. Kolenkim silinder
B. Kolenkim tangen
C. Kolenkim sudut
D. Kolenkim papan
E. Kolenkim lakuna

17. Derivat epidermis yang dapat dijumpai pada epidermis atas daun tumbuhan suku atau famili Gramineae atau Cypereceae dan terdiri dari beberapa sel berdinding tipis dengan ukuran yang lebih besar dibanding sel-sel epidermis di sekitarnya adalah ....
A. Sel kipas
B. Jaringan gabus
C. Trikoma
D. Kutikula
E. Epidermis ganda

18. Bagian dari jaringan angkut xilem yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan adalah ...
A. Serabut xilem
B. Parenkim xilem
C. Unusr trakeal
D. Sel trakea
E. Sel trakeid

19. Kolenkim lakuna merupakan jaringan kolenkim yang mengalami penebalan-penebalan pada ...
A. Bagian ujung
B. Permukaan sel
C. Bagian sudut
D. Dinding sel tangensial
E. Permukaan ruang antar sel

20. Serabut floem berbentuk pajang dengan ujung saling berimpit berfungsi sebagai ...
A. Penguat floem
B. Tempat cadangan makanan
C. Tempat hasil fotosintesis
D. Pengiring pembuluh tapis
E. Pelindung

21. Tipe ikatan pembuluh yang terbentuk apabila xilem dan floem berdampingan dan terdapat kambium di antaranya adalah ....
A. Kolateral tertutup
B. Kolateral terbuka
C. Bikolateral
D. Radial
E. Amfikibral

22. Fungsi utama jaringan angkut floem adalah ...
A. Penyimpanan sementara hasil fotosintesis
B. Memperkuat jaringan angkut
C. Mengangkut hasil fotosintensi dari akar ke daun
D. Mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
E. Sebagai tempat cadangan makanan

23. Bagian dari jaringan floem berupa sel hidup yang memiliki noktah dan berisi tepung, damar, atau kristal adalah ....
A. Buluh tapis
B. Sel pengiring
C. Serabut floem
D. Parenkim floem
E. Pori-pori

24. Lapisan di sebelah dalam endodermis yang terdapat berkas pengangkut serta jaringan lainnya adalah ...
A. Silinder pusat
B. Korteks
C. Jaringan angkut
D. Xilem
E. Jaringan penyokong

25. Anakan atau tumbuhan muda yang dihasilkan pada kultur jaringan disebut ....
A. Kotiledon
B. Eksplan
C. Globural
D. In vitro
E. Plantlet

26. Tumbuhan monokotil memiliki tipe berkas pengangkut ....
A. Bikolateral
B. Kolateral terbuka
C. Kolateral tertutup
D. Kolateral kosentris
E. Radial

27. Bagian akar yang mengatur pembentukan cabang akar adalah ...
A. Verisikel
B. Empulur
C. Endodermis
D. Epidermis
E. Korteks

28.Pada akar tanaman dikotil, titik-titik kaspari terdapat pada ....
A. Endodermis
B. Perisikel
C. Xilem
D. Empulur
E. Floeterm

29. Tipe sel yang terbetuk akibat pengembangan sekunder dinding del yang diikuti dengan hilangnya sitoplasma saat dewasa adalah ....
A. Trakea dan trakeid
B. Serabut
C. Parenkim
D. Endodermis
E. Kolenkim

30.Berikut yang bukan fungsi dari jaringan parenkim adalah ....
A. Tempat penyimpanan udara
B. Tempat penyimpanan cadangan makanan
C. Tempat fotosintesis
D. Tempat pentimpanan air
E. Sebagai pelindung jaringan di dalamnya

31.Jaringan pelindung yang lebih kuat dari epidermis sebagai pengganti epidermis pada tumbuhan dewasa yang berumur panjang dibentuk oleh ....
A. Jaringan gabus
B. Kambium gabus
C. Trikoma
D. Epidermis ganda
E. Sel kipas

32. Berdasarkan asal-usulnya, jaringan meristem dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu ...
A. Meristem apikal dan meristem interkalar
B. Meristem interkalar dan meristem lateral
C. Meristem lateral dan meristem primer
D. Meristem primer dan meristem sekunder
E. Meristem sekunder dan meristem apikal

33. Komponen pada jaringan xilem yang bertugas dalam pengangkutan air dan zat terlarut di dalamnya adalah ...
A. Unsur trakeal
B. Sel pengiring
C. Serabut xilem
D. Parenkim xilem
E. Unsur tapis

34. Lapisan titik tumbuh bagian dalam yang terdiri dari sel-sel yang membelah ke segala arah dan berdifferensiasi disebut ...
A. Dermatogen
B. Periblem
C. Plerom
D. Korpus
E. Tunika

35. Jaringan parenkim pada daun yang terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah adalah ....
A. Jaringan palisade
B. Mesofil
C. Stomata
D. Sekertoris
E. Felogen

36.Tipe bunga dapat ditentukan berdasarkan keberadaan kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Tipe bunga yang memiliki kelopak, mahkota, benang sari, dan putik disebut ....
A. Bunga sempurna
B. Bunga lengkap
C. Bunga jantan
D. Bunga betina
E. Bunga telanjang

37. Berikut ini merupakan keuntungan penggunaan kultur jaringan, kecuali...
A. Waktu yang dibutuhkan relatif singkat
B. Tidak membutuhkan ruang yang luas
C. Bebas menentukan bagian tumbuhan yang akan dikultur
D. Dihasilkan bibit unggul yang beragam
E. Dihasilkan banyak tanaman baru dari satu jenis tanaman

38. Bagian yang mengatur masuknya air dari luar tubuh tumbuhan ke dalam akar adalah ....
A. Rambut akar
B. Xilem
C. Epidermis
D. Korteks
E. Stele

39. Unsur daun steril yang secara kolektif menyusun mahkota bunga adalah ...
A. Corolla
B. Petal
C. Sepal
D.Calyx
E. Daun kelopak

40. Berikut ini yang merupakan perkembangbiakan vegetatif secara alami adalah ...
A. Rizoma
B. Stek
C. Kultur jaringan
D. Cangkog
E. Merunduk 


JARINGAN TUMBUHAN 

TRY OUT KINGDOM PLANTAE X IPA

Pagi ini Nemu soal tentang Plantae di Loker sayang kalau hanyai di Loker padahal bisa untuk pengayaan Emang terlalu detail namun masih dalam pemahaman Kingdom Plantae ya udah di upload aja untuk latihan .....maaf yang punya soal dan membikinnya .  ini saya share untuk anak anak agar berguna untuk lainnya terima kasih
















SILAHKAN UNTUK LATIHAN 

Wednesday, February 7, 2018

DOA RENUNGAN PAGI DI KOLESE GONZAGA

Dengan nama Allah yang maha Pengasih lagi Penyayang ...Di Pagi yang mendung dengan disertai gerimis kecil rasanya sesuai untuk merenungkan diri tentang hidupku di Laboratorium Biologi mumpung lagi enggak mengajar
Apa sih hidup ini ....Urip kok ora bar bar karo masalah ...masalah satu selesai seneng ...muncul lagi lainnya ..diselesaikan dan jadi senang kemudian  muncul lagi ...seperti jalan di tebing tebing ..... namun dengan keyakinan mungkin didepan sana nanti ketemu jalan yang rata.

Dalam umur yang sudah senja ini dengan pengalaman yang ada emang hidup itu kadang sulit kadang mudah dan kadang nggak sulit dan juga nggak mudah.Saya bisa katakan Hidup hanyalah sekumpulan kebetulan dan kesalahan yang acak (baca unpredictable sulit untu ditebak)

Sebagai guru biologi mungkin saya tahu juga yang dirasakan sel tubuhku sebagai unit terkecil hidupku. Ia hanya pasrah dari yang dilakukan  aliran darah yang dipompa dari jantung dengan mengambil materi oksigen dari paru paru dan sari makanan dari usus illeum sebagai bahan oksidasi untuk aktivitasnya. Pasti sel tubuhku juga merasakan hal hal mikro yang terjadi seperti makroskopis hidupku. Sel tubuh pasti nggak protes dengan apa yang terjadi karena ia optimis dengan kerja keras Jantungku yang selama ini Ia nggak ngambek terhadapku. Ia terus setia menemaniku dengan kerja tidak henti hentinya. Mengatur tekan Sistole dan Diastole agar tetap optimum. Jantung buatan Gusti ini beda banget dengan Mesin Ferari atau Mercedes yang kata orang canggih. Jantungku sangat konsisten dengan ruang ruang Atrium dan Ventrikelnya setiap ruang yang mendapat pasokan darah selalu di pompakan ke ruang lainnya sehingga tubuhku menjadi Homeostatis. Ketika ia menerima segera ia memberikan apa yang ada semuanya nggak peduli iya dapat sisa atau tidak. Ia tidak seperti tubuhku yang makro ketika menerima apa saja dari pemberian berhenti dan tidak memberikan ke siapa lagi. Andaikan Ia mengikuti perintah yang makro tuubuhku .pikiranku untuk berfikir egois seperti itu maka macetlah aliran aliran sehingga sel sel yang tadinya optimis itu menjadi tidak ada harapan menunggu sia sia dan berakhir dengan kematiannya. Secara biologi untung Jantung disusun oleh Myocardium yang tak peduli dengan perintah pikiran Ia hanya percaya dengan Sunatullah yang dimaui Allah..

Persis dari Penjelasan ini tadi pagi mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari muridku Winandoko SJ tentang hidup yang pernah dilakukan Ignasius Loyola. Loyola  mengimplementasikan hidupnya untuk Tuhan bukan untuk yang lainnya dengan sebutan Ad Maiorem Dei Gloriam.

Loyola Hidup dengan sengat cerdas dan bisa menularkan hidupnya ke yang lainnya untuk sama sama Memuliakan Tuhan sehingga Semua orang menjadi bangga dan berarti hidupnya bukan sebaliknya bangga dengan perjuangannya kerja kerasnya kemmudian mengabaikan Nya

Winandoko cerita semua imbalan yang engkau dapatkan itu tidak akan berarti ketika imbalan itu kamu anggap hasil perjuangan mu dengan kerja keras , cerdas tanpa lelah tanpa keterlibatan Nya
Jika usahamu yang heroik itu benar karyamu bisa aja Tuhan tidak memberikan imbalan kerja heroikmu itu. maka benar benarlah hidupmu itu akan sia sia tak bermakna

Untuk itulah semua yang anda kerjakan dengan hasil yang maksimum optimum dan bahkan minimum semua yang anda lakukan itu juga atas keterlibatan Nya.
Jika engkau bisa sampai ke hal spiritual seperti itu maka semua imbalan akan mengalir dengan sendirinya. apalagi hanya Tongseng, Sate Gule pasti akan tersedia itu katanya dari pengalaman yang ia Lakukan dan Riil terbukti. 

Loyola adalah seorang bangsawan yang kaya dizamannya namun ia keluar dari mainstream kemapannanya memasrahkan hidupnya untuk Tuhan. Perjuangan ini tidak seperti saya yang saya buka statemen diawal Urip kok ora bubar bubar masalahnya.
Loyola tidak hanya masalah yang ecek ecek  duwe duwit hanya sedikit saja sudah mencak mencak Gusti ora adil ...Asu tenan ...Dancukan seperti kerap saya lakukan

Loyola itu dari hidup Glamour yang dilakukan ia bisa hidup dengan hanya bermodalkan satu pakaian dan tetap struggle.
Kenapa ia bisa melakukannya ..pasti  ceritanya berbuku buku .....namun pasti saya bisa simpulkan adalah...
Ia iklas
Ia pasti menyadari ada keikut sertaan Tuhan dalam dirinya
Ia benar benar tahu Tuhan akan membimbingnya
Ketika apa saja yang punya saya berikan hanya untuk agar lebih dekat denganmu dan jika engkau mencintaiku selamatlah aku

Akhir nya saya bisa renungkan lewat pengalaman Loyola dari cerita muridku itu
Loyola memaknai betul apa itu hidup, Bagaimana hidup bisa berkualitas, bagaimana hidup itu berguna untuk sesasama Man for Others

Loyola juga sangat tahu dan bijak bahwa apa yang dia dapatkan semua dari Nya bukan suatu kerja kerasku maka jika engkau memintanya semua yang ada tentu akan saya berikan , apa saja yang kupunya Kebebasanku Kehendakku, Fikiranku, Kenanganku dan semua yang kupegang dan kupunya dan kusenangi itu adalah kehendakmu ambilah semua yang ada karena Engkau adalah hadiah yang kutrima yang tiada taranya
Kemudian agar bisa juga sampai ke orang lainnya dalam memuliakan Nya Loyola menuliskan suatu doa dalam bukunya Latihan Rohani yang sungguh baik dan mengena kemudian pada pagi ini salah satu Doa itu dibacakan sama Winandoko seorang murid angkatan ke 5 SMA Kolese Gonzaga yang sekarang jadi Pater .

TAKE AND RECEIVE
take and receive, o lord, my liberty
take all my will, my mind, my memory
all things i hold and all i own are thine
thine was the gift, to thee i all resign

do thou direct and govern all and sway
do what thou wilt, command, and i obey
only thy grace, thy love on me bestow
these make me rich, all else will i forego.


Ambil dan trimalah, kebebasanku
Kehendakku, fikiranku, kenanganku
Semua yang kupegang dan kupunya Tuhan
Kau adalah hadiah yang kutrima

Kau berjaya atas semuanya
Utuskanlah dan ku laksanakan
Hanya rahmat-Mu, Kau mencintaiku
Untuk Engkau, kukan mengorbankan

AMDG 
isharmanto


       
  

Saturday, February 3, 2018

FUNGI UNBK 2018

CONTOH SOAL FUNGI ............bukan soalnya sebenarnya materi ini saya posting namun bagaimana memahami jamur sehingga bisa menjawab soal dengan mudah

Kita perhatikan jamur dapat hidup di hutan yang lembab karena mereka .......l.
A . memerlukan sedikit sinar
B . memerlukan tempat yang sejuk
C . tidak membuat sendiri makanannya
D . tidak memerlukan banyak air
E . hidup di tempat yang kering
Kunci : C
Penyelesaian :
sifat jamur adalah heterotrof yaitu tidak dapat membuat makanannya sendiri, jadi
tergantung dari organisme lain atau bahan organik. Hutan kayu akan zat organik sehingga
cocok untuk kehidupan jamur.

\Ciri dan Klasifikasi Jamur
CIRI – CIRI JAMUR
  • Umumnya bersel banyak (multiseluler), bersifat eukariotik (memiliki membran inti sel), tidak memiliki klorofil, sehingga bersifat heterotrof ( tidak mampu membuat makanan sendiri), ada yang bersifat parasit, ada yang bersifat saprofit, dan ada yang bersimbiosis (mutualisme) membentuk lichenes.
  • Dinding sel dari bahan selulose dan ada yang dari bahan kitin. 
  • Tubuh terdiri dari benang – benang halus yang disebut Hifa
  • Struktur hifa yang bercabang membentuk suatu anyaman di sebut dengan Miselium,
  • Rhizoid atau haustorium adalah bagian yang berfungsi menyerap zat – zat organik pada subtrat / medium. 
  • Bagian yang terletak antara kumpulan hifa menggembung menjulang kepermukaan berisi spora dinamakan sporangium . 
  • Jamur yang bersifat parasit memiliki haustorium, yaitu hifa khusus yang langsung menyerap makanan pada sel inangnya.
  • Pencernaannya secara ekstasellulair , Enzim yang ada disekresi ke substrat/ ke lingkungan menyederhanakan kemudian hasil pencernaannya baru diserap, misal batang lapuk pohon yang mengandung sellulosa diurai oleh sellulase menjadi glukosa baru glukosanya diserap OK
  • Cadangan makanannya berbentuk Glikogen / Protein

Reproduksi
  • Reproduksi ada yang secara vegetatif / aseksual dan ada yang secara generatif / seksual. Secara vegetatif dengan spora, tunas, konidia, maupun fragmentasi. 
  • Secara generatif dengan konjugasi membentuk zygospora, askospora, dan basidiospora. 
  • Memiliki keturunan diploid yang singkat (berumur pendek).  
  • Habitat di tempat lembab, mengandung zat organik, sedikit asam, dan kurang cahaya  matahari.

KLASIFIKASI JAMUR

Zygomycota
Zygomycota dikenal sebagai jamur zigospora (bentuk spora berdinding tebal
Ciri-ciri Zygomycota
  • Hifa tidak bersekat dan bersifat koenositik (mempunyai beberapa inti).
  • Dinding sel tersusun dari kitin.
  • Reproduksi aseksual dan seksual
  • Reproduksi vegetatif dengan spora dan sexual dengan Konjugasi membentuk Zygospora .
  • Hifa berfungsi untuk menyerap makanan, yang disebut rhizoid.

Contoh :
  1.  Rhizophus stolonifer, Tumbuh pada roti
  2. Rhizophus oryzae,  Jamur  tempe
  3. Rhizophus nigricans, Menghasilkan asam fumarat
  4. Mucor mucedo, Saprofit pada  kotoran ternak dan makanan

Reproduksi Zygomiyota
Aseksual
  • Ujung hifa membentuk gelembung sporangium yang menghasilkan spora. 
  • Bila spora jatuh di tempat yang cocok akan tumbuh menjadi hifa baru. 
  • Tubuh jamur terdiri dari rhizoid, sporangiofor dengan sporangiumnya, dan stolon. Sporangium menghasilkan spora baru.

Seksual
  • Dua ujung hifa berbeda, yaitu hifa– dan hifa+ bersentuhan. 
  • Kedua ujung hifa menggelembung membentuk gametangium yang terdapat banyak inti haploid. Inti haploid gametangium melebur membentuk zigospora diploid. 
  • Zigospora berkecambah tumbuh menjadi sporangium. 
  • Di dalam sporangium terjadi meiosis dan menghasilkan spora haploid. 
  • Spora haploid keluar, jika jatuh di tempat cocok akan tumbuh menjadi hifa.



Ascomycota


Ciri-ciri Ascomycota
  • Hifa bersekat-sekat dan di tiap sel biasanya berinti satu.
  • Bersel satu atau bersel banyak.
  • Ada yang brsifat parasit, saprofit, dan ada yang bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak.
  • Mempunyai alat pembentuk spora yang disebut askus, yaitu suatu sel yang berupa gelembung atau tabung tempat terbentuknya askospora. Askospora merupakan hasil dari reproduksi generatif.
  • Dinding sel dari zat kitin.
  • Reproduksi seksual dan aseksual.

Contoh:
  • Sacharomyces cereviceae (ragi/khamir), untuk pembuatan roti sehingga roti dapat mengembang, dan mengubah glukosa menjadi alkohol (pada pembuatan tape).

Penicilium
  • Penicillium chrysogenum, untuk pembuatan antibiotik penisilin.
  • Penicillium notatum, untuk pembuatan antibiotik penisilin.
  • Penicillium notatum, untuk menambah cita rasa (pembuatan keju)
  • Penicillium camemberti, untuk menambah cita rasa (pembuatan keju)

Aspergilus
  • Aspergillus wentii, untuk Pembuatan kecap dan Tauco
  • Aspergillus niger, untuk Menghilangkan O2 pada sari buah
  • Aspergillus flavus, menghasilkan racun Aflatoksin yang  menyebabkan kanker hati (hepatitis)
  • Aspergillus fumigatus, penyebab Penyakit paru-paru pada  aves
  • Neurospora sitophilla, untuk pembuatan oncom.
  • Neurospora crassa, untuk pembuatan oncom dan penelitian genetika, karena daur hidup seksualnya hanya sebentar.
  • Candida albicans, bersifat parasit, menyebabkan penyakit pada vagina

Basidiomycota
Sering dikenal dengan jamur gada karena memiliki organ penghasil spora berbentuk gada (basidia)

Ciri-ciri Basidiomycota
  • Hifanya bersekat, mengandung inti haploid.
  • Mempunyai tubuh buah yang bentuknya seperti payung yang terdiri dari bagian batang dan tudung. Pada bagian bawah tudung tampak adanya lembaran-lembaran (bilah) yang merupakan tempat terbentuknya basidium. Tubuh buah disebut basidiokarp.
  • Ada yang brsifat parasit, saprofit, dan ada yang bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak.
  • Reproduksi secara seksual (dengan askospora) dan aseksual (konidia).

Contoh Basidiomycota
  • Volvariela volvacea (jamur merang)
  • Auricularia polytricha (jamur kuping)
  • Pleurotus sp (jamur tiram)
  • Polyporus giganteus (jamur papan)
  • Amanita phaloides hidup pada kotoran ternak dan menghasilkan racun yang mematikan
  • Puccinia graminis (jamur karat) parasit pada tumbuhan graminae (jagung)
  • Ustilago maydis parasit pada tanaman jagung
  • Ganoderma aplanatum (jamur kayu)
  • Jamur Shitake


Deuteromycota
Sering dikenal sebagai fungi imperfecti (jamur yang tak sebenarnya), karena  belum diketahui perkembangbiakannya  secara seksual
Ciri-ciri Deuteromycota
  • Hifa bersekat, tubuh berukuran mikroskopis
  • Bersifat parasit pada ternak dan ada yang hidup saprofit pada sampah
  • Reproduksi aseksual dengan konidium dan seksual belum diketahui.
  • Banyak yang bersifat merusak atau menyebabkan penyakit pada hewan-hewan ternak, manusia, dan tanaman budidaya

Contoh Deuteromycota
  1. Epidermophyton floocosum, menyebabkan kutu air.
  2. Epidermophyton, Microsporum, penyebab penyakit kurap.
  3. Melazasia fur-fur, penyebab panu.
  4. Altenaria Sp. hidup pada tanaman kentang.
  5. Fusarium, hidup pada tanaman tomat.
  6. Trychophyton tonsurans, menimbulkan ketombe di kepala

Sunday, January 14, 2018

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA 2018

Pagi ini saya share informasi soal yang bisa dibandingkan dan dianalisa setiap tahunnya sehingga bisa dipetakan apa yang bakal keluar di ujian Nasional 2018 OK

UNBK BIOLOGI

UN SMA/MA Biologi 2009
UN SMA/MA Biologi 2010
UN SMA/MA Biologi 2011
UN SMA/MA Biologi 2012
UN SMA/MA Biologi 2013

UN SMA/MA Matematika IPA 2009
UN SMA/MA Matematika IPS 2009
UN SMA/MA B.Indonesia 2009
UN SMA/MA B. Inggris 2009
UN SMA/MA Fisika 2009
UN SMA/MA Biologi 2009
UN SMA/MA Kimia 2009
UN SMA/MA Ekonomi 2009
UN SMA/MA Geografi 2009
UN SMA/MA Sosiologi 2009



UN SMA 2010

UN SMA/MA Matematika IPA 2010
UN SMA/MA Matematika IPS 2010
UN SMA/MA B.Indonesia 2010
UN SMA/MA B. Inggris 2010
UN SMA/MA Fisika 2010
UN SMA/MA Biologi 2010
UN SMA/MA Kimia 2010
UN SMA/MA Ekonomi 2010
UN SMA/MA Geografi 2010
UN SMA/MA Sosiologi 2010


UN SMA 2011

UN SMA/MA Matematika IPA 2011
UN SMA/MA Matematika IPS 2011
UN SMA/MA B.Indonesia 2011
UN SMA/MA B. Inggris 2011
UN SMA/MA Fisika 2011
UN SMA/MA Biologi 2011
UN SMA/MA Kimia 2011
UN SMA/MA Ekonomi 2011
UN SMA/MA Geografi 2011
UN SMA/MA Sosiologi 2011


UN SMA 2012

UN SMA/MA Matematika IPA 2012
UN SMA/MA Matematika IPS 2012
UN SMA/MA B.Indonesia 2012
UN SMA/MA B. Inggris 2012
UN SMA/MA Fisika 2012
UN SMA/MA Biologi 2012
UN SMA/MA Kimia 2012
UN SMA/MA Ekonomi 2012
UN SMA/MA Geografi 2012
UN SMA/MA Sosiologi 2012


UN SMA 2013

UN SMA/MA Matematika IPA 2013
UN SMA/MA Matematika IPS 2013
UN SMA/MA B.Indonesia 2013
UN SMA/MA B. Inggris 2013
UN SMA/MA Fisika 2013
UN SMA/MA Biologi 2013
UN SMA/MA Kimia 2013
UN SMA/MA Ekonomi 2013
UN SMA/MA Geografi 2013
UN SMA/MA Sosiologi 2013


UN SMA 2014

UN SMA/MA Matematika IPA 2014
UN SMA/MA Matematika IPS 2014
UN SMA/MA B.Indonesia 2014
UN SMA/MA B. Inggris 2014
UN SMA/MA Fisika 2014
UN SMA/MA Biologi 2014
UN SMA/MA Kimia 2014
UN SMA/MA Ekonomi 2014
UN SMA/MA Geografi 2014
UN SMA/MA Sosiologi 2014


UN SMA 2015

UN SMA/MA Matematika IPA 2015
UN SMA/MA Matematika IPS 2015
UN SMA/MA B.Indonesia 2015
UN SMA/MA B. Inggris 2015
UN SMA/MA Fisika 2015
UN SMA/MA Biologi 2015
UN SMA/MA Kimia 2015
UN SMA/MA Ekonomi 2015
UN SMA/MA Geografi 2015
UN SMA/MA Sosiologi 2015


UN SMA 2016

UN SMA/MA Matematika IPA 2016
UN SMA/MA Matematika IPS 2016
UN SMA/MA B.Indonesia 2016
UN SMA/MA B. Inggris 2016
UN SMA/MA Fisika 2016
UN SMA/MA Biologi 2016
UN SMA/MA Kimia 2016
UN SMA/MA Ekonomi 2016
UN SMA/MA Geografi 2016
UN SMA/MA Sosiologi 2016


UN SMA 2017

UN SMA/MA Matematika IPA 2017
UN SMA/MA Matematika IPS 2017
UN SMA/MA B.Indonesia 2017
UN SMA/MA B. Inggris 2017
UN SMA/MA Fisika 2017
UN SMA/MA Biologi 2017
UN SMA/MA Kimia 2017
UN SMA/MA Ekonomi 2017
UN SMA/MA Geografi 2017
UN SMA/MA Sosiologi 2017



SOAL PROTISTA

Support web ini

BEST ARTIKEL