Monday, November 4, 2019

PREDIKSI TEST KOMPETENSI GURU SERI 1


PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral

6. Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. Spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif

7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual

SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. Penalaran pascakonvensional
B. Penalaran konvensional
C. Penalaran prakonvensional
D. Penalaran interkonvensional

9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. Mengemukakan gagasan
B. Mengaktualisasikan diri
C. Penciptaan hubungan yang baik
D. Menformulasikan tindakan

11. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

12. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. Kesulitan akademis
B. Gangguan simbolik
C. Gangguan non simbolik
D. Gangguan sosial

13. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming

15. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A. Keluarga
B. Sosial
C. Kondisi fisik
D. Intelektual

SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

19. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme

20. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme

21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik

SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL


23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran


24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.


25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan


26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

D. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD


27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan


28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:

A. Metode mengajar yang digunakan guru

B. Karakteristik bahan ajar

C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran


29. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.

3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....

A. Kognitivisme

B. Behaviorisme

C. Konstructivisme

D. Humanisme


30. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.

B. Pemberian tugas yang tersetruktur.

C. Penggunaan metode bervariasi

D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.


31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.


33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….


A. Role Playing


B. Inquiry


C. Problem Solving


D. Picture and Picture


34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:


A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi


B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan


C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran


D. Motivasi belajar siswa


35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:


A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu


B. Membuat media dan alat bantu sederhana


C. Menggunakan media dan alat bantu


D. Merawat media dan alat bantu


36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….


A. Pencapaian standar kompetensi


B. Pencapaian kompetensi dasar.


C. Pencapaian tujuan pembelajaran


D. Pencapaian standar kelulusan


37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:


A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan


B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami


C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa


D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


38. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?


A. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan


B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik


C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan


D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber


39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?


A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut


B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah


C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik


D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.


40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....


A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.


B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.


C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.


D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.


41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....


A. Sharing dengan teman


B. Guru kreatif


C. Pengalaman nyata


D. Menggunakan satu sumber


42. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…


A. Sahih


B. Kebermanfaatan


C. Layak dipelajari


D. Menarik minat


43. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....


A. Kausal


B. Spiral


C. Kronologis


D. inquiri






SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN


44. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.


Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...


A. Tujuan


B. Sasaran didik


C. Ketersediaan


D. Konteks penggunaan


45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…


A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah


B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.


C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.


D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.


46. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..


A. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas


B. Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat


C. Media tradisional dan media berbasis tik


D. Media dua dimensi dan media tiga dimensi


47. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.


Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...


A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.


B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.


C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan


D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media


48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:


A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tik


B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran


C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran


D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan


49. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.






Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:


A. Menampilkan objek yang terlalu besar


B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak


C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.


D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


50. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.


Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:


A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.


B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.


D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.


51. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…


A. Book


B. Forum


C. Blog


D. E-portofolio


52. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).


Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…


A. Program mencari informasi


B. Program desktop publishing


C. Program untuk menjelajahi laman


D. Program penciptaan laman


53. Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...


A. www.gmail.com


B. www.google.com


C. www.hotmail.com


D. www.cari-data.com


54. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).


Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...


A. www.yahoo.com


B. www.gmail.com


C. www.hotmail.com


D. www.cari-data.com


55. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
Microsoft Database
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop Publishing
Microsoft Word


56. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....


A. Microsoft Database


B. Microsoft Spread Sheet


C. Microsoft Power point


D. Microsoft Desktop Publishing


57. Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.


Fitur moodle ini adalah...


A. Quiz


B. Page


C. Lesson


D. Blog


58. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…


A. Penulis konten (content writer)


B. Penata grafis (design grafis)


C. Perancang pembelajaran (course design)


D. Pemrogram komputer (computer programmer).


59. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.


Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…


A. Portofolio


B. Saintifik


C. Penemuan


D. Autentik


60. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .


Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….


A. Portofolio


B. Saintifik


C. Penemuan


D. Autentik


61. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.


Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Discovery Learning


C. Problem Based Learning


D. Inquiry learning


62. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.


Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Inquiry learning


C. Discovery learning


D. Problem based learning


63. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.


Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Problem based learning


C. Discovery learning


D. Inquiry learning


64. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.


Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...


A. Inquiry learning


B. Problem based learning


C. Project based learning


D. Discovery learning


65. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.


Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....


A. Problem solving learning


B. Problem based learning


C. Project based learning


D. Discovery learning


66. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :


1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,


2) Mendesain Perencanaan Proyek,


3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),


4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),


5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),


6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).


Urutan yang benar adalah ....


A. 1-2-3-4-5-6


B. 1-3-2-4-5-6


C. 1-3-2-5-6-4


D. 1-2-3-5-4-6


67. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!


1) Mengorganisasi siswa dalam belajar


2) Orientasi siswa pada masalah


3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok


4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....


A. 1-2-3-4


B. 2-3-1-4


C. 3-2-1-4


D. 2-3-1-4


68. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.


1) Orientasi siswa pada masalah


2) Mengorganisasi siswa dalam belajar


3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok


4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....


A. Discovery learning


B. Project based learning


C. Problem solving learning


D. Problem based learning






SOAL PENILAIAN


69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….


A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru


B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa


C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa


D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa


70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....


A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran


B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran


C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.


D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.


71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….


A. Pencapaian standar kompetensi


B. Pencapaian kompetensi dasar.


C. Pencapaian tujuan pembelajaran


D. Pencapaian standar kelulusan


72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;


A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa


B. Menambah bahan pelajaran baru


C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut


D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut


73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:


A. Pedoman observasi


B. Kuesioner


C. Pedoman wawancara


D. Tes hasil belajar


74. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?


A. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan


B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik


C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan


D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber


75. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:


A. Buku sumber yang digunakan


B. Kurikulum dan silabus


C. Indikator pencapaian kompetensi


D. Kemampuan awal siswa


76. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:


A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur


B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran


C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai


D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi


77. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:


A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan


B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai


C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik


D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester


78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:


A. Nilai batas ambang kompetensi


B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik


C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik


D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah


79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;


A. Mean


B. Modus


C. Median


D. Simpangan baku


80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan


A. Penilaian hasil belajar peserta didik


B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru


C. Penilaian silabus dan RPP


D. Penilaian standar kompetensi lulusan


81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….


A. Objektivitas.


B. Transparan


C. Bermakna


D. Menyeluruh


82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?


A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan


B. Menyampaikan laporan ke atasannya


C. Menyusun rencana tindak lanjut


D. Menyusun laporan hasil pemantauan


83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:


A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda


B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi


C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai


D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….


A. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa


B. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik


C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa


D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


85. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….


A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial


B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa


C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.


D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi


86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....


A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar


B. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya


C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan


D. Merencanakan pengajaran remidi


87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….


A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa


B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa


C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar


D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial


88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....


A. Konstruktivisme


B. Authentic assesment


C. Efektif


D. Kondusif






SOAL PENDEKATAN PENILAIAN


89. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....


A. Penilaian acuan patokan


B. Penilaian acuan norma


C. Penilaian tuntas


D. Penilaian berkelanjutan


90. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.


Pendekatan tes yang dimaksud adalah….


A. Penilaian berkelanjutan


B. Penilaian menyeluruh


C. Penilaian acuan patokan


D. Penilaian acuan norma


91. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.


Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....


A. Penilaian berkelanjutan


B. Penilaian autentik


C. Penilaian acuan patokan


D. Penilaian acuan norma






SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN


92. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…


A. Tujuan penilaian


B. Prinsip penilaian


C. Fungsi penilaian


D. Hasil penilaian


93. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….


A. Prinsip penilaian


B. Tujuan penilaian


C. Fungsi penilaian


D. Bentuk penilaian.


94. Fungsi penilaian yang tepat adalah …


A. Alat meningkatkan prestasi peserta didik


B. Alat untuk menemukan gaya belajar peserta didik


C. Membantu peserta didik memahami materi pembelajaran


D. Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan peserta didik.


95. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:


A. Objektif


B. Adil


C. Kooperatif


D. Terpadu.


96. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:


A. Adil


B. Objektif


C. Valid


D. Sistematis


97. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…


A. Adil


B. Akuntabel


C. Valid


D. Sistematis


98. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…


A. Adil


B. Objektif


C. Valid


D. Sistematis


99. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….


A. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi


B. Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi


C. Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan


D. Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek






SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN


100. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...


A. Fleksibilitas


B. Interaktif


C. Adaptif


D. Kesinambungan


101. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...


A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut


B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial


C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya


D. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa


102. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:


A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda


B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi


C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai


D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


103. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….


A. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa


B. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik


C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa


D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


104. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….


A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial


B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa


C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.


D. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi






SOAL PTK


105. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...


A. Merumuskan masalah


B. Mengidentifikasi masalah


C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan


D. Menyusun proposal penelitian


106. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….


A. Refleksi


B. Observasi


C. Perencanaan


D. Pelaksanaan


107. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….


A. Observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan


B. Refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi


C. Perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi


D. Perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi


108. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?


A. Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?


B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?


C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?


D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?


109. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....


A. Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar


B. Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan


C. Keinginan untuk membantu guru


D. Kepedulian peneliti akan kinerja guru


110. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….


A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja


B. Kegiatan yang direkayasa


C. Perencanaan


D. Upaya empiris dan sistematis


111. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….


A. Pengumpulan data


B. Menganalisis masalah


C. Mencapai tujuan


D. Menentukan ruang lingkup


112. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…


A. Guru


B. Peneliti


C. Guru dan Peneliti


D. Objek Penelitian


113. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….


A. Pelaksanaan tindakan


B. Observasi dan intepretasi


C. Diskusi balikan


D. Analisis data


114. Tujuan PTK adalah…


A. Perbaikan KBM


B. Menyusun teori baru


C. Memperbaiki teori


D. Menyusun generalisasi


115. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…


A. Analisis


B. Refleksi


C. Observasi


D. Diskusi


116. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….


A. Kesimpulan


B. Prosedur penelitian


C. Pendahuluan


D. Metodologi penelitian


117. Persiapan awal dalam PTK adalah…


A. Menyiapkan cara wawancara


B. Membuat analisis kelayakan hipotesis


C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya


D. Menyiapkan fasilitas dan sarana


118. Proposal penelitian dalam PTK adalah….


A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian


B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru


C. Uraian projek penelitian pendidikan


D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK


119. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…


A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan


B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan


C. Persiapan tindakan


D. Observasi dan inperetasi.






SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN


120. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....


A. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran


B. Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.


C. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya


D. Untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.


121. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….


A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik


B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan


C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran


D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu


122. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....


A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran


B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran


D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran


123. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….


A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran


B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis


D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran


124. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...


A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?


B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?


C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?


D. Mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan


125. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…


A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.


B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.


C. Refleksi diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.


D. Refleksi adalah sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.

Friday, October 11, 2019

100 SOAL UNBK KELAS XII YANG POPULAR

1. Pernyataan yang tepat mengenai fungsi hormon pada tumbuhan terdapat pada ....
2. Penggunaan praktis hormon auksin dalam pertanian adalah …. .
a. untuk perkembangan buah tanpa biji
b. dapat menghambat rumput liar
c. merangsang perkembangan buah secara polonasi
d. merangsang perkembangan buah secara fertilisasi
e. mempermudah buah jatuh dari pohon
3. Faktor luar yang menghambat laju pertumbuhan hipokotil dan mempercepat laju pertumbuhan epikotil dalam perkecambahan biji adalah ......
a. temperatur
b. unsur hara
c. kelembaban
d. kadar air
e. cahaya

4. Seorang siswa melakukan percobaan tentang kecepatan pemasakan buah mangga yang sudah tua tetapi masih hijau. Mangga tersebut dimasukkan ke dalam dua buah keranjang. Keranjang pertama dibiarkan terbuka sedangkan yang kedua ditutup dengan kertas. Ternyata mangga yang diletakan pada keranjang kedua lebih cepat matang, karena pengaruh ...........
a. gas etilen
b. asam absisat
c. asam traumalin
d. asam indol-asetat
e. gas hidrogen
5. Batang tanaman yang di stek atau dicangkok agar cepat tumbuh akar diberi hormon ...
a. kaulokalin
b. rhizokalin
c. auksin
d. giberelin
e. sitokinin


6. Perhatikan tabel hasil pengamatan eksperimen pertumbuhan biji kacang hijau.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata pertumbuhan kecambah adalah....
a. 0,09
b. 1,6
c. 1,09
d. 1,2
e. 7,6
7. .Dalam percobaan pertumbuhan tanaman
Variabel bebas dan variabel terikat pada eks-perimen tersebut secara berurutan adalah …. .
a. jumlah tanaman, pemupukan
b. jumlah tanaman, luas lahan
c. luas lahan, pemupukan
d. luas lahan, rata-rata tumbuh pada hari ke 4
e. pemupukan, luas lahan
8. Perhatikan data pertumbuahn kecambah kacang hijau yang diberi perlakukan dengan intensitas cahaya yang berbeda – beda berikut ini

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah ..
a. tidak berpengaruh
b. menghambat
c. mempercepat
d. pada kondisi gelap berpengaruh tetapi pada kondisi terang dan remang-remang tidak berpengaruh
e. data eksperimen tidak dpat digunakan untuk menarik kesimpulan.
9 .Perhatikan perangkat eksperimen berikut :

Peristiwa reaksi enzimatis yang mungkin terjadi dalam tubuh manusia ditunjukkan oleh perangkat ...
a. I dan II
b. I dan III
c. I dan IV
d. II dan III
e. III dan IV
10. Tabel data kelompok praktikum siswa.

Dari data ini siswa menyimpulkan kerja enzim katalase yang terdapat pada ekstrak hati bekerja dengan baik pada suasana.......
a. asam, suhu 370 C
b. asam, suhu 400 C
c. netral, suhu 370 C
d. netral, suhu 400 C
e. basa, suhu 400 C
JAWAB 1. A 2. B 3. E 4. A 5. D 6. C 7. D 8. B 9. C 10 C
11. Hasil percobaan enzim katalase sebagai berikut:
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa …. .
a. pada suhu dan pH rendah enzim aktif
b. enzim bekerja pada pH 7 dan suhu di atas 37oC
c. kerja enzim dipengaruhi oleh pH dan suhu
d. aktivitas enzim dipengaruhi suhu tetapi tidak dipengaruhi pH
e. pH dan suhu kurang berpengaruh pada kerja enzim
12. Perhatikan skema respirasi aerob:

Pada reaksi 1 dihasilkan akseptor elektron sebanyak ........
a. 1 molekul NADH
b. 2 molekul NADH
c. 2 molekul FADH
d. 6 molekul NADH
e. 6 molekul FADH
13. Karbondioksida sebagai produk samping dari respirasi anaerob yang dilakukan oleh ragi Saccharomyces sp berasal dari perubahan ....
a. asam asetat menjadi alkohol
b. asam asetat menjadi asam piruvat
c. asam piruvat menjadi alcohol
d. asam piruvat menjadi asam asetat
e. glukosa menjadi asam piruvat
14. Proses respirasi meliputi :
1. mengubah senyawa C6 menjadi C3
2. menggunakan ko A
3. H+ bereaksi dengan O2
4. mengubah senyawa C2 menjadi C6
5. menggunakan sitokrom
Proses yang terjadi pada transport elektron adalah nomor .... .
a. 1 dan 2
b. 3 dan 5
c. 2 dan 3
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4
15. Pada proses fermentasi alkohol dihasilkan energi 2 ATP Hal ini disebabkan …. .
a. Kekurangan oksigen untuk menghasilkan ATP
b. Asam piruvat yang terbentuk tidak berubah menjadi asetil ko enzim A
c. Fermentasi berhenti saat konsentrasi alcohol di atas 15 %
d. NADH2 dan FADH2 tidak dapat melepaskan ion hydrogen
e. Elektron yang digunakan untuk fermentasi memiliki energi yang rendah
16. Metabolisme terdiri dari katabolisme dan anabolisme. Pernyataan yang tepat mengenai proses Katabolisme dari tahapan , tempat , substrat dan hasil adalah ….

17. Respirasi yanag bersifat aerob berbeda dengan respirasi yang bersifat an aerob dalam beberapa hal. Perbedaan respirasi aerob dan aerob yang benar dalam tabel berikut ini adalah ..

18. Perhatikan skema proses respirasi anaerob yang dilakukan oleh Sacharromyces berikut ini

Yang ditunjuk oleh X, Y dan Z secara urut dalam proses respirasi anaerob adalah ....
a. Glukosa, siklus krebs, etanol
b. Glukosa, glikolisis, etanol
c. Glukosa, etanol, sistem transpor elektron
d. Etanol, glikolisis, siklus krebs
e. Etanol, siklus krebs, glukosa
19. Perhatikan gambar berikut!

Molekul ATP, NADPH2 dan oksigen dalam proses fotosintesis dihasilkan oleh bagian berlabel ......
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
20. Perhatikan gambar percobaan Ingenhouz

Perangkat percobaan ada 5 set, semua perangkat terkena cahaya :
Set 1. ditutup dengan kertas hijau
Set 2 ditutup dengan kertas biru
Set 3 ditutup dengan kertas warna merah
Set 4 ditutup dengan kertas warna kuning
Set 5 tidak ditutup kertas minyak
Glukosa dan O2 paling banyak dihsilkan pada perangkat percobaan set.....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
JAWAB 11 B 12 B 13 C 14 B 15 B 16 A 17 C 18 A 19 D 20 C
21. Perhatikan gambar kloroplas !

Pada peristiwa fotosintesis akan terbentuk amilum dan O2 secara berurutan pada nomor .... .
a. 1 – 2
b. 3 – 5
c. 2 – 3
d. 4 – 5
e. 3 – 4
22. Bagan siklus Calvin fotosintesis

Berdasarkan siklus tersebut, yang berlabel X adalah .......
a. gas oksigen
b. molekul air
c. gas karbondioksida
d. PGAL
e. difosfogliserat
23. Perhatikan skema proses fotosintesis berikut ini

Berdasarkan skema tersebut yang ditandai X, Y dan Z secara urut adalah ...
a. Siklus Calvin, ATP dan NADPH2, Fotosistem
b. Fotosistem, siklus Calvin, ATP dan NADPH2
c. Fotosistem, ATP dan NADPH2, siklus Calvin
d. ATP dan NADPH2, Fotosistem, Siklus Calvin
e. ATP dan NADPH2, siklus Calvin, Fotosistem
24.Perlakuan pada eksperimen sebagai berikut :

1. setelah terkena cahaya ± 3 jam daun tana-man di poles
2. daun dimatikan selnya melalai perebusan
3. dihilangkan klorofilnya pada alkohol mendi-dih
4. dikeringkan ditetesi lugol
Kesimpulan eksperimen tersebut adalah pada proses fotosintesis dibutuhkan …. .
a. cahaya
b. CO2
c. Udara
d. O2
e. air
25. Diagram sebagian molekul DNA

Bagian yang berlabel 2 dan 5 adalah ....
a. gula deoksiribosa
b. gula ribosa
c. asam fosfat
d. basa Nitrogen
e. nukleosida
26. Kombinasi pasangan basa-basa nitrogen yang tidak sesuai di bawah ini adalah ...........
a. Adenin RNAd berpasangan dengan sense Timin DNA
b. Guanin sense DNA berpasangan dengan Cytosin antisense DNA
c. Urasil RNAd berpasangan dengan Timin sense DNA
d. Guanin RNAd berpasangan dengan Cytosin RNAt
e. Cytosin RNAd berpasangan dengan Guanin sense DNA
27. Perhatikan gambar berikut !

Bagan tersebut menggambarkan proses yang berkaitan dengan pembentukan....
a. RNAm
b. RNA r
c. RNAt
d. Ribosom
e. Kromosom
28. Perhatikan skema sepotong DNA
Basa nitrogen sitosin, guanin, adenin dapat ditunjukkan oleh .... .
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 1, 4, dan 5
d. 4, 5, dan 6
e. 2, 3, dan 6
29. Sintesis protein

Pada skema tersebut A, B dan C secara berurutan adalah …. .
a. RNA duta, RNA transfer dan protein
b. DNA, RNA transfer dan polipeptida
c. RNA transfer, RNA duta dan RNA ribosom
d. kodogen, kodon dan antikodon
e. kodogen, RNA ribosom dan asam amino
30.Peran molekul DNA dalam proses sintesis protein adalah ..........
a. membawa kode-kode genetik ke sitoplasma
b. mengangkut asam amino ke organel ribosom
c. merangkai asam amino menjadi molekul polipeptida
d. mencetak RNAduta di dalam nukleus
e. menyusun ribosom sebagai pola cetakan protein
JAWAB 21 E 22 C 23 C 24 A 25 A 26 C 27 C 28 B 29 B 30 D
31. Perhatikan gambar sepotong molekul DNA dan Tabel Kodon dengan translasinya
Protein yang disintesis di dalam ribosom oleh sepotong molekul DNA di atas memiliki rangkaian
asam amino
a. A – B – C – D – E
b. B – A – D – E – C
c. C – D – A – E – B
d. B – C – A – D – B
e. D – B – A – C – D
32.Perhatikan gambar fragmen DNA berikut ini
Pernyataan yang benar dalam proses sitesis protein adalah ....
33. Perhatikan gambar reproduksi sel berikut !

Gambar di atas secara berurutan adalah .... .
a. telofase , anafase, profase
b. metafase, anafase, telofase
c. profase 1, metafase 1, telofase 1
d. profase 2, metafase 1, telofase 2
e. profase 1, metafase 1, anafase 1
35. Perhatikan gambar sel sedang membelah berikut ini

Gambar nomor 1 dan nomor 2 secara berurutan menunjukkan fase …
a. profase 1 dan anafase 1
b. profase 1 dan telofase 1
c. profase 1 dan telofase 2
d. profase 2 dan anafase 1
e. profase 2 dan telofase 2
36. Peran molekul DNA dalam proses sintesis protein adalah ..........
a. membawa kode-kode genetik ke sitoplasma
b. mengangkut asam amino ke organel ribosom
c. merangkai asam amino menjadi molekul polipeptida
d. mencetak RNAduta di dalam nukleus
e. menyusun ribosom sebagai pola cetakan protein
37. Fase-fase pembelahan sel secara mitosis.

Secara berurutan tahap profase, metafase, anafase dan telofase adalah ....
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 2 – 1 – 4 – 3
c. 3 – 4 – 2 – 1
d. 4 – 1 – 2 – 3
e. 5 – 4 – 2 – 3
38. Hasil meiosis II dalam gametogenesis manusia adalah ........
a. spermatid dan ootid haploid
b. spermatosit dan oosit sekunder
c. spermatosit dan polosit primer
d. spermatozoa dan ovum diploid
e. spermatosit sekunder dan ootid
39. Perhatikan diagram siklus sel !

Pada subfase G1 interfase terjadi peristiwa .......
a. replikasi molekul DNA
b. kromosom menduplikasi menjadi kromatida
c. pembelahan organel-organel sel
d. selaput nukleus dan nukleolus lenyap
e. kromatida berjajar pada bidang ekuator
40. Berdasarkan pengamatan terhadap diagram

spermatogenesis, nomor I, III dan IV
berturut-turut adalah ......
a. spermatogonia, spermatosit sekunder dan spermatid
b. spermatid, spermatogonia dan spermatosit primer
c. spermatosit primer, spermatosit sekunder dan spermatid
d. spermatogonia, spermatosit sekunder, spermatosit primer
e. spermatid, spermatosit sekunder dan spermatogonia
JAWAB 31 D 32 D 33 C 34 X 35 C 36 D 37 E 38 A 39 C 40 A
41. Perhatikan gambar beberapa fase pembiakan mitosis !

Yang menunjukkan fase profase, anafase dan metafase secara berurutan adalah …
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 2
c. 2, 1, dan 3
d. 3, 2, dan 1
e. 3, 1, dan 2
42. Amati gambar di bawah !

Terjadi peristiwa reduksi ditunjukkan oleh gambar bernomor … dan fase ….
a. 1, profase I
b. 2, matafase II
c. 3, anafase I
d. 4, profase II
e. 5, orifase II
43.Pernyataan berikut ada hubungannya dengan pembelahan sel :
1. terjadi pada sel tubuh
2. jumlah kromosom sel anak separuh dari selinduk
3. jumlah kromosom anak sama dengan kromosominduk
4. terjadi dalam pembentukan sel kelamin
5. pembelahan berlangsung 2 kali
Ciri khas mitosis adalah …
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
e. 3 dan 5
44. Persilangan antara kacang ercis berbiji kuning bentuk bulat (AaBb) dengan ercis berbiji hijau bentuk bulat (aaBb). Dari persilangan tersebut akan dihasilkan tanaman .... .
a. kuning bulat 100 %
b. hijau bulat 100 %
c. kuning bulat : hijau bulat = 75 % : 25 %
d. kuning bulat : hijau bulat = 50 % : 50 %
e. kuning bulat : hijau bulat = 25 % : 75 %
45.Dalam sebuah persilangan dihibrid pada ayam berjengger rose (RRpp) dengan ayam berjengger pea (rrPP) akan diperoleh turunan …. .
a. Pea 100%
b. Walnut 100%
c. Rose 100%
d. Rose 50 %
e. Pea 50 %
46.Seorang ibu hamil memiliki golongan darah A heterozigot pembawa sifat hemofilia. Jika suaminya bergolongan darah B heterozigot dan normal. Berapakah kemungkinan anak laki-laki yang lahir dengan golongan darah O dan hemofilia?
a. 50%
b. 6,5%
c. 25%
d. 2,125%
e. 12,5%
47.Pada tanaman semangka bentuk buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan warna kulit buah hijau (H) dominan terhadap kulit buah bergaris-garis. Tanaman semangka bentuk buah bulat warna hijau heterozigot (BbHh) melakukan penyerbukan sendiri dan menghasilkan keturunan sebanyak 320 batang. Berapa batang keturunan yang berfenotip bentuk buah bulat kulit bergaris-garis?
a. 20
b. 40
c. 60
d. 120
e. 180
48.Pada ercis (Pisum sativum) bentuk biji bulat (B) dominan terhadap bentuk biji kisut (b) sedangkan
bunga warna ungu (M) dominan terhadap bunga putih (m). Tanaman ercis
bentuk biji bulat ungu (BbMm) yang melakukan penyerbukan sendiri
menghasilkan 80 batang keturunan. Berapa batang keturunan diharapkan
yang bentuk biji bulat bunga warna putih ?
a. 60
b. 45
c. 30
d. 15
e. 5
49.Pada tanaman air Linaria maroccana :
Gen A = membentuk antosianin dominan terhadap gen a= tidak membentuk
Antosianin Gen B = bereaksi basa (ungu) dominan terhadap gen b = bereaksi
asam (merah)Tanaman berbunga ungu (AaBb) disilangkan dengan tanaman
bunga merah (Aabb). Ratio fenotip keturunannya adalah .........
a. ungu : merah = 3 : 1
b. ungu : merah : putih = 4 : 2 : 2
c. ungu : merah : Putih = 9 : 3 : 4
d. ungu : putih = 9 : 7
e. ungu : merah : putih : 3 : 2 : 3
50.Pada gandum faktor (H) hitam dominan terhadap (h) putih sedangkan faktor (K) kuning dominan terhadap (k) putih. Faktor (H) hitam dominan terhadap (K) kuning.
Jika gandum hitam (HhKk) disilang dengan gandum kuning (hhKk) maka rasio fenotip keturunan hitam, kuning dan putih adalah ....
a. 12 : 3 : 1
b. 9 : 3 : 4
c. 6 : 1 : 1
d. 4 : 3 : 1
e. 4 : 2 : 2
JAWAB 41 D 42 C 43 B 44 C 45 B 46 E 47 C 48 D 49 E 50 D
51.Perhatikan peta silsilah (pedigree) berikut !
Genotip Parental A dan B adalah ......
a. X* Y dan X X
b. X Y dan X* X
c. X* Y dan X* X
d. X* Y dan X* X*
e. X Y dan X* X*
52.Perhatikan diagram mutasi gen berikut!
Jenis mutasi yang terjadi disebut ......
a. insersi
b. inversi
c. transversi
d. transisi
e. deaminasi
53. Seorang wanita yang bekerja di Badan Tenaga Atom, diindikasikan mengalami radiasi pada organ reproduksinya sehingga terjadi peristiwa gagal berpisah pada sel gametnya. Ternyata melahirkan anak Sindrom Klinefelter, hal ini disebabkan oleh ..
a. Non-disjunction XX pada waktu oogenesis
b. Adanya kelebihan autosom no.21
c. Adanya 45 kromosom
d. Adanya pindah silang
e. Kromosomnya 2n – 1
54. Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi kromosom seks (44 A + X0) pada manu-
sia adalah kelainan fisik yang disebut ......
a. Sindrom Klinefelter
b. Sindrom Turner
c. Sindrom Down
d. Sindrom Patau
e. Sindrom Imbisil
55. Perhatikan diagram mutasi gen berikut Jenis mutasi yang terjadi disebut ......
A. insersi
B. inversi
C. transversi
D. transisi
E. deaminasi
56. Seorang wanita yang bekerja di Badan Tenaga Atom, diindikasikan mengalami radiasi pada organ reproduksinya sehingga terjadi peristiwa gagal berpisah pada sel gametnya. Ternyata melahirkan anak Sindrom Klinefelter, hal ini disebabkan oleh ..
A. Non-disjunction XX pada waktu oogenesis
B. Adanya kelebihan autosom no.21
C. Adanya 45 kromosom
D. Adanya pindah silang
E. Kromosomnya 2n – 1
57. Salah satu akibat adanya mutasi kromosom monosomi kromosom seks (44 A + X0) pada manusia adalah kelainan fisik yang disebut .
A. Sindrom Klinefelter
B. Sindrom Turner
C. Sindrom Down
D. Sindrom Patau
E. Sindrom Imbisil
58. Perhatikan skema mutasi berikut.

Perubahan yang terjadi pada kromosom tersebut :
A.
Translokasi B. Inversi
C. Duplikasi
D.
Katenasi E. Delesi
59. Bila dalam tubuh suatu individu terjadi mutasi gen, Bagaimanakah jumlah kromosom pada individu tersebut?
A. Tetap

B. bertambah

C. bervariasi

D. berlipat ganda

E. berkurang

60. .Perhatikan skema berikut!

Pada skema mutasi tersebut, yang terjadi secara berurutan adalah peristiwa mutasi …. .
A. gen karena adanya inversi dan insersi
B. gen karena adanya insersi dan inversi
C. kromosom karena adanya insersi dan inversi
D. kromosom karena adanya delesi dan duplikasi
E. kromosom karena adanya defisiensi dan delesi
JAWAB 51 X 52 X 53 A 54 B 55 C 56 B 57 B 58 A 59 A 60 D

61.Diketahui silsilah sebuah populasi 64 % orang dapat merasakan pahitnya kertas PTC (dominan). Maka kemungkinan jumlah ratio genotip orang yang perase PTC yang heterezigot adalah ....
A. 6 %
B. 36 %
C. 16 %
D. 48 %
E. 24 %
62. Di suatu kota yang berpenduduk 1 juta orang terdapat 9 % laki – laki buta warna. Maka jumlah perempuan yang menderita buta warna adalah ….
A. 9.000 orang
B. 9.100 orang
C. 8.281 orang
D. 8.100 orang
E. 300.000 orang
63. Di suatu kecamatan yang berpenduduk 90.000 jiwa menurut sensus penduduk terdapat penderita secle sel 3.600 jiwa, persentase penduduk yang karir secle cel berjumlah …. .
A. 4%
B. 32%
C. 6%
D. 36%
E. 16%
64. Pada masyarakat sebuah pulau terpencil terdapat 4 % laki-laki butawarna. Butawarna dikendalikan oleh gen resesif terpaut X. Berapa prosentase wanita carier dalam masyarakat tersebut?
A. 96 %
B. 92,16 %
C. 19,2 %
D. 16,24 %
E. 7, 68 %
65. Pada suatu populasi diketahui terdapat 0,04% orang yang albino. Bila populasi itu terdiri dari 5000 orang, makan orang-orang yang normal terdiri dari …. .
A. 20 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
B. 98 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
C. 194 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
D. 196 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
E. 198 orang normal heterozygote dan 4802 orang normal homozygote
66. Diketahui frekuensi wanita buta warna adalah 100 dari setiap 10.000 orang. Adapun banyaknya wanita normal heterozigot dalam populasi tersebut adalah …

A. 8.100
B. 100 orang

C. 9.900 orang
D. 1.800 orang
E. 1 orang
67. Bila pada populasi manusia ada 9 orang mengalami gangguan mental untuk setiap 10.000 populasi penduduk. Maka jumlah populasi manusia yang heterozigot normal tiap 10.000 penduduk adalah ........
A. 582 orang
B. 291 orang
C. 109 orang
D. 91 orang
E. 9 orang


68. Disuatu pulau yang dihuni oleh 3000 orang penduduk terdapat 2730 orang yang berhesus positif.Gen rhesus positif (Rh) dominan terhadap gen rhesus negatif (rh).

Berapa orang dalam pulau tersebut yang berhesus positif genotip heterozigot ?.......
A. 1740 orang
B. 1530 orang
C. 1470 orang
D. 1260 orang
E. 270 orang

69. Rangkaian percobaan Spallanzani dan Louis Pasteur
Keterangan:
Labu I terbuka dan tidak dipanaskan
Labu II terbuka dan dipanaskan
Labu III tertutup dan dipanaskan
Labu IV terbuka dan dipanaskan
Pada hari pertama kaldu di dalam labu semua-nya jernih. Setelah 3 hari, hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa pada labu
A. I dan II tetap jernih
B. I dan III tetap jernih
C. II dan III tetap jernih
D. II dan IV tetap jernih
E. III dan IV tetap jernih
JAWAB 61 D 62 D 63 B 64 E 65 E 66 D 67 A 68 D 69 E 70 A
70. Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......
A. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi
B. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata
C. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup
D. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi
E. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni
71. Teori tentang asal usul kehidupan yang dapat dibuktikan secara eksperimental adalah teori .....
A. generatio spontanea
B. kosmozoan
C. evolusi biologi
D. evolusi kima
E. kreasi khas
72. Omne ovum ex vivo dikemukakan oleh
A. Aristoteles
B. Fransisco redi
C. Lazaro spalanzani
D. Louis pasteur
E. Harold urey

73. Perhatikan gambar percobaan Fransisco Redi berikut dengan sekerat daging di dalamnya.

Keterangan : I ditutup rapat
II ditutup kain kasa
III terbuka
Hasil percobaan dalam beberapa hari pada tabung …. .
A. I terdapat belatung, tabung II tidak ada belatung
B. I tidak terdapat belatung, tabung II ada belatung
C. I terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
D. II tidak terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
E. II terdapat belatung, tabung III tidak banyak belatung
74. Gambar berbagai macam bagan percobaan konsep tentang hidup.
Bagan percobaan manakah yang menentang teori biogenesis ....

A. I
B. II
C. IV
D. II dan III
E. III dan IV
75.Perhatikan rangkaian eksperimen Stanley Miller berikut ini
Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat mengungkap proses pembentukan maklhuk hidup karena ....
A. Dihasilkan molekul organik dari reaksi kimia zat anorganik purba
B. Terjadi penggabungan molekul-molekul organik menjadi calon sel
C. Dihasilkan calon sel seperti tubuh virus
D. Dihasilkan sel sederhana (sel prokariotik) dari molekul organik yang terbentuk
E. Dihasilkan sel hidup dari reaksi kimia zat anorganik purba

76. Perhatikan gambar bukti evolusi !
Salah satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio.
Bila melihat perkemba-ngan mulai dari sederhana ke kompleks dikenal dengan istilah ….
A. analogi
B. filogeni
C. homologi
D. radiasi adaptif
E. ontogeny
77. Salah satu bukti tentang adanya evolusi organisme adalah petunjuk-petunjuk Palaeontologi, yaitu berupa .......
A. fosil-fosil yang diketemukan pada berbagai lapisan bumi
B. persamaan perkembangan embrio pada berbagai vertebrata
C. homologi alat-alat tubuh pada berbagai makhluk hidup
D. adanya alat-alat tubuh yang tersisa yang tidak digunakan lagi
E. ontogeni suatu organisme merupakan rekapitulasi dari filogeni
3. Perhatikan gambar alat-alat gerak pada hewan di bawah ini.
Berdasarkan gambar di atas yang merupakan homologi alat-alat tubuh adalah nomor
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
78. Organ yang digunakan akan berkembang sesuai dengan fungsi sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran. Merupakan teori evolusi yang dikemukakan oleh …. .
A. Darwin
B. Weismann
C. Lamarck
D. Charles Lyell
E. Buffon
79. Peristiwa dimana dua makhluk hidup atau lebih menghuni tempat hidup yang sama, mempunyai asal usul yang berbeda dan mempunyai persamaan struktur tertentu disebut …
A. Adaptasi fisiologi
B. Adaptasi divergen
C. Adaptasi morfologi
D. Adaptasi behavior
E. Adaptasi konvergen

80. Alat-alat tubuh pada hewan dibawah ini bersifat homolog, kecuali …
A. Sirip paus, tungkai depan katak, tangan manusia

B. Sirip paus, tangan manusia, tungkai depan kadal

C. Tungkai depan katak, selaput terbang kalong, sirip ikan paus

D. Sayap burung, selaput terbang kalong, tangan manusia

E. Tungkai depan kucing, selaput terbang cecak, sayap burung

81. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah ......
A. rambut pada dada
B. tulang telapak tangan
C. umbai cacing (usus buntu)
D. gigi taring yang runcing
E. otot-otot (penggerak) telinga

82. Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan leher jerapah.
1. Jerapah berleher panjang berasal dari induk jerapah berleher pendek.
2. Pada masa lampau terdapat jerapah berleher panjang maupun berleher pendek.
3. Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan.
4. Jerapah berleher pendek mati, sedangkan berleher panjang tetap lestari hidup.
Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4.
83. Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat mengungkap proses pembentukan maklhuk hidup karena ....
a. Dihasilkan molekul organik dari reaksi kimia zat anorganik purbab. Terjadi penggabungan molekul-molekul organik menjadi calon selc. Dihasilkan calon sel seperti tubuh virusd. Dihasilkan sel sederhana (sel prokariotik) dari molekul organik yang terbentuk e. Dihasilkan sel hidup dari reaksi kimia zat anorganik purba
84. Aplikasi pengetahuan tentang mutasi adalah untuk mendapatkan tanaman atau hewan jenis unggul. Pada hewan misalnya adalah … .
A. Ayam kalkun
B. Sapi Madura
C. Kambing kacang
D. Domba Doli
E. Lele Dumbo
85. Bakteri hasil rekayasa genetika bila terlepas dari laboratorium dan masuk ke dalam lingkungan di khawatirkan oleh para ahli akan dapat menyebabkan .................
A. membunuh bakteri lain yang bermanfaat
B. pembusukan sampah organik menjadi lambat
C. munculnya penyakit baru yang sulit diobati
D. semua bakteri menjadi resisten terhadap antibiotika
E. hama tanaman berkembang sangat pesat
86. Penggunaan bakteri Bacillus thuringensis (Bt) dalam rekayasa tumbuhan bertujuan untuk mempe roleh tumbuhan yang ......
A. menghasilkan asam amino yang lengkap
B. menghasilkan pestisida pembunuh hama
C. mampu memupuk dirinya sendiri
D. menguraikan senyawa yang bersifat racun
E. proses fotosintesisnya berjalan sangat cepat
87. Teknik Pada Kultur jaringan dilandaskan pada sifat
A. deferensiasi
B. regenerasi
C. totipotensi
D. bioremediasi
E. transplantasi
88.Implikasi bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan munculnya berbagai organisme unggul atau transgenic yang begitu cepat. , namun dipastikan akan muncul dampak negatif yang mungkin timbul adalah
A. kerusakan ekosistem
B. erosi plasma nutfah
C. organisme resisten terhadap penyakit
D. hilangnya daya dukung lingkungan
E. biaya rehabilitasi hutan meningkat
89. Pernyataan yang tepat mengenai bahan produk organisme dalam bioteknologi konvensional yang tepat adalah … .
Bahan Produk Organisme
A. Limposit -Antibodi monokloral - Bakteri
B. Gen insulin - Interferon - Bakteri transgenik
C. Kedelai - Kecap - Aspergillus wentii
D. Ampas tahu - Brem - Neurospora sitophila
E. Susu - mentega - Lactobacillus bulgaricus
90. Berikut ini tahapan-tahapan pada rekayasa genetika.
1. plasmid diinjeksi ke vektor bakteri
2. penyambungan gen insulin ke plasmid
3. pembiakan bakteri penghasil insulin
4. pemotongan gen penghasil insulin dari kromosom dengan endonuklease restriksi
5. Pengambilan plasmid bakteri dan sel pancreas

Berdasarkan tahapan di atas, urutan tahapan rekayasa genetika yang benar adalah … .
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 5 – 3 – 1 – 2 – 4
C. 2 – 4 – 5 – 3 – 1
D. 5 – 4 – 2 – 1 – 3
E. 4 – 2 – 3 – 1 – 5
91. Pemanfaatan aplikasi bioteknologi untuk pemenuhan kebutuhan pangan sudah mulai beralih ke pemanfaatan PST (Protein Sel Tunggal) karena memiliki kelebihan kecuali ........
A. nilai ekonomi tinggi
B. sumber energinya cukup banyak
C. kadar protein tinggi ±80%
D. media pembiakannya selulosa, methanol atau minyak bumi
E. semua orang bisa melakukannya
92. Perhatikan Bioteknologi modern ini

Bioteknologi di atas adalah ........
A. Hibridoma
B. Kloning
C. Teknik Plasmid
D. Kultur jaringan
E. Transplantasi nucleus
93. Pemanfaatan Sifat totipotensi pada tumbuhan untuk memperoleh
A. anakan yang sifatnya lebih baik dari induknya
B. anakan yang akan diperlukan untuk hibridisasi
C. anakan yang unggul dalam jumlah besar dan cepat
D. bibit unggul yang bergizi tinggi
E. anakan yang seragam dalam jumlah besar
94. Pasangan yang tepat antara mikro organisme dengan produk bioteknologi adalah
A. Sacharomyces cerevisae - tempe
B. Spirulina maxima - Kecap
C. Chlorella - SCP/ PST
D. Rhizopus oryzae - Oncom
E. Bacillus thuringiensis - Pemisah logam
95. Kapas Transgenik yang dikembangkan di sulawesi memanfaaatkan mikroorganisme
A. Thiobacillus ferooksidan
B. Bacillus thuringiensis
C. Acetobacter xylinum
D. Nitrobacter
E. Rhizobium leguminosorum
96.Bakteri yang digunakan untuk membuata tanaman tahan terhadap antibiotik adalah
A. Bacillus thuringiensis
B. Pseudomonas denitrifikans
C. Agrobacterium tumefaciens
D. Monilia sithophylla
E. Bacillus subtillis
97. Proses pembentukan organisme baru, yang secara alamiah tidak mungkin terjadi di alam dapat diperoleh dengan cara teknik rekayasa genetika. Teknik rekayasa genetika didukung/ditunjang oleh adanya hal-hal berikut, kecuali ........
A. ditemukan enzim endonuklease restriksi
B. adanya sel yang mampu berfusi
C. adanya teknik fermentasi
D. ditemukan enzim ligase
E. ditemukannya plasmid
98. Untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar yang digunakan untuk pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara .....
A. teknologi hibridoma
B. teknologi plasmid
C. transplantasi gen
D. transplantasi nukleus
E. totipotensi jaringan
99. Makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan transgenik diberi label GMO (genetically modified organisms) agar konsumen bebas untuk memilihnya. Sebab makanan tersebut ..........
A. kadar protein yang terkandung sangat rendah
B. menyebabkan alergi pada orang tertentu
C. menghambat pertumbuhan pada balita
D. mudah terkontaminasi bakteri-bakteri patogen
E. mengandung racun yang dapat menyebabkan mutasi gen
100.Interferon yang merupakan senyawa yang mampu mengobati beberapa penyakit kanker dapat diproduksi secara rekayasa genetika melalui teknik ….
A. Kloning
B. Transplantasi gen
C. Plasmid e.
D. Transfer enzim
E. Hibridoma

Support web ini

BEST ARTIKEL