Sunday, September 6, 2009

SOAL KLASIFIKASI

Saya Postingkan Soal Klasifikasi ini sebagai latihan karena sering di buku buku hanya sedikit soal latihannya. Silahkan untuk latihan secara teliti dan ditandai kecenderungan polanya karena materi ini bener bener hanya hafalan OK

SOAL

1. Ilmu pengelompokkan makhluk hidup adalah...
A. taksonomi
B. sistematika
C. klasifikasi
D. morfologi
E. fisiologi

2. Berdasarkan system tata nama ganda (Binomial nomenclature) , cara penulisan yang benar untuk nama jenis tanaman pada gambar ini adalah  …………………………


A. Cocos nucifera
B. Cocos Nucufera
C. cocos Nucifera
D. cocos nucifera
E. COCOS NUCIFERA


3. Untuk tingkatan takson yang tertinggi sampai terendah adalah ………………
A. kingdom - phylum/division - classis - ordo - genus - familia – spesies
B. kingdom - phylum/division - classis - ordo - familia - genus - spesies
C. kingdom - phylum/division - classis - ordo - spesies - genus – familia
D. kingdom - kelas - filum/division - ordo - famili - genus - spesies
E. kingdom - ordo - kelas - filum/division - genus - famili - spesies

4. Seorang siswa menentukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut : batang pendek di dalam tanah berupa rizoma, berakar serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut termasuk ke dalam divisio
A. Alga
B. Bryophyta
C. Pteridophyta
D. Gymnospermae
E. Fungi

5. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk …………………..
A. menyederhanakan obyek studi
B. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
D. menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan sifat antara makhluk hidup

6. Zea mays adalah nama ilmiah tanaman yang terlihat pada gambar


Kata Zea pada nama ilmiah tersebut menunjukkan …………….
A. familia
B. kelas
C. bangsa
D. genus
E. spesies

7. Berdasarkan sistem klasifikasi lima kingdom


Organisme ini dikelompokkan kedalam kingdom  ……………..
A. Animalia
B. Plantae
C. Fungi
D. Protista
E. Monera

8. Pernyataan berikut yang benar mengenai Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (bawang putih) adalah ……………..
A. jenis sama, marga sama
B. marga sama, suku berbeda
C. marga sama, jenis berbeda
D. jenis sama, marga berbeda
E. suku berbeda, jenis sama

9. Di bawah ini yang menunjukkan nama suku adalah ………………
A. Rubiaceae
B. Rubiales
C. Myrtales
D. Hibiscus
E. Hibiscus rosasinensis

10. Manakah tanaman berikut berkerabat dekat dengan tanaman ini …………….


A. jagung
B. padi
C. kedelai
D. kentang
E. ketela pohon

11. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh …………………….
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Robeert Hooke
E. Robeert H. Wittaker


12. Keuntungan nama ilmiah adalah …………………………
A. dikenal oleh ilmuwan lain
B. digunakan untuk beberapa jenis organisme
C. terdiri dari banyak nama ilmiah untuk satu jenis organisme
D. dikenal oleh ilmuwan biologi seluruh dunia
E. menggunakan bahasa Inggris

13. Orang pertama yang memperkenalkan sistem nama ganda adalah …………..


A. Carolus Linnaeus
B. Aristoteles
C. Charles Darwin
D. Gregor Mendel
E. Antoni Van Leuwenhoek

14. Perhatikan gambar dibawah ini

Organisme pada gambar dikelompokkan pada kelas berbeda, tetapi mempunyai persamaan yaitu …
A. poikiloterm
B. vivipar
C. ovovivipar
D. homototerm
E. eksoskeleton

15. Berikut adalah nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang tterdapat disekitar kita :
  1. Curcuma domestica
  2. Musa texstilis
  3. Musa paradisiaca
  4. Felix domestica
Berdasarkan nama ilmiahnya, manakah yang paling dekat kekerabatannya ?
A. 1dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4

16. Pernyataan tentang pengelompokkan makhluk hidup.
  1. memudahkan pengenalan
  2. memudahkan penyimpanan
  3. membuat lebih teratur dan rapi
  4. Memudahkan pencarian
  5. Membuat beragam bentuk baru
Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….
a. 1 - 3 - 5
b. 2 - 4 - 5
c. 1 - 3 - 4
d. 2 - 3 - 5
e. 1 - 2 - 3

17.Manakah yang bukan merupakan tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup, kecuali ….
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup agar mudah di amati
b. Mengetahui hubungan perkerabatan antar makhluk hidup
c. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki
d. Mengurutkan proses perkembangan individu berdasarkan hubungan perkerabatan
e. Merubah susunan tubuh hewan berdasarkan urutannya

18. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup dengan lihat persamaan sejarah
evolusi makhluk hidup adalah …
a. sistem klasifikasi fillogeni
b. sistem klasifikasi buatan
c. sistem klasifikasi alami
d. sistem klasifikasi natural
e. sistem klasifikasi artifisial

19.Pernyataan yang tepat untuk sistem klasifikasi buatan adalah …
a. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang dikembangkan oleh Charles Darwin
b. Sistem pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah asal usulnya
c. Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup dengan melihat hubungan perkerabatannya
d. Sitem pengelompokkan makhluk hidup dengan mengutamakan ciri yang mudah diamati baik dari dalam maupun dari luar
e. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang mengutamakan tujuan praktis, dan cara yang sederhana

20. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu, dan herba.
Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi …
a. Buatan oleh Charles Darwin
b. Alami oleh carolus linnaeus
c. Filogeni oleh charles darwin
d. Buatan oleh Aristoteles
e. Alami dan filogeni

21. Nangka, sukun, cempedak adalah kelompok tanaman yang buahnya berduri, daun berukuran besar, dan memiliki bunga jantan dan betina. Cara pengelompokkan tersebut didasarkan pada sistem klasifikasi ...
a. klasifikasi sistem sistem natural
b. Sistem klasifikasi sistem buatan
c. Sistem klasifikasi sistem alami
d. Sistem klasifikasi sistem filigeni
e. Sistem klasifikasi sistem taksonomi

22. Kelompok-kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup disebut …
a. taksonomi
b. takson
c. klasifikasi
d. identifikasi
e. determinasi

23. Alasan penggunaan bahasa latin dalam penamaan makhluk hidup (Nomenklatur binomial) adalah .
a. Bahasa latin bersifat universal
b. Hanya ada satu nama untuk beberapa makhluk hidup
c. Bahasa latin adalah bahasa yang berkembang
d. Negara latin merupakan tempat lahirnya para ilmuwan
e. Bahasa latin merupakan bahasa international

24. Nama ilmiah dari kucing hutan adalah …
a. Felix catus
b. Felix domestica
c. Felix tigris
d. felix leo
e. felix felixa

25. . Penulisan nama ilmiah sesuai aturan Nomenklatur binomial dari tanaman kembang sepatu adalah


a. Hibiscus-rosa sinensis
b. Hibiscus Rosa Sinensis
c. Hibiscus rosa-sinensis
d. hibiscus Rosa-sinensis
e. Hibiscus rosa-Sinensis

26. Nama ilmiah seperti: Zalaca edulis (salak), Tapirus indicus (tapir) dan Anoa depresicornis (anoa), merupakan salah satu syarat nomenklatur binomial jenis …
a. Nama ilmiah harus terdiri atas 2 suku kata
b. Nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
c. Kata pertama menunjukkan keterangan dari kata kedua
d. Kata pertama menunjukkan genus dari species tersebut
e. Singkatan dibelakang nama ilmiah menunjukkan takson genus

27. Nama ilmiah dari tanaman seperti gambar dibawah ini adalah …


a. Cana edulis
b. Canabis sativus
c. Manihot utilisima
d. Oryza sativa
e. Zea mays

28. Kelompok makhluk hidup dibawah ini yang memiliki hubungan perkerabatan yang dekat adalah …
1. Oryza sativa (padi)
2. Phaseolus vulgaris (buncis)
3. Beta vulgaris (gula Biet)
4. Phaseolus radiatus (Kacang hijau)
5. Kanabis sativa (ganja)

a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4

29. Pada sistem klasifikasi filogeni, dua makhluk hidup yang berbeda dan dikelompokkan pada tingkat takson yang semakin tinggi akan memiliki …
a. Persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
b. Persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
c. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup makin jauh
d. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup semakin dekat
e. Antar makhluk hidup tidak saling memiliki hubungan perkerabatan

30. Dasar dari terbentuknya sistem klasifikasi tiga kingdom adalah ...
a. diketemukannya organisme jamur
b. ditemukannya mikroskop sederhana oleh anthoni van leuwenhoek
c. ditemukannya organisme uniseluler yang disebut protista
d. ditemukannya organisme prokariotik
e. ditemukannya jenis tumbuhan baru


TRY AGAIN AGAR LANCAR

1.    Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
A.      Kingdom animalia                                   
B.      Kingdom monera
C.      Kingdom protista                                            
D.      Kingdom fungi
E.       Kingdom plantae

2.    Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya menjadi ….
A.      empat kelompok yang lebih kecil
B.      dua kelompok yang lebih kecil
C.      tiga kelompok yang lebih kecil
D.      tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
E.       dua atau lebih kelompok yang lebih kecil

3.   Tingkatan takson hewan yang terbesar anggotanya adalah ….
A.      Phyllum
B.      Species
C.      Divisio
D.      Genus
E.       Familia

4.    Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan kingdom ….
A.      fungi, animalia, dan plantae
B.      fungi dan animalia
C.      virus dan monera
D.      plantae dan animalia
E.       fungi, monera, dan plantae

5.    Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ….
A.      species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
B.      species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
C.      species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
D.      classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
E.       classis-phyllum-familia-ordo-genus-species

6.    Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ….
A.      classis
B.      ordo
C.      familia
D.      genus
E.       species

7.    Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ….
A.             bawang putih (Allium sativum)
B.             nanas (Ananas sativus)
C.             mentimun (Cucumis comosus)
D.             kedelai (Soja max)
E.              semangka (Citrullus vulgaris)

8.    Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ….
A.      Divisio
B.      Familia
C.      Classis
D.      Genus
E.       Ordo

9.         Kata indica dari Mangifera indica, yang terlihat pada gambar sebagai ….


A.      species 
B.      familia
C.      ordo 
D.      epitheton specificum
E.       genus

10. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ….
A.      alami
B.      konvergen
C.      buatan
D.      divergen
E.       filogenik

11. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari ciri khasnya, terdapat pada ….
A.      susunan akarnya
B.      susunan anatomi batangnya
C.      morfologi bunganya
D.      sifat haploid sel kelaminnya
E.       bangun dasar daunnya

12. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ….
A.      thallophyta
B.      monokotil
C.      dikotil
D.      angiospermae
E.       gymnospermae

13. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ….
A.      Citrus nobilis dan Citrus maxima
B.      Citrus maxima dan Shorgum vulgare
C.      Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
D.      Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
E.       Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris

14. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ….
A.      lingkungan yang berbeda                                           
B.      faktor reproduksi
C.      makanan yang berbeda
D.      sumber nutrisi yang berbeda
E.       faktor keturunan

15.  Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ….
A.      identifikasi                                                     
B.      taksonomi
C.      klasifikasi                                                   
D.      pencandraan
E.       anatomi biogeografi

16. Tujuan dari klasifikasi adalah ….
A.      mencari perbedaan makhluk hidup
B.      mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
C.      menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
D.      setiap makhluk hidup diberi satu nama
E.       mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium

17. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ….
A.      berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
B.      makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
C.      speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
D.      makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
E.       makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya

18. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda adalah ….
A.      mudah dihafal oleh semua orang
B.      ditulis dengan bahasa latin
C.      hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
D.      setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
E.       mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme

19. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah ….
A.    Solanaceae
B.    Equisetinae
C.    Pandanales                                                       
D.   Selaginales
E.   Solanum

20. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut pada gambar yang benar adalah ….
A.      Hibiscus rosa - sinensis
B.      Hibiscus tiliaceus
C.      Allamanda chatartica
D.      Jasminum sambac
E.       Tectona grandis

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL