Begitu banyaknya yang dipelajari belum tentu banyaknya tadi akan bisa digunakan, namun keefektifan dan kepentingan yang lebih aplikatif mungkin menjadi lebih berguna. Ini saya upload soal UKG yang lebih membumi semoga berguna
SOAL
1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen
Pendidikan Nasional memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan
adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan
melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini,
kecuali .....:
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan
Infrastruktur Pendidikan.
e.
Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa
2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang
digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun
dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim
dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim
lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas
ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan
menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi
terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut
kegiatan...............
a. Elaborasi
b.
Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan
elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
b.
Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui ber- bagai sumber,
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun
dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....
a. 1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons
peserta didik.
b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2.
penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik
untuk merespons;
c. 1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons;
3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik
d. 1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons;
3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta
didik.
e. 1.
penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik
untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar
siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu
pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c.
Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan
oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e.
Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan
sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b.
fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat
mengacu pada rumusan….
a.
kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi
pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
- potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
- tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
- kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- kemampuan guru dan ketersediaan referensi
- relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
- dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru
harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3,
5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk
menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
c.
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang
diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang
lebih tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d.
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan
soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
penerbit yang berbeda
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar,
seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa
hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program
perbaikan dan pengayaan
e. Semua
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa
hasil penilaian
14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama
peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.
mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses
pembelajaran
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b.
Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk
memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam
penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a. soal pilihan ganda
4. b. soal jawaban singkat
c. soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
17. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas
peserta didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes
harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
c.
mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan
masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti
hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan
tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami
pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas,
gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
18. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a.
substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas
adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes,
penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal,
penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan
berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja,
tugas proyek, portofolio
20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi
peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan
dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan
kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata
pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan
oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok
IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
MATERI BIOLOGI SMP
MATERI BIOLOGI SMP
1. Pada waktu sore
hari daun lamtoro tampak mengatup. Hal itu menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki
ciri….
A. tumbuh
B. bernapas
C.
bergerak
D. berkembang
2. Akibat membuang sampah tidak pada tempatnya dapat
menimbulkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan berbagai macam
penyakit. usaha untuk menanggulanginya adalah...
A. mengolah sampah untuk makan ternak
B. menimbun sampah plastik di dalam tanah
C.
mengolah sampah untuk pupuk kompos
D. dibuang kesungai agar tidak menumpuk
3. Fase-fase daur hidup Aurelia sp (ubur-ubur):
1. Medusa
2. Planula
3. Efira
4. Skifistoma
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 2 – 4
– 3 – 1
C. 3 – 1 – 4 – 2
D. 4 – 2 – 1 – 3
4. Hormon yang memengaruhi atau merangsang pertumbuhan
akar disebut ….
A.
rhizokalin
B. kaulokalin
C. anthokalin
D. filokolin
5. Daun putri malu mengatup ketika disentuh. peristiwa
ini menunjukkan makhluk hidup ...
A. membutuhkan makanan
B. peka
terhadap rangsang
C. mengeluarkan zat sisa
D. bergerak aktif
6. Jika ujung syaraf pada retina seseorang mengalami
kerusakan, maka orang tersebut akan menderita kelainan berupa ...
A.katarak
B.miopi
C.kebutaan
D.buta
warna
7. Tika mengamati jamur dengan ciri-ciri berikut.
1. Miselium berkembang dalam substrat
2. Sporangium tumbuh pada ujung hifa yang muncul tegak
dari substrat
3. Termasuk dalam kelompok zygomycotina
4. Bersifat saprofit pada: roti kotoran ternak, dan sisa
makanan yang mengandung karbohidrat
Jamur tersebut adalah …
A. Mucor
mucedo
B. Rhizopus oligosporus
C. Aspergilus oryzae
D. Volvariela volvacea
8. Rekayasa reproduksi untuk mendapatkan individu baru
dengan jumlah yang banyak, cepat dan bebas dari virus dapat dilakukan dengan
teknik...
A.
kultur jaringan
B. transgenik
C. persilangan
D. mutase
9. Perhatikan nama-nama hewan berikut!
1. Ular kobra
2. Kelinci
3. Burung elang www.indoamaterasu.com
4. Kucing
5. kambing hutan
6. Sapi bali
7. Serigala
8. Macan tutul
Hewan yang tergolong ke dalam ordo Karnivora adalah…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 5 dan 6
D. 4, 7
dan 8
10. Dalam bidang bioteknologi mikroorganisme banyak yang
dimanfaatkan dalam fermentasi makanan atau minuman. Misalnya bakteri
Lactobacillus casei dimanfaatkan dalam pembuatan…
A. nata de coco
B.
minuman yakult
C. keju beraroma
D. minuman yoghurt
No comments:
Post a Comment