1. Seringnya kita mendengarkan kata Biologi ketika belajar di SD , SMP ataupun SMA, namun pengertian biologi yang paling tepat untuk dijabarkan harus kita tahu manakah penjabaran yang tepat untuk Biologi ...
a. biologi adalah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen.
c. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup sekarang ini.
d. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan makhluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi.
Fenomena atau kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e. pembuatan tempe menggunakan jamur.
3. Tentu dalam mempelajari segala sesuatu kita harus tahu makna dan apa yang akan dipelajari . Dalam belajar Biologi sebagai salah satu sains kita seharusnya juga tahu apa sebenarnya Biologi . Dari ciri dibawah ini mana yang sesuai untuk ciri – ciri biologi ....
a. logis, abstrak, universal
a. biologi adalah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen.
c. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup sekarang ini.
d. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan makhluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi.
Fenomena atau kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e. pembuatan tempe menggunakan jamur.
3. Tentu dalam mempelajari segala sesuatu kita harus tahu makna dan apa yang akan dipelajari . Dalam belajar Biologi sebagai salah satu sains kita seharusnya juga tahu apa sebenarnya Biologi . Dari ciri dibawah ini mana yang sesuai untuk ciri – ciri biologi ....
a. logis, abstrak, universal
b. obyektif, sistematis, logis
c. obyektif, logis, abstrak
c. obyektif, logis, abstrak
d. subyektif, sistematis, logis
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara langsung tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan hasilnya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel yang telah dilakukan ribuan tahun yang lalu ( 1850) .
Hal ini menunjukkan bahwa biologi memiliki ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris.
c. dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa hukum yang berlaku umum.
5. Perhatikan gambar berikut !
Cabang biologi yang berkaitan dengan gambar yang terlihat diatas adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
6. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada embryo atau bayi seperti yang terlihat pada gambar adalah .......
a. genetika
b. sitologi
c. embriologi
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara langsung tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan hasilnya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel yang telah dilakukan ribuan tahun yang lalu ( 1850) .
Hal ini menunjukkan bahwa biologi memiliki ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris.
c. dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa hukum yang berlaku umum.
5. Perhatikan gambar berikut !
Cabang biologi yang berkaitan dengan gambar yang terlihat diatas adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
6. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada embryo atau bayi seperti yang terlihat pada gambar adalah .......
a. genetika
b. sitologi
c. embriologi
d. patologi
e. teratologi
7. Dari pernyataan dibawah ini manakah Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyek yang dipelajari …
a. Histologi - Jaringan
b. Mikologi - Jamur
c. Sitologi - Struktur tubuh
d. Patologi - Penyakit
e. Mikrobiologi - Mikroorganisme
8. Dalam penyelidikan kasus bayi tertukar, seorang ahli biologi sering dilibatkan untuk mengungkap kasus ini. Hal ini menunjukkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. hukum dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. hukum dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akibat adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
10. Berikut adalah barang yang dijumpai pada sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. ember plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. yoghurt
a. 1, 2 dan 3.
b. 1, 2 dan 4.
c. 2, 4 dan 5.
7. Dari pernyataan dibawah ini manakah Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyek yang dipelajari …
a. Histologi - Jaringan
b. Mikologi - Jamur
c. Sitologi - Struktur tubuh
d. Patologi - Penyakit
e. Mikrobiologi - Mikroorganisme
8. Dalam penyelidikan kasus bayi tertukar, seorang ahli biologi sering dilibatkan untuk mengungkap kasus ini. Hal ini menunjukkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. hukum dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. hukum dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akibat adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
10. Berikut adalah barang yang dijumpai pada sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. ember plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. yoghurt
a. 1, 2 dan 3.
b. 1, 2 dan 4.
c. 2, 4 dan 5.
d. 1, 4 dan 5
e. 2, 3 dan 5
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber makanan baru
4. membantu memecahkan masalah lingkungan.
a. 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3
c. 1, 3 dan 4
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber makanan baru
4. membantu memecahkan masalah lingkungan.
a. 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, 3 dan 4
12.Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica ) yang kita sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu...
a. adaptasi
b. iritabilitas
c. nutrisi
12.Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica ) yang kita sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini menunjukkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu...
a. adaptasi
b. iritabilitas
c. nutrisi
d. reproduksi
e. sirkulasi
13. Berikut ini yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
a. populasi, komunitas dan planet
b. plantae, animalia dan bakteri
c. organisme, ekosistem dan bioma
d. molekul, jaringan dan protozoa
e. bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini adalah komponen organisasi kehidupan.
1. komunitas
2. populasi
3. ekosistem
4. organisme
5. bioma
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling rendah adalah...
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 3 – 2 – 5
d. 4 – 2 – 1 – 3 – 5
e. 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Perhatikan gambar berikut !
Gambar diatas menunjukkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a. organisme
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
16.Manakah yang merupakan contoh obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
17. Pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan berbagai organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
18. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
19. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ
b. molekul
c. sel
13. Berikut ini yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
a. populasi, komunitas dan planet
b. plantae, animalia dan bakteri
c. organisme, ekosistem dan bioma
d. molekul, jaringan dan protozoa
e. bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini adalah komponen organisasi kehidupan.
1. komunitas
2. populasi
3. ekosistem
4. organisme
5. bioma
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling rendah adalah...
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 3 – 2 – 5
d. 4 – 2 – 1 – 3 – 5
e. 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Perhatikan gambar berikut !
Gambar diatas menunjukkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a. organisme
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
16.Manakah yang merupakan contoh obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
17. Pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan berbagai organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
18. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
19. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ
b. molekul
c. sel
d. jaringan
e. sistem organ
20. Perhatikan beberapa contoh penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan makanan adalah...
a. 1, 2 dan 4
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
20. Perhatikan beberapa contoh penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan makanan adalah...
a. 1, 2 dan 4
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan atau masalah penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. observasi
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan atau masalah penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. observasi
d. variabel
e. eksperimen
23. Seorang siswa melakukan penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. observasi
b. hipotesis
c. analisa
23. Seorang siswa melakukan penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. observasi
b. hipotesis
c. analisa
d. eksperimen
e. kesimpulan
24. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk.
a. Mengapa tanaman jagung diberi pupuk fosfat ?
b. Apakah pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap panjang daun tanaman jagung ?
c. Siapa yang memberikan pupuk fosfat pada tanaman jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan pada tanaman jagung ?
e. Apakah pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tanaman jagung ?
25. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk. 24. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk.
2. Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Rumusan masalah yang tepat dari penelitian diatas adalah...3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
a. Mengapa tanaman jagung diberi pupuk fosfat ?
b. Apakah pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap panjang daun tanaman jagung ?
c. Siapa yang memberikan pupuk fosfat pada tanaman jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan pada tanaman jagung ?
e. Apakah pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tanaman jagung ?
25. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
2. Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel bebas dalam penelitian diatas adalah..
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk. b. tinggi tanaman jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
2. Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel terikat dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk. a. jenis jagung
b. tinggi tanaman jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
2. Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel kontrol dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
1. Kelompok I : tidak diberi pupuk. a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Seorang petani ingin meneliti tentang pengaruh pemberian pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petanimenanam tanaman dalam 4 petak sawah
2. Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
3. Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
4. Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
a. Pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tanaman jagung.
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tanaman jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya jika diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati jika diberi pupuk 3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk akan mati.
29. Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan data tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan tercepat terjadi pada hari ...
a. ke-2, tempat terang.
b. ke-3, tempat terang
c. ke-4, tempat terang
d. ke-5, tempat gelap
e. ke-6, tempat gelap
30.Berikut ini yang bukan sikap ilmiah seorang ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah satu ilmuwan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1882). Permasalahan yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
a. Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik padatanaman tembakau (TMV) adalah...
a. Beijerinck
b. Ivanosky
c. Louis Pasteur
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tanaman jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya jika diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati jika diberi pupuk 3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk akan mati.
29. Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan data tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan tercepat terjadi pada hari ...
a. ke-2, tempat terang.
b. ke-3, tempat terang
c. ke-4, tempat terang
d. ke-5, tempat gelap
e. ke-6, tempat gelap
30.Berikut ini yang bukan sikap ilmiah seorang ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melakukan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah satu ilmuwan yang mendorong penemuan virus adalah A. Meyer (1882). Permasalahan yang mendorong A. Meyer melakukan penelitian adalah ....
a. Adanya tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tanaman tembakau yang terserang penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tanaman yang terserang mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik padatanaman tembakau (TMV) adalah...
a. Beijerinck
b. Ivanosky
c. Louis Pasteur
d. Wendell Stanley
e. Adolf Meyer
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat dikristalkan
2. Memiliki sitoplasma
3. Parasit obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat dikristalkan
2. Memiliki sitoplasma
3. Parasit obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
34. Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh karena itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium agar – agar
c. medium kentang dan agar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus...
a. hanya dapat hidup dalam sel – sel hidup
b. dapat dikristalkan
c. dapat menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan,tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya, virus tergolong organisme...
a. epifit
b. autotrof
c. saprofit
34. Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh karena itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium agar – agar
c. medium kentang dan agar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus...
a. hanya dapat hidup dalam sel – sel hidup
b. dapat dikristalkan
c. dapat menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan,tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya, virus tergolong organisme...
a. epifit
b. autotrof
c. saprofit
d. parasit obligat
e. parasit fakultatif
38. Perhatikan gambar ini
38. Perhatikan gambar ini
Bagian tubuh virus yang digunakan untuk proses infeksi (penetrasi) DNA ke dalam sel bakteri adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
39. Perhatikan gambar dibawah ini
39. Perhatikan gambar dibawah ini
Bagian yang mengandung materi genetik ditunjukan oleh...
a. 1
b. 2
c. 3
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
40. Berikut ini adalah tahapan daur litik pada perkembangbiakan virus.
1. Penetrasi.
2. Eklifase
3. Lisis
4. Adsorpsi
5. Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini.
e. 5
40. Berikut ini adalah tahapan daur litik pada perkembangbiakan virus.
1. Penetrasi.
2. Eklifase
3. Lisis
4. Adsorpsi
5. Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini.
Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
a. 1
b. 2
c. 3
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
42. Pada siklus lisogenik terjadi fase penggabungan antara DNA virus dan DNA bakteri membentuk….
a. profase
b. viral
c. profage
42. Pada siklus lisogenik terjadi fase penggabungan antara DNA virus dan DNA bakteri membentuk….
a. profase
b. viral
c. profage
d. bakteriofage
e. virion
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola
2. NCD
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola
2. NCD
3. CVPD
4. tungro
5. TMV
6. dengue
Kelompok virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan adalah...
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 6
c. 2, 4 dan 6
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 6
c. 2, 4 dan 6
d. 3, 4 dan 5
e. 4, 5 dan 6
45. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan tubuh
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
46. Kelompok makhluk hidup di bawah ini yang menunjukkan keanekaragaman genetik adalah...
a. kelapa, aren, nipah dan lontar.
b. mangga golek, mangga arum manis, mangga manalagi.
c. padi, jagung, tebu dan sagu
d. jeruk bali, jeruk keprok, jeruk nipis.
e. jambu air, jambu biji, jambu bol
47. Menurut rumus F = G + L.
Jika G berubah karena suatu hal atau L berubah maka akan terjadi perubahan atau variasi pada F.
Hal tersebut menjadi dasar terbentuknya...
a. Keanekaragaman gen
b. Keanekaragaman jenis
c. Keanekaragaman biosfer
d. Keanekaragaman hayati
e. Keanekaragaman ekosistem
48. Keanekaragaman ekosistem menunjukkan...
a. keseluruhan genus, spesies dan ekosistem di dalam suatu wilayah.
b. variasi dari komunitas serta interaksi antar komponen yang terdapat pada suatu ekosistem tertentu.
c. variasi bentuk, penampilan, jumlah dan sifat pada berbagai tingkatan makhluk hidup.
d. varitas spesies di dalam suatu daerah atau ekosistem
e. varitas genetik yang ada dalam makhluk hidup
49. Kelompok makhluk hidup berikut yang menunjukkan keanekaragaman tingkat spesies adalah...
a. ayam leghorn, ayam kate, ayam kampung
b. sapi metal, sapi perah, sapi benggala
c. kambing, sapi, kerbau
d. kenari, ayam negeri, ayam bangkok
e. ular sanca, kobra, belut
50. Dua anak kembar yang dibesarkan dalam lingkungan yang berbeda akhirnya akan memiliki perbedaan bentuk dan tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa...
a. lingkungan menentukan fenotip.
b. genotip dan lingkungan menentukan fenotip
c. lingkungan menentukan genotip
d. fenotip tidak ditentukan oleh genotip maupun lingkungan
e. genotip menentukan fenotip
45. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan tubuh
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
46. Kelompok makhluk hidup di bawah ini yang menunjukkan keanekaragaman genetik adalah...
a. kelapa, aren, nipah dan lontar.
b. mangga golek, mangga arum manis, mangga manalagi.
c. padi, jagung, tebu dan sagu
d. jeruk bali, jeruk keprok, jeruk nipis.
e. jambu air, jambu biji, jambu bol
47. Menurut rumus F = G + L.
Jika G berubah karena suatu hal atau L berubah maka akan terjadi perubahan atau variasi pada F.
Hal tersebut menjadi dasar terbentuknya...
a. Keanekaragaman gen
b. Keanekaragaman jenis
c. Keanekaragaman biosfer
d. Keanekaragaman hayati
e. Keanekaragaman ekosistem
48. Keanekaragaman ekosistem menunjukkan...
a. keseluruhan genus, spesies dan ekosistem di dalam suatu wilayah.
b. variasi dari komunitas serta interaksi antar komponen yang terdapat pada suatu ekosistem tertentu.
c. variasi bentuk, penampilan, jumlah dan sifat pada berbagai tingkatan makhluk hidup.
d. varitas spesies di dalam suatu daerah atau ekosistem
e. varitas genetik yang ada dalam makhluk hidup
49. Kelompok makhluk hidup berikut yang menunjukkan keanekaragaman tingkat spesies adalah...
a. ayam leghorn, ayam kate, ayam kampung
b. sapi metal, sapi perah, sapi benggala
c. kambing, sapi, kerbau
d. kenari, ayam negeri, ayam bangkok
e. ular sanca, kobra, belut
50. Dua anak kembar yang dibesarkan dalam lingkungan yang berbeda akhirnya akan memiliki perbedaan bentuk dan tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa...
a. lingkungan menentukan fenotip.
b. genotip dan lingkungan menentukan fenotip
c. lingkungan menentukan genotip
d. fenotip tidak ditentukan oleh genotip maupun lingkungan
e. genotip menentukan fenotip
JAWABAN SOAL
|
||||
1. D
|
11. E
|
21. D
|
31. B
|
41. C
|
2. C
|
12. B
|
22. A
|
32. D
|
42. C
|
3. B
|
13. C
|
23. D
|
33. B
|
43. E
|
4. E
|
14. D
|
24. E
|
34. D
|
44. D
|
5. B
|
15. D
|
25. D
|
35. E
|
45. B
|
R. C
|
16. E
|
26. B
|
36. E
|
46. D
|
7. C
|
17. D
|
27. A
|
37. D
|
47. A
|
8. A
|
18. B
|
28. A
|
38. E
|
48. B
|
9. C
|
19. A
|
29.D
|
39. A
|
49. C
|
10. D
|
20.B
|
30. D
|
40. C
|
50. D
|
No comments:
Post a Comment