Sunday, September 6, 2009

SOAL KLASIFIKASI

Saya Postingkan Soal Klasifikasi ini sebagai latihan karena sering di buku buku hanya sedikit soal latihannya. Silahkan untuk latihan secara teliti dan ditandai kecenderungan polanya karena materi ini bener bener hanya hafalan OK

SOAL

1. Ilmu pengelompokkan makhluk hidup adalah...
A. taksonomi
B. sistematika
C. klasifikasi
D. morfologi
E. fisiologi

2. Berdasarkan system tata nama ganda (Binomial nomenclature) , cara penulisan yang benar untuk nama jenis tanaman pada gambar ini adalah  …………………………


A. Cocos nucifera
B. Cocos Nucufera
C. cocos Nucifera
D. cocos nucifera
E. COCOS NUCIFERA


3. Untuk tingkatan takson yang tertinggi sampai terendah adalah ………………
A. kingdom - phylum/division - classis - ordo - genus - familia – spesies
B. kingdom - phylum/division - classis - ordo - familia - genus - spesies
C. kingdom - phylum/division - classis - ordo - spesies - genus – familia
D. kingdom - kelas - filum/division - ordo - famili - genus - spesies
E. kingdom - ordo - kelas - filum/division - genus - famili - spesies

4. Seorang siswa menentukan tumbuhan dengan ciri sebagai berikut : batang pendek di dalam tanah berupa rizoma, berakar serabut, tidak mempunyai bunga, dan berkembang biak dengan spora. Tumbuhan tersebut termasuk ke dalam divisio
A. Alga
B. Bryophyta
C. Pteridophyta
D. Gymnospermae
E. Fungi

5. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk …………………..
A. menyederhanakan obyek studi
B. melestarikan jenis makhluk hidup
C. memberi nama ilmiah untuk setiap makhluk hidup
D. menemukan ciri setiap makhluk hidup
E. menentukan persamaan sifat antara makhluk hidup

6. Zea mays adalah nama ilmiah tanaman yang terlihat pada gambar


Kata Zea pada nama ilmiah tersebut menunjukkan …………….
A. familia
B. kelas
C. bangsa
D. genus
E. spesies

7. Berdasarkan sistem klasifikasi lima kingdom


Organisme ini dikelompokkan kedalam kingdom  ……………..
A. Animalia
B. Plantae
C. Fungi
D. Protista
E. Monera

8. Pernyataan berikut yang benar mengenai Allium cepa (bawang merah) dan Allium sativum (bawang putih) adalah ……………..
A. jenis sama, marga sama
B. marga sama, suku berbeda
C. marga sama, jenis berbeda
D. jenis sama, marga berbeda
E. suku berbeda, jenis sama

9. Di bawah ini yang menunjukkan nama suku adalah ………………
A. Rubiaceae
B. Rubiales
C. Myrtales
D. Hibiscus
E. Hibiscus rosasinensis

10. Manakah tanaman berikut berkerabat dekat dengan tanaman ini …………….


A. jagung
B. padi
C. kedelai
D. kentang
E. ketela pohon

11. Sistem klasifikasi lima kingdom dikembangkan oleh …………………….
A. Aristoteles
B. Carolus Linnaeus
C. Charles Darwin
D. Robeert Hooke
E. Robeert H. Wittaker


12. Keuntungan nama ilmiah adalah …………………………
A. dikenal oleh ilmuwan lain
B. digunakan untuk beberapa jenis organisme
C. terdiri dari banyak nama ilmiah untuk satu jenis organisme
D. dikenal oleh ilmuwan biologi seluruh dunia
E. menggunakan bahasa Inggris

13. Orang pertama yang memperkenalkan sistem nama ganda adalah …………..


A. Carolus Linnaeus
B. Aristoteles
C. Charles Darwin
D. Gregor Mendel
E. Antoni Van Leuwenhoek

14. Perhatikan gambar dibawah ini

Organisme pada gambar dikelompokkan pada kelas berbeda, tetapi mempunyai persamaan yaitu …
A. poikiloterm
B. vivipar
C. ovovivipar
D. homototerm
E. eksoskeleton

15. Berikut adalah nama ilmiah beberapa makhluk hidup yang tterdapat disekitar kita :
  1. Curcuma domestica
  2. Musa texstilis
  3. Musa paradisiaca
  4. Felix domestica
Berdasarkan nama ilmiahnya, manakah yang paling dekat kekerabatannya ?
A. 1dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4

16. Pernyataan tentang pengelompokkan makhluk hidup.
  1. memudahkan pengenalan
  2. memudahkan penyimpanan
  3. membuat lebih teratur dan rapi
  4. Memudahkan pencarian
  5. Membuat beragam bentuk baru
Manfaat yang diperoleh dengan melakukan klasifikasi adalah ….
a. 1 - 3 - 5
b. 2 - 4 - 5
c. 1 - 3 - 4
d. 2 - 3 - 5
e. 1 - 2 - 3

17.Manakah yang bukan merupakan tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup, kecuali ….
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup agar mudah di amati
b. Mengetahui hubungan perkerabatan antar makhluk hidup
c. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang dimiliki
d. Mengurutkan proses perkembangan individu berdasarkan hubungan perkerabatan
e. Merubah susunan tubuh hewan berdasarkan urutannya

18. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup dengan lihat persamaan sejarah
evolusi makhluk hidup adalah …
a. sistem klasifikasi fillogeni
b. sistem klasifikasi buatan
c. sistem klasifikasi alami
d. sistem klasifikasi natural
e. sistem klasifikasi artifisial

19.Pernyataan yang tepat untuk sistem klasifikasi buatan adalah …
a. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang dikembangkan oleh Charles Darwin
b. Sistem pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah asal usulnya
c. Sistem yang mengelompokkan makhluk hidup dengan melihat hubungan perkerabatannya
d. Sitem pengelompokkan makhluk hidup dengan mengutamakan ciri yang mudah diamati baik dari dalam maupun dari luar
e. Sistem pengelompokkan makhluk hidup yang mengutamakan tujuan praktis, dan cara yang sederhana

20. Seorang peneliti tumbuhan melakukan survey lapangan untuk mengenali berbagai tumbuhan yang hidup di suatu tempat. Ia mengumpulkan specimen tumbuhan yang ada dan memasukkannya ke dalam empat kantung yang diberi nama pohon, semak, perdu, dan herba.
Kegiatan ini dapat dianggap klasifikasi …
a. Buatan oleh Charles Darwin
b. Alami oleh carolus linnaeus
c. Filogeni oleh charles darwin
d. Buatan oleh Aristoteles
e. Alami dan filogeni

21. Nangka, sukun, cempedak adalah kelompok tanaman yang buahnya berduri, daun berukuran besar, dan memiliki bunga jantan dan betina. Cara pengelompokkan tersebut didasarkan pada sistem klasifikasi ...
a. klasifikasi sistem sistem natural
b. Sistem klasifikasi sistem buatan
c. Sistem klasifikasi sistem alami
d. Sistem klasifikasi sistem filigeni
e. Sistem klasifikasi sistem taksonomi

22. Kelompok-kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok makhluk hidup disebut …
a. taksonomi
b. takson
c. klasifikasi
d. identifikasi
e. determinasi

23. Alasan penggunaan bahasa latin dalam penamaan makhluk hidup (Nomenklatur binomial) adalah .
a. Bahasa latin bersifat universal
b. Hanya ada satu nama untuk beberapa makhluk hidup
c. Bahasa latin adalah bahasa yang berkembang
d. Negara latin merupakan tempat lahirnya para ilmuwan
e. Bahasa latin merupakan bahasa international

24. Nama ilmiah dari kucing hutan adalah …
a. Felix catus
b. Felix domestica
c. Felix tigris
d. felix leo
e. felix felixa

25. . Penulisan nama ilmiah sesuai aturan Nomenklatur binomial dari tanaman kembang sepatu adalah


a. Hibiscus-rosa sinensis
b. Hibiscus Rosa Sinensis
c. Hibiscus rosa-sinensis
d. hibiscus Rosa-sinensis
e. Hibiscus rosa-Sinensis

26. Nama ilmiah seperti: Zalaca edulis (salak), Tapirus indicus (tapir) dan Anoa depresicornis (anoa), merupakan salah satu syarat nomenklatur binomial jenis …
a. Nama ilmiah harus terdiri atas 2 suku kata
b. Nama ilmiah harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
c. Kata pertama menunjukkan keterangan dari kata kedua
d. Kata pertama menunjukkan genus dari species tersebut
e. Singkatan dibelakang nama ilmiah menunjukkan takson genus

27. Nama ilmiah dari tanaman seperti gambar dibawah ini adalah …


a. Cana edulis
b. Canabis sativus
c. Manihot utilisima
d. Oryza sativa
e. Zea mays

28. Kelompok makhluk hidup dibawah ini yang memiliki hubungan perkerabatan yang dekat adalah …
1. Oryza sativa (padi)
2. Phaseolus vulgaris (buncis)
3. Beta vulgaris (gula Biet)
4. Phaseolus radiatus (Kacang hijau)
5. Kanabis sativa (ganja)

a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 4

29. Pada sistem klasifikasi filogeni, dua makhluk hidup yang berbeda dan dikelompokkan pada tingkat takson yang semakin tinggi akan memiliki …
a. Persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
b. Persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
c. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup makin jauh
d. Hubungan perkerabatan antar makhluk hidup semakin dekat
e. Antar makhluk hidup tidak saling memiliki hubungan perkerabatan

30. Dasar dari terbentuknya sistem klasifikasi tiga kingdom adalah ...
a. diketemukannya organisme jamur
b. ditemukannya mikroskop sederhana oleh anthoni van leuwenhoek
c. ditemukannya organisme uniseluler yang disebut protista
d. ditemukannya organisme prokariotik
e. ditemukannya jenis tumbuhan baru


TRY AGAIN AGAR LANCAR

1.    Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
A.      Kingdom animalia                                   
B.      Kingdom monera
C.      Kingdom protista                                            
D.      Kingdom fungi
E.       Kingdom plantae

2.    Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya menjadi ….
A.      empat kelompok yang lebih kecil
B.      dua kelompok yang lebih kecil
C.      tiga kelompok yang lebih kecil
D.      tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
E.       dua atau lebih kelompok yang lebih kecil

3.   Tingkatan takson hewan yang terbesar anggotanya adalah ….
A.      Phyllum
B.      Species
C.      Divisio
D.      Genus
E.       Familia

4.    Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan kingdom ….
A.      fungi, animalia, dan plantae
B.      fungi dan animalia
C.      virus dan monera
D.      plantae dan animalia
E.       fungi, monera, dan plantae

5.    Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ….
A.      species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
B.      species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
C.      species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
D.      classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
E.       classis-phyllum-familia-ordo-genus-species

6.    Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ….
A.      classis
B.      ordo
C.      familia
D.      genus
E.       species

7.    Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ….
A.             bawang putih (Allium sativum)
B.             nanas (Ananas sativus)
C.             mentimun (Cucumis comosus)
D.             kedelai (Soja max)
E.              semangka (Citrullus vulgaris)

8.    Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ….
A.      Divisio
B.      Familia
C.      Classis
D.      Genus
E.       Ordo

9.         Kata indica dari Mangifera indica, yang terlihat pada gambar sebagai ….


A.      species 
B.      familia
C.      ordo 
D.      epitheton specificum
E.       genus

10. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ….
A.      alami
B.      konvergen
C.      buatan
D.      divergen
E.       filogenik

11. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari ciri khasnya, terdapat pada ….
A.      susunan akarnya
B.      susunan anatomi batangnya
C.      morfologi bunganya
D.      sifat haploid sel kelaminnya
E.       bangun dasar daunnya

12. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ….
A.      thallophyta
B.      monokotil
C.      dikotil
D.      angiospermae
E.       gymnospermae

13. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ….
A.      Citrus nobilis dan Citrus maxima
B.      Citrus maxima dan Shorgum vulgare
C.      Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
D.      Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
E.       Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris

14. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ….
A.      lingkungan yang berbeda                                           
B.      faktor reproduksi
C.      makanan yang berbeda
D.      sumber nutrisi yang berbeda
E.       faktor keturunan

15.  Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ….
A.      identifikasi                                                     
B.      taksonomi
C.      klasifikasi                                                   
D.      pencandraan
E.       anatomi biogeografi

16. Tujuan dari klasifikasi adalah ….
A.      mencari perbedaan makhluk hidup
B.      mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
C.      menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
D.      setiap makhluk hidup diberi satu nama
E.       mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium

17. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ….
A.      berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
B.      makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
C.      speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
D.      makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
E.       makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya

18. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda adalah ….
A.      mudah dihafal oleh semua orang
B.      ditulis dengan bahasa latin
C.      hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
D.      setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
E.       mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme

19. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah ….
A.    Solanaceae
B.    Equisetinae
C.    Pandanales                                                       
D.   Selaginales
E.   Solanum

20. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut pada gambar yang benar adalah ….
A.      Hibiscus rosa - sinensis
B.      Hibiscus tiliaceus
C.      Allamanda chatartica
D.      Jasminum sambac
E.       Tectona grandis

Saturday, September 5, 2009

Prediksi UN 2014 Kelas XI

Kami mengusahakan untuk mempresisikan prediksi soal ini bisa sama dengan soal UN  dengan analisa analisa yang sesuai Rasio / Akal sehat dengan kami berikan SKL (Standard Kompetensi Lulusan ) dan Permintaan soal dari pemerintah yang diujikan
Tentu anda harus juga terus mencari tipikal soal yang mendekatinya , dengan acuan variasi contoh yang seperti kami buat , Semakin komplex jaminan untuk mendapat nilai diatas 8 sangat mudah , apalagi hanya tuntutan pemerintah (5.0) Selamat
If you think you can, you can |


MATERI KLAS XI INI ( ada 10 soal)
dari SKL 5 - 8

NO SOAL 11, 12

SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan

1.Gambar

Respirasi sel dan pembentukan RNA secara berurutan berlangsung pada bagian sel
nomor …. .
a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 2 dan 3
d. 5 dan 6
e. 3 dan 2

2. Yang tercantum di bawah ini adalah ciri yang dimiliki organel sel :
  1. terdapat sitokrom
  2. mengandung pigmen fotosintesis
  3. memiliki membran rangkap
  4. tempat respirsi sel
  5. tempat berlangsung siklus Calvin
Yang merupakan ciri organel mitokondia adalah …. .
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 3, 4 dan 5
e. 1, 3 dan 5

3. Perhatikan gambar !
Proses transport zat yang menyebabkan peruba-an seperti pada gambar karena peristiwa
a. difusi dimana x hipertonis dan y hipotonis
b. difusi dimana x hipotonis dan y hipertonis
c. osmosis dimana x hipertonis dan y hipotonis
d. osmosis dimana x hipotonis dan y hipertonis
e. transport aktif karena ada perbedaan larutan x dan y

4. Perhatikan gambar sel berikut ini


Sel yang tertera pada gambar bila dimasukkan kedalam larutan yang hipotonis maupun yang hipertonisbentuknya tidak akan berubah, sebab sel ini memiliki
A. platida
B. vakuola
C. dinding sel
D. membran sel
E. sitoplasma

5. Bagian sel yang bersifat selektif permeabel dan berfungsi mengatur transportasi zat ke luar dan ke dalam sel adalah .........
A. dinding sel
B. selaput plasma
C. retikulum endoplasma
D. vakuola konstraktil
E. badan golgi

6. Organel sel yang menyerap oksigen dan banyak terdapat pada sel sel otot adalah  .....
A. mitokondria
B. lisosom
C. nukleus
D. sentriol
E. kloroplas

7. Berikut organel-organel sel :

  1. lisosom
  2. vakuola
  3. kloroplas
  4. kromatin
  5. ribosom
  6. sentrasom

Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel hewan yaitu nomor … .
a. 1 – 2 – 5
b. 2 – 4 – 6
c. 1 – 4 – 6
d. 3 – 4 – 5
e. 2 – 3 – 4

8. Perhatikan gambar !

Kentang x direndam dalam larutan garam 5%, kentang y direndam dalam larutan garam 10%. Berdasarkan gambar setelah kentang direndam 60 menit maka berat kentang …. .
a. x = y
b. x > y
c. x < y
d. x tetap, y berubah
e. x berubah, y tetap

9. Perhatikan gambar !
Berdasarkan gambar, subtansi genetik dan oksidasi sel secara berurutan ditunjuk oleh nomor …. .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 5
c. 1 dan 4
d. 3 dan 4
e. 2 dan 12

10. Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan strukturnya karena memiliki beberapa perbedaan. Ciri-ciri pada tabel tersebut yang menunjukkan perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan adalah ...
Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
A Mempunyai membran sel Mempunyai dinding sel, tidakmempunyai membran sel
B Tidak mempunyai plastida Mempunyai plastida
C Vakuola ukuran besar Vakuola ukuran kecil
D Tidak memiliki sentriol Memiliki sentriol
E Mempunyai mitokondria Tidak mempunyai mitokondria

11. Perhatikan organel-organel dalam tabel di bawah ini :


No. Nama organel No. Nama organel
  1. Nukleus
  2. Dinding sel
  3. Lisosom
  4. Vakuola
  5. Sentrosom
  6. Lamela tengah
  7. Kloroplas
  8. Mitokondria
  9. Leukoplas
  10. Kromatin
  11. Ribosom
  12. Retikulum endoplasma
Organel yang secara umum hanya ditemukan dalam sel tumbuhan, yaitu nomor ... .
a. 1, 3, 5, 6
b. 3, 6, 9, 12
c. 2, 4, 6, 7
d. 4, 8, 10, 11
e. 2, 5, 7, 10

12. Perhatikan percobaan osmosis pada sel-sel tumbuhan diletakkan dalam perlakuan larutan yang berbeda!
Berdasarkan gambar hasil percobaan tersebut, secara berurutan (X), (Y), dan (Z) adalah larutan yang bersifat .... .
a. isotonis – hipotonis – hipertonis
b. hipotonis – hipertonis – isotonis
c. hipertonis – isotonis – hipotonis
d. isotonis – hipertonis – hipotonis
e. hipertonis – hipotonis – isotonis

13. Seorang peneliti sitologi mengamati sebuah sel, Dia memastikan bahwa sel yang diamati adalah sel tumbuhan karena memiliki ciri-ciri .........
a. eukariotik dan memiliki dinding sel serta plastida
b. eukariotik dan memiliki membran sel dan vakuola
c. eukariotik dan memiliki mitokondria dan nukleus
d. prokariotik dan memiliki plastida dan vakuola tengah
e. prokariotik dan memiliki bentuk tetap dan tidak terdapat lisosom

14. Berikut ini pernyataan tentang transportasi zat yang terdapat di dalam sel :
  1. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi tinggi ke rendah
  2. berjalan dari daerah yang berkonsentrasi rendah ke tinggi
  3. memerlukan energi berupa ATP
  4. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan konsentrasi larutan di dalam dan luar sel
  5. dipengaruhi oleh muatan listrik di luar dan di dalam sel
  6. menggunakan protein karier sebagai pengangkut
Pernyataan yang benar tentang transport aktif adalah ........
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1, 3, 4 dan 6
c. 2, 3, 4 dan 5
d. 2, 3, 5 dan 6
e. 3, 4, 5 dan 6

PREDIKSI


11.Perhatikan gambar sel. No. Nama Organ Fungsi Organ


a. 1. Lisosom Penghasil enzim
b. 1. Benda golgi Respirasi
c. 2. ribosom Sintesis protein
d. 2. Mitokondria Respirasi
e. 3. Nukleus Mengatur metabolisme

12. Apabila sel tumbuhan dan sel tumbuhan dimasukkan kedalam larutan garam 10% setelah beberapa jam yang akan terjadi adalah ...
a. Keduanya plasmolisis
b. Keduanya krenasi
c. Keduanya pecah
d. sel hewan krenasi, sel tumbuhan plasmolisis
e. sel hewan plasmolisis, sel tumbuhan krenasi


NO SOAL 13


  1. SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
  2. KEMAMPUAN YANG DIUJI:Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya


1. Perhatikan gambar !


Yang diberi label X adalah …. .
a. bulu akar, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah
b. tudung akar, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah
c. meristem apikal, berfungsi untuk menembus tanah
d. meristem apikal, berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah
e. tudung akar, berfungsi untuk menutupi meristem apikal

2. Perhatikan gambar mikroskopis dari salah satu jaringan tumbuhan

Yang diberi label X mempunyai fungsi sebagai .... .
a. pengangkut makanan
b. penyimpan lemak
c. pengangkut air
d. jaringan pengiring
e. jaringan pelindung

3. Perhatikan gambar !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y, dan z secara berurutan adalah …. .
a. bunga karang, epidermis dan palisade
b. epidermis, bunga karang dan palisade
c. palisade, bunga karang dan epidermis
d. epidermis, palisade dan bunga karang
e. bunga karang, palisade dan epidermis

4. Seorang siswa melakukan pengamatan mikroskopis ujung akar bawang merah. Dia mendapatkan jaringan yang sel-selnya aktif membelah secara mitosis. Jaringan tersebut adalah jaringan .....
A. parenkim
B. sklerenkim
C. kolenkim
D. meristem
E. epidermis

5. Gambar penampang melintang tumbuhan dikotil.


Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosinsis adalah yang berlabel.......
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

PREDIKSI

Perhatikan struktur organ tumbuhan berikut ini


Bagian yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan unsur hara dari dalam atanah secara berturut-turut adalah ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5


NO SOAL 14

SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia
KEMAMPUAN YANG DIUJI:Mengidentifikasi jaringan pada organ manusia beserta fungsinya

14. Di bawah ini terdapat bermacam-macam gambar bentuk jaringan epitel.
alveolus dan nefron ginjal disusun oleh jaringan ......
a. A dan B
b. C dan D
c. D dan E
d. C dan B
e. A dan B

15. Perhatikan gambar ini

Dari gambar 5 macam jaringan darah berikut ini, yang berfungsi pada saat proses pembekuan darah adalah .... .
a. 1.
b. 2.
c. 3
d. 4
e. 5

Perhatikan gambar jaringan epitel di bawah ini!

Letak dan fungsi jaringan no 1 tersebut adalah ....
a. batang tenggorok, pergerakan zat melewati permukaan
b. saluran kencing, memungkinkan perubahan bentuk
c. saluran kelenjar keringat, sekresi dan pergerakan zat
d. kelenjar keringat, penyimpanan dan sekresi produknya
e. pembuluh darah, memungkinkan difusi atau filtrasi

16. Perhatikan gambar struktur otot berikut ini
Gambar yang menujukkan struktur otot polos dan otot rangka secara urut adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 1
e. 3 dan 2

17. Perhatikan gambar neuron. 1, 4 dan 5 secara berurutan adalah …

a. Dendrit, akson dan nodus Ranvier
b. Dendrit, akson dan sel shwan
c. Dendrit, badan sel damn akson
d. Inti sel, Nodus Renvier dan sel schwan
e. Inti sel. Selubung mielen dan sel schwan

Perhatikan gambar skematis jaringan epitel berikut ini
Struktur jaringan epitel tersebut banyak terdapat pada ....
a. pembuluh darah kapiler
b. pembuluh darah vena
c. selaput luar paru-paru
d. permukaan dalam usus halus
e. rongga mulut


  1. SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  2. KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem gerak: otot dan tulang pada manusia

SOAL

1. Satuan-satuan konstraktil jaringan otot disebut sarkomer yang mengandung garis terang disebut zona-H dan garis gelap disebut zona-Z. Pada saat otot berkontraksi terjadi ......


a. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih gelap
b. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih terang
c. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih banyak, otot menjadi lebih gelap
d. zona-H menjadi lebih pendek dan zona-Z menjadi lebih sedikit, otot menjadi lebih terang
e. zona-H menjadi lebih panjang dan zona-Z tetap, otot menjadi lebih terang

2. Perhatikan gambar lengan manusia.


Fungsi otot bisep dan trisep dalam kontraksi yang benar adalah .........

Bisep                  Trisep
A. abduktor   -     adduktor
B. depresor   -     elevator
C. pronator   -     suspinator
D. fleksor     -     ekstensor
E. abduktor   -     fleksor

3. Perhatikan gambar !

 …. .
a. putar
b. luncur
c. engsel
d. pelana
e. peluru

4. Perhatikan gambar!

yang berlabel  4 dan 3 adalah tulang .... .
a. hasta dan pergelangan
b. pengumpil dan pergela-ngan
c. hasta dan pengumpil
d. pengumpil dan hasta
e. hasta dan proksimal

5. Pengertian yang tepat dari macam artikulasi di bawah ini, adalah …. .
a. diartrosis, jika gerakan yang terjadi sangat terbatas
b. sinartrosis adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak ada gerak
c. amfiartrosis jika gerakan yang terjadi sangat leluasa
d. sinartrosis, jika gerakan terbatas
e. amfiartrosis, adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak terjadi gerakan

6. Perhatikan gambar lengan manusia berikut ini


Gerakan yang terjadi akibat adanya..
a. otot bisep dan otot trisep kontraksi
b. otot bisep otot bisep relaksasi
c. otot bisep kontraksi otot trisep relaksasi
d. otot bisep relaksasi, otot trisep kontraksi
e. Otor trisep kotraksi, otot bisep bisa kontraksi atau relaksasi

7. Adanya persendian memungkinkan munculnya gerak yang sangat bervariasi yang dapat dikontrol. Macam persendian dari hubungan antar tulang dibawah ini yang benar adalah … .
Sendi Engsel Sendi Peluru Sendi Pelana
A Siku dan lutut Tulang atlas dan tulang leher Gerakan ibu jari kaki
B Lutut dan ruas jari Pangkal paha Pergelangan tangan
C Pangkal paha Lutut dan siku Tulang tengkorak
D Ruas – ruas jari Siku dan lutut Gerakan ibu jari
E Telapak tangan Telapak kaki Pergelangan tangan

PREDIKSI

15. Seseorang mengalami kelainan pada tulang belakangnya seperti gambar


Kelainan tulang tersebut dinamakan ...
A. Skoliosis
B. Kofosis
C. Lordosis
D. Fraktura
E. Fisura


  • SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  • KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya


1. Seorang Ibu yang sedang hamil tua pada bagian betisnya nampak adanya guratan berwarna biru. Hal ini disebabkan karena terjadi pelebaran pembuluh vena kaki. Gangguan ini disebut .....
a. Thrombus
b. Embolus
c. Sclerosis
d. Varises
e. Hemoroid

2.Vena yang kembali ke jantung dan membawa CO2 adalah …. .
a. vena renalis dan vena pulmonalis
b. vena pulmonalis dan vena hepatika
c. vena kava superior dan inferior
d. vena kava superior dan vena pulmonalis
e. vena kava inferior dan vena pulmonalis

3.Perhatikan skema proses pembekuan darah berikut !
Urutan yang benar untuk nomor (1), (2) dan (3) adalah.........
A. tromboplastin, anti hemofilia faktor dan fibrin
B. anti hemofilia faktor, fibrin dan tromboplastin
C. tromboplastin, fibrin dan antihemofilia faktor
D. anti hemofilia fktor, tromboplastine dan fibrin
E. fibrin, tromboplastin dan anti hemofilia faktor

4.Hasil laboratorium Soni setelah cek darah trombosit hanya 56.000 butir / ml Soni diduga menderita penyakit ....
A. AIDS
B. tifus
C. hepatitis
D. flu burung
E. demam berdarah

5. Perhatikan gambar skema sistem peredaran darah manusia berikut ini

Pembuluh darah yang ditunjuk oleh X dan Y adalah ...
a. Arteri pulmonalis dan vena kava
b. arteri pulmonalis dan aorta
c. Vena pulmonalis dan aorta
d. Vena pulmonalis dan vena kava
e. Vena kava dan aorta

6. Seseorang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka yang tidak terlalu parah tetapi nyawanya tidak tertolong karena dokter kesulitan menghentikan pendarahan yang kelaur dari lukanya. Kelainan yang diderita korban adalah ....
a. Hemofilia
b. Anemia
c. Leukemia
d. Arteriosklerosis
e. arterisklerosis

7. Fungsi sel darah pada gambar berikut adalah ….
A. mengangkut O2 dan CO2
B. mengangkut hormon
C. membunuh kuman penyakit
D. menggumpalkan darah
E. menjaga suhu tubuh

8. Hasil laboratorium Soni didapatkan jumlah leukosit hanya 3000 butir /ml , Soni diduga menderita penyakit ....
A. AIDS
B. Leukopenia
C. Leukemia
D. flu burung
E. demam berdarah

PREDIKSI
15. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!
Bagan yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....
A. B - 3 - A - 4 - D
B. B - 4 - A - 3 - D
C. C - 2 - B - 4 - A
D. B - 1 - C - 2 - D
E. B - 2 - C - 1 - 3

16. Perhatikan gambar jantung !
Bagian yang diberi no-mor 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah … .
a. vena paru-paru, ventrikel kanan, vena cava
b. vena paru-paru, ventrikel kiri, atrium kanan
c. aorta, ventrikel kiri, vena paru-paru
d. aorta, ventrikel kanan, vena kava bawah
e. vena kanan atas, ventrikel kanan, vena paru-paru


  • SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  • KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem pencernaan manusia dan identifikasi gangguannya


1. Perhatikan gambar !

Berdasarkan gambar yang ditunjuk label B adalah …. .
a. Lambung, berfungsi menampung sementara makanan dan memberikan reaksi asam
b. Duodenum, berfungsi untuk proses enzimatis dan penyerapan
c. Kantong empedu, berfungsi menyimpan cairan empedu untuk mengemulsi lemak
d. Pankreas, berfungsi mengeluarkan tripsin untuk mengubah protein menjadi asam amino
e. Hati, berfungsi menyimpan kelebihan gula menjadi glukogen

2. Berdasarkan gambar organ-organ pencernaan di bawah ini
Pencernaan protein dimulai pada bagian yang bernomor .......
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

3. Salah satu enzim yang dihasilkan oleh organ berlabel Y pada proses
pencernaan makanan berperan untuk memecah molekul … .
a. protein menjadi kasein
b. amilum menjadi disakarida
c. protein menjadi asam amino
d. lemak menjadi asam lemak
e. pepton menjadi asam amino

4. Perhatikan gambar sis-tem organ !
Yang berfungsi sebagai menyerap sari makanan, mencerna makanan secara kimia dan mekanik dalam keadaan asam  serta membentuk darah pada keadaan darurat adalah nomor …. .
1. K, I, H.
2. K, J, H
3. J,  I,  H
4. K, I,  A
5. K, C, A

5.Berdasarkan gambar organ-organ pencernaan manusia di bawah ini, organ pencernaan yang menghasilkan steapsin, tripsin dan amilase adalah .....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

PREDIKSI
17. Perhatikan gambar sistem pencernaan makanan manusia berikut ini
Gangguan sistem pencernaan ulkus terjadi pada bagian ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

18.Perhatikan label hasil uji makanan berikut ini!
Bahan Hsil Uji Makanan Lugol -  Biuret - Benedick
I        Biru - kehitaman biru - biru
II       Coklat - ungu - Merah bata
III      Biru kehitaman - Kuning tua - Merah bata
IV      Hijau - ungu - hijau
V       Coklat tua - ungu - biru
Bahan makanan yang mengandung protein dan glukosa adalah ...
a. I
b. II
c. Ill
d. II dan III
e. IVdanV


NO SOAL 18

  • SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  • KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem pernafasan manusia dan identifikasi gangguannya

1 Perhatikan gambar sistem pernapasan berikut ini!
Pada saat terjadi inspirasi pada pernapasan maka x akan …. .
a. kontraksi dan rongga dada mengecil
b. kontraksi dan rongga dada membesar
c. relaksasi dan rongga dada mengecil
d. relaksasi dan rongga dada membesar
e. tidak bergerak paru-paru membesar

2. Di bawah ini nama-nama organ yang menyusun sistem pernapasan manusia :

  1. alveolus
  2. trakea
  3. bronkiolus
  4. bronkus
  5. rongga hidung

Urutan yang benar jalannya udara pernapasan pada sistem pernapasan
tersebut adalah ........
A. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
B. 5 – 3 – 2 – 4 – 1
C. 5 – 2 – 4 – 3 – 1
D. 5 – 3 – 4 – 2 – 1
E. 5 – 4 – 2 – 3 – 1

3. Mekanisme yang terjadi pada proses inspirasi pernapasan manusia adalah
.......
a. otot diafragma mengerut, diafragma mendatar, volume rongga dada membesar
b. otot diafragma mengerut, diafragma mendatar, volume rongga dada mengecil
c. otot diafragma mengerut, diafragma terangkat, volume rongga dada membesar
d. otot perut mengerut, tulang rusuk terangkat, volume rongga dada membesar
e. otot perut merenggang, tulang rusuk terangkat, volume rongga dada mengecil

4. Perhatikan Gambar

Bila terjadi penumpukan cairan pada paru-paru akan mengganggu proses mengembang dan me-ngempisnya paru-paru. Salah satu kemungkinan penumpukan terjadi pada gambar nomor .... .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

PREDIKSI

Perhatikan gambar !
Berdasarkan gambar organ respirasi sebagai pertukaran oksigen dan karbondioksida berlangsung pada nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

NO SOAL 19 SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan
dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan sistem ekskresi manusia dan identifikasi gangguannya

1. Perhatikan gambar !

Berdasarkan gambar organ ekskresi, yang berfungsi untuk membentuk urine primer berlangsung pada nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

2.Seorang pasien di rumah sakit mengalami gangguan pusing, nausea (muak) dan muntah-muntah.Ternyata setelah darahnya diperiksa di laboratorium mengandung zat-zat sisa urine seperti urea.Hal ini disebabkan karena ginjalnya tidak berfungsi. Penyakit yang dideritanya disebut .........
a. diabetes insipidus
b. albuminuria
c. sinsitis
d. anuria
e. uremia

3. Perhatikan gambar berikut,untuk label x gambar nefron di atas dihasilkan ....

Pada label x gambar nefron di atas dihasilkan ........
a. urine primer
b. uriner sekunder
c. darah bersih
d. urine produktif
e. urine racun

5. Berdasarkan diagram nefron di samping, terjadinya reabsorbsi glukosa dan asam amino
pada bagian yang berlabel .......
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

PREDIKSI
Seseorang diuji urinenya dengan menggunakan larutan benedict dan biuret dengan hasil
seperti pada tabel berikut ini
  • Benedict Biuret
  •  Merah bata Biru Muda
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ia penderita ....
a. Uremia
b. Diabetes melitus
c. Diabetes insipidus
d. Nefritis
e. Albuminuria

NO SOAL 20 SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan
dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
KEMAMPUAN YANG DIUJI:
Mendeskripsikan sistem regulasi manusia dan identifikasi gangguannya
1. Berikut bagian-bagian saraf :
1. Akson
2. Dendrit
3. Reseptor
4. Badan sel saraf
Perjalanan impuls yang sesuai mulai awal sampai sel saraf berikutnya adalah …. .
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 2 – 4
c. 2 – 1 – 4 – 3
d. 3 – 2 – 4 – 1
e. 4 – 2 – 3 – 1

3. Hubungan yang tepat antara hormon dan fungsinya pada manusia terdapat pada ... .
Hormon Fungsi
a. Tiroksin mengatur keseimbangan
b. Adrenalin mengubah glukosa menjadi glikogen
c. Insulin mengubah glukosa menjadi glikogen
d. Estrogen mengatur penyerapan kalsium
e. Testoteron mengatur pengeluaran sperma

4. Tuli konduksi terjadi karena gangguan pada bagian . . . .
a 1 dan 2
b 2 dan 3
c 1 dan 4
d 1 dan 3
e 2 dan 4

4. Urutan jalannya impuls pada gerak refleks bila kaki tersentuh jarum adalah ....
a. reseptor – neuron sensorik – sumsum tulang belakang – otak – neuron motorik – efektor
b. reseptor – neuron sensorik – otak – neuron motorik – efektor
c. reseptor – neuron motorik – otak – sumsum tulang belakang – neuron  sensorik – efektor
d. reseptor – neuron motorik – sumsum tulang belakang – neuron sensorik – efektor
e. reseptor – neuron sensorik – sumsum tulang belakang – neuron motorik – efektor

6. Perhatikan gambar struktur otak berikut ini
Yang ditunjukkan oleh X mempunyai fungsi ....
a mengendalikan tubuh bagian kanan
b mengendalikan suhu tubuh
c mengatur keseimbangan tubuh
d mengatur gerak yang disadari
e mengatur gerak yang tidak disadari

7. Lidah manusia memiliki indra yang dapat merasakan manis, pahit, asin dan pahit tetapi pada kenyataannya manusia dapat membedakan berbagai rasa. Salah satu rasa pada bahan makanan yang dapat diindra manusia adalah rasa pedas. Rasa pedas sebenarnya adalah .....
a sensasi terbakar pada mulut
b rangsangan pada seluruh syaraf sensorik pada papila lidah
c gabungan rasa asin, pahit dan asam
d gabungan rasa asam dan pahit dengan sensasi bau
e Kombinasi rasa asam, pahit dan asin bergantian

8. Perhatikan gambar letak kelenjar endokrin!
Kelenjar yang berlabel X memproduksi hormon yang berfungsi untuk ........
a merubah glukosa menjadi glikogen
b mengatur keseimbangan air pada darah
c mempengaruhi proses metabolisme
d proses penebalan dinding uterus
e mengatur reabsorbsi air pada ginjal

PREDIKSI

20. Hubungan antara fungsi saraf dan organnya yang sesuai adalah …
A. saraf para simpatik mempercepat denyut jantung
B. saraf simpatik melebarkan pupil mata
C. saraf simpatik memacu prosesproses pencernaan
D. saraf simpatik melebarkan arteri
E. saraf para simpatik melebarkan bronkiolus

21. Perhatikan gambar berikut !

Gambar tersebut menunjukkan seseorang telah mengalami …. .
A. Hipermetrop dapat dibantu dengan lensa positif
B. Miop dapat dibantu dengan lensa negatif
C. Hipermetrop dapat dibantu dengan lensa negatif
D. Presbiop dapat dibantu dengan lensa silindris
E. Astigmat dapat dibantu dengan lensa silindris


  • NO SOAL 21 SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
  • KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan sistem reproduksi manusia dan identifikasi gangguannya

1 Berikut nama-nama hormon pada manusia
  1. Estrogen
  2. Folikel Stimulating Hormon (FSH)
  3. Progesteron
  4. Prolaktin
  5. Lituenezing Hormon (LH)
Hormon-hormon yang berpengaruh dalam proses oogenesis adalah .........
A. 1, 2, 3 dan 4
B. 1, 2, 3 dan 5
C. 1, 2, 4 dan 5
D. 1, 3, 4 dan 5
E. 2, 3, 4 dan 5

2. Pada peristiwa sel spermatozoa yang dihasilkan akan melalui saluran tertentu.
Urutan yang benar dari saluran yang dilewati oleh sel spermatozoa dari testis sampai uretra adalah .... a epididimis,vas deferens, vesika seminalis
b vas deferens, epididimis, vesika seminalis, uretra
c vesika seminalis, vas deferens, epididimis
d epididimis, vesika seminalis, vas deferens
e vesika seminalis, epididimis, vas deferens

3. Kehamilan seoraang wanita dapat diketahui pada tahap yang dini dengan dilakukan tes urine sederhana dengan indikator tertentu. Kandungan urine wanita hamil yang dapat menjadi penanda adanya kehamilan adalah adanya hormon ...
a progresteron
b estrogen
c insulin dan estrogen
d prolaktin
e Chorionic gonadotropin

4. Perhatikan skema siklus menstruasi berikut ini!
Hormon X dan Y secara berurutan adalah ......
a. Estrogen – Oksitosin
b. Estrogen – Progesteron
c. Progesteron – Estrogen
d. Oksitosin – Estrogen
e. Oksitosin – Progesteron


PREDIKSI

Perhatikan gambar struktur alat reproduksi wanita berikut ini

Pada saat perkawinan tempat terjadinya fertilisasi dan perlekatan embrio secara berurutan ditunjukkan oleh bagian ...
a 1 dan 3
b 2 dan 3
c 4 dan 2
d 3 dan 5
e 4 dan 5

Support web ini

BEST ARTIKEL