Saturday, November 14, 2009

SOAL PROTISTA

Pagi ini saya akan upload soal soal Protista yang meski susah namun harus terus latihan OK

SOAL 

Pilihlah jawaban yang benar dari soal di bawah ini !

1. Kingdom yang membicarakan tentang algae, protozoa dan jamur air adalah
a. Monera
b. Fungi
c. Protista
d. Plantae
e. Animalia

2. Klasifikasi Protozoa  (Protista mirip hewan) didasarkan pada...
a. macam alat geraknya
b. bentuk tubuhnya
c. cara bergeraknya
d. cara hidupnya
e. cara memperoleh makanannya...

3. FLAGELUM ,artinya….
a. bulu cambuk
b. bulu getar
c. bulu halus
d.bulu halus
e. bulu rambut

4. Mastigopora sering disebut juga Kelas
a. ciliata
b .flagelata
c. protozoa
d. Sporozoa
e. Rhizopoda

5. Salah satu contoh cilata…
a. Paramecium
b. Amuba
c. Tripanosoma
d. Leishmania
e. Foraminifera

6. Di bawah ini adalah bagian tubuh protozoa, kecuali …
a. membran sel
b. ribosoma
c. cilia
d. vacuola
e. dinding sel

7. Diantara golongan protozoa dibawah ini yang menyebabkan penyakit diare...
a. Entamoeba coli
b. Entamoeba histolitica
c. Trypanosoma evansi
d. Giardia lambia
e. Trypanosoma gambiense

8. Perbedaan antara Euglena dengan Paramecium adalah...
a. mempunyai alat gerak
b. mempunyai inti sel
c. mempunyai vakuola
d. mempunyai kloroplas
e. dapat berkembang biak

9. Diantara protozoa dibawah ini yang termasuk Ciliata adalah...
a. Chamydomonas, Euglena, dan Volvox
b. Didinium, Vorticella, dan Chamydomonas
c. Didinium, Vorticella, dan Volvox
d. Euglena, Volvox, dan Stentor
e. Didinium, Vorticella, dan Stentor

10. Anggota protozoa berikut yang memiliki vakuola kontraktil, dengan 2 inti  yang terlihat pada gambar adalah ...

a. Entamoeba histolytica
b. Amoeba proteus
c. Plasmodium malariae
d. Euglena viridis
e. Paramecium caudatum

11.Bagian tubuh Paramecium yang mengatur proses perkembangbiakan adalah...
a. makronukleus
b. sitosome
c. mikronukleus
d. vakuola
e. nukleus

12. Pada Protozoa yang hidup di air tawar didalam sitoplasmanya terdapat organel yang berfungsi untuk osmoregulasi yaitu...
a. vakuola
b. membran plasma
c. inti sel
d. vakuola kontraktil
e. sitoplasma

13. Fagositosis adalah proses pemasukan makanan yang terjadi pada...
a. Euglena
b. Amoeba
c. Plasmodium
d. Stentor
e. Paramecium

14. Zigot yang terbentuk selama siklus hidup plasmodium berada di dalam...
a. kelenjar ludah
b. darah manusia
c. usus nyamuk
d. sistem limfatik manusia
e. hati manusia

15. Berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, Phytomastigina dapat dikelompokan sebagai organisme...
a. heterotrof
b. produsen
c. dekomposer
d. konsumen
e. parasit

16. Malaria tertiana disebabkan oleh...
a. Plasmodium vivax
b. Plasmodium malariae
c. Plasmodium ovale
d. Plasmodium falciparum
e. Plasmodium tropicana

17. Seorang siswa menemukan protozoa air tawar dengan bentuk seperti genta atau lonceng, menempel pada substrat dan dapat berkontraksi memanjang-memendek. Protozoa yang dimaksud...
a. Euglena viridis
b. Vorticella
c. Paramecium caudatum
d. Didinium
e. Amoeba proteus

18. Pada Amoeba proteus proses ekskresi dilakukan melalui...
a. kaki semu
b. proses osmosis
c. vakuola kontraktil
d. inti sel
e. membran sel

19. Fosil dari Rhizopoda yang dapat digunakan sebagai petunjuk dalam usaha mencari minyak bumi...
a. Radiolaria
b. Foraminifera
c. Amoeba
d. Paramecium
e. Giardia

20. Reproduksi aseksual plasmodium berlangsung di dalam tubuh manusia. Proses ini berlangsung pada...
a. plasma darah
b. eritrosit
c. leukosit
d. trombosit
e. semua benar

21. Kata Protista berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos dengan arti ... dan kristos dengan arti ...

a. Pertama/Mula - mula dan Menyusun/Membuat
b. Menyusun/membuat dan pertama/mula-mula
c. Awal dan akhir
d. Membuat dan waktu
e. Waktu awal dan menyusun
 
22.Protista bereproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara ...
a. Isogami, pembelahan biner dan konjugasi
b. Pembelahan biner, isogami dan transformasi
c. Isogami, anisogami, dan oogami
d. Anisogami, oogami dan konjugasi
e. Oogami, isogami dan pembelahan biner
 
23. Berikut ini yang bukan merupakan ciri - ciri umum kingdom protista ...
a. Bersel satu atau bersel banyak
b. Bersifat eukariotik
c. Bergerak aktif
d. Cara makannya ada yang autotrof, fagositosis dan ekstraseluler
e. Merupakan organisme prokariotik
 
24. Ilmu yang mempelajari tentang protozoa disebut ...
a. Prozoologi
b. Protozoologi
c. Etnozoologi
d. Tokzinologi
e. Zoologi
 
25. Struktur tubuh protozoa yaitu ...
a. Dinding sel, pili, flagelum, ribosom, mesosom dan kapsul
b. Dinding sel, membran sel, flagelum, inti sel dan kapsul
c. Inti sel, fili, mesosom dan flagelum
d. Membran sel, membran plasma, inti sel, vakuola kontraktil dan vakuola makanan
e. Membran, inti sel, vakuola kontraktil, vakuola makanan dan mesosom
 
26. Protista dapat dibedakan menjadi tiga kelompok besar, yaitu ...
a. Protista mirip hewan, protista mirip tumbuhan dan protista mirip jamur
b. Protista mirip hewan, protista mirip jamur dan protista mirip bunga
c. Protista mirip tumbuhan, protista mirip amoeba dan protista mirip hewan
d. Protista mirip hewan, protista mirip kaktus dan protista mirip bakteri
e. protista mirip hewan dan protista mirip tumbuhan
 
27. Protozoa dibagi menjadi empat filum yaitu Sarcodina, Mastigophora, Ciliata dan Sporozoa berdasarkan ...
a. Habitatnya
b. Tingkah lakunya
c. Cara memperoleh makanan
d. Alat gerak
e. Cara memperoleh oksigen
 
28. Ciri yang paling mudah diamati pada amoeba adalah ...
a. Mempunyai kaki
b. Mempunyai inti sel
c. Merupakan prokariotik
d. Hidup di air tawar
e. Bentuknya yang tidak tetap atau selalu berubah - ubah
 
29. Flagellata dibagi menjadi dua kelompok, yaitu ...
a. Sarcodina dan mastigophora
b. Zooflagellata dan fitoflagellata
c. Zooflagellata dan mastigophora
d. Mastigophora dan fitoflagellata
e. Fitoflagellata dan sarcodina
 
30. Contoh ciliata yang hidup bebas, yaitu ...
a. Stentor
b. Zooflagellata
c. Mastigophora
d. Sarcodina
e. Fitoflagellata
 
31. Filum phaeophyta memiliki pigmen cokelat yang disebut ...
a. Karaginan
b. Tetraspora
c. Fukosantin
d. Spermatium
e. Rodoplas
 
32. Alga dibedakan menjadi alga subaeril, alga intertidal, alga sublitoral, dan alga edafik berdasarkan ...
a. Tingkah lakunya
b. Alat geraknya
c. Habitatnya
d. Cara memperoleh makanan
e. Bentuknya
 
33.  Ganggang merah yang banyak dijadikan bahan makanan, yaitu ...
a. Gelidium
b. Macrocystis
c. Manitol
d. Euglenoid
e. Metaboli
 
34.  Penyakit leismaniasis viseral disebabkan oleh Flagellata jenis
a. Leishmania tropica
b. Leishmania donovani
c. Trypanosoma evansi
d. Trypanosoma gambies
e. Trypanosoma gingivalis
 
35. Contoh anggota filum ciliata yang paling terkenal adalah ...
a. Plasmodium
b. Toxoplasma
c. Anopheles
d. Balantidium
e. Paramecium


36. Bulu cambuk adalah alat gerak pada salah satu organisme...
a. Amoeba
b. Paramevium
c. Plasmodium
d. Trypanosoma
e. Vorticella

37. Hewan protozoa yang tergolong dalam Rhizopoda mempunyai ciri khas yaitu...
a. mampu membentuk kista
b. bergerak dengan flagela
c. mampu cilia
d. berklorofil
e. dapat membentuk pseudopodia

38. Dibawah ini yang termasuk kelompok alga kekemasan adalah...
a. Euglena
b. Volvox
c. Spirogyra
d. Navikula
e. Chollera

39. Perhatikan gambar dibawah ini

Protista yang bersifat patogen pada tanaman Solanum tubrerosum yang terlihat diatas adalah...
a. Saproleginia
b. Phytophthora
c. Chorella
d. Amoeba
e. Volvox

40. Di bawah ini merupakan cara perkembangan Chlorococum, kecuali...
a. aseksual
b. seksual
c. isogami
d. anisogami
e. zoospora



41 Ciri-ciri Protista sebagai berikut!

  1. Tubuhnya berwarna merah
  2. Tidak mempunyai flagella
  3. Makanan cadangan berupa laminarin
  4. Dinding selnya tersusun atas pectin

Kelompok organism yang tergolong dalam Rhodophyta mempunyai ciri-ciri nomor . . . .
a.    1) dan 2)
b.    1) dan 3)
c.     1) dan 4)
d.    2) dan 4)
e.    4) dan 4)

42. Perhatikan gambar ini    



Asam Alginat sebagai bahan pembuatan es krim, cat, kosmetik, dan tekstil dapat diekstrasi dari spesies .
a.    Gracillaria dan Chondrus
b.    Fucus dan Gracillaria
c.     Laminaria dan Fucus
d.    Sargassum dan Spirogyra
e.    Gelidium dan Eucheuma

43. Anggota Protista yang tidak dapat dikonsumsi sebagai makanan adalah . . . .
a.    Laminaria
b.    Gelidium
c.     Navicula
d.    Chondrus
e.    Gracillaria

44.   Protista yang mempunyai bentuk klooroplasnya menyerupai  spiral yang terlihat pada gambar adalah . . . .

a.    Navicula
b.    Vaucheria
c.     Spirogyra
d.    Chlorella
e.    Chlamydomonas

45. Ciri Chlorophyta yang membedakan dengan Algae lain yaitu . . . .
a.    Habitatnya di perairan
b.    Bersifat fotoautotrof
c.     Mempunyai pigmen tambahan
d.    Mempunyai pigmen dominan berupa klorofil
e.    Mempunyai pirenoid untuk menyimpan makanan cadangan

46.  Anggota dari filum Chlorophyta yang hidupnya berkoloni yaitu . . . .
a.    Synura dan Volvox
b.    Chlorella dan Hydrodictyon
c.     Hydrodictyon dan Volvox
d.    Chlorella dan Chlamydomonas
e.    Chlamydomonas dan Hydrodictyon

47. Ganggang yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit gondok adalah . . . .
a.    Ulva
b.    Enteromorpha
c.     Laminaria
d.    Eucheuma
e.    Gelidium

48. Chlorococcum merupakan Chlorophyta yang kloplasnya berbentuk . . . .
a.    Cakram
b.    Bulat
c.     Mangkuk
d.    Spiral
e.    Jalan

49. Perhatikan gambar ini



Reproduksi aseksual ganggang Chara pada gambar dilakukan dengan cara . . . .
a.    Membelah diri
b.    Fragmentasi
c.     Konjugasi
d.    Membentuk zoospora
e.    Membentuk zigospora

50.  Pigmen dominan yang terdapat dalam Phaeophyta adalah . . . .
a.    Xantofil
b.    Fikobilin
c.     Klorofil a
d.    Klorofil b
e.    Fukosantin


51. Perhatikan gambar ini 



Reproduksi aseksual pada amoeba adalah dengan cara....
a.    Konjugasi
b.    Fragmentasi
c.     Spora
d.    Membelah diri
e.    Autogami

52.  Laut pada malam hari tampak bercahaya karena akibat dari fosforesensi dari organisme....


a.    Dinoflagellata
b.    Euglena
c.     Clorella
d.    ulva
e.    Noctiluca

53.  Perhatikan gambar berikut   
Penyebab penyakit tidur yang sering terjadi di afrika adalah….
a.    5
b.    4
c.     3
d.    2
e.    1

54.  Pernyataan berikut yang benar mengenai Paramaecium adalah….
a.    Hidup parasit dalam tubuh hewan
b.    Habitat di laut
c.     Tubuh memiliki cangkang
d.    Bergerak dengan flagel
e.    Melakukan reproduksi secara konjugasi

55.  Plasmodium yang berada didalam kelenjar ludah nyamuk disebut....


a.    Ookinet
b.    Sporozoid
c.     Merozoid
d.    Mikrogamet
e.    Makrogamet

56.  Contoh protista yang mirip hewan adalah....
a.    Jamur lendir
b.    Amoeba
c.     Alga merah
d.    Physarium
e.    nostoc

57.  Sekelompok siswa sedang mengamati mikroorganisme yang diambil dari air sawah di sekitar sekolah mereka. Setelah diamati di bawah mikroskop ternyata ditemukan mikroorganisme yang berbentuk seperti benang, berwarna hijau, dan kloroplasnya berbentuk pita spiral. Mikroorganisme yang dimaksud adalah .
a.    spirogyra
b.    Fucus
c.     Chlorella
d.    Ulva
e.    Chlamydomonas

58.  Kita bisa menjumpai Protozoa di ....
a.    Air laut/tawar
b.    Tempayt lembab
c.     Pohon
d.    Batu-batuan
e.    Kebun

59.  Ada ahli yang menyebut Euglena sebagai hewan ,karena....
a.    Punya kloroplas
b.    Hidupnya soliter
c.     Punya flagell
d.    Reproduksinya dengan konjugasi
e.    Bisa bergerak aktif

60.  Kelompok alga yang dapat digunakan untuk membuat agar-agar adalah….
a.    Ulva,clorella,sargasum
b.    Laminaria, turbinaria,focus
c.     Eucheuma,Gelidium,Gracilaria
d.    Ulothrix,Oedogonium,ulva
e.    Volvox,Spyrogyra,Protococcus

61. Masa sporulasi Plasmodium malariae adalah ....
a.    1 x 24 jam
b.    2 x 24 jam
c.     3 x 24 jam
d.    4 x 24 jam
e.    5 x 24 jam

62. Alga yang dikenal sebagai selada laut adalah…. 



a.    Spyrogyra
b.    Ulva
c.     Euglena
d.    Nostox
e.    Sargassum

63. Malaria tertiana disebabkan oleh ....
a.    Nyamuk anopeles
b.    Plasmodium malariae
c.     Plasmodium vivak
d.    Plasmodium falciparum
e.    Plasmodium immaculatum

64. Flagellata mencari makanan dari sisa hewan yang telah mati,karena itu Flagellata bersifat....

Image result for phagosit flagelata
a.    Saprozoik
b.    Saprofitk
c.     Soliter
d.    Konjugasi
e.    Koloni

65. Perhatikan gambar protozoa di bawah!   


Nama jenis dan kelas makhluk hidup tersebut adalah….
a.    Euglena viridis kelas ciliate
b.    Euglena viridis kelas Flagellata
c.     Paramaecium caudatum kelas Ciliata
d.    Paramaecium caudatum kelas Rhizopod
e.    Paramaecium caudatum kelas Flagellata

66. Protista yang bisa berfotosintesis adalah ...

a.    Volvok giblator
b.    Paramaecium caudatum
c.     Euglena viridis
d.    Amoeba proteus
e.    Stentor Sp

67. Pada tubuh protozoa terdapat vakula kontraktil yang berfungsi untuk ....
a.    Mencernakan makanan
b.    Mengedarkan oksigen
c.     Penghantar rangsang
d.    Membuang sisa makanan berupa cairan
e.    Menerima cahaya

68. Foraminifera termasuk Filum Rhizopoda yang bermanfaat bagi manusia karena dapat digunakan sebagai ....
a.    Sumber protein tinggi
b.    Petunjuk adanya minyak bumi
c.     Obat-obatan
d.    Sumber silikat
e.    Pakan ikan

69. Contoh protista yang mirip tumbuhan adalah ....
a.    Volvok globator
b.    Physarium
c.     Jamur lendir
d.    Paramaecium
e.    Euglena viridis

70. Protista kedudukannya lebih tinggi dari Monera karena bersifat ....
a.    eukariotik
b.    prokariotik
c.     parasitik
d.    saprofit
e.    mutualistik

71. Perhatikan gambar berikut!   
 
Alga tersebut pada gambar termasuk ke dalam alga….
a.    Chlorophyta
b.    Crysophyta
c.     Rhodophyta
d.    Euglenophyta
e.    Phaeophyta

72. Perhatikan pernyataan berikut: 1. Soliter/koloni 2. Uniselluler 3 .Multiseluller 4 .Prokariotik Yang merupakan cirri protista adalah....
a.    1,2,3,4
b.    1,2,4
c.     2,3,4
d.    1,3
e.    3,4

73. Perhatikan gambar berikut ini . 

Gambar alga tersebut  adalah…. 
a.    Ulva lactuca
b.    Gelidium
c.     Turbinaria
d.    Fucus
e.    Sargassum

74. Yang mempunyai alat gerak cilia adalah ....
a.    Amoeba
b.    Euglena
c.     Hidrilla
d.    Paramaecium
e.    Plasmodium

75. Organela pada Ciliata yang bertanggung jawab mengatur reproduksi adalah ....

a.    vakuola kontraktil
b.    vakuola makanan
c.     sitastoma
d.    makronukleus
e.    mikronukleus

76. Flagellata yang menyebabkan penyakit tidur dan dibawa oleh lalat Tse-Tse adalah….
a.    Euglena
b.    Trypanosoma gambiens
c.     Trypanosoma evansi
d.    Trichomonas vaginalis
e.    Leishmania

77. Perhatikan gambar berikut!   
Nama protista di atas adalah….
a.    Vorticella
b.    Stentor
c.     Didinium
d.    Euglenophyta
e.    Phaeophyta

78. Rhodophyta merupakan alga yang mempunyai pigmen….
a.    Clorofil
b.    Fikosianin
c.     Fikoeritrin
d.    Fukoksantin
e.    Melanin

79. Rhizopoda yang bermanfaat bagi manusia adalah….
a.    Escherichia coli dan Entamoeba gingivalis
b.    Entamoeba hystolytica dan Foraminifera
c.     Escherichia coli dan Trypanosoma gambiense
d.    Escherichia coli dan Entamoeba hystolityca
e.    Escherichia coli dan Radiolaria

80. Rhizopoda penyebab penyakit disentri adalah….
a.    Entamoeba histolyca
b.    Entamoeba gingivalis
c.     Radiolaria
d.    Euglena
e.    Noctiluca miliaris
 


81.  Paramilon merupakan makanan cadangan organism yang tergolong dalam filum . . . .
a.    Pyrrophyta
b.    Bacillariophyta
c.     Paeophyta
d.    Chrysophyta
e.    Euglenophyta

82.  Anggota Protista yang sebagian besar anggotanya hidup di laut tergolong dalam filum . . . .
a.    Chrysophyta dan Euglenophyta
b.    Euglenophyta dan Chlorophyta
c.     Phaeophyta dan Rhodophyta
d.    Rhodophyta dan Euglenophyta
e.    Chrysophyta dan Phaephyta

83.  Sisa-sisa cangkang Diatomae dapat dimanfaatkan sebagai bahan-bahan berikut, kecuali . . .
.

a.    Bahan peledak
b.    Bahan penggosok
c.     Bahan campuran semen
d.    Bahan pelekat pada industri plastik
e.    Bahan dalam pembuatan saringan

84.  Perkembangbiakan seksual Spirogyra dilakukan dengan cara . . . .
a.    Membentuk zoospore
b.    Pembelahan biner
c.     Konjugasi
d.    Fragmentasi filamen
e.    Metagenesis

85.  Seorang peneliti menemukan Algae dengan ciri uniseluler, bergerak aktif, hidup di laut, dan mampu memendarkan cahaya pada kondisi gelap. Algae tersebut tergolong dalam . . . .
a.    Chlorophyta
b.    Euglenophyta
c.     Pyrrhophyta
d.    Phaeophyta
e.    Rhodophyta



86.    Pigmen utama pada Chlorophytha adalah....
a.    Fikosantin                                 
b.    Klorofil
c.     Fikoeritrin            
d.    Fikosianin
e.    Xantofil   

87.Spirogyra sp. berkembang biak secara generatif dengan cara ....
a.    fragmentasi 
b.    pembelahan biner
c.     konjugasi                 
d.    oogami
e.    zoospora

88. Berikut ini contoh beberapa jenis ganggang ....

  1. Chlorella sp.                                                   
  2. Chlamydomonas sp.                                        
  3. Spyrogyra sp. 
  4. Ulva sp.
  5. Chara sp.
Ganggang hijau yang berbentuk sel tunggal adalah ....
a. 1 dan 2                                                              
d. 3 dan 4
b. 1 dan 3                                                             
e. 4 dan 5
c. 2 dan 3

89. Protista mirip Jamur dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu....
a.    Zygomycota, Ascomycota, Oomycota               
b.    Myxomycota, Acrasiomycota, Oomycota          
c.     Basidiomycota, Myxomycota, Oomycota
d.    Ascomycota, Myxomycota, Oomycota
e.    Basidiomycota, Acrasiomycota, Oomycota

90/. Protista mirip jamur yang merupakan parasit pada tembakau adalah ....
a.    Saprolegnia sp.                                           
b.    Phytophtora nicotinae
c.     Plasmophora viticola                                
d.    Phytophtora palmifera
e.    Phytophtora infestan

B. Soal Pilihan

A Jika pilihan 1,2, dan 3 benar
B. Jika pilihan 1 dan 3 benar
C. Jika pilihan 2 dan 4 benar
D. Jika pilihan 4 benar
E. Jika pilihan 1,2,3, dan 4 benar

1. Pengelompokkan protozoa menjadi empat kelas berdasarkan .....
1. Susunan tubuhnya
2. Cara hidupnya
3. Cara reproduksi
4. Alat geraknya

2. Jenis protozoa yang memilki alat gerak adalah.....
1. Trypanosoma gambiense
2. Amoeba proteus
3. Stentor
4. Plasmodium

3. Manakan peryataan berikut yang benar tentag dua jenis inti yang terdapat pada paramecium....
1. Makronukleus mengendalikan kegiatan fisiologis
2. Mikronukleus mengatur proses pencernaan
3. Mikronukleus mengatur reproduksi generatif
4. Makronukleus mengendalikan reproduksi generatif

4. Yang termasuk ciri-ciri dari flagellata adalah sebagai berikut.
1. Memiliki klorofil
2. Mempunyai bulu cambuk
3. Tidak memiliki rangka luar
4. Memilki rangka luar

5. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri flagellata adalah....
1. Uniseluler
2. Bentuk tubuhnya tetap
3. Alat gerak berupa flagela
4. Memiliki rangka luar

6. Fase-fase manakah dari perkembangan Plasmodium yang terjadi di dalam tubuh
Manusia adalah.....
1. Makrogametosit
2. Mikrogametosit
3. Merozoit
4. zigot

7. di bawah ini termasuk kelompok Chlorophyta, kecuali....
1. Spirogyra
2. Volvox
3. Chlamidomonas
4. Ochromonas

8. Anggota protozoa yang mempunyai bentuk tubuh yang tetap tergolong dalam........
1. Rhizopoda
2. Ciliata
3. Sporozoa
4. flagellata

9. Ciliata yang menyebabkan penyakit pada manusia adalah.......
1. Stentor
2. Paramecium
3. Trypanosoma
4. Balantidium

10. Di bawah ini adalah anggota dari oomycota kecuali..........
1. Saprolegnia
2. Dictyostelium discoideum
3. Phytopphthora infestan
4. Physarum


Peryataan sebab-akibat

Pilihlah
A jika peryataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
B jika peryataan benar, alasan benar, keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
C jika peryataan benar, alasan salah
D jika peryataan salah, alasan benar
E jika keduanya , baik peryataan maupun alasan salah

  1. Semua anggota protozoa dapat melakukan proses pergerakkan SEBAB alat gerak dimiliki oleh sebagian besar anggota protozoa
  2. Balantidium coli berbeda dengan Entamoeba histolitika dalam hal tempat hidupnya di dalam tubuh manusia SEBAB kedua jenis protozoa ini menyebabkan gejala berbeda
  3. Euglena viridis mampu merespon terhadap cahaya yang masuk keperairan SEBAB protozoa ini memiliki kloroplas di dalam tubuhnya
  4. Amoeba tidak melakukan proses respirasi SEBAB di dalam tubuh Amoeba tidak terdapat organel respiratoris
  5. Phytomastigina berbeda dengan zoomastigina dala hal alat geraknya SEBAB Phytomastigina tidak memiliki alat gerak.


Esai

  1. Jelaskan daur hidup Plasmodium dalam tubuh manusia dan tubuh nyamuk!
  2. Jelaskan fungsi konjungsi dalam perkembangbiakkan sexsual pada paramecium!
  3. Sebutkan beberapa anggota protozoa yang menguntungkan bagi kehidupan manusia beserta perananya!
  4. Jelaskan perkembangbiakkan sexsual pada Oomicotina!
  5. Sebutkan tiga divisi ganggang beserta masing-masing contohnya!
  6. Protista memilik anggota yang dapat dikategorikan sebagai kelompok hewan dan kelompok tumbuhan.Tuliskan nama divisio atau phyllum dari anggota protista tersebut!
  7. Di rumah dan sekitar rumah kita dapat menemukan protista. Tuliskan tempat dimana saja disekitar kita yang dapat kita perkirakan ditemukannya protista!
  8. Tuliskan 2 macam protista yang bermanfaat bagi manusia!
  9. Jelaskan mengapa Euglena dianggap mirip tumbuhan dan hewan!
  10. Penyakit yang disebabkan Plasmodium malariae adalah …
  11. Protozoa yang tidak mempunyai alat gerak adalah …
  12. Alat gerak pada Amoeba adalah …
  13. Jelaskan alasan tubuh Alga disebut thalus?
  14. Apakah dasar penggolongan Alga? Sebutkan penggolongannya?
  15. Apakah fungsi plastida dan pigmen?
  16. Jelaskan manfaat Chlorella!
  17. Sebutkan Alga yang bermanfaat bagi kehidupan manusia?
  18. Apakah persamaan jamur lendir dengan ciri-ciri kelompok jamur sejati? 
  19. Mengapa jamur lendir Digolongkan protista? 
  20. Jelaskan!

Thursday, November 12, 2009

SKL 1 KEANEKA RAGAMAN




KEANEKARAGAMAN HAYATI
  • Keanekaragaman hayati tidak saja terjadi antar jenis, tetapi dalam satu jenis pun terdapat keanekaragaman. 
  • Adanya perbedaan warna, bentuk, dan ukuran dalam satu jenis disebut variasi atau varian atau seriang disebut dengan keaneka ragaman genetik 
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tingkatan keanekaragaman hayati, simak uraiannya berikut ini:


Keaneka ragaman hayati /mahkluk  dibagi menjadi 3
  1.  Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen 
  2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Species
  3. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem 
1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
  • Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat gen? 
  • Untuk menemukan jawaban ini, cobalah amati tanaman bunga mawar. 
  • Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna-warni, dapat berwarna merah, putih atau kuning. 
  • Atau pada tanaman mangga, keanekaragaman dapat Anda temukan antara lain pada bentuk buahnya, rasa, dan warnanya. 
  •  Demikian juga pada hewan. Anda dapat membandingkan ayam kampung, ayam hutan, ayam ras, dan ayam lainnya. 
  • Anda akan melihat keanekaragaman sifat antara lain pada bentuk dan ukuran tubuh, warna bulu dan bentuk pial (jengger).
  • Keanekaragaman warna bunga pada tanaman mawar
  • Keanekaragaman bentuk, rasa, warna pada buah mangga, 
  • Keanekaragaman sifat, warna bulu dan bentuk pial pada ayam, ini semua disebabkan oleh pengaruh perangkat pembawa sifat yang disebut dengan gen. 
  • Semua makhluk hidup dalam satu spesies/jenis memiliki perangkat dasar penyusun gen yang sama. 
  • Gen merupakan bagian kromosom yang mengendalikan ciri atau sifat suatu organisme yang bersifat diturunkan dari induk/orang tua kepada keturunannya.
  • Gen pada setiap individu, walaupun perangkat dasar penyusunnya sama, tetapi susunannya berbeda-beda bergantung pada masing-masing induknya. 
  • Susunan perangkat gen inilah yang menentukan ciri atau sifat suatu individu dalam satu spesies.
Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen?
  • Perkawinan antara dua individu makhluk hidup sejenis merupakan salah satu penyebabnya. 
  • Keturunan dari hasil perkawinan memiliki susunan perangkat gen yang berasal dari kedua induk/orang tuanya. 
  • Kombinasi susunan perangkat gen dari dua induk tersebut akan menyebabkan keanekaragaman individu dalam satu spesies berupa varietas-varietas (varitas) yang terjadi secara alami atau secara buatan. 
  • Keanekaragaman yang terjadi secara alami adalah akibat adaptasi atau penyesuaian diri setiap individu dengan lingkungan, seperti pada rambutan. 
  • Faktor lingkungan juga turut mempengaruhi sifat yang tampak (fenotip) suatu individu di samping ditentukan oleh faktor genetiknya (genotip).
  • Sedangkan keanekaragaman buatan dapat terjadi antara lain melalui perkawinan silang (hibridisasi), seperti pada berbagai jenis mangga.
Prinsipnya keanekaragaman ini
  1. menekankan pada variasi artinya ia masih satu jenis tetapi macamnya beda , jika yang berbeda itu dikawinkan tetap menurunkan keturunan fertil.
  2. dalam penulisan sistem tata nama ganda (binomial nomenclature) Keaneka ragaman genetik ini terlihat pada penamaan dua nama dalam aturan penulisan species sama , artinya dua organisme itu ditulis dengan nama yang sama . Kelapa kopyor (Cocos nucifera) kelapa gading ( Cocos nucifera)
  • Berbagai mangga , pisang , ayam , kucing , mawar dll adalah contoh keaneka ragaman genetik.
  • Pada manusia juga terdapat keanekaragaman gen yang menunjukkan sifat-sifat berbeda, antara lain ukuran tubuh (besar, kecil, sedang); warna kulit (hitam, putih, sawo matang, kuning); warna mata (biru, hitam, coklat), serta bentuk rambut (ikal, lurus, keriting).
  • Cobalah perhatikan diri Anda sendiri! Ciri atau sifat apa yang Anda miliki? Sesuaikan dengan uraian di atas?
Jadi gampangnya begini
  1. Keaneka ragaman gen itu harus satu spevies
  2. Cara menuliskan species itu harus penamaan dua nama dalam binomial nomenclaturenya harus sama
  3. Jika namanya hanya bagian depannya yang sama ( sama genus ) itu tidak masuk dalam kategori Keaneka ragaman gen OK
  4. Dan yang paking penting lagi makhluk hidup yang kelihatannya berbeda itu Jika dikawinkan masih menurunkan keturunan ( Fertil) maka ia masih dalam satu species sehingga masih dalam Keaneka ragaman Genetik OK
  5. Contoh mudah berbagai ras manusia adalah tetap Homo sapiens karena jika mereka kawin antar rasnya masih fertil OK
  6. Jeruk Bali dengan Jeruk Nipis meskipun sama sama jeruk tidak satu species , Citrus maxima = Jeruk Bali , Citrus nobilis = Jeruk nipis , Mengapa demikian karema keduanya hanya sama dalam tingkat Genus , Speciesnya berbeda OK Jeruk bali  Citrus maxima ukurannya besar  , Jeruk nipis   Citrus nobilis ukurannya kecil , dan jika dikawinkan pasti nggak menurunkan keturunan , pasti kan nggak mungkin ada jeruk nipis seukuran bali .Juga beraneka ragaman buah ini adalah keaneka ragaman species 

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis
  • Dapatkah Anda membedakan antara tumbuhan kelapa aren, nipah dan pinang? 
  • Atau membedakan jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang buncis, kacang kapri, dan kacang hijau? 
  • Atau Anda dapat membedakan kelompok hewan antara kucing,harimau, singa dan citah? 
  • Jika hal ini dapat Anda bedakan dengan benar, maka paling tidak sedikitnya anda telah mengetahui tentang keanekaragaman jenis.
Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhan atau hewan, anda dapat mengamati, antara lain ciri-ciri fisiknya.
  • Misalnya bentuk dan ukuran tubuh,warna, kebiasaan hidup dan lain-lain. 
  •  Contoh, dalam keluarga kacang-kacangan, antara lain; kacang tanah, kacang kapri, kacang hijau dan kacang buncis. 
  • Di antara jenis kacang-kacangan tersebut 
  • Anda dapat dengan mudah membedakannya, karena antara mereka ditemukan ciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. 
  • Misalnya ukuran tubuh atau batang (ada yang tinggi dan pendek); kebiasaan hidup (tumbuh tegak, ada yang merambat), bentuk buah dan biji, warna biji, jumlah biji, serta rasanya yang berbeda. 
  • Berbagai ikan
  • Contoh lain, keanekaragaman pada hewan harimau, singa, citah dan kucing. 
  • Walaupun hewan-hewan tersebut termasuk dalam satu familia/suku Felidae, tetapi diantara mereka terdapat perbedaan-perbedaan sifat yang mencolok. Misalnya, perbedaan warna bulu, tipe lorengnya, ukuran tubuh, tingkah laku, serta lingkungan hidupnnya 
  • Dari contoh-contoh di atas, Anda dapat mengetahui ada perbedaan atau variasi sifat pada kucing, harimau, singa dan citah yang termasuk dalam familia/suku Felidae. 
  • Variasi pada suku Felidae ini menunjukkan keanekaragaman pada tingkat jenis. 
Prinsipnya keanekaragaman species ini
  1. jika anggota mahkluk yang berbeda itu dikawinkan tidak lagi menurunkan keturuna ( Steril)
  2. Penulisan nama species dalam binomial nomenclature kedua organismenya tidak sama , misal kucing Felis familiaris , singa Felis leo , jadi jika sama dalam tingkat genus itu keanekaragaman species 
  • Demikian pula pada kelompok tumbuhan yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah akan memperlihatkan perbedaan-perbedaan sifat pada tinggi batang, daun dan bunga. 
  • Contohnya kelapa, aren, pinang, dan lontar, seperti tampak pada tabel pengamatan berikut ini. 
  • Hal yang sama terdapat juga pada tanaman kelapa, aren, pinang, dan lontar yang termasuk suku Palmae atau Arecaceae.

3. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem
  • Di lingkungan manapun Anda di muka bumi ini, maka Anda akan menemukan makhluk hidup lain selain Anda. 
  • Semua makhluk hidup berinteraksi atau berhubungan erat dengan lingkungan tempat hidupnya. 
  •  Lingkungan hidup meliputi komponen biotik dan komponen abiotik. 
  • Komponen biotik meliputi berbagai jenis makhluk hidup mulai yang bersel satu (uni seluler) sampai makhluk hidup bersel banyak (multi seluler) yang dapat dilihat langsung oleh kita. 
  • Komponen abiotik meliputi iklim, cahaya, batuan, air, tanah, dan kelembaban. 
  • Ini semua disebut faktor fisik. 
  • Selain faktor fisik, ada faktor kimia, seperti salinitas (kadar garam), tingkat keasaman, dan kandungan mineral.
  • Baik komponen biotik maupun komponen abiotik sangat beragam atau bervariasi. 
  • Oleh karena itu, ekosistem yang merupakan interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik pun bervariasi pula. 
  •  Di dalam ekosistem, seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalamnya selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. 
  • Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem. 
Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman tingkat ekosistem?
Secara sederhana kita bisa menggunakan patokan letak lintang ( lihat Globe)
  • Perbedaan letak geografis antara lain merupakan faktor yang menimbulkan berbagai bentuk ekosistem.
  • Perbedaan letak geografis menyebabkan perbedaan iklim. 
  • Perbedaan iklim menyebabkan terjadinya perbedaan temperature, curah hujan, intensitas cahaya matahari, dan lamanya penyinaran. 
  • Keadaan ini akan berpengaruh terhadap jenis-jenis flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang menempati suatu daerah. 
  •  Di daerah dingin terdapat bioma Tundra. 
  • Di tempat ini tidak ada pohon, yang tumbuh hanya jenis lumut. 
  • Hewan yang dapat hidup, antara lain rusa kutub dan beruang kutub. 
  • Di daerah beriklim sedang terdpat bioma Taiga. Jenis tumbuhan yang paling sesuai untuk daerah ini adalah tumbuhan conifer, dan fauna/hewannya antara lain anjing hutan, dan rusa kutub.
  • Pada iklim tropis terdapat hutan hujan tropis. 
  • Hutan hujan tropis memiliki flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) yang sangat kaya dan beraneka ragam. 
  • Keanekaragaman jenis-jenis flora dan fauna yang menempati suatu daerah akan membentuk ekosistem yang berbeda. Maka terbentuklah keanekaragaman tingkat ekosistem.
  • Totalitas variasi gen, jenis dan ekosistem menunjukkan terdapat pelbagai variasi bentuk, penampakan, frekwensi, ukuran dan sifat lainnya pada tingkat yang berbeda-beda merupakan keanekaragaman hayati.
  • Keanekaragaman hayati berkembang dari keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis dan keanekaragaman tingkat ekosistem. 
  • Keanekaragaman hayati perlu dilestarikan karena didalamnya terdapat sejumlah spesies asli sebagai bahan mentah perakitan varietas-varietas unggul. 
Pelestarian 
  • Kelestarian keanekaragaman hayati pada suatu ekosistem akan terganggu bila ada komponen-komponennya yang mengalami gangguan.
  • Gangguan-gangguan terhadap komponen-komponen ekosistem tersebut dapat menimbulkan perubahan pada tatanan ekosistemnya. 
  • Besar atau kecilnya gangguan terhadap ekosistem dapat merubah wujud ekosistem secara perlahan-lahan atau secara cepat pula. 
  • Contoh-contoh gangguan ekosistem , antara lain penebangan pohon di hutan-hutan secara liar dan perburuan hewan secara liar dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. 
  • Gangguan tersebut secara perlahan-lahan dapat merubah ekosistem sekaligus mempengaruhi keanekaragaman tingkat ekosistem. 
  • Bencana tanah longsor atau letusan gunung berapi, bahkan dapat memusnahkan ekosistem. 
  • Tentu juga akan memusnahkan keanekaragaman tingkat ekosistem. 
  • Demikian halnya dengan bencana tsunami.

LATIHAN TRY AND ERROR


1.       Tanaman padi, jagung, dan kedelai menunjukkan keanekaragaman pada tingkat…
A.      Gen
B.      Species
C.      Ekosistem
D.      Genus
E.       Famili

2.       Berikut ini merupakan jenis pohon yang khas di wilayah Papua, yaitu…
A.      Kamper
B.      Meranti
C.      Rasamala
D.      Eukaliptus
E.       Durian

3.       Orang pertama yang menemukan daerah batas wilayah Australis dan Orientalis adalah…
A.      Max Weber
B.      Linnaeus
C.      Charles Darwin
D.      A.R Wallace
E.       Aristoteles

4.       Pembuatan taman nasional termasuk ke dalam kegiatan…
A.      Perlindungan alam umum
B.      Perlindungan alam dengan tujuan tertentu
C.      Perlindungan alam ketat
D.      Perlindungan alam botani
E.       Perlindungan suaka margasatwa

5.       Jenis organisme yang ditetapkan pemerintah melalui Keppres No.4 tahun 1993 sebagai bunga pesona adalah…
1.       Anggrek merpati
2.       Anggrek bulan
3.       Mawar
4.       Melati
5.       Anggrek

6.       Berikut adalah beberapa jenis hewan.
1.       harimau
2.       singa
3.       anjing
4.       kucing
5.       domba
Keanekaragaman tingkat spesies di antara satu famili ditunjukkan hewan…
A.      1, 2, 3
B.      1, 2, 4
C.      1, 3, 5
D.      1, 2, 5
E.       1, 4, 5
7.       Keanekaragaman tingkat jenis dapat terlihat dari adanya perbedaan…
A.      bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan penampilan
B.      bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan faktor pembawa sifat keturunan
C.      morfologi dan anatomi
D.      tingkah laku dan gen
E.       morfologi dan tingkah laku

8.       Perlindungan dan pengawetan alam bertujuan untuk…
A.      Mencegah kepunahan tumbuhan dan hewan yang langka
B.      Melestarikan formasi geologi yang terancam rusak
C.      Memperpanjang umur setiap individu hewan dan tumbuhan
D.      Melestarikan adanya padang penggembalaan yang memadai
E.       Menciptakan alam sekitar yang indah

9.       Satwa berikut yang termasuk endemik di daerah Sulawesi adalah…
A.      Orangutan
B.      Gajah
C.      Babirusa
D.      Kanguru pohon
E.       Cenderawasih

10.   Yang tidak termasuk pelestarian sumber daya alam secara ex situ adalah…
A.      Kebun koleksi
B.      Kebun plasma nutfah
C.      Kebun botani
D.      Pelestarian badak jawa di ujung kulon
E.       Penyimpanan dalam kamar bersuhu tinggi

11.   Di bawah ini yang merupakan sumber daya hayati adalah…
A.      Batu-kayu jati-rumput laut
B.      kayu jati-rumput laut-karang laut
C.      batu-rumput laut-bijih besi
D.      karang laut air terjun-bukit kapur
E.       rumput laut-karang laut-bukit kapur

12.   Komodo di negara kita perlu dilindungi secara efektif agar tidak punah. Untuk itu, habitat komodo perlu dijadikan…
A.      Hutan lindung
B.      Suaka margasatwa
C.      Cagar alam
D.      Daerah prioritas reboisasi
E.       Taman nasional

13.   Keanekaragaman ekosistem ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini, kecuali…
A.      Sumber energi primer
B.      Jenis produsennya
C.      Produktivitasnya
D.      Jenis konsumennya
E.       Komponen biotiknya

14.   Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan…
A.      Lingkungan
B.      Induknya
C.      Jenisnya
D.      Lingkungan dan gen
E.       Gen dan plasma nutfah

15.   Perbedaan yang ditemukan diantara sesama ayam dalam satu kandang disebut…
A.      Evolusi
B.      Adaptasi
C.      Variasi
D.      Keanekaragaman
E.       Adaptasi dan variasi

16.   Pemerintah mengeluarkan Keppres No,4 Tahun 1993 yang menetapkan bahwa yang menjadi bunga bangsa, bunga langka, dan bunga pesona adalah…
A.      Melati, Rafflesia arnoldi, dan kembang sepatu
B.      Anggrek bulan , melati dan Rafflesia arnoldi
C.      Melati, Rafflesia arnoldi, Anggrek bulan
D.      Rafflesia arnoldi, Anggrek bulan , melati
E.       Rafflesia arnoldi, melati, Anggrek bulan


17.   Perlindungan terhadap spesies tumbuhan tertentu agar tidak punah misalnya yang dilakukan di Gunung Rinjani, disebut…
A.      Perlindungan suaka margasatwa
B.      Perlindungan alam botani
C.      Perlindungan geologi
D.      Perlindungan alam zoologi
E.       Perlindungan hutan

18.   Perlindungan terhadap hewan-hewan yang hampir punah akibat perburuan contohnya perlindungan terhadap harimau sumatera, disebut…
A.      Perlindungan suaka margasatwa
B.      Perlindungan alam botani
C.      Perlindungan geologi
D.      Perlindungan alam zoologi
E.       Perlindungan hutan

19.   Perlindungan alam umum bertujuan untuk melindungi alam sebagai kesatuan flora, fauna, dan tanah. Jenisnya antara lain adalah…
A.      Perlindungan alam ketat, perlindungan alam terbimbing, Perlindungan geologi
B.      Perlindungan alam botani, perlindungan alam terbimbing, Perlindungan alam zoologi
C.      Perlindungan alam ketat, perlindungan alam terbimbing, taman nasional
D.      Perlindungan alam botani, perlindungan alam terbimbing, Perlindungan geologi
E.       Perlindungan alam ketat, perlindungan alam zoologi, perlindungan hutan

20.   Salah satu hewan endemik khas Nusa Tenggara adalah…
A.      Orangutan
B.      Gajah
C.      komodo
D.      Babirusa
E.       Cenderawasih


21.   Orang yang menempatkan Sulawesi, Filipina, dan seluruh Nusa Tenggara masuk ke dalam wilayah orientelis adalah…
A.      Max Weber
B.      Linnaeus
C.      Charles Darwin
D.      A.R Wallace
E.       Lydekker

22.   Perbedaan antara jeruk garut, jeruk pontianak, dan jeruk medan merupakan salah sat keanekaragaman tingkat…
A.      Gen
B.      Species
C.      Ekosistem
D.      Genus
E.       Famili

23.   Faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap keanekaragaman tingkat ekosistem adalah..
A.      Lingkungan biotik
B.      Lingkungan abiotik
C.      Komposisi tanaman
D.      Komposisi hewan
E.       Komposisi pengurai dan dekomposer

24.   Komposisi tumbuhan hutan Indonesia wilayah timur memiliki kesamaan dengan negara…
A.      Australia
B.      Malaysia
C.      Filipina
D.      India
E.       Thailand

25.   Hasil ekspedisi Alfred Russel Wallace ke Malaysia dan Indonesia dipublikasikan dengan buku yang berjudul…
A.      The orygin of species
B.      Nature Selection
C.      The Malay Archipelago
D.      The Indonesia Archipelago
E.       The Malay-Indo Archipelago



26. Faktor-faktor yang menyebabkan keanekaragaman spesies antara lain adalah.......
A.    Genetik dan habitat    
B.    Tingkah laku dan genetik
C.      Habitat dan makanan  
D.    Lingkungan dan tingkah laku
E.    Genetik dan lingkungan

27. Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada variasi-variasi tumbuhan berikut.......
A.    Bunga mawar merah-bunga mawar putih
B.    Bunga mawar berbatang tinggi-bunga melati berbatang tinggi
C.     Pohon kelapa hijau berbatang tinggi-pohon aren berbatang tinggi
D.    Tanaman sirih-nenas
E.    Buah mangga-buah belimbing

28. Keanekaragaman ekosistem terbentuk karena adanya.......
A.    Faktor abiotik
B.    Faktor biotik dan abiotik
C.     Lingkungan yang berbeda
D.    Karakteristik hewan dan tumbuhan yang berbeda
E.    Interaksi antara faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya

29. Yang termasuk usaha menjaga keanekaragaman hayati adalah......
A.    Penanaman secara monokultur
B.    Membuang limbah rumah tangga ke sungai
C.     Perburuan hewan
D.    Menangkap ikan menggunakan peledak
E.    Pertambangan

30. Contoh tempat pelestarian secara ex situ adalah........
A.     Cagar alam       
B.     Taman nasional
C.      Kebun binatang   
D.     Taman hutan raya
E.    Taman wisata

ESSAY

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman gen, berikan contohnya?
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman jenis, berikan contohnya?
  3. Jelaskan apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman, jelaskan!
  4. Bagaimana asal mula terjadinya keanekaragaman tingkat ekosistem? Jelaskan dan beri contohnya!
  5. Sebutkan beserta contohnya manfaat keanekaragaman hayati?
  6. Apa perbedaan cagar alam, suaka margasatwa, dan taman nasional?




Renungan Indonesia
 
Toleransi. 


  • Toleransi adalah hal yang membuat kita masih bisa hidup dengan nyaman hari ini. 
  • Bagaimana tidak, hanya dengan sebuah toleransi kita tidak perlu susah payah berkelahi setiap hari karena adanya perbedaan. 
  • Perbedaan selalu indah jika kita bisa memandangnya dengan kacamata berbeda. 
  • Beda bukan berarti salah, beda bukan berarti tidak. 
  • Bisa dibayangkan bagimana jadinya kalau semua bunga berwarna merah atau semua hewan berwarna hitam? Mungkin akan terasa sangat membosankan, tidak ada keberagaman yang bisa membuat semuanya menjadi indah dilihat.


  • Tuhan menciptakan perbedaan bukan tanpa maksud. 
  • Jika semua makhluk sama, lalu darimana kita belajar? 
  • Belajar dari yang benar supaya tahu mana yang salah dan belajar dari yang salah supaya tahu mana yang benar. 
  • Akankah kita mengenal sebuah makna toleransi? 
  • Jika berbeda saja membuat kita tidak tahu makna toleransi bagaimana jika semua diciptakan sama,mungkin kita akan menjadi makhluk individualis yang sama sekali tidak peduli dengan orang lain.

  • Kita harus terbiasa dengan sebuah perbedaan. 
  • Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi akhirnya satu jua. 
  • Jika kita sebagai manusia kesenangannya bertikai, lalu bagaimana jadinya negara kita belasan tahun ke depan
  • Karena setiap masalah yang ada cenderung diselesaikan dengan menggunakan otot, bukan otak. 
  • Untuk apa saya memberikan materii keaneka ragaman ini hehehe
  • Tahu enggak awal SMA ini diberi materi Keaneka ragaman Hayati untuk ini , Namun karena dikiranya hanya sekedar beban materi nggak ngerti apa yang dimaksudkan baik guru dan muridnya , akhirnya hanya etalase , hanya bisa menjawab soal pertanyaan , semua hanya bisa mengerjakan namun ....Empty saja ketika masih ada pertikaian 
  • Belasan tahun sekolah terasa sia-sia bukan?
Perbedaan dan keaneka ragaman inilah sebenarnya Keseragaman yang handal dan solid kita sebagai manusia
Tuhan  tidak akan pernah bertanya setelah mati kamu beragama apa ? dari ras apa  dan pekerjaannya apa karena ia tahu pasti beraneka ragam , dan jika ditanya . apa nggak cape nanyain begitu banyak , terus untuk apa ? 

Saya yakin Tuhan nanti akan memberikan pertanyaan , apa yang sudah kamu kerjakan setelah kamu saya beri kehidupan ? hehehe
OK

Support web ini

BEST ARTIKEL