Tuesday, October 4, 2011

SISTEM GERAK SEDERHANA

INI DISAMPAIKAN UNTUK BELAJAR SISTEM GERAK DARI HASIL SCAN DARURAT NYOBA



-->
SOAL


1. Rongga dada dibentuk oleh sejumlah tulang, antara lain yang melekat pada tulang dada dan tulang punggung. Tulang tersebut adalah . . . .
A. Tulang belikat
B. Tulang rusuk sejati
C. Tulang selangka
D. Tulang rusuk melayang
E. Tulang rusuk palsu

2. Sumber energi untuk kontraksi otot adalah . . . .
A. Glukosa
B. DNA
C. Amilium
D. Glikogen
E. Protein

3. Persendian antara tulang-tulang yang membentuk tengkorak disebut sendi . .
A. Sinfibrosis
B. Endartrosis
C. Sinkondrosis
D. Diartrosis
E. Sinartrosis

4. Fungsi sistem rangka pada vertebrata adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
A. Menyimpan berbagai mineral
B. Tempat melekatnya otot
C. Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak
D. Tempat pembentukan sel-sel darah
E. Untuk menggerakkan otot

5. Tulang manusia dibawah ini yang bukan tulang pipa adalah . . . .
A. Humerus
B. Fibula
C. Ulna
D. Tibia
E. Palatum

6. Penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi karena rongga sendi terisi getah radang akibat kuman sipilis adalah . . . .
A. Artritis eksudatif
B. Hipertropi
C. Artritis sika
D. Urai sendi
E. Layuh semu

7. Organ gerak pada manusia, meliputi . . . .
A. Otot dan otak
B. Saraf dan tulang
C. Otot dan saraf
D. Otot lurik dan otot polos
E. Otot dan tulang

8. Otot yang bekerjanya dikendalikan oleh saraf tak sadar adalah . . . .
A. Otot polos, otot lurik, dan otot jantung
B. Otot polos dan otot jantung
C. Otot polos dan lurik
D. Otot lurik dan otot jantung
E. Otot lurik dan otot rangka

9. Ciri khas otot jantung yang juga sebagai pembeda dengan otot rangka adalah . . . .
A. Bergaris-garis
B. Inti terletak di tepi
C. Tidak bergaris-garis
D. Berinti banyak
E. Strukturnya bercabang

10. Kelelahan setelah berlarian atau bekerja berat terjadi karena . . . .
A. Gagalnya penguraian laktasidogen
B. Penimbunan asam laktat
C. Penimbunan CO2 dalam otot
D. Penimbunan glukosa pada otot
E. Otot kekurangan oksigen

11. Pasangan otot yang bekerja secara antagonis adalah . . . .
A. Prenatoteres – prenator kuadratus
B. Otot betis – otot bisep
C. Otot perut – otot punggung
D. Otot pantat – otot betis
E. Otot bisep – otot trisep

12. Kebiasaan duduk yang salah dapat menimbulkan tulang belakang terlalu melengkung ke belakang, keadaan ini disebut . . . .
A. Lordosis
B. Fraktura
C. Kifosis
D. Fisura
E. Skoliosis

13. Otot penggerak kepala hingga menengadah disebut . . . .
A. Elevator
B. Dipresor
C. Addukator
D. Flektor
E. Ekstensor

14. Nama sendi yang dibentuk oleh tulang radius dan ulna disebut sendi . . . .
A. Putar
B. Pelana
C. Geser
D. Engsel
E. Peluru

15. Kontraksi otot bisep menghasilkan gerak . . . .
A. Rotasi, gerak melingkari satu sumbu sentral
B. Ekstensi, gerak meluruskan tangan
C. Fleksi, gerak membengkokkan tangan
D. Abduksi, gerak tungkai menjauhi tubuh
E. Adduksi, gerak tungkai mendekat

16. Ujung otot yang melekat pada tulang dan tidak dapat bergerak disebut . . . .
A. Insersio
B. Bisep
C. Belly
D. Trisep
E. Origo

17. Bagian dari jaringan otot rangka yang sangat peka terhadap rangsang berupa . . . .
A. Sarkomer
B. Aktin
C. Asetilkolin
D. Miosin
E. Miofibril

18. Kelainan pada otot dimana terjadi kontraksi otot yang terus menerus atau bekerja terlalu berat sehingga otot mengejang dan terasa sakit disebut . . . .
A. Kram
B. Hipertropi
C. Terkilir
D. Distrofi
E. Atropi

19. Kelebihan hormon kortikoid, kekurangan kalsium, merokok, dan mengkonsumsi narkoba dapat mengakibatkan tulang menjadi kropos dan mudah patah. Kelainan tulang ini disebut …
A. Artritis
B. Atrofi
C. Rakhitis
D. Fraktura
E. Osteoporosis

20. Contoh sinartrosis adalah . . . .
A. Hubungan antara ruas-ruas tulang pinggang
B. Hubungan antara tulang tengkorak
C. Hubungan antara tulang duduk dan tulang paha
D. Hubungan antara ruas-ruas pergelangan tangan
E. Hubungan antara tulang jari-jari tangan dan tulang telapak tangan

ISIAN

  1. Persambungan antara tulang-tulang tengkorak disebut . . . . 
  2. Hubungan dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan disebut . . . 
  3. Persendian antara tulang lengan dengan gelang bahu disebut sendi . . . . 
  4. Serabut otot yang menyebabkan kontraksi dan relaksasi disebut . . . . 
  5. Sel pembentuk tulang adalah . . . . 
  6. Proses penulangan disebut . . . . 
  7. Jumlah tulang rusuk sejati pada manusia adalah . . . . 
  8. Cairan pelumas pada ujung tulang yang terdapat pada kapsul sendi adalah
  9. Gerak menelungkupkan tangan disebut . . . . 
  10. Gangguan retak dan patah tulang disebut . . . . 
  11. Penyakit oleh berkurangnya minyak sendi disebut . . . . 
  12. Penggunaan zat kimia buatan untuk meningkatkan kinerja otot dan tulang disebut . . . . 
  13. Zat peka rangsang yang terdapat dalam otot adalah . . . . 
  14. Alat yang digunakan untuk melihat ke dalam persendian adalah . . . . 
  15. Dua obat atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan yang sama disebut . . . . 
ESSAY 

  1. Gambarlah penampang melintang jaringan tulang pipa, beri keterangannya! 
  2. Jelaskan perbedaan otot polos, otot lurik, dan otot jantung! 
  3. Jelaskan mengapa manusia dapat bergerak secara aktif! 
  4. Tuliskan komponen yang menyusun sistem gerak! 
  5. Apakah perbedaan tulang keras dan tulang rawan? 
  6. Jelaskan secara singkat proses pertumbuhan tulang pipa! 
  7. Buatlah analogi bagian-bagian tangan dengan bagian-bagian dari bahu! 
  8. Tuliskan 5 kelainan pada otot manusia dan jelaskan masing-masing! 
  9. Apa yang dimaksud dengan fontanel? Jelaskan fungsinya! 
  10. Mengapa sebelum olahraga kita melakukan pemanasan dan setelah olahraga melakukan pendinginan? Jelaskan ! 
  11. Kelainan pada tulang salah satunya oleh kebiasaan duduk yang salah. Mengapa hal itu dapat terjadi? Jelaskan! 
  12. Jelaskan mekanisme kontraksi pada otot! 
  13. Bagaimana tetanus bisa terjadi! 
  14. Jelaskan fungsi rangka! 
  15. Mengapa seorang pelari yang habis lari kencang nafasnya tersengal-sengal?

DETAIL

SISTEM RANGKA

RANGKA

1. Eksoskeleton : beberapa integument yang mengeras karena mempunyai lapisan kitin contoh pada arthopoda.
2. Endoskeleton : pada chordate (vertebrata) tersusun dari tulang rawan, tulang atau kombinasi.

TULANG

  1. Tulang membrane atau tulang dermis berasal dari dermis perkembangan osifikasi intramembran. Contoh: sisik, jari-jari sirip ikan, keeping-keping tukang pada buaya, gelang bahu, dan panggul.
  2. Tulang endokondral: pertumbuhan melalui tulang rawan disebut osifikasi endokondral.

SISTEM RANGKA

A. Fungsi :

Rangka tubuh manusia tersusun dari 206 tulang
Fungsi:
  1. menegakkan tubuh,
  2. melindungi bagian-bagian tubuh yang lemah,
  3. tempat melekatnya otot-otot rangka,
  4. memberi bentuk pada tubuh,
  5. sebagai alat gerak pasif,
  6. sebagai tempat memproduksi sel-sel darah,
  7. sebagai tempat cadangan kalsium dan lemak.

Klasifikasi:

Rangka tubuh manusia terdiri dari 2 bagian:

1. Rangka aksial (rangka sumbu); membentuk sumbu panjang tubuh, tersusun dari tulang;

  1. tengkorak,
  2. tulang belakang,
  3. tulang dada, dan
  4. tulang rusuk

2. Rangka apendikular (rangka anggota badan); tersusun dari
  1. tulang-tulang anggota gerak atas (tangan),
  2. tulang-tulang anggota gerak bawah (kaki),
  3. tulang bahu, dan
  4. tulang pelvis (tulang pinggul).

Klasifikasi Tulang Berdasarkan Bentuknya

  1. Tulang panjang (ossa longga), Contoh tulang paha, betis, tulang kering, lengan atas, radius, dan tulang ulna. 
  2. Tulang pendek (ossa brevia), Contoh tulang pendek;tulang pergelangan tangan (metakarpal) dan tulang pergelangan kaki (metatarsal).
  3. Tulang pipih (ossa plana), Contoh: tulang dahi, tulang ubun-ubun, dan tulang dada.
  4. Tulang tidak beraturan. contoh: tulang wajah, dan ruas-ruas tulang belakang.

Klasifikasi Tulang Berdasarkan Jaringan Penyusunnya.
Berdasarkan jaringan penyusunnya, tulang dibedakan menjadi:
  1. tulang kompak,
  2. tulang spongiosa,
  3. tulang rawan.
ARTIKULASI
KLASIFIKASI BERDASARKAN:

Persendian Berdasarkan Adanya Gerak

  1. Sinartrosis: tidak adanya gerak antara dua tulang yang bersambungan. Contoh: sutura pada persendiaan tulang tengkorak.
  2. Amfiartrosis: ada sedikit gerakan. Contoh: simpisis pubis ; persambungan antara ruas-ruas tulang belakang, tulang rusuk, dengan tulang dada.
  3. Diartrosis: adanya gerakan bebas /persendian synovial.

Persendian Diartrosis


  1. sendi luncur, gerak kiri kanan pada persendian tulang karpal, tarsal.
  2. sendi engsel, gerak fleksi, ekstensi pada sendi engsel siku dan lutut.
  3. sendi putar, gerak menggeleng menghasilkan gerak supinasi dan pronasi pada tapak tangan.
  4. sendi pelana, gerak kiri-kanan, muka-belakang, gerak ibu jari.
  5. sendi peluru, gerak triaksial, fleksi-ekstensi, abduksi-aduksi, rotasi; tulang lengan atas dengan tulang belikat, persendian tulang paha dengan tulang pinggul.
  6. sendi elipsoid, gerak kanan-kiri dan muka-belakang, tulang radius dan tulang karpal gerak tanpa tangan ke atas-bawah, kiri-kanan

Berdasarkan Jaringan yang Menghubungkan.

Persendian dibedakan menjadi :

  1. Sindesmosis, merupakan persendian dimana tl yg bersendi dihubungkan oleh jaringan fibrosa padat. Misal antara persendian ujung distal tl tibia dan fibula, juga pada sutura anak yg masih dalam pertumbuhan.
  2. Sinkondrosis, merupakan persendian dimana tl yg bersendi dihubungkan oleh tl rawan hialin. Contoh: persendian antara ruas-ruas tl belakang yang dihubungkan oleh cawan pipih dari tl rawan fibrosa, dan persendian antara tl rusuk dg tl dada yg dihubungkan oleh tl rawan hialin.
  3. Sinostosis , merupakan persendian dimana antara tl yg bersendi dihubungkan oleh jaringan tulang. Contoh : sutura pada orang dewasa, persendian antara epifisis dan diafisis tl panjang pada orang dewasa, serta persendian antara tulang-tulang sakrum pada orang dewasa.

OSIFIKASI

Rangka manusia pada permulaan pertumbuhan embrionalnya tersusun dari membran dan tulang rawan hialin. Ada 2 cara osifikasi:

1. osifikasi intramembranosa
2. osifikasi endokondral (osifikasi intrakartiloginosa)

Ke dua cara osifikasi tersebut dimulai dari migrasi sel jaringan ikat embriotik (sel-sel mesenkimal) ke dalam daerah dimana pembentukan tulang dimulai. Kemudian sel0sel tersebut segera memperbanyak diri dan membesar. Pada beberapa struktur rangka sel mensenkimal menjadi kondroblas dan pada yang lain menjadi osteoblas.

Kondroblas terjadi pada pembentukan tulang rawan, sedangkan osteoblas akan membentuk jaringan tulang secara intramembranosa atau endokondral.

Osifikasi Intramembranosa merupakan proses pembentukan tulang pipih, seperti tl dahi, ubun-ubun, sebagai tl belakang kepala, tl pelipis, rahang atas dan bawah. Osifikasi Intramembranosa merupakan osifikasi yang lebih langsung dan lebih sederhana dibanding dengan osifikasi endokondral.

Osifikasi Endokondral ada pembentukan tl dari tl rawan hialin. Kebanyakan tlrangka manusia terutama tl pendek dan panjang terbentuk secara endokondral. Untuk memungkinkan pertumbuhan tl maka osifikasi dimulai di tiga pusat, yaitu satu daerah tengah yang akan membentuk bagian diafisis, yang lain pada kedua ujung tl yang akan membentuk epifisis.

Empat tulang Sebagai Organ Homoestasis

  • Sebagai tambahan dari pembentuk tl, osteoblas dan osteoklas berfungsi pula sebagai pengontrol kadar kalsium dalam darah. 
  • Dua hormon yang berpengaruh dalam osifikasi ada hormon paratiroid dan kalsitonin. 
  • Bila kadar kalsium darah turun, maka kel paratiroid membebaskan hormon paratiroid ke dalam darah. 
  • Bila hormon ini sampai pada tl, maka osteoklas akan diaktifkan untuk membebaskan kalsium dari tl. 
  • Dengan dmkn kadar kalsium darah akan meningkat, jika sampai ambang atas maka untuk menurunkannya kel tiroid membebaskan hormon kalsitonin. 
  • Berfungsi menghambat kerja osteoklas dan mempercepat proses kalsifikasi. 
  • Dengan dman peningkatan kalsium darah tersebut dapat dibawa ke keadaan normal kembali. 
  •  Dmkn dg kerjasama antara osteoblas dan osteoklas, dibawah pengaruh hormon paratiroid dan kalsitonin, maka tingkat kalsium darah dapat dijaga tetap normal.

PATAH TULANG

Proses Perbaikan Patah Tulang

  1. Gumpalan darah mengumpul pada daerah tulang yang patah,
  2. Fibroblas dari periosteum masuk ke daerah gumpalan darah,
  3. Kalsium didepositkan ke kalus shg ujung tl yang patah menyatu kembali
  4. Kedua ujung tulang telah menyatu dengan sempurna

Beberapa Kelainan Pada Tulang.

  1. Rikets, disebabakan oleh defisiensi vit. D. Sel-sel tl rawan epifiseal berhenti degenerasi dan tl rawan baru terus diprod. dengan dmkn tl rawan epifiseal jadi lebih luas daripada normal. Pada saat yg sama matriks lunak dihasilkan oleh osteoblas dalam diafisis yang gagal kalsifikasi. Akibatnya tl akan tetap lunak, dan bila anak berjalan, karena berat tubuhnya, tl akan melengkung.
  2. Osteoporosis atau osteopena, diderita orang tengah baya dan orang tua. Antara masa pubertas sampai umur tengah baya, hormon estrogen memelihara jaringan tl dengan jalan menstimulus osteoblas untuk membentuk tl. Setelah menopause, produksi hormon esterogen menurun sampai mencapai jumlah yang sangat sedikit. Akibatnya osteoblas jadi kurang aktif memproduksi tl, tl jadi keropos dan rapuh, sehingga dengan gerakan normal saja tl dapat patah. Osteoporosis juga dapat terjadi pada pasien yang sangat lama terbaring di tempat tidur.
  3. Osteomalasia, disebabkan defisiensi vit. D pada orang dewasa. Kekurangan vit D ini menyebabkan tl kekurangan kalsium dan fospor, sehingga tl menjadi lunak. Terjadi pada tl pinggul, ruas tl belakang, dan tl kaki. Karena menahan berat tubuh, tl kaki jadi melengkung, tl belakang jadi memendek, dan tl pinggul jadi memipih. Osteomalasia terutama diderita oleh wanita yang kurang makan padi-padian dan susu, jarang kena sinar matahari, dan sering melahirkan.
  4. Artritis, contoh reumatoid artritis, osteoartritis dan gout. Ditandai peradangan persendian. Peradangan, rasa sakit, dan kekakuan mungkin muncul di bagian tubuh yang berdekatan, misalnya pada otot-otot di dekat persendian. Penyebab tdk diketahui pasti. Pada beberap kasus, muncul akibat keseleo, infeksi, dan luka sendi. Diperkirakan penyebabnya adalah bekteri atau vuris, ada juga yang mengira disebabkan alergi, hormon, dan kelianan metabolik.
  5. Reumatoid Artritis, merupakan bentuk peradangan artritis yang umum, termasuk peradangan persendian, pembekakan, sakit dan kehilangan fungsi persendian. Biasanya penyakit ini terjadi secara bilateral, misalnya lutut kiri kena, lutut kanan juga kena. Suatu bentuk reumatoid artritis yg menyerang bayi setelah lahir disebut ”juvenile rheumatoid arthritis”dan bentuk lain dapat menyerang anak-anak.
  6. Gejala utama reumatoid artritis adanya peradangan membran sinoval menebal dan cairan sinoval mengumpul. Membran kemudian membentuk jaringan abnormal yg disebut panus yang melekat pada permukaan tl rawan persendian. Pembentukan panus dapat mengikis habis tl rawan persendian, maka jaringan fibrosa persendian menyatu dengan ujung tl yang terbuka. Dan bila jaringan ini mengeras dan menyatu dengan sendi, maka akan menjadi kaku
KLIK INI

Sunday, October 2, 2011

PRE TEST KELAS X - ILMU SAMPAI JAMUR

Saya up Load soal Biologi dasar Bab I - Bab 2 dan Bab 3 yang membicarakan tentang biologi sebagai ilmu dan Konsep Cara kerja ilmu ini dalam menyelesaikan masalah , tentang Virus dan Jamur . semoga berguna OK

1. Sebagai ilmu, ciri-ciri biologi yang paling tepat adalah ….
A. Hasil kajiannya bersifat subyektif
B. Menggunakan langkah-langkah yang konkret
C. Menggunakan cara berpikir logis
D. Obyek kajiannya berupa hipotesis
E. Dikembangkan bedasarkan pengalaman pribadi.

2. Danang meneliti pengaruh pemberian pupuk terhadap pertumbuhan tanaman padi

Dalam percobaan yang dilakukannya , Danang menetapkan variabel bebas, yaitu ….
A. Tinggi rata-rata tanaman kacang tanah
B. Variasi pertumbuhan tanaman
C. Variasi dosis pupuk urea
D. Variasi biji kacang tanah
E. Suhu, cahaya matahari dan air

3. Sekelompok makhluk hidup sejenis yang menempati kawasan tertentu membentuk …..
A. Komunitas
B. Populasi
C. Ekosistem
D. Bioma
E. Organisme

4. Di bawah ini tingkatan organisasi kehidupan :
1. Komunitas
2. Populasi
3. Individu
4. Ekosistem
Urutan tingkatan kehidupan dari yang rendah ke yang lebih tinggi adalah ….
A. 1) -2) -3) -4)
B. 1) -3) -2) -4)
C. 3) -4) -2) -1)
D. 1) -2) -4) -3)
E. 2) -3) -1) -4)

5. Perhatikan gambar ini

Cabang biologi yang mengkaji secara holistik gambar diatas adalah …..
A. Hidrologi
B. Etiologi
C. Palaeontologi
D. Ekologi
E. Entomologi

6. Tiap kali diadakan pemantauan jentik di sekitar rumah dan kebon , rumah kosong , lingkungan sekolah .

Kegiatan tersebut merupakan penerapan nyata dari bidang ….
A. Hygiene
B. Sanitasi
C. Patologi
D. Morfologi
E. Sitologi

7. Untuk mengetahui bagaimana organ di dalam tubuh makhluk hidup bekerja, perlu mempelajari ….
A. Histology
B. Embriologi
C. Fisiologi
D. Ornitologi
E. Parasitologi

8. Zat sisa metabolisme harus dikeluarkan dari dalam tubuh makhluk hidup agar tidak meracuni.

Sistem organ pada gambar diatas yang berfungsi untuk melaksanakan fungsi tersebut adalah ….
A. Respirasi
B. Reproduksi
C. Ekskresi
D. Regulasi
E. Sirkulasi

9. Energi yang timbul di dalam tubuh makhluk hidup merupakan akibat dari aktivitas ….
A. Respirasi
B. Reproduksi
C. Ekskresi
D. Regulasi
E. Sirkulasi

10. Tujuan dilakukannya eksperimen dalam memecahkan masalah biologi adalah untuk ….
A. Menguji hipotesis
B. Mengumpulkan data
C. Membuktikan kebenaran teori
D. Menjelaskan fenomena
E. Menarik kesimpulan

11. Kata ‘virus’ berasal dari bahasa Latin yang artinya ….
A. Penyakit
B. Racun
C. Sangat kecil
D. Berbahaya
E. Menimbulkan penyakit

12. Proses perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah ….


A. Amitosis
B. Mitosis
C. Meiosis
D. Fragmentasi
E. Replikasi

13. Virus dapat dimasukkan ke dalam golongan makhluk hidup karena memiliki ciri ….
A. Tidak melakukan respirasi
B. Dapat berkembangbiak dalam sel hidup
C. Tubuh tersusun atas sel
D. Dapat dikristalkan
E. Tubuhnya berbentuk huruf T

14. Fase adsorpsi pada siklus litik virus merupakan tahapan ….
A. Hancurnya sel inang
B. Merangkaikan DNA dan dinding virus
C. Menempelnya virus
D. Masuknya DNA/RNA virus ke tubuh inang
E. DNA virus bergabung dengan DNA inang

15. Fase penetrasi pada infeksi virus secara lisogenik merupakan tahapan ….
A. Hancurnya sel inang
B. Merangkaikan DNA dan dinding virus
C. Menempelnya virus
D. Masuknya DNA/RNA virus ke tubuh inang
E. DNA virus bergabung dengan DNA inang

16. Penyakit yang disebabkan oleh virus dan penularannya melalui alat pernapasan di antaranya adalah ….
A. Trachoma
B. AIDS
C. Rabies
D. Influenza
E. Cacar

17. Penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh adalah ….
A. Trachoma
B. AIDS
C. Rabies
D. Influenza
E. Cacar

18. Virus SARS yang awal mulanya ditemukan di Cina Selatan menyerang manusia pada bagian ….
A. Otak
B. Sistem kekebalan
C. Sistem gerak
D. Sistem pernapasan
E. Sistem saraf

19. Kelompok penyakit berikut yang disebabkan oleh virus adalah ….
A. Cacar, rabies, dan flu burung
B. TBC, demam berdarah, dan influenza
C. Tifus, kolera, dan disentri
D. Hepatitis, dermatitis, dan meningitis
E. Lepra, tetanus, dan pneumonia

20. Kelompok virus yang menyerang tumbuhan adalah ….
A. TMV, CVPD, tungro
B. PMV, Retrovirus, Arena virus
C. NCD, FMD, Avian influenza
D. Corona virus, herpes virus, papilloma virus
E. HIV, HSN1, Lyzza virus

21. Organisme yang termasuk ke dalam kingdom Monera memiliki ciri berikut ….
A. Bersel satu, prokariotik
B. Bersel satu, eukariotik
C. Bersel banyak, prokariotik
D. Bersel banyak, eukariotik
E. Bersel satu, mirip hewan

22. Perhatikan gambar bakteri berikut:

Berdasarkan bentuknya, bakteri tersebut tergolong ….
A. Streptococcus
B. Tetracoccus
C. Staphylococcus
D. Sterptobacillus
E. Spirilum

23. Bakteri yang memiliki sekelompok flagel pada salah satu ujungnya seperti yang terlihat pada gambar ….

A. Atrik
B. Monotrik
C. Amfitrik
D. Lopotrik
E. Peritrik

24. Kelompok penyakit berikut yang disebabkan oleh bakteri adalah ….
A. Cacar, rabies, dan flu burung
B. TBC, demam berdarah, dan influenza
C. Tifus, kolera, dan disentri
D. Hepatitis, dermatitis, dan meningitis
E. Lepra, gondong, dan pneumonia

25. Bakteri Nitrosomonas bersifat autotrof, sebab ….
A. Hidup tanpa memerlukan oksigen
B. Dapat memanfaatkan senyawa organik
C. Dapat membuat makanan sendiri
D. Hidup tanpa memerlukan cahaya matahari
E. Mensintesis makanan dengan menggunakan energi cahaya

26. Berikut adalah beberapa bakteri patogen :
1. Diplococcus pneumonia
2. Salmonella typhosa
3. Treponema pallidum
4. Shigella dysenteriae
5. Neissheria gonorrhoeae

Bakteri yang menyerang saluran pencernaan makanan manusia adalah ….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)
E. 4) dan 5)

27. Berikut adalah beberapa bakteri patogen :
1. Diplococcus pneumonia
2. Salmonella typhosa
3. Treponema pallidum
4. Shigella dysenteriae
5. Neissheria gonorrhoeae
Bakteri yang menimbulkan penyakit kelamin adalah ….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 4) dan 5)

28. Jenis ganggang biru yang menguntungkan di bidang pertanian karena kemampuannya mengikat nitrogen bebas dari udara adalah ….
A. Rivularia
B. Oscillatoria
C. Spirogyra
D. Azolla pinnata
E. Anabaena azollae

29. Algae biru yang mempunyai harapan ke depan untuk dikembangkan sebagai penghasil protein sel tunggal adalah ….
A. Nostoc commune
B. Anabaena azollae
C. Spirulina
D. Anabaena cicadae
E. Gloeocapsa

30. Reproduksi seksual pada bakteri dengan cara memindahkan sebagian materi genetik dengan perantaraan virus disebut ….
A. Transformasi
B. Translokasi
C. Transduksi
D. Konjugasi
E. Paraseksual

31. Ciri protozoa yang paling menonjol adalah ….
A. Merupakan hewan yang paling sederhana
B. Bersifat multiseluler
C. Merupakan organisme yang hidup ototrof
D. Tubuhnya dilindungi cangkok untuk menghindarkan diri dari pemangsa
E. Hidup sebagai parasit

32. Manakah dari kelompok Protozoa berikut yang termasuk Rhizopoda?
A. Entamoeba ginggivalis, Foraminifera, Radiolaria
B. Arcella, Diflugia, Euglena viridis
C. Volvox globator, Trypanosoma cruzi, Trichomonas vaginalis
D. Vorticella, Paramaecium, Stentor
E. Plasmodium vivax, Balantidium coli, Vorticella

33. Manakah dari kelompok Protozoa berikut yang termasuk Ciliata?
A. Entamoeba ginggivalis, Foraminifera, Radiolaria
B. Arcella, Diflugia, Euglena viridis
C. Volvox globator, Trypanosoma cruzi, Trichomonas vaginalis
D. Vorticella, Paramaecium, Stentor
E. Plasmodium vivax, Balantidium coli, Vorticella

34. Manakah dari kelompok Protozoa berikut yang termasuk Flagellata?
A. Entamoeba ginggivalis, Foraminifera, Radiolaria
B. Arcella, Diflugia, Euglena viridis
C. Volvox globator, Trypanosoma cruzi, Trichomonas vaginalis
D. Vorticella, Paramaecium, Stentor
E. Plasmodium vivax, Balantidium coli, Vorticella

35. Protozoa yang berperan sebagai petunjuk adanya sumber minyak bumi adalah ….
A. Foraminifera
B. Radiolaria
C. Arcella
D. Diflugia
E. Euglena viridis

36. Alga yang memiliki sifat unik sehingga ada yang mengelompokkannya sebagai hewan ada juga yang memasukkannya sebagai tumbuhan adalah ….
A. Oscillatoria
B. Volvox
C. Euglena viridis
D. Spyrogira
E. Chlorella.

37. Pada ganggang bersel satu terdapat pusat pembentukan amilum yang disebut ….
A. Kloroplas
B. Klorofil
C. Karoten
D. Inti sel
E. Pirenoid

38. Jenis ganggang yang digunakan untuk pembuatan agar-agar adalah ….
A. Spirogyra, Euchema spinosum
B. Chondrus, Chlorella
C. Chara, Euchema spinosum
D. Macrocystis, Ascophylum
E. Euchema spinosum, Gracillaria

39. Dinding sel Oomycotina tersusun dari ….
A. Lignin
B. Glukosa
C. Selulosa
D. Kitin
E. Protein

40. Phytophthora faberi hidup parasit pada tanaman ….
A. Kentang
B. Tembakau
C, Tomat
D. Karet
E. Cabe

41. Jamur merupakan organisme eukariotik, yang artinya ….
A. Mempunyai banyak inti
B. Tidak mempunyai inti
C. Bahan inti tidak terbungkus membran
D. Bahan inti terbungkus membran
E. Membran inti tidak memiliki bahan inti

42. Di antara organisme berikut yang layak disebut sebagai vegetasi perintis adalah ….
A. Jamur merang
B. Lumut kerak
C. Mikorhiza
D. Jamur karat
E. Ganggang merah

43. Pernyataan yang benar tentang Lichenes adalah ….
A. Merupakan golongan lumut yang tidak berklorofil
B. Lumut yang hidup saprofit pada kayu mati
C. Lumut yang menyebabkan batu dan kayu mengalami pelapukan
D. Simbiosis antara alga dengan fungi tertentu
E. Simbiosis antara lumut tak berklorofil dengan alga

44. Untuk membuat produk ini

Produk diatas diperlukan bantuan jamur dari golongan ….
A. Ascomicotina
B. Zygomicotina
C. Myxomicotina
D. Basidiomicotina
E. Deuteromicotina

45. Spora jamur berbeda dengan spora bakteri. Spora jamur ….
A. Mempunyai dinding tebal
B. Tahan terhadap suhu tinggi
C. Alat untuk berkembang biak
D. Berfungsi untuk melindungi diri
E. Tidak memiliki inti sel

46. Jamur yang belum diketahui cara berkembangbiaknya secara generatif digolongkan ke dalam
A. Ascomicotina
B. Zygomicotina
C. Myxomicotina
D. Basidiomicotina
E. Deuteromicotina

47. Jenis jamur yang bisa dimakan adalah ….
A. Volvariella volvacea
B. Candida albicans
C. Ustilago
D. Agaricus melleus
E. Aspergillus fumigates

48. Untuk membuat oncom diperlukan bantuan jamur ….
A. Rhizopus oligosporus
B. Penicillium notatum
C. Aspergillus wentii
D. Saccharomyces cereviceae
E. Monillia sitophila

49. Berdasarkan bentuknya yang sangat kecil, semua jenis jamur di bawah ini disebut mikroorganisme, kecuali ….
A. Puccinia graminis
B. Auricularia polytricha
C. Ustilago scitaminae
D. Penicillium notatum
E. Saccharomyces cereviceae

50. Seluruh organisme yang termasuk kelompok jamur hidup secara heterotrof karena ….
A. Selnya tidak berklorofil
B. Berkembang biak dengan spora
C. Tubuhnya bersel banyak
D. Tubuhnya memiliki hifa bersekat
E. Senang pada tempat yang lembab

INI KUNCINYA YA UNTUK BELAJAR SENDIRI

1. A 2. C 3. B 4. E 5. D 6. B 7. C 8. C 9. A 10. A
11.B 12. B 13.B 14.C 15. D 16. D 17.B 18.D 19. A 20. A
21.A 22. E 23.D 24.C 25. C 26. C 27.D 28.E 29. C 30. C
31.A 32. A 33.D 34.C 35. A 36. C 37.E 38.E 39. D 40. D
41.D 42. B 43.D 44.A 45. D 46. E 47.A 48.E 49. B 50. A 

SEMOGA BERMANFAAT ....OK ............SUKSES YA

TRY AGAIN




1. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibentuk melalui serangkaian kegiatan ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila memiliki ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. memiliki objek kajian
b. universal
c. subjektif
d. sistematis
e. objektif

2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
b. histologi
c. teratologi
d. anatomi
e. filogeni


3. Pengertian ilmu biologi adalah ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada sekarang ini
c. ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan alam

4. Cara untuk membuat hipotesis yang baik adalah ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami masalah dan mempunyai penalaran yang baik
e. perlu melakukan percobaan atau eksperimen

5. Kegiatan observasi meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
b. melihat
c. membau
d. meraba
e. mengecap

6. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tanaman polong-polongan

7. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti baru yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu

8. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melakukan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun

9. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan

10. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

11. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

12. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum

13. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke

14. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
(1) Panthera leo
(2) Canis familiaris
(3) Cavia cobaya
(4) Panthera tigris

Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

15. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat, yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah

16. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ....
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.

17. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas

18. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit

19. Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena memiliki ciri ....
a. dapat menyerang manusia
b. dapat bergerak
c. dapat berkembang biak dalam sel hidup
d. dapat menularkan penyakit
e. dapat dikristalkan

20. Selubung virus tersusun dari ....
a. virion
b. karbohidrat
c. protein
d. vitamin
e. lemak

21. Bakteriofage adalah virus yang menyerang ....
a. bakteri
b. manusia
c. tumbuhand
d. serangga
e. hewan

22. Kultur yang paling sesuai untuk pembiakan virus adalah ....
a. medium agar
b. embrio tikus
c. kaldu steril
d. garam fisiologis yang steril
e. embrio ayam hidup

23. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah ....
a. adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
b. adsorpsi – perakitan – sintesis – litik – injeksi
c. adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik
d. adsorpsi – injeksi – sintesis – litik – perakitan
e. adsorbsi – sintesis – injeksi – perakitan – litik

24. Fase yang tidak terdapat pada daur litik adalah ....
a. sintesis
d. penggabungan
b. perakitan
e. adsorbsi
c. injeksi

25. Virus yang mempunyai asam nukleat RNA adalah virus ....
a. HIV
b. influenza
c. cacar
d. herpes
e. hepatitis

LATIHAN LAGI


1. Kumpulan sel yang memiliki bentuk serta fungsi sama akan membentuk …
a. Jaringan
b. Multisel
c. Organ
d. Organisme
e. Makhluk hidup

2. Cabang biologi yang mempelajari pengaruh zat kimia terhadap organisme adalah …
a. Biokimia
b. Biofisika
c. Toksikologi
d. Tipologi
e. Limnologi

3. Di bawah ini yang merupakan manfaat biologi dalam bidang perindustrian adalah …
a. Teknik kultur jaringan memproduksi banyak tanaman dalam waktu singkat
b. Teknik bayi tabung telah mendatangkan banyak uang bagi dokter
c. Pemanfaatan mikroorganisme dalam pembuatan obat-obatan, seperti antibiotic
d. Pencangkokan organ yang memberikan pemecahan masalah bagi yang mengalami kerusakan organ
e. Jawaban b dan d benar

4. Cara atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan oleh seorang ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian adalah …
a. Metode Ilmiah
b. Metode Praktikum
c. Langkah Kerja
d. Aspek prosedural
e. Scientific Experiment

5. Rumusan masalah berupa …
a. Pertanyaan yang dibahas dalam percobaan
b. Masalah yang baru muncul ketika kita sedang melakukan percobaan ilmiah
c. Hal-hal yang menghambat percobaan
d. Jawaban a dan b benar
e. Jawaban a,b, dan c benar

6. Seseorang melakukan praktikum tentang bagaimana pengaruh suhu perendaman kacang hijau terhadap kecepatan perkecambahan biji kacang hijau tersebut. Dalam percobaan tersebut, Ia merendam kacang hijau pada berbagai tingkatan suhu. Kemudian, semuanya ia taruh di atas cawan petri dengan kapas. Ternyata, dalam percobaan tersebut, kacang hijau yang direndam pada suhu lebih tinggi akan lebih cepat berkecambah.
Dalam praktikum itu, kacang hijau yang Ia gunakan adalah kacang hijau yang …
a. Mengapung di air
b. Melayang di air
c. Tenggelam di air
d. Matang dalam air rendaman
e. Jawaban a dan d benar

7. Seseorang melakukan praktikum tentang bagaimana pengaruh suhu perendaman kacang hijau terhadap kecepatan perkecambahan biji kacang hijau tersebut. Dalam percobaan tersebut, Ia merendam kacang hijau pada berbagai tingkatan suhu. Kemudian, semuanya ia taruh di atas cawan petri dengan kapas. Ternyata, dalam percobaan tersebut, kacang hijau yang direndam pada suhu lebih tinggi akan lebih cepat berkecambah.
Variabel bebas dalam percobaan tersebut adalah …
a. Suhu perendaman
b. Volume air
c. Jumlah biji kacang hijau
d. Kecepatan perkecambahan
e. Media tanam

8. Seseorang melakukan praktikum tentang bagaimana pengaruh suhu perendaman kacang hijau terhadap kecepatan perkecambahan biji kacang hijau tersebut. Dalam percobaan tersebut, Ia merendam kacang hijau pada berbagai tingkatan suhu. Kemudian, semuanya ia taruh di atas cawan petri dengan kapas. Ternyata, dalam percobaan tersebut, kacang hijau yang direndam pada suhu lebih tinggi akan lebih cepat berkecambah.
Rumusan masalah yang tepat untuk percobaan tersebut adalah …
a. Kecepatan perkecambahan dipengaruhi oleh suhu perendaman
b. Suhu perendaman akan mempengaruhi kecepatan perkecambahan
c. Apa yang menyebabkan perkecambahan cepat?
d. Bagaimana pengaruh suhu perendaman terhadap kecepatan perkecambahan biji kacang hijau?
e. Apa saja pengaruh yang disebabkan oleh perubahan suhu perendaman terhadap biji kacang hijau yang ditanam?

9. Sikap ilmiah yang paling utama adalah …
a. Keberanian
b. Tanggung jawab
c. Kejujuran
d. Kompetensi
e. Kedisiplinan

10. Di bawah ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah …
a. Pembuatan tape
b. Kandungan mineral dalam batuan
c. Pembuatan bir
d. Apel berubah warna dari kuning menjadi coklat
e. Jawaban b dan c benar

11. Klasifikasi sistem alami mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri …
a. Morfologi
b. Fisiologi
c. Anatomi
d. Sejarah evolusi
e. Jawaban a,b, dan c benar

12. Sistem klasifikasi yang mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan sejarah evolusinya adalah sistem klasifikasi …
a. Alami
b. Buatan
c. Filogeni
d. Ilmiah
e. Darwin

13. Dalam jenjang takson, makin ke atas maka persamaannya …
a. Makin banyak
b. Makin sedikit
c. Tetap
d. Tak tentu
e. Hilang sama sekali

14. Semakin ke bawah tingkatan takson, maka jumlah makhluk hidup di dalam tingkatan itu …
a. Semakin sedikit
b. Semakin banyak
c. Tetap
d. Tak tentu
e. Hilang sama sekali

15. Jenjang takson dari yang tertinggi ke yang terendah pada hewan diurutkan sebagai berikut :
a. Kingdom-Phylum-Classis-Ordo-Familia-Genus-Spesies
b. Kingdom-Divisio-Classis-Ordo-Familia-Genus-Spesies
c. Spesies-Genus-Familia-Ordo-Classis-Phylum-Kingdom
d. Kingdom-Phylum-Ordo-Classis-Familia-Genus-Spesies
e. Kingdom-Divisio-Classis-Ordo-Familia-Genus-Spesies

16. Panthera leo dan Panthera tigris memiliki … yang sama dalam jenjang takson.
a. Genus
b. Spesies
c. Classis
d. Ordo
e. Jawaban a,c, dan d benar

17. Sistem tata nama yang dikemukakan oleh Carolus Linnaeus dinamakan binomial nomenclature atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama …
a. Sistem tata nama Linnaeus
b. Sistem tata nama binomial
c. Sistem tata nama ganda
d. Sistem tata nama modern
e. Sistem tata nama latin

18. Penggunaan bahasa latin dalam binomial nomenclature , selain karena merupakan bahasa universal, memilik alasan lain yaitu …
a. Bahasa latin sulit dimengerti
b. Bahasa latin sulit berkembang
c. Bahasa latin mudah dimengerti
d. Bahasa latin merupakan bahasa universal
e. Bahasa latin tidak memiliki grammar

19. Pengelompokkan berdasarkan ukuran tanaman dapat dibedakan menjadi …
a. Besar, sedang, dan kecil
b. Pohon, semak, perdu, dan herba
c. Mikroskopis dan non-mikroskopis
d. Uniseluler dan multiseluler
e. Eukariotik dan Prokariotik

20. Penemuan mikroskop pada saat itu menyebabkan sistem klasifikasi dari … kingdom berubah menjadi … kingdom.
a. 1 ke 2
b. 2 ke 3
c. 3 ke 4
d. 4 ke 5
e. 5 ke 6

21. Makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan ciri struktur sel dan cara memperoleh makanannya. Pernyataan tersebut cocok dengan sistem klasifikasi … kingdom
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6

22. Alasan eubacteria dipisahkan dari archaebacteria salah satunya adalah …
a. Eubacteria merupakan nenek moyang makhluk hidup eukariot uniseluler
b. Eubacteria mendekati makhluk hidup eukariot
c. Archaebacteria merupakan nenek moyang makhluk hidup eukariot uniseluler
d. Jawaban a dan b benar
e. Jawaban a,b,c, dan d salah semua

23. Pada dasarnya klasifikasi makhluk hidup dilakukan berdasarkan …
a. Persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup
b. Makanan makhluk hidup
c. Ukuran makhluk hidup
d. Habitat makhluk hidup
e. Bentuk tubuh makhluk hidup

24. Ilmuwan yang pertama kali meneliti virus adalah …
a. Edward Jenner
b. Adolf Meyer
c. Dimitri Ivanowsky
d. Martinus A. Beijerinck
e. Wendell Virusa

25. Cara kerja vaksinasi virus pada intinya adalah …
a. Membentuk serum pada tubuh
b. Memberikan virus yang sudah lemah pada tubuh agar antibody mengingatnya
c. Menghancurkan tubuh virus
d. Mengikat bagian spesifik virus dengan antibody
e. Menonaktifkan virus yang berada di dalam tubuh manusia

26. Penyakit di bawah ini yang menyerang jaringan pengangkut pada batang tanaman jeruk adalah …
a. Citrus vein phloem degeneration
b. Herpeks simpleks
c. Myeloma
d. Yellow Fever
e. Penyakit kaki dan mulut

27. Newcastle Disease menyerang hewan …
a. Babi
b. Kuda
c. Ayam
d. Kerbau
e. Jawaban a dan d benar

28. Di bawah ini yang merupakan medium paling cocok untuk mengembangkan suatu virus adalah …
a. Agar-agar dalam kulkas
b. Inkubator
c. Bangkai ayam
d. Embrio burung yang hidup
e. Jawaban b dan d benar

29. Penyakit Tungro dan Mozaik, masing-masing menyerang tumbuhan … (urutan : Tungro-Mozaik)
a. Padi-Tembakau
b. Tembakau-Padi
c. Tomat-Jeruk
d. Jeruk-Tomat
e. Jawaban a,b,c, dan d salah semua

30. Anggapan bahwa virus tidak dikelompokkan menjadi salah satu makhluk hidup karena alasan …
a. Virus tidak dapat berkembang biak secara mandiri
b. Virus tidak dapat bergerak
c. Asam Nukleatnya tidak dapat mensintesis protein
d. Virus bukan merupakan sel
e. Jawaban B dan D benar

31. Peristiwa yang berlangsung pada saat reproduksi virus adalah …
a. Kapsid baru disintesis mengelilingi molekul asam nukleat virus yang baru
b. Virus baru disusun menggunakan materi dari inangnya
c. Struktur protein kapsid dirangkai dalam sel inang
d. Inti asam nukleat virus dirangkai dalam sel inang
e. Sel inang harus terlebih dahulu mati agar virus dapat terbentuk

32. Retrovirus adalah …
a. RNA virus
b. DNA virus
c. Virus yang menyebabkan penyakit flu
d. DNA virus yang menyebabkan penyakit AIDS
e. Enzim transcriptase balik untuk mengubah DNA menjadi RNA

33. Bagian yang dimiliki oleh semua virus adalah …
a. Selubung, kapsid, dan asam nukleat
b. DNA, RNA, dan protein
c. Ekor, cambuk, batang
d. Protein dan asam nukleat
e. Protein, karbohidrat, lemak, dan asam nukleat

34. Alasan sel inang tidak hancur dalam siklus lisogenik adalah …
a. Sel inang memiliki virulensi
b. Sel inang memang tidak dihancurkan
c. Sel inang dalam siklus lisogenik lebih besar ukurannya daripada litik
d. Jawaban a dan b benar
e. Jawaban a dan c benar

35. Sistem klasifikasi virus hanya memiliki 3 tingkatan, yaitu …
a. Famili, genus, spesies
b. Kingdom, classis, spesies
c. Kingdom, genus, spesies
d. Ordo, genus, spesies
e. Genus, spesies, sub-spesies

36. Bakteri yang dikenal sebagai “nenek moyang” dari makhluk hidup eukariot adalah …
a. Eubacteria
b. Archaebacteria
c. Bakteriofage
d. Jawaban a dan b benar
e. Jawaban a,b,c, dan d salah semua

37. Delapan sel bakteri kokus yang berdempetan membentuk kubus. Pernyataan tersebut sesuai dengan bentuk …
a. Tetrakokus
b. Sarcina
c. Stafilokokus
d. Monokokus
e. Karcina

38. Dinding sel eubacteria disusun oleh sebuah zat yang bernama …
a. Peptidoglikan
b. Kapsid
c. Protein
d. Asam Nukleat
e. Jawaban a dan c benar

39. Bakteri gram positif apabila diberi zat warna akan berubah warna menjadi …
a. Biru tua / ungu
b. Merah muda (pink)
c. Hitam
d. Hijau
e. Coklat

40. Yang menyebabkan bakteri tidak lisis dalam lingkungan yang hipertonis adalah …
a. Sitoplasma
b. Nukleoplasma
c. Membran plasma
d. Dinding sel
e. Ribosom

41. Alat gerak pada bakteri dikenal dengan nama …
a. Cillia
b. Pilus
c. Flagellum
d. Kaki
e. Sirip

42. Bakteri yang tidak memiliki alat gerak dinamakan …
a. Atrik
b. Monotrik
c. Notrik
d. Peritrik
e. Lofotrik

43. Bakteri anaerob obligat akan menganggap oksigen sebagai …
a. Makanan
b. Racun
c. Pembantu metabolism
d. Energi
e. Jawaban a,b, dan d benar

44. Masuknya DNA telanjang ke dalam sel bakteri dan mengubah sifat sel bakteri dinamakan …
a. Transformasi
b. Transduksi
c. Konjugasi
d. Pembelahan biner
e. Rekombinasi DNA

45. Bakteri yang dapat membusukkan ikan asin adalah jenis bakteri …
a. Halofil
b. Metanogen
c. Termoasidofil
d. Eubacteria
e. Jawaban a,b, dan c benar

DETAIL

1. Pengertian ilmu biolgi

  • Biologi berasal dari dua kata (bios hidup dan logos pengetahuan ) adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang kehidupan.
  • Biologi merupakan bidang ilmu yang luas dan bagian dari ilmu pengetahuan alam. Kriteria pemilahan cabang ilmu biologi berdasarkan, tingkat organisasi kehidupan, kelompok organisme, aspek kehidupan/kaitannya dengan ilmu lain.
2. Karakteristik ilmu biologi
  • Karakteristik ilmu biologi ditentukan oleh objek yang dipelajari dan permasalahan yang dikaji.
  • Objek yang dipelajari dalam ilmu biologi adalah makhluk hidup, yang memiliki karakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan objek sains lainnya.
Objek dari biologi dapat berupa:
  1. Objek material : materi yang dibahas yaitu berupa makhluk hidup dan makhluk yang pernah hidup termasuk fosil. 
  2. Objek formal : yaitu cara memandang atau hal yang dipandang. Objek formal biologi berupa struktur, fungsi, dan interaksi dari makhluk hidup tersebut.Ex : struktur akar, batang, dan daun kelapa. Fungsi setiap bagian pohon kelapa, serta interaksi pohon kelapa dengan makhluk hidup lainnya. 
3. Ilmu biologi sebagai bagian dari sains
  • Biologi adalah sains mengenai makhluk hidup. 
  • Biologi merupakan bagian dari sains dan memiliki karakter yang sama dengan sains lainnya. 
  • Sebagai sains biologi lahir dan berkembang dari pengamatan (observasi) dan percobaan (eksperimen).
Ciri-ciri sains antara lain:
  1. Memiliki objek kajian berupa benda-benda konkret 
  2. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (nyata) 
  3. Memiliki langkah-langkah sistematis 
  4. Menggunakan cara berpikir logis 
  5. Hasilnya objektif atau apa adanya 
  6. Hukum. Hukum yang dihasilkan bersifat universal (berlaku umum), pada dasarnya akan mendapatkan hasil yang sama.“Sains” berasal dari bahasa latin (Scientia : pengetahuan atau mengetahui), Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai fenomena alam sehingga rahasia yang dikandungnya dapat diungkap dan dipahami. Untuk mengungkapnya dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. 
4. Manfaat biologi
Manfaat biologi dapat dilihan dari beberapa bidang, diantaranya yaitu :
Bidang kedokteran
  • Transplantasi organ seperti pencangkokan ginjal, jantung,sumsum tulang belakang maupun hati. 
  • Teknik fertilasi invitro (bayi tabung) 
  • Pembuatan serum dan vaksin 
  • Penangan operasi pembedahan 

Bidang industri
  • Pemanfaatan mikroba dibidang industri makanan dan obat-obatan 
  • Pembuatan atau pengolahan biogas 
  • Ditemukannya kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu. 
  • Diketahuinya bahwa serabut biji kapas dan bulu domba dapat diolahmenjadi benang. 

Bidang pertanian
  • Kultur jaringan 
  • Dihasilkannya tanaman transgenic 
  • Tanaman tahan hama 
  • Tanaman yang memiliki nilai mutu yang tinggi. 

Bidang peternakan
  • Menemukan cara mengatasi penyakit ternak 
  • Menghasilkan ternak-ternak dengan kualitas baik 
  • Pengolahan hasil produksi ternak 

Bidang perikanan
  • Dihasilkannya ikan yang tinggi protein 
  • Pembudidayaan ikan 
  • Pengolahan ikan menjadi berbagai macam produk seperti : ikan kalengan, minyak ikan, terasi ikan, dll. 
Contoh dampak/bahaya perkembangan biologi :
  1. Senjata biologi : mikroorganisme mematikan yang sengaja dibiakkan di laboatorium untuk kepentingan tertentu. 
  2. Cloning : cloning manusia sebagai intervensi karya Tuhan YME dan tidak bermoral 
  3. Transgenik : bioteknologi dapat membahayakan apabila tidak dilakukan dengan benar, pengaturan, dan pengawasan yang ketat. 
Ciri-ciri makhluk hidup

Makhluk hidup disusun oleh sel.
  • Setiap makhluk hidup terdiri dari satu sel (uniseluler) dan banyak sel (multi seluler). 
  • Setiap sel dilindungi oleh membrane yang memisahkannya dari lingkungan. 
  • Kecuali virus semua memenuhi kriteria ini 
Memerlukann nutrisi
  • Makhluk hidup memerlukan nutrisi atau makanan agar dapat bertahan hidup, tumbuh dan melakukan aktivitas hidup lainnya. 
  • Salah satu perbedaan dasar antara tumbuhan dan hewan adalah cara mereka memperoleh makanan. 
  • Tumbuhan tidak memiliki organ pencernaan, seperti mulut, tetapi dapat memperoleh bahan-bahan pembentuk makanan berupa air dan garam mineral dari tanah serta karbondioksida dari udara. 
  • Bahan-bahan tersebut digunakan tumbuhan untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. 
  • Sementara itu, hewan memperoleh makkanannya dengan cara memakan tumbuhan atau hewan lainnya. 

Makhluk hidup melakukan proses metabolism
  • Di dalam tubuh makhluk hidup terjadi berbagai reaksi penyusunan dan penguraian senyawa-senyawa. 
  • Metabolism terjadi terus menerus, sehingga tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan homeostasis, yaitu keadaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan. 
Bernafas
  • Makhlu hidup memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas penting, seperti untuk pertumbuhan dan bergerak. 
  • Tumbuhan memperoleh energi dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis, sedangkan hewan dari makanan yang dimakan. 
  • Beberapa zat makanan pada tumbuhan ataupun hewan, terutama karbohidrat dan lemak, menyimpan banyak energi. 
  • Energi tersebut akan dibebaskan ketika zat-zat makanan dioksidasi dan air. 
  • Dalam hal ini, kita menyebutnya sebagai proses pernapasan (respirasi). 
  • Proses tersebut hanya terjadi pada sel-sel hidup . 
  • Berikut persamaan reaksinya: C6H12O6 + 6 O2 → 6 CO2 + 6 H2O + Energi 

Iritabilitas
  • Makhluk hidup memiliki respons terhadap perubahan-perubahan yang terjadi disekitarnya (iritabilitas), baik yang bersifat internasional maupun eksternal. 
  • Contohnya, jika suhu tubuh mamalia meningkat, maka dinding pembuluh darah didalam kulitnya akan melebar. 
  • Bentuk respon demikian akan menyebabkan panas menjadi berkurang atau hilang sehingga diperoleh suhu tubuh yang optimum. 
  • Pada tumbuhan, gejala iritabilitas dapat dilihat pada tumbuhan sikejut / putri malu (Mimosa pudica). 
Gambar : Mimosa pudica


Makhluk hidup melakukan transportasi

  • Dalam tubuh makhluk hidup terjadi pengangkutan zat-zat. Dan pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat transportasi adalah darah. 
Bergerak 

  • Hewan dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Hewan bergerak untuk mendapatkan makanan dan melindungi diri dari serangan musuh atau hewan predator. 
  • Berbeda dengan hewan, tumbuhan jarang sekali melakukan gerak berpindah tempat. 
  • Tumbuhan melakukan gerak sel-sel didalam tubuh, membuka atau menutupnya stomata, dan gerak sulur. 
Ekskresi
  • Ekskresi merupakan proses pembuangan limbah tubuh yang dihasilkan dari metabolisme. 
  • Contohnya, pada proses pernapasan dihasilkan limbah berupa karbondioksida. 
  • Limbah tersebut harus dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan. 
  • Begitu juga pada proses makan, semua sisa materi yang tidak dapat diabsorbsi oleh sel-sel tubuh akan dibuang keluar tubuh melalui proses ekskresi. 

Reproduksi
  • Reproduksi adalah suatu proses pembiakan atau perbanyakan untuk menghasilkan keturunan baru. 
  • Keturunan yang dihasilkan umumnya memiliki sifat-sifat yang sama dengan induknya (tertua), baik yang dihasilkan secara seksual maupun aseksual. 
  • Hal itu dapat terjadi karena adanya materi genetika (berupa DNA atau RNA) yang dapat diwariskan dari suatu generasi ke generasi selanjutnya. 
Makluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan
  • Pertumbuhan : perubahan ukuran sel menjadi semakin besar (pertambahan) ataupun pertambahan jumlah sel yang bersifat irreversible. 
  • Perkembangan : proses difernsiasi, pematangan organ menuju kesempurnaan/kedewasaan. 
  • Benda tak hidup, seperti stalagmit, seakan tampak tumbuh. Sebenarnya stalagmit tersebut bukanlah tumbuh. 
  • Pertambahan tinggi dan besar pada stalagmit disebabkkan adanya penambahan materi baru di luar permukkaannya. 
  • Berbeda dengan makhlu hidup, pertambahan ukuran tubuh berasal dari dalam. 
  • Itulah yang dikataan tumbuhproses tersebut dapat berlangsung karena adanya makanan yang dperoleh secara autotrof atau heterotrof.

Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan
  • Adaptasi adalah sifat dan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi habitat. 
  • Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi sehingga dapat bertahan meskipun keadaan lingkungan senantiasa berubah. 
  • Contoh salah satu adaptasi makhluk hidup adalah tumbuhan kaktus yang hidup di padan pasir. 

Gambar : Tumbuhan Kaktus
Cabang-Cabang Ilmu Biologi

  • Berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, biologi mencakup berbagai bidang ilmu yang mengkaji kehidupan dari tingkat molekul hingga tingkat bioma. 
  • Cabang ilmu berdasarkan tingkat organisasi kehidupan adalah biologi molekuler, biokimia, sitologi, histologi, anatomi. 
Cabang ilmu biologi yang didasarkan pada objek, yaitu:
  1. Botani, merupakan ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan 
  2. Zoologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang hewan 
  3. Mikrobiologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang mikrob atau jasad renik 
  4. Entomologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang serangga. 
  5. Ornitologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang burung. 
  6. Mikologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang jamur. 
  7. Cabang ilmu biologi yang didasarkan pada tema permasalahan yaitu: 
  8. Morfologi, merupakan ilmu yang mempelajari struktur luar makhluk hidup 
  9. Fisiologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh makhluk hidup 
  10. Genetika, merupakan ilmu yang mempelajari sifat keturunan beserta seluk beluknya secara ilmiah. 
  11. Ekologi, merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhlu hidup dengan lingkungannya. 
  12. Taksonomi, merupakan ilmu yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup. 
Cabang ilmu biologi yang didsarkan atas tingkat organisasi kehidupan, yaitu:
  1. Sitologi,merupkan ilmu yang mempeljari tentang struktur dan fungsi sel. 
  2. Histologi,merupakan ilmu yng mempelajari tentang struktur dan fungsi jaringan-jaringan tubuh mahluk hidup. 


Keterkaitan biologi dengan ilmu lain

  • Keterkaitan biologi dengan ilmu fisika yaitu dengan ditemukannya loup, mikroskop, dan timbangan analitik. 
  • Keterkaitan biologi dengan ilmu kimia yaitu dengan ditemukannya reagen dan obat-obatan. 
  • Keterkaitan biologi dengan ilmu matematika yaitu dengan tenik-teknik pengenceran zat, genetika populasi, dan analisis kepadatan. 
LATIHAN SOAL LAGI

SOAL

1. Untuk mengobati Kanker Kulit tingkat Organisasi kehidupan yang dipelajari adalah....
A. Molekul
B. Sel
C. Jaringan
D. Organ
E. Sistem organ

2. Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah.......
A. Eksperimen
B. Observasi
C. Menganalisis data
D. Merancang eksperimen
E. Identifikasi permasalahan

3. Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi yangmenggunakan indra penglihatan contohnya adalah........
A. Bau dan rasa
B. Tekstur dan ukuran
C. Warna dan bentuk
D. Rasa dan ukuran
E. Bau dan warna

4. Salah satu cabang biologi yang menggunakan serangga sebagai objek kajiannya adalah....
A. Histologi
B. Sitologi
C. Zoologi
D. Entomologi
E. Virologi

5. Perkembangan mahluk hidup mulai dari zigot sampai tahapan tertentu dalam perkembangannya dipelajari dalam ........
A. Entomologi
B. Embriologi
C. Zoologi
D. Genetika
E. Sitologi

6. Pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu pada satuan pengukuran baku, termasuk pengamatan ........
A. Kualitatip
B. Kuantitatip
C. Langsung
D. Tidak langsung
E. Hipotesis

7. Manakah berikut ini yang di observasi melalui suatu penglihatan .......
A. Pertambahan panjang kecambah dipersemaian
B. Suhu ruang
C. Suara gaduh dari sebuah bengkel mobil
D. Bau limbah
E. Jumlah kalori

8. Variabel bebas dari pernyataan “tinggi tanaman pepaya tergantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut”adalah.....
A. Jumlah air
B. Tinggi tanaman
C. Tanaman pepaya
D. Waktu menyiram
E. Lama menyiram

9. Keterampilan membaca skala pada termometer suhu merupakan keterampilan.......
A. Pengamatan
B. Prediksi
C. Klasifikasi
D. Mengukur
E. Inferensi

10. Agar pembuatan film tentang kehidupan mahluk hidup dimasa lampau sesuai dengan keadaan sebenarnya,cabang biologi yang berperan adalah......
A. Evolusi
B. Botani
C. Anatomi
D. Zoologi
E. Palaentologi

11. Pada daur lisogenik terjadi hal-hal berikut,kecuali................
A. Sel inang tidak mengalami lisis
B. Sel inang masih dapat hidup
C. Sel inang tidak dapat lagi bereproduksi
D. Sel inang dalam keadaan stabil
E. DNA inang mengandung DNA virus

12. Penyakit kuning pada cabai dan tomat disebabkan oleh.................
A. Bean golden mosaic virus
B. Turnip yellow mosaic virus
C. Tobacco mocaic virus
D. Virus CVPD
E. Virus tungro

13. Hama wereng dapat yangmenyebarkan virus............yang menyebabkan penyakit kerdil pada padi
A. tungro
B. TMV
C. TYMV
D. Begomovirus
E. CVPD

14. CVPD adalah...............
A. Penyakit kuning pada tomat
B. Penyakit bercak kuning pada daun tembakau
C. Penyaki t degenerasi pembuluh tapis pada jeruk
D. Virus penyebab daun menggulung pada lobak
E. Virus yang menyebabkan penyakit kerdil pada padi

15. Penyaki SARS disebabkan oleh.....................
A. Virus varicella zoster
B. Corona virus mamalia yang bermutasi
C. Rhabdovirus yang bermutasi
D. Orthomyxovirus yang bermutasi
E. Paramyxovirus yang bermutasi

16. Vaksin dapat dibuat dari................
A. Hormon hewan ternak
B. Cairan tubuh orang yang terinfeksi
C. Virus yang telah di lemahkan
D. Bakteri yang di serang virus
E. Profag dalam sel bakteri

17. Ciri-ciri virus menunjukan bahwa virus adalah.................
A. Benda mati
B. Makhluk hidup
C. Peralihan antara benda abiotik dan biotik
D. Organisme mikroskopis
E. Mikroorganisme mirip bakteri

18. Bakteriofag adalah...............
A. Bakteri yang terinfeksi virus
B. Virus yang menyerang bakteri
C. Bakteri yang bersimbiosis dengan virus
D. Bakteri yang menumpang hidup pada virus
E. Virus yang memakan bakteri

19. Penyakit AIDS dapat ditularkan melalui hal-hal berikut,kecuali..................
A. Transfusi darah
B. Jarum suntik
C. Hubungan kelamin
D. Berjabat tangan
E. Air susu ibu

20. Virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan jika menyerang......
A. Otot dan tulang
B. Otot dan kaki
C. Sistem transportasi
D. Sistem indra
E. Sistem saraf pusat

21. Hakikat Biologi sebagai Ilmu Contoh Soal dan Penyelesaiaan Berikut ini objek yang dikaji atau dipelajari dalam ilmu biologi, yaitu . . . .
A. udara
B. cahaya
C. air
D. tanah
E. jamur

22. Berikut ini adalah ciri-ciri makhluk hidup, kecuali . . . .
A. Menghasilkan zat sisa
B. Dapat beradaptasi
C. Dapat bereproduksi
D. Dapat bermetabolisme
E. Melakukan relokasi

23. Berikut ini yang termasuk tingkat organisasi kehidupan adalah . . . .
A. senyawa
B. partikel
C. molekul
D. atom
E. residu

24. Penggunaaan ilmu biologi dalam teknologi kloning merupakan permasalahan biologi yang dikaji pada kelompok . . . .
A. genetika
B. tingkah laku
C. evolusi
D. sejarah
E. keanekaragaman makhluk hidup

25. Cabang ilmu biologi yang salah satu kajiannya adalh bekteri, yaitu . . . .
A. evolusi
B. etologi
C. neurologi
D. mikrobiologi
E. mikologi

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan singkat!

  1. Menurut pendapat siapa bahwa mahluk hidup dikelompokan menjadi 6 kingdom? 
  2. Untuk mempelajari penyakit flu burung cabang-cabang biologi apasaja yang berkaitan? 
  3. Tuliskan 3 contoh penyakit pada manusia,hewan dan tumbuhan yang disebabkan oleh virus beserta nama virus dan gejalanya! 
  4. Virus apakah yang menyebabkan penyakit flu burung dan flu babi? 
  5. Bagaimanakah cara penularan virus flu burung dan flu babi kepada manusia? 
  6. Tuliskan 3 langkah yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan virus flu Burung! 
  7. Mengapa seseorang yang baru sembuh dari influenza dapat terserang influenza Kembali! 
SILAHKAN COBA SOAL UN KELAS X

TRY AGAIN
1. Di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari organisasi kehidupan ialah ….
a. sel
b. jaringan
c. organ
d. lingkungan
e. populasi

2. Biologi termasuk Ilmu Pengetahuan Alam yang dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, karena …
a. objeknya menggunakan cara berpikir logis
b. memiliki langkah-langkah sistematis
c. objeknya nyata dan dapat ditangkap oleh indera
d. berpikir secara induktif
e. berpikir secara deduktif dan hasilnya objektif

3. Berpikir dari hal-hal yang bersifat umum menjadi ketentuan yang khusus, disebut ….
a. berpikir deduktif
b. berpikir induktif
c. kerja ilmiah
d. pengalaman empiris
e. objek kajian yang konkret

4. Ilmu tentang burung disebut ….
a. Sitologi
b. Zoologi
c. Limnologi
d. Herpetologi
e. Ornithologi

5. Ilmu yang tidak dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris ialah ….
a. Biologi
b. Fisika
c. Matematika
d. Kimia
e. Botani

6. Ilmu kesehatan, ilmu perikanan, ilmu kedokteran dan bioteknologi bukan termasuk pengembangan Biologi, tetapi termasuk ….
a. Pengetahuan sosial
b. Fisika inti
c. Kimia inti
d. Biologi inti
e. Biologi terapan

7. Ilmu pengetahuan akan terhenti perkembangannya jika ….
a. tanpa mahasiswa
b. tanpa guru
c. tanpa siswa
d. tanpa rasa ingin tahu
e. tanpa solidaritas manusia

8. Berikut ini yang bukan merupakan hasil pengamatan yang benar dalam kerja ilmiah adalah ….
a. berat buah mangga ringan
b. daun jambu panjangnya 12 cm
c. pH eksktrak mangga 3
d. suhu tubuh manusia 37˚C
e. kadar gula pada madu 28.5 %

9. Dalam kerja ilmiah ada upaya memberikan arti sesuatu fenomena berdasar fenomena lainnya, yang disebut
a. penggolongan
b. menafsirkan
c. meramalkan
d. memprakirakan
e. mengajukan pertanyaan

10. Jika ada suatu faktor yang dibuat secara bervariasi dalam penelitian maka faktor yang demikian disebut .
a. variabel kontrol
b. variabel terikat
c. variabel bebas
d. eksperimen
e. faktor biotik

11. Jika seorang peneliti melakukan perubahan pada objek penelitiannya dan akibatnya dapat diukur maka perubahan demikian disebut sebagai ….
a. variabel kontrol
b. variabel terikat
c. variabel bebas
d. eksperimen
e. faktor biotik

12. Misalkan dalam pertumbuhan suatu tanaman dipengaruhi oleh cahaya, suhu, air dan tanah maka faktor-faktor yang demikian dinyatakan sebagai ….
a. variabel kontrol
b. variabel terikat
c. variabel bebas
d. eksperimen
e. faktor biotik.

13. Pengaruh pertambahan unsur nitrogen dalam tanah tidak memengaruhi pertumbuhan ayam di peternakan Pak Dodi. Dalam suatu eksperimen hal demikian dinyatakan sebagai ….
a. hipotesis alternatif
b. hipotesis nol
c. perlakuan
d. analisis data
e. menarik kesimpulan

14. Dengan mendengar aku bisa lupa, dengan melihat aku bisa ingat dan dengan melakukan aku bisa lebih memahami. Prinsip demikian merupakan bagian dari ….
a. pendekatan fakta
b. pendekatan konsep
c. pendekatan keterampilan proses
d. observasi
e. pengelompokkan

15. Dalam kerja ilmiah diketahui ada cara meramalkan. Jika dilakukan peramalan atau prakiraan berdasarkan data yang telah terjadi atau hukum-hukum yang berlaku maka akan dikenal sebagai ….
a. prakiraan intrapolasi
b. prakiraan ekstrapolasi
c. prakiraan
d. mengidentifikasi variabel
e. melakukan eksperimen

16. Ilmu tentang Aves atau burung adalah ….
a. Ornithologi
b. Ichthyologi
c. Herpetologi
d. Mamologi
e. Limnologi

17. Cabang Biologi tentang hewan yang menyusui adalah ….
a. Ornithologi
b. Ichthyologi
c. Herpetologi
d. Mammologi
e. Limnologi

18. Ilmu tentang kehidupan masa lampau disebut ….
a. Palaentologi
b. Protozoologi
c. Helmintologi
d. Endokrinologi
e. Urologi

19. Cabang biologi yang berkaitan dengan ilmu tentang hewan yang bersel satu dikenal sebagai ….
a. Palaentologi
b. Protozoologi
c. Helmintologi
d. Endokrinologi
e. Urologi

20. Ilmu tentang cacing dan kehidupannya di alam ini dikenal sebagai ….
a. Palaentologi
b. Protozoologi
c. Helmintologi
d. Endokrinologi
e. Urologi

21. Ilmu tentang sistem pengeluaran pada tubuh berupa kemih disebut ….
a. Palaentologi
b. Protozoologi
c. Helmintologi
d. Endokrinologi
e. Urologi

22. Cabang Biologi tentang kelenjar buntu dikenal sebagai ….
a. Palaentologi
b. Protozoologi
c. Helmintologi
d. Endokrinologi
e. Urologi

23. Ilmu tentang alat-alat pada tubuh dikenal sebagai ….
a. Genetika
b. Ekologi
c. Limnologi
d. Malakologi
e. Organologi

24. Cabang Biologi yang berkaitan dengan pewarisan sifat dari induk pada keturunannya dikenal sebagai ….
a. Genetika
b. Ekologi
c. Limnologi
d. Malakologi
e. Organologi

25. Ilmu tentang perairan dikenal sebagai ….
a. Genetika
b. Ekologi
c. Limnologi
d. Malakologi
e. Organologi


REFRENSI BUKU 



  
BUKU 2





Support web ini

BEST ARTIKEL