Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Mengomunikasikan hasil studi evolusi biologi
Indikator :
Mendeskripsikan pengertian evolusi.
Membedakan pengertian evolusi progresif dan regresif
Menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
Menjelaskan teori evolusi sebelum Darwin.
Menjelaskan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos sehingga menemukan teori evolusi.
Menerangkan beberapa kesimpulan Darwin yang diambil berdasarkan hasil pengamatannya.
Menyebutkan beberapa tokoh yang memengaruhi teori evolusi Darwin.
.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian evolusi.
Siswa dapat membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
Siswa dapat menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
Siswa dapat menjelaskan teori evolusi menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan ciri burung finch di Kepulauan Galapagos.
Siswa dapat mendeskripsikan pengaruh studi geologi Darwin terutama tentang fosil sehingga Darwin mengemukakan teori evolusi
Siswa dapat menyebutkan beberapa kesimpulan Darwin.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap teori evolusi Darwin.
Materi Ajar
Evolusi merupakan perkembangan makhluk hidup secara bertahap menuju kesempurnaan yang terjadi dalam waktu yang lama
Evolusi dibedakan menjadi dua, yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif.
Orang yang dianggap paling berjasa dalam sejarah evolusi adalah Charles Robert Darwin. Sebelum Darwin, ada beberapa tokoh penting yang mengajukan beberapa pandangan tentang evolusi, antara lain Anaximander, Aristoteles, Erasmus Darwin, Count de Buffon, dan George Cuvier.
Darwin mengutarakan teori evolusi setelah melakukan pengamatan dalam perjalanannya ke Kepulauan Galapagos.
Darwin melihat adanya perbedaan cirri terhadap bentuk paruh burung finch yang berbeda jenis makanannya.
Darwin juga menyusun beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan evolusi.
Kesimpulan tersebut dinamakan teori seleksi alam.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )
Apersepsi :
Guru meminta pendapat siswa apakah mereka percaya terhadap teori yang menyatakan bahwa manusia berasal dari kera ?
Siswa diminta mengutarakan pendapatnya masing-masing dan diminta menjelaskan alasannya.
·
Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )
Guru meminta siswa menjelaskan pengertian evolusi.
Guru meminta siswa membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
Guru meminta siswa memberikan contoh evolusi progresif dan regresif.
Guru meminta siswa menguraikan pendapat dan pandangan beberapa tokoh tentang evolusi, antara lain menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
Guru meminta siswa menjelaskan alasan Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.
Guru meminta siswa mendeskripsikan tokoh yang menyatakan bahwa alam semesta selalu berubah dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks.
Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )
1. Guru meminta siswa menyimpulkan pengertian evolusi dan menyebutkan tokoh sebelum Darwin yang juga menyatakan pandangannya tentang evolusi.
2. Guru meminta siswa menyimpulkan perbedaan antara evolusi progresif dan evolusi regresif.
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )
Apersepsi :
· Guru meminta siswa menyebutkan hal yang diketahuinya tentang perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos.
Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )
Guru meminta siswa menunjukkan perbedaan paruh burung finch di Kepulauan Galapagos yang menurut Darwin merupakan salah satu bukti adanya evolusi. Siswa diperbolehkan mencari informasi mengenai hal tersebut melalui internet atau studi literatur.
Guru meminta siswa mendeskripsikan secara sederhana tentang pengaruh studi geologi Darwin terhadap fosil sehingga tercetus teori evolusi.
Guru meminta siswa menjelaskan pengertian dari fosil.
Guru meminta siswa menyebutkan buku yang di dalamnya menjabarkan pengaruh teori seleksi alam terhadap evolusi karangan Darwin
Guru meminta siswa menyebutkan dan menjabarkan beberapa kesimpulan Darwin dalam menyusun teori evolusi
Guru meminta siswa menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan Darwin.
Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )
Guru meminta siswa menyebutkan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos dan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan yang diambil Darwin berkaitan dengan teori evolusi dan seleksi alam.
Guru meminta siswa menyebutkan kesimpulan teori seleksi alam dalam teori evolusi Darwin
Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan :
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Penugasan (tabel perbandingan)
Sumber / Bahan / Alat Pembelajaran
1. Buku Sains Biologi 3B, LKS, LCD, Buku lain yang relevan.
2. Lingkungan sekitar.
3. Internet.
Penilaian
1. Sikap siswa saat proses pembelajaran ( ranah afektif )
2. Penilaian hasil belajar berupa:
· Tabel perbandingan ( ranah kognitif ).
· Laporan hasil diskusi ( ranah kognitif ).
SOAL LATIHAN
1. Beberapa fakta yang terjadi di
alam antara lain;
Semua spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi
Terdapat variasi yang diturunkan di antara individu
satu spesies
Terdapat banyak homologi organ
Ditemukannya hewan yang sama di tempat yang berbeda
Fakta yang menjadi dasar teori evolusi adalah .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4
2. Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan
leher jerapa
Jerapah berleher panjang berasal
dari induk jerapah berleher pendek
Pada masa lampau terdapat jerapah berleher panjang
maupun berleher pendek
Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan
Jerapah berleher pendek mati, sedangkan berleher
panjang tetap lestari/hidup
Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya
dengan evolusi jerapah adalah …. A. 1 dan 2 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4
3. Dasar proses evolusi menurut Darwin ialah bahwa … A. nenek moyang manusia adalah kera B. spesies yang kuat membunuh yang lemah C. spesies baru timbul terus menerus D. perubahan perlahan-lahan dalam waktu yang lama E. perubahan yang bersifat menurun
4. Terbentuknya berbagai spesies burung Finch di kepulauan Galapagos disebabkan oleh … A. tersedianya berbagai jenis makanan B. lingkungan yang berbatu mendorong lahirnya keturunan
yang berubah patuhnya C. seluruh populasi mengalami mutasi spontan D. terjadinya hibridisasi dengan spesies burung lainnya E.spasialisasi dalam menggunakan bahan makanan yang
berbeda
5. Populasi jerapah adalah heterogen, ada yang berleher
pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mendapatkan makanan,
jerapah yang berleher panjanglah yang lestari, sedangkan jerapah berleher
pendek lenyap secara perlahan-lahan. Peristiwa tersebutmengingatkan teori
evolusi yang dikemukanan oleh … A. Weisman B. Erasmus Darwin C. Charles Darwin D. Anaximander E. Gregor Johan Mendel
6. Pernyataan yang tepat tentang evolusi menurut Darwin
dan Robert Malthus adalah …
7. Jerapah yang ada sekarang adalah jerapah yang berleher
panjang, sedangkan menurut teori Evolusi, dahulu nenek moyang jerapah
bervariasi ada yang berleher panjang, ada yang pendek. Manakah pernyataan yang
benar yang dikemukakan oleh Lamarck dan Darwin berikut ini?
A.Lamarck, karena
seleksi alam, moyang jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang
B.Darwin, karena seleksi alam, moyang jerapah yang dulu berleher
pendek akhirnya menjadi panjang
C.Lamarck,, karena beradaptasi, moyang jerapah yang dulu berleher
pendek ackhirnya menjadi panjang
D.Darwin, kerana beradaptasi, moyang jerapah yang dulu bervariasi
akhirnya hanya yang berleher panjang yang dapat hidup
E.Darwin, karena seleksi alam, semua moyang berleher pendek mati
baru kemudian muncul moyang jerapah berleher panjang
8. Di dunia ini tidak pernah
dijumpai dua individu yang identik sama, sehingga timbul variasi. Yang dimaksud
variasi adalah … A. perubahan sifat organisme karena evolusi B. perbedaan antara individu organisme sejenis C. persamaan sifat organisme karena adaptasi D. perbedaan sifat organisme karena seleksi E. perbedaan sifat beberapa organisme liar
9. Faktorluar yang mempengaruhi adanya variasi pada makhluk hidup adalah … A. kerja faal, kebiasaan, warna alam B. makanan, penyakit, genetik C. suhu, tanah, mutasi D. ukuran, warna alam, genetik E. tanah, makanan, suhu
10. Menurut Darwin kemampuan individu bertahan hidup
karena … A. ukurannya kuat B. tubuhnya kuat C. cepat bereproduksi D. dapat beradaptasi E. melakukan migrasi
11. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya variasi
makhluk hidup menurut Darwin adalah … A. suhu, tanah, makanan B. seleksi, hibridisasi, mutasi C. hibridisasi, rekombinasi, mutasi D. rekombinasi, seleksi, domestikasi E. variasi, seleksi, rekombinasi
12. Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi
organ adalah … A. perubahan gen B. perubahan kromosom C. lingkungan D. seleksi alam E. Baster
13. Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi
organ adalah … A. perubahan gen B. perubahan kromosom C. lingkungan D. seleksi alam E. udara
14. Sebelum berkembangnya industri di Inggris, Biston
betularia warna cerah populasinya tinggi, yang berwarna gelap jarang ditemukan
Setelah industri berkembang biston betularia warna gelap populasinya menjadi
tinggi. Menurut hasil analisa hal ini disebabkan Biston betularia … A. warna cerah tidak tahan terhadap limbah industri B. warna cerah tidak senang dengan pohon yang berjelaga C. warna gelap senang dengan pohon yang berjelaga D. warna cerah mudah terlihat oleh mangsa jika hinggap
pada batang yang berjelaga E. warna gelap resisten dengan jelaga yang ada di kulit
batang
15. Burung puyuh yang warna dan
bentuk tubuhnya hampir menyerupai gumpalan-gumpalan tenah, sehingga bila ia
berjalan-jalan di tanah yang tanahnya bergumpal akan melindungi burung puyuh
dari musuh-musuhnya. Menurut Darwin hal ini terjadi karena … A. alam akan membatasi jumlah individu B. alam akan membunuh individu-individu yang lemah C. alam melindungi akan individu-individu yang lemah D. alam akan mengadakan seleksi terhadap individu-individu
yang hidup didalamnya E. alam tidak akan mempengaruhi pertumbuhan jumlah
individu yang hidup di dalamnya
16. Cabang biologi yang mempelajari asal-usul makhluk
hidup dan hubungan genetik antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya yaitu
....
A.botani
B.taksonomi
C.zoologi
D.genetika
E.evolusi
17. Hewan dan tumbuhan di kepulauan Galapagos mirip
dengan hewan dan tumbuhan yang ada di ....
A.Australia
B.Asia
Tenggara
C.Amerika
Tengah
D.Amerika
Selatan
E.Amerika
Utara
18. Tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Evolusi yaitu ....
A.T.
R. Malthus
B.A.
Weismann
C.J.
B. Lamarck
D.Carolus
Linnaeus
E.Charles
Darwin
19. Berdasarkan teori Darwin, evolusi terjadi melalui
....
A.pengaruh
lingkungan
B.variasi
gen
C.adaptasi
D.seleksi
alam
E.mutasi
20. Fakta evolusi yang diamati oleh Darwin dalam
perjalanannya ke kepulauan Galapagos adalah ....
A.spesies
kura-kura
B.spesies
burung finch
C.spesies
iguana
D.spesies
kura-kura
E.spesies
unta
21. Unit biologi terkecil yang mampu berevolusi ialah
....
A.komunitas
B.spesies
C.keluarga
D.populasi
E.individu
22. Evolusi jerapah yang berleher panjang disebabkan
karena ....
A.latihan
terus menerus memanjangkan leher
B.adanya
stabilitas
C.seleksi
alam
D.isolasi
simpatik
E.isolasi
paratrik
23. Berikut ini yang tidak termasuk faktor penyebab
perubahan keseimbangan genetik dalam suatu populasi adalah ....
A.perkawinan
B.imigrasi
dan emigrasi
C.seleksi
dan rekombinasi
D.seleksi
alam
E.mutasi
24. Berikut ini yang bukan merupakan mutasi yang
menguntungkan adalah ....
A.adanya
isolasi dari populasi lain
B.tidak
terjadi seleksi alam
C.perkawinan
secara acak
D.ukuran
populasi besar
E.terjadi
mutasi
25. Perubahan kimia gen yang dapat menyebabkan timbulnya
perubahan sifat suatu makhluk organisme yang sifatnya menurun disebut ....
A.domestikasi
B.isolasi
C.mutasi
gen
D.rekombinasi
gen
E.seleksi
alam
26. Teori asal usul kehidupan terdapat empat hipotesis,
hipotesis yang menurut para ahli paling dapat di selidiki ialah :
A.Kehidupan
diciptakan melalui suatu peristiwa supernatural
B.Kehidupan
tidak mempunyai asal usul
C.Kehidupan
berasal dari dalam planet ini dan terjadi sesuai dengan hukum fisika dan kimia
D.Kehidupan
berasal dari planet lain dalam sistem tata surya
E.Kehidupan
terjadi begitu saja tanpa ada permulaan
27. Pernyataan yang tepat tentang teori asal usul
kehidupan serta menjadi landasan dasar teori evolusi ialah :
A.Semua
organisme yang ada sekarang berasal dari organisme sebelumnya.
B.Terdapatnya
variasi dalam populasi makhluk hidup
C.Pada
setiap zaman diciptakan spesies yang berbeda
D.Organisme
primitif telah berkembang menjadi organisme kompleks
E.Terdapatnya
burung finch di kepulauan Galapagos
28. Teori biogenesis menyatakan bahwa :
A.Kehidupan
tidak ada asalnya (spontan)
B.Kehidupan
berasal dari planet lain
C.Kehidupan
berasal dari kehidupan sebelumnya
D.Kehidupan
berasal dari molekul anorganik
E.Kehidupan
bermula dari sel prokariot
29. Pada percobaan oleh L. Spalanzani memakai air kaldu,
setelah didiamkan beberapa hari ternyata air kaldu menjadi keruh dan banyak
terdapat mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut berasal dari
A.air
kaldu
B.daging
C.lalat
D.udara
E.air
30. Evolusi kimia merupakan perubahan dari proses
inorganik menjadi organik dengan merubah :
A.gas-gas
diatmosfer menjadi senyawa inorganik
B.asam
amino menjadi protein
C.Perubahan
molekul kompleks menjadi sederhana
D.CH4,
NH3, H2O, H2 menjadi gula sederhana dan asam amino
E.Soppurba
menjadi sel prokariot
31. Konsep omne vivum ex ovo dan omne ovum x vivo
merupakan suatu konsep tentang kehidupan yang berasal dari kehidupansebelumnya,
konsep ini di kemukakan oleh :
A.Francesco
Redi
B.Oparin
C.L.
Spalanzani
D.Aristoteles
E.Louis
Pasteur
32. Pada percobaan dengan memakai gas-gas dan energi halilintar,
Miller-Urey berhasil membentuk :
A.bunga
api listrik
B.senyawa
organik sederhana
C.sel
prokariot
D.organisme
sederhana
E.membran
sel
33. Ketika sedang dalam pelayarannya dengan H.M.S.
Beagle, Darwin singgah di kepulauan Galapagos. Hewan yang menarik perhatiannya
ialah :
A.Iguana
laut
B.Burung
finch
C.Kera
D.Harimau
E.Babi
hutan
34. Evolusi merupakan suatu perubahan organisme dari
sederhana menuju ke organisme kompleks, hal ini terjadi secara :
A.bertahap
B.langsung
C.tersendat-sendat
D.kadang-kadang
E.tidak
langsung
35. Evolusi tidak dapat diikuti secara langsung tetapi
dilihat dari bukti ilmiah yang ada. Petunjuk adanya evolusi ialah :
A.Fosil
B.Perbandingan
morfologi
C.Perbandingan
biokimia
D.Perbandingan
embrio
E.Semua
benar
36. Satuan terkecil evolusi dalam kehidupan ialah
A.spesies
B.populasi
C.komunitas
D.ekosistem
E.habitat
37. Kondisi manakah yang tidak mendukung hukum
Hardy-Weinberg :
A.terjadi
mutasi
B.tidak
terjadi seleksi alam
C.populasi
besar
D.reproduksi
secara acak
E.spesies
dapat melakukan reproduksi
38. Dari 1000 orang penduduk desa Nagrek yang diperiksa
golongan darahnya, didapat 640 orang bergolongan M, 320 bergolongan MN dan 40
orang bergolongan N. Berapakah frekuensi alel M dan N masing-masing populasi
itu ?
A.0,1
dan 0,9
B.0,3
dan 0,7
C.0,8
dan 0,2
D.0,6
dan0,4
E.0,5
dan 0,5
39. faktor yang mendukung spesiasi ialah :
A.adaptasi
B.evolusi
C.relung
yang kosong
D.makanan
E.lingkungan
40. Spesiasi yang terjadi pada daerah tepi ialah spesiasi
A.simpatrik
B.allopatrik
C.parapatrik
D.peripatrik
E.tidak
simpatrik
41. Suatu populasi burung terpisah menjadi dua populasi.
Setelah ribuan tahun kedua populasi burung tersebut bersatu kembali, tetapi
gagal melakukan perkawinan. Berikut ini yang bukan penjelasan untuk hal
tersebut adalah …
A.Masa
kawin kedua populasi tersebut berubah
B.Populasi
asal berevolusi menjadi dua spesies berbeda
C.Tidak
terjadi isolasi gamet
D.Dua
populasi tersebut menjadi terisolasi secara geografis
E.Telah
terjadi isolasi gamet
42. Sayap lebah dan sayap kelelawar termasuk organ yang
analog, karena …
A.Bentuk
dasar berbeda
B.Bentuk
berbeda, fungsi sama
C.Asal
sama, fungsi sama
D.Asal
berbeda, fungsi berbeda
E.Tidak
ada persamaan apapun
43. Siput dan hewan kecil lain yang pergerakannya lambat
lebih mudah terisolasi dibandingkan vertebrata yang mampu terbang adalah contoh
dari spesiasi …
A.Isolasi
reproduksi
B.Isolasi
alopatrik
C.Isolasi
ekologis
D.Isolasi
simpatrik
E.Isolasi
mekanis
44. Unit biologi yang tampak paling cepat dan jelas
mengadakan proses evolusi adalah …
A.Sel
B.Jaringan
C.Individu
D.Spesies
E.Ekosistem
45. Arti dari Omne Vivum ex Ovo adalah …
A.Setiap
makhluk hidup berasal dari induknya
B.Setiap
makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
C.Setiap
makhluk hidup berasal dari anaknya
D.Setiap
makhluk hidup berasal dari telur
E.Setiap
makhluk hidup tidak berasal dari apa-apa
46. Beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain :
1.Semua
spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi
2.Terdapat
variasi yang diturunkan di antara individu satu spesies
3.Terdapat
banyak homologi organ
4.Ditemukannya
hewan yang sama di tempat yang berbeda
Fakta yang menjadi dasar teori evolusi adalah …
A.1
dan 2
B.3
dan 4
C.1
dan 4
D.2
dan 3
E.2
dan 4
47. Populasi jerapah adalah heterogen, ada yang berleher
pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mendapatkan makanan,
jerapah yang berleher panjanglah yang lestari, sedangkan jerapah berleher
pendek lenyap secara perlahan-lahan. Peristiwa tersebut mengingatkan teori
evolusi yang dikemukakan oleh …
A.Weismann
B.Erasmus
Darwin
C.Charles
Darwin
D.Lamarck
E.Gregor
Johan Mendel
48. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat di anggap
sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh
yang tersisa adalah …
A.Rambut
pada dada
B.Tulang
telapak tangan
C.Umbai
cacing (usus buntu)
D.Gigi
taring yang runcing
E.Otot-otot
(penggerak) telinga
49. Pada suatu daerah dengan 10.000 penduduk terdapat 4%
warga albino, maka perbandingan jumlah orang yang berkulit normal heterozigot
dan homozigot berturut-turut adalah …
A.6400
dan 1600
B. 3200 dan 6400
C.3200
dan 1600
D.3200
dan 400
E.1600
dan 400
50.Terbentuknya
berbagai spesies burung finch di Kepulauan Galapagos di sebabkan oleh …
A.Tersedianya
berbagai jenis makanan
B.Lingkungan
yang berbatu mendorong lahirnya keturunan yang berubah paruhnya
C.Seluruh
populasi mengalami mutasi spontan
D.Terjadinya
hibridisasi dengan spesies burung lainnya
E.Spesialisasi
dalam menggunakan bahan makanan yang berbeda