Wednesday, October 12, 2011

RPP KELAS XII EVOLUSI

-->
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII / 2 ( Dua )
Pertemuan Ke- : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit ( 4 jam pelajaran )
Standar Kompetensi :
  • Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas

Kompetensi Dasar :
  • Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
  • Mengomunikasikan hasil studi evolusi biologi
Indikator :
  1. Mendeskripsikan pengertian evolusi.
  2. Membedakan pengertian evolusi progresif dan regresif
  3. Menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
  4. Menjelaskan teori evolusi sebelum Darwin.
  5. Menjelaskan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos sehingga menemukan teori evolusi.
  6. Menerangkan beberapa kesimpulan Darwin yang diambil berdasarkan hasil pengamatannya.
  7. Menyebutkan beberapa tokoh yang memengaruhi teori evolusi Darwin.
.
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian evolusi.
  2. Siswa dapat membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
  3. Siswa dapat menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
  4. Siswa dapat menjelaskan teori evolusi menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan ciri burung finch di Kepulauan Galapagos.
  6. Siswa dapat mendeskripsikan pengaruh studi geologi Darwin terutama tentang fosil sehingga Darwin mengemukakan teori evolusi
  7. Siswa dapat menyebutkan beberapa kesimpulan Darwin.
  8. Siswa dapat menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap teori evolusi Darwin.
Materi Ajar
  1. Evolusi merupakan perkembangan makhluk hidup secara bertahap menuju kesempurnaan yang terjadi dalam waktu yang lama
  2. Evolusi dibedakan menjadi dua, yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif.
  3. Orang yang dianggap paling berjasa dalam sejarah evolusi adalah Charles Robert Darwin. Sebelum Darwin, ada beberapa tokoh penting yang mengajukan beberapa pandangan tentang evolusi, antara lain Anaximander, Aristoteles, Erasmus Darwin, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  4. Darwin mengutarakan teori evolusi setelah melakukan pengamatan dalam perjalanannya ke Kepulauan Galapagos.
  5. Darwin melihat adanya perbedaan cirri terhadap bentuk paruh burung finch yang berbeda jenis makanannya.
  6. Darwin juga menyusun beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan evolusi.
  7. Kesimpulan tersebut dinamakan teori seleksi alam.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )
Apersepsi :
  1. Guru meminta pendapat siswa apakah mereka percaya terhadap teori yang menyatakan bahwa manusia berasal dari kera ?
  2. Siswa diminta mengutarakan pendapatnya masing-masing dan diminta menjelaskan alasannya.
·
Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )
  1. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian evolusi.
  2. Guru meminta siswa membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
  3. Guru meminta siswa memberikan contoh evolusi progresif dan regresif.
  4. Guru meminta siswa menguraikan pendapat dan pandangan beberapa tokoh tentang evolusi, antara lain menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  5. Guru meminta siswa menjelaskan alasan Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.
  6. Guru meminta siswa mendeskripsikan tokoh yang menyatakan bahwa alam semesta selalu berubah dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks.
Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )
1. Guru meminta siswa menyimpulkan pengertian evolusi dan menyebutkan tokoh sebelum Darwin yang juga menyatakan pandangannya tentang evolusi.
2. Guru meminta siswa menyimpulkan perbedaan antara evolusi progresif dan evolusi regresif.
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )
Apersepsi :
· Guru meminta siswa menyebutkan hal yang diketahuinya tentang perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos.
Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )
  1. Guru meminta siswa menunjukkan perbedaan paruh burung finch di Kepulauan Galapagos yang menurut Darwin merupakan salah satu bukti adanya evolusi. Siswa diperbolehkan mencari informasi mengenai hal tersebut melalui internet atau studi literatur.
  2. Guru meminta siswa mendeskripsikan secara sederhana tentang pengaruh studi geologi Darwin terhadap fosil sehingga tercetus teori evolusi.
  3. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian dari fosil.
  4. Guru meminta siswa menyebutkan buku yang di dalamnya menjabarkan pengaruh teori seleksi alam terhadap evolusi karangan Darwin
  5. Guru meminta siswa menyebutkan dan menjabarkan beberapa kesimpulan Darwin dalam menyusun teori evolusi
  6. Guru meminta siswa menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan Darwin.
Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )
  1. Guru meminta siswa menyebutkan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos dan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan yang diambil Darwin berkaitan dengan teori evolusi dan seleksi alam.
  2. Guru meminta siswa menyebutkan kesimpulan teori seleksi alam dalam teori evolusi Darwin

Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan :
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Penugasan (tabel perbandingan)
Sumber / Bahan / Alat Pembelajaran
1. Buku Sains Biologi 3B, LKS, LCD, Buku lain yang relevan.
2. Lingkungan sekitar.
3. Internet.
Penilaian
1. Sikap siswa saat proses pembelajaran ( ranah afektif )
2. Penilaian hasil belajar berupa:
· Tabel perbandingan ( ranah kognitif ).
· Laporan hasil diskusi ( ranah kognitif ).

SOAL LATIHAN 

1. Beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain;

  1. Semua spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi
  2. Terdapat variasi yang diturunkan di antara individu satu spesies
  3. Terdapat banyak homologi organ
  4. Ditemukannya hewan yang sama di tempat yang berbeda
Fakta yang menjadi dasar teori evolusi adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

2. Pernyataan di bawah ini menyebabkan perubahan leher jerapa

  1. Jerapah berleher panjang berasal dari induk jerapah berleher pendek
  2. Pada masa lampau terdapat jerapah berleher panjang maupun berleher pendek
  3. Memanjangnya leher jerapah karena pengaruh lingkungan 
  4. Jerapah berleher pendek mati, sedangkan berleher panjang tetap lestari/hidup
Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan evolusi jerapah adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

3. Dasar proses evolusi menurut Darwin ialah bahwa …
A. nenek moyang manusia adalah kera
B. spesies yang kuat membunuh yang lemah
C. spesies baru timbul terus menerus
D. perubahan perlahan-lahan dalam waktu yang lama
E. perubahan yang bersifat menurun

4. Terbentuknya berbagai spesies burung Finch di kepulauan Galapagos disebabkan oleh …
A. tersedianya berbagai jenis makanan
B. lingkungan yang berbatu mendorong lahirnya keturunan yang berubah patuhnya
C. seluruh populasi mengalami mutasi spontan
D. terjadinya hibridisasi dengan spesies burung lainnya
E.spasialisasi dalam menggunakan bahan makanan yang berbeda

5. Populasi jerapah adalah heterogen, ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mendapatkan makanan, jerapah yang berleher panjanglah yang lestari, sedangkan jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan. Peristiwa tersebutmengingatkan teori evolusi yang dikemukanan oleh …
A. Weisman
B. Erasmus Darwin
C. Charles Darwin
D. Anaximander
E. Gregor Johan Mendel

6. Pernyataan yang tepat tentang evolusi menurut Darwin dan Robert Malthus adalah …




7. Jerapah yang ada sekarang adalah jerapah yang berleher panjang, sedangkan menurut teori Evolusi, dahulu nenek moyang jerapah bervariasi ada yang berleher panjang, ada yang pendek. Manakah pernyataan yang benar yang dikemukakan oleh Lamarck dan Darwin berikut ini?

A.   Lamarck, karena seleksi alam, moyang jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang
B.    Darwin, karena seleksi alam, moyang jerapah yang dulu berleher pendek akhirnya menjadi panjang
C.    Lamarck,, karena beradaptasi, moyang jerapah yang dulu berleher pendek ackhirnya menjadi panjang
D.   Darwin, kerana beradaptasi, moyang jerapah yang dulu bervariasi akhirnya hanya yang berleher panjang yang dapat hidup
E.    Darwin, karena seleksi alam, semua moyang berleher pendek mati baru kemudian muncul moyang jerapah berleher panjang

8. Di dunia ini tidak pernah dijumpai dua individu yang identik sama, sehingga timbul variasi. Yang dimaksud variasi adalah …
A. perubahan sifat organisme karena evolusi
B. perbedaan antara individu organisme sejenis
C. persamaan sifat organisme karena adaptasi
D. perbedaan sifat organisme karena seleksi
E. perbedaan sifat beberapa organisme liar

9. Faktor luar yang mempengaruhi adanya variasi pada makhluk hidup adalah …
A. kerja faal, kebiasaan, warna alam
B. makanan, penyakit, genetik
C. suhu, tanah, mutasi
D. ukuran, warna alam, genetik
E. tanah, makanan, suhu

10. Menurut Darwin kemampuan individu bertahan hidup karena …
A. ukurannya kuat
B. tubuhnya kuat
C. cepat bereproduksi
D. dapat beradaptasi
E. melakukan migrasi

11. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya variasi makhluk hidup menurut Darwin adalah …
A. suhu, tanah, makanan
B. seleksi, hibridisasi, mutasi
C. hibridisasi, rekombinasi, mutasi
D. rekombinasi, seleksi, domestikasi
E. variasi, seleksi, rekombinasi

12. Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah …
A. perubahan gen
B. perubahan kromosom
C. lingkungan
D. seleksi alam
E. Baster

13. Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah …
A. perubahan gen
B. perubahan kromosom
C. lingkungan
D. seleksi alam
E. udara

14. Sebelum berkembangnya industri di Inggris, Biston betularia warna cerah populasinya tinggi, yang berwarna gelap jarang ditemukan Setelah industri berkembang biston betularia warna gelap populasinya menjadi tinggi. Menurut hasil analisa hal ini disebabkan Biston betularia …
A. warna cerah tidak tahan terhadap limbah industri
B. warna cerah tidak senang dengan pohon yang berjelaga
C. warna gelap senang dengan pohon yang berjelaga
D. warna cerah mudah terlihat oleh mangsa jika hinggap pada batang yang berjelaga
E. warna gelap resisten dengan jelaga yang ada di kulit batang

15. Burung puyuh yang warna dan bentuk tubuhnya hampir menyerupai gumpalan-gumpalan tenah, sehingga bila ia berjalan-jalan di tanah yang tanahnya bergumpal akan melindungi burung puyuh dari musuh-musuhnya. Menurut Darwin hal ini terjadi karena …
A. alam akan membatasi jumlah individu
B. alam akan membunuh individu-individu yang lemah
C. alam melindungi akan individu-individu yang lemah
D. alam akan mengadakan seleksi terhadap individu-individu yang hidup didalamnya
E. alam tidak akan mempengaruhi pertumbuhan jumlah individu yang hidup di dalamnya
 

16. Cabang biologi yang mempelajari asal-usul makhluk hidup dan hubungan genetik antara makhluk hidup yang satu dengan lainnya yaitu ....
A.   botani
B.    taksonomi
C.    zoologi
D.   genetika
E.    evolusi

17. Hewan dan tumbuhan di kepulauan Galapagos mirip dengan hewan dan tumbuhan yang ada di ....
A.   Australia
B.    Asia Tenggara
C.    Amerika Tengah
D.   Amerika Selatan
E.    Amerika Utara

18. Tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Evolusi yaitu ....
A.   T. R. Malthus
B.    A. Weismann
C.    J. B. Lamarck
D.   Carolus Linnaeus
E.    Charles Darwin

19. Berdasarkan teori Darwin, evolusi terjadi melalui ....
A.   pengaruh lingkungan
B.    variasi gen
C.    adaptasi
D.   seleksi alam
E.    mutasi

20. Fakta evolusi yang diamati oleh Darwin dalam perjalanannya ke kepulauan Galapagos adalah ....
A.   spesies kura-kura
B.    spesies burung finch
C.    spesies iguana
D.   spesies kura-kura
E.    spesies unta

21. Unit biologi terkecil yang mampu berevolusi ialah ....
A.   komunitas
B.    spesies
C.    keluarga
D.   populasi
E.    individu

22. Evolusi jerapah yang berleher panjang disebabkan karena ....
A.   latihan terus menerus memanjangkan leher
B.    adanya stabilitas
C.    seleksi alam
D.   isolasi simpatik
E.    isolasi paratrik

23. Berikut ini yang tidak termasuk faktor penyebab perubahan keseimbangan genetik dalam suatu populasi adalah ....
A.   perkawinan
B.    imigrasi dan emigrasi
C.    seleksi dan rekombinasi
D.   seleksi alam
E.    mutasi

24. Berikut ini yang bukan merupakan mutasi yang menguntungkan adalah ....
A.   adanya isolasi dari populasi lain
B.    tidak terjadi seleksi alam
C.    perkawinan secara acak
D.   ukuran populasi besar
E.    terjadi mutasi

25. Perubahan kimia gen yang dapat menyebabkan timbulnya perubahan sifat suatu makhluk organisme yang sifatnya menurun disebut ....
A.   domestikasi
B.    isolasi
C.    mutasi gen
D.   rekombinasi gen
E.    seleksi alam


26. Teori asal usul kehidupan terdapat empat hipotesis, hipotesis yang menurut para ahli paling dapat di selidiki ialah :
A.   Kehidupan diciptakan melalui suatu peristiwa supernatural
B.    Kehidupan tidak mempunyai asal usul
C.    Kehidupan berasal dari dalam planet ini dan terjadi sesuai dengan hukum fisika dan kimia
D.   Kehidupan berasal dari planet lain dalam sistem tata surya
E.    Kehidupan terjadi begitu saja tanpa ada permulaan

27. Pernyataan yang tepat tentang teori asal usul kehidupan serta menjadi landasan dasar teori evolusi ialah :
A.   Semua organisme yang ada sekarang berasal dari organisme sebelumnya.
B.    Terdapatnya variasi dalam populasi makhluk hidup
C.    Pada setiap zaman diciptakan spesies yang berbeda
D.   Organisme primitif telah berkembang menjadi organisme kompleks
E.    Terdapatnya burung finch di kepulauan Galapagos

28. Teori biogenesis menyatakan bahwa :
A.   Kehidupan tidak ada asalnya (spontan)
B.    Kehidupan berasal dari planet lain
C.    Kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya
D.   Kehidupan berasal dari molekul anorganik
E.    Kehidupan bermula dari sel prokariot

29. Pada percobaan oleh L. Spalanzani memakai air kaldu, setelah didiamkan beberapa hari ternyata air kaldu menjadi keruh dan banyak terdapat mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut berasal dari
A.   air kaldu
B.    daging
C.    lalat
D.   udara
E.    air

30. Evolusi kimia merupakan perubahan dari proses inorganik menjadi organik dengan merubah :
A.   gas-gas diatmosfer menjadi senyawa inorganik
B.    asam amino menjadi protein
C.    Perubahan molekul kompleks menjadi sederhana
D.   CH4, NH3, H2O, H2 menjadi gula sederhana dan asam amino
E.    Soppurba menjadi sel prokariot

31. Konsep omne vivum ex ovo dan omne ovum x vivo merupakan suatu konsep tentang kehidupan yang berasal dari kehidupansebelumnya, konsep ini di kemukakan oleh :
A.   Francesco Redi
B.    Oparin
C.    L. Spalanzani
D.   Aristoteles
E.    Louis Pasteur

32. Pada percobaan dengan memakai gas-gas dan energi halilintar, Miller-Urey berhasil membentuk :
A.   bunga api listrik
B.    senyawa organik sederhana
C.    sel prokariot
D.   organisme sederhana
E.    membran sel

33. Ketika sedang dalam pelayarannya dengan H.M.S. Beagle, Darwin singgah di kepulauan Galapagos. Hewan yang menarik perhatiannya ialah :
A.   Iguana laut
B.    Burung finch
C.    Kera
D.   Harimau
E.    Babi hutan

34. Evolusi merupakan suatu perubahan organisme dari sederhana menuju ke organisme kompleks, hal ini terjadi secara :
A.   bertahap
B.    langsung
C.    tersendat-sendat
D.   kadang-kadang
E.    tidak langsung

35. Evolusi tidak dapat diikuti secara langsung tetapi dilihat dari bukti ilmiah yang ada. Petunjuk adanya evolusi ialah :
A.   Fosil
B.    Perbandingan morfologi
C.    Perbandingan biokimia
D.   Perbandingan embrio
E.    Semua benar

36. Satuan terkecil evolusi dalam kehidupan ialah
A.   spesies
B.    populasi
C.    komunitas
D.   ekosistem
E.    habitat

37. Kondisi manakah yang tidak mendukung hukum Hardy-Weinberg :
A.   terjadi mutasi
B.    tidak terjadi seleksi alam
C.    populasi besar
D.   reproduksi secara acak
E.    spesies dapat melakukan reproduksi

38. Dari 1000 orang penduduk desa Nagrek yang diperiksa golongan darahnya, didapat 640 orang bergolongan M, 320 bergolongan MN dan 40 orang bergolongan N. Berapakah frekuensi alel M dan N masing-masing populasi itu ?
A.   0,1 dan 0,9
B.    0,3 dan 0,7
C.    0,8 dan 0,2
D.   0,6 dan0,4
E.    0,5 dan 0,5

39. faktor yang mendukung spesiasi ialah :
A.   adaptasi
B.    evolusi
C.    relung yang kosong
D.   makanan
E.    lingkungan

40. Spesiasi yang terjadi pada daerah tepi ialah spesiasi
A.   simpatrik
B.    allopatrik
C.    parapatrik
D.   peripatrik
E.    tidak simpatrik

41. Suatu populasi burung terpisah menjadi dua populasi. Setelah ribuan tahun kedua populasi burung tersebut bersatu kembali, tetapi gagal melakukan perkawinan. Berikut ini yang bukan penjelasan untuk hal tersebut adalah …
A.   Masa kawin kedua populasi tersebut berubah
B.    Populasi asal berevolusi menjadi dua spesies berbeda
C.    Tidak terjadi isolasi gamet
D.   Dua populasi tersebut menjadi terisolasi secara geografis
E.    Telah terjadi isolasi gamet

42. Sayap lebah dan sayap kelelawar termasuk organ yang analog, karena …
A.   Bentuk dasar berbeda
B.    Bentuk berbeda, fungsi sama
C.    Asal sama, fungsi sama
D.   Asal berbeda, fungsi berbeda
E.    Tidak ada persamaan apapun

43. Siput dan hewan kecil lain yang pergerakannya lambat lebih mudah terisolasi dibandingkan vertebrata yang mampu terbang adalah contoh dari spesiasi …
A.   Isolasi reproduksi
B.    Isolasi alopatrik
C.    Isolasi ekologis
D.   Isolasi simpatrik
E.    Isolasi mekanis

44. Unit biologi yang tampak paling cepat dan jelas mengadakan proses evolusi adalah …
A.   Sel
B.    Jaringan
C.    Individu
D.   Spesies
E.    Ekosistem

45. Arti dari Omne Vivum ex Ovo adalah …
A.   Setiap makhluk hidup berasal dari induknya
B.    Setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
C.    Setiap makhluk hidup berasal dari anaknya
D.   Setiap makhluk hidup berasal dari telur
E.    Setiap makhluk hidup tidak berasal dari apa-apa

46. Beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain :
1.       Semua spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi
2.       Terdapat variasi yang diturunkan di antara individu satu spesies
3.       Terdapat banyak homologi organ
4.       Ditemukannya hewan yang sama di tempat yang berbeda
Fakta yang menjadi dasar teori evolusi adalah …
A.   1 dan 2
B.    3 dan 4
C.    1 dan 4
D.   2 dan 3
E.    2 dan 4

47. Populasi jerapah adalah heterogen, ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mendapatkan makanan, jerapah yang berleher panjanglah yang lestari, sedangkan jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan. Peristiwa tersebut mengingatkan teori evolusi yang dikemukakan oleh …
A.   Weismann
B.    Erasmus Darwin
C.    Charles Darwin
D.   Lamarck
E.    Gregor Johan Mendel

48. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat di anggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat tubuh yang tersisa adalah …
A.   Rambut pada dada
B.    Tulang telapak tangan
C.    Umbai cacing (usus buntu)
D.   Gigi taring yang runcing
E.    Otot-otot (penggerak) telinga

49. Pada suatu daerah dengan 10.000 penduduk terdapat 4% warga albino, maka perbandingan jumlah orang yang berkulit normal heterozigot dan homozigot berturut-turut adalah …
A.   6400 dan 1600
B.     3200 dan 6400
C.    3200 dan 1600
D.   3200 dan 400
E.    1600 dan 400

50.  Terbentuknya berbagai spesies burung finch di Kepulauan Galapagos di sebabkan oleh …
A.   Tersedianya berbagai jenis makanan
B.    Lingkungan yang berbatu mendorong lahirnya keturunan yang berubah paruhnya
C.    Seluruh populasi mengalami mutasi spontan
D.   Terjadinya hibridisasi dengan spesies burung lainnya
E.    Spesialisasi dalam menggunakan bahan makanan yang berbeda
 

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL