Friday, November 2, 2012

BANGSA YANG LALAI

Buku ini dibuat dalam rangka Lustrum V SMA Gonzaga



Buku ini berisi pembentukan karakter anak bangsa yang disadari semakin mengalami degradasi

Garis besar buku ini adalah sebagai berikut

"Tidak ada bangsa yang tertinggal yang ada hanyalah bangsa yang lalai membangun masa depan melalui pendidikan anak anaknya" Rasanya ungkapan ini benar adanya .Kasus tawuran, Pergaulan bebas , atau tindakan Bullying oleh senior yang masih marak terjadidilingkungan pendidikan pertama dan menengah , menunjukkan bahwa pendidikan masih punya peranan penting dalam mempersiapkan generasi emas bangsa Indonesia.

Dengan kondisi pendidikan yang bisa dikatakan carut marut tidakbisadipungkiri bahwa kehadiran pendidikan Kolese seakan membawa angin segar baru . berlandaskan spirit St Ignatius Loyolayang dikenalsebagai seorang pembelajar yang gigih, semangat kebersamaan yang terbalut dalam semboyan " Man for Others " serta ajakan untuk bertanggung jawab dalam kebebasan , pendidikan kolese menawarkan suatu educational approach atau yang dikenal dengan cura personalis dalam membawa karakter siswa siswinya.

Melalui buku ini SMA Gonzagasebagai salah satu institusi pendidikan kolese yang telah 25 tahun mewarnai dunia pendidikan di Indonesia,hadir dan berbagi mengenai pendidikan kolese yang berkarakter Ignatian .Temukan semangat dan spirit pendidikan berkarakter Ignatian dengan membaca buku ini

Dan tentu saya sebagai guru kolese gonzaga secara sadar , terus berusaha se maksimal mungkin membagikan ilmu yang sebisa mungkin untuk pendidikan Biologi keseluruh anak anak guru guru mahasiswa yang memerlukan lewat biologigonz.blogspot.com ini

Dan tentu semoga menjadi berguna dan bermanfaat      

Berikut akan kami sertakan tulisam agar anda semangat untuk mempunyai buku ini

Ini salah satu tilisan yang ada di buku Bangsa yang Lalai yang ada di halaman 181 - 185

.................Sejatinya, belajar adalah bukan tujuan, demikian juga halnya dengan pencapaian gelar akademik.Belajar dan hasilnya adalah sarana untuk meningkatkan pelayanan; St Ignatius menandaskan bahwa belajar adalah demi menyelamatkan jiwa-jiwa.  Di dalam sekolah, pelayanan tersebut menunjuk pada pendampingan peserta didik. Tanpa kesediaan untuk belajar terus-menerus pendampingan khas dan kreatif yang diperlukan dalam pendampingan peserta didik demi tercapainya profil yang diidamkan tidak akanterlaksana, kecuali pendampingan yang asal jalan saja; termasuk saat guru menjalankan tugasnya sebagai pengajar dalam kelas.Tanpa pengalaman kesukaan akan belajar tidaklah mungkin mengajarkan bagaimana belajar seperti yang menjadi tuntutan pokok bagi setiap guru. Keuntungan lain atas kesediaan untuk menjadi pembelajar adalah bahwa hal ituakan mengundang minat peserta didik untuk mengikuti jejak guru pendamping. Sungguh, menjadi guru kolese Jesuit berarti juga menjadi guru yang Ignatian yakni pembelajar seumur hidup.Magis![1]


            Yang kedua adalah bahwa guru kolese diundang untuk meningkatkan kerampilan dalam melakukan pertimbangan yang khas, discernment.Discernmentatau discernment of spiritsadalah sebuah proses pemilihan atas pelbagai hal berpotensi baik yang memuncak pada pilihan terbaik yang sesuai dengan yang diharapkan oleh Tuhan di sini dan sekarang (hic et nunc). Dalam kehidupan sehari-hari, sejak bangun pagi hingga kembali istitahat malam atau tidur, banyak hal berada di hadapan kita dan harus kita pilih salah satu untuk kita laksanakan.Hidup kita disodori pilihan-pilihan yang harus kita pilih secara tepat. Hidup diwarnai dengan aneka macam keputusan untuk memilih mana yang paling baik, paling bermutu atau mana yang paling efektif dan efisien atau mana yang paling mendekatkan diri kepada Tuhan. Bila di sekolah, maka hal atau tindakan yang musti dipilih adalah yang bermanfaat bagi peserta didik atau mengarah kepada tercapainya profil lulusan kolese di atas.Dalam rangka menjadi guru, proses pemilihan yang khas semacam ini mengandaikan kesediaan guru untuk ber-murah hati dan memiliki kesanggupan untuk menolong peserta didik atau sesama guru; terkadang menuntut pula untuk berani keluar dari kenyamanan pibadi.Namun demikian, modal utamanya adalah daya spiritual yang dimilikinya sebagai buah dari kedekatan dengan Tuhan yang dicapainya salah satunya melalui kebiasaan berdoa, berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan demikian proses pemilihan yang khas ini bukanlah pemilihan politis semata-mata. Discernment adalah proses pembedaan mana roh baik yang mendorongnya untuk melakukan tindakan yang bermutu atau yang mendekatkan kepada Tuhan. Proses ini melibatkan kegiatan doa dan refleksi dan terkadang juga butuh konsultasi. Kebiasaan melakukan pemilihan yang khas akan mendorong munculnya ketrampilan memilih dan melakukan yang paling bermutu. Guru yang terampil melakukan pemilihan akan memberdayakan (energizing) peserta didik dan sekaligus dirinya sendiri. Inilah yang akanmenjadikannya sebagai guru Ignatian. Guru yang hidup bukan untuk diri sendiri termasuk keluarganya, namun juga yang terbuka kepada setiap anggota komunitas sekolah, secara khusus demi perkembangan peserta didik dan sesama. Dan melaksanakan tugas bukan sekedar lantaran diperintah oleh atasan atau berdasar pada rutinitas harian, yang akan membuatnya kering dan bosan, yang pada akhirnya akan mematikan keguruannya.

            Menjadi pembelajar sejati alias suka belajar dan terampil melakukan discernment adalah panggilan setiap guru kolese.Panggilan bisa ditanggapi dan bisa pula tidak dihiraukan alias menutup erat-erat telinga hati; ini bergantung pada kesadaran diri masing-masing. Oleh karena itu perlu diciptakan ruang dan waktu agar setiap guru dalam kebersamaan  dan kesalingan terbantu untuk terbuka atas undangan itu; tentu termasuk di dalamnya adalah apresiasi dari pimpinan (dan diharapkan menjalar dari sesama) bagi yang berhasrat dan berusaha untuk menanggapi undangan. Ini semua bukan demi diri pribadi, namun teristimewa demi mereka-mereka yang telah dipilih sebagai peserta didik melalui tes seleksi yang kompetitif, dan telah dipercayakan oleh para orangtua untuk didampingi di sekolah.Kepercayaan itu pun musti menjadi pendorong bagi terbukanya telinga hati para guru yang telah dipercaya oleh para orangtua.Kepercayaan yang telah diberikan hendaknya tidak di-sia-sia-kan, apalagi dikhinati.Bila ruang dan waktu yang disediakan dan kepercayaan yang ada tidak dimanfaatkan, silakan bertanya kepada diri sendiri: apakah saya pantas disebut guru kolese yang bermakna dan bermartabat?



[1Magis berasal bahasa Latin; bahasa Inggrisnya adalah “more”. Kata ini mengacu pada semangat St Ignatius atau para Jesuit yaitu usaha untuk senantiasa membaharui atau meningkatkan diri secara terus-menerus – menjadi lebih baik. Kata ini sangat lekat dengan AMDG.




Harga buku sangat terjangkau Rp 45.000 ,-
Bisa pesan ke saya aja Isharmanto  085692237784 atau
Membeli langsung ke Toko buku Gramedia yang ada di  Jabotabek

terima kasih    

         

Tuesday, October 30, 2012

SIAP SIAP UJIAN NASIONAL 2017

Soal yang kami share ini adalah untuk latihan atau mereview materi Ujian Nasional 2017 semoga berguna

SOAL
1. Organel sel yang tidak bermembran adalah ....
(A) badan mikro
(B) peroksisom
(C) lisosom
(D) vakuola
(E) ribosom

2. Dalam suatu ekspedisi telah ditemukan tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut: tidak berkayu, berdaun menyirip, tidak berbunga, batang roset,daun muda menggulung. Jika Anda diminta untuk menduga, tumbuhan kelompok apakah yang Anda temukan tersebut?
(A) Angiospermeae
(B) Monokotiledonae
(C) Pterydophyta
(D) Bryophyta
(E) Gymnospermeae

3. Trenggiling (Manis javanica) merupakan salah satu spesies langka dan dilindungi di Indonesia. Hewan yang hampir seluruh permukaan tubuhnya ditutupi sisik tersebut merupakan pemakan serangga. Dalam klasififikasi hewan, trenggiling termasuk ke dalam kelompok ....
(A) kelas Reptilia karena tubuhnya bersisik
(B) kelas Insektivora karena merupakan hewan pemakan serangga
(C) kelas Mamalia karena memiliki rambut dan menyusui
(D) subkelas Squamata karena tubuh ditutupi sisik dan pemakan serangga
(E) subkelas Monotremata karena selain bersisik juga masih bertelur seperti Reptil

4. Fungsi dari neuroglia adalah ....
(A) membantu neuron dalam mempercepat hantaran impuls
(B) membantu neuron menyampaikan rangsang kemis
(C) memperkuat integritas struktur sistem saraf dan fungsi metabolis neuron
(D) membantu neuron dalam pembukaan gerbang Na+
(E) membantu neuron dalam transport kalium, eksresi, dan regenerasi

5. Lapisan sel mati yang terdiri atas beberapa lapisan jaringan epidermis pada akar udara tanaman anggrek dan berfungsi sebagai jaringan penyimpan air adalah ....
(A) kutikula
(B) trikoma
(C) spina
(D) velamen
(E) sel litosit

6. Suatu mikroorganisme menunjukkan pertumbuhan yang terbatas pada suhu 27 _C. Pertumbuhan akan terlihat sangat baik pada suhu 37 _C. Pada suhu 40 _C masih terjadi pertumbuhan, tetapi tidak ada pertumbuhan di atas suhu tersebut. Berdasarkan suhu pertumbuhan maka mikroorganisme tersebut masuk ke dalam kelompok ....
(A) psickrofilik
(B) mesofilik
(C) termotolerant
(D) termofilik
(E) psikotoleran

7. Fertilisasi mengaktifkan serangkaian reaksi yang memungkinkan menyatunya nukleus sel sperma dan sel telur. Berikut adalah reaksi yang terlibat dalam proses fertilisasi, kecuali ....
(A) reaksi akrosomal
(B) reaksi kortikal
(C) reaksi metabolik
(D) reaksi polispermi
(E) reaksi invaginasi

9. Sekuens ADN pada E. coli yang memulai proses transkripsi dinamakan ....
(A) kodon start
(B) promotor
(C) kodon stop
(D) reading frame
(E) operon

10. Karakteristik yang membedakan cairan hemolimfe Artropoda dengan darah Vertebrata adalah ....
(A) merupakan sistem peredaran tertutup
(B) peredaran cairan hemolimfe bermuara pada rongga jantung
(C) hanya berfungsi sebagai pengangkut sari makanan
(D) hanya berfungsi sebagai pengangkut oksigen
(E) cairan hemolimfe kembali ke jantung melalui pembuluh darah

11. Tumbuhan karnivor, seperti kantung semar, menjebak serangga. Apa yang diperoleh tumbuhan tersebut dari serangga? Mengapa tumbuhan tersebut menggunakan senyawa tersebut?
(A) Tumbuhan memperoleh air karena hidup pada kondisi kering.
(B) Tumbuhan memperoleh nitrogen untuk membuat gula.
(C) Tumbuhan memperoleh fosfor untuk membuat ATP.
(D) Tumbuhan memperoleh gula karena tumbuhan tersebut tidak dapat memproduksi gula yang cukup selama fotosintesis.
(E) Tumbuhan memperoleh nitrogen dan fosfor untuk membuat protein.

12. Struktur reproduksi jamur (fungi) merupakan alat utama untuk klasifikasi. Sebutkan urutan filum dari jamur berdasarkan ciri yang terlihat pada skematis gambar di atas?
(A) Ascomycota, Zygomycota, Deuteromycota , Basidiomycota
(B) Ascomycota, Basidiomycota, Zygomycota,Ascomycota
(C) Basidiomycota, Basidiomycota, Zygomycota, Ascomycota
(D) Basidiomycota, Deuteromycota, Ascomycota, Zygomycota
(E) Deuteromycota, Basidiomycota, Ascomycota, Zygomycota

13. Lemak yang dihasilkan pada biji kacang tanah merupakan ....
(A) hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium
(B) cadangan makanan pada tumbuhan
(C) senyawa organik yang diserap oleh bulu akar
(D) perubahan biokemis karbohidrat di dalam biji
(E) senyawa nonpolar yang dibentuk pada daun

14. DNA polimerase adalah enzim yang berperan dalam sintesis DNA yang meliputi ....
(A) proses replikasi saja
(B) proses perbaikan saja
(C) proses replikasi dan penambahan
(D) proses replikasi dan perbaikan
(E) proses penambahan dan perbaikan

15. Suatu koloni kapang holomorfis akan memperlihatkan ....
(A) bentuk sel vegetatif saja
(B) bentuk sel generatif dan sel vegetatif
(C) bentuk sel generatif aseksual saja
(D) bentuk sel generatif seksual dan aseksual
(E) bentuk sel vegetatif, sel generatif aseksual, dan seksual

16. Jenis buah yang digolongkan dalam kelompok buah semu adalah ....
(A) kenari
(B) kacang polong
(C) kacang hijau
(D) persik
(E) stroberi

17. Banyaknya lingkaran tahun pada tanaman jati dihasilkan karena adanya aktivitas ....
(A) internodus pada batang
(B) lingkaran-lingkaran berkas pembuluh pada batang tumbuhan monokotil
(C) lapisan xilem dalam batang berkayu
(D) lapisan floem dalam batang berkayu
(E) jawaban b dan c benar

19. Cairan transseluler adalah ....
(A) cairan yang terdapat dalam plasma darah
(B) cairan yang terdapat di ekstraseluler
(C) cairan yang terdapat di intraseluler
(D) cairan yang terdapat di jaringan tubuh
(E) cairan yang terdapat di tempat khusus seperti bola mata, pleura, dan persendian

20. Mitokondria pada sel seorang pasien hanya dapat menggunakan asam lemak dan asam amino untuk respirasi sel dan selnya menghasilkan asam laktat yang cukup tinggi dibandingkan dengan normal. Dari pernyataan berikut, manakah yang paling tepat untuk menjelaskan kondisinya?
(A) Mitokondrianya tidak memiliki protein transpor yang dapat memindahkan asam piruvat dari bagian luar dari membran mitokondria.
(B) Selnya mengalami kelainan pada rantai transpor elektron sehingga glukosa menjadi asam laktat, bukannya asetil-koA.
(C) Selnya mengandung sesuatu yang menghambat penggunaan oksigen oleh
mitokondria.
(D) Selnya tidak memiliki enzim glikolisis yang membentuk piruvat.
(E) Selnya tidak dapat memindahkan NADH hasil glikolisis.

21. Pernyataan yang manakah yang tidak benar dalam menggambarkan fotosintesis yang terjadi pada tanaman C4?
(A) Hasil pertama dari fiksasi C adalah senyawa dengan 4 atom karbon.
(B) Fotosintesis untuk tanaman C4 teradaptasi untuk tumbuh pada tempat yang panas dan iklim yang kering.
(C) Fiksasi CO2 berlangsung di sel mesofil, akan tetapi siklus Calvin terjadi pada seludang pembuluh.
(D) Fotorespirasi pada tanaman C4 lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman C3.
(E) ATP yang digunakan untuk sintesis gula lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman C3.

22. Sebagian besar ikan, amfibia, reptilia dan burung mempunyai penglihatan warna yang lebih kuat dibandingkan mamalia. Pernyataan di bawah ini yang mendukung pernyataan tersebut adalah ....
(A) Reseptor penglihatan pada kelompok mamalia tersebar di seluruh retina, tetapi sel batang hanya terdapat pada fovea.
(B) Hewan nokturnal atau diurnal menentukan jumlah relatif sel batang dan sel kerucut dalam retina.
(C) Sel batang pada kelompok hewan nokturnal (ikan, amfibia, reptilia dan burung) lebih berkembang dibandingkan mamalia.
(D) Retina mamalia lebih sedikit mengandung sel batang dibandingkan sel kerucut.
(E) Semua pernyataan benar.

23. Proses fotosintesis yang optimal di kloroplas memerlukan cahaya dengan warna ....
(A) putih
(B) biru
(C) merah
(D) hijau
(E) ungu

24. Proses inisiasi pada sintesis protein dilakukan melalui beberapa protein dan tahapan katalisis.
Katalisator yang digunakan dalam reaksi tersebut adalah ....
(A) ligase
(B) peptidil transferase
(C) topoisomerase
(D) aminoasil-tRNA sintase
(E) helikase

25. Pada sitoplasma Protozoa air tawar terdapat organel yang berfungsi sebagai osmoregulasi, yaitu
(A) plasmasol
(B) plasmagel
(C) vakuola kontratil
(D) selaput plasma
(E) plasmodesma

26. Semua hal di bawah ini berhubungan dengan pertumbuhan sekunder, kecuali ....
(A) terjadi di semua tumbuhan angiosperma
(B) terjadi karena aktivitas prokambium
(C) akibat dari aktivitas (paling tidak sebagian) kambium vaskular
(D) mengakibatkan pertambahan tinggi tanaman
(E) menghasilkan sel-sel endodermis

27. Berdasarkan perbedaan perkembangan embrionya, hewan dapat dikelompokkan menjadi kelompok hewan Protostoma dan Deterostoma. Hewan-hewan yang termasuk ke dalam kelompok (superfilum) Deterostome adalah ....
(A) ikan, kucing, dan bulu babi
(B) netmatoda, cacing gilig, dan cacing pita
(C) siput, kerang, dan keong
(D) trematoda, cestoda, dan turbelaria
(E) semut, laba-laba, dan kupu-kupu

28. Hubungan langsung antarsel seperti halnya gap junction pada sel hewan dan plasmodesmata pada sel tumbuhan memungkinkan ....
(A) sel-sel di sekitarnya untuk melekat kuat satu dengan lainnya
(B) second messenger yang diproduksi oleh satu sel akan berdifusi dengan cepat dan merangsang sel-sel di sekitarnya
(C) sel-sel di sekitarnya membentuk penghalang air yang sangat kuat di antara membran
(D) protein kinase mengalir di antara sel, mengkoordinasi respon seluler dalam suatu jaringan
(E) pertukaran informasi genetik yang sangat cepat antara sel-sel di sekitarnya

29. Ketika dalam perjalanan mendaki gunung, seorang remaja digigit oleh seekor ular berbisa. Dia hampir saja tewas akibat hemolisis atau sebagian besar sel darah merahnya lisis. Dari hasil analisis terhadap bisa ular tersebut ditemukan tiga buah enzim: fosfolipase yang mendegradasi fosfolipid; neuraminidase yang melepaskan karbohidrat pada permukaan sel; dan protease yang mendegradasi
protein. Enzim yang menyebabkan hemolisis (hampir saja berakibat fatal) adalah ....
(A) fosfolipase yang akan mendegradasi fosfolipid yang merupakan komponen membran yang mem bentuk suatu pembatas sel
(B) neuraminidase yang menghancurkan karbohidrat pada membran sel dan selanjutnya Menye babkan sel lisis
(C) protease yang akan mendegradasi protein transmembran yang akan mengakibatkan sel lisis
(D) neuraminidase yang menghancurkan karbohidrat karena karbohidrat merupakan bagian dari glikokaliks
(E) bukan salah satu jawaban di atas

30. Pada proses pembentukan urine, reabsorbsi terjadi di tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle dan tubulus kontortus distal. Di tubulus kontortus distal terjadi ....
(A) reabsorbsi glukosa dan asam amino dengan bantuan hormon
(B) reabsorbsi air dan Ca2+ yang dikontrol paratormon
(C) reabsobsi glukosa dan ionNa+ dengan bantuan hormon
(D) reabsorbsi Na+ dan sekresi K+ yang dikontrol hormon aldosteron
(E) reabsorbsi air dan ion Cl- secara pasif


31. Semua hal di bawah ini berhubungan dengan pertumbuhan sekunder, kecuali ....
(A) terjadi di semua tumbuhan angiosperma
(B) terjadi karena aktivitas prokambium
(C) akibat dari aktivitas (paling tidak sebagian) kambium vaskular
(D) mengakibatkan pertambahan tinggi tanaman
(E) menghasilkan sel-sel endodermis

32. Pada sitoplasma Protozoa air tawar terdapat organel yang berfungsi sebagai osmoregulasi, yaitu
(A) plasmasol
(B) plasmagel
(C) vakuola kontratil
(D) selaput plasma
(E) plasmodesma
33. Pertumbuhan diartikan sebagai suat proses perubahan ukuran tubuh suatu makhluk. Berikut merupakan salah satu pertumbuhan pada tumbuhan, yakni …
a. membesarnya batang
b. berbunga
c. berbuah
d. berkecambah
e. terbentuknya rambut akar

34.Aktivitas pertumbuhan sekunder dari bagian bernomor 3 akan menghasilkan …
a. felem dan feloderm
b. ke arah dalam membentuk felem, ke arah luar membentuk felogen
c. lingkaran tahun dan kambium intravaskuler
d. ke arah dalam membentuk xilem, ke arah luar membentuk floem
e. ke arah dalam membentuk floem, ke arah luar membentuk xilem

35. Pengertian dari temperatur optimum pada proses pertumbuhan adalah …
a. temperatur tertinggi di mana tumbuhan masih dapat hidup
b. temperatur tertinggi di suatu daerah di mana tumbuhan tak dapat hidup
c. temperatur yang dapat memengaruhi tumbuhnya tumbuhan sehingga tumbuhan mudah layu
d. temperatur yang paling sesuai bagi pertumbuhan suatu jenis tumbuhan
e. temperatur terendah di mana tumbuhan masih dapat hidup

36. Suatu tumbuhan mengalami defisiensi unsur Mn2+. Hal yang akan terjadi adalah …
a. tumbuh kerdil
b. batang tumbuh lemah
c. nekrosis
d. daun muda menggulung
e. layu

37. Hormon tumbuhan yang merangsang pertumbuhan sel baru pada jaringan yang luka adalah …
a. kaulokalin
b. auksin
c. asam traumalin
d. filokalin
e. giberelin

38. Ketika tumbuhan mengalami pembelahan sel kelamin pada bunga, tahap tersebut dapat dikatakan sebagai …
a. perkembangan
b. pertumbuhan
c. regenerasi
d. etiolasi
e. reproduksi

39. Perkembangan makhluk hidup dapat diartikan sebagai …
a. penambahan bahan dan perubahan substansi yang dapat diukur
b. penambahan jumlah sel hanya pada titik tumbuh
c. pertambahan volume yang dapat diukur dan bersifat tidak dapat kembali
d. menuju kedewasaan dan tidak dapat diukur
e. perubahan yang berlangsung tanpa batas

40. Dalam perkembangan, tumbuhan dari waktu ke waktu mengalami pertambahan volume dan ukuran. Proses tersebut disebabkan oleh …
a. bertambah banyaknya sel di dalam jaringan
b. bertambah besar dan bertambah banyaknya sel di dalam jaringan
c. pembesaran dan pemanjangan sel
d. bertambah panjangnya sel di dalam jaringan
e. penebalan dinding sel

41. Perkembangan pada makhluk hidup adalah suatu proses …
a. menuju pertumbuhan sekunder
b. pertambahan volume
c. perubahan substansi
d. pertambahan jumlah sel
e. menuju kedewasaan

42. Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah …
a. temperatur, kelembapan, bibit unggul, tanah
b. kelembapan, cahaya, temperatur, genetis
c. cahaya, temperatur, kelembapan, hormon
d. air, kelembapan, temperatur, udara
e. hormon, air, kelembapan, tanah

43. Dalam perkecambahan, biji dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang pada umumnya diperlukan untuk perkecambahan adalah …
a. oksigen, air, dan keadaan gelap
b. oksigen, temperatur yang hangat, dan air
c. oksigen, temperatur yang hangat, dan terang
d. oksigen, temperatur yang lembap, dan gelap
e. oksigen, sinar, dan karbonsioksida

44. Selain dapat menghambat pembelahan sel, etilen dapat membantu …
a. pengguguran daun
b. pematangan buah
c. pembelahan sel
d. dormansi pucuk
e. perbungaan

45. Pada tumbuhan yang ditanam di tempat gelap akan memiliki ciri sebagai berikut …
a. memiliki daun yang sempit
b. memiliki jaringan mesofil yang tebal
c. kloroplas yang cukup
d. transpirasi yang tinggi
e. tumbuh cepat, tetapi abnormal

46. Kecambah yang tumbuh di tempat gelap, batangnya lebih panjang daripada yang tumbuh di tempat terang. Oleh karena itu, muncul dugaan bahwa …
a. gelap adalah faktor pemacu pertumbuhan
b. cahaya memicu pertumbuhan
c. cahaya menimbulkan pembentukan racun
d. hormon mempercepat pertumbuhan batang
e. cahaya mempercepat pertumbuhan

47. Auksin yang dibentuk pada ujung kecambah akan dipengaruhi oleh cahaya. Apabila disinari pada satu sisi saja, kecambah tersebut akan …
a. tidak tumbuh
b. tumbuh lurus
c. tumbuh ke arah datangnya cahaya
d. tumbuh bengkok
e. tumbuh berlawanan dengan arah datangnya cahaya

48. Tepi daun yang menggulung pada suatu tumbuhan menandakan bahwa tumbuhan tersebut kekurangan unsur …
a. tembaga
b. mangan
c. besi
d. kalium
e. magnesium

49. Perbedaan antara temperatur siang dan malam dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan. Respons tumbuhan terhadap pencahayaan tersebut dinamakan …
a. fotoperiodisme
b. long-day plant
c. short-day plant
d. neutral-day plant
e. termodinamika


50. Perkecambahan yang cotyledonnya muncul keaatas permukaan adalah ...
a. hypokotil
b. epicotyl
c. hypogeal
d. eppigeal
e. koleoptil  

Support web ini

BEST ARTIKEL