Monday, January 6, 2014

UJIAN BIOLOGI SEMESTER SATU KELAS XII

Sebentar lagi Ulangan Umum maka latihlah soal soal ini untuk pemantapan teori yang sudah diberikan Jika menjawabnya lancar bagus memorimu , Jika nggak bisa njawab juga nggak masalah kan latihan maka jika nggak bisa di Blog ini juga bisa dicari materi yang tidak bisa lewat search artikelnya OK

SOAL



1. Proses pertumbuhan merupakan peristiwa perubahan biologis.
Berikut ini yang bukanmenunjukkan proses pertumbuhan adalah ….
a. bertambah banyaknya jumlah sel
b. pertambahan volume sel
c. bertambahnya jumlah massa sel
d. bersifat reversibel atau dapat balik
e. bertambahnya jumlah akumulasi zat antarsel

2. Auksin yang dibentuk pada ujung kecambah dipengaruhi oleh cahaya. Apabila disinari hanya pada satu sisi saja, maka pertumbuhan kecambah ….
a. tumbuh menjauhi datangnya cahaya
b. tumbuh membengkok
c. tumbuh ke arah datangnya cahaya
d. tumbuh lurus
e. tidak tumbuh

3. Jaringan berikut yang mempunyai sifat meristematis, yaitu sel-selnya mempunyai kemampuan membelah terusmenerus adalah ….
a. felem
b. kolenkima
c. feloderma
d. felogen
e. floem

4. Jaringan berikut merupakan jaringan primer yang akan membentuk xilem dan floem pada daerah diferensiasi, yaitu ….
a. protoderma
b. meristem dasar
c. provasikuler
d. prokambium
e. promeristem

5. Berikut ini yang bukan merupakan jaringan sekunder pada batang adalah ….
a. parenkim sekunder
b. kambium gabus
c. floem sekunder
d. xilem sekunder
e. gabus

6. Berikut ini yang bukan merupakan peran cahaya terhadap proses pada tumbuhan adalah ….
a. untuk fotolisis diperlukan cahaya
b. cahaya mempercepat pertumbuhan
c. cahaya diperlukan dalam proses fotosintesis
d. diperlukan dalam fotosintesis
e. tanpa cahaya mengakibatkan etiolasi

7. Hormon yang berperan dalam menstimuli pembelahan dan pengembangan sel adalah ….
a. etilen
b. traumalin
c. sitokinin
d. auksin
e . giberelin

8. Lingkaran tahun merupakan garis gelap terang pada batang yang dipengaruhi oleh aktivitas musim kemarau dan musim penghujan. Berikut ini yang bukan faktor penyebab terbentuknya lingkaran tahun adalah ….
a. aktivitas kambium
b. aktivitas xilem sekunder
c. aktivitas floem sekunder
d. aktivitas fotosintesis
e. transpirasi pada daun tumbuhan

9. Berikut ini zat yang sering terdapat pada proses perkecambahan dan berperan sebagai inhibitor adalah ....
a. auksin
b. giberelin
c . sitokinin
d. asam absisat
e. etilen

10. Daerah pertumbuhan ujung akar yang berperan dalam pembentukan jaringan tertentu adalah ….
a. daerah pemanjangan
b. daerah diferensiasi
c. daerah tudung akar
d. lapisan dalam
e. lapisan luar

11. Proses pembongkaran pada sel yang berperan dalam menghasilkan energi adalah ....
a. katabolisme
b. metabolisme
c. anabolisme
d. kemosintesis
e. fotosintesis

12. Enzim merupakan biokatalisator organik yang dihasilkan oleh organisme yang terdiri atas protein. Fungsi pokok enzim yaitu ….
a. menguraikan energi
b. mempercepat dan memperlambat reaksi kimia
c. membentuk deposisi zat dalam sel
d. mengatur metabolisme sel
e. menetralisir racun

13. Enzim bila dipisahkan terdiri atas apoenzim dan koenzim. Yang menyebabkan enzim menjadi aktif adala
a. holoenzim
b. apoenzim
c. koenzim
d. sintesis
e. zimogen

14. Berikut ini yang bukan sifat-sifat enzim adalah ….
a. mengalami denaturasi pada temperatur tinggi
b. spesifik untuk reaksi tertentu
c. tidak berubah pada waktu reaksi berlangsung
d. tidak memengaruhi keseimbangan reaksi
e. lebih efektif dalam jumlah yang besar

15. Berikut ini faktor yang tidak  memengaruhi enzim dan aktivitasnya adalah ….
a. temperatur
b. air
c. substrat
d. zat-zat penghambat
e. jumlah enzim

16. Karbohidrat yang telah dicerna di usus akan dapat diserap oleh dinding usus jika sudah dalam bentuk
a. polisakarida
b. disakarida
c. zat pati
d. monosakarida
e. amilum

17. Proses penguraian glukosa dengan melibatkan O2menghasilkan CO2,H2O, dan energi yang melibatkan jalan metabolisme glikosis, Daur Krebs, dan fosforilase oksidatif merupakan arti fisis dari
a. glikosis
b. glikogenesis
c. glukoneogenesis
d. respirasi
e. glikoneogenesis

18. Asam lemak terdiri atas rantai panjang hidrokarbon dan gugus karboksilat.
Pada proses metabolisme, peranan fisiologi dari asam lemak adalah ….
a. pembentuk fosfolipid dan glikolipid
b. hidrolisis zat makanan
c. mengaktifkan enzim
d. pembentuk gliserol
e. dapat disimpan di hati

19. Asam amino esensial adalah asam amino yang bersifat ….
a. dapat disintesis oleh tubuh
b. dapat disintesis oleh tumbuh-tumbuhan
c. mudah disimpan di otot
d. mudah rusak karena enzim
e. bukan sebagai sumber energi

20. Jalur metabolisme yang utama dari berbagai hasil metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sebagai penghasil energi adalah ....
a. Daur Krebs
b. daur asam amino
c . glikolisis
d. glikoneogenesis
e. glukoneogenesis

21. Perhatikan gambar berikut ini

Bentuk kromosom yang letak sentromernya berada di tengah sehingga panjang masing-masing lengan sama adalah bentuk ….
a. telosentrik
b. akrosentrik
c. submetasentrik
e. subakrosentrik
d. metasentrik

22. Makhluk hidup yang diploid (2n) pada sel kelaminnya akan dihasilkan jumlah kromosom sebanyak ….
a.n
b. 2n
c. 3n
e. 5n
d. 4n

23. Suatu zarah yang kompak dan menempati suatu lokus pada kromosom serta mengandung satuan informasi genetika disebut ….
a. kromosom seks
b. nukleosom
c. gen
d. nukleous
e. kromatid

24. Replikasi DNA merupakan kemampuan DNA dalam memperbanyak diri. Kemampuan tersebut dinamakan ….
a. heterokatalik
b. autokatalik
c . alokatalik
d. katalisator
e. eukatalik

25. Berikut ini yang bukan merupakan ciriciri karakteristik DNA adalah ….
a. berbentuk rantai tunggal
b. hanya terdapat pada kromosom
c. hanya menggunakan deoksiribosa sebagai komponen gulanya
d. kadarnya tetap dan fungsinya mengendalikan faktor genetis dan sintesis protein
e. basa nitrogen terdiri atas purin (adenin dan guanin) dan pirimidin (sitosin dan urasil)

26. DNA dan RNA merupakan dua jenis asam nukleat yang mempunyai peranan sebagai penyampai informasi genetik. Di dalam sintesis protein, sering terjadi penyimpangan yang menimbulkan perubahan sifat. Hal ini disebabkan oleh ….
a. DNA salah memberi kode
b. RNA-t salah membawa kode
c. RNA-d salah menerjemahkan kode
d. RNA-t salah menerjemahkan kode
e. RNA-r salah menerjemahkan kode

27. Protein sangat dibutuhkan oleh organisme. Protein yang terdapat di dalam sel disusun berdasarkan kode genetik yang terdapat pada ….
a. RNA-d yang terdapat dalam nukleus
b. RNA-d sebagai pembawa kode genetik
c. RNA-t sebagai pencari asam amino
d. RNA-r dan RNA-d dalam ribosom
e. DNA yang terdapat dalam inti

28. Proses pencetakan RNA oleh DNA merupakan tahap ….
a. translokasi
b. transisi
c. transkripsi
d. transformasi
e. transemisi

29. Tahap translasi adalah melekatnya RNA-d ke ribosom dan aktifnya RNAt mengikat asam amino yang larut  dalam plasma. Tiap RNA-t mengikat asam amino tertentu yang selanjutnya akan dibawa ke ….
a. sitoplasma
b. ribosom
c. nukleus
d. nukleolus
e. mitokondria

30. RNA yang berfungsi menerjemahkan kodon dari RNA-d sehingga berfungsi sebagai antikodon adalah ….
a. RNA-r
b. RNA kodogen
c. RNA-t
d. RNA antikodon
e. kode RNA

31. Sel yang mengandung n kromosom yang dibentuk melalui pembelahan secara meiosis adalah ….
a. sel tubuh
b. sel somatis
c. sel otot
d. sel induk
e. sel gamet

32. Tahap pembelahan sel yang kromatidnya berada pada bidang ekuator adalah tahap ….
a. profase
b. interfase
c. telofase
d. metafase
e. anafase

33. Persilangan dengan tiga sifat beda disebut ….
a. hibrida
b. trihibrid
c. dihibrid
d. monohibrid
e. tetrahibrid

34. Berikut ini yang bukan hipotesis Mendell adalah ….
a. sifat organisme dikendalikan oleh sepasang gen yang berasal dari kedua induknya
b. tiap pasangan gen menunjuk bentuk alternatif sesamanya yang disebut alela
c. individu murni memiliki alela yang sama
d. adanya sifat dominan yang menutup sifat resesif
e. setiap individu hasil keturunan memiliki sifat yang persis seperti induknya.

35. Jika disilangkan, ercis berbiji bulat warna kuning (dominan) terhadap ercis berbiji keriput warna hijau (resesif), dihasilkan F1 seluruhnya berbiji bulat warna kuning. Apabila F1 tersebut disilangkan dengan sesamanya, akan diperoleh kombinasi bulat hijau : bulat kuning : keriput hijau : keriput
kuning adalah ….
a. 9 : 3 : 3 : 1
b. 1 : 3 : 9 : 1
c. 1 : 9 : 3 : 3
d. 3 : 9 : 1 : 3
e. 9 : 1 : 3 : 3

36. Jika diketahui genotipe AaBbCCDd, macam gametnya berjumlah ….
a. 4
b. 6
c. 8
d. 10
e. 12

37. Apabila ibu dari golongan darah A dan bapak dari golongan B, maka kemungkinan anak-anaknya adalah bergolongan darah ….
a. A dan B
b. A
c. B
d. AB
e. A, B, AB, dan O

38. Joko bermata normal menikah dengan Eni yang bersifat pembawa buta warna, maka anak-anaknya mempunyai kemungkinan ….
a. perempuan normal 25%, perempuan pembawa 25%
b. perempuan normal 50%, laki-laki buta warna 25%
c. semuanya normal
d. perempuan normal 75%, perempuan pembawa 25%
e. laki-laki buta warna 75%, perempuan pembawa 25%

39. Untuk memperoleh bibit tomat yang berbuah besar dan tanpa biji dilakuan mutasi buatan yang bertujuan membentuk poliploidi. Bagi tanaman, hal itu merugikan karena ….
a. tidak mampu membentuk alat vegetatif
b. tidak mampu membentuk alat generatif
c. umur menjadi pendek
d. jumlah buahnya berkurang
e. tanaman menjadi lemah

40. Perubahan struktur kromosom dapat terjadi pada perubahan susunan gen tanpa mengubah potensi dari kromosom tersebut. Peristiwa ini disebut ….
a. inversi
b. delesi
c . duplikasi
e. aberasi
d. translokasi


ESSAY

  1. Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Sebutkan tiga daerah pada ujung akar yang sedang mengalami pertumbuhan dan fungsinya masing-masing.
  3. Sebutkan fungsi dan sifat-sifat enzim.
  4. Apa yang dimaksud glikolisis?
  5. Jelaskan jalur utama yang dipakai oleh metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein hingga menghasilkan energi.
  6. Jelaskan yang dimaksud gen, kromosom, dan nukleotida.
  7. Jelaskan tahap-tahap sintesis protein.
  8. Apa yang dimaksud galur murni, test cross, dan back cross?
  9. Sebutkan macam-macam mutagen.
  10. Apabila diketahui gen B = biji bulat, K  = warna kuning, buatlah bagan persilangan antara biji bulat warna kuning heterozigot dengan biji keriput warna hijau. Jika diketahui populasi tanaman 800, berapa fenotipe masing-masing keturunan

RPP PERTUMBUHAN KELAS XII KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama sekolah               Diisi sesuai SMA nya dimana hehehe
Mata Pelajaran              :  Biologi.
Kelas / Jurusan             :  XII (Duabelas)/ IPA
Semester                       :  1.
Tema                              :  Pertumbuhan dan perkembangan
Alokasi Waktu               :  2× 45 menit ( 1x Pertemuan)



A.Kompetensi inti


  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli,( gotong royong), kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas  berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sekitar dan alam serta dalam  menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, mengamalkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, prosedural serta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora  dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah.


B. Kompetensi dasar


  1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada makhluk hidup
  2. Berprilaku ilmiah, teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam opservasi dan eksperimen,berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan ndan berargumentasi, peduli lingkungan , gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, res ponsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium
  3. Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkem  bangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
  4. Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan   dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar


C. Indikator pencapaian kompetensi
    
1.1.1.       Menjaga keteraturan dan kekomplekan struktur dan fungsi DNA, Gen dan Kromosom  dalam pemben-
              tukan dan pewarisan sifat makhluk hidup, sebagai wujud kekaguman ciptaan Tuhan.
         
2.1.1        Berprilaku ilmiah, teliti, tekun, sesuai dengan data dan  fakta, tanggung jawab, peduli dalam observasi
          dan  eksperimen di dalam kelas maupun di laboratorium.

3.1.1        Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkem-
          bangan pada makhluk hidup bersarkan hasil percobaan

4.1.1 Melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembang
         an tanaman dan membuat laporan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang
         benar.
D. Tujuan Pembelajaran


  1. Selama dan setelah proses pembelajaran, mensyukuri anugerah Tuhan akan struktur dan fungsi DNA, gen, kromosom dalam pewarisan sifat sebagai ciptaan Tuhan
  2. Selama dan setelah proses pembelajaran, menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan  disiplin dalam berfikir ilmiah, teliti, tekun,sesuai dengan data dan fakta, tanggung jawab, peduli dalam observasi dan eksperimen didalam kelas maupun di laboratorium
  3. Setelah menganalisis  hubungan antara faktor internal  dan eksternal , peserta didik dapat memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  4. Setelah mengeksperimen(melakukan percobaan), peserta didik dapat memahami dan membuat laporan tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.


E. Materi pelajaran


F. Alokasi waktu:
      2 X 45 menit


G. Metode pembelajaran


  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Eksperimen


H. Kegiatan pembelajaran

   Langkah-Langkah        :

   1. Kegiatan awal (10 menit)

  1. Prasyarat          : Pertumbuhan dan perkembangan
  2. Motivasi           :  Guru menampilkan carta tahap pertumbuhan manusia dan tumbuhan
  3. Apersepsi         : Apakah dari kalian ada yang belum mengalami menstruasi ?

    2.Kegiatan inti (65menit)

  • Guru menginformasikan singkat  tentang pertumbuhan dan perkembangan.
  • Siswa  melakukan studi pustaka untuk mengetahui informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan..
  • Siswa melakukan percobaan tentang pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tanaman( yang sudah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya)
  • Siswa membuat laporan tentang hasil percobaan pertumbuhan tanaman
  • Siswa menyajikan hasil diskusi kelompok


    3.Kegiatan akhir (15 menit)
  • Guru membantu siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  • Guru memberikan tugas pada siswa untuk merencanakan percobaan pertumbuhan dirumah.
  • Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan yang akan datang

I.  Alat/ Bahan/ Sumber :


  1. Buku Biologi kurikulum 2013
  2. Alat-alat laboratorium
  3. Bahan percobaan laboratorium
  4. biologigonz.blogspot.com



J. Penlaian

Tehnik penilaian tertulis subyektif



K.  PRAKTIKUM (UNJUK KERJA)


LEMBAR KERJA SISWA



Tujuan : mengamati pertumbuhan pada suatu tumbuhan
Alat dan Bahan
  1. Gelas bekas minuman
  2. Kapas
  3. Gelas kimia
  4. Penggris
  5. Spidol
  6. Biji kacang hijau
  7. Air
 Cara Kerja
  1. P1 : Tanam mesing-masing 5 butir kacang hijau pada kapas yang telah dimasukkan pada gelas plastik  dengan ketentuan A. Letakkan pada tempat gelap B Letakkan pada tempat terang. Beri air yang sama setiap hari. Ukur tinggi dan catat perubahannya.
  2. P2 : Tanam masing-masing 5 butir pada kapas yang telah dimasukkan pada gelas plastik  dengan ketentuan A.beri air sedikit,  B beri air sedang , C beri air banyak . Ukur tinggi dan catat perubahannya.

Tabel Pengamtan P1
NO
Perlakuan
Panjang Hari Ke-
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
A









B



















Tabel Pengamatan P2
NO
Perlakuan
Panjang Hari Ke-
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
A









B









C









Pertanyaan:
  1. Dari pengamatan yang kamu lakukan kecambah mana yang pertumbuhannya lebih cepat dari yang lainnya?......................................................................................................................................................
  2. Buat Gafik Hasil Pengamatanmu!
  3. Berapa kecepatan pertumbuhan pada P1 dan P2 ?.................................................................................
  4. Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan yang telah kamu lakukan?.................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................

 EVALUASI

KLIK INI OK

  1. Hormon yang digunakan untuk menghasilkan buah tanpa biji (partenokarpi) adalah................... 
  2. Hormon yang berfungsi merangsang pembuahan adalah......................................... 
  3. Hormon yang menghambat dominasi apikal adalah................................................ 
  4. Kerjasama anatara hormon Auksin dan etilen  dapat mengakibatkan................................................... 
  5. Tumbuhan yang kekurangan Fe dan Mg dapat mengalami................................................................... 
  6. Titik tumbuh primer pada tumbuhan dikotil ditemukan pada bagian........................................ 
  7. Faktor eksternal yang dapat mepengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah..................... 
  8. Jelaskan perbedaan anatara perkecambahan epigel dan hipogel 
  9. Gambar pertumbuhan primer pada akar dan tunjukkan bagianyang menunjukkan daerah pembelahan, daerah perpanjangan daerah pematangan!
  10. Apa yang kamu ketahui tentang unsur makro dan mikro?..................................................................

Support web ini

BEST ARTIKEL