- Disajikan
permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan
solusinya
- Siswa
dapat menjelaskan peran eubacteria /peran virusyang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
- Siswa
dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa /kelompok Alga/ kelompok mirip jamurtertentu berdasarkan
ciri-cirinya
- Siswa
dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson
tertentu berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa
dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu dengan disajian
contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang
dilakukan
- Siswa
dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu
berdasarkan cirri-cirinya
- Disajikan
daur hidup invertebrata tertentu siswa
dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya
- Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan
takson tertentu
- Disajikan
jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem
tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
- Disajikan
daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang
ditunjuk
- Siswa
dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan
lingkungan
- Siswa
dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat
membrane
- Disajikan
gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
- Dideskripsikan
suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
- Disajikan
deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan
mekanisme gerakan yang terjadi
- Siswa
dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung atau Siswa
dapat menjelaskan penyakit/gangguan
system peredaran darah
- Disajikan
deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses
pencernaan kimiawi yang terjadi
- Disajikan
deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme
pernafasan dada atau Disajikan
proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume
udaranya atau Disajikan
deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat
menjelaskan penyebab/akibatnya
- Siswa
dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron atau Dsajikan
deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat
menjelaskan penyebab/akibatnya
- Siswa
dapat menjelaskan mekanisme
aliran impuls dalam neuron/system saraf atau Siswa
dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
- Siswa
dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita atau proses menstruasi pada wanita
- Siswa
dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
- Disajikan
deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat
menginterpretasi data/hasil percobaan
- Disajikan
data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim
- Disajikan
diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
- Disajikan
deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
- Disajikan
deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang
terjadi
- Disajikan
deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang
diperoleh
- Disajikan
gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang
ditentukan atau Disajikan
tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
- Disajikan
deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang
terjadi
- Disajikan
gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang
ditentukan
- Disajikan
deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
- Disajikan
deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil
persilangan yang ditentukan
- Disajikan
deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat
mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut
- Disajikan
kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
- Disajikan
deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat
menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
- Siswa
dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip
dasar dari ahli tertentu
- Siswa
dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
- Siswa
dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk
dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
- Siswa
dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan
lingkungan
SEMOGA TEPAT DAN BISA KELUAR DALAM UJIAN NASIONAL SMA 2014 DAN
SEMOGA BERMANFAAT UNTUK SEMUA KALANGAN SISWA KELA 12 SELURUH INDONESIA
APPLY
1. Perhatikan gambar hewan-hewan berikut!
Hewan yang tergolong rhizopoda adalah organisme nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 2
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
2. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri
adalah ….
A. pneumonia
B. influenza
C. cacar
D. demam berdarah
E. campak
3. Jenis zygomycota yang dapat mengubah kedelai
menjadi tempe adalah ….
A. Aspergillus flavus
B. Saccharomyces cerevisiae
C. Rhizopus stolonifer
D. Volvariella volvaceae
E. Puccinia graminis
4. Kelas hewan vertebarta yang mengalami fertilisasi
eksternal adalah ….
A. pisces dan mamalia
B. pisces dan reptil
C. mamalia dan amphibi
D. pisces dan amphibi
E. reptil dan amphibi
5. Endosperm terbentuk dari hasil peleburan ….
A. Inti sperma I dan zigot
B. Inti sperma II dan zigot
C. Inti sperma I dan inti kandung lembaga sekunder
D. Inti sperma II dan inti kandung lembaga sekunder
E. Inti sperma I dan antipoda
6. Perhatikan gambar daur hidup coelenterata di bawah ini!
Urutan daur hidup dari coelenterata adalah ….
A. medusa – zigot – larva Planula – blastula – polip
B. medusa – zigot – blastula – larva Planula – polip
C. medusa-larva Planula-blastula – zigot – polip
D. medusa – zigot – blastula – polip – larva Planula
E. medusa – larva Planula – zigot – blastula – polip
7. Perhatikan grafik pertumbuhan paku berikut ini:
Berdasarkan daur tersebut, sorus ditampilkan oleh gambar
nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
8. Berikut ini beberapa gerak pada tumbuhan:
1. mengatupnya daun putri malu
2. membuka dan menutupnya stomata
3. gerak euglena mendekati cahaya
4. gerak spermatozoid menuju ovum pada tumbuhan lumut dan paku
Berdasarkan data tersebut contoh gerak seismonasti dan nasti kompleks
berturut-turut ditampilkan oleh nomor ….
A. 1 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 3
E. 1 dan 2
9. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!
Organisme yang berada pada tingkat trofi IV adalah ….
A. ulat
B. laba-laba
C. kelinci
D. tumbuhan
E. elang
10. Peredaran darah kecil pada manusia yang tepat
adalah ….
A. kamar kiri – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kanan
B. kamar kanan – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kiri
C. kamar kanan – vena pulmonalis – paru-paru – arteri pulmonalis – serambi
kanan
D. kamar kanan – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kanan
E. kamar kiri – vena pulmonalis – paru-paru – arteri pulmonalis – serambi
kanan
11. Dua kecambah yang sama ditempatkan di tempat berbeda, yang satu terkena
cahaya, sedang yang lain tidak. Dalam beberapa hari kecambah di tempat
yang gelap jauh lebih panjang dari kecambah di tempat yang terang. Hal ini
menunjukkan ….
A. cahaya berpengaruh besar terhadap pertumbuhan
B. cahaya berpengaruh pada pertumbuhan
C. cahaya merupakan faktor yang tidak diperlukan
D. cahaya merupakan faktor penghambat pertumbuhan
E. cahaya diperlukan sedikit untuk pertumbuhan
12. Berikut ini macam-macam jaringan pada tumbuhan:
1. sklerenkim
2. kambium
3. Epidermis
4. meristem
5. kolenkim
Di antara jaringan tersebut yang merupakan jaringan pendukung adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5
13. Manakah pernyataan yang tepat terkait dengan sel ….
A. Badan golgi merupakan sel yang berperan untuk sekresi sel
B. Ribosom berfungsi untuk sintesis lipid
C. Retikulum endoplasma merupakan lekukan membran dalam kloroplas
D. Sentriol dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan
E. Selain pada inti sel, DNA ditemukan juga pada organel mitokondria dan
badan golgi
14. Tempat terjadinya fertilisasi pada alat
reproduksi wanita adalah ….
A. uterus
B. uterus
C. endometrium
D. tuba fallopi
E. vagina
15. Kelainan tulang akibat kekurangan vitamin D
disebut ….
A. osteoarthritis
B. osteomalasia
C. nekrosa
D. osteoporosis
E. TBC tulang
16. Tahapan pembentukan urine yang menghasilkan
urine primer adalah ….
A. filtrasi
B. sekresi
C. augmentasi
D. reabsorbsi
E. absorbsi
17. Fitur pernapasan dada pada waktu ekspirasi
adalah ….
A. otot tulang rusuk berkontraksi dan rongga dada mengecil
B. otot tulang rusuk berkontraksi dan rongga dada membesar
C. otot tulang rusuk relaksasi dan rongga dada mengecil
D. otot tulang rusuk relaksasi dan rongga dada membesar
E. rongga dada membesar dan rongga perut mengecil
18. Perhatikan gambar rangka manusia dan persendiannya berikut ini!
Persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan rotasi
tetapi tidak ke segala arah ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
19. Pembuluh darah yang membawa darah kaya akan
karbon dioksida ke paru-paru disebut ….
A. arteri pulmonalis
B. vena cava superior
C. vena pulmonalis
D. vena cava inferior
E. aorta
20. Pernyataan manakah yang terkait dengan
pencernaan amilum di mulut ….
A. Amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim ptialin
B. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim amilase
C. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim steapsin
D. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim ptialin
E. Amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim steapsin
21. Bagian dari organ telinga yang berfungsi untuk
menjaga keseimbangan tekanan udara adalah ….
A. tulang martil
B. membran timpani
C. semisirkuler
D. tulang landasan
E. eustachius
22. Bagian dari organ ginjal yang berfungsi sebagai
tempat augmentasi adalah ….
A. glomerulus
B. tubulus kontortus proksimal
C. tubulus kontortus distal
D. tubulus kontortus kolektivus
E. loop henle
23. Seorang peneliti ingin meneliti pengaruh cahaya
lampu terhadap banyaknya oksigen yang diproduksi oleh Hydrilla. Manakah yang
tergolong variabel tetapnya ….
A. air
B. intensitas cahaya lampu
C. volume oksigen
D. Hydrilla
E. tabung reaksi
24. Dua stek batang tanaman mawar ditanam pada 2 pot (A dan B) dengan
media tanam sekam padi. Setelah tumbuh tunas pada pot A diberi pupuk urea,
sedangkan pada pot B tidak diberi urea. Setelah 1 bulan ternyata tanaman
mawar pada pot A tumbuh lebih cepat dari tanaman mawar pada pot
B. Komponen pupuk urea yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan tanaman
mawar adalah ….
A. fosfor
B. sulfur
C. karbon
D. hidrogen
E. nitrogen
25. Reaksi gelap pada peristiwa fotosintesis adalah
….
A. fotosintesis
B. fiksasi CO2
C. penguraian klorofil
D. pembentukan ATP
E. pemecahan molekul air
26. Peristiwa pembentukan dua molekul asam piruvat
pada tahapan glikolisis terjadi pada ….
A. membran plasma
B. matriks mitokondria
C. krista mitokondria
D. sitoplasma
E. inti sel
27. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Dihasilkan senyawa sampingan yang bersifat racun
2. Jumlah energi yang banyak
3. Dihasilkan oksigen
4. Terjadi jika kondisi kekurangan oksigen
Fitur di atas menunjukkan bahwa respirasi anaerob ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
28. Berikut adalah jenis enzim yang digunakan dalam
sistem pencernaan manusia, kecuali ….
A. renin
B. steapsin
C. selulase
D. pepsin
E. tripsin
29. Pada proses respirasi karbon dioksida terbentuk
pada tahapan ….
A. glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif
B. glikolisis dan transfer elektron
C. glikolisis dan dekarboksilasi oksidarif
D. dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs
E. dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs
30. Seorang siswa mengamati sel ujung akar bawang merah
yang sedang aktif membelah. Siswa menemukan sebuah sel yang kromosomnya
menebal dan berjejer di bidang ekuatornya, tahapan ini disebut ….
A. interfase
B. anafase
C. telofase
D. metafase
E. profase
31. Sebuah sel yang terdapat di testis memiliki
jumlah kromosom setengah dari kromosom (n) sel induknya dan masingmasing kromosom
terdiri dari 4 sel berbentuk bulat dan tidak berekor. Sel tersebut adalah
….
A. spermatid
B. spermatogonium
C. spermatosit sekunder
D. spermatozoa
E. spermatosit primer
32. Peristiwa epistasis-hipostasis, dominan gen hitam (H) epistasis, gen
kuning (K) hipostasis, jika disilangkan tanaman HHKK (biji hitam) dengan
tanaman hhKk (biji kuning) maka akan dihasilkan ….
A. 100% hitam
B. hitam: kuning = 3:1
C. hitam: kuning = 1:1
D. hitam: kuning: putih = 1: 1: 1
E. hitam: kuning: putih = 3: 1
33. Perhatikan diagram urutan basa berikut!
GGG ATG CTT CTA CAA = susunan DNA Asal
GGG ATG CTT CTA = susunan DNA Mutasi
DNA mutasi Mutasi di atas termasuk ….
A. duplikasi
B. delesi
C. inversi
D. transversi
E. transisi
34. Pernyataan di bawah ini yang tepat tentang
struktur RNA adalah ….
A. tersusun atas rantai ganda berpilin dan berpasangan secara paralel
B. tersusun atas dua rantai unit gula ribosa dan fosfat yang
berselang-seling
C. tersusun atas rantai tunggal dan basa nitrogennya terdiri dari adenin,
guanin, sitosin dan urasil
D. tersusun atas rantai ganda spiral dan basa nitrogennya terdiri dari
adenin, guanin, sitosin, dan urasil
E. tersusun atas rantai ganda spiral dan basa nitrogennya terdiri dari
adenin, guanin, sitosin, dan timin
35. RNA yang berperan membawa kodon meninggalkan
inti menuju ke ribosom adalah ….
A. RNA translasi
B. RNA ribosom
C. RNA mitokondria
D. RNA duta
E. RNA inti
36. Pada suatu populasi manusia ada 4 orang albino
dari 10.000 orang penduduk, maka frekuensi gen normal adalah ….
A. 0,02
B. 0,16
C. 0,32
D. 0,80
E. 0,98
37. Sirip ikan paus dan kaki depan anjing merupakan
organ yang dapat dijadikan petunjuk adanya evolusi. Berdasarkan perbandingannya
organ tersebut tergolong ….
A. speciasi
B. analog
C. homolog
D. organologi
E. komparatif
38. Perhatikan gambar percobaan Spallanzani berikut ini!
Percobaan tersebut dilakukan untuk mendukung teori ….
A. biogenesis
B. abiogenesis
C. generasi spontanea
D. evolusi biologi
E. evolusi kimia
39. Teknologi bioteknologi yang digunakan untuk membuat antibodi
monoklonal ….
A. teknologi plasmid
B. teknologi hibridoma
C. teknologi transgenik
D. kultur jaringan
E. insersi DNA
40. Pernyataan berikut merupakan penerapan prinsip
bioteknologi:
1. Produksi alkohol melalui fermentasi singkong oleh Saccharomyces sp
2. Produksi antibodi monoklonal
3. Produksi nata de coco dengan Acetobacter xylinum.
4. Produksi hormon somatotropin dengan memanfaatkan E.coli.
5. Produksi tempe dengan jamur Rhizopus oryzae.
Proses produksi yang menerapkan bioteknologi tradisional adalah ….
A. 1,2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5
E. 1, 4, dan 5
Jawaban Latihan Ujian Nasional Biologi SMA / MA
1. C
2. A
3. C
4. D
5. D
6. B
7. B
8. A
9. E
10. B
21. C
22. C
23. D
24. E
25. B
26. D
27. E
28. C
29. D
30. D
11. D
12. E
13. A
14. D
15. D
16. A
17. C
18. C
19. A
20. D
31. A
32. A
33. B
34. C
35. D
36. E
37. C
38. A
39. B
40. D