Sunday, February 16, 2014

89 % SMA UN 2014



  1. Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya
  2. Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria /peran virusyang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan
  3. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa /kelompok Alga/ kelompok mirip jamurtertentu berdasarkan ciri-cirinya
  4. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya
  5. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu dengan disajian contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya
  7. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu  siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya
  8. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson  tertentu
  9. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem  tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
  10.  Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  11. Siswa dapat menjelaskan dampak  pencemaran/perubahan lingkungan
  12. Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
  13.  Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  14.  Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya
  15.  Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
  16.  Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung atau Siswa dapat menjelaskan  penyakit/gangguan system peredaran darah
  17. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi
  18.  Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme pernafasan dada atau Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya atau Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  19. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron atau  Dsajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  20. Siswa dapat menjelaskan  mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf atau Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
  21. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita atau proses menstruasi pada wanita
  22. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
  23. Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
  24. Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
  25.  Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
  26.  Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
  27.  Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  28.  Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
  29.  Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan atau Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
  30. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  31. Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
  32. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi  hasil persilangan yang ditentukan
  33. Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  34. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut
  35. Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
  36. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
  37. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
  38. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
  39. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  40. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan
SEMOGA TEPAT DAN BISA KELUAR DALAM UJIAN NASIONAL SMA 2014  DAN
SEMOGA BERMANFAAT UNTUK SEMUA KALANGAN SISWA KELA 12 SELURUH INDONESIA

APPLY



1. Perhatikan gambar hewan-hewan berikut!

Hewan yang tergolong rhizopoda adalah organisme nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 2
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4

2. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah ….
A. pneumonia
B. influenza
C. cacar
D. demam berdarah
E. campak

3. Jenis zygomycota yang dapat mengubah kedelai menjadi tempe adalah ….
A. Aspergillus flavus
B. Saccharomyces cerevisiae
C. Rhizopus stolonifer
D. Volvariella volvaceae
E. Puccinia graminis

4. Kelas hewan vertebarta yang mengalami fertilisasi eksternal adalah ….
A. pisces dan mamalia
B. pisces dan reptil
C. mamalia dan amphibi
D. pisces dan amphibi
E. reptil dan amphibi

5. Endosperm terbentuk dari hasil peleburan ….
A. Inti sperma I dan zigot
B. Inti sperma II dan zigot
C. Inti sperma I dan inti kandung lembaga sekunder
D. Inti sperma II dan inti kandung lembaga sekunder
E. Inti sperma I dan antipoda
6. Perhatikan gambar daur hidup coelenterata di bawah ini!

Urutan daur hidup dari coelenterata adalah ….
A. medusa – zigot – larva Planula – blastula – polip
B. medusa – zigot – blastula – larva Planula – polip
C. medusa-larva Planula-blastula – zigot – polip
D. medusa – zigot – blastula – polip – larva Planula
E. medusa – larva Planula – zigot – blastula – polip

7. Perhatikan grafik pertumbuhan paku berikut ini:

Berdasarkan daur tersebut, sorus ditampilkan oleh gambar nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

8. Berikut ini beberapa gerak pada tumbuhan:
1. mengatupnya daun putri malu
2. membuka dan menutupnya stomata
3. gerak euglena mendekati cahaya
4. gerak spermatozoid menuju ovum pada tumbuhan lumut dan paku
Berdasarkan data tersebut contoh gerak seismonasti dan nasti kompleks berturut-turut ditampilkan oleh nomor ….
A. 1 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 3
E. 1 dan 2

9. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!

Organisme yang berada pada tingkat trofi IV adalah ….
A. ulat
B. laba-laba
C. kelinci
D. tumbuhan
E. elang

10. Peredaran darah kecil pada manusia yang tepat adalah ….
A. kamar kiri – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kanan
B. kamar kanan – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kiri
C. kamar kanan – vena pulmonalis – paru-paru – arteri pulmonalis – serambi kanan
D. kamar kanan – arteri pulmonalis-paru-vena pulmonalis – serambi kanan
E. kamar kiri – vena pulmonalis – paru-paru – arteri pulmonalis – serambi kanan

11. Dua kecambah yang sama ditempatkan di tempat berbeda, yang satu terkena cahaya, sedang yang lain tidak. Dalam beberapa hari kecambah di tempat yang gelap jauh lebih panjang dari kecambah di tempat yang terang. Hal ini menunjukkan ….
A. cahaya berpengaruh besar terhadap pertumbuhan
B. cahaya berpengaruh pada pertumbuhan
C. cahaya merupakan faktor yang tidak diperlukan
D. cahaya merupakan faktor penghambat pertumbuhan
E. cahaya diperlukan sedikit untuk pertumbuhan

12. Berikut ini macam-macam jaringan pada tumbuhan:
1. sklerenkim
2. kambium
3. Epidermis
4. meristem
5. kolenkim
Di antara jaringan tersebut yang merupakan jaringan pendukung adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5

13. Manakah pernyataan yang tepat terkait dengan sel ….
A. Badan golgi merupakan sel yang berperan untuk sekresi sel
B. Ribosom berfungsi untuk sintesis lipid
C. Retikulum endoplasma merupakan lekukan membran dalam kloroplas
D. Sentriol dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan
E. Selain pada inti sel, DNA ditemukan juga pada organel mitokondria dan badan golgi

14. Tempat terjadinya fertilisasi pada alat reproduksi wanita adalah ….
A. uterus
B. uterus
C. endometrium
D. tuba fallopi
E. vagina

15. Kelainan tulang akibat kekurangan vitamin D disebut ….
A. osteoarthritis
B. osteomalasia
C. nekrosa
D. osteoporosis
E. TBC tulang

16. Tahapan pembentukan urine yang menghasilkan urine primer adalah ….
A. filtrasi
B. sekresi
C. augmentasi
D. reabsorbsi
E. absorbsi

17. Fitur pernapasan dada pada waktu ekspirasi adalah ….
A. otot tulang rusuk berkontraksi dan rongga dada mengecil
B. otot tulang rusuk berkontraksi dan rongga dada membesar
C. otot tulang rusuk relaksasi dan rongga dada mengecil
D. otot tulang rusuk relaksasi dan rongga dada membesar
E. rongga dada membesar dan rongga perut mengecil

18. Perhatikan gambar rangka manusia dan persendiannya berikut ini!

Persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan rotasi tetapi tidak ke segala arah ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

19. Pembuluh darah yang membawa darah kaya akan karbon dioksida ke paru-paru disebut ….
A. arteri pulmonalis
B. vena cava superior
C. vena pulmonalis
D. vena cava inferior
E. aorta

20. Pernyataan manakah yang terkait dengan pencernaan amilum di mulut ….
A. Amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim ptialin
B. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim amilase
C. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim steapsin
D. Amilum diubah menjadi glukosa oleh enzim ptialin
E. Amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim steapsin

21. Bagian dari organ telinga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara adalah ….
A. tulang martil
B. membran timpani
C. semisirkuler
D. tulang landasan
E. eustachius

22. Bagian dari organ ginjal yang berfungsi sebagai tempat augmentasi adalah ….
A. glomerulus
B. tubulus kontortus proksimal
C. tubulus kontortus distal
D. tubulus kontortus kolektivus
E. loop henle

23. Seorang peneliti ingin meneliti pengaruh cahaya lampu terhadap banyaknya oksigen yang diproduksi oleh Hydrilla. Manakah yang tergolong variabel tetapnya ….
A. air
B. intensitas cahaya lampu
C. volume oksigen
D. Hydrilla
E. tabung reaksi

24. Dua stek batang tanaman mawar ditanam pada 2 pot (A dan B) dengan media tanam sekam padi. Setelah tumbuh tunas pada pot A diberi pupuk urea, sedangkan pada pot B tidak diberi urea. Setelah 1 bulan ternyata tanaman mawar pada pot A tumbuh lebih cepat dari tanaman mawar pada pot B. Komponen pupuk urea yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan tanaman mawar adalah ….
A. fosfor
B. sulfur
C. karbon
D. hidrogen
E. nitrogen

25. Reaksi gelap pada peristiwa fotosintesis adalah ….
A. fotosintesis
B. fiksasi CO2
C. penguraian klorofil
D. pembentukan ATP
E. pemecahan molekul air

26. Peristiwa pembentukan dua molekul asam piruvat pada tahapan glikolisis terjadi pada ….
A. membran plasma
B. matriks mitokondria
C. krista mitokondria
D. sitoplasma
E. inti sel

27. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Dihasilkan senyawa sampingan yang bersifat racun
2. Jumlah energi yang banyak
3. Dihasilkan oksigen
4. Terjadi jika kondisi kekurangan oksigen
Fitur di atas menunjukkan bahwa respirasi anaerob ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4

28. Berikut adalah jenis enzim yang digunakan dalam sistem pencernaan manusia, kecuali ….
A. renin
B. steapsin
C. selulase
D. pepsin
E. tripsin

29. Pada proses respirasi karbon dioksida terbentuk pada tahapan ….
A. glikolisis dan dekarboksilasi oksidatif
B. glikolisis dan transfer elektron
C. glikolisis dan dekarboksilasi oksidarif
D. dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs
E. dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs

30. Seorang siswa mengamati sel ujung akar bawang merah yang sedang aktif membelah. Siswa menemukan sebuah sel yang kromosomnya menebal dan berjejer di bidang ekuatornya, tahapan ini disebut ….
A. interfase
B. anafase
C. telofase
D. metafase
E. profase

31. Sebuah sel yang terdapat di testis memiliki jumlah kromosom setengah dari kromosom (n) sel induknya dan masingmasing kromosom terdiri dari 4 sel berbentuk bulat dan tidak berekor. Sel tersebut adalah ….
A. spermatid
B. spermatogonium
C. spermatosit sekunder
D. spermatozoa
E. spermatosit primer

32. Peristiwa epistasis-hipostasis, dominan gen hitam (H) epistasis, gen kuning (K) hipostasis, jika disilangkan tanaman HHKK (biji hitam) dengan tanaman hhKk (biji kuning) maka akan dihasilkan ….
A. 100% hitam
B. hitam: kuning = 3:1
C. hitam: kuning = 1:1
D. hitam: kuning: putih = 1: 1: 1
E. hitam: kuning: putih = 3: 1

33. Perhatikan diagram urutan basa berikut!
GGG ATG CTT CTA CAA = susunan DNA Asal
GGG ATG CTT CTA = susunan DNA Mutasi
DNA mutasi Mutasi di atas termasuk ….
A. duplikasi
B. delesi
C. inversi
D. transversi
E. transisi

34. Pernyataan di bawah ini yang tepat tentang struktur RNA adalah ….
A. tersusun atas rantai ganda berpilin dan berpasangan secara paralel
B. tersusun atas dua rantai unit gula ribosa dan fosfat yang berselang-seling
C. tersusun atas rantai tunggal dan basa nitrogennya terdiri dari adenin, guanin, sitosin dan urasil
D. tersusun atas rantai ganda spiral dan basa nitrogennya terdiri dari adenin, guanin, sitosin, dan urasil
E. tersusun atas rantai ganda spiral dan basa nitrogennya terdiri dari adenin, guanin, sitosin, dan timin

35. RNA yang berperan membawa kodon meninggalkan inti menuju ke ribosom adalah ….
A. RNA translasi
B. RNA ribosom
C. RNA mitokondria
D. RNA duta
E. RNA inti

36. Pada suatu populasi manusia ada 4 orang albino dari 10.000 orang penduduk, maka frekuensi gen normal adalah ….
A. 0,02
B. 0,16
C. 0,32
D. 0,80
E. 0,98

37. Sirip ikan paus dan kaki depan anjing merupakan organ yang dapat dijadikan petunjuk adanya evolusi. Berdasarkan perbandingannya organ tersebut tergolong ….
A. speciasi
B. analog
C. homolog
D. organologi
E. komparatif

38. Perhatikan gambar percobaan Spallanzani berikut ini!
Percobaan tersebut dilakukan untuk mendukung teori ….
A. biogenesis
B. abiogenesis
C. generasi spontanea
D. evolusi biologi
E. evolusi kimia

39. Teknologi bioteknologi yang digunakan untuk membuat antibodi monoklonal ….
A. teknologi plasmid
B. teknologi hibridoma
C. teknologi transgenik
D. kultur jaringan
E. insersi DNA

40. Pernyataan berikut merupakan penerapan prinsip bioteknologi:
1. Produksi alkohol melalui fermentasi singkong oleh Saccharomyces sp
2. Produksi antibodi monoklonal
3. Produksi nata de coco dengan Acetobacter xylinum.
4. Produksi hormon somatotropin dengan memanfaatkan E.coli.
5. Produksi tempe dengan jamur Rhizopus oryzae.
Proses produksi yang menerapkan bioteknologi tradisional adalah ….
A. 1,2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5
E. 1, 4, dan 5

Jawaban Latihan Ujian Nasional Biologi SMA / MA

1. C
2. A
3. C
4. D
5. D
6. B
7. B
8. A
9. E
10. B
21. C
22. C
23. D
24. E
25. B
26. D
27. E
28. C
29. D
30. D
11. D
12. E
13. A
14. D
15. D
16. A
17. C
18. C
19. A
20. D
31. A
32. A
33. B
34. C
35. D
36. E
37. C
38. A
39. B
40. D




No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL