Wednesday, June 11, 2014

RENCANA MENGAJAR 31 PERTEMUAN KELAS 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
1, 2 dan 3
Alokasi Waktu
:
6 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar
:
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan
:
1. Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.
2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan.

I.       Indikator
·   Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·   Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·   Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·   Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·   Menyusun unit-unit penelitian
·   Membuat tabel pengamatan
·   Menyusun rencana penelitian tertulis

II.    Materi Ajar
·   Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·   Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      faktor internal
2.      faktor eksternal
·   Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Melengkapi peta konsep
·     Merumuskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·     Mengumpulkan informasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
·     Menemukan adanya gejala pertumbuhan
·     Merumuskan masalah
·     Merumuskan hipotesis
·     Menyusun variabel penelitian
·     Membuat rencana penelitian tertulis
·     Studi membaca dan diskusi untuk memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan  pada tumbuhan
·     Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
·     Diskusi menyusun rencana penelitian
·     Presentasi rencana penelitian
·     Siswa dapat Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·     Siswa dapat Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·     Siswa dapat Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·     Siswa dapat Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·     Siswa dapat Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·     Siswa dapat Menyusun unit-unit penelitian
·     Siswa dapat Membuat tabel pengamatan
·     Siswa dapat Menyususun rencana penelitian tertulis

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·         Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan pada modul praktikum di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan kegiatan 1.2 pada modul praktikum.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
·         Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
·         Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan
.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
·    Alat bantu presentasi

VI.              Penilaian
·    Tugas kelompok penyusunan proposal
·    Presentasi proposal penelitian
·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta, ...........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran Biologi










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
4
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar
:
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan
:
Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan.

I.                   Indikator
·         Menyiapkan alat dan bahan
·         Memberikan perlakuan
·         Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·         Menganalisis data hasil pengamatan
·         Menyimpulkan hasil penelitian
·         Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II.                Materi Ajar
·         Membuat unit-unit penelitian
·         Memberi perlakuan
·         Mengukur kecepatan pertumbuhan
·         Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·         Mengolah data hasil pengamatan
·         Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·         Melaporkan hasil penelitian

III.             Metode Pembelajaran
Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Pelaksanaan penelitian kelompok di luar jam pelajaran
·     Membuat unit-unit penelitian
·     Memberi perlakuan
·     Mengukur kecepatan pertumbuhan
·     Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·     Mengolah data hasil pengamatan
·     Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·     Melaporkan hasil penelitian
·     Siswa dapat Menyiapkan alat dan bahan
·     Siswa dapat Memberikan perlakuan
·     Siswa dapat Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·     Siswa dapat Menganalisis data hasil pengamatan
·     Siswa dapat Menyimpulkan hasil penelitian
·     Siswa dapat Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B.     Kegiatan inti
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V.                Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
·    Tugas laporan hasil penelitian


Mengetahui,
Jakarta, .........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran Biologi


                                                                                   




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
5 dan 6
Alokasi Waktu
:
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar
:
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan
:
Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

I.       Indikator
·   Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

II.    Materi Ajar
·   Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Presentasi laporan hasil penelitian oleh masing-masing kelompok
·     Menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan tertulis
·     Menyusun laporan penelitian untuk presentasi
·     Mempresentasikan hasil penelitian
·     Siswa dapat Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·         Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.

Pertemuan 5 (2 X 45 menit)
A.    Kegiatan awal (5 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.

V.    Alat / Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
·    Alat bantu presentasi

VI. Penilaian
·    Presentasi


Mengetahui,
Jakarta, .......................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran Bologi






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
7 dan 8
Alokasi Waktu
:
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar
:
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan
:
1.  Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme.
2. Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen.

I.       Indikator
·         Mendeskripsikan struktur enzim
·         Menguji kerja enzim dengan enzim
·         Menyimpulkan prinsip kerja enzim

II.    Materi Ajar
·         Struktur enzim
·         Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran
      Eksperimen - Dikusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menguji kerja enzim dengan eksperimen
·     Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
·     Mendeskripsikan prinsip kerja enzim
·     Membaca buku,  mengumpulkan informasi dan diskusi tentang struktur enzim dan prinsip kerja enzim
·     Melakukan eksperimen  kerja enzim
·     Siswa dapat Mendeskripsikan struktur enzim
·     Siswa dapat Menguji kerja enzim dengan enzim
·     Siswa dapat Menyimpulkan prinsip kerja enzim

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
·         Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·         Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.


B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Siswa  bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·        Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
·        Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·         Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan 7 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Siswa menyusun laporan hasil praktikum.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·         Siswa mengumpulkan laporan.
V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta , ..........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran biologi



                                                           






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
9, 10 , 11, dan 12
Alokasi Waktu
:
8 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar
:
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan
:
Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
                               
I.    Indikator
·        Mendefinisikan pengertian metabolisme
·        Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·        Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·        Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·         Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis.

II.  Materi Ajar
·         Proses respirasi
·         Tahap-tahap reaksi respirasi
·         Proses fotosintesis
·         Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membuktikan reaksi respirasi
·     Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·     Membedakan reaksi respirasi anaerob dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan
·     Melakukan diskusi cara membuktikan reaksi respirasi
·     Mendiskusikan tahap-tahap reaksi respirasi
·     Mendiskusikan perbedaan reaksi respirasi aerob dan anaerob
·     Melakukan eksperimen untuk membuktikan reaksi fotosinteisis
·     Mendiskusikan tahap-tahap reaksi fotosintesis
·     Penugasan membuat bagan proses metabolisme
·     Siswa dapat  Diskusi menunjukkan adanya reaksi respirasi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·     Siswa dapat  Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·     Siswa dapat  Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis
·     Siswa dapat  Penugasan membuat bagan  metabolisme

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
      Pertemuan 8 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·         Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menjelaskan reaksi umum respirasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·         Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

      Pertemuan 9 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.
B.     Kegiatan inti (60 menit)

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·         Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
·         Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 10 (2 × 45 menit)
A.       Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
·         Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.
B.  Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


C.  Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.
Pertemuan 11 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium  sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
·         Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.
B.     Kegiatan inti (40 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (40 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 12 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi  fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·         Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari  dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·         Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.
V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis
·    Bagan proses metabolisme


Mengetahui,
Jakarta, ........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran Biologi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
13
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar
:
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan
:
Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein.

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

II.    Materi Ajar
·        Proses katabolisme lemak
·        Proses katabolisme protein
·        Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan proses katabolisme lemak
·     Mendeskripsikan proses katabolisme protein
·     Mendeskripsikan hubungan katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
·     Mendiskusikan hubungan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein,  dan karbohidrat

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta, ........................2014


Kepala sekolah



Guru Mata Pelajaran Biologi









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
14, 15, dan 16
Alokasi Waktu
:
6 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar
:
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan
:
Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom.
              
I.       Indikator
·         Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·         Mendeskripsikan struktur DNA
·         Mendeskripsikan proses replikasi DNA
·         Mendeskripsikan struktur RNA
·         Membedakan DNA dan RNA

II.    Materi Ajar
·         Struktur sel dan  kromosom
·         Hubungan kromosom, gen, dan DNA
·         Struktur DNA
·         Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menyimpulkan hubungan antara  kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati gambar
·     Mendeskripsikan beberapa  eksperimen untuk menemukan  struktur penyusun gen
·     Menggambar struktur molekul DNA
·     Mendeskripsikan  eksperimen untuk menemukan struktur 3 dimensi DNA

·     Membaca buku dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep
·     Diskusi hubungan antara kromosom, gen, dan DNA
·     Diskusi struktur DNA dan RNA
·     Diskusi replikasi DNA
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom gen, dan DNA
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan struktur DNA
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan proses replikasi DNA
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan struktur RNA
·     Siswa dapat  Membedakan DNA dan RNA

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
·         Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 15 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·        Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi  DNA oleh Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA.

Pertemuan 16 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal
·        Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
·        Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.
B.     Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI.       Penilaian
·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta , .......................2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajaran Biologi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
17
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar
:
3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
Tujuan
:
Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein.
                                 
I.       Indikator
·        Menjelaskan kode genetik (Kodon)
·        Mendeskripsikan proses sintesis protein

II.    Materi Ajar
·        Kode genetik
·        Sintesis protein

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan eksperimen untuk menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip
·     Mendeskripsikan proses sintesis protein
·     Diskusi hubungan antara genotip dan fenotip
·     Diskusi pengaturan kode genetika (kodon)
·     Diskusi proses sintesis protein
·     Siswa dapat  Menjelaskan kode genetik (Kodon)
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan proses sintesis protein

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
      Pertemuan I7 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
·        Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
·        Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.

V.    Alat / Bahan/ Sumber
·        Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta, ........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran Biologi 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
18, 19, dan 20
Alokasi Waktu
:
6  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar
:
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Tujuan
:
1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat.
2.    Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis.
                          
I.       Indikator
·        Menggambar siklus sel
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·        Mengamati pembelahan sel
·        Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis.

II.    Materi Ajar
·         Siklus sel
·         Mitosis
·         Meiosis
·         Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menggambar tahap-tahap pembelahan sel berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah
·     Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan berdasarkan gambar sel
·     Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·     Mendeskripsikan proses pembelahan meiosis.
·     Menggamabar tahap-tahap pembelahan meiosis
·     Membaca dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep
·     Diskusi proses pembelahan sel
·     Diskusi proses pembelahan meiosis
·     Diskusi gametogenesis
·     Siswa dapat  Menggambar siklus sel
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·     Siswa dapat  Mengamati pembelahan sel
·     Siswa dapat  Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 18 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·         Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·         Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
·         Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 19 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·         Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·         Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
·         Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 20 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
·         Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
·         Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
·         Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
·         Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.


V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/    
VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta , .........................2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajarann Biologi 



                                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
21, 22, 23, dan 24
Alokasi Waktu
:
8  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar
:
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan
:
Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

I.       Indikator
·        Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
·        Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
·        Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
·         Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia.

II.    Materi Ajar
·         Hukum Mendel
·         Pola-pola hereditas
·         Genetika manusia

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Memahami proses penemuan hukum Mendel
·     Memamahmi berbagai pola hereditas
·     Diskusi memahami hukum Mendel
·     Diskusi berbagai pola-pola hereditas
·     Diskusi penerapan genetika pada manusia
·     Penugasan kegiatan
·     Siswa dapat  Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
·     Siswa dapat  Menguji hukum Mendel dan model perkawinan monohigrid dan dihibrid
·     Siswa dapat  Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
·     Siswa dapat  Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia

IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 21 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·         Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
·         Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A.       Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·         Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
B.       Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
·         Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model  perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
·         Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
·         Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.       Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
·         Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
·        Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
·        Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan  yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
·         Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
·         Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·         Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
·         Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
·    Laporan hasil kegiatan
·    Uji kompetensi tertulis

Mengetahui,
Jakarta , .......................2014
Kepala Sekolah
  


Guru Mata Pelajaran Biologi


                                                                       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan
:
25 dan 26
Alokasi Waktu
:
4  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar
:
3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan
:
Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi.

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan pengertian mutasi
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
·        Mengubungkan mutasi dan evolusi.

II.  Materi Ajar
·        Pengertian mutasi
·        Macam-macam mutasi:
1.   Mutasi gen
2.   Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi- Penugasan-Simulasi model

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menyusun rangkaian basa nitrogen dan jenis asam amino yang dihasilkan
·     Menentukan jenis perubahan susunan basa nitogen dan dampaknya
·     Mengamati gambar genom manusia
·     Menentukan perubahan kromosom dan dampaknya
·     Diskusi pengertian mutasi
·     Diskusi mutasi gen
·     Diskusi mutasi kromosom
·     Penugasan menyusun kertas kerja
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan pengertian mutasi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
·     Siswa dapat  Menghubungkan mutasi dan evolusi

IV. Langkah-Langkah pembelajaran
   Pertemuan 25 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
·         Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
·         Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·         Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.

   Pertemuan 26 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
·         Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.
B.  Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
·         Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3  atau diskusi Salingtemas.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/   

VI. Penilaian
·    Ujian kompetensi tertulis
·    Tugas kertas kerja


Mengetahui,
Jakarta, ........................2014
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran biologi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan
:
1
Alokasi Waktu
:
2  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
:
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan
:
Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan adanya gejala keanekaragaman
·     Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati
·     Menggambar skema teori evolusi Darwin
·     Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
·     Membaca buku untuk menyusun peta konsep
·     Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup
·     Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
·     Diskusi memahami teori evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan
·     Siswa dapat  Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis

           
Mengetahui,
Jakarta , ...................................... 2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajaran biologi





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan
:
2 dan 3
Alokasi Waktu
:
4  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
:
4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan
:
Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi.

I.       Indikator
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
·   Menjelaskan berbagai bukti evolusi
·   Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia
·     Diskusi percobaan Harold Urey
·     Diskusi hukum Hardy-Weinberg
·     Menonton VCD tentang evolusi
·     Siswa dapat  Menujukkan bukti-bukti evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·     Siswa dapat  Menerapkan hukum Hardy-Weinberg

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.      Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.

   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).
V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta , .......................2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajaran Biologi


                                                                                   






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan
:
4
Alokasi Waktu
:
2  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
:
4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan
:
Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi.

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·        Menjelaskan teori evolusi netral

II.  Materi Ajar
·        Mutasi DNA dan dampaknya
·        Teori evolusi netral
·        Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi
·     Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam
·     Diskusi teori evolusi, netral
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·     Siswa dapat  Menjelaskan teori evolusi netral

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/   
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui,
Jakarta , .........................2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajaran Biologi








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan
:
5, 6 dan 7
Alokasi Waktu
:
6  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
5. Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
:
5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan
:
Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi.

I.       Indikator
·        Menjelaskan pengertian bioteknologi
·        Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·        Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·        Membuat produk bioteknologi tradisional
·        Mengekstraksi DNA

o   Materi Ajar
·        Pengertian bioteknologi
·        Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·        Rekayasa genetika  

III. Metode pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses bioteknologi tradisional
·     Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam bioteknologi
·     Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern
·     Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi
·     Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA
·     Siswa dapat  Menjelaskan pengertian bioteknologi
·     Siswa dapat  Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·     Siswa dapat  Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·     Siswa dapat  Membuat produk bioteknologi tradisional
·     Siswa dapat  Mengekstraksi DNA

IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
      ·    Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi
B.     Kegiatan awal (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·         Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

C.     Kegiatan inti (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.  Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·         Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (30 menit)
·         Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·         Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·         Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
      ·    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
      ·    Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa mengamati hasil eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
      ·    Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
      ·    Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
      ·    Siswa mengumpulkan laporan hasil.

V.  Alat/bahan/sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
            ·    Laporan hasil kegiatan


Mengetahui,
Jakarta , ......................2014
Kepala Sekolah 



Guru Mata Pelajaran Biologi 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan
:
8
Alokasi Waktu
:
2  jam pelajaran
Standar Kompetensi
:
5. Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
:
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Tujuan
:
Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi.

I.    Indikator
·        Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·        Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika

II.    Materi Ajar
·        Tanaman transgenik dan dampaknya

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan produknya
·     Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan dampaknya
·     Diskusi Salingtemas
·     Membuat kliping
·     Siswa dapat  Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·     Siswa dapat  Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (15 menit)
      ·    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
      ·    Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.         
B.     Kegiatan iinti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
·         Siswa mengumpulkan diskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/    

VI. Penilaian
·         Laporan diskusi Salingtemas
·         Tugas fiksi ilmiah
                       
                                   
Mengetahui,
Jakarta, ........................2014
Kepala Sekolah  


Guru Mata Pelajaran Biologi

Isharmanto
                                               


Semoga bisa bermanfaat 

Thursday, June 5, 2014

IKHLAS






Cuaca hari ini sangat sangat panas. Mbah sarno terus mengayuh sepeda tuanya menyisir jalan perumahan condong catur demi menyambung hidup. Mbah sarno sudah puluhan tahun berprofesi sebagai tukang sol sepatu keliling. Jika orang lain mungkin berfikir “mau nonton apa saya malam ini?”, mbah sarno cuma bisa berfikir “saya bisa makan atau nggak malam ini?”
Di tengah cuaca panas seperti ini pun terasa sangat sulit baginya untuk mendapatkan pelanggan. Bagi mbah sarno, setiap hari adalah hari kerja. Dimana ada peluang untuk menghasilkan rupiah, disitu dia akan terus berusaha. Hebatnya, beliau adalah orang yang sangat jujur. Meskipun miskin, tak pernah sekalipun ia mengambil hak orang lain.
Jam 11, saat tiba di depan sebuah rumah mewah di ujung gang, diapun akhirnya mendapat pelanggan pertamanya hari ini. Seorang pemuda usia 20 tahunan, terlihat sangat terburu-buru.
Ketika mbah sarno menampal sepatunya yang bolong, ia terus menerus melihat jam. Karena pekerjaan ini sudah digelutinya bertahun-tahun, dalam waktu singkat pun ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.
“wah cepat sekali. Berapa pak?”
“5000 rupiah mas”
sang pemuda pun mengeluarkan uang seratus ribuan dari dompetnya. Mbah sarno jelas kaget dan tentu ia tidak punya uang kembalian sama sekali apalagi sang pemuda ini adalah pelanggan pertamanya hari ini.
“wah mas gak ada uang pas ya?”
“nggak ada pak, uang saya tinggal selembar ini, belum dipecah pak”
“maaf mas, saya nggak punya uang kembalian”
“waduh repot juga kalo gitu. Ya sudah saya cari dulu sebentar pak ke warung depan”
“udah mas nggak usah repot-repot. Mas bawa dulu saja. Saya perhatikan mas lagi buru-buru. Lain waktu saja mas kalau kita ketemu lagi.”
“oh syukurlah kalo gitu. Ya sudah makasih ya pak.”
=============================================================
jam demi jam berlalu dan tampaknya ini hari yang tidak menguntungkan bagi mbah sarno. Dia cuma mendapatkan 1 pelanggan dan itupun belum membayar. Ia terus menanamkan dalam hatinya, “ikhlas. Insya allah akan dapat gantinya.”
ketika waktu menunjukkan pukul 3 lebih ia pun menyempatkan diri shalat ashar di masjid depan lapangan bola sekolah. Selesai shalat ia berdoa.
“ya allah, izinkan aku mencicipi secuil rezekimu hari ini. Hari ini aku akan terus berusaha, selebihnya adalah kehendakmu.”
selesai berdoa panjang, ia pun bangkit untuk melanjutkan pekerjaannya.
Ketika ia akan menuju sepedanya, ia kaget karena pemuda yang tadi siang menjadi pelanggannya telah menunggu di samping sepedanya.
“wah kebetulan kita ketemu disini, pak. Ini bayaran yang tadi siang pak.”
kali ini pemuda tadi tetap mengeluarkan uang seratus ribuan. Tidak hanya selembar, tapi 5 lembar.
“loh loh mas? Ini mas belum mecahin uang ya? Maaf mas saya masih belum punya kembalian. Ini juga kok 5 lembar mas. Ini nggak salah ngambil mas?”
“sudah pak, terima saja. Kembaliannya, sudah saya terima tadi, pak. Hari ini saya tes wawancara. Telat 5 menit saja saya sudah gagal pak. Untung bapak membiarkan saya pergi dulu. Insya allah minggu depan saya berangkat ke prancis pak. Saya mohon doanya pak”
“tapi ini terlalu banyak mas”
“saya bayar sol sepatu cuma rp 5000 pak. Sisanya untuk membayar kesuksesan saya hari ini dan keikhlasan bapak hari ini.”
=============================================================
Quote:
tuhan punya cara tersendiri dalam menolong hamba-hambanya yang mau berusaha dalam kesulitannya. Dan kita tidak akan pernah tahu kapan pertolongan itu tiba.
Keikhlasan akan dibalas dengan keindahan.

Support web ini

BEST ARTIKEL