RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
1, 2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu memahami
konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.
2. Siswa mampu menyusun
rencana penelitian pengaruh faktor
tertentu terhadap pertumbuhan.
|
I.
Indikator
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan
perkembangan
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Merumuskan masalah berdasarkan gejala
pertumbuhan yang ditemukan
· Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang
sudah dirumuskan
· Merumuskan variabel penelitian untuk
menguji hipotesis
· Menyusun unit-unit penelitian
· Membuat tabel pengamatan
· Menyusun rencana penelitian tertulis
II.
Materi Ajar
· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
· Menyusun rencana penelitian
III.
Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melengkapi peta konsep
· Merumuskan pengertian pertumbuhan dan
perkembangan
· Mengumpulkan informasi faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan
· Merumuskan masalah
· Merumuskan hipotesis
· Menyusun variabel penelitian
· Membuat rencana penelitian tertulis
|
· Studi membaca dan diskusi untuk memahami
konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan
· Diskusi menyusun rencana penelitian
· Presentasi rencana penelitian
|
· Siswa dapat Menemukan adanya gejala
pertumbuhan dan perkembangan
· Siswa dapat Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Siswa dapat Merumuskan masalah
berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
· Siswa dapat Merumuskan hipotesis dari
rumusan masalah yang sudah dirumuskan
· Siswa dapat Merumuskan variabel
penelitian untuk menguji hipotesis
· Siswa dapat Menyusun unit-unit
penelitian
· Siswa dapat Membuat tabel pengamatan
· Siswa dapat Menyususun rencana
penelitian tertulis
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada
tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap
pertumbuhan tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap
pertumbuhan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang
mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·
Guru
menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1 Pertumbuhan
dan perkembangan pada modul praktikum di rumah.
Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan
1.1.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji
adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan kegiatan
1.2 pada modul praktikum.
·
Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan
di luar jam pelajaran.
·
Guru
menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Siswa
dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·
Guru
mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Masing-masing
kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
·
Siswa
yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan
.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Guru
memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu
kelompok tampil presentasi.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan
rencana penelitian yang sudah disepakati.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
· Alat bantu presentasi
VI.
Penilaian
· Tugas kelompok penyusunan proposal
· Presentasi proposal penelitian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
...........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
4
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu melaksanakan
penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat
hasil, dan menyusun laporan.
|
I.
Indikator
·
Menyiapkan
alat dan bahan
·
Memberikan
perlakuan
·
Mengukur
hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·
Menganalisis
data hasil pengamatan
·
Menyimpulkan
hasil penelitian
·
Menyusun
laporan tertulis hasil penelitian
II.
Materi Ajar
·
Membuat
unit-unit penelitian
·
Memberi
perlakuan
·
Mengukur
kecepatan pertumbuhan
·
Mencatat
hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·
Mengolah
data hasil pengamatan
·
Menarik
kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·
Melaporkan
hasil penelitian
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Pelaksanaan penelitian kelompok di luar
jam pelajaran
|
· Membuat unit-unit penelitian
· Memberi perlakuan
· Mengukur kecepatan pertumbuhan
· Mencatat hasil pengukuran dalam tabel
pengamatan
· Mengolah data hasil pengamatan
· Menarik kesimpulan berdasarkan data yang
diolah
· Melaporkan hasil penelitian
|
· Siswa dapat Menyiapkan alat dan bahan
· Siswa dapat Memberikan perlakuan
· Siswa dapat Mengukur hasil dan mencatat
dalam tabel pengamatan
· Siswa dapat Menganalisis data hasil
pengamatan
· Siswa dapat Menyimpulkan hasil
penelitian
· Siswa dapat Menyusun laporan tertulis
hasil penelitian
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Siswa
dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·
Guru
mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Seluruh
kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua
kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan
belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir
·
Guru
menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan
rencana penelitian yang sudah disepakati.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Tugas
laporan hasil penelitian
Mengetahui,
|
Jakarta,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
5 dan 6
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Tujuan
|
:
|
Siswa dapat
mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.
|
I. Indikator
· Mempresentasikan hasil penelitian secara
lisan
II.
Materi Ajar
· Tehnik presentasi
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Presentasi laporan hasil penelitian oleh
masing-masing kelompok
|
· Menyusun hasil penelitian dalam bentuk
laporan tertulis
· Menyusun laporan penelitian untuk
presentasi
· Mempresentasikan hasil penelitian
|
· Siswa dapat Mempresentasikan hasil
penelitian secara lisan
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·
Guru
mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak
presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.
Pertemuan 5 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah
disepakati.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak
presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
memberikan kesimpulan akhir presentasi.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
· Alat bantu presentasi
VI.
Penilaian
· Presentasi
Mengetahui,
|
Jakarta,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Bologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
7 dan 8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1 Mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan
fungsinya dalam reaksi metabolisme.
2. Siswa
mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
struktur enzim
·
Menguji
kerja enzim dengan enzim
·
Menyimpulkan
prinsip kerja enzim
II. Materi Ajar
·
Struktur
enzim
·
Prinsip
kerja enzim
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen
- Dikusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menguji kerja enzim dengan eksperimen
· Menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim
· Mendeskripsikan prinsip kerja enzim
|
· Membaca buku, mengumpulkan informasi dan diskusi tentang
struktur enzim dan prinsip kerja enzim
· Melakukan eksperimen kerja enzim
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur
enzim
· Siswa dapat Menguji kerja enzim dengan
enzim
· Siswa dapat Menyimpulkan prinsip kerja
enzim
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
·
Guru
menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·
Guru
bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Guru
menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja
enzim.
·
Guru
membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan
menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan 7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh
konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·
Siswa
menyusun laporan hasil praktikum.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·
Siswa
mengumpulkan laporan.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI.
Penilaian
· Laporan hasil
praktikum
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
..........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
9, 10 , 11, dan 12
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2 Mendeskripsikan proses
katabolisme dan anabolisme karbohidrat
|
Tujuan
|
:
|
Siswa dapat membedakan dan
mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
|
I. Indikator
·
Mendefinisikan
pengertian metabolisme
·
Menguji
reaksi respirasi dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap reaksi respirasi
·
Membandingkan
respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·
Menguji
proses fotosintesis dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap reaksi fotosintesis.
II. Materi Ajar
·
Proses
respirasi
·
Tahap-tahap
reaksi respirasi
·
Proses
fotosintesis
·
Tahap-tahap
reaksi fotosintesis
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi-Eksperimen-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuktikan reaksi respirasi
· Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi
respirasi
· Membedakan reaksi respirasi anaerob
dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan
|
· Melakukan diskusi cara membuktikan
reaksi respirasi
· Mendiskusikan tahap-tahap reaksi
respirasi
· Mendiskusikan perbedaan reaksi respirasi
aerob dan anaerob
· Melakukan eksperimen untuk membuktikan
reaksi fotosinteisis
· Mendiskusikan tahap-tahap reaksi
fotosintesis
· Penugasan membuat bagan proses
metabolisme
|
· Siswa dapat Diskusi menunjukkan adanya reaksi respirasi
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
· Siswa dapat Membandingkan respirasi aerob dan anerob
berdasarkan ATP yang dihasilkan
· Siswa dapat Menguji proses fotosintesis dengan
eksperimen
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi
fotosintesis
· Siswa dapat Penugasan membuat bagan metabolisme
|
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
8 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·
Guru
menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan reaksi umum respirasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·
Siswa
menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan proses respirasi
·
Guru
menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi
yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor
elektron.
·
Guru
menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.
Pertemuan
9 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi
merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus
Krebs, dan sistem transpor elektron.
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi
tersebut dalam proses respirasi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·
Berdasarkan
tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat
dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus
Krebs.
·
Berdasarkan
tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat
dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan
hasilnya.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi
fotosintesis adalah glukosa.
Pertemuan 10 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu
respirasi aerob dan anaerob.
·
Siswa
mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat
dari ATP yang dihasilkan.
Pertemuan 11 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium sudah disiapkan
beberapa hari sebelumnya.
·
Siswa
mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.
B. Kegiatan inti (40 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
melakukan kegiatan pengujian daun Geranium
dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (40 menit)
·
Guru
menjelaskan reaksi umum fotosintesis.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi
fotosintesis.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat
berlangsungnya fotosintesis.
Pertemuan 12 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan contoh reaksi
fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·
Guru
mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam
fotosintesis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari dalam reaksi terang fotosintesis dan
hasilnya.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan
glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·
Guru
menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan
Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan
power point.
V. Alat/
Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Laporan hasil praktikum
· Uji kompetensi tertulis
· Bagan proses metabolisme
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
13
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3 Menjelaskan
keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak
dan protein
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu membedakan dan
menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme
lemak dan protein.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
II. Materi Ajar
·
Proses
katabolisme lemak
·
Proses
katabolisme protein
·
Hubungan
proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsikan proses katabolisme lemak
· Mendeskripsikan proses katabolisme
protein
· Mendeskripsikan hubungan katabolisme
karbohidrat, lemak, dan protein
|
· Mendiskusikan hubungan metabolisme
lemak, protein, dan karbohidrat
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak,
protein, dan karbohidrat
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan
katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara
katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme
karbohidrat, protein, dan lemak.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan
protein.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada
metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
14, 15, dan 16
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Menjelaskan konsep
gen, DNA, dan kromosom
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu membedakan dan
menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·
Mendeskripsikan
struktur DNA
·
Mendeskripsikan
proses replikasi DNA
·
Mendeskripsikan
struktur RNA
·
Membedakan
DNA dan RNA
II. Materi Ajar
·
Struktur
sel dan kromosom
·
Hubungan
kromosom, gen, dan DNA
·
Struktur
DNA
·
Replikasi
DNA
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati
gambar
· Mendeskripsikan beberapa eksperimen untuk menemukan struktur penyusun gen
· Menggambar struktur molekul DNA
· Mendeskripsikan eksperimen untuk menemukan struktur 3
dimensi DNA
|
· Membaca buku dan mengumpulkan informasi
untuk membuat peta konsep
· Diskusi hubungan antara kromosom, gen,
dan DNA
· Diskusi struktur DNA dan RNA
· Diskusi replikasi DNA
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom gen,
dan DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses replikasi DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur RNA
· Siswa dapat Membedakan DNA dan RNA
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan)
dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang
membawa sifat gen.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen
tersimpan.
·
Guru
memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan
mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
Pertemuan 15 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·
Guru
menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan
foto sinar X molekul DNA).
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa
nitrogen, dan gugus fosfat).
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga
dimensi DNA oleh Watson dan Crick.
·
Dengan
menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru
mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
·
Dengan
menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA
dan menentukan yang paling benar.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA.
Pertemuan 16 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal
·
Guru
menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
·
Guru
menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan
dengan molekul RNA.
B. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama mendiskusikan struktur RNA.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
17
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2 Menjelaskan hubungan
gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu menjelaskan
hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein.
|
I.
Indikator
·
Menjelaskan
kode genetik (Kodon)
·
Mendeskripsikan
proses sintesis protein
II.
Materi Ajar
·
Kode
genetik
·
Sintesis
protein
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsikan eksperimen untuk
menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip
· Mendeskripsikan proses sintesis protein
|
· Diskusi hubungan antara genotip dan
fenotip
· Diskusi pengaturan kode genetika (kodon)
· Diskusi proses sintesis protein
|
· Siswa dapat Menjelaskan kode genetik (Kodon)
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses sintesis protein
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
I7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
·
Guru
menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
·
Dengan
menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis
protein.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis
protein.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
18, 19, dan 20
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3 Menjelaskan
keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan
sifat
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses
pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat.
2. Siswa mampu menjelaskan proses
gonetogenesis.
|
I. Indikator
·
Menggambar
siklus sel
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·
Mengamati
pembelahan sel
·
Membedakan
pembelahan mitosis dan meiosis
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap pembelahan meiosis.
II. Materi Ajar
·
Siklus
sel
·
Mitosis
·
Meiosis
·
Gemetogenesis
III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggambar tahap-tahap pembelahan sel
berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
berdasarkan gambar sel
· Membedakan pembelahan mitosis dan
meiosis
· Mendeskripsikan proses pembelahan
meiosis.
· Menggamabar tahap-tahap pembelahan
meiosis
|
· Membaca dan mengumpulkan informasi untuk
membuat peta konsep
· Diskusi proses pembelahan sel
· Diskusi proses pembelahan meiosis
· Diskusi gametogenesis
|
· Siswa dapat Menggambar siklus sel
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
· Siswa dapat Mengamati pembelahan sel
· Siswa dapat Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
meiosis
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 18 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·
Guru
menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis
dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·
Dengan
menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1,
S, G2, dan fase mitotik).
·
Dengan
menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase,
anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase
pembelahan mitosis.
Pertemuan 19 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
·
Guru
meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1
(apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan
preparat awetan atau foto mikroskopis).
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·
Siswa
melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·
Siswa
menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menggambar hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan
4.1.
·
Siswa
mengumpulkan hasil kegiatan.
Pertemuan 20 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan
hasilnya.
·
Guru menjelaskan
adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase
meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
·
Guru
menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika
diketahui jumlah kromosomnya.
·
Siswa
mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan
dan sifat kromosomnya.
·
Guru
menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan
pewarisan sifat.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet
(gametogenesis pada hewan).
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajarann Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
21, 22, 23, dan 24
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.4 Menerapkan prinsip
hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami prinsip
hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
|
I. Indikator
·
Menerapkan
pola umum hereditas menurut Mendel
·
Menguji
hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
·
Menerapkan
beberapa pola penurunan sifat
·
Menerapkan
pola-pola hereditas pada manusia.
II. Materi Ajar
·
Hukum
Mendel
·
Pola-pola
hereditas
·
Genetika
manusia
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Memahami proses penemuan hukum Mendel
· Memamahmi berbagai pola hereditas
|
· Diskusi memahami hukum Mendel
· Diskusi berbagai pola-pola hereditas
· Diskusi penerapan genetika pada manusia
· Penugasan kegiatan
|
· Siswa dapat Menerapkan pola umum hereditas menurut
Mendel
· Siswa dapat Menguji hukum Mendel dan model perkawinan
monohigrid dan dihibrid
· Siswa dapat Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
· Siswa dapat Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia
|
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 21 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·
Guru
menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid
pada pada kacang kapri.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
·
Siswa
menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan
dihibrid pada kacang kapri.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross,
Backcross, dan persilangan resiprok.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan
sifat.
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·
Guru
meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan
menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
·
Siswa
melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model
perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·
Siswa
melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan
dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
·
Siswa
menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
·
Siswa
menyusun laporan hasil kegiatan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
·
Siswa
menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil kegiatan.
Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan
monohibrid heterozigot (F2).
·
Guru
menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid
heterozigot (F2).
·
Guru
menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna)
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbendingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa
menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan
yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip keturunannya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex
linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan
sifat.
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan
mudah pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika
manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
·
Guru
memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa
memecahkan permasalahan tersebut.
·
Guru
menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·
Guru
memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa
memecahkan persoalan tersebut.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Bersama
siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
·
Guru
menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian
disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Laporan hasil kegiatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
25 dan 26
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.4 Menjelaskan peristiwa
mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu menjelaskan
perisitwa mutasi.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
pengertian mutasi
·
Mendeskripsikan
berbagai model mutasi gen
·
Mendeskripsikan
berbagai model mutasi kromosom
·
Mengubungkan
mutasi dan evolusi.
II. Materi Ajar
·
Pengertian
mutasi
·
Macam-macam
mutasi:
1. Mutasi
gen
2. Mutasi
kromosom
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-
Penugasan-Simulasi model
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menyusun rangkaian basa nitrogen dan
jenis asam amino yang dihasilkan
· Menentukan jenis perubahan susunan basa
nitogen dan dampaknya
· Mengamati gambar genom manusia
· Menentukan perubahan kromosom dan
dampaknya
|
· Diskusi pengertian mutasi
· Diskusi mutasi gen
· Diskusi mutasi kromosom
· Penugasan menyusun kertas kerja
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian mutasi
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi
kromosom
· Siswa dapat Menghubungkan mutasi dan evolusi
|
IV. Langkah-Langkah pembelajaran
Pertemuan
25 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme
pengaturannya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen
mengalami perubahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat
ditemukan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
·
Dengan
menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan
yang akan terjadi pada mutasi gen.
·
Siswa
untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1
dalam kelompok.
·
Siswa
mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·
Siswa
membuat laporan Kegiatan 6.1.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai
kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.
Pertemuan
26 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat
terjadinya mutasi.
·
Guru
menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.
B. Kegiatan
inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang
mengalami mutasi kromosom.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
·
Guru
menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3 atau diskusi Salingtemas.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Ujian kompetensi tertulis
· Tugas kertas kerja
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1 Menjelaskan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami teori,
prinsip, dan kemanisme evolusi
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·
Mendeskripsikan
teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar
·
Hipotesis
asal usul kehidupan
·
Teori
evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menemukan adanya gejala keanekaragaman
· Menyusun hipotesis asal terbentuknya
keanekaragaman hayati
· Menggambar skema teori evolusi Darwin
· Menghubungkan penemuan hukum hereditas,
substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
|
· Membaca buku untuk menyusun peta konsep
· Diskusi teori keanekaragaman makhluk
hidup
· Diskusi pertentangan teori Abiogenesis
dan Biogenesis
· Diskusi memahami teori evolusi
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang
asal-usul kehidupan
· Siswa dapat Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
27 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan
bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·
Siswa
mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan
biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·
Guru
menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan
mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya
keanekaragaman.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·
Siswa
mendiskusikan mekanisme evolusi menurut
Darwin.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
...................................... 2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2 Mengkomunikaskan hasil
studi evolusi biologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu
mengkomunikasikan hasil studi evolusi.
|
I. Indikator
·
Menujukkkan
bukti-bukti evolusi
·
Mendeskripsikan
ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·
Menerapkan
hukum Handy-Weinberg
II. Materi Ajar
·
Bukti-bukti
yang mendukung evolusi Darwin
·
Teori
evolusi biologi dan kimia
·
Hukum
Hardi-Weinberg
III. Metode pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menjelaskan mekanisme seleksi alam
dengan menggunakan kasus Beston
betularia
· Menjelaskan berbagai bukti evolusi
· Membuat skema percobaan untuk
membuktikan evolusi biologi dan kimia
|
· Diskusi percobaan Harold Urey
· Diskusi hukum Hardy-Weinberg
· Menonton VCD tentang evolusi
|
· Siswa dapat Menujukkan bukti-bukti evolusi
· Siswa dapat Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari
munculnya teori evolusi biologi dan kimia
· Siswa dapat Menerapkan hukum Hardy-Weinberg
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
28 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa teori evolusi.
Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan
eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung
teori tersebut.
·
Guru
menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung teori evolusi, misalnya adanya variasi,
adanya fosil.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi
misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi
embrio.
·
Guru
menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses
spesiasi.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam
misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.
Pertemuan
29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam
populasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme
evolusi dalam populasi.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan
asal-usul kehidupan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak
menonton VCD prokontra evolusi Harun
Yahya).
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
4
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3 Menjelaskan
kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami tentang
kecenderungan baru teori evolusi.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
peranan mutasi bagi proses evolusi
·
Menjelaskan
teori evolusi netral
II. Materi Ajar
·
Mutasi
DNA dan dampaknya
·
Teori
evolusi netral
·
Beberapa
pandangan baru tentang teori evolusi
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
pandangan baru tentang teori evolusi
|
· Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme
seleksi alam
· Diskusi teori evolusi, netral
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses
evolusi
· Siswa dapat Menjelaskan teori evolusi netral
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
30 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah
adanya mutasi.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut
teori darwin.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·
Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang
teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
·
Berbagai
sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
5, 6 dan 7
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar boteknologi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1 Menjelaskan arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi.
|
I.
Indikator
·
Menjelaskan
pengertian bioteknologi
·
Membedakan
bioteknologi tradisional dan modern
·
Menjelaskan
prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·
Membuat
produk bioteknologi tradisional
·
Mengekstraksi
DNA
o
Materi Ajar
·
Pengertian
bioteknologi
·
Perbedaan
bioteknologi tradisional dan modern
·
Rekayasa
genetika
III. Metode pembelajaran
Diskusi-Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan berbagai informasi produk
dan proses bioteknologi tradisional
· Menjelaskan proses rekayasa genetika
dalam bioteknologi
|
· Diskusi pengertian bioteknologi
tradisional dan modern
· Diskusi penerapan rekayasa genetika pada
bioteknologi
· Melakukan kegiatan membuat yogurt dan
ekstroksi DNA
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian bioteknologi
· Siswa dapat Membedakan bioteknologi tradisional dan
modern
· Siswa dapat Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan
hasilnya
· Siswa dapat Membuat produk bioteknologi tradisional
· Siswa dapat Mengekstraksi DNA
|
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru
menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan
proses produksi yang dilakukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan
pengertian bioteknologi
B. Kegiatan awal (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan
ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·
Guru
menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan
bioteknologi.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern
dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan inti (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan
bioteknologi tradisional dan modern.
·
Guru
membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan
menggunakan Kegiatan 8.1.
Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan
8.1.
B. Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·
Guru
mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Siswa
menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·
Siswa
membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·
Guru
meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.
Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan
Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan
yang dibutuhkan.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Siswa
melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat
dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa mengamati hasil eksperimen.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
· Siswa mendiskusikan pertanyaan
dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa menyusun laporan hasil
eksperimen.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
· Siswa
membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
· Siswa
mengumpulkan laporan hasil.
V. Alat/bahan/sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
· Laporan hasil kegiatan
Mengetahui,
|
Jakarta ,
......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar boteknologi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2 Menjelaskan dan
menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada
Salingtemas
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mempu menjelaskan
peran dan hasil-hasil bioteknologi.
|
I. Indikator
·
Mengumpulkan
informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·
Membuat
cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
II.
Materi Ajar
·
Tanaman
transgenik dan dampaknya
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan berbagai metode
bioteknologi modern dan produknya
· Menganalisis berbagai produk
bioteknologi dan dampaknya
|
· Diskusi Salingtemas
· Membuat kliping
|
· Siswa dapat Mengumpulkan informasi berbagai produk
rekayasa genetika dan dampaknya
· Siswa dapat Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru membagi kelas menjadi
beberapa kelompok.
· Guru meminta siswa mempelajari
kasus transgenik pada Salingtemas.
B. Kegiatan iinti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
·
Siswa
mengumpulkan diskusi.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai
tugas di rumah.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
·
Laporan
diskusi Salingtemas
·
Tugas
fiksi ilmiah
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
Isharmanto
|
Semoga bisa bermanfaat
No comments:
Post a Comment