RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
1, 2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu memahami
konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya.
2. Siswa mampu menyusun
rencana penelitian pengaruh faktor
tertentu terhadap pertumbuhan.
|
I.
Indikator
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan
perkembangan
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Merumuskan masalah berdasarkan gejala
pertumbuhan yang ditemukan
· Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang
sudah dirumuskan
· Merumuskan variabel penelitian untuk
menguji hipotesis
· Menyusun unit-unit penelitian
· Membuat tabel pengamatan
· Menyusun rencana penelitian tertulis
II.
Materi Ajar
· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
· Menyusun rencana penelitian
III.
Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melengkapi peta konsep
· Merumuskan pengertian pertumbuhan dan
perkembangan
· Mengumpulkan informasi faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan
· Merumuskan masalah
· Merumuskan hipotesis
· Menyusun variabel penelitian
· Membuat rencana penelitian tertulis
|
· Studi membaca dan diskusi untuk memahami
konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan
· Diskusi menyusun rencana penelitian
· Presentasi rencana penelitian
|
· Siswa dapat Menemukan adanya gejala
pertumbuhan dan perkembangan
· Siswa dapat Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Siswa dapat Merumuskan masalah
berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
· Siswa dapat Merumuskan hipotesis dari
rumusan masalah yang sudah dirumuskan
· Siswa dapat Merumuskan variabel
penelitian untuk menguji hipotesis
· Siswa dapat Menyusun unit-unit
penelitian
· Siswa dapat Membuat tabel pengamatan
· Siswa dapat Menyususun rencana
penelitian tertulis
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada
tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap
pertumbuhan tumbuhan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap
pertumbuhan tumbuhan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang
mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·
Guru
menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1 Pertumbuhan
dan perkembangan pada modul praktikum di rumah.
Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan
1.1.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji
adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan kegiatan
1.2 pada modul praktikum.
·
Siswa
dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan
di luar jam pelajaran.
·
Guru
menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Siswa
dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·
Guru
mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Masing-masing
kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
·
Siswa
yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan
.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Guru
memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu
kelompok tampil presentasi.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan
rencana penelitian yang sudah disepakati.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
· Alat bantu presentasi
VI.
Penilaian
· Tugas kelompok penyusunan proposal
· Presentasi proposal penelitian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
...........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
4
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu melaksanakan
penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat
hasil, dan menyusun laporan.
|
I.
Indikator
·
Menyiapkan
alat dan bahan
·
Memberikan
perlakuan
·
Mengukur
hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·
Menganalisis
data hasil pengamatan
·
Menyimpulkan
hasil penelitian
·
Menyusun
laporan tertulis hasil penelitian
II.
Materi Ajar
·
Membuat
unit-unit penelitian
·
Memberi
perlakuan
·
Mengukur
kecepatan pertumbuhan
·
Mencatat
hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·
Mengolah
data hasil pengamatan
·
Menarik
kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·
Melaporkan
hasil penelitian
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Pelaksanaan penelitian kelompok di luar
jam pelajaran
|
· Membuat unit-unit penelitian
· Memberi perlakuan
· Mengukur kecepatan pertumbuhan
· Mencatat hasil pengukuran dalam tabel
pengamatan
· Mengolah data hasil pengamatan
· Menarik kesimpulan berdasarkan data yang
diolah
· Melaporkan hasil penelitian
|
· Siswa dapat Menyiapkan alat dan bahan
· Siswa dapat Memberikan perlakuan
· Siswa dapat Mengukur hasil dan mencatat
dalam tabel pengamatan
· Siswa dapat Menganalisis data hasil
pengamatan
· Siswa dapat Menyimpulkan hasil
penelitian
· Siswa dapat Menyusun laporan tertulis
hasil penelitian
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Siswa
dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·
Guru
mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Seluruh
kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua
kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan
belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir
·
Guru
menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan
rencana penelitian yang sudah disepakati.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Tugas
laporan hasil penelitian
Mengetahui,
|
Jakarta,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
5 dan 6
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
Tujuan
|
:
|
Siswa dapat
mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.
|
I. Indikator
· Mempresentasikan hasil penelitian secara
lisan
II.
Materi Ajar
· Tehnik presentasi
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Presentasi laporan hasil penelitian oleh
masing-masing kelompok
|
· Menyusun hasil penelitian dalam bentuk
laporan tertulis
· Menyusun laporan penelitian untuk
presentasi
· Mempresentasikan hasil penelitian
|
· Siswa dapat Mempresentasikan hasil
penelitian secara lisan
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·
Guru
mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak
presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.
Pertemuan 5 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah
disepakati.
B. Kegiatan inti (75 menit)
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak
presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
memberikan kesimpulan akhir presentasi.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
· Alat bantu presentasi
VI.
Penilaian
· Presentasi
Mengetahui,
|
Jakarta,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Bologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
7 dan 8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1 Mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan
fungsinya dalam reaksi metabolisme.
2. Siswa
mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
struktur enzim
·
Menguji
kerja enzim dengan enzim
·
Menyimpulkan
prinsip kerja enzim
II. Materi Ajar
·
Struktur
enzim
·
Prinsip
kerja enzim
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen
- Dikusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menguji kerja enzim dengan eksperimen
· Menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim
· Mendeskripsikan prinsip kerja enzim
|
· Membaca buku, mengumpulkan informasi dan diskusi tentang
struktur enzim dan prinsip kerja enzim
· Melakukan eksperimen kerja enzim
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur
enzim
· Siswa dapat Menguji kerja enzim dengan
enzim
· Siswa dapat Menyimpulkan prinsip kerja
enzim
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
·
Guru
menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·
Guru
bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Guru
menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja
enzim.
·
Guru
membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan
menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan 7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh
konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·
Siswa
menyusun laporan hasil praktikum.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·
Siswa
mengumpulkan laporan.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI.
Penilaian
· Laporan hasil
praktikum
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
..........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
9, 10 , 11, dan 12
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2 Mendeskripsikan proses
katabolisme dan anabolisme karbohidrat
|
Tujuan
|
:
|
Siswa dapat membedakan dan
mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.
|
I. Indikator
·
Mendefinisikan
pengertian metabolisme
·
Menguji
reaksi respirasi dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap reaksi respirasi
·
Membandingkan
respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·
Menguji
proses fotosintesis dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap reaksi fotosintesis.
II. Materi Ajar
·
Proses
respirasi
·
Tahap-tahap
reaksi respirasi
·
Proses
fotosintesis
·
Tahap-tahap
reaksi fotosintesis
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi-Eksperimen-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuktikan reaksi respirasi
· Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi
respirasi
· Membedakan reaksi respirasi anaerob
dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan
|
· Melakukan diskusi cara membuktikan
reaksi respirasi
· Mendiskusikan tahap-tahap reaksi
respirasi
· Mendiskusikan perbedaan reaksi respirasi
aerob dan anaerob
· Melakukan eksperimen untuk membuktikan
reaksi fotosinteisis
· Mendiskusikan tahap-tahap reaksi
fotosintesis
· Penugasan membuat bagan proses
metabolisme
|
· Siswa dapat Diskusi menunjukkan adanya reaksi respirasi
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
· Siswa dapat Membandingkan respirasi aerob dan anerob
berdasarkan ATP yang dihasilkan
· Siswa dapat Menguji proses fotosintesis dengan
eksperimen
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi
fotosintesis
· Siswa dapat Penugasan membuat bagan metabolisme
|
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
8 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·
Guru
menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan reaksi umum respirasi
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·
Siswa
menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan proses respirasi
·
Guru
menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi
yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor
elektron.
·
Guru
menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.
Pertemuan
9 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi
merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus
Krebs, dan sistem transpor elektron.
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi
tersebut dalam proses respirasi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·
Berdasarkan
tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat
dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus
Krebs.
·
Berdasarkan
tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat
dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan
hasilnya.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi
fotosintesis adalah glukosa.
Pertemuan 10 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu
respirasi aerob dan anaerob.
·
Siswa
mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.
B. Kegiatan inti (50 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat
dari ATP yang dihasilkan.
Pertemuan 11 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium sudah disiapkan
beberapa hari sebelumnya.
·
Siswa
mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.
B. Kegiatan inti (40 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
melakukan kegiatan pengujian daun Geranium
dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mencatat hasil pengamatan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (40 menit)
·
Guru
menjelaskan reaksi umum fotosintesis.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi
fotosintesis.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat
berlangsungnya fotosintesis.
Pertemuan 12 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan contoh reaksi
fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·
Guru
mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam
fotosintesis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari dalam reaksi terang fotosintesis dan
hasilnya.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan
glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·
Guru
menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan
Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan
power point.
V. Alat/
Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Laporan hasil praktikum
· Uji kompetensi tertulis
· Bagan proses metabolisme
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
13
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3 Menjelaskan
keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak
dan protein
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu membedakan dan
menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme
lemak dan protein.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
II. Materi Ajar
·
Proses
katabolisme lemak
·
Proses
katabolisme protein
·
Hubungan
proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsikan proses katabolisme lemak
· Mendeskripsikan proses katabolisme
protein
· Mendeskripsikan hubungan katabolisme
karbohidrat, lemak, dan protein
|
· Mendiskusikan hubungan metabolisme
lemak, protein, dan karbohidrat
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak,
protein, dan karbohidrat
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan
katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara
katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme
karbohidrat, protein, dan lemak.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan
protein.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada
metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
14, 15, dan 16
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Menjelaskan konsep
gen, DNA, dan kromosom
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu membedakan dan
menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·
Mendeskripsikan
struktur DNA
·
Mendeskripsikan
proses replikasi DNA
·
Mendeskripsikan
struktur RNA
·
Membedakan
DNA dan RNA
II. Materi Ajar
·
Struktur
sel dan kromosom
·
Hubungan
kromosom, gen, dan DNA
·
Struktur
DNA
·
Replikasi
DNA
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati
gambar
· Mendeskripsikan beberapa eksperimen untuk menemukan struktur penyusun gen
· Menggambar struktur molekul DNA
· Mendeskripsikan eksperimen untuk menemukan struktur 3
dimensi DNA
|
· Membaca buku dan mengumpulkan informasi
untuk membuat peta konsep
· Diskusi hubungan antara kromosom, gen,
dan DNA
· Diskusi struktur DNA dan RNA
· Diskusi replikasi DNA
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom gen,
dan DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses replikasi DNA
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur RNA
· Siswa dapat Membedakan DNA dan RNA
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan)
dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang
membawa sifat gen.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen
tersimpan.
·
Guru
memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan
mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
Pertemuan 15 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·
Guru
menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan
foto sinar X molekul DNA).
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa
nitrogen, dan gugus fosfat).
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga
dimensi DNA oleh Watson dan Crick.
·
Dengan
menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru
mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
·
Dengan
menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA
dan menentukan yang paling benar.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA.
Pertemuan 16 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal
·
Guru
menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
·
Guru
menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan
dengan molekul RNA.
B. Kegiatan inti
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama mendiskusikan struktur RNA.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
17
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2 Menjelaskan hubungan
gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu menjelaskan
hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein.
|
I.
Indikator
·
Menjelaskan
kode genetik (Kodon)
·
Mendeskripsikan
proses sintesis protein
II.
Materi Ajar
·
Kode
genetik
·
Sintesis
protein
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mendeskripsikan eksperimen untuk
menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip
· Mendeskripsikan proses sintesis protein
|
· Diskusi hubungan antara genotip dan
fenotip
· Diskusi pengaturan kode genetika (kodon)
· Diskusi proses sintesis protein
|
· Siswa dapat Menjelaskan kode genetik (Kodon)
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses sintesis protein
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
I7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
·
Guru
menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
·
Dengan
menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis
protein.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis
protein.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI.
Penilaian
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
18, 19, dan 20
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3 Menjelaskan
keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan
sifat
|
Tujuan
|
:
|
1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses
pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat.
2. Siswa mampu menjelaskan proses
gonetogenesis.
|
I. Indikator
·
Menggambar
siklus sel
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·
Mengamati
pembelahan sel
·
Membedakan
pembelahan mitosis dan meiosis
·
Mendeskripsikan
tahap-tahap pembelahan meiosis.
II. Materi Ajar
·
Siklus
sel
·
Mitosis
·
Meiosis
·
Gemetogenesis
III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggambar tahap-tahap pembelahan sel
berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
berdasarkan gambar sel
· Membedakan pembelahan mitosis dan
meiosis
· Mendeskripsikan proses pembelahan
meiosis.
· Menggamabar tahap-tahap pembelahan
meiosis
|
· Membaca dan mengumpulkan informasi untuk
membuat peta konsep
· Diskusi proses pembelahan sel
· Diskusi proses pembelahan meiosis
· Diskusi gametogenesis
|
· Siswa dapat Menggambar siklus sel
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
· Siswa dapat Mengamati pembelahan sel
· Siswa dapat Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
· Siswa dapat Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan
meiosis
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 18 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·
Guru
menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis
dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·
Dengan
menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1,
S, G2, dan fase mitotik).
·
Dengan
menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase,
anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase
pembelahan mitosis.
Pertemuan 19 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
·
Guru
meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1
(apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan
preparat awetan atau foto mikroskopis).
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·
Siswa
melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·
Siswa
menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menggambar hasil pengamatan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan
4.1.
·
Siswa
mengumpulkan hasil kegiatan.
Pertemuan 20 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan
hasilnya.
·
Guru menjelaskan
adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase
meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
·
Guru
menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika
diketahui jumlah kromosomnya.
·
Siswa
mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan
dan sifat kromosomnya.
·
Guru
menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan
pewarisan sifat.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet
(gametogenesis pada hewan).
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
·
Laporan
hasil pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajarann Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
21, 22, 23, dan 24
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.4 Menerapkan prinsip
hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami prinsip
hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
|
I. Indikator
·
Menerapkan
pola umum hereditas menurut Mendel
·
Menguji
hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
·
Menerapkan
beberapa pola penurunan sifat
·
Menerapkan
pola-pola hereditas pada manusia.
II. Materi Ajar
·
Hukum
Mendel
·
Pola-pola
hereditas
·
Genetika
manusia
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Memahami proses penemuan hukum Mendel
· Memamahmi berbagai pola hereditas
|
· Diskusi memahami hukum Mendel
· Diskusi berbagai pola-pola hereditas
· Diskusi penerapan genetika pada manusia
· Penugasan kegiatan
|
· Siswa dapat Menerapkan pola umum hereditas menurut
Mendel
· Siswa dapat Menguji hukum Mendel dan model perkawinan
monohigrid dan dihibrid
· Siswa dapat Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
· Siswa dapat Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia
|
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 21 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·
Guru
menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid
pada pada kacang kapri.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
·
Siswa
menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·
Siswa
menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan
dihibrid pada kacang kapri.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross,
Backcross, dan persilangan resiprok.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan
sifat.
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·
Guru
meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan
menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
·
Siswa
melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model
perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·
Siswa
melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan
dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
·
Siswa
menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
·
Siswa
menyusun laporan hasil kegiatan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
·
Siswa
menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil kegiatan.
Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan
monohibrid heterozigot (F2).
·
Guru
menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid
heterozigot (F2).
·
Guru
menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.
B. Kegiatan inti (75 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna)
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbendingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa
menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan
yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip keturunannya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru
memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex
linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan
perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan
perbandingan yang dihasilkan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan
sifat.
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru
menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan
mudah pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika
manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
·
Guru
memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa
memecahkan permasalahan tersebut.
·
Guru
menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·
Guru
memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa
memecahkan persoalan tersebut.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Bersama
siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
·
Guru
menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian
disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Laporan hasil kegiatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 1
|
Pertemuan
|
:
|
25 dan 26
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling
temas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.4 Menjelaskan peristiwa
mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu menjelaskan
perisitwa mutasi.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
pengertian mutasi
·
Mendeskripsikan
berbagai model mutasi gen
·
Mendeskripsikan
berbagai model mutasi kromosom
·
Mengubungkan
mutasi dan evolusi.
II. Materi Ajar
·
Pengertian
mutasi
·
Macam-macam
mutasi:
1. Mutasi
gen
2. Mutasi
kromosom
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-
Penugasan-Simulasi model
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menyusun rangkaian basa nitrogen dan
jenis asam amino yang dihasilkan
· Menentukan jenis perubahan susunan basa
nitogen dan dampaknya
· Mengamati gambar genom manusia
· Menentukan perubahan kromosom dan
dampaknya
|
· Diskusi pengertian mutasi
· Diskusi mutasi gen
· Diskusi mutasi kromosom
· Penugasan menyusun kertas kerja
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian mutasi
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai model mutasi
kromosom
· Siswa dapat Menghubungkan mutasi dan evolusi
|
IV. Langkah-Langkah pembelajaran
Pertemuan
25 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme
pengaturannya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen
mengalami perubahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat
ditemukan.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
·
Dengan
menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan
yang akan terjadi pada mutasi gen.
·
Siswa
untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1
dalam kelompok.
·
Siswa
mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·
Siswa
membuat laporan Kegiatan 6.1.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai
kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.
Pertemuan
26 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat
terjadinya mutasi.
·
Guru
menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.
B. Kegiatan
inti (75 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang
mengalami mutasi kromosom.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
·
Guru
menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3 atau diskusi Salingtemas.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Ujian kompetensi tertulis
· Tugas kertas kerja
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.1 Menjelaskan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami teori,
prinsip, dan kemanisme evolusi
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·
Mendeskripsikan
teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar
·
Hipotesis
asal usul kehidupan
·
Teori
evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menemukan adanya gejala keanekaragaman
· Menyusun hipotesis asal terbentuknya
keanekaragaman hayati
· Menggambar skema teori evolusi Darwin
· Menghubungkan penemuan hukum hereditas,
substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
|
· Membaca buku untuk menyusun peta konsep
· Diskusi teori keanekaragaman makhluk
hidup
· Diskusi pertentangan teori Abiogenesis
dan Biogenesis
· Diskusi memahami teori evolusi
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang
asal-usul kehidupan
· Siswa dapat Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
27 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan
bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·
Siswa
mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan
biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·
Guru
menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan
mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya
keanekaragaman.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·
Siswa
mendiskusikan mekanisme evolusi menurut
Darwin.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
...................................... 2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.2 Mengkomunikaskan hasil
studi evolusi biologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mampu
mengkomunikasikan hasil studi evolusi.
|
I. Indikator
·
Menujukkkan
bukti-bukti evolusi
·
Mendeskripsikan
ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·
Menerapkan
hukum Handy-Weinberg
II. Materi Ajar
·
Bukti-bukti
yang mendukung evolusi Darwin
·
Teori
evolusi biologi dan kimia
·
Hukum
Hardi-Weinberg
III. Metode pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menjelaskan mekanisme seleksi alam
dengan menggunakan kasus Beston
betularia
· Menjelaskan berbagai bukti evolusi
· Membuat skema percobaan untuk
membuktikan evolusi biologi dan kimia
|
· Diskusi percobaan Harold Urey
· Diskusi hukum Hardy-Weinberg
· Menonton VCD tentang evolusi
|
· Siswa dapat Menujukkan bukti-bukti evolusi
· Siswa dapat Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari
munculnya teori evolusi biologi dan kimia
· Siswa dapat Menerapkan hukum Hardy-Weinberg
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
28 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa teori evolusi.
Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan
eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung
teori tersebut.
·
Guru
menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung teori evolusi, misalnya adanya variasi,
adanya fosil.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi
misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi
embrio.
·
Guru
menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses
spesiasi.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam
misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.
Pertemuan
29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam
populasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme
evolusi dalam populasi.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan
asal-usul kehidupan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak
menonton VCD prokontra evolusi Harun
Yahya).
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
4
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.3 Menjelaskan
kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami tentang
kecenderungan baru teori evolusi.
|
I. Indikator
·
Mendeskripsikan
peranan mutasi bagi proses evolusi
·
Menjelaskan
teori evolusi netral
II. Materi Ajar
·
Mutasi
DNA dan dampaknya
·
Teori
evolusi netral
·
Beberapa
pandangan baru tentang teori evolusi
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
pandangan baru tentang teori evolusi
|
· Diskusi pengaruh mutasi pada mekanisme
seleksi alam
· Diskusi teori evolusi, netral
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses
evolusi
· Siswa dapat Menjelaskan teori evolusi netral
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
30 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah
adanya mutasi.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut
teori darwin.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·
Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang
teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII,http://biologigonz.blogspot.com/
·
Berbagai
sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui,
|
Jakarta ,
.........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
5, 6 dan 7
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar boteknologi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1 Menjelaskan arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
|
Tujuan
|
:
|
Siswa memahami arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi.
|
I.
Indikator
·
Menjelaskan
pengertian bioteknologi
·
Membedakan
bioteknologi tradisional dan modern
·
Menjelaskan
prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·
Membuat
produk bioteknologi tradisional
·
Mengekstraksi
DNA
o
Materi Ajar
·
Pengertian
bioteknologi
·
Perbedaan
bioteknologi tradisional dan modern
·
Rekayasa
genetika
III. Metode pembelajaran
Diskusi-Eksperimen
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan berbagai informasi produk
dan proses bioteknologi tradisional
· Menjelaskan proses rekayasa genetika
dalam bioteknologi
|
· Diskusi pengertian bioteknologi
tradisional dan modern
· Diskusi penerapan rekayasa genetika pada
bioteknologi
· Melakukan kegiatan membuat yogurt dan
ekstroksi DNA
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian bioteknologi
· Siswa dapat Membedakan bioteknologi tradisional dan
modern
· Siswa dapat Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan
hasilnya
· Siswa dapat Membuat produk bioteknologi tradisional
· Siswa dapat Mengekstraksi DNA
|
IV. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru
menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan
proses produksi yang dilakukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan
pengertian bioteknologi
B. Kegiatan awal (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan
ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·
Guru
menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan
bioteknologi.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern
dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan inti (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan
bioteknologi tradisional dan modern.
·
Guru
membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan
menggunakan Kegiatan 8.1.
Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan
8.1.
B. Kegiatan inti (50 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·
Guru
mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (30 menit)
·
Siswa
menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·
Siswa
membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·
Guru
meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.
Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan
Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan
yang dibutuhkan.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Siswa
melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat
dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa mengamati hasil eksperimen.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
· Siswa mendiskusikan pertanyaan
dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa menyusun laporan hasil
eksperimen.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
· Siswa
membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
· Siswa
mengumpulkan laporan hasil.
V. Alat/bahan/sumber
·
Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
· Laporan hasil kegiatan
Mengetahui,
|
Jakarta ,
......................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII (Duabelas)/ 2
|
Pertemuan
|
:
|
8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 jam
pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar boteknologi
serta implikasinya pada salingtemas
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.2 Menjelaskan dan
menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada
Salingtemas
|
Tujuan
|
:
|
Siswa mempu menjelaskan
peran dan hasil-hasil bioteknologi.
|
I. Indikator
·
Mengumpulkan
informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·
Membuat
cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
II.
Materi Ajar
·
Tanaman
transgenik dan dampaknya
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengumpulkan berbagai metode
bioteknologi modern dan produknya
· Menganalisis berbagai produk
bioteknologi dan dampaknya
|
· Diskusi Salingtemas
· Membuat kliping
|
· Siswa dapat Mengumpulkan informasi berbagai produk
rekayasa genetika dan dampaknya
· Siswa dapat Membuat imajinasi tentang rekayasa genetika
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru membagi kelas menjadi
beberapa kelompok.
· Guru meminta siswa mempelajari
kasus transgenik pada Salingtemas.
B. Kegiatan iinti (60 menit)
“ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
“ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
·
Siswa
mengumpulkan diskusi.
“ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai
tugas di rumah.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, http://biologigonz.blogspot.com/
VI. Penilaian
·
Laporan
diskusi Salingtemas
·
Tugas
fiksi ilmiah
Mengetahui,
|
Jakarta,
........................2014
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran Biologi
|
Isharmanto
|
Semoga bisa bermanfaat
No comments:
Post a Comment