Sunday, October 28, 2012

KODOGEN TO KODON


  • Transkripsi merupakan pembentukan/sintesis RNA dari salah satu rantai DNA, sehingga terjadi proses pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA. 
  • Pemindahan kode geneteik dari Kodogen DNA ke Kodon m RNA
  • Fungsi ini disebut fungsi heterokatalis DNA karena DNA mampu mensintesis senyawa lain yaitu RNA. 
  • Sebuah rantai DNA digunakan untuk mencetak rantai tunggal mRNA dengan bantuan enzim polimerase. 
  • Enzim tersebut menempel pada kodon permulaan, umumnya adalah kodon untuk asam amino metionin. 
  • Pertama-tama, ikatan hidrogen di bagian DNA yang disalin terbuka. Akibatnya, dua utas DNA berpisah. 
  • Salah satu polinukleotida berfungsi sebagai pencetak atau sense, yang lain sebagai gen atau antisense. 
  • Misalnya pencetak memiliki urutan basa G-A-G-A-C-T, dan yang berfungsi sebagai gen memiliki urutan basa komplemen C-T-C-T-G-A. 
  • Karena pencetaknya G-A-G-A-C-T, maka RNA hasil cetakannya C-U-C-U-G-A. Jadi, RNA C-U-C-U-G-A merupakan hasil kopian dari DNA C-T-C-T-G-A (gen), dan merupakan komplemen dari pencetak.
  • Transkripsi DNA akan menghasilkan mRNA (messenger RNA). 
  • Pada organisme eukariot, mRNA yang dihasilkan itu tidak langsung dapat berfungsi dalam sintesis polipeptida, sebab masih mengandung segmen-segmen yang tidak berfungsi yang disebut intron. 
  • Sedangkan segmen-segmen yang berfungsi untuk sintesis protein disebut ekson. 
  • Di dalam nukleus terjadi pematangan/pemasakan mRNA yaitu dengan jalan melepaskan segmen-segmen intron dan merangkaikan segmen-segmen ekson. 
  • Gabungan segmen-segmen ekson membentuk satu rantai/utas mRNA yang mengandung sejumlah kodon untuk penyusunan polipeptida. 
  • Rantai mRNA ini dikenal sebagai sistron.


Gb. Proses pematangan mRNA dengan membuang bagian  intron

  • Proses transkripsi ini terjadi di dalam inti sel (nukleus). 
  • DNA tetap berada di dalam nukleus, sedangkan hasil transkripsinya dikeluarkan dari nukleus menuju sitoplasma dan melekat pada ribosom. 
  • Ini dimaksudkan agar gen asli tetap terlindung, sementara hasil kopinya ditugaskan untuk melaksanakan pesan-pesan yang dikandungnya. 
  • Jika RNA rusak, akan segera diganti dengan hasil kopian yang baru

Transkripsi pemindahan kode genetik DNA ke RNA m ini melalui tiga langkah yaitu 

1.   Inisiasi (permulaan)
  • Daerah DNA di mana RNA polimerase melekat dan mengawali transkripsi disebut sebagai promoter. Suatu promoter menentukan di mana transkripsi dimulai, juga menentukan yang mana dari kedua untai heliks DNA yang digunakan sebagai cetakan.

2.   Elongasi (pemanjangan)
  • Saat RNA bergerak di sepanjang DNA, RNA membuka untaian heliks ganda DNA dengan bantuan enzim polimerase, sehingga terbentuklah molekul RNA yang akan lepas dari cetakan DNA-nya.

3.  Terminasi (pengakhiran)
  • Transkripsi berlangsung sampai RNA polimerase mentranskripsi urutan DNA yang disebut terminator. Terminator yang ditranskripsi merupakan suatu urutan RNA yang berfungsi sebagai kodon terminasi (kode stop) yang sesungguhnya. Pada sel prokariotik, transkripsi biasanya berhenti tepat pada akhir kodon terminasi, yaitu ketika polimerase mencapai titik terminasi sambil melepas RNA dan DNA. Sebaliknya, pada sel eukariotik polimerase terus melewati sinyal terminasi, suatu urutan AAUAAA di dalam mRNA. Pada titik yang jauh kira-kira 10 hingga 35 nukleotida, mRNA ini dipotong hingga terlepas dari enzim tersebut.
DETAIL TRANSKRIPSI SEL PROKARYOTIK DAN EUKARYOTIK

  • Selain mekanisme dasar yg hampir sama, pada eukariot dan prokariot keduanya memiliki prinsip sama pada proses transkripsinya:
  • Prekursor untuk sintesis RNA ada 4 macam: 5′-trifosfat 

  1. ATP
  2. GTP
  3. CTP
  4. UTP ( g ada thymine pada RNA)

  • Reaksi polimerisasi atau pemanjangan RNA sama dengan replikasi DNA yaitu dengan arah 5′ -> 3′ (5 ' ke 3')\
  • Urutan nukleotida RNA hasil sintesis ditentukan oleh urutan DNA template ( Dna Sense)
  • Untai DNA yang berperan sebagai cetakan hanya salah satu untai
  • Dan produk hasil transkripsi berupa RNA untai tunggal

Transkripsi pada Prokariot
  • Salah satu ciri dari prokariot adalah adanya struktur operon. 
  • Operon adalah organisasi dari beberapa gen yang ekspresinya dikendalikan oleh satu promotor. 
  • Misal operon lac, pada metabolisme laktosa pada bakteri E.coli
  • Pada waktu ditranskripsi operon lac akan menghasilkan satu mRNA yang membawa kode2 genetik untuk polipeptida berbeda yang disebut dengan mRNA polisistronik.


  • Sesuai gambar di atas, pada operon lac punya 3 gen struktural yaitu lac Z, lac Y dan lac A. 
  • Lac lac ini secara umum untuk proses metabolisme lactosa sendiri ( membentuk energi ) secara detail terdiri dari Transferase , galaktosidase dan Permease. Nama -nama itu berarti transfer: membentuk suatu protein yang berperan mentranslokasikan laktosa ke dalam sel, galaktosidase itu adalah suatu kelas enzim untuk memecah laktosa yang ada di dalam sel, dsb....
  • Masing2 dari gen itu punya start codon dan stop codon sendiri2 namun ekspresinya tetep dikendalikan  oleh operon yg sama. 
  • Kemudian waktu ditranskripsi hasilnya 1 mRNA yg membawa kodon kodon 
  • Yang kodon itu membentuk 3 macam polipeptida yg beda. 
  • Setelah itu dilanjutkan dengan translasinya 
  • Prosesnya bagaimana ? nanti yanng pasti akan jadi 3 polipeptida yang independen Description: :D

Struktur Gen Prokariot

  • Pada prokariot gennya secara umum tersusun atas promotor, bagian struktural, dan terminator

Promotor

  • Promotor adalah urutan DNA spesifik yang berperan dalam mengendalaikan transkripsi gen struktural dan terletak di daerah upstream (hulu) dari bagian struktural gen.
  • Fungsi promotor? 
  • Sebagai tempat awal pelekatan enzim RNA polimerase yang nantinya melakukan transkripsi pada bagian struktural
  • Pada prokariot bagian penting promotornya disebut sebagai Pribnow box pada urutan nukleotida -10 dan -35. 
  • Biasanya berupa TATA box.
Apa fungsi dari pribnow box
  • Pribnow box merupakan daerah tempat pembukaan heliks DNA untuk membentuk kompleks promotor terbuka. 
  • Jadi di TATA box itulah DNA dipisahkan dan kalau di luar TATA box helix DNA nya tetep berikatan
  • Intinya tatabox berfungsi sebagai sekuens agar trankripsi dimulai pada lokasi yang spesifik yakni melalui bantuan sigma factor....


Operator
  • Operator merupakan urutan nukelotida yang terletak di antara promotor dan bagian struktural dan merupakan tempat pelekatan protein represor (penekan atau penghambat ekspresi gen). 
  • Jika ada represor yang melekat di operator maka RNA polimerase g bisa jalan trus ekspresi gen tidak bisa berlangsung.
  • Pada gambar di atas operator disimbolkan dengan warna ungu yg berada di antara promotor (merah) dan structural gene (hijau).
  • Selain adanya supresor ada juga yg namanya enhancer. 
  • Supresor untuk menghambat 
  • Enhancer kebalikannya, Enhancer justru meningkatkan transkripsi dengan meningkatkan jumlah RNA polimerase. 
  • Namun letaknya tidak pada lokasi yang spesifik seperti operator
  • Ada yang jauh di upstreamatau bahkan downstream dari titik awal transkripsi.

Coding Region
  • Gen struktural merupakan bagian yang mengkode urutan nukleotida RNA. 
  • Transkripsi dimulai dari sekuens inisiasi transkripsi (ATG) sampai kodon stop (TAA / TGA / TAG).
  • Pada prokariot tidak ada sekuens intron (yg tidak dapat diekspresikan) sehingga semuanya berupa ekson. 
  • Namun kadang pada archaebacteria dan bakteriofag ada yg memiliki intron.

Terminator
  • Dicirkan dengan struktur jepit rambut / hairpin dan lengkungan yang kaya yang akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi.

RNA Polimerase
  • RNA polimerase merupakan enzim yang mengkatalisis proses transkripsi. 
  • Jika susunannya lengkap misalnya α2ββ’σ disebut holoenzim. 
  • Sedang jika g ada σ cuma α2ββ’ disebut core-enzyme.

Fungsi subunit2 itu:
α = diduga berfungsi dalam penyusunan enzim
β = berfungsi dalam pengikatan nukleotida
β’ = berfungsi dalam penempelan DNA
σ = berfungsi untuk mengarahkan agar RNA polimerase menempel pada promotor.

Mekanisme Transkripsi
Inisiasi
  • Pembentukan kompleks promoter tertutup
  • RNA polimerase menuju ke promoter atas bantuan faktor σ. 
  • Jika diibaratkan pesawat, sigma itu antenanya
  • Kemudian promotor itu bandaranya. Kan pesawat selalu mendarat di bandara, dibantu ama signal.

Pembentukan kompleks promoter terbuka
  • Bagian DNA yang berikatan dengan RNA polimerase membentuk struktur gelembung transkripsi (transcription bubble) yang stabil.
  • Penggabungan beberapa nukleotida awal
  • Dalam transkripsi nukleotida RNA digabung hingga membentuk transkrip RNA. 
  • Awal nya  basa2 RNA yang digabung membentuk ikatan hidrogen dengan basa DNA cetakan
  • Pelepasan subunit σ dan perubahan konformasi holoenzim jadi core enzyme
  • Setelah inisiasi terjadi, subunit σ terlepas dari enzim inti dan dapat digunakan oleh enzim inti RNA polimerase lain.

Elongasi
  • Dalam elongasi, nukleotida ditambahkan secara kovalen pada ujung 3′ molekul RNA yg baru terbentuk (RNA baru terbentuk dgn arah 5′ -> 3′) yang menggunakan ikatan fosfodiester. 
  • Nukleotida RNA yg ditambahkan bersifat komplementer dgn nukleotida untai DNA cetakan.

Terminasi
Penghentian transkripsi atau terminator ada 2:
  1. Rho-independent
  2. Rho-dependent
Rho-independent 
  • Yaitu terminasi ditentukan urutan nukleotida.  
  • DIcirikan struktur jepit rambut / hairpin yang kaya akan basa GC. 
  • Mekanisme pemisahan? 
  • Akibat struktur itu, RNA polimerase ntr berhenti dan meruka bagian dari sambungan (hibrid) DNA-RNA.
  • Kemudian sisa hibridnya merupakan urutan oligo U (rU) yg tidak cukup stabil berpasangan dengan A (dA) -> ikatan hidrogen cuma 2. 
  • Akibatnya Lepasnya ikatan lemah tersebut dan RNA hasil transkripsi lepas Description: :)
Rho-dependent 
  • yaitu terminasi memerlukan protein rho. 
  • Faktor rho terikat pada RNA transkrip kemudian ngikut RNA polimerase sampe ke daerah terminator. 
  • Kemudian faktor rho membuat destabilisasi ikatan RNA-DNA hingga RNA terlepas

Transkripsi pada Eukariot

Struktur gen
  • Secara umum hampir sama ama prokariot ada promotor, bagian struktural dan terminator. Yg beda pada bagian strukturalnya

Bagian struktural pada eukariot
  • Kenapa bagian struktural/coding region nya beda? 
  • karena jika pada sel eukariot ada bagian intron dan ekson.

Intron (intervening sequences
  • Merupakan sekuens yg tidak mengkode asam amino. 
  • Jika pada gambar yang warnanya biru muda agak hijau 
  • Bagian ini akan dibuang saat pematangan RNA . OK

Ekson 
  • Sekuens yg nantinya dikode jd asam amino. 
  • Pada gambar warnanya merah

Mekanisme Transkripsi
  • Pada sel eukariot RNA polimerasenya beda2 ada RNA polimerase I, II dan III. 
  • Dan penggunaannya dalam sintesis molekul beda.
  • Sebelum RNA polimerase nempel di promotor, ada faktor transkripsi yang bantu ng-guide si RNA polimerase. 
  • Jika pada RNA polimerase I guidenya SL1 dan UBF
  • Pada RNA polimerase II dibantu ama TFIIA, TFIIB, TFIID, TFIIE, TFIIF, TFIIH dan TFIIJ (banyak banget ==”).
  • Sedang RNA polimerase III dipandu ama TFIIIA, TFIIIB, TFIIIC ama protein TBP.
  • Faktor TBP merupakan protein yang diperlukan jika gen2 g punya TATA box.
  • Kemudian setelah si RNA polimerase dibantu oleh faktor transkripsi (TF) ke TATA box baru terjadi proses elongasi dan berhenti sampai ketemu terminator. OK

Proses pasca-transkripsi
  • Dengan adanya intron pada eukariot, makanya mRNA yg dihasilkan g bisa langsung dikeluarin ke sitosol untuk ditranslasi namun harus diolah dulu. 
Caranya terus bagaimana ?
  1. Splicing
  2. poly\iadeilasi
  3. Capping

Splicing
  • Merupakan proses pembuangan intron dan penyambungan ekson. 
  • Awalnya RNA hasil transkripsi pd eukariot disebut pre-mRNA karena masih ada intronnya. 
  • kemudian intron akan dipotong dan ekson2 disambung menjadi mRNA matang (mature mRNA).  
  • Intron dipotong pake spliceosome. lalu penyambungan ekson2 menggunakan enzim ligase.

Poliadenilasi
  • Merupakan proses penambahan poliA (rantai AMP) pada ujung 3′ nukleotida mRNA. 
  • Fungsinya? untuk meningkatkan stabilitas mRNA dan meningkatkan efisiensi translasinya.

Capping
  • Penambahan tudung mRNA berupa molekul 7-metilguanosin. 
Fungsinya Capping adalah :
  1. Melindungi mRNA dari degradasi
  2. Meningkatkan efisiensi translasi mRNA
  3. Meningkatkan pengangkutan mRNA dari nukelus ke sitoplasma
  4. Meningkatkan efisiensi proses splicing\

Saturday, October 27, 2012

TRANSLATE t RNA DARI m RNA


Translasi adalah proses penerjemahan kode genetik oleh tRNA dari mRNA ke dalam urutan asam amino.
Proses Translasiini dibagi dalam  tiga tahap (sama seperti pada transkripsi) yaitu
1.       Inisiasi
2.       Elongasi
3.       Terminasi
Semua tahapan ini memerlukan faktor-faktor protein dalam bentuk enzim yang membantu mRNA, tRNA, dan ribosom selama proses translasi Inisiasi dan elongasi rantai polipeptida juga membutuhkan sejumlah energi. Energi ini disediakan oleh GTP (guanosin triphosphat), suatu molekul yang mirip dengan ATP.

Inisiasi
  • Tahap inisiasi terjadi karena adanya tiga komponen yaitu mRNA, sebuah tRNA yang memuat asam amino pertama dari polipeptida, dan dua sub unit ribosom.
  • mRNA yang keluar dari nukleus menuju sitoplasma didatangi oleh ribosom, kemudian mRNA masuk ke dalam “celah” ribosom.
  • Ketika mRNA masuk ke ribosom, ribosom “membaca” kodon yang masuk.
  • Pembacaan dilakukan untuk setiap 3 urutan basa hingga selesai seluruhnya.
  • Sebagai catatan ribosom yang datang untuk mebaca kodon biasanya tidak hanya satu, melainkan beberapa ribosom yang dikenal sebagai polisom membentuk rangkaian mirip tusuk sate
  • Artinya tusuknya adalah “mRNA” dan daging adalah “ribosomnya”.
  • Dengan demikian, proses pembacaan kodon dapat berlangsung secara berurutan.
  • Ketika kodon I terbaca ribosom (misal kodonnya AUG), tRNA yang membawa antikodon UAC dan asam amino metionin datang. tRNA masuk ke celah ribosom.
  • Ribosom di sini berfungsi untuk memudahkan perlekatan yang spesifik antara antikodon tRNA dengan kodon mRNA selama sintesis protein. Sub unit ribosom dibangun oleh protein-protein dan molekul-molekul RNA ribosomal.



Elongasi
  • Pada tahap elongasi dari translasi, asam amino-asam amino ditambahkan satu per satu pada asam amino pertama (metionin).
  • Ribosom terus bergeser agar mRNA lebih masuk, guna membaca kodon II.
  • Misalnya kodon II UCA, yang segera diterjemahkan oleh tRNA berarti kodon AGU sambil membawa asam amino serine.
  • Di dalam ribosom, metionin yang pertama kali masuk dirangkaikan dengan serine membentuk dipeptida.
  • Ribosom terus bergeser, membaca kodon III.
  • Misalkan kodon III GAG, segera diterjemahkan oleh antikodon CUC sambil membawa asam amino glisin. tRNA tersebut masuk ke ribosom.
  • Asam amino glisin dirangkaikan dengan dipeptida yang telah terbentuk sehingga membentuk tripeptida.
  • Demikian seterusnya proses pembacaan kode genetika itu berlangsung di dalam ribobom, yang diterjemahkan ke dalam bentuk asam amino guna dirangkai menjadi polipeptida.
  • Kodon mRNA pada ribosom membentuk ikatan hidrogen dengan antikodon molekul tRNA yang baru masuk yang membawa asam amino yang tepat.
  • Molekul mRNA yang telah melepaskan asam amino akan kembali ke sitoplasma untuk mengulangi kembali pengangkutan asam amino.
  • Molekul rRNA dari sub unit ribosom besar berfungsi sebagai enzim, yaitu mengkatalisis pembentukan ikatan peptida yang menggabungkan polipeptida yang memanjang ke asam amino yang baru tiba




Terminasi
  • Tahap akhir translasi adalah terminasi. Elongasi berlanjut hingga kodon stop mencapai ribosom.
  • Triplet basa kodon stop adalah UAA, UAG, dan UGA. Kodon stop tidak mengkode suatu asam amino melainkan bertindak sinyal untuk menghentikan translasi.
  • Polipeptida yang dibentuk kemudian “diproses” menjadi protein.


Proses sintesis protein (polipeptida) baru akan diawali apabila ada kodon AUG yang mengkode asam amino metionin, karenanya kodon AUG disebut sebagai kodon permulaan (kode ‘start’). 
  • Sedangkan berakhirnya proses sintesis polipeptida apabila terdapat kodon UAA, UAG, dan UGA (pada prokariotik) dan UAA (pada eukariotik). 
  • Kodon UAA,UAG, dan UGA tidak mengkode asam amino apapun dan merupakan agen pemotong gen (tidak dapat bersambung lagi dengan double helix asam amino) disebut sebagai kodon terminasi/kodon nonsense (kode ‘stop’). 
  • Kode genetik berlaku universal, artinya kode genetik yang sama berlaku untuk semua jenis makhluk hidup.
  • Dengan adanya kodon permulaan dan kodon terminasi, berarti tidak semua urutan  basa berfungsi sebagai kodon. 
  • Yang berfungsi sebagai kodon hanyalah urutan basa yang berada di antara kodon permulaan dan kodon terminasi. 
  • Urutan basa yang terletak sebelum kodon permulaan dan setelah kodon penghenti tidak dibaca sebagai kodon.

LOKUS - GEN - ALELA

Biologi molekuler berawal dari pengetahuan dasar ini setelahnya mau lebih detail nggak ada masalah namun jika dari konsep ini saja kesulitan ya akan kesulitan untuk memahami biologi molekuler OK

Gen adalah Substansi dasar hereditas yang mengandnung informasi genetik, tersusun dari asam nukleat (nukleo protein) dan terdapat dilokus gen dalam kromosom
  • Gen-gen yang terletak pada lokus yang bersesuaian pada kromosom homolog dinamakan alel. 
  • Istilah alel diperkenalkan oleh W. Bateson dan E.R. Saunders pada tahun 1902.
  • Alel berasal dari kata latin allelon yang berarti bentuk lain.
  • Dalam mengekspresikan sifat individu Gen berpasangan membentuk alela yang sejenis atau berlainan karena pada individu kromosomnya berpasangan atau 2n (diploid)
  • Karena gen hanya bisa dilihat karakternya ketika ia mengekspresikan keluar menjadikan sifat tampak ( fenotif) maka sebenarnya sifat yang nampak pada individu itu adalah cerminan Gen  
  • Maka untuk mempelajari gen , alela sesuai judul postingan ini , para ahli memberikan lambang atau kode kode OK
  • Gen pengendali sifat tertentu biasa diberi simbol dengan huruf pertama dari sifat tersebut. Lambang huruf besar merupakan karakter dominan, sedangkan huruf kecil merupakan karakter resesif.
  • Oleh karena adanya dominan dan resesif, penampakan organisme tidak selalu mengungkap kan komposisi genetiknya.
  • Penampakan  organisme secara fisik disebut fenotip dan dan penyusun genetiknya disebut genotip. 
  • Oleh karenanya, pengertian fenotip adalah karakteristik atau ciri yang dapat diukur dan nyata pada suatu individu.
  • Fenotip biasanya dinyatakan dengan kata-kata misalnya mengenai ukuran, warna, bentuk, rasa, dan sebagainya.
  • Sebaliknya, pengertian genotip adalah susunan genetis suatu karakter yang dimiliki oleh suatu individu; biasanya dinyatakan dengan simbol/tanda huruf pertama dari fenotip.
  • Oleh karena individu bersifat diploid, maka genotip dinyatakan dengan huruf dobel, misalnya AA, Aa, aa, AABB, AaBb, dan sebagainya.
  • Contohnya gen B adalah simbol untuk sifat biji bulat, sedangkan gen b untuk sifat biji keriput. 
  • Istilah dominan digunakan karena gen ini dapat mengalahkan ekspresi gen alelnya.
  • Pada contoh di atas, gen B mengalahkan ekpresi gen b sehingga ekspresi tanaman yang bergenotip Bb adalah tanaman biji bulat
  • Meskipun bijinya bulat  performance tanaman tersebut , bulat nya biji itu mengandung gen untuk sifat keriput.
  • Gen menimbulkan karakterresesif, yang berarti ekspresi gen b ditutupi (tidak memiliki efek yang jelas pada penampakan organisme) bila bersama-sama dengan gen B.
  • Pengertian resesif di sini adalah sifat yang dikalahkan/ditutupi sifat lain.
  • Sebaliknya, gen (dapat membentuk biji bulat) disebut dominan terhadap gen karena gen diekspresikan sepenuhnya pada penampakan fisik organisme.
  • Dominan adalah sifat yang mengalahkan/menutupi sifat lain.
  • Genotip makhluk hidup ada yang homozigot dan heterozigot.
  • Homozigot misalnya BB dan bb, yaitu bila pengaruh kedua alel untuk menumbuhkan suatu karakter yang sama dominannya sehingga kedua alel ditulis dengan huruf yang sama.
  • Genotip BB dinamakan homozigot dominan, sedangkan bb merupakan homozigot resesif.
  • Alel heterozigot adalah dua alel yang berbeda untuk sebuah gen, misalnya Bb.
  • Adapun genotip Bb adalah heterozigot dominan karena gen untuk sifat biji bulat menutupi gen buntuk sifat biji keriput.
  • Contoh lainnya adalah gen penentu warna merah pada bunga, memiliki pasangan gen penentu warna putih, sehingga sifat yang muncul tidak sama, maka disebut juga sebagai alel heterozigot.
  • Homozigot merupakan individu yang kromosom-kromosomnya memiliki gen-gen identik dari sepasang atau suatu seri alel. Individu homozigot hanya membentuk satu macam gamet saja.
  • Misalnya individu  homozigot BB hanya membentuk gamet B saja, dan karena itu individu homozigot selalu berkembang biak secara murni.
  • Heterozigot merupakan individu yang kromosom-kromosomnya memiliki gen-gen berlainan dari sepasang atau suatu seri alel tertentu.
  • Misalnya individu dengan genotip Aa, Bb, AaBb adalah heterozigot.
  • Individu heterozigot membentuk lebih dari satu macam gamet. Contohnya individu Aa membentuk gamet-gamet A dan a.
  • Alel heterozigot pada bunga yang menentukan warna bunga menjadi ungu
  • Gen memiliki peranan, antara lain untuk mengatur perkembangan dan proses metabolisme individu, menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi berikutnya, serta mengontrol pembuatan polipeptida.
  • Apakah yang menyusun gen tersebut sehingga gen dapat mengendalikan sifat suatu individu?
  • Gen mengontrol pembuatan polipeptida (protein) tertentu.
  • Satu gen mengontrol pembuatan satu macam polipeptida.
  • Polipeptida digunakan sebagai penyusun sel (sebagai protein struktural), ada pula polipeptida yang difungsikan menjadi enzim (sebagai protein fungsional).
  • Dengan demikian gen mengontrol baik struktur maupun fungsi metabolisme sel.
  • Dengan kata lain, gen mengendalikan sifat-sifat makhluk hidup.
  • Secara kimiawi, gen merupakan sepenggal DNA yang memiliki urutan basa tertentu dan berfungsi mengkode pembuatan satu macam polipeptida.
  • Panjang pendeknya urutan basa (gen) menentukan panjang pendeknya rantai asam amino pada polipeptida. Semakin panjang urutan basa, semakin panjang asam amino yang menyusun polipeptida itu.
  • Hal tersebut akan dibahas lebih lanjut pada pembahasan tentang DNA 

Friday, October 26, 2012

DANANG ANAK MBAREP


Syukur alhamdullilah anakku yang mbarep udah lulus  3 tahun yang lalu ia di wiauda
Tentu Udah nggak membayai lagi kuliahnya , Ia lulus dari Teknik Mesin UI
Kini ia udah kerja di Oil Company mbuh kuwi opo aku ra ngerti
Setiap Bulan ke Hutan ke lepas pantai pulang pulang , kulitnya gelap tapi ketawa terus

Anak saya itu laki semua , Danang yang udah kerja adiknya Dimas kuliah di jurusan Teknik Informasi adiknya Ditya di ATMI cikarang .
Cilikane mbiyen gelut terus anak anak itu , tapi kini saya kaget dan nangis seneng rukun Guyon saling bicara Glenak glenik di kamar entah itu saling curhat atau apa berakhir dengan ketiganya keluar kemana saya nggak tahu



Kini saya hanya bertiga dirumah Ibunya dan Dimas , Ditya Kost di Cikarang Danang ke luar kota terus Nggak apa kan masih muda kinyis kinyis durung duwe bojo hahahaha

Rodo sepi emang rumah , namun karena Ibunya punya anak buah yang mbantuin usaha roti usaha ibunya jadi rame maning

Coretan Galau hahaha        

REMEDIAL KELAS XII MID

Silahkan pelajari materi kelas XII mid semester 1 ini sungguh menjadi penunjang latihan sehingga tidak remed OK Jangan Romad Remed lagi ye

SOAL
1. Protein yang bertindak sebagai kalatis di dalam tubuh mahluk hidup, merupakan pengertian dari
a. Enzim
b. Subsrat
c. Produk
d. Enzim intraseluler
e. Enzim ekstraseluler

Jawab A

2. Molekul yang bereaksi di dalam suatu reaksi yang dikatalis oleh enzim disebut …
a. Enzim
b. Subsrat
c. Produk
d. Enzim instraseluler
e. Enzim ekstraseluler

Jawab : B

3. Enzim yang tersusun dari komponen protein yang disebut …
a. Apoenzim
b. Enzim
c. Produk
d. Substrat
e. Gugus prostetik

Jawab : A

4. Beberapa enzim memerlukan komponen nonprotein untuk membantu aktivitas enzim, yang disebut sebagai …
a. Apoenzim
b. Kofaktor
c. Enzim
d. Substrat
e. Biokatalisator

Jawab : B

5. Proses tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan berhubungan satu sama lain dalam suatu rangkaian yang disebut sebagai …
a. Apoenzim
b. Kofaktor
c. Enzim
d. Metabolisme
e. Biokatalisator

Jawab D

6. Dalam kerja enzim dapat diterangkan dengan dua teori, antara lain …
a. Teori gembok dan kunci
b. Teori Histogen
c. Teori kecocokan yang terinduksi
d. Jawaban a dan c benar
e. Semua salah

Jawab D

7. Salah satu yang menjadi sifat dari cara kerja enzim antara lain, kecuali …
a. Enzim bekerja secara universal
b. Enzim bekerja secara spesifik atau khusus
c. Enzim berfungsi sebagai penambah percepatan reaksi
d. Enzim mengatur jalannya reaksi
e. Enzim mempengaruhi produk hasil reaksi

Jawab B

8. Salah satu yang menjadi faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain, kecuali …
a. Suhu
b. Kecepatan angin
c. Substrat
d. Kandungan materi
e. Berat

Jawab B

9. Molekul yang mempermudah ikatan antara enzim dengan substratnya, merupakan istilah dari …
a. Aktivator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Renaturasi
e. Inhibitor kompetitif

Jawab A

10. Rusaknya bentuk tiga dimensi enzim yang menyebabkan enzim tidak dapat lagi berikatan dengan substratnya, merupakan istilah dari …
a. Aktivator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Renaturasi
e. Inhibitor kompetitif

Jawab C

11. Kembalinya bentuk enzim yang rusak ke bentuk sebelum rusak, adalah pengertian dari …
a. Aktivator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Renaturasi
e. Inhibitor kompetitif

Jawab D

12. Suatu molekul yang menghambat ikatan enzim dengan substratnya , adalah pengertian dari …
a. Aktivator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Renaturasi
e. Inhibitor kompetitif

Jawab : B

13. Molekul penghambat yang cara kerjanya bersaing dengan substrat untuk mendapatkan sisi aktif enzim, adalah pengertian dari …
a. Aktivator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Renaturasi
e. Inhibitor kompetitif

Jawab E

14. Rangkaian reaksi kimia yang substrat awalnya adalah molekul besar dan produk akhirnya adalah molekul kecil, adalah pengertian dari …
a. Aktvator
b. Inhibitor
c. Denaturasi
d. Katabolisme
e. Anabolisme

Jawab D

15. Rangkaian reaksi kimia yang substrat awalnya adalah molekul kecil dan produk akhirnya adalah molekul besar, adalah pengertian dari …
a. Biokinesis
b. Respirasi
c. Denaturasi
d. Katabolisme
e. Anabolisme

Jawab E

16. Tempat terjadinya suatu respirasi aerob yang berada di sitosol adalah …
a. Glikolisis
b. D.O.
c. Siklus Krebs
d. Sistem transpor elektron
e. Semua salah
Jawab A

17. Penemu dari tahap ketiga dalam respirasi aerob yakni Siklus Asam sitrat adalah …
a. Watson - Crick
b. Ingenhous
c. Schleiden - Schwan
d. Hans Krebs
e. Engelman

Jawab D

18. Jumlah ATP yang akan dihasilkan pada respirasi aerob yang terakhir (Sistem Transpor Elektron) adalah sebanyak … ATP.
a. 30
b. 31
c. 34
d. 36
e. 40

Jawab C

19. Total ATP yang dihasilkan dari pemecahan glukosa menjadi karbon dioksida dan air dalam respirasi areob adalah …
a. 32
b. 33
c. 35
d. 36
e. 37

Jawab D

20. Fermentasi alkohol dilakukan oleh …
a. Bakteri alkohol
b. Nitrobacter
c. Nitrosoccocus
d. Sacharomyces
e. Thiobacillus ferooksidan

Jawab D

21. Faktor asam laktat terjadi pada … manusia saat melakukan kerja keras dan persediaan oksigen kurang mencukupi.
a. Paru-paru
b. Ginjal
c. Kulit
d. Otot
e. Pembuluh darah

Jawab D

22. Sintesis yang memerlukan cahaya adalah pengertian dari …
a. Asimilasi C
b. Khemosintes
c. Fermentasi
d. Respirasi
e. Desimilasi

Jawab A

23. Organel plastida yang mengandung pigmen hijau (klorofil) adalah ..
a. Kloroplas
b. Fotosintesis
c. Stroma
d. Tilakoid
e. Grana

Jawab A

24. Struktur kosong di dalam kloroplas adalah …
a. Kloroplas
b. Fotosintesis
c. Stroma
d. Tilakoid
e. Grana

Jawab C

25. Struktur cakram yang terbentuk dari pelipatan membran dalam kloroplas adalah …
a. Kloroplas
b. Fotosintesis
c. Stroma
d. Tilakoid
e. Grana

Jawab D

26. Satu tumpuk tilakoid adalah
a. Kloroplas
b. Fotosintesis
c. Stroma
d. Tilakoid
e. Grana

Jawab E

27. Beratus-ratus molekul pigmen fotosintesis terkumpul dalam suatu … yang melekat pada membran tilakoid.
a. Krista
b. Klorofil
c. Fotosistem
d. Grana
e. Stroma

Jawab C

28. Salah satu tahap respirasi sel adalah Glikolisis. Pada tahap ini terjadi suatu perubahan …
a. Glukogen menjadi glukosa
b. Glukosa menjadi asam piruvat
c. Asam piruvat menjadi asetil KoA
d. NADH dan FADH menjadi ATP
e. Asetil KoA menjadi CO2

Jawab B

29. Dalam glikolisis, apabila yang masuk adalah 1 molekul glukosa, sehingga akan digunakan ATP sebanyak … molekul.
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4

Jawab C

30. Sintesis dengan menggunakan sumber energi berasal dari rekasi kimia eksorgonik …
a. Fotolisis
b. Fotosintesis
c. Asimilasi
d. Fotosistem
e. Kemosintesis

Jawab E

31. Dalam glikolisis, apabila yang masuk adalah 1 molekul Glukosa, maka akan digunakan ATP sebanyak … molekul.
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawab B

32. Asetil koenzim A mengalami kondensasi dengan oksaloasetat membentuk …
a. Asam oksalat
b. Asam a-ketoglutarat
c. Asam sitrat
d. Asam suksinat
e. Asam piruvat

Jawab C

33. Kondensasi Asetil dengan Oksalo asetat itu terjadi pada tahap …
a. Glikolisis
b. Siklus Krebs
c. Fotosintesis
d. Kemosintesis
e. B-Oksidasi

Jawab B

34. Reaksi-reaksi pada proses Glikolisis terjadi di dalam …
a. Mitokondria
b. Sitoplasma
c. Membran sel
d. Bagian dalam membran dalam mitokondria
e. Matriks mitokondria

Jawab B

35. Fermentasi bagi mahluk hidup aerob merugikan karena …
a. Menghasilkan energi tidak berupa ATP
b. Hanya dihasilkan 2 molekul NADH
c. Hanya menghasilkan 4 molekul ATP
d. Menghasilkan racun
e. Dapat berlangsung cepat

Jawab D

36. Pada pelari jarak dekat dapat melakukan respirasi anaerob dan akan menghasilkan …
a. Asam cuka
b. Alkohol
c. Asam piruvat
d. Asam laktat
e. Glukosa
Jawab D

37. Asam piruvat merupakan produk dari … dalam proses respirasi sel.
a. Glikolisis
b. Siklus krebs
c. Fotosintesis
d. Kemosintesis
e. Transpor elektron

Jawab A

38. Respirasi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi tiga tahap reaksi. Berikut ini adalah urutan tahap reaksi dalam reaksi …
a. Glikolisis – Siklus Krebs – Transpor elektron
b. Glikolisis – Transpor elektron – Siklus Krebs
c. Siklus Krebs – Transpor elektron – Glikolisis
d. Siklus Krebs – Glikolisis – Transpor elektron
e. Siklus Krebs – Transpor elektron – Glikolisis

Jawab A

39. Pada peristiwa respirasi dibebaskan sejumlah air. Hidrogen untuk pembentukan air berasal dari senyawa …
a. NAD
b. NADH
c. NADPH
d. Oksidasi H2O
e. Fotolisis H2O

Jawab B

40. Pada fotosintesis dihasilkan oksigen. Oksigen berasal dari …
a. Penguraian CO2
b. Fotolisis H2O
c. Pembentukan glukosa dari H2O dan CO2
d. Rangkaian reaksi gelap
e. Rangkaian reaksi pada fotosintesis
Jawab B

41. Reaksi kimia eksergonik memerlukan enzim sitokrom yang terjadi pada sistem transport elektron Enzim itu juga mengandung ...............
a. Fosfor
b. Ion Besi
c. Ion
d. Hidrogen
e. Timah

Jawab B

42. Bakteri kemosintetik berperan penting pada daur …
a. Biogeokimia
b. Calvin benson
c. Bioremediasi
d. Krebs
e. Asam tri karboksilat

Jawab A

43. Reaksi gelap disebut juga siklus …
a. Krebs
b. Calvin – Benson
c. Hill
d. Corry
e. Glikogenesis

Jawab B

44. Bakteri kemosintesis yang mengubah nitrit menjadi nitrat adalah …
a. Nitrobacter
b. Nitrosoccocus
c. Nitrobacilus
d. Nitrosomonas
e. Rhizobium leguminosorum

Jawab A

45. Akseptor terakhir untuk hidrogen dalam lingkaran sitokrom adalah …
a. Udara
b. CO2
c. O2
d. N2
e. Gas

Jawab C

46. Oksidasi glukosa dalam sel tumbuhan menghasilkan 38 ATP, terjadi melalui 3 tahap yaitu glikolosis, siklus krebs dan transfer elektron. Jumlah ATP yang dihasilkan pada proses glikolisis adalah …
a. Satu ATP
b. Dua ATP
c. Tiga ATP
d. Empat ATP
e. Lima ATP

Jawab B

47. Pada salah satu respirasi aerob, asam piruvat masuk ke mitokondria dan dioksidasi menjadi dua molekul asetil koenzim A dan CO2. Tahapan yang dimaksud adalah …
a. Glikolisis
b. Dekarboksilasi Oksidatif.
c. Siklus Krebs
d. Transpor elektron
e. Siklus Calvin Benson

Jawab B

48. Pada proses fotosintesis, cahaya yang paling berperan adalah …
a. Merah dan Ungu
b. Biru dan Kuning
c. Merah dan Putih
d. Merah dan Kuning
e. Putih dan Biru

Jawab A

49. Enzim yang terdiri atas senyawa-senyawa organik dan memiliki bagian yang bersifat aktif adalah
a. Koenzim
b. Apoenzim
c. Holoezim
d. Kofaktor
e. Inhibitor

Jawab A

50. Menurut teori Histugen Dermatogen adalah lapisan luar yang membentuk …
a. Epidermis
b. Dermis
c. Endodermis
d. Kortex
e. Stele

Jawab A

Semoga nggak Remedial lagi Ya OK

SHOLAT IED

Di Kutub Selatan


Di Mbeji ndepok 26 Oktobr 2012

Agar khusuk begini caranya


Wednesday, October 24, 2012

STASIUN TRAIN INDONESIA



Naik kereta api tut tut tut
Siapa hendak turut ke Bojonegoro - Surabaya
Ayo sahabatku lekas naik keretaku tak berhenti lama

......Menyenangkan dan menggairahkan emang  naik kereta api . Santai dan Cool , melewati Stasiun demi stasiun dan akhirnya sampai di tujuan dengan selamat   

Berikut daftar stasiun besar yang ada yang bisa anda baca demi pengisian memori otak yang masih ada slot belum terisi , semoga berguna


  1. Stasiun Bojonegoro - Jawa Timur
  2. Stasiun Karanganyar - 1875
  3. Stasiun Jakarta Kota - diresmikan 1929
  4. Stasiun Tanjung Priok - 1914
  5. Stasiun Gambir (dulu Weltevreden) - 1914
  6. Stasiun Jatinegara (dulu Meester Cornelis)
  7. Stasiun Manggarai - 1969
  8. Stasiun Pasar Senen - 1916
  9. Stasiun Cikampek - 1894
  10. Stasiun Bogor - 1880
  11. Stasiun Bandung - 1887
  12. Stasiun Yogyakarta - 1887
  13. Stasiun Solo Balapan - 1876
  14. Stariun Semarang Tawang - 1873
  15. Stasiun Cirebon - 1920
  16. Stasiun Madiun - 1897
  17. Stasiun Purwokerto - 1922
  18. Stasiun Malang - 1941
  19. Stasiun Surabaya Kota - 1878 dan renovasi 1911
  20. Stasiun Surabaya Gubeng - 1913
  21. Stasiun Pasar Turi - 1938


Friday, October 19, 2012

SOAL KELAS 3 SMSTR 1

Siang ini tepat liburan menemukan buku usang yang berisi soal yang baik untuk Ujian semester 1 kelas XII secara perlahan kami ketik dan tersaji seperti ini . untuk anak yang baru saja naik kelas XII dibaca saja nggak bisa ya nggak apa apa hanya emang kalau mau belajar lebih depannya guru akan lebih baik hehehe OK silahkan digunakan semoga bermanfaat sukses selalu

SOAL BIOLOGI
1.Peranan gen asing di bawah ini terdapat di dalam inti keberhasilan rekayasa genetika, kecuali ....
(A)yang dimasukkan melalui plasmid terekspresi transgenik pada tumbuhan atau hewan transgenik
(B)yang dimasukan melalui plasmid akan berintegerasi dengan genom tanaman target
(C)berkombinasi dengan DNA genom yang terdapat di dalam inti
(D)turut direplikasi pada tanaman atau hewan transgenik
(E) mempertahankan ekspresi gen target

2.Pernyataan yang benar tentang keberhasilan proses evolusi konvergensi adalah ....
(A) spesies yang berkerabat jauh tampak sekerabat dekat
(B) spesies sama yang menempati lingkungan berbeda
(C) memiliki organ tubuh yang secara anatomi sama
(D) fungsi organ tubuh berbeda meskipun secara anatomi sama
(E) fungsi organ tubuh berbeda karena secara anatomi berbeda

3.Sel-sel yang mengalami meiosis I dalam tubulus seminiferus adalah ....



(A) spermatid
(B) spermatozoa
(C) spermatogonia
(D) spermatosit primer
(E) spermatosit sekunder

Jawaban:D

4.Urutan pembentukan ATP pada proses respirasi aerob yang benar adalah ....
(A) siklus Krebs - glikolisis - pembentukan asetil ko A- transport elektron
(B) tra'lsport elektron - glikolisis pembentukan asetil ko A - siklus Krebs
(C) glikolisis - pembentukan asetil ko A- siklus Krebs - transport elektron
(D) glikolisis - siklus Krebs - pembentukan asetil ko A-transport elektron
(E) pembentukan asetil ko A-transport elektron - siklus Krebs - glikolisis

Jawaban:C

5.Berikut merupakan ciri kelas Phaeophyta, kecuali


(A) ganggang pirang
(B) hidup di airtawar
(C) mengandung pigmen fikosantin
(D) dinding sel mengandung selulosa dan algin
(E) perkembangbiakan dengan pergiliran keturunan

Jawaban:B

6.Molekul atau senyawa yang dapat berikatan dengan struktur pada gambar ini adalah ....



(A) oksigen dan nitrogen
(B) oksigen dan karbon monoksida
(C) karbon monoksida dan nitrogen
(D) karbon monoksida dan karbon dioksida
(E) oksigen, karbon monoksida, dan karbon dioksida

Jawaban:E

7.Pada irisan melintang sel mahluk hidup dapat dilihat organel inti dan mitokondria dengan mikroskop jenis .....
(A) cahaya
(B) fluorescens
(C) fase kontras
(D) elektron payaran (scanning electron microscope)
(E) elektron transmisi (transmission electron microscope)

Jawaban:A

8.0rganel sel tumbuhan berpembuluh yang mengandung DNA adalah ....
(A) inti saja
(B) kloroplas saja
(C) inti dan kloroplas
(D) kloroplas dan mitokondria
(E) inti, kloroplas, dan mitokondria

Jawaban:E

9.lnteraksi antar organisme berikut yang termasuk dalam kategori kompetisi intraspesifik adalah interaksi antara ....
(A) sesama anggota kupu-kupu dengan spesies sama yang mendiami suatu populasi
(B) sesama anggota kumbang dengan beragam spesies yang mendiami suatu populasi
(C) benalu dengan pohon inangnya
(D) semut dengan pohon rambutan
(E) sapi dan rumput

Jawaban:A

10 Sel-sel yang mengalami meiosis I dalam tubulus seminiferus adalah ....
(A) spermatid
(B) spermatozoa
(C) spermatogonia
(D) spermatosit primer
(E) spermatosit sekunder

Jawaban:D

11.Hemoglobin lebih suka menyerap ....
(A) oksigen
(B) karbon monoksida
(C) karbon dioksida
(D) karbon monoksida dan karbon dioksida
(E) oksigen, karbon monoksida. dan karbon dioksida

Jawaban:B

12.Peranan gen asing di bawah ini merupakan keberhasilan rekayasa genetika, kecuali ....
(A) yang dimasukkan melalui plasmid terekspresi pada tumbuhan atau hewan transgenik
(B) yang dimasukkan melalui plasmid akan berintegrasi dengan genom tanaman target
(C) berkombinasi dengan DNA genom yang terdapat di dalam inti
(D) turut direplikasi pada tanaman atau hewan transgenik
(E) mempertahankan ekspresi gen target

Jawaban:E

13.Urutan pembentukan ATP pada proses respirasi aerob yang benar adalah ....
(A) siklus Krebs - glikolisis - pembentukan asetil koA-transport elektron
(B) transport elektron - glikolisis - pembentukan asetil ko A siklus Krebs
(C) glikolisis - pembentukan asetil ko A- siklus Krebs - transport elektron
(D) glikolisis - siklus Krebs pembentukan asetil ko A- transport elektron ,..,
(E) pembentukan asetil koA- transport elektron siklus Krebs glikolisis

Jawaban:C

14.Berikut merupakan Ciri kelas Phaeophyta, kecuali
(A) ganggang pirang
(B) hidup di air tawar
(C) mengandung pigmen fikosantin
(D) dinding sel mengandung selulosa dan algin
(E) perkembangbinkan dengan pergiliran keturunan

Jawaban:B

15. Pernyataan yang benar tentang keberhasilan proses evolusi konvergensi adalah ....
(A) spesies yang berkerabat jauh tampak sekerabat dekat
(B) spesies sama yang menempati lingkungan berbeda
(C) memiliki organ tubuh yang secara anatomi sama
(D) fungsi organ tubuh berbeda meskipun secara anatomi sama
(E) fungsi organ tubuh berbeda karena secara anatomi berbeda

Jawaban:A

16.lnteraksi antar organisme berikut yang termasuk dalam kategori kompetisi intraspesifik adalah interaksi antara ....
(A) sesama anggota kupu-kupu dengan spesies sarna yang mendiami suatu populasi
(B) sesama anggota kumbang dengan beragam spesies yang mendiami suatu populasi
(C) benalu dengan pohon inangnya
(D) semut dengan pohon rambutan
(E) sapi dan rumput

Jawaban:A

17. Oganel sel tumbuhan yang mengatur aktifitas adalah ....
(A) inti saja
(B) kloroplas saja
(C) inti dan kloroplas
(D) kloroplas dan mitokondria
(E) inti kloroplas, dan mitokondria

Jawaban: A

18.Jenis mikroskop yang baik untuk memberikan gabaran struktur detil sel mahkluk hidup adalah ....
(A) fase kontras
(B) fluorescens
(C) cahaya
(D) elektron
(E) robert hooke

Jawaban:D

19. komponen berikut yang tidak diperlukan untuk berlangsungnya reaksi gelap fotosintesis adalah
A. O2
B. CO2
C. H2O
D. ATP
E. NADPH
Jawaban:A

20. Berdasarkan klasifikasi lima dunia, termasuk apakah organisme yang memiliki karakteristik uniseluler, heterotrof, tanpa membran inti, dan tanpa organela sel?
A. Fungi
B. Monera
C. Protista
D. Plantae
E. Animalia

Jawaban:B

21. Inti teori Darwin adalah
A. Manusia bisa saja berasal dari monyet
B. Homologi menjadi dasar makhluk hidup berevolusi
C. Makhluk hidup dapat berubah sendiri secara spontan
D. Hanya melalui mutasi makhluk hidup berubah bentuk dan berevolusi
E. Makhluk hidup berubah bentuk karena seleksi dan adaptasi lingkungan
Jawaban:E

22. Aktivitas berikut yang terkait dengan kloning adalah
A. Transfusi darah
B. Transplantasi ginjal
C. Perbanyakan tanaman secara in vitro
D. Perbanyakan tanaman secara generatif
E. Domba Dolly hasil perkawinan domba jenis black face dan finn dorsett

Jawaban:C

23. Pernyataan yang benar terkait aktivitas stomata adalah
A. Menutup dalam suhu dingin
B. Membuka dalam kondisi terang
C. Menutup jika tekanan turgor tinggi
D. Membuka jika tekanan turgor rendah
E. Membuka jika konsentrasi gula rendah
Jawaban:B

24. Yang menunjukkan perbedaan karakter tumbuhan monokotil dan dikotil adalah
A. Monokotil berakar tunggang ; dikotil berakar serabut
B. Batang monokotil terdapat kambium ; dikotil tidak
C. Pada monokotil batas antara korteks dan empulur tidak jelas; dikotil jelas
D. Mahkota bunga monokotil kelipatan lima; dikotil kelipatan empat
E. Tulang daun monokotil menyirip atau menjari; dikotil sejajar atau melengkung

Jawaban:C

25. Bila suami memiliki genotipe golongan darah IAIBdan istri IBIO, berapa genotipe dan fenotipe golongan darah yang mungkin dimiliki keturunannya?
A. 2 genotipe; 3 fenotipe
B. 3 genotipe; 3 fenotipe
C. 3 genotipe; 4 fenotipe
D. 4 genotipe; 3 fenotipe
E. 4 genotipe; 4 fenotipe

Jawaban:D

26. Anggota kingdom apa yang dimiliki domain eukariota?
A. Plantae, fungi, Monera, protista, dan Animalia
B. Plantae, Fungi, Protista, dan Animalia
C. Plantae, Fungi, Monera dan Animalia
D. Plantae, Fungi dan Animalia
E. Plantae dan Animalia

Jawaban:B

27. Berikut ini yang tidak termasuk karakteristik tumbuhan bakau adalah
A. Memiliki daun sukulen
B. Akar napas dengan lenti sel
C. Tidak mengalami pertumbuhan sekunder
D. Hidatoda untuk mengurangi kelebihan garam
E. Tekanan osmotik cairan sel akar lebih tinggi dari lingkungannya

Jawaban:C

28.Tahap perkembangan embrio dimana terdapat bentuk bola dengan rongga yang terletak di antara dua kutub disebut…
(A)ovulasi
(B)Gastrulasi
(C)Blastulasi
(D)Morulasi
(E)Maturasi

Jawaban:B

29.Berikut merupakan hasil kegiatan monokultur, kecuali…
(A)meningkatnya produksi tanaman
(B)penurunan keanekaragaman hayati
(C)menyebabkan pemiskinan unsure hara tanah
(D)meningkatnya jumlah hama tanaman
(E)diperlukan tambahan pupuk buatan dan biaya meningkat

30. Jika makanan hewan tidak mengandung asam amino esensial, maka aktivitas sel yang terpengaruh adalah…
(A)respirasi
(B)pembelahan
(C)replikasi DNA
(D)translasi mRNA
(E)transport oksigen

Jawaban:D

31.Jika komposisi basa guanim pada E.coli 20% , komposisi basa timin adalah…
(A)80%
(B)60%
(C)40%
(D)30%
(E)10%

Jawaban:D

32. Penyebab penyakit malaria tertiana adalah…….
(A) plasmodium vivax
(B) plasmodium malariae
(C) plasmodium ovale
(D) plasmodium falcifarum
(E) plasmodium

Jawaban:A

33.Ada beberapa macam kategori untuk mengetahui tingkat kelangkaan suatu jenis plasma nutfah nabati, Rafflesia arnoldi merupakan salah satu contoh dari tingkat kelangkaan…
(A) Extinct (punah)
(B) Endangered (genting)
(C) Vulnerable (rawan)
(D) Rare (jarang)
(E) Indeterminate (terkikis)

Jawaban : B

34. Berikut ini disebutkan beberapa ciri hewan invertebrata
1. tubuh berpori
2. tubuh simetri radial
3. memiliki rongga gastrovaskuler
4. tubuh simetri bilateral
5. lapisan tubuh diploblastik
6. memiliki koanosit
Ciri yang dimiliki oleh hewan Coelenterata adalah ... .
(A) 2 - 3 - 5
(B) 1 – 2 - 4
(C) 2 – 5 - 6
(D) 1 – 3 - 4
(E) 1 – 4 – 6

Jawaban: A

35.Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual terjadi dengan cara…
(A) Pembelahan
(B) Pembentukan gamet
(C) Fragmentasi
(D) Pembentukan Tunas
(E) Parthenogenesis

Jawaban : D

36. Pernyataan berikut yang benar mengenai danau oligotrofik dan danau eutrofik adalah ....
(1) laju fotosintesis lebih tinggi pada danau eutrofik
(2) danau oligotrofik lebih besar kemungkinannya mengalami kekurangan oksigen
(3) danau eutrofik lebih kaya nutrient
(4) sedimen pada danau oligotrofik mengandung lebih banyak materi organik yang dapat didekomposisi

Jawaban:B

37. Hewan yang bertulang belakang, berdarah dingin, bertubuh bilateral simetris, dan bersisik adalah ....
(1) ular
(2) penyu
(3) buaya
(4) salamander

Jawaban: A

38.Pasangan organel sel dan fungsinya yang benar adalah ....
(1) inti - pusat pengendali genetik
(2) vakuola - absorpsi air
(3) lisosom - mencerna organel rusak
(4) kloroplas- mengubah energi cahaya

Jawaban:E

39.Pernyataan berikut yang benar mengenai danau oligotrofik dan danau eutrofik adalah ....
(1) laju fotosintesis lebih tinggi pad a danau eutrofik
(2) danau oligotrofik lebih besar kemungkinannya mengalami kekurangan oksigen
(3) danau eutrofik lebih kaya nutrient
(4) sedimen pada danau oligotrofik mengandung lebih banyak materi organik yang dapat didekomposisi

Jawaban:B

40. Pasangan organel sel dan fungsinya yang benar adalah ....
(1) inti pusat pengendali genetik
(2) vakuola - absorpsi air
(3) Ilsosom - mencerna organel rusak
(4) kloroplas - mengubah energi cahaya

Jawaban:E

41.Hewan yang bertulang belakang, berdarah dingin, bertubuh bilateral simetris, dan bersisik adalah ....
(1) ular
(2) penyu
(3) buaya
(4) salamander

Jawaban:A

42. Sifat apa yang dimiliki kelompok Eubacteria?
1. Reproduksi dengan pembelahan biner
2. Dinding sel mengandung peptidoglikan
3. Prokaryot uniseluler
4. Memiliki organela sel

Jawaban:A

43. Sifat-sifat unggul apa yang dimiliki tanaman dikotil sebagai bahan bangunan?
1. Diameter besar
2. Tekstur tebal
3. Struktur kuat
4. berlignin

Jawaban:E

44. Apa yang membedakan antara pembelahan meiosis (reduksi) dan mitosis?
1. Tempat berlangsungnya pembelahan
2. Macam sel anak yang dihasilkan
3. Jumlah kromosom sel anak
4. Jumlah organela sel anak

Jawaban:A

45.Pengambilan ovarium anak ayam yang baru menetas mengakibatkan berkembangnya ciri kelamin jantan sekunder.
SEBAB
Hilangnya ovarium anak ayam memacu perkembangan testis.

Jawaban:A

46.Penghambatan produksi harmon LH mengakibatkan peningkatan produksi progesteron.
SEBAB
Produksi progesteron merupakan sekresi dari korpus luteum yang terbentuk setelah ovulasi.

Jawaban:D

47.Penghambatan produksi hormon LH mengakibatkan peningkatan produksi progesteron.
SEBAB
Produksi progesteron merupakan sekresi dari korpus luteur yang terbentuk setelah ovulasi

Jawaban:D

48. Pengambilan ovarium anak ayam yang baru menetas mengakibatkan berkembangnya ciri kelamin jantan sekunder.
SEBAB
Hilangnya ovarium anak ayam memacu perkembangan testis.

Jawaban:A

49. Klorofil menyerap cahaya hijau dan menggunakan energi cahaya tersebut untuk proses fotosintesis
SEBAB
Tanaman memerlukan cahaya untuk menggerakkan siklus Calvin sehingga mengubah CO2 menjadi karbohidrat

Jawaban:E

50. Kodon pada tRNA menentukan asam amino yang dirangkai menjadi polipeptida
SEBAB
Pada proses translasi tRNA membawa asam amino yang sesuai dengan antikodon pada Mrna

Jawaban:E

TRY AGAIN
1. Siswa SMA kelas XII ingin mengetahui pengaruh “cahaya terhadap pertumbuhan”, maka metode penelitian yang dipilih sebaiknya ... .
a. penelitian evaluasi
b. grounded research
c. penelitian survei
d. penelitian eskploratif
e. penelitian eksperimen

2. Yang merupakan hasil pengukuran adalah ... .
a. air di gelas tersebut hangat
b. jantungnya berdegup sangat kuat
c. keringat mengucur dari tubuhnya
d. lebar daun “gelombang cinta” itu 5 cm
e. batang tumbuhan itu sangat pendek

3. Unsur “tambahan” adalah unsur-Unsur tertentu yang hanya ditemukan pada jenis tumbuhan tertentu, unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a. Na
b. Si
c. Mn
d. Al
e. Cl

4. Perhatikan hal-hal berikut:
  1. adanya penambahan jumlah sel 
  2. adanya pembesaran masing-masing sel 
  3. adanya penambahan disposisi zat antar sel 
  4. adanya penambahan macam organ 
Yang merupakan tanda-tanda “perkembangan” pada tumbuhan adalah ... .
a. 1, 2 dan 3
b. 4
c. 3 dan 4
d. 1, 2, 3 dan 4
e. 1 dan 2

5. Hormon pada tumbuhan yang khusus berperan dalam proses penyembuhan luka adalah ... .
a. asam traumalin
b. etilen
c. asam absisat
d. kalin
e. gliberelin

6. Perhatikan hal-hal berikut:
  1. polipeptida 
  2. gugus prostetik 
  3. ko-enzim 
  4. ion logam 
Enzim yang paling sederhana tersusun atas :
a. 1
b. 1 dan 3
c. 1, 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1, 2, 3 dan 4

7. Perhatikan gambar berikut!



Enzim ditunjukkan oleh nomor ... .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

8. Perhatikan reaksi berikut:

C6H12O6 + O2 --------CO2 + H2O
Pernyataan yang salah dari reaksi di atas adalah ... .
a. merupakan katabolisme
b. merupakan reaksi anaerob
c. merupakan reaksi sintesis
d. merupakan fermentasi alkohol
e. merupakan eksergonik

9. Pada proses respirasi aerob NADH akan dihasilkan dari tahap ... .
a. hanya glikolisis
b. hanya dekarboksilasi oksidatif
c. rantai transfer elektron
d. glikolisis, dekarboksilasi oksidatif dan siklus krebs
e. siklus krebs dan rantai transfer elektron

10. Di antara pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang fotosintesa adalah ... .
a. merupakan anabolisme
b. merupakan endergonik
c. sumber energi berupa foton
d. reaksi gelap tidak bisa berlangsung dalam suasana terang
e. bisa berlangsung dalam kondisi in vivo dan invitro

11. Perhatikan hal-hal berikut:
  1. klorofil 
  2. karotenoid 
  3. fikobilin 
  4. fikoritrin 
Yang dapat berperan dalam proses fotosintesa adalah ... .
a. 1, 2 dan 3
b. 1 dan 4
c. 2 dan 4
d. 1, 2, 3 dan 4
e. hanya nomor 1

12. Manakah yang berhubungan degan katabolisme  
.. .
a. Reaksi Calvin benson
b. Penyusunan glukosa di Stroma
c. Pembentukan APG dari fiksasi CO2 oleh RuBP
d. Merupakan reaksi endergonik
e. pembentukan asam lemak dari lemak

13. Zat-zat berikut yang bukan berasal dari asam piruvat secara langsung adalah ... .
a. asetil Co-A
b. asam sitrat
c. etanol
d. asam laktat
e. alanin

14. Dinding sel sebagai komponen utama sel tumbuhan dapat disintesa dari bahan ... .
a. asam piruvat
b. asetil Co A
c. heksosa fosfat
d. alkaloid
e. lemak dan protein

15. Perhatikan hal-hal berikut!
  1. sebagai zarah yang terdapat dalam kromosom 
  2. mengandung informasi genetik 
  3. mengatur perkembangan individu 
  4. mengatur metabolisme individu 
  5. dapat menduplikasi individu 
  6. menyampaikan informasi genetik kepada generasi berikutnya 
Yang merupakan pengertian gen adalah ... .
a. 3, 4 dan 6
b. 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
c. 3, 4, 5 dan 6
d. 1, 2 dan 5
e. 1, 2, 5 dan 6

16. Enzim yang berperan dalam pembukaan “lilitan DNA” dalam rangka pelipatan jumlah material genetik adalah ... .
a. DNA plimerase
b. RNA polimerase
c. Ligase
d. Restriksi endonuklease
e. Heksokinase

17. Gugusan Basa nitrogen + Gula Deoksi ribosa + Phosphat membentuk senyawa
a. DNA
b. Nukleotida
c. RNA
d. Karioteka
e. Nukleosida

18. Jumlah H pada ikatan antara “Adenin dan Thimin ” serta “Guanin dan Cytosin” adalah ... .
a. 7
b. 2
c. 5
d. 3
e. 9

19. Jumlah Adenin 12 % dari hasil eksktrak DNA berapa jumlah basa nitrogen Guanin hasil ekstrak . .
a. 88 %
b. 44 %
c. 38 %
d. 19 %
e. 36 %

20. Bila diketahui jumlah adenin (A) dalam molekul ADN sama dengan jumlah ... . pada RNA m
a. A
b. G
c. T
d. U
e. C

21. Perhatikan gambar berikut:



Jika itu ada disel hati Manusia penulisan Karyotipenya adalah  ... .
a. 22AX
b. 44AAXY
c. 22AAXY
d. 46AXX
e. 23AAXX

22. Pada manusia, jenis kelamin ditentukan oleh pasangan kromosom nomor ...
a. 1
b. 13
c. 18
d. 21
e. 23

23. Perhatikan hal-hal berikut ini;
  1. mRNA ke ribosom 
  2. tRNA membawa asam amino 
  3. mRNA menyalin kode dari DNA 
  4. terbentuk poli peptida 
Urutan sintesa protein yang benar adalah ... .
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 2 – 4
c. 3 – 1 – 2 – 4
d. 3 – 2 – 1 – 4
e. 3 – 1 – 4 – 2

24. Bila ADN yang mengkode sintesa protein adalah: TAS GGT SAS STT GAT
Maka kodon-nya adalah ... .
a. ATG SSA GTG GAA STA
b. UAS GGU SAS SUU GAU
c. AUG SSA GUG GAA SUA
d. SUA GGA GUG SSA AUG
e. AUG GUG SSA GAA SUA

25. Bila terjadi persilangan individu dihibrid heterosigotik rangkap dengan sesamanya, maka bila gen-gennya bebas, akan menghasilkan macam genotip sebanyak ... .
a. 2
b. 4
c. 8
d. 9
e. 16

26. Asam amino sebagai bahan sintesa protein macamnya sebanyak ... .
a. 64
b. 20
c. 16
d. 10
e. 3

27. Di antara proses berikut ini yang bukan melalui mekanisme meiosis adalah ... .
a. pembentukan ovum lumut
b. spermatogenesis manusia
c. oogenesis manusia
d. pembentukan polen
e. pembentukan spora paku

28. Bila individu mempunyai susunan kromosom 23 pasang, maka hasil meiosisnya akan menghasilkan ... .
a. dua sel anak yang masing-masing mempunyai 23 pasang kromosom
b. empat sel anak yang masing-masing mempunyai 23 kromosom
c. dua sel anak yang masing-masing mempunyai 23 kromosom
d. empat sel anak yang masing-masing mempunyai 23 pasang kromosom
e. dua sel anak yang mempunyai 46 kromosom

29. Perhatikan gambar berikut



Metafase dan telofase ditunjukkan oleh nomor ... .
a. 3 dan 4
b. 4 dan 1
c. 4 dan 2
d. 4 dan 3
e. 1 dan 2

30. Perhatikan hal-hal berikut:
  1. tujuan pembelahan 
  2. susunan kromosom 
  3. tempat pembelahan 
  4. tahap-tahap pembelahan 
  5. besarnya sel yang membelah 
Mitosis dan meiosis dapat dibedakan dari segi ...
a. 1, 2 dan 5
b. 1, 2, 3 dan 5
c. 1, 2, 3 dan 4
d. 1, 3 dan 5
e. hanya nomor 5

31. Perhatikan hal-hal berikut;
  1. mitotik 
  2. G2 
  3. G1 
Dalam siklus sel yang termasuk interfase adalah ... .
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1 dan 4
d. hanya 2 dan 3
e. 2, 3 dan 4

32. Reduksi kromosom terjadi pada nomor ... .


a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

33. Pembelahan mitosis peristiwa sitokinesis terjadi pada nomor ... .


a. 1
b. 2
c. 3
d. 3 dan 4
e. 1 dan 3

34. Bila terdapat individu dengan genotip AaBBCc, maka sesuai dengan hukum Mendel I dan II akan membentuk gamet berikut ini, kecuali... .
a. aBC
b. ABC
c. AbC
d. ABc
e. aBc

35. penyimpangan semu dari hukum mendel yang menghasilkan perbandingan fenotif F2 = 9 : 3 : 4 adalah ...
a. polimeri
b. interaksi alel
c. komplementer
d. kriptomeri
e. epistasis – hipostasis

36. Penyilangan ayam Walnut (RrPP) dengan Rose (Rrpp) akan memberikan peluang munculnya ayam bilah sebesar ... .
a. 100%
b. 75%
c. 50%
d. 25%
e. 0%

37. laki-laki “bisutuli” (BBtt) dengan perempuan “bisu tuli” (bbTT) menikah, maka peluang munculnya anak normal (bisa berbicara dan bisa mendengar) sebesar ... .
a. 100%
b. 75%
c. 56%
d. 44%
e. 0%

38. Perhatikan peta kromosom berikut: Bila terjadi “crossing over” maka kemungkinan gamet yang dibentuk adalah berikut ini, kecuali ... .
a. PQ
b. Qq
c. Pq
d. Pq
e. pQ

39. Persilangan antara individu “dihibrid heterosigotik rangkap” dengan “homosigotik resesif”
Sayap Abu-abu 
sayap pendek X SayapHitam Sayap panjang 
   AaPp)                                                  (aapp)
Menghasilkan keturunan:
1) AaPp = 800
2) Aapp = 200
3) aaPp = 200
4) aapp = 800

Maka nilai pindah silang (NPS)-nya adalah ... .
a. 80%
b. 50%
c. 30%
d. 20%
e. 10%

40. Perhatikan susunan kromosom Drosophila melanogaster berikut ini:
  1. AAXY 
  2. AAXX 
  3. AAXXY 
  4. AAXO 
  5. AAAXX 
Yang berkelamin jantan adalah ... .
a. 1, 3
b. 1, 3, 5
c. 1, 4
d. 5
e. 2 dan 3

41. Diantara individu berikut ini yang tidak berkelamin primer laki-laki adalah ...
a. 45XO
b. 46XY
c. 47XXY
d. 47XYY
e. 47XY + 21

42. Perkawinan antara orang A heterosigotik dengan orang bergolongan darah B heterosigotik akan berpeluang melahirkan anak laki-laki bergolongan darah A sebesar... .
a. 0%
b. 12,5%
c. 25%
d. 50%
e. 100%

43. Laki-laki mampu membedakan warna dengan baik menikahi perempuan penderita buta warna, maka peluang munculnya anak-laki-laki normal sebesar ... .
a. 0%
b. 12,5%
c. 25%
d. 50%
e. 100%

44. Laki-laki hemofili menikahi perempuan normal homosigot, maka peluang munculnya anak laki-laki normal sebesar ... .
a. 0%
b. 12,5%
c. 25%
d. 50%
e. 100%

45. Pasangan suami istri yang keduanya karier albino, menginginkan tiga (3) anak dimana 1 normal dan 2 albino maka peluangnya sebesar ... .
a. 0%
b. 25 %
c.50 %
d. 75 %
e. 100 %

46. Di antara orang berikut ini yang berfenotif “mongolism” adalah ... .
a. 47XY + 21
b. 47XX + 18
c. 47XX + 13
d. 47XY + 18
e. 47XY + 13

47. Perhatikan skema berikut:



Mutasi gen diatas disebut ... .
a. delesi
b. duplikasi
c. translokasi
d. transisis
e. transversi

48. Apabila terjadi perubahan basa nitrogen pada kromosom Adenin digantikan Guanin maka mutasi gen demikian disebut  ... .
a. Inversi
b. Transisi
c. Transversi
d. Insersi
e. Katenasi

49. Semangka tanpa biji mempunyai susunan kromosom ... .
a. n
b. 2n
c. diploid
d. 3n
e. 4n

50. Berikut ini termasuk mutagen buatan, kecuali ...
a. sinar x
b. gas metana
c. virus
d. kolkhisin
e. sinar ultraviolet

Support web ini

BEST ARTIKEL