Sunday, February 6, 2011

TEST VIRUS



1. Ilmu tentang Virus disebut…..

a. Virologi
b. Mikologi
c. Kardiologi
d. Ornitologi
e. Iktiologi
2. Virus dalam bahasa latin berarti…..
a. Racun
b. Parasit
c. Pemusnah
d. Penyakit
e. Jarum
3. Orang yang pertama kali menemukan virus adalah…..
a. W.M. Stanley
b. A. Mayer
c. Dmitri Iwanowski
d. Martinus W. Beijerinck
e. Anthony van Leeuwenhoek
4. Bahan dasar virus adalah…..
a. Asam asetat
b. Asam nukleat
c. Asam nitrat
d. Asam oksalat
e. Asam sitrat

5. Ilmuwan yang menemukan bahwa virus penyebab TMV tidak mati ketika terkena alkohol
adalah…..
a. W.M. Stanley
b. A. Mayer
c. Dmitri Iwanowski
d. Martinus W. Beijerinck
e. Anthony van Leeuwenhoek
6. Ilmuwan yang dapat mengkristalkan virus TMV adalah…..
a. W.M. Stanley
b. A. Mayer
c. Dmitri Iwanowski
d. Martinus W. Beijerinck
e. Anthony van Leeuwenhoek
7. Ilmuwan botanis dari Rusia yang menemukan bahwa agen penyebab penyakit Yellow mozaik
berukuran lebih kecil dari bakteri adalah…..
a. W.M. Stanley
b. A. Mayer
c. Dmitri Iwanowski
d. Martinus W. Beijerinck
e. Anthony van Leeuwenhoek
8. Pola struktur vierus adalah Virus …..
a. heksakal dan asimetrik
b. helikal dan asimetrik
c. pentikal dan asimetrik
d. heksakal dan isometrik
e. helikal dan isometrik
Perhatikan gambar di bawah ini untuk pertanyaan nomor 9 - 16
9. DNA ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
10. Bagian yang berfungsi untuk memberi bentuk virus sekaligus sebagai pelindung virus dari
kondisi lingkungan yang merugikan virus ditunjukkan oleh nomor…..
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
11. Bagian yang terdiri atas tubus bersumbat yang dilengkapi benang atau serabut ditunjukkan
oleh nomor…..
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7

12. Bagian yang disebut papan dasar ditunjukkan oleh nomor…..
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
13. Leher virus ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
14. Selubung ekor ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
15. Bagian yang tersusun atas kapsomer ditunjukkan oleh nomor…..
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
16. Bagian yang digunakan virus untuk menempel pada inangnya ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
17. Nukleokapsid adalah gabungan dari…
a. asam asetat dan kapsid
b. asam nukleat dan kapsid
c. nukleus dan asam nukleat
d. nukleus dan asam oksalat
e. nukleus dan asam asetat
18. Virus telanjang adalah
a. virus yang tidak memiliki kapsid
b. virus yang tidak memiliki ekor
c. virus yang tidak memiliki selubung ekor
d. virus yang tidak memiliki sampul virus
e. virus yang tidak memiliki nukleokapsid
19. Daur pada reproduksi virus yang diakhiri dengan hancurnya sel yang ditumpangi (sel inang)
disebut…..
a. Daur Lisolitik
b. Daur Litik
c. Daur Lisogenik
d. Daur Litigenik
e. Daur Lipatik
20. Daur pada reproduksi virus yang mengakibatkan materi genetik virus bergabung dengan
materi genetik sel inang disebut…..
a. Daur Lisolitik
b. Daur Litik
c. Daur Lisogenik
d. Daur Litigenik
e. Daur Lipatik
21. Fase yang ditandai dengan melekatnya ekor virus pada sel bakteri disebut…..
a. Fase Adsorbsi
b. Fase Injeksi
c. Fase Sintesis
d. Fase Asemblin
e. Fase Litik
22. Setelah membentuk lubang pada sel bakteri maka virus akan memasukkan asam inti (DNA)
ke dalam tubuh sel bakteri. Hal ini terjadi pada fase…..
a. Fase Adsorbsi
b. Fase Injeksi
c. Fase Sintesis
d. Fase Asemblin
e. Fase Litik
23. Penghancuran dinding sel bakteri dengan enzim lisoenzim oleh virus setelah proses perakitan
selesai terjadi pada fase…..
a. Fase Adsorbsi
b. Fase Injeksi
c. Fase Sintesis
d. Fase Asemblin
e. Fase Litik
24. Perakitan bagian-bagian virus yang telah terbentuk menjadi virus sempurna terjadi pada
fase…..
a. Fase Adsorbsi
b. Fase Injeksi
c. Fase Sintesis
d. Fase Asemblin
e. Fase Litik
25. Setelah menempel, virus mengeluarkan enzim lisoenzim (enzim penghancur) sehingga
terbentuk lubang pada dinding bakteri untuk memasukkan asam inti virus. Hal ini terjadi
pada fase…..
a. Fase Adsorbsi
b. Fase Injeksi
c. Fase Sintesis
d. Fase Asemblin
e. Fase Litik
26. Jumlah virus yang terbentuk dalam satu kali daur litik adalah…..
a. 1-2 buah
b. 10-20 buah
c. 100-200 buah
d. 1000-2000 buah
e. 10000-20000 buah
27. Virus TMV adalah penyebab mozaik pada daun…..
a. Tembakau
b. Tebu
c. Teratai
d. Tunas Bambu
e. Tomat
28. Virus CVPD menyerang tanaman…..
a. Belimbing
b. Apel
c. Jeruk
d. Anggur
e. Jambu
29. Virus NCD merupakan penyebab penyakit tetelo pada …..
a. Anjing
b. Kucing
c. Ayam
d. Babi
e. Kambing
30. Virus penyebab penyakit rabies adalah…..
a. Paramyxovirus
b. Coronavirus
c. Orthomyxovirus
d. Retrovirus
e. Rhabdovirus
31. Virus Tungro ditularkan melalui…..
a. Kepik
b. Lebah
c. Kecoa
d. Siput
e. Wereng Coklat
32. Virus H5N1 menyerang…..
a. Ular
b. Kelelawar
c. Merak
d. Katak
e. Paus
33. Virus H1N1 menyerang…..
a. Pinguin
b. Kelelawar
c. Merak
d. Katak
e. Babi
34. Potato Yellow Mazaik Virus menyerang tumbuhan…..
a. Singkong
b. Ubi
c. Kentang
d. Talas
e. Bawang
35. Virus Tomato Yellow Mozaik adalah virus yang menyebabkan mozaik pada…..
a. Akar Tomat
b. Batang Tomat
c. Daun Tomat
d. Bunga Tomat
e. Buah Tomat
36. Diantara virus hepatitis, virus hepatitis yang paling berbahaya adalah…..
a. Virus Hepatitis A
b. Virus Hepatitis B
c. Virus Hepatitis C
d. Tidak ada yang berbahaya
e. Tidak ada jawabannya
37. Virus polio menyerang anak-anak umur…..
a. 1-5 tahun
b. 6-10 tahun
c. 6-9 tahun
d. 7-10 tahun
e. 10-12 tahun
38. Penyebab Influenza adalah virus…..
a. Cowpox
b. Adenovirus
c. Retrovirus
d. Rhabdovirus
e. Orthomyxovirus
39. Penyebab AIDS adalah virus…..
a. Cowpox
b. Adenovirus
c. Retrovirus
d. Rhabdovirus
e. Orthomyxovirus
40. Virus penyebab cacar api dan cacar air adalah…..
a. H5N1 dan H1N1
b. Adenovirus dan Orthomyxovirus
c. Retrovirus dan Rhabdovirus
d. Virus Polymoa dan Poliovirus
e. Virus Variola dan Herpesvirus varicella
41. Virus HIV adalah virus kompleks yang mempunyai ……….. di dalam intinya.
a. 2 molekul DNA
b. 2 molekul RNA
c. 1 molekul RNA dan 1 molekul DNA
d. 2 molekul RNA dan 2 molekul RNA
e. 1 molekul RNA atau 1 molekul DNA
42. DBD disebabkan oleh virus…..
a. Aedes aegypti
b. Variola
c. Anopheles
d. Dengue
e. NCD
43. Gejala awal AIDS ditandai oleh pembesaran…..
a. nodus limfa
b. pembuluh vena
c. pembuluh kapiler
d. pembuluh nadi
e. pembuluh arteri
44. Gondongan disebabkan oleh …..
a. Paramyxovirus
b. Poliovirus
c. Coronavirus
d. Retrovirus
e. Adfenovirus
45. Vaksinasi oral ditemukan oleh…..
a. Jonas Salk
b. Edward Jenner
c. Carl Woese
d. Anthony van Leeuwenhoek
e. George Mendel
46. Manusia secara alamiah dapat membentuk zat anti virus di dalam tubuhnya yang disebut…..
a. Antibodi
b. Antivirus
c. Interbodi
d. Interferon
e. Antiferon
47. Vaksin yang digunakan sebagai perlindungan bagi penyakit kanker hati mematikan adalah….
a. Vaksin Hepatitis A
b. Vaksin Hepatitis B
c. Vaksin Hepatitis C
d. Vaksin MMR
e. Vaksin Varicella
48. Virus Ebola adalah virus yang menyerang…..
a. Sel Darah
b. Sel Otot
c. Sel Saraf
d. Sel Kulit
e.Sel Tulang
49. Bovine papillomavirus adalah penyebab tumor pada…..
a. Sapi
b. Ayam
c. Manusia
d. Katak
e. Ikan
50. Virus yang menyerang jamur disebut…..
a. Mycovirus
b. Fungivirus
c. Zygovirus
d. Paravirus
e. Zoovirus
-->


INFORMASI AIDS
  • Hunam Immunodeficiency Virus
Penyebab AIDS
  • Melemahkan sistem kekebalan atau perlindungan tubuh
AIDS Acquired Immune Deficiency Syndrome
  • Kumpulan beberapa gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV

Penularannya Dapat Melalui


  • Memakai Jarum suntik, Jarum Tatto, Jarum tindik bekas orang lain yang mengandun darah orang yang terinfeksi HIV.
  • Melakukan hubungan seks (anal, oral, vaginal) tanpa menggunakan kondom yang menyebabkan luka, sehingga bercampurnya darah atau cairan kelamin dengan orang yang sudah terinfeksi HIV
  • Menerima transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV.
  • Ibu yang terinfeksi HIV positif kepada bayi dalam kandungan, pada saat melahirkan dan menyusui.
  • Memakai Jarum suntik, Jarum Tatto, Jarum tindik bekas orang lain yang mengandun darah orang yang terinfeksi HIV.
  • Melakukan hubungan seks (anal, oral, vaginal) tanpa menggunakan kondom yang menyebabkan luka, sehingga bercampurnya darah atau cairan kelamin dengan orang yang sudah terinfeksi HIV
  • Menerima transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV.
  • Ibu yang terinfeksi HIV positif kepada bayi dalam kandungan, pada saat melahirkan dan menyusui.
Virus HIV yang menularkan terdapat dalam
  • Darah orang yang terinfeksi HIV
  • Cairan kelamin (sperma) yang terinfeksi HIV
  • Air Susu ibu yang terinfeksi HIV
Pencegahan yang dapat dilakukan dengan :

  • Tidak melakukan hubungan sex sama sekali
  • Setia pada pasangan masing-masing
  • Gunakan Kondom apabila melakukan hubungan sex yang beresiko
  • Tidak menggunakan Narkoba sama sekali
  • Kalau masih menggunakan Narkoba jangan menggunakan narkoba yang disuntikkan
  • Kalau tidak bisa berhenti dari narkoba yang disuntikkan, gunakan jarum yang steril, tidak berganti-ganti.
  • Apabila menerima transfusi donor darah pastikan darah tersebut sudah di screening.
Terapi Antiviral Retroviral (ARV)
  • Terapi Anti Viral (ARV) adalah terapi untuk menekan penggandaan virus HIV dengan obat-obatan dan mengharapkan kekebalan tubuh pulih kembali.
  • Obat yang disebut ARV itu tidak membunuh virus melainkan hanya memperlambat pertumbuhan virus.
  • HIV disebut juga retrovirus sehingga obat-obatan ini disebut sebagai terapi antiretroviral (ART).
  • Sebagian besar dokter beranggapan bahwa Odha mulai mengkonsumsi antiretroviral dengan mempertimbangkan 4 hal, yaitu
  1. Bila vira load diatas 55.000
  2. Kadar CD4 dibawah 200
  3. Gejala infeksi oportunistik yang muncuk, seperti kandidiasis (jamur mulut), TBC, dll.
  4. Kesiapan orang yang bersangkutan untuk memakai ARV.
TES CD4
  • CD4 adalah bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Ketika HIV menginfeksi manusia
  • Sel CD4 lah yang diserang.
  • HIV masuk dan menjadi bagian dari sel CD4
  • Sehingga ketika sel CD4 menggandakan diri untuk melawan infeksi apapun
  • CD4 juga membuat tiruan HIV.
  • ini yang membuat HIV berkembang dengan cepat.
  • Setelah lama terinfeksi HIV, jumlah sel CD4-nya menurun.
  • ini tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita semakin rusak.
  • semakin rendah jumlah CD4, semakin mungkin terserang penyakit lain.
  • Jumlah CD4 normalnya berkisar antara 500-1600. untuk Odha,
  • jumlah CD4 dapat menjadi sangat rendah, sampai nol.
  • Jumlah CD4 berubah-ubah tergantung kelelahan, stress dan jam beberapa contoh darah diambil. infeksi juga dapat mempengaruhi jumlah CD4,
  • sebaiknya jangan tes CD4 dalam 2 minggu setelah pulit dari infeksi atau vaksinasi.
TES VIRAL LOAD
  • Tes viral load adalah tes untuk mengetahui jumlah virus HIV dalam darah.
  • Hasil tes viral load yang terbaik bagi Odha adalah "tidak terdeteksi".
  • Ini bukan berarti tidak ada virus dalam darah, melainkan bahwa jumlah virus yang ada tidak cukup untuk ditemukan dan dihitung pada saat tes.
  • Semakin rendah viral load, semakin baik. Ini artinya Odha dapat hidup lebih lama dan lebih sehat.
Infeksi Oportunistik
  • Kuman penyakit umumnya ada dalam tubuh
  • namun tidak menumbulkan penyakit karena dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat
  • Ketika kekebalan tubuh menurun akibat HIV, tubuh tidak dapat lagi melawan kuman penyakit
  • Kuman-kuman tersebut lalu memanfaatkan kesempatan (opportunity) untuk berkembang.
  • Penyakit yang disebabkan kuman yang memanfaatkan kesempatan tadi disebut Infeksi Oportunistik
NOTE



APA ITU VIRUS?


  • IA MEMILIKI SIFAT MAKHLUK HIDUP, NAMUN IA PUN DAPAT DIKRISTALKAN (DIMATIKAN SEMENTARA), SEDANGKAN TAK ADA SATU SEL HIDUP PUN YANG DAPAT DIKRISTALKAN TANPA MENGALAMI KERUSAKAN.
  • DIA ADALAH VIRUS, YANG LEBIH KECIL DARI SEMUA JENIS SEL YANG ADA DI BUMI INI, NAMUN DAPAT MEMBERIKAN DAMPAK YANG BESAR BAGI KEHIDUPAN.
  • VIRUS ATAU “VIRION” ATAU “RACUN” TIDAK DAPAT DIKLASIFIKASIKAN SEBAGAI SEL KARENA VIRUS TIDAK MEMILIKI NUKLEUS DAN SITOPLASMA.
  • VIRUS DAPAT BERADA DI LUAR SEL ATAU DI DALAM SEL.
  • DI LUAR SEL VIRUS MERUPAKAN PARTIKEL SUBMIKROSKOPIS YANG MENGANDUNG ASAM NUKLEAT YANG DIBUNGKUS OLEH PROTEIN DAN KADANG MENGANDUNG MAKROMOLEKUL LAIN.
  • DI DALAM SEL, KHUSUSNYA SEL HIDUP, VIRUS DAPAT MEMPERBANYAK DIRI.
  • VIRUS DAPAT SEBAGAI AGEN PENYAKIT (AGENTS OF DISEASE) DAN AGEN HEREDITAS (AGENTS OF HEREDITY).
  • SEBAGAI AGEN PENYAKIT, VIRUS DAPAT MENGINFEKSI SEL DAN AKAN MENYEBABKAN PERUBAHAN DALAM SEL, MENYEBABKAN GANGGUAN FUNGSI SEL, ATAU MENYEBABKAN KEMATIAN.
  • SEBAGAI AGEN HEREDITAS, VIRUS DAPAT MENYEBABKAN PERUBAHAN GENETIK DALAM SEL DAN BIASANYA TIDAK MEMBAHAYAKAN BAHKAN BERMANFAAT.

CIRI - CIRI VIRUS

  • TIDAK BERBENTUK SEL, KARENA TIDAK MEMPUNYAI PROTOPLASMA, DINDING SEL, SITOPLASMA, DAN NUKLEUS.
  • DAPAT DIGOLONGKAN SEBAGAI BENDA MATI, KARENA DAPAT DIKRISTALKAN DAN TIDAK MEMPUNYAI PROTOPLASMA.
  • DAPAT DIGOLONGKAN BENDA HIDUP, KARENA MEMILIKI KEMAMPUAN METABOLISME, REPRODUKSI, DAN MEMILIKI ASAM NUKLEAT.
  • HANYA DAPAT BERKEMBANG BIAK DI DALAM SEL ATAU JARINGAN YANG HIDUP.
  • ORGANISME SUBRENIK HANYA DAPAT DILIHAT DENGAN MIKROSKOP ELEKTRON.
  • VIRUS BERASAL DARI BAHASA LATIN VENOM YANG BERARTI CAIRAN YANG BERACUN.
  • BERSIFAT PARASIT.
  • VIRUS TERDIRI DARI BAGIAN PUSAT YANG MENGANDUNG ADN ATAU ARN DIKELILINGI OLEH SELUBUNG ATAU CAPSID DARI PROTEIN.
  • CAPSID DIBANGUN OLEH BERIBU-RIBU MOLEKUL PROTEIN.
  • KAPSOMER (CAPSOMERE) MEMPUNYAI BENTUK BERMACAM-MACAM SEPERTI PRISMA, HEKSAGONAL, PENTAGONAL.
  • STRUKTUR TAMBAHAN LAINNYA, YAITU SELUBUNG VIRUS YANG MENYELUBUNGI KAPSID DAN BERFUNGSI UNTUK MENGINFEKSI INANGNYA.
  • SELUBUNG INI TERBENTUK DARI FOSFOLIPID DAN PROTEIN SEL INANG SERTA PROTEIN DAN GLIKOPROTEIN YANG BERASAL DARI VIRUS ITU SENDIRI.
  • TIDAK SEMUA VIRUS MEMLIKI STRUKTUR TAMBAHAN INI, ADA BEBERAPA YANG MEMILIKINYA, MISALNYA VIRUS INFLUENZA.
  • VIRUS HANYA TERDIRI DARI MATERI GENETIK BERUPA DNA ATAU RNA YANG DIKELILINGI OLEH SUATU PROTEIN PELINDUNG YANG DISEBUT KAPSID.
  • KAPSID DIBANGUN OLEH SUBUNIT-SUBUNIT YANG IDENTIK SATU SAMA LAIN YANG DISEBUT KAPSOMER.
  • BENTUK KAPSOMER-KAPSOMER INI SANGAT SIMETRIS DAN SUATU SAAT DAPAT MENGKRISTAL.
  • PADA BEBERAPA VIRUS, SEPERTI VIRUS HERPES DAN VIRUS INFLUENZA, DAPAT PULA DILENGKAPI OLEH SAMPUL ATAU ENVELOPE DARI LIPOPROTEIN (LIPID DAN PROTEIN). PEMBUNGKUS INI MERUPAKAN MEMBRAN PLASMA YANG BERASAL DARI SEL INANG VIRUS.
  • SUATU VIRUS DENGAN MATERI GENETIK YANG TERBUNGKUS OLEH PEMBUNGKUS PROTEIN DISEBUT PARTIKEL VIRUS PARTIKEL VIRUS ATAU VIRION.

EVOLUSI ITU ADA

EVOLUSI


Evolusi : proses perubahan pada mahkluk hidup yang berlangsung lama . terjadi perubahan sedikit demi sedikit menuju ke arah yang sempurna. maka jika ada perubahan itu cepat kita sebut Revolusi. OK

Konsep Evolusi
  1. Skalanya populasi bukan individu artinya perubahan harus dalam skala populasi (sekumpulan individu yang berubah), Jika hanya individu maka individu itu cacat
  2. Dari yang sama menuju ke yang berbeda artinya dari populasi yang sama terjadi variasi dan dilanjutkan ke speciasi
  3. Proses perubahan lambat bergradasi sehingga bisa dibandingkan dan terjadi perubahan
  4. Irreversible karena menuju ke hal yang sempurna tentu tidak bisa kembali lagi ke semula .
Jenis evolusi
  1. Evolusi progesif -----> Evolusi yang memungkinkan keturunan bertahan hidup (survive)
  2. Evolusi regresif -----> evolusi yang memungkinkan terjadi kepunahan sehingga tidak berlangsung lagi proses evolusi karena kepunahan ( Dinosaurus)

Charles Darwin

  • Pencetus teori evolusi Charles Darwin (1809 - 1892)
  • Dakam bukunya yang berjudul “On the ofiginof species by means of natural selection” atau “The preservation of favored races in the struggle for life”.ia menuliskan evolusi setelah melakukan perjalanan menggunakan kapal The Beagle ke Amerika Selatan
  • Buku yang kemudian menciptakan teori Seleksi Alam yang memang harus diakui kehebatannya bahwa dengan situasi alam yang terbatas baik ruang dan makanan yang tersedia mahkluk hidup diajari untuk struggle atau survive dan fight agar keberadaannya tetap di lingkungan

Apakah Evolusi itu ada ?

Temtu dengan perkembangan Zaman ke belakang kita untuk bisa percaya itu perlu Bukti maka ini kami sajikan Bukti atau Petunjuk dari Evolusi

Petunjuk Petunjuk Adanya Evolusi

  • Petunjuk Petunjuk Adanya Evolusi adalah suatu fakta fakta yang ada di lingkungan yang bisa menjelaskan peristiwa evolusi itu ada

1. Homologi
  • alat tubuh yang mempunyai bentuk dan struktur yang sama karena fungsinya ketika di lingkungan hal yang sama tadberbeda namui menjadi berbeda .
  • misalnya Tangan manusia , Sayap burung , Kaki depan hewan tetrapoda , Sirip dada paus
  • empat organ itu sebenarnya sama karena tersusun dari tulang dengan komposisi sama yaitu humerus , Radius , Ulna dan Carpal , meta Carpal dan Phalanges .
  • Karena berada di lingkungan dengan Perannya masing masing maka menjadi berbeda fungsinya sehingga menjadi berbeda performance nya OK
Analogi
  • alat-alat tubuh yang mempunyai bentuk dasar yang berbeda namun karena peran di lingkungan tidak peduli sebelumnya berbeda menjadi sama
  • Contoh Sayap kupu dan Burung yang strukturnya beda ( kupu = pelebaran kulit , Burung dari tulang ) yang ternyata menjadi sama yaitu bisa untuk terbang
  • Jadi analogi struktur asal yang dulunya beda menjadi sama peran
  • Untuk analogi tidak bisa sebagai bukti karena konsep evolusi dari yang sama menjadi beda

2. Embriologi Perbandingan
  • Embrio hewan bersel banyak kelompok Vertebrata mengalarni kesamaan perkembangan embrio,
  • Ke lima kelompok Vertebrata ( PARAM) sama dari proses terbentuknya embryo
  • Terbentuknya embryo kelompo PARAM itu berasal dari dari zygot hasil fertilisasi sperma dan sel telur yang sama sama satu sel yang sulit untuk dibedakan
  • Kemudian sama sama Zygotnya sebelum terbentuk embryo melakukan pembelahan yang terus menerus melalui satdium Morula - Blastula - Gastrula yang membentuk lapisan embryonal Triploblastik
  • Setelah Gastrula itulah ke lima berbeda karena kemampuan Totipotensi mempunyai tujuan yang berbeda OK
  • berbeda dalam hal adaptasi waktu , Adaptasi ukuran , dan kekomplekan
  • Kesimpulannya sebenarnya PARAM itu pernah sama mulai dari Zygot sampai Gastrula tetapi setelah itu berbeda
  • Karena Pernah sama menjadi beda itulah sesuai Konsep evolusi sehingga Embryologi perbandingan sebagai nukti OK

  • Ernest Haeckel, mengatakan tentang adanya peristiwa ulangan ontogeni yang serupa dengan peristiwa filogeninya, dia sebut teori rekapitulasi.
  • Cotoh: adanya rekapitulasi adalah perkembangan terjadinya jantung pada mamalia yang dimulai dengan perkembangan yang menyerupai ikan, selanjutnya menyerupai embrio amfibi, selanjutnya menyerupai perkembangan embrio reptil.
3, Petunjuk-petunjuk dari alat tubuh yang tersisa ( Rudimenter)
  • Alat-alat yang tersisa dianggap sebagai bukti adanya proses evolusi, alat-alat ini sudah tidak berguna namun ternyata masih dijumpai.
  • Tidak mungkin suatu organ yang diciptakan hanya untuk acecoris belaka , tentu dulunya dipastikan berfungsi baik namun karena perubahan zaman , lingkungan maka menyebabkan organ yang sebelumnya berfungsi itu menjadi tidak berperan .
Contoh Organ Rudimenter Pada manusia yang terjadi geseran fungsi sehingga terjadi perubahan itu antara lain :
  1. selaput mata pada sudut mata sebelah dalam
  2. tulang ekor
  3. gigi taring yang runcing
  4. Otot penggerak daun telinga
  5. Kelenjar susu laki laki
  6. Umbai caccing ( usus buntu)
4. Petunjuk-petunjuk Paleontologi berupa Fosil
  • Adanya Fosil jelas bisa digunakan sebagai Bukyi evolusi karena dengan diketemukan Fosil itu dipastikan dulu ada suatu kehidupan
  • Dengan diketemukan fosil dapat digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi dengan cara di.bandingkan Fosil fosil sejenis itu dengan kehidupan yang ada sekarang
  • Contoh : Urutan fosil kuda: dari Eohippus (kuda zaman Eosin) Þ Mesohippus Þ Merychippus Þ Pliohippus Þ Equas (kuda zaman sekarang).
5. Adanya Variasi pada setiap mahkluk hidup
  • Adanya Variasi sebenarnya kita bisa pahami bahwa evolusi itu ada
  • Adanya Variasi menunjukkan proses speciasi akan terjadi
  • Adanya Speciasi jika berbeda dari yang masih hidup dan ternyata tidak bisa menurunkan keturunan yang fertil maka mahkluk hidup itu terjadi perubahan
  • Adanya perubahan di pastikan ada Evolusi
  • Kalai sekarang ada Trend mengatakan Evolusi itu Bulshit juga sangat emosi
  • Apa yang saya katakan disini Jika tidak terjadi evolusi maka Special Creation Teori penciptaan oleh Tuhan menjadi sangat tidak efektif karena dipastikan Tuhan akan menciptakan populasi baru secara terus menerus Kun Fayakun yang tidak pernah berrhenti . misalnya di manusia terjadi penciptaan minimal 3 kali Manusia yaitu seri fosil manusia Kera Afrika Selatan , Manusia Purba , Manusia Modern karena Volume otaknya berbeda , belum Seri padi yang setiap kali dalam waktu yang pendek muncul .
  • Diyakini Penciptaan Tuhan hanya sekali ketika alam sudah diselesaikan kemudian diisi oleh biotiknya , dam biotik yang diciptakan sederhana sesuai alamnya .
  • Tentu Pemikiran ini sebagai dasar keyakinan kami , Penciptaam terjadi oleh Tuhan ( Special Creation) dengan Apa yang diinginkan jadi jadilah* Kun FayaKun * kemudian Penciptaan itu dibiarkan oleh Nya untuk ber Evolusi .
  • Spwcial Creatuin kita yakini ada dan Evolusi juga ada kan menjadi baik OK

6. Perbandingan Fisiologi
  • Telah diketahui ada kemiripan dalam faal antara pelbagai makhluk mulai dari mikroorganisme sampai manusia, misalnya :
  1. kemiripan dalam kegiatan pernafasan.
  2. pembentukan ATP dan penggunaannya dalam pelbagai proses kehidupan adalah serupa pada hampir semua organisme.

7. Petunjuk-petunjuk Secara Biokimia
  • Digunakan uji presipitin yang pada dasarnya adanya reaksi antara antigen-antibodi.
  • Banyaknya endapan yang terjadi sebagai akibat reaksi tersebut digunakan untuk menentukan jauh-dekatnya hubungan antara organisme yang satu dengan yang lainnya.
8. Petunjuk-petunjuk Peristiwa Domestikasi
  • Menguhah tanaman dan hewan liar menjadi tanaman dan hewan yang dapat dikuasai dan bermanfaat sesuai dengan keinginan manusia adalah akibat dari peristiwa domestikasi.
  • Contoh: penyilangan burung-burung merpati, sehingga dijumpai adanya 150 variasi burung, yang di antaranya begitu berbeda hingga dapat dianggap sebagai spesies berbeda.
Petunjuk Lingkungan

Pendapat Teilhard de Chardin mengenai proses evolusi
Proses evolusi dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu:

  1. Tahap Geosfer
  2. Tahap Biosfer
  3. Tahap neosfer
1. Tahap Geosfer:
  • Tahap ini adalah tahap pra-hidup, tahap perubahan yang terutama menyangkut perubahan tata surya.
2. fahap Biosfer:
  • Kalau ada tahap geosfer yang menjadi masalah adalah adanya “loncatan” dari materi tak hidup menjadi “materi” hidup, maka pada tahap biosfer yang dimasalahkan adalah “loncatan” munculnya manusia.

3. Tahap Nesosfer:
  • Menurut Teilhard, yang penting pada makhluk hidup dalam hal ini manusia adalah terjadinya evolusi mengenai kesadaran batinnya yang semakin mantap.
  • isharmanto - biologigonz.blogspot.com

Saturday, February 5, 2011

POLYGAMI SESUNGGUHNYA

Apapun yang dilakukan , Apapun pangkatnya , Apapun jenis kelaminnya , Apapun status sosial, agama , kewarganegaraan dan Berapapun Umurnya sesungguhnya, kita punya 4 isteri dalam hidup ini. Waduh hehehe

Isteri ke-4 itu adalah TUBUH kita.

  • Seberapa banyak waktu dan biaya yang kita keluarkan untuk tubuh kita supaya tampak indah , gagah charming , imajinatif dll.
  • Semua ini akan hilang dalam suatu batas waktu dan ruang ( Malthus)
  • Tak ada keindahan dan kegagahan yang tersisa saat kita menghadap kepada-Nya.

Isteri yang ke-3 kita adalah STATUS SOSIAL DAN KEKAYAAN.

  • Saat kita meninggal,
  • Semuanya akan meninggalkan kita dan pergi kepada yang lain.
  • Mereka akan berpindah dan melupakan kita yang pernah memilikinya.
  • Sebesar apapun kedudukan kita dalam masyarakat dan sebanyak apapun harta kita,semua itu akan berpindah tangan dalam waktu sekejap ketika kita tiada.

Sedangkan isteri ke-2, yakni KERABAT DAN TEMAN.

  • Seberapa pun dekat hubungankita dengan mereka
  • Kita tak akan bisa terus bersama mereka.
  • Hanya sampai liang kuburlah mereka menemani kita, kalaupun itu mau

Dan sesungguhnya siapa isteri pertama kita

isteri pertama kita adalah JIWA DAN AMAL KITA.

  • Sebenarnya hanya jiwa dan amal kita sajalah yang mampu untuk terus setia mendampingi kemana pun kita melangkah.
  • Menemani dengan kesetiaan tanpa jarak semilipun
  • Menemani tanpa ragu , tanpa pamrih dan mengada ada
  • Hanya ditemani dialah kita berpulang kepada Nya
  • Dari dialah kita ditemani dan ditolong dan diselamatkan serta dimuliakan derajad kita .

Jadi, selagi mampu, punya waktu , ada kesempatan dan muda serta sehat

  • Perlakukanlah jiwa kita dengan bijak serta jangan pernah malu untuk berbuat amal,
  • Lakukanlah pertolongan kepada sesama yang membutuhkan. Betapa pun kecilnya bantuan itu
  • Share dan tebarkan kebaikan kita tanpa berhitung baik ilmu , kekayaan materi dan kesanggupan kita
  • Yakinkan bahwa share itu akan menjadi sangat berarti bagi mereka yang memerlukannya.

Mari kita belajar memperlakukan jiwa dan amal kita dengan bijak dan sebaik baiknya .......injih pak Kiai

SOAL EKOLOGI SMP 9

A. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !

01. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut …
a. ekosistem
b. ekologi
c. komunitas
d. populasi

02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem :
  1. rumput, air, udara
  2. udara, tanah, air
  3. batu, semut, oksigen
  4. oksigen dan air
  5. karbondioksida dan oksigen
yang termasuk komponen abiotik adalah …
a. 1,2,3
b. 1,4,5
c. 2,4,5
d. 3,4,5

03. Perhatikan gambar !



Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah …
a. hutan
b. di atas pohon
c. di udara
d. semak belukar


04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah …
a. hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
b. ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi
d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu

05. Perhatikan gambar !


Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut …
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem

06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi ...
a. individu, komunitas, populasi, bioma
b. spesies, genus, familia, ordo
c. produsen, konsumen, dekomposer
d. konsumen, autotrof, heterotrof

07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu …
a. tanah, arus, cahaya matahari
b. cahaya matahari, cuaca, tanah
c. tanah, pasang surut, kadar garam
d. suhu, gelombang, letak geografis

08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada …
a. jenis makanannya
b. cara mencerna makanannya
c. cara menangkap makanannya
d. tempat memperoleh makanannya

09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah …
a. tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk
b. penghijauan terhadap tanah yang gundul
c. manusia membutuhkan air dan oksigen
d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring

10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah …
a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati
b. air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia
c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman
d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah

11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena …
a. daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos
b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen
c. bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman
d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah

12. Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber …
a. oksigen dan makanan
b. karbondioksida dan makanan
c. nitrogen dan makanan
d. oksigen dan karbondioksida

13. Tanaman air dalam akuarium berguna untuk :
a. memperindah akuarium
b. agar akuarium tampak hijau
c. menyediakan oksigen bagi ikan
d. menyerap kotoran ikan

14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sebuah ekosistem disebut …
a. pemangsa
b. hukum rimba
c. komensalisme
d. rantai makanan

15. Singa dan harimau dengan rusa di padang rumput. 



Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau disebut …
a. kompetisi
b. predasi
c. simbiosis
d. rantai makanan

16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut …
a. netralisme
b. predasi
c. simbiosis
d. kompetisi

17. Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem :

  1. ikan hiu dan ikan remora
  2. benalu dengan pohon mangga
  3. bunga dan lebah
  4. akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium
  5. kerbau dan burung jalak
  6. manusia dan kutu rambut
  7. sapi dan cacing hati
Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah …
a. 1,3,4,
b. 1,2,6,
c. 4,5,7
d. 3,4,5,

18. Dalam ekosistem air terdapat :

  1. anak ikan mujair
  2. fitoplankton
  3. lele
  4. zooplankton
Urutan rantai makanan yang benar adalah …
a. 2-3-4-1
b. 2-4-1-3
c. 2-4-5-1
d. 4-3-2-1

19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut !

Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah …
a. burung, ular, kucing
b. tikus, kucing, burung
c. kelinci, ulat, sapi
d. bakteri, belalang, burung

20. Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah …
a. produsen
b. konsumen I
c. konusmen II
d. konsumen III

21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali
a. memelihara hewan langka di rumah
b. budidaya kultur jaringan
c. penangkapan hewan musiman
d. sistem tebang pilih

22. Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain :
a. penebangan hutan untuk lahan perumahan
b. penangkapan ikan dengan jaring
c. penebangan hutan untuk lahan pertanian
d. perburuan binatang liar

23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila …
a. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam
b. terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia
c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem
d. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem

24. Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut …

a. kebun binatang
b. cagar alam
c. hutan lindung
d. suaka margasatwa

25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain …
a. penangkapan ikan dengan pukat harimau
b. penebangan hutan secara liar
c. perburuan hewan-hewan liar
d. gunung meletus

 

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT !
  1. Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem. Jelaskan mengapa terjadi demikian !
  2. Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ?
  3. Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ?
  4. Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ?
  5. Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ?

LAYIHAN LAGI
 
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !

01. IPA disebut juga sains yang terdiri dari …
a. Fisika, Kimia, Sosiologi
b. Farmasi, Kimia, Biologi
c. Fisika, Kimia, Biologi
d. Psikologi, Fisika, Biologi

02. IPA merupakan ilmu yang mempelajari …
a. Hubungan antar manusia
b. Alam semesta dan interaksi yang terjadi di dalamnya
c. Bumi dan bentang alamnya
d. Galaksi dan tata surya

03. Cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari tumbuhan, hewan, dan lingkungan berturut-turut adalah …
a. Biologi, fisiologi, ekosistem
b. Botani, zoologi, ekologi
c. Taksonomi, botani, ekologi
d. Zoologi, botani, morfologi


04. Berikut ini merupakan kelompok abiotik yaitu :
a. Air, udara, tanah, bakteri
b. Suhu, kelembaban, virus, telur
c. Cahaya, suhu, udara, mineral
d. Tanah, air, api, spora

05. Perhatikan data berikut !

  1. Es meleleh ketika dipanaskan
  2. Burung bertelur untuk melestarikan keturunannya
  3. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari setelah turun hujan
  4. Daun putri malu mengatup ketika disentuh
Data yang menunjukkan gejala alam biotik adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

06. Berikut ini merupakan contoh faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik, yaitu :
a. Tumbuhan memerlukan cahaya dan karbondioksida untuk berfotosintesis
b. Ikan memerlukan air untuk minum dan tempat hidupnya
c. Cacing tanah mengeluarkan kotoran dan membuat rongga-rongga dalam tanah sehingga dapat menyuburkan tanah
d. Tanaman strawberry perlu suhu udara yang dingin untuk tumbuh dan berbuah dengan baik

07. Berikut ini merupakan contoh faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik, yaitu :
a. Ketika berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen
b. Hewan mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah
c. Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik
d. Daun-daun yang berserakan di permukaan tanah akan membusuk dan membentuk humus

08. Kegiatan menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan disebut …
a. penafsiran
b. analisis
c. memprediksi
d. penyelidikan

09. Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian sering disebut dengan …
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

10. Langkah pertama dalam pelaksanaan metode ilmiah adalah ….
a. Mengumpulkan data
b. Merumuskan masalah
c. Mengambil hipotesis
d. Melakukan eksperimen

11. Langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah ….
a. Perumusan masalah
b. Eksperimen
c. Menarik kesimpulan
d. Mengumpulkan data

12. Tujuan utama penggunaan metode ilmiah adalah :
a. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia
b. Mengubah sikap manusia menjadi lebih ilmiah
c. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya penemuan-penemuan baru
d. Meningkatkan penggunaan teknologi baru

13. Jawaban sementara dari permasalahan yang akan dipecahkan disebut …
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. eksperimen
d. rumusan masalah

14. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk :
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

15. Tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian adalah agar …
a. Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain
b. Menunjukkan kemampuan kita kepada publik
c. Mempererat hubungan ilmuwan dengan masyarakat
d. Mencari keuntungan dari hasil publikasi

16. Pernyataan berikut yang bukan fakta adalah :
a. Batang tampak beruas-ruas
b. Mahkota bunga berjumlah ganjil
c. Bunganya berbau sedap
d. Penyerbukan terjadi karena adanya serangga

17. Langkah-langkah metode ilmiah :

  1. Merumuskan masalah
  2. Melakukan pengamatan dan mengumpulkan data
  3. Melakukan eksperimen/percobaan
  4. Merumuskan hipotesis/dugaan sementara
  5. Menarik kesimpulan
  6. Menguji kesimpulan dengan mengulang percobaan lagi
Urutan langkah-langah metode ilmiah yang benar adalah …
a. 1,2,4,3,5,6
b. 2,1,3,4,5,6
c. 1,4,2,3,5,6
d. 2,1,4,3,5,6

18. Pak Budi ingin meneliti tentang penyebab kematian ikan-ikan di kolamnya. Pak budi menduga bahwa penyebab kematian ikan-ikan tersebut adalah infeksi oleh jamur.
Langkah-langkah metode ilmiah yang telah dilakukan oleh Pak budi tersebut telah sampai pada tahap …
a. Menemukan masalah
b. Mengumpulkan data
c. Merumuskan hipotesis
d. Menarik kesimpulan

19. Variabel dalam sebuah percobaan yang dapat diubah-ubah disebut :
a. Variabel kontrol
b. Variabel bebas
c. Variabel terikat
d. Variabel pengganggu

20. Variabel bebas pada percobaan tentang “pengaruh jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan lele” adalah :
a. Jumlah pakan yang diberikan
b. Jenis pakan yang diberikan
c. Waktu pemberian pakan
d. Jenis dan usia ikan lele

21. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali :
a. Mencintai kebenaran dan ulet
b. Teliti dan hati-hati
c. Ingin tahu dan optimis
d. Manipulasi dan pesimis

22. Data hasil eksperimen yang tidak disajikan dalam bentuk angka disebut data :
a. Kualitatif
b. Kuantitatif
c. Primer
d. Sekunder

23. Pengukuran suhu menggunakan termometer akan menghasilkan data yang bersifat ….
a. Fisika
b. Kimia
c. Kualitatif
d. Kuantitatif

24. Perhatikan data berikut !

  1. Warna bunganya kuning
  2. Lebar daunnya 4 cm – 5 cm
  3. Batangnya kuat
  4. Jumlah kelopak bunganya enam
Data pengamatan di atas yang bersifat kuantitatif adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

25. Pada sebuah penelitian diambil rumusan masalah : “Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan biji”.
Hipotesis dari masalah tersebut adalah …
a. Cahaya tidak berpengaruh terhadap perkecambahan biji
b. Cahaya berpengaruh terhadap perkecambahan biji
c. Cahaya mempercepat perkecambahan biji
d. Cahaya memperlambat perkecambahan biji


B. JAWABLAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN TEPAT !

  1. Sebutkan 5 cabang ilmu biologi disertai pengertiannya !
  2. Jelaskan pengertian biotik dan abiotik !
  3. Beri 3 contoh gejala alam biotik yang ada di sekitar kita !
  4. Beri 3 contoh faktor biotik yang mempengaruhi abiotik !
  5. Jelaskan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara lengkap!
  6. Jelaskan perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif !
  7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas ! Beri 1 contoh !
  8. Jelaskan mengapa dalam setiap percobaan perlu adanya variabel kontrol!
  9. Buatlah sebuah hipotesis dari percobaan tentang “pengaruh temperatur air terhadap kecepatan pernafasan ikan”!
  10. Sebutkan 5 sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti!

Support web ini

BEST ARTIKEL