Thursday, June 23, 2011

PLANER GENETIKAI SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Jenjang Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA

Kelas / Semester : IX / I

Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )




Standar Kompetensi :

  • Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar :

  • Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya

Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya.
  2. Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih.
  3. Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Karakter siswa yang diharapkan


  • Disiplin ( Discipline )
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )
  • Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran

  • Pewarisan sifat / Genetika

Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
  2. Metode : Diskusi Informasi
  3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

Langkah-langkah Pembelajaran


Pertemuan Pertama dan kedua :

Kegiatan Pendahuluan


Motivasi :
  • Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami sifat morfologi organisme.

Kegiatan Inti :

Eksplorasi
  • Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
  • Dalam kegiatan elaborasi
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa diminta untuk membuktikan hokum segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
  • Siswa diminta diskusi tentang
  1. Test Cross
  2. Persilangan hybrid
  3. Penerapan Ilmu Genetika
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
  • Dalam kegiatan konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  1. Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. Membantu menyelesaikan masalah
  3. Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING

Kegiatan Penutup
  • Dalam kegiatan penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Media Pembelajaran



Alat dan bahan

Sumber Belajar
  1. Buku IPA
  2. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
  3. http://www.biologigonz.blogspot.com

Penilaian


Mengetahui Jakarta , Juli 2011

Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi



Wednesday, June 22, 2011

PLANER SYSTEM REPRODUKSI SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Jenjang Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : IPA Terpadu

Kelas / Semester : IX / I

Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )



Standar Kompetensi

  • Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar :

  • Mendeskripsikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
  3. Siswa dapat membandingkan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
  4. Siswa dapat menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan sel.
  5. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan
  6. Siswa dapat membandingkan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.

Karakter siswa yang diharapkan

  1. Disiplin ( Discipline )
  2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  3. Tekun ( diligence )
  4. Tanggung jawab ( responsibility )
  5. Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran

  1. Reproduksi Vegetatip
  2. Reproduksi Generatip

Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
  2. Metode : Diskusi Informasi.
  3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif

Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan Pendahuluan


Motivasi :
  • Apakah perbedaan antara vegetatip dan generatip ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat memahami cirri-ciri makhluk hidup
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
  • Dalam kegiatan elaborasi
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa diminta untuk menentukan cara reproduksi organisme
  • Siswa diminta diskusi tentang
  1. Vegetatip pada tumbuhan.
  2. Vegetatip pada hewan
  3. Generatip pada tumbuhan
  4. Generatip pada hewan.
  5. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
  • Dalam kegiatan konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  1. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. membantu menyelesaikan masalah
  3. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING

Kegiatan Penutup
  • Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Media Pembelajaran

Alat dan bahan

Sumber Belajar

  1. Buku IPA Terpadu
  2. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
  3. http//www.biologigonz.blogspot.com
Penilaian

Mengetahui Jakarta , Juli 2011


Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi

Support web ini

BEST ARTIKEL