RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah           :  SMP
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi
- Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
 
Kompetensi Dasar :
- Mendeskripsikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
 
- Siswa dapat menjelaksan konsep reproduksi vegetatip dan generatip.
 - Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
 - Siswa dapat membandingkan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
 - Siswa dapat menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan sel.
 - Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan
 - Siswa dapat membandingkan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.
 
Karakter siswa yang diharapkan 
- Disiplin ( Discipline )
 - Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 - Tekun ( diligence )
 - Tanggung jawab ( responsibility )
 - Ketelitian ( carefulness)
 
Materi Pembelajaran
- Reproduksi Vegetatip
 - Reproduksi Generatip
 
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
 - Metode : Diskusi Informasi.
 - Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
 
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Apakah perbedaan antara vegetatip dan generatip ?
 
- Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
 
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
 - Siswa dapat memahami cirri-ciri makhluk hidup
 - Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
 - memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
 - melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
 - memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
 
Elaborasi
- Dalam kegiatan elaborasi
 - Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
 - Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
 - Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
 - Siswa diminta untuk menentukan cara reproduksi organisme
 - Siswa diminta diskusi tentang
 
- Vegetatip pada tumbuhan.
 - Vegetatip pada hewan
 - Generatip pada tumbuhan
 - Generatip pada hewan.
 - Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
 
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
 - Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
 - Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
 - Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
 - Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
 - Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
 
Konfirmasi
- Dalam kegiatan konfirmasi
 - Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
 - memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
 - memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
 - memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
 
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
 - membantu menyelesaikan masalah
 - memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
 - memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
 - memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
 
Kegiatan Penutup
- Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
 - Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
 - Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 - Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
 
Media Pembelajaran
Alat dan bahan
Sumber Belajar
- Buku IPA Terpadu
 - Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
 - http//www.biologigonz.blogspot.com
 

Mengetahui                                                            Jakarta , Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi
Kepala Sekolah Guru Mapel Biologi
No comments:
Post a Comment