Friday, July 18, 2014

REFLEKSI AWAL SEKOLAH 2014

.Ada ribuan argumen untuk mengatakan bahwa pendidikan adalah sesuatu yang amat penting.
Pepatah klasik pun bilang: kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina.
Di zaman kontemporer usai perang dunia ke II, ada kisah di mana Kaisar Jepang yang melihat negaranya luluh lantak, dia tidak menanyakan masih berapa tentara dan amunisi kita,  justru bertanya:
Berapa orang guru yang masih hidup?
Sebuah bangsa yang kala itu disebut fasis namun memiliki pemahaman prioritas yang bahkan jauh lebih unggul meski sudah 70 tahun yang lalu dari apa yang dimiliki bangsa Indonesia pasca pilpres hari ini 
Pendidikan bukanlah sebuah alat “serta merta“, pun keilmuan bukan sebuah tongkat ajaib.
Esensi belajar ke jenjang yang lebih tinggi (baik sarjana, master, maupun doktor) atau pun belajar mandiri bukanlah untuk menambah IQ. Pendidikan yang lebih tinggi tidak serta merta berhubungan dengan IQ.
Jadi, mengapa pendidikan itu sangat penting?
Penting karena dengan pendidikan kita bisa berfikir rasional , kritis dan logis yang tentu ke arah kasih
Sebenarnya benefit utama dari pendidikan adalah pola pikir yang terasah dengan skema dan framework presisi yang tinggi .
"Seorang yang belajar dengan baik akan terbiasa berpikir rasional dan cenderung kritis sebab mereka terbiasa mempertanyakan segala sesuatu yang secara logis."

Hubungan uang dengan Pendidikan 
Uang merupakan Konsekuensi Logis dari Pendidikan, Tapi Bukan Keharusan namun Uang Adalah Pilihan.
Ini yang menyakitkan untuk hidup di kultur kita untu sementara ini di Indonesia hingga 2014 pre Joko Wi 
Terlihat di banyak tempat , bahkan mungkin bisa menjadi kultur kalau dibiarkan , sehingga tterdengar ungkapan Bangsa yang mengaku ramah dan memiliki sopan santun ketimuran ternyata jauh lebih materialistik dari berbagai bangsa lainnya di Eropa , Amerika maupun Australia serta negara Asia sendiri 
Masyarakat selalu mengukur segala sesuatu berdasarkan ukuran materi yang diterima. Inilah salah satu yang menyebabkan pendidikan tersekap dalam peti mati.
Seberapa sering kamu mendengar: “Dia professor dari luar negeri, tapi kenapa mobilnya cuma Avanza?”
Atau:
“Ah pendidikan ga penting, kalau mau kaya tidak perlu kuliah. Banyak kok lulusan SMP saja yang jauh lebih kaya dari kamu yang lulusan S1 PTN.”
Coba bandingkan jika anda berkunjung ke beberapa negara dan bergaul dengan banyak expatriat di Indonesia, justru mereka melihat dari perspektif yang berbeda dari apa yang menjadi kultur di sini. 
Bagi mereka, pendidikan adalah satu hal, uang dan materi adalah hal yang lain. 
Pada banyak negara, mereka memandang akademisi, guru, dan peneliti sama tingginya dengan para pebisnis sukses yang kaya. 
Mungkin karena mereka terbiasa berpikir lebih terbuka bahwa kehidupan tidak bisa diukur dari satu “penggaris uang” saja.
Disinsentif: Itulah Sebab Mengapa Pendidikan Kita Terjerembab,
karena Pengelolaannya Terjerembab dan akhirnya Produk Pendidikan Juga Terjerembab
Andaikata setiap kita berusaha memahami mengapa pendidikan itu sangat penting
Sebagai guru dan akademisi dan peneliti tentu memahami ini sehingga profesi ini jika bener bener dilakukan tanpa pamrih , cerdas , terus belajar, Share knowledge yang prima pasti pejabat Indonesia akan berfikir seperti Kaisar Hirohito yang dijepang itu 70 tahun yang lalu .

  • Berapa Guru yang masih tersisa yang akan bisa mengubah dunia (Inilah sebenarmya Guru berpijak, bukan malah ikutan berhura hura tidak jelas bahwa ia diberikan tugas sebagai Agent of Change)
  • Namanya pengubah tentu harus mempunyai pengetahuan yang cukup, keahlian yang cukup meskipun materi kehidupannya belum cukup, jangan dibalik dengan materi yang cukup aku baru memberikan keahlian yang cukup (Ini basi dan muncul di era ini)
Ini yang saya maksudkan belum siap , nggak mau siap dan tidak mau cerdas hura hura dan tidak memahami ia Agent of change

  • Tak Bisa Membaca, 8 Siswa SD Dikeluarkan Sekolah.

Hanya karena tak bisa membaca, delapan murid kelas 1 Sekolah Dasar di Garut Jawa Barat malah dikeluarkan oleh gurunya. 
Delapan murid SD yang terletak di Kecamatan Cibalang Garut itu merupakan siswa yang baru diterima di sekolah itu pada Senin 14 Juli 2014. Mereka pun terpaksa pulang ke rumah pada saat jam belajar.
Sumi (24 tahun), ibu dari Adrian (7 tahun), mengaku heran begitu anaknya pulang ke rumah di saat jam belajar belum selesai. Betapa kagetnya begitu mendengar alasan anaknya dikeluarkan dari kelas karena tak bisa membaca.
"Anak saya disuruh membaca, tapi anak saya tak bisa membaca huruf "B". Selain anak saya, lima murid lainnya yang juga tak bisa membaca dikumpulkan, kemudian diminta untuk keluar sekolah," kata warga Kampung Ciawi Desa Mekarsari, Kecamatan Cibalong, Kamis 17 Juli 2014.
Sumi kemudian mendatangi pihak sekolah dan menanyakan kebenaran alasan tersebut. Benar saja, saat ditanya ke pihak sekolah, guru dan kepala sekolah justru menyarankan agar Andrian pindah ke sekolah lain karena tak bisa membaca.
"Padahal pagi sebelum berangkat Andrian semangat untuk belajar di kelas. Namun hanya karena tak bisa membaca huruf 'B', Andrian malah dikeluarkan dari sekolah secara sepihak. Saya menyekolahkan anak saya agar bisa membaca. Ini kok dikeluarkan sekolah gara–gara tak bisa baca. Kan aneh," Sumi menjelaskan.
Selain Andrian, yakni Refan, Akbar, Nurul, Hasan, Andi dan dua siswa lainnya dari kampung Simpang Sari, juga dikeluarkan pihak sekolah.
"Alasan dikeluarkannya sama, gara–gara tak bisa baca," kata Sumi.
Sementara itu, Kepala Sekolah Ade Suryana belum bisa dimintai klarifikasinya. Beberapa kali dihubungi sang kepala sekolah memilih bungkam.
Sikap Dinas Pendidikan
Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Garut Cecep Firmansyah mengaku akan menindaklanjuti kasus tersebut.
"Akan kami tindak lanjuti informasi kasus ini. Tapi pada intinya, untuk jenjang sekolah dasar tak boleh ada alasan dikeluarkan, apa pun alasannya," kata Cecep.
Langkah awal, Dinas Pendidikan Garut akan meminta klarifikasi dari guru dan kepala sekolah yang bersangkutan.

Thursday, July 17, 2014

SOAL RESPIRASI BAB 1 KELAS V SD POWERFULL

Ketika saya ditanya ponakan yang sekolah dikelas V SD tentang sistem respirasi, keheranan saya terungkap, cakep banget anak anak sudah diperkenalkan dengan organ tubuhnya, maka pagi ini karena baru semalem ditanya saya postingkan soal itu agar bisa digunakan dimana mana oleh gurunya atau siapa saja misal orang tua siswa hehehe yang mau menggunakan soal itu. Semoga berguna dan bisa dimanfaatkan  



SOAL RESPIRASI

1. Urutan organ pernafasan yang benar dari luar kedalam adalah….
a. Mulut, tenggorokan, paru-paru
b. Hidung , kerongkongan, paru-paru
c. Hidung, tenggorokan, paru-paru
d. Mulut, kerongkongan, paru-paru

2. Pertukaran gas oksigen dan karbondioksida pada saat bernafas pada…
a. Trakea                
b. Alveolus
c. Laring                
d. Bronkiolus

3. Udara yang masuk lewat hidung menjadi bersih karena….
a. Udara yang masuk bukan udara busuk
b. Udara masuk  melalui organ yang normal
c. Udara bereaksi dulu dengan lendir di hidung
d. Udara disaring oleh rambut dan selaput lendir hidung

4. Alat-alat yang tercantum di bawah ini adalah alat pernafasan,kecuali…
a. Hidung            
b. Kerongkongan
c. Tenggorokan        
d. Paru-paru

5. Udara yang bisa didapat saat kita menghembuskan napas sekuat-kuatnya dinamakan udara…
a. Komplementer      
b. Suplementer
c. Tidal                      
d. Residu

6. Tenggorokan berupa pipa terdiri dari…., kecuali
a. Pangkal tenggorokan (laring)
b. Batang tenggorokan (trakea)
c. Cabang batang tenggorokan (bronks)
d. Kerongkongan

7. Agar makanan tidak masuk kedalam tenggorokan maka ditutup oleh katup udara yaitu..
a. Faring                  
b. Pita suara
c. Epiglotis               
d. Bronkus

8. Pada pangkal tenggorokan terdapat…
a. Faring                   
b. Pita suara
c. Epiglotis                
d.  Alveolus

9. Udara yang masuk dan keluar pada saat  berlangsungnya pernafasan disebut…
a. Udara tidal         
b. Udara Suplementer
c. Udara residu     
d. Udara komplementer

10. Diafragma adalah sekat yang membatasi….
a. Rongga dada dan rongga perut
b. Paru-paru dan jantung
c. Paru-paru dan rongga perut
d. Trackea dan laring

11. Fungsi proses pernafasan bagi tubuh adalah sebagai  berikut, kecuali…..
a. Memasukan oksigen
b. Menghasilkan energy untuk proses oksidasi  makanan
c. Mengeluarkan sisa oksidasi yaitu karbondioksida
d. Merawat alat peredaran darah

12. Jika volume udara tidal 500 ml, udara suplementer 1500 ml, udara komplementer 1500 ml, kapasitas total paru-parunya adalah…
a. 3000 ml              
b. 4500 ml
c. 3500 ml              
d. 5000 ml

13. Penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri  mycobacterium  tuberculosis ialah…
a. Influensa        
b. TBC
c. Bronkhitis      
d. Asma

14. Penyumbatan saluran pernafasan yang disebabkan  oleh alergi seperti debu, bulu, rambut ialah penyakit …
a. Emfisema        
b. Kanker paru-paru
c. Asma             
d. Bronkhitis

15. Pernafasan  yang terjadi karena gerakan diafragma  disebut …
a. Pernafasan dada        
b. Pernafasan perut
c. Pernafasan buatan
d. Pernafasan  hidung

16. Urutan organ pernapasan yang benar dari  luar ke dalam adalah ....
a. mulut, tenggorokan, paru-paru
b. hidung, kerongkongan, paru-paru
c. hidung, tenggorokan, paru-paru
d. mulut, kerongkongan, paru-paru

17. Udara yang masuk lewat hidung menjadi bersih karena ....
a. udara yang masuk bukan udara busuk
b. udara masuk lewat organ yang  normal
c. udara bereaksi dulu dengan lendir di hidung
d. udara disaring oleh rambut dan  selaput lendir hidung

18. Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi melalui proses difusi. Jadi dalam hal ini difusi adalah proses pertukaran zat yang berwujud ....
a. cair
b. uap
c. padat
d. Gas

19. Udara yang bisa didapat saat kita mengembuskan napas sekuat-kuatnya dinamakan udara ....
a. komplementer
b. suplementer
c. tidal
d. Residu

20. Fungsi proses pernapasan bagi tubuh adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. memasukkan oksigen
b. menghasilkan energi untuk proses  oksidasi makanan
c. mengeluarkan sisa oksidasi yaitu karbon dioksida
d. merawat alat peredaran darah

21. Tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu ....
a. pangkal, batang, dan cabang tenggorokan
b. akar, batang, dan cabang tenggorokan
c. pangkal, batang, dan ranting tenggorokan
d. akar, cabang, dan ranting tenggorokan

22. Perhatikan gambar berikut.

Tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida adalah ....
a. alveolus
b. bronkeolus
c. bronkus
d. Trakea

23. Proses inspirasi mengakibatkan …
a. otot diafragma berkontraksi
b. tekanan dalam rongga dada bertambah
c. otot-otot tulang rusuk melemas
d. rongga dada mengecil

24. Jika volume udara tidal 500 mL, udara  suplementer 1500 mL, udara komplementer
1500 mL, dan udara residu 1500 mL, kapasitas vital paru-parunya adalah ....
a. 3000 mL
b. 4500 mL
c. 3500 mL
d. 5000 mL

25. Jika darah kekurangan hemoglobin maka  mengakibatkan ….
a. tubuh akan kekurangan darah
b. peredaran darah terganggu
c. oksigen tidak bisa ditukar dengan  karbon dioksida
d. darah akan kekurangan oksigen

26. Diafragma adalah sekat yang membatasi ....
a. rongga dada dan rongga perut
b. paru-paru dan jantung
c. paru-paru dan rongga perut
d. trakea dan laring

27. Pertukaran gas sewaktu bernapas terjadi pada ....
a. trakea
b. alveolus
c. laring
d. Bronkiolus

28. Pada percabangan antara kerongkongan  dan tenggorokan terdapat epiglotis yang
berfungsi sebagai ....
a. katup udara
b. membantu pencernaan
c. katup penutup rongga hidung
d. mengatur suara agar nyaring

29. Alat-alat yang tercantum di bawah ini adalah alat pernapasan, kecuali ....
a. hidung 
b. kerongkongan
c. tenggorokan 
d. paru-paru

30. Meskipun kamu menghembuskan nafas  kuat-kuat, udara di dalam paru-paru masih
tetap ada. Volume udara ini disebut ....
a. udara komplementer
b. kapasitas vital
c. kapasitas total
d. udara residu

31. Memasukkan udara ke dalam saluran  pernapasan disebut ..
a. Inspirasi
b. Respirasi
c. Ekspirasi
d. Oksidasi

32. Pernapasan dibantu dengan kontraksi  otot-otot diafragma disebut ...
a. Pernapasan perut
b. Pernapasan dada
c. Pernapasan diafragma
d. Pernapasan otot.

33. Organ yang berperan saat pernapasan  perut adalah ….
a. diagfragma
b. rongga dada
c. tulang rusuk
d. paru-paru

34. Kapasitas vital paru-paru adalah ….
a. volume udara maksimum yang dapat keluar atau masuk paru-paru sekuatkuatnya
b. volume seluruh udara yang dapat mengisi atau masuk ke alat-alat pernapasan
c. volume udara yang terdapat dalam seluruh alat pernapasan
d. volume udara yang dikeluarkan oleh seluruh alat pernapasan

35. Berikut ini gangguan pada pernapasan, kecuali ….
a. TBC
b. pilek
c. influenza
d. Muntaber

DETAIL

Alat Pernapasan manusia

Alat-alat pernapasan pada manusia meliputi :


  1. Hidung. Hidung merupakan organ pertama yang dilalui oleh udara. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut dan selaput lendir, yang berfungsi sebagai penyaring, penghangat, dan pengatur kelembaban udara yang akan masuk ke paru-paru. Sebaiknya bernapas selalu melalui hidung. Mengapa demikian ?  Pernahkah kalian merasa susahnya bernapas lewat hidung ketika flu ?
  2. Faring. Faring (tekak) merupakan persimpangan antara kerongkongan dan tenggorokan. Terdapat katup yang disebut epiglotis (anak tekak) berfungsi sebagai pengatur jalan masuk ke kerongkongan dan tenggorokan. Pernahkah kalian tersedak makanan ? Coba pikirkan apa penyebabnya ?
  3. Laring. Laring adalah pangkal tenggorokan, terdiri atas kepingan tulang rawan membentuk jakun dan terdapat celah menuju batang tenggorok (trakea) disebut glotis, di dalamnya terdapat pita suara dan beberapa otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi.
  4. Trakea (Batang Tenggorok). Berupa pipa yang dindingnya terdiri atas 3 lapisan, yaitu lapisan luar terdiri atas jaringan ikat, lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan, dan lapisan dalam terdiri atas jaringan epitelium besilia. Terletak di leher bagian depan kerongkongan
  5. Bronkhus. Merupakan percabangan trakea yang menuju paru-paru kanan dan kiri. Struktur bronkhus sama dengan trakea, hanya dindingnya lebih halus. Kedudukan bronkhus kiri lebih mendatar dibandingkan bronkhus kanan, sehingga bronkhus kanan lebih mudah terserang penyakit
  6. Bronkheolus. Bronkheolus adalah percabangan dari bronkhus, saluran ini lebih halus dan dindingnya lebih tipis. Bronkheolus kiri berjumlah 2, sedangkan kanan berjumlah 3, percabangan ini akan membentuk cabang yang lebih halus seperti pembuluh.
  7. Alveolus. Berupa saluran udara buntu membentuk gelembung-gelembung udara, dindingnya tipis setebal selapis sel, lembab dan berlekatan dengan kapiler darah. Alveolus berfungsi sebagai permukaan respirasi, luas total mencapai 100 m2 (50 x luas permukaan tubuh) cukup untuk melakukan pertukaran gas ke seluruh tubuh.
  8. Paru-paru. Berjumlah sepasang terletak di dalam rongga dada kiri dan kanan. Paru-paru kanan memiliki 3 lobus (gelambir), sedangkan paru-paru kiri memiliki 2 lobus (gelambir). Di dalam paru-paru ini terdapat alveolus yang berjumlah ± 300 juta buah.  Bagian luar paru-paru dibungkus oleh selaput pleura untuk melindungi paru-paru dari gesekan ketika bernapas, berlapis 2 dan berisi cairan.


Support web ini

BEST ARTIKEL