Tuesday, January 6, 2015

SEPUTAR PERTANYAAN UN SD

No
Nama Hewan
Ciri Khusus
Tempat Hidup
Cara Hidup
1
Elang
1.       Memiliki paruh yang melengkung untuk merobek mangsanya.
2.       Memiliki kaki dengan cakar yang kuat berbentuk kait untuk mencengkram dan meremukkan mangsa.
Umumnya elang hidup di daerah pegunungan kecuali elang laut yang hidup di tebing tinggi pinggir pantai.
Elang mempunyai penglihatan yang tajam untuk mencari mangsanya. Setelah menemukan mangsanya, elang memburu mangsanya dan mencengkeramnya.
2
Lemur
1.       Memiliki ekor yang panjang untuk bergelantungan dari pohon ke pohon
2.       Memiliki mata yang dapat memantulkancahaya di malam hari disertai dengan suaratangis/teriakan.
Hutan dengan pohon-pohon yang besar (hutan rimba lebat)
Lemur bergerak ke sana kemari dalam hutan rimba lebat untuk mencari makan seperti serangga, buah , kacang-kacangan, telur burung, dan burung muda. Ekornya yang luwes digunakan untuk memegang dahan.
3
Kelelawar
Menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya (ekolokasi)
Gua-gua yang lembab dan gelap atau di pohon-pohon yang tinggi
Kelelawar mencari makan pada malam hari dan tidur pada siang hari. Kelelawar tidur dengan keadaan menggantung terbalik.
4
Bebek
1.       Memiliki kaki yang pendek
2.       Di sela-sela kaki terdapat selaput tipis yang membantunya berenang dan memudahkannya berjalan di lumpur.
3.       Bentuk paruh pipih dan lebar yang memudahkan untuk mencari cacing di balik lumpur.
Di air terutama di perairan dangkal.
Bebek termasuk jenis unggas yang dapat berenang. Bebek mencari makan di darat dan di air.  Bentuk kaki yang pendek dan berselaput memudahkan bebek untuk berenang. 
5
Unta
1.       Memiliki punuk berisi lemak yang dapat dipecah menjadi makanan dan air
2.       Memiliki dua jari kaki yang bersatu untuk mencegah tenggelam di dalam pasir.
3.       Memiliki dua baris bulu mata untuk melindungi mata dari pasir dan matahari.
Di padang pasir.
Unta hidup di padang pasir yang panas.  Untuk itu unta harus dapat beradaptasi dengan suhu yang tinggi. Unta menyimpan makanan dan minumnya pada punuknya. Sehingga Unta bisa tahan makan selama berhari-hari.
6
Kangguru Merah
Memiliki kantung pada perutnya untuk menyimpan anaknya selama kurang lebih delapan bulan.
Di dataran yang kering seperti di bagian tengah benua Australia.
Kangguru merah memakan rumput dan tumbuhan lain. Kangguru dapat bertahan tanpa minum dalam waktu lama asalkan bisa memakan tanaman yang mengandung air.
Kangguru merah bergerak dengan cara melompat.
7
Jerapah
1.       Memiliki leher panjang untuk memakan tunas dan daun muda pada pohon-pohon yang tinggi.
2.       Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepala untuk mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala.
Padang Sabana
Memakan pucuk-pucuk daun yang ada dipohon yang tinggi.
Untuk menghindari hewan pemangsa (karnivora), jerapah menggerakkan kepalanya kedepan dan kebelakang dan menggulungkan ekornya.  Jerapah berlari dengan cara menggerakkan bagian kiri kaki depan dan belakang terlebih dahulu kemudain bagian kanan kaki.
8
Cicak





1.       Telapak kaki cicak memiliki lapisan lengket yang tampak seperti guratan-guratan yang berguna untuk merayap di dinding.
2.       Memiliki lidah yang panjang dan lengket sehingga saat cicak menjulurkan lidahnya serangga dapat segera lengket.
Rumah dan pohon.
Cicak bergerak dengan cara merayap di dinding.
Makanannya berupa serangga seperti nyamuk.
9
Lele


Memiliki misai untuk mengambil ikan-ikan kecil dibalik  ikan kecil lumpur untuk dimakan.
Di sungai atau perairan air tawar
Lele memakan ikan-ikan kecil di balik lumpur.  Lele menjulurkan misainya untuk menunggu ikan kecil menyentuhnya.  
10



Laba-laba
Memiliki jaring-jaring yang dibuat dari bahan pembuat jaring yang berasal dari organ khusus didalam abdomen yang disebut alat antih
Di gua-gua
Laba-laba memiliki pengelihatan yang buruk sehingga laba-laba menggunakan jaring untuk menangkap dan menjebak mangsanya.
Laba-laba mengandalkan indra peraba untuk memeriksa apakah ada mangsanya pada jaring.  Indra peraba yang paling peka terdapat pada kaki.  Kaki laba-laba dapat menangkap getaran lembut sekalipun.
11.
Pinguin
Memiliki bulu tebal dan lemak yang terdapat pada bagian bawah lapisan kulit.
Di daerah kutub.
Penguin hidup di daerah dingin.  Bulu tebal dan lemak yang dimilikinya berfungsi seperti baju yang berlapis-lapis.  Penguin hidup berkelompok dan saling mendekatkan diri. Tujuannya agar tidak banyak panas yang dikeluarkan dan terlindung dari udara dingin.
12
Rubah Artik








Memiliki telinga yang kecil dan tubuh berwarna putih.
Daerah bersuhu rendah
Rubah artik adalah hewan karnivora yang hidup di daerah bersuhu rendah/dingin. Telinga yang kecil dan tubuh yang berwarna putih membuat rubah artik mampu menjaga panas agar tidak banyak keluar dari tubuh.
13
Ikan Gelodok
Dapat berjalan di daratan atau memanjat pohon.
Di daerah payau atau hutan bakau
Ikan gelodok hidup di daerah payau yang memiliki salinitas (kadar garam) yang tinggi. Ikan gelodok dapat berjalan di daratan dan memanjat pohon bakau.  Di daratan mereka akan bergerak meloncat-loncat. Ikan gelodok memiliki ukuran kecil dan gerakan yang sangat lincah.
14
Burung Hantu
1.       Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.
2.       Memiliki bulu yang halus dan lembut.
Hutan
Burung hantu mencari mangsa pada malam hari dengan mengandalkan penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.  Saat berburu burung hantu mengeluarkan suara yang membuat takut mangsanya. Dengan pendengarannya yang tajam burung hantu dapat menemukan letak mangsanya.  Bulu yang halus dan lembut membuat burung hantu dapat terbang tanpa suara dan menyambar mangsanya dengan diam-diam.
15
Armadilo
1.       Memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap serangga kecil.
2.       Memiliki cakar yang kuat untuk merobek sarang semut atau seranga lainnya.
3.       Dapat menggulung badannya seperti bola.
Hutan-hutan di Amerika Selatan.
Armadilo merupakan mamalia yang bersisik.  Juga disebut sebagai hewan penggali. Makanannya berupa serangga, cacing, telur, reptil kecil, hewan ampihi, dan buah-buahan. 
Armadilo memiliki indra penglihatan yang buruk sehingga mengandalkan indra penciuman dalam mencari mangsanya.

No
Nama Tumbuhan
Ciri Khusus
Tempat Hidup
Cara Hidup
1
Bunga Teratai
1.       Memiliki daun yang bundar dan lebar untuk menyerap banyak sinar matahari.
2.       Batang teratai memiliki rongga-rongga udara di dalamnya.
Danau atau kolam
Teratai adalah tanaman yang tumbuh di air. Tangkai teratai tumbuh tegak sehingga bunganya menyembul ke luar permukaan air. Batang teratai berongga dan berisi udara sehingga membantu teratai tetap mengapung di air.
2
Venus Flytrap
1.       Daunnya dipenuhi cairan nektar.
2.       Memiliki dua helai daun yang menyatu pada salah satu sisinya.
3.       Memiliki rambut-rambut sensitif pada permukaan daun.
4.       Dapat mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga yang terjebak.
Di hutan-hutan
Venus flytrap termasuk tanaman insektivora.  Cairan nektar pada daun menarik perhatian serangga. Serangga menyentuh rambut sensitif pada daun sehingga daun mengatup. Kemudian daun mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga. Serangga ini berguna sebagai tambahan nitrogen bagi kehidupan venus flytrap.
3
Kantong Semar
Memiliki bentuk daun seperti guci dan terdapat  ceruk di bagian dalam yang berisi cairan.
Di hutan-hutan
Kantong semar termasuk tanaman insektivora. Serangga yang lewat akan menghampiri daun kantong semar karena tertarik dengan warna dau baunya.  Ketika hinggap serangga akan terpeleset dan masuk ke dalam ceruk.  Kantong semar akan mengeluarkan cairan asam untuk mencerna serangga
4
Bakau
Memiliki akar napas atau pneumatoforayang menyembul ke permukaan air dan memiliki lubang kecil yang dapat menyerap udara pada waktu air surut
Perairan air asin
Tumbuhan bakau dapat bertahan hidup di air asin karena akarnya dapat menyaring sebagian besar garam dan air yang diserap.  Kelebihan garam dibawa ke daun dan dikeluarkan ke permukaan.  Hutan bakau sangat berguna untuk mencegah abrasi.
5
Kaktus
1.       Daun berbentuk duri.
2.       Memiliki akar yang sangat panjang.
Gurun pasir
Kaktus tumbuh di daerah yang kering dan tandus.  Daun yang berbentuk duri berfungsi untuk mengurangi penguapan.  Akar yang panjang berfungsi untuk menyerap air sebanyak-banyaknya pada saat hujan turun. Hal ini membuat kaktus dapat bertahan hidup di lingkungan yang tandus dan gersang.
6

Jarum Tusam

1.       Memiliki daun berbentuk jarum.
2.       Memiliki epidermis yang tebal sehingga dapat hidup di berbagai iklim.
Dapat hidup di berbagai iklim.
Tusam memiliki daun berbentuk berbentuk jarum dengan hanya memiliki satu urat daun di tengah jarum yang berfungsi untuk mengangkut air dan nutrien.  Daun tusam memiliki klorophil untuk berfotosintesis dan stomata untuk respirasi dan transpirasi.
7
Teratai Nyiru Raksasa
1.       Daun disangga oleh tangkai batang yang panjang dan kokoh.
2.       Pada permukaan daun terdapat urat-urat daun yang kuat
Perairan danau dan sungai di Amerika Selatan.
Teratai nyiru raksasa adalah tumbuhan yang hidup di air.  Akar teratai nyiru raksasa terbenam di dasar danau yang berlumpur pekat. Daunnya agak membengkok ke atas untuk mendorong daun-daun di sekitarnya. Daun teratai nyiru raksasa dapat menyangga anak kecil yang ditaruh di atas daun tanpa takut tenggelam.
8
Bunga Bangkai
Memiliki bau yang sangat busuk
Di hutan tropis
Bunga bangkai berbau sangat busuk.  Karena baunya yang mirip bangkai hewan, lalat bangkai berdatangan dan bertelur di dalam bunga.  Ketika merayap ke dalam bunga, kaki dan badan lalat tertempeli serbuk sari.  Jenis bunga bangkai yang berbau paling busuk adalah bunga bangkai ”Arum Kuda Mati”
9
Kelapa
Buah kelapa dilindungi kulit sabut yang tebal dan ringan.
Di dataran rendah dan dataran tinggi
Kelapa tumbuh di tepi pantai.  Buah kelapa yang masak berjatuhan ke laut dan dihanyutkan oleh ombak.  Karena terlindung kulit sabut yang tebal dan ringan, kelapa dapat tahan terapung di laut selama berminggu-minggu. Akhirnya kelapa terdampar di pantai seberang dan mulai bertunas.
10
Bambu
Memiliki batang yang berbuku-buku/beruas-ruas
Daerah tropis
Bambu adalah tumbuhan yang paling cepat tumbuh.  Karena pada bambu jaringan meristem terdapat pada setiap buku.  Pada tunas rebung terdapat sekitar 60 buku. Jadi rebung dapat tumbuh 60 kali lebih cepat daripada tumbuhan lain.


Pengelompokkan Hewan

1.   Berdasarkan jenis makanannya
Herbivora (pemakan tumbuhan)

  • ·         Herbivora adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti daun, kayu, biji, buah, bunga, dan lain sebagainya. Contoh Binatang herbivor adalah kambing, unta, kerbau, kelinci, burung dara, sapi, kelinci, kerbau, kuda, dll.
Carnivora (pemakan daging)

  • ·        Carnivora adalah jenis binatang yang memakan makanan yang berasal dari tubuh hewan lainnya seperti daging, darah, dan sebagainya. Hewan ini disebut juga sebagai hewan predator. Contoh hewan carnifora adalah singa, macan, harimau, cheetah, piranha, burung bangkai, burung pemakan serangga, ikan arwana, dan lain sebagainya.
Omnivora (pemakan segala)

  • ·         Omnivora adalah jenis hewan yang memakan makanan keduanya baik tumbuhan maupun hewan. Binatang ini makan silih berganti antara keduanya. Contoh binatang omnivor adalah yakni tikus, ikan mas, ikan mujair, ayam, dan lain-lain.

2.  Berdasarkan tempat hidupnya
Hewan yang hidup di darat

  • ·         Contoh : cacing, kambing, harimau, unta, sapi, kucing, dll
Hewan yang hidup di air

  1. ·         Contoh : ikan, udang, cumi-cumi, dll
Hewan yang hidup di darat dan di air (amphibi)

  • ·         Contoh : katak dan buaya
3.   Berdasarkan penutup tubuhnya
Hewan bersisik

  • ·         Contoh : ikan dan ular
Hewan berbulu

  • ·         Contoh : burung

Hewan berlendir

  • ·         Contoh : cacing, belut
Hewan berambut

  • ·         Contoh : kera, kucing, dll
4.   Berdasarkan alat geraknya
Bergerak menggunakan kaki

  • ·         Contohnya : gajah, bebek
Bergerak menggunakan sayap

  • ·         Contohnya : belalang, burung
Bergerak menggunakan perut

  • ·        Contoh : bekicot
Bergerak menggunakan perut dan kaki

  • ·         Contoh : Buaya, kadal, ular
5.   Berdasarkan cara perkembangbiakannya
Ovipar (hewan bertelur)

  • ·         Contoh : buaya, bebek, ayam, penyu, burung, dll
Vivipar (hewan beranak)

  • ·         Contoh : paus, lumba-lumba, sapi, kerbau, kambing, kelelawar, kelinci, dll
Ovovivipar (hewan yang bertelur dan beranak)

  • ·         Contoh :ikan pari, kadal, beberapa jenis ular, dll

Bertelur (ovivar)
Melahirkan (vivivar)
Langsung mengeluarkan telur
Mengandung anaknya dalam rahim
Janin tumbuh di dalam telur
Janin tumbuh di dalam rahim
Cadangan makan janin dari telur
Cadangan makanan janin langsung   dari induknya melalui plasenta
Individu baru muncul dari dalam telur (telur menetas)
Individu baru dikeluarkan (dilahirkan) dari rahim/tubuh induknya.
Tidak memiliki daun telinga
Memiliki daun telinga
Tidak memiliki bulu (rambut)
Memiliki bulu (rambut)
Tidak memiliki kelenjar susu
Memiliki kelenjar susu
Tidak menyusui anaknya
Menyusui anaknya

Hewan yang tidak kawin dan tidak mempunyai tulang belakang adalah Hydra. 
Hydra merupakan hewan yang berkembangbiak dengan tunas.

Pengelompokkan Tumbuhan
1.   Berdasarkan bentuk tulang daunnya
Menyirip

  • ·         Contoh : daun mangga dan daun jambu
Melengkung

  • ·         Contoh : Daun waru dan daun sirih
Menjari

  • ·         Contoh : daun pepaya dan daun singkong
Sejajar

  • ·         Contoh : daun tebu dan daun jagung
2.   Berdasarkan tempat hidupnya
Tumbuhan yang hidup di darat

  • ·         Contoh : padi, jagung, rambutan
Tumbuhan yang hidup di air

  • ·         Contoh : eceng gondok, teratai
Tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain

  • ·         Contoh : benalu, tali putri, dan anggrek
3.   Berdasarkan bentuk akarnya
Akar tunggang

  • ·         Contohnya : bayam, jambu, mangga, dll
Akar serabut

  • Contohnya : padi, tebu, jagung, dll
CARA REPRODUKSI

  1. Perkembangbiakan secara Kawin (Generatif) : Contoh : mangga, jeruk, jambu, bunga sepatu, dll
  2. Perkembangbiakan secara Tidak Kawin (Vegetatif)
Perkembangbiakan Vegetatif Alami

  1. Umbi Lapis
  2. Umbi Batang
  3. Tunas
  4. Rhizoma
  5. Geragih (Stolon)
  6. Spora
Perkembangbiakan Vegetatif Buatan
Setek

  • Contoh : singkong, mawar, dan tumbuhan lidah mertua.
Sambung (enten)

  • Contoh : Mangga dengan variasi batang mangga yang manis besar dan akar yang kuat meski mangga itu manis dienten
Cangkok

  • Contoh : mangga, jambu, dll
Tempel (Okulasi)

  • Contoh Mangga harumanis di okulasi mangga manalagi  
Merunduk

  • Contoh : Apel
Kultur jaringan

  • Teknik Pengembangan vegetatif cepat dan menghasilkan turunan yang seragam contoh : membuat bibit kelapa sawit , anggrek dll

Reproduksi Hewan  
Ada 5 (lima) cara perkembangbiakan hewan :
1.  Bertelur (ovivar)
Ciri-cirinya :

  • Perkembangan embrionya makanan dipenuhi oleh telurnya 
  • Telurnya menetas di luar tubuh induknya
  • telur yang dikeluarkan relatif besar karena harus ada makanan untuk pekembangan embryonya
2.       Beranak (vivipar)
Ciri-cirinya :

  • Perkembangan embrionya berlangsung di dalam tubuh induknya
  • Berdaun telinga
  • berambut 
  • Mempunyai diafragma /sekat rongga dada 
  • Memiliki kelenjar susu
3.  Bertelur dan melahirkan (ovovivipar)
Ciri-cirinya :

  • Pembuahan terjadi di dalam tubuh hewan betina.
  • Setelah pembuahan terbentuklah telur.
  • Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut.
  • Makanan zigot adalah cadangan makanan di dalam telur.
  • Embrio tumbuh menjadi janin didalam telur .
  • Janin dilahirkan dari induk betina dalam bentuk anak disertai cangkang telur.
  • Contoh Kadal , Ular Boa , Hiu 
4.  Fragmentasi (pemotongan bagian tubuh)
Ciri-cirinya :

  • Mampu membentuk individu baru dari bagian potongan tubuhnya
  • Contoh : Cacing Planaria, Bintang laut
5.  Tunas
Ciri-cirinya :

  • Membentuk tunas dari tubuh induknya yang menonjol
  • Contoh : Hydra 

PERAN HEWAN DAN TUMBUHAN 


Manfaat Hewan

  1. Sebagai penghasil bahan makanan Berupa daging dan telur
  2. Penghasil bahan sandang Contohnya : kain sutera berasal dari serat kepompong dan ulat sutera, wol berasal dari serat rambut domba, kulit ular bisa dibuat jaket, dompet, ikat pinggang, dll
  3. Sebagai bahan obat-obatan Contohnya : kulit bekicot dapat dijadikan obat tumor, cacing dapat mengobati maag, TBC, dsb.

Manfaat Tumbuhan
1.  Sebagai penghasil bahan makanan

  • Contoh : batang pohon sagu, jagung (tepung maiziena), bayam, bunga turi, buah mangga, buah belimbing, padi, biji kedelai, tebu untuk bahan baku pembuatan gula, dsb
2.  Sebagai penghasil bahan obat-obatan

  • Akar alang-alang untuk mengobati panas dalam
  • Daun jambu biji digunakan untuk mengobati diare
  • Daun pegagan untuk mengobati batu ginjal
  • Daun kumis kucing untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • Daun sirih untuk mengobati gatal-gatal
  • Kulit batang kina untuk mengobati penyakit malaria
  • Buah mengkudu sebagai obat penurun tekanan darah tinggi
  • Lidah buaya untuk nutrisi tubuh dan vitamin bagi tubuh
3.   Sebagai penghasil berbagai bahan kebutuhan 

  • Serat kapas untuk membuat kain katun
  • Tumbuhan kem untuk pembuatan bahan pakaian
  • Lidah buaya untuk membuat sampo dan sabun mandi
  • Getah pohon karet untuk membuat ban, sandal, balon, dll
  • Serat kayu untuk bahan pembuatan kertas
  • Santan kelapa untuk membuat minyak goreng
  • Buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  • Daun suji untuk memberi warna makanan
  • Kayu cendana untuk bahan minyak wangi
4.         Sebagai penghasil bahan bangunan

  • Kayu jati sebagai bahan meubler
  • Pelepah lontar sebagai atap rumah
  • Bambu sebagai bahan pembuatan rumah, dsb.

5. Penggunaan tanaman diberbagai daerah 

  1. Masyarakat Maluku memanfaatkan batang tanaman sagu sebagai bahan makanan
  2. Masyarakat Pulau Timor dan Pulau Alor memanfaat pelepah lontar sebagai atap rumah
  3. Masyarakat Madura memanfaatkan jagung (tepung maiziena) sebagai bahan makanan
  4. Buah nanas untuk melunakkan daging
  5. Masyarakat Gunung Kidul membuat tepung gaplek dari singkong untuk bahan makanan
  6. Masyarakat Yogyakarta dan Surakarta memanfaatkan lerak untuk mencuci pakaian batik sehingga warna batik tidak mudah luntur
  7. Masyarakat Madura memanfaatkan sapi dalam acara karapan sapi yang bertujuan untuk menarik wisatawan dan hiburan, dll.
SYSTEM GERAK

1.       Tengkorak
2.       Tulang Belakang
3.       Tulang Dada (Rusuk)
4.       Tulang Bahu
5.       Tulang panggul
6.       Tulang Anggota gerak atas (tangan)
7.       Tulang Anggota gerak bawah

ORGAN PERNAFASAN

Alat pernapasan manusia terdiri dari 
  1. hidung
  2. pangkal tenggorokan
  3. batang tenggorokan
  4. paru paru.
2. Hidung

  • Hidung merupakan alat pertama yang dilalui udara dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selaput lendir. Rambut dan selaput lendir berguna untuk menyaring udara, mengatur suhu udara yang masuk agar sesuai dengan suhu tubuh, dan mengatur kelembapan udara.
2. Pangkal Tenggorokan (Laring)

  • Setelah melewati hidung, udara masuk ke pangkal tenggorokan (laring) melalui faring. Faring adalah hulu kerongkongan. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dan rongga hidung ke tenggorokan (laring) udara masuk ke batang tenggorokan (trakea).
  • Pada daerah tekak, yaitu di langit langit mulut bagian belakang terdapat anak tekak. Pada pangkal tenggorokan (laring) terdapat katup yang disebut epiglottis. Ketiak kita bernapas, epiglotis terbuka dan anak tekak melipat ke bawah bertemu epiglottis. Udara akan masuk melalui melalui pangkal tenggorokan. Ketika kita menelan , epiglottis menutup pangkaal tenggorokan dan makanan akan masuk ke kerongkongan (esofagus). Tetapi jika kita menelan dan epiglottis belum menutup, makanan dan minuman akan masuk ke tenggorokan. Saat itu kita tersedak.
  • Pangkal tenggorokan (laring) terdiri atas keeping tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun tersusun atas tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan , gelang tulang rawan.
  • Pada pangkal tenggorokan terdapat selaput suara. Selaput suara akan bergetar bila terhembus udara dari paru-paru.

3. Batang Tenggorokan (Trakea)

  • Batang tenggorokan terletak di daerah leher, di depan kerongkongan. 
  • Batang tenggorokan merupakan pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan. 
  • Panjang batang tenggorokan sekitar 10 cm. 
  • Dinding dalamnya dilapisi selaput lendir yang sel-selnya berambut getar. 
  • Rambut-rambut getar berfungsi untuk menolak debu dan benda asing yang bersama udara. 
  • Akibat tolakan secara paksa tersebut kita akan batuk atau bersin.
4. Cabang Batang Tenggorokan (Bronkus)

  • Batang tenggorokan bercabang menjadi dua bronkus, yaitu bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Kedua bronkus menuju ke paru-paru. 
  • Di dalam paru-paru, bronkus bercabang menjadi bronkiolus. 
  • Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus sedangkan sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. 
  • Cabang-cabang yang paling kecil masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. 
  • Dinding alveolus mengandung kapiler darah. 
  • Melalui kapiler-kapiler darah di alveolus inilah oksigen dari udara di ruang alveolus akan berdifusi ke dalam darah.
5. Paru-paru

  • Paru-paru terletak di rongga dada di atas sekat diafragma. 
  • Diafragma adalah sekat rongga badan, yang membatasi rongga dada dan rongga perut. 
  • Paru-paru terdiri dari dua bagian, yaitu paru-paru kiri dan kanan. 
  • Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir sedangkan paru-paru kiri memiliki dua gelambir.
  • Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pleura. 
  • Selaput paru-paru terdiri dari dua lapis. 
  • Selaput paru-paru membungkus alveolus-alveolus. 
  • Jumlah alveolus kurang lebih 300 juta buah. 
  • Luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali dari luas permuklaan tubuh manusia.
  • Volume udara di dalam paru-paru orang dewasa lebih kurang 5 liter. 
  • Kemampuan paru-paru menampung udara diebut dengan daya tampung paru-paru atau kapasitas paru-paru. 
  • Volume udara yang dipernapaskan oleh tubuh tergantung besar kecilnya paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. 
  • Pada pernapasan biasa orang dewasa udara yang keluar dan masuk paru-paru sebanyak 0,5 liter. 
  • Udara sebanyak ini disebut udara pernapasan atau udara tidal.
  • Apabila kalian menarik napas sedalam-dalamnya dan menghembuskan napas sekuat-kuatnya, volume yang dan ke luar lebih kurang sebanyak 3,5-4 liter. 
  • Volume udara ini disebut kapasitas vital paru-paru. 
  • Sebanyak 1-1,5 liter udara tetap tinggal di paru-paru walaupun kita telah menghembuskan napas sekuat-kuatnya. 
  • Volume udara ini disebut udara residu.
Alat Pencernaan Manusia Terdiri dari:
1.       Mulut

  • Fungsinya sebagai tempat berlangsungnya pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik menggunakan gigi dan lidah dengan cara mengunyah makanan. Pencernaan kimiawi dengan bantuan air ludah (enzim ptialin). Enzim ptialin berfungsi untuk mencerna zat tepung atau amilum menjadi zat gula sederhana.

2.       Esofagus (Kerongkongan)

  • Berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Pada ujung saluran esophagus setelah mulut terdapat daerah yang disebut faring. Pada faring terdapat klep, yaitu epiglotis yang mengatur makanan agar tidak masuk ke trakea (tenggorokan). Fungsi esophagus adalah menyalurkan makanan ke lambung.

3.       Lambung

  • Lambung adalah kelanjutan dari esophagus, berbentuk seperti kantung. Lambung dapat menampung makanan 1 liter hingga mencapai 2 liter. 
  • Dinding lambung disusun oleh otot-otot polos yang berfungsi menggerus makanan secara mekanik melalui kontraksi otot-otot tersebut. Ada 3 jenis otot polos yang menyusun lambung, yaitu otot memanjang, otot melingkar, dan otot menyerong.
  • Selain pencernaan mekanik, pada lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan lambung. 
  • Senyawa kimiawi yang dihasilkan lambung adalah  Senyawa Kimia  Fungsi Asam HCl
  • HCl mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. 
  • HCl juga Sebagai disinfektan, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus
  • Lipase   Memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. 
  • Namun lipase yang dihasilkan sangat sedikit
  • Renin    Mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Hanya dimiliki oleh bayi.
  • Mukus  Melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam HCl.

4.       Usus Halus

  • Usus halus merupakan kelanjutan dari lambung. Usus halus memiliki panjang sekitar 6-8 meter. 
  • Usus halus terbagi menjadi 3 bagian yaitu duodenum (± 25 cm), jejunum (± 2,5 m), serta ileum (± 3,6 m). 
  • Pada usus halus hanya terjadi pencernaan secara kimiawi saja, dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan oleh usus halus serta senyawa kimia dari kelenjar pankreas yang dilepaskan ke usus halus.
Fungsi Usus halus :

  1. Sebagai tempat penguraian makanan
  2. Sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan yang masuk dalam aliran darah dan diedarkan seluruh tubuh.
  3. Menghasilkan enzim amilase yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula
  4. Menghasilkan enzim tripsin yang berfungsi mengubah protein menjadi asam amino
  5. Menghasilkan enzim lipase yang berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak
5.       Usus Besar

  • Fungsinya : sebagai tempat terjadinya penyerapan air dan garam mineral, sebagai tempat pembusukan sisa makanan oleh Bakteri Escherichia coli.

6.       Anus
Fungsinya sebagai tempat dikeluarkannya hasil pembusukan makanan.
gambar sistem pencernaan manusia

SYSTEM PEREDARAN DARAH

Terdiri dari dua :
a.       Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah yang mengalir dari bilik kiri ke seluruh tubuh melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya terjadi pertukaran O2 dengan CO2. Darah yang banyak mengandung CO2 kembali ke jantung melalui vena kava ke serambi kanan.
b.       Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah yang mengalir dari bilik kanan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran CO2 dengan O2. Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis ke serambi kiri.

Perhatikan gambar berikut!

Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya:
a.       Akar

  1. Menyerap air dan zat hara (mineral)
  2. Menunjang berdirinya tumbuhan
  3. Sebagai alat pernapasan
  4. Sebagai penyimpanan cadangan makanan
b.       Batang

  1. Penopang agar tumbuhan tetap tegak
  2. Pengangkut air dan mineral dari akar ke daun
  3. Penyimpanan cadangan makanan
  4. Pengangkut hasil fotosintesis
c.        Daun

  1. Tempat pembuatan makanan (fotosintesis)
  2. Untuk pernapasan, karena di daun terdapat stomata
  3. Sebagai tempat penguapan
d.       Bunga

  • Sebagai alat perkembangbiakan secara generatif (kawin)
e.       Buah dan biji
Melindungi bakal tumbuhan baru dari pengaruh buruk lingkungan.
1.       Karbohidrat

  • Sebagai sumber tenaga
  • Sebagai makanan cadangan
  • Untuk mempertahankan suhu tubuh
2.       Lemak
Untuk makanan cadangan
3.       Protein

  • Untuk pertumbuhan dan perkembangan
  • Mengganti sel-sel tubuh yang rusak
4.       Mineral
Sebagai zat pengatur proses-proses dalam tubuh

  • Fosfor : untuk pertumbuhan sel dalam tubuh
  • Fluor : pembentukan tulang dan gigi, mencegah kerusakan gigi
  • Yodium : mencegah penyakit gondok
  • Zat besi : membentuk sel darah merah, mencegah penyakit kekurangan darah (anemia)
5.       Vitamin
Sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh.

  • Vitamin A : meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata
  • Vitamin B : mencegah penyakit beri-beri, meningkatkan nafsu makan
  • Vitamin C : mencegah sariawan, menjaga tulang, gigi, dan gusi agar tetap sehat.
  • Vitamin D : mencegah penyakit rakhitis dan osteoporosis, membentuk dan memelihara tulang serta gigi
  • Vitamin E : pelindung sel-sel darah merah, menghaluskan kulit, menyuburkan rambut
  • Vitamin K : membantu proses pembekuan darah.
6.       Air

Untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh.

Monday, January 5, 2015

TAMBAH UMUR

DORAEMON ternyata kucing asli dari Jawa, dia punya banyak saudara-saudara yang namanya sesuai dengan karakternya
  • Yang bodo namanya DORAMUDENG.
  • Yang minggatan/kabur namanya DORABALI.
  • Yang suka keluyuran namanya DORAMULIH.
  • Yang suka begadang namanya DORATURU.
  • Yang suka ngawur namanya DORANGGENAH.
  • Yang pikun namanya DORAELING.
  • Yang gatel-gatel namanya DORAADUS.
  • Yang suka omong namanya DORAMENENG.
  • Yang suka berantem namanya DORAAKUR.
  • Yang kelaparan namanya DORAMANGAN.
  • Pemudik ke jawa yang macet-macetan namanya DORAKAPOK.
  • Yang gak kelaparan DORALUWE.
  • Yang baca ini sambil senyum-senyum sendiri namanya DORAWARAS.
  • Kalo yang nggak pada ketawa namanya DORAPAHAM

Saturday, January 3, 2015

JANGAN HANYA MARAH DENGAN YAHUDI


Rahasia Kecerdasan Orang-Orang Yahudi; Ambil yang Baik Buang yang Buruk

Ahad 3 Ramadhan 1433 / 22 Juli 2012 05:12

Dalam Al Qur’an, tertulis bahwa kebanyakan dari golongan Yahudi ialah diberi karunia berupa kepintaran akal. Artikel Dr Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Stephen menulis dari pengamatan langsung. Setelah berada 3 tahun di Israel karena menjalani housemanship dibeberapa rumah sakit di sana. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar ?” Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar? Kenapa tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri? Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya. Sekadar untuk Anda ketahui, tesis ini memakan waktu hampir delapan tahun. Karena harus mengumpulkan data-data yang setepat mungkin. Marilah kita mulai dengan persiapan awal melahirkan. Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang mengandung, sang ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami. Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika. 
Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?” Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.” Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya. Kembali ke matematika tadi, tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai genap melahirkan. Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan. 

Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan. Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan. Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),” ungkapnya. Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam. Uniknya, mereka akan makan buah buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah buahan dahulu. Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk. Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah. 



Di Israel, merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka. Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel. Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever). 



Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata rata mereka memahami tiga bahasa, Hebrew, Arab dan Inggris. Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun ke belakang,” katanya.Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari.Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Di samping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara. Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius. Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik . Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.j Satu lagi yg di beri keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi. Diakhir tahun diuniversitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Mereka harus mempraktikkanya. Anda hanya akan lulus jika team Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta! Anda terperanjat? Itulah kenyataannya, dan bagaimana dengan di negeri kita? Apa syarat kelulusan? 
Banyak yang hanya dengan syarat mencapai nilai 60 saja, bahkan ada beberapa yang hanya cukup dengan nilai 55 saja, dan malah banyak yang di katrol. 
Praktek Kerja Lapangan hanya sekedarnya, tidak benar-benar memikirkan sebuah proyek yang berguna bagi umat. Setidaknya, ini yang harus kita cermati dan perbaiki. 
Kesimpulan, pada teori Stephen adalah, melahirkan anak dan keturunan yang cerdas adalah keharusan. Tentunya bukan perkara yang bisa diselesaikan semalaman. Perlu proses, melewati beberapa generasi mungkin



DIFUSI GAS RESPIRASI

 
 
 

 
Difusi Gas Melalui Membrana Respirasi
 

 


  • Unit alat pernafasan terdiri dari bronkhiolus, berbagai saluran alveoli, atrium dan alveoli (kira-kira 300 juta pada kedua paru-paru, masing-masing alveolus mempunyai diameter kira-kira 0,25 mm). Dinding alveoli sangat tipis, dan di antara banyak dinding itu terdapat berbagai kapiler yang cukup kuat. Aliran darah pada dinding kapiler merupakan suatu sheet dari peredaran darah. Jadi jelaslah bahwa gas alveoli hampir sama dengan gas darah kapiler. Konsekwensinya pertukaran gas antara udara alveoli dan darah volmonaris terjadi di seluruh membrana terminal paru-paru. Membrana ini disebut membrana respirasi atau membrana vulmonaris.

Kapasitas Difusi Membrana Respirasi
  • Kemampuan seluruh membrana respirasi untuk terjadinya pertukaran gas antara alveoli dan darah pulmonaris dapat diekspresikan dengan istilah kapasitas difusinya, yang dapat didefinisikan sebagai volume gas yang berdifusi melalui membrana tadi setiap menit untuk setiap perbedaan tekanan 1 mm Hg. 
  • Kapasitas difusi O2 laki-laki muda dewasa pada waktu istirahat rata-rata 21 ml per menit per mm Hg. 
  • Rata-rata perbedaan tekanan O2 menembus membrana respirasi selama dalam keadaan normal yaitu dalam keadaan bernafas tenang kira-kira 11 mm Hg. 
  • Peningkatan tekanan itu menghasilkan kira-kira 230 ml O2 berdifusi normal melalui membrana respirasi setiap menit; dan itu sama dengan kecepatan tubuh menggunakan O2. 
  • Di lain pihak, kapasitas difusi CO2 belum pernah dihitung karena kesukaran teknis. 
  • Sebenarnya sangat penting diketahui kapasitas difusi yang tinggi dari CO2 itu. 
  • Bila tidak demikian maka membrana respirasi banyak mengalami kerusakan. 
  • Akibatnya, kapasitasnya membawa O2 ke dalam darah sering tidak cukup sehingga menyebabkan kematian seseorang jauh lebih cepat daripada ketidakseimbangan yang serius dari difusi CO2.
KLIK
Faktor yang Mempengaruhi Difusi Gas
Prinsip dan formula terjadinya difusi gas melalui membrana respirasi sama dengan difusi gas melalui air dan berbagai jaringan. Jadi, faktor yang menentukan betapa cepat suatu gas melalui membrana tersebut adalah :

  1. ketebalan membrana,
  2. luas permukaan membrana,
  3. koefisien difusi gas dalam substansi membrana, dan
  4. perbedaan tekanan antara kedua sisi membrana.
Sering terjadi kecepatan difusi melalui membrana tidak proporsional terhadap ketebalan membrana sehingga setiap faktor yang meningkatkan ketebalan melebihi 2 – 3 kali dibandingkan dengan yang normal dapat mempengaruhi secara sangat nyata pertukaran gas pernafasan normal. 


  • Khusus pada olahragawan, luas permukaan membrana respirasi sangat mempengaruhi prestasi dalam pertandingan maupun latihan. 
  • Luas permukaan paru-paru yang berkurang dapat berpengaruh serius terhadap pertukaran gas pernafasan. 
  • Dalam hal koefisien difusi masing-masing gas kaitannya dengan perbedaan tekanan ternyata CO2 berdifusi melalui membrana kira-kira 20 kali lebih cepat dari O2, dan O2 dua kali lebih cepat dari N2. 
  • Dalam hal perbedaan tekanan gas, tekanan gas parsial menyebabkan gas mengalir melalui membrana respirasi. 
  • Dengan demikian, bila tekanan parsial suatu gas dalam alveoli lebih besar dibandingkan dengan tekanan gas dalam darah seperti halnya O2 , difusi terjadi dari alveoli ke arah dalam, tetapi bila tekanan gas dalam darah lebih besar dibandingkan dengan dalam alveoli seperti halnya CO2 maka difusi terjadi dari darah ke dalam alveoli.

RUANG LINGKUP BIOLOGI MATERI SMP

Pertama kali sekolah SMP harus semangat ini ada materi berupa soal soal mulai dilatih ya biologi ini nanti seperti ini . Disini di Blog Biologi Gonzaga ini disediakan berbagai soal untuk bisa latihan OK

SOAL

01. IPA disebut juga sains yang terdiri dari …
a. Fisika, Kimia, Sosiologi
b. Farmasi, Kimia, Biologi
c. Fisika, Kimia, Biologi
d. Psikologi, Fisika, Biologi

02. IPA merupakan ilmu yang mempelajari …
a. Hubungan antar manusia
b. Alam semesta dan interaksi yang terjadi di dalamnya
c. Bumi dan bentang alamnya
d. Galaksi dan tata surya

03. Cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari tumbuhan, hewan, dan lingkungan berturut-turut adalah …
a. Biologi, fisiologi, ekosistem
b. Botani, zoologi, ekologi
c. Taksonomi, botani, ekologi
d. Zoologi, botani, morfologi

04. Berikut ini merupakan kelompok abiotik yaitu :
a. Air, udara, tanah, bakteri
b. Suhu, kelembaban, virus, telur
c. Cahaya, suhu, udara, mineral
d. Tanah, air, api, spora

05. Perhatikan data berikut ! 
1.       Es meleleh ketika dipanaskan 
2.       Burung bertelur untuk melestarikan keturunannya 
3.       Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari setelah turun hujan 
4.       Daun putri malu mengatup ketika disentuh
Data yang menunjukkan gejala alam biotik adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

06. Berikut ini merupakan contoh faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik, yaitu :
a. Tumbuhan memerlukan cahaya dan karbondioksida untuk berfotosintesis
b. Ikan memerlukan air untuk minum dan tempat hidupnya
c. Cacing tanah mengeluarkan kotoran dan membuat rongga-rongga dalam tanah sehingga dapat menyuburkan tanah
d. Tanaman strawberry perlu suhu udara yang dingin untuk tumbuh dan berbuah dengan baik

07. Berikut ini merupakan contoh faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik, yaitu :
a. Ketika berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen
b. Hewan mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah
c. Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik
d. Daun-daun yang berserakan di permukaan tanah akan membusuk dan membentuk humus

08. Kegiatan menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan disebut …
a. penafsiran
b. analisis
c. memprediksi
d. penyelidikan

09. Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian sering disebut dengan …
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

10. Langkah pertama dalam pelaksanaan metode ilmiah adalah ….
a. Mengumpulkan data
b. Merumuskan masalah
c. Mengambil hipotesis
d. Melakukan eksperimen

11. Langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah ….
a. Perumusan masalah
b. Eksperimen
c. Menarik kesimpulan
d. Mengumpulkan data

12. Tujuan utama penggunaan metode ilmiah adalah :
a. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia
b. Mengubah sikap manusia menjadi lebih ilmiah
c. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya penemuan-penemuan baru
d. Meningkatkan penggunaan teknologi baru

13. Jawaban sementara dari permasalahan yang akan dipecahkan disebut …
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. eksperimen
d. rumusan masalah

14. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk :
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

15. Tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian adalah agar …
a. Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain
b. Menunjukkan kemampuan kita kepada publik
c. Mempererat hubungan ilmuwan dengan masyarakat
d. Mencari keuntungan dari hasil publikasi

16. Pernyataan berikut yang bukan fakta adalah :
a. Batang tampak beruas-ruas
b. Mahkota bunga berjumlah ganjil
c. Bunganya berbau sedap
d. Penyerbukan terjadi karena adanya serangga

17. Langkah-langkah metode ilmiah :

1.       Merumuskan masalah 
2.       Melakukan pengamatan dan mengumpulkan data 
3.       Melakukan eksperimen/percobaan 
4.       Merumuskan hipotesis/dugaan sementara 
5.       Menarik kesimpulan 
6.       Menguji kesimpulan dengan mengulang percobaan lagi 
Urutan langkah-langah metode ilmiah yang benar adalah …
a. 1,2,4,3,5,6
b. 2,1,3,4,5,6
c. 1,4,2,3,5,6
d. 2,1,4,3,5,6

18. Pak Budi ingin meneliti tentang penyebab kematian ikan-ikan di kolamnya. Pak budi menduga bahwa penyebab kematian ikan-ikan tersebut adalah infeksi oleh jamur.
Langkah-langkah metode ilmiah yang telah dilakukan oleh Pak budi tersebut telah sampai pada tahap …
a. Menemukan masalah
b. Mengumpulkan data
c. Merumuskan hipotesis
d. Menarik kesimpulan

19. Variabel dalam sebuah percobaan yang dapat diubah-ubah disebut :
a. Variabel kontrol
b. Variabel bebas
c. Variabel terikat
d. Variabel pengganggu

20. Variabel bebas pada percobaan tentang “pengaruh jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan lele” adalah :
a. Jumlah pakan yang diberikan
b. Jenis pakan yang diberikan
c. Waktu pemberian pakan
d. Jenis dan usia ikan lele

21. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali :
a. Mencintai kebenaran dan ulet
b. Teliti dan hati-hati
c. Ingin tahu dan optimis
d. Manipulasi dan pesimis

22. Data hasil eksperimen yang tidak disajikan dalam bentuk angka disebut data :
a. Kualitatif
b. Kuantitatif
c. Primer
d. Sekunder

23. Pengukuran suhu menggunakan termometer akan menghasilkan data yang bersifat ….
a. Fisika
b. Kimia
c. Kualitatif
d. Kuantitatif

24. Perhatikan data berikut !

1.       Warna bunganya kuning 
2.       Lebar daunnya 4 cm – 5 cm 
3.       Batangnya kuat 
4.       Jumlah kelopak bunganya enam 
Data pengamatan di atas yang bersifat kuantitatif adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

25. Pada sebuah penelitian diambil rumusan masalah : “Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan biji”.
Hipotesis dari masalah tersebut adalah …
a. Cahaya tidak berpengaruh terhadap perkecambahan biji
b. Cahaya berpengaruh terhadap perkecambahan biji
c. Cahaya mempercepat perkecambahan biji
d. Cahaya memperlambat perkecambahan biji

ESSAY
1.        Sebutkan 5 cabang ilmu biologi disertai pengertiannya ! 
2.       Jelaskan pengertian biotik dan abiotik ! 
3.       Beri 3 contoh gejala alam biotik yang ada di sekitar kita ! 
4.       Beri 3 contoh faktor biotik yang mempengaruhi abiotik ! 
5.       Jelaskan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara lengkap! 
6.       Jelaskan perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif ! 
7.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas ! Beri 1 contoh ! 
8.       Jelaskan mengapa dalam setiap percobaan perlu adanya variabel kontrol! 
9.        Buatlah sebuah hipotesis dari percobaan tentang “pengaruh temperatur air terhadap kecepatan pernafasan ikan”! 

10.   Sebutkan 5 sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti!

Friday, January 2, 2015

CONTOH PERCOBAAN SEDERHANA PERTUMBUHAN TANAMAN

Eksperimen
Pengaruh nutrien pupuk kandang dari hewan sapi dan kambing terhadap pertumbuhan tanaman terong.
Tujuan
Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman terong.
Landasan Teori
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan membutuhkan nutrisi. Nutrisi ini harus tersedia dalam jumlah cukup dan seimbang antara satu dengan yang lainnya. Nutrisi diambil tumbuhan dari dalam tanah dan udara. Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan salah satunya yaitu zat-zat organic..
Zat-zat organic yaitu senyawa yang berasal dari makhluk hidup, tersusun dari unsur-unsur alam dan alami. Contohnya pupuk kandang. Pupuk kandang merupakan salah satu unsur yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. 
Pupuk kandang terdiri dari dua bagian yaitu :
a.    Pupuk dingin
Adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan secara perlahan oleh mikroorganisme sehingga tidak menimbulkan panas.
Contoh : kotoran kerbau, sapi dan babi.
b.    Pupuk panas
Adalah pupuk yang berasal dari hewan yang diuraikan mikroorganisme secara cepat sehingga menimbulkan panas.
Contoh : kotoran kambing, kuda dan ayam.
Pupuk kandang bermanfaat untuk menyediakan unsur hara mikro dan makro dan mempunyai daya ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkan bahan-bahan organik ditanah, termasuk pupuk organik.

Hipotesa
Pertumbuhan tanaman terong jika diberi pupuk kandang dari sapi akan lebih cepat tumbuh dari pada tumbuhan terong yang diberi pupuk kandang dari kambing.

Variabel


  1. Variable bebas               : pupuk
  2. Variable terikat              : tanaman terong
  3. Variable control             : penyiraman, penyinaran sinar matahari, suhu
  4. Variable pengganggu     : ulat

Alat dan Bahan


  1. Tanaman terong
  2. Tanah
  3. Polybag
  4. Sarung tangan lateks
  5. Cungkir
  6. Pupuk dari kotoran sapi
  7. Pupuk dari kotoran kambing
  8. Penggaris

Cara Kerja


  1. Siapkan dua polybag kemudian isi polybag tersebut dengan campuran tanah,pupuk kandang dan sekam padi. Untuk polybag A di isi dengan pupuk kandang dari kotoran sapi dan polybag B di isi dengan pupuk kandang dari kotoran kambing.
  2. Buat lubang tanaman pada polybag sedalam 5-7 cm.
  3. Masukkan bibit tanaman terong dari persemaian ke polybag. Pekerjaan ini dilakukan pada pagi atau sore hari agar sinar matahari tidak terlalu terik dan mengurangi rasa stress pada tanaman.
  4. Perlakukan polybag A dan polybag B dengan sama yaitu:


  • Penyiraman, sama-sama dilakukan tiga kali sehari.
  • Pengajiran, dilakukan agar tanaman tumbuh tegak.
Hasil Hasil
No.
Tanaman Terong
Ukuran Tanaman Minggu Ke-
I
II
III
IV
1.
A
10 cm
11 cm
12,5 cm
13,5 cm
2.
B
10 cm
13 cm
16,5 cm
20 cm



Hasil Pengaruh Pupuk Kandang Terhadap Tanaman Terong.

Kesimpulan dan Penjelasan


Dari hasil eksperimen yang dilakukan, ternyata pertumbuhan tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran kambing lebih cepat tumbuh dibandingkan tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran sapi. Hal ini dikarenakan jenis pupuk kandang itu sendiri. Pada tumbuhan terong yang diberi pupuk dari kotoran kambing pertumbuhannya lebih cepat daripada tanaman terong yang diberi pupuk kandang dari kotoran sapi. Hal ini dikarenakan jenis pupuk kandang kambing merupakan jenis pupuk kandang panas dimana pupuk ini penguraiannya oleh mikrrorganisme lebih cepat dari pupuk yang berasal dari kotoran sapi yang merupakan pupuk jenis dingin dimana penguraiaan oleh mikroorganismenya lebih lambat. Sehingga pupuk yang berasal dari kambing dapat mempercepat pertumbuhan tanaman terong daripada pupuk yang berasal dari kotoran sapi


THEORY LEBIH JELASNYA


AWAL TAHUN MEMAHAMI AGAMA

Ketika di mana mana saling sikut tentang pemahaman agama, saling mempertahankan agama mana yang baik , Tuhan siapa yang baik sampai lupa habluminanas yang diperintahkan tuhan sebagai pegangan dunia selain Habluminallah yang utama maka ....ini bisa sebagai guyonan ala Biologi


Support web ini

BEST ARTIKEL