Thursday, February 11, 2016

JANGAN ABAIKAN SOAL BIOLOGI INI UNTUK UN 2016

Saya postingkan ini untuk membantu siswa siswi kesulitan Biologi untuk latihan menjelang UN sehingga lancar dan hasilnya nggak menghawatirkan Biasanya Guru mengabaikan sebelumnya maka ini jadi penting siapa tahu dipakai lagi hehe Selamat mengimplementasikan perencaaan soal ini OK


PLANER SOAL BIOLOGI UN

Ø Indikator 1 : menjelaskan pengertian keanekaragaman gen, species dan keanekaragaman ekosistem

Ø Indikator 2 : mengidentifikasi ciri-ciri jenis/kelompok protista tertentu tergolong dalam kelas apa

Ø Indikator 3 : identifikasi peran eubacteria bagi kehidupan manusia

Ø Indikator 4 : menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup utamanya invertebrate (kingdom - phyllum - kelas)

Ø Indikator 5 : menjelaskan tujuan pelestarian keanekaragaman hayati tertentu (in situ, ex situ: Taman nasional, hutan wisata, cagar alam, kebun raya, dsb), sumber daya alam.

Ø Indikator 6 : menjelaskan ciri jenis/ kelompok tumbuhan tertentu (Bryophyta, Pteridophyta, Spermatophyta: kingdom-divisio-sub divisio-kelas)

Ø Indikator 7 : mengidentifikasi species mahkluk hidup dengan menggunakan kunci determinasi

Ø Indikator 8 : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan (sub divisio vertebrata: – kelas)

Ø Indikator 9 : Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem (peran/kedudukan organism dalam jarring-jaring makanan tertentu)

Ø Indicator 10: menjelaskan proses daur biogeokimia tertentu (C, O, H, S, P, H2O: proses dan hasil)

Ø Indicator 11 : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (Global warming, penipisan ozon, turunnya produksi, eutrofikasi, polusi, perubahan fungsi lingkungan,dll)

Ø Indicator 12 : Menjelaskan proses pengangkutan lewat membrane sel (Proses: difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

Ø Indicator 13: Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan tertentu

Ø Indicator 14: Mengidentifikasi macam-macam jaringan hewan dan tumbuhan sesuai fungsinya

Ø Indicator 15: menjelaskan mekanisme gerak otot (dinamika senyawa aktomiosin, zona H, zona Z saat kontraksi/relaksasi)

Ø Indikator 16: Menjelaskan gangguan sistem peredaran darah (kekurangan/ kelebihan sel darah, penyakit-penyakit, dll)

Ø Indikator 17: Menjelaskan sistem pencernaan kimiawi makanan pada manusia (macam bahan makanan, organ pencernaan, macam enzim, dan hasil mencerna)

Ø Indikator 18: Menjelaskan macam pernapasan dan volume udara pernafasan

Ø Indikator 19: Menjelaskan sistem ekskresi (struktur: nefron,fungsinya dan mekanisme pembentukan urin)

Ø Indikator 20: Menjelaskan mekanisme impuls saraf (gerak reflex-biasa)

Ø Indicator 21: Menjelaskan mekanisme pembentukan ovum/mestruasi/ pembentukan sperma dan fungsi organ reproduksi

Ø Indicator 22: Menjelaskan mekanisme pembentukan antibodi

Ø Indicator 23: Mengintepretasi hasil percobaan factor-faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (data (tabel, grafik) – desain percobaan: variabel - - hipotesis – kesimpulan.

Ø Indicator 24: Menjelaskan ciri-ciri enzim/kinerja dalam proses metabolisme (struktur/cirri-ciri enzim, kinerja enzim berdasarkan data percobaan/gambar/grafik)

Ø Indicator 25: Menjelaskan proses respirasi aerob ( proses metabolism karbohidrat : glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport elektron)

Ø Indicator 26: Menjelaskan hasil-hasil proses respirasi aerob( hasil dari proses glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)

Ø Indicator 27: Menjelaskan tahapan proses fotosintesis (stuktur kloroplas, fotosistem dan fungsinya, proses dan produk reaksi terang-gelap)

Ø Indicator 28: Menjelaskan proses respirasi anaerob (proses-hasil pebentukan alkohol, asam laktat)

Ø Indicator 29: Menentukan struktur nukleotida DNA, RNA

Ø Indicator 30: Menjelaskan proses sintesis protein (Urutan sintesis protein: transkripsi, translasi)

Ø Indicator 31: Menjelaskan tahap pembelahan mitosis/meisos (perubahan yang terjadi pada organel yang terlibat dalam reproduksi sel: nucleus, sentriol, kromosom, dll)

Ø Indicator 32: Mengintepresikan persilangan Hk Mendel (Mono-dihibrida pada organism: Rasio macam keturunan, jumlah individu)

Ø Indikator 33: Mengintepretasi persilangan penyimpangan semu Hk. Mendel (Atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis: Rasio macam keturunan, jumlah individu)

Ø Indicator 34 : Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia (albino, cacat mental, hemophilia, butawarna: rasio keturunan tertentu)

Ø Indicator 35: Mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom (set, sindrom, aberasi)

Ø Indicator 36: Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi biokimia)

Ø Indicator 37: Menjelaskan prinsip-prinsip penting mekanisme evolusi (Prinsip evolusi Darwin, Lamarck, Wallace, Hardy Weinberg, proses spesiasi: isolasi geografi, isolasi reproduksi, hasil-hasil eksperimen yang mendukung mekanisme evolusi)

Ø Indicator 38: Menjelaskan peran bioteknologi: prinsip dasar teknologi, proses dan hasil konvensional-modern

Ø Indikator 39: Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern: bahan, proses teknik,mikroorganisme dan produk

Ø Indicator 40: Menjelaskan Dampak pemanfaatan bioteknologi bagi MASLING: dampak-implikasi produk dan teknologi yang digunakan


LATIHAN

1. Perhatikan gambar hewan berikut ini !


Hewan tersebut dikelompokkan dalam kelas yang sama berdasarkan sifat ....
A. Jantungnya memiliki empat ruang dan kulit berbulu
B. Bernapas dengan paru-paru dan mempunyai kelenjar susu
C. Memiliki tiga macam gigi dan berdarah panas
D. Memiliki kelenjar susu dan kulit berambut
E. Berdarah panas dan kulit berbulu

2. Perhatikan gambar berikut ini :
Tingkat keanekaragaman hayati pada gambar tersebut adalah :
A. Keanekaragaman hayati Indonesia
B. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistim
C. Keanekaragaman hayati tingkat populasi
D. Keanekaragaman hayati tingkat spesies
E. Keanekaaragam hayati tingkat gen

3. Perhatikan skema jaring-jaring makanan berikut!


Pasangan organisme yang menduduki taraf trofi II adalah ....
A. Fitoplankton dan zooplankton
B. Zooplankton dan udang
C. Fitoplankton dan remis
D. Siput dan kepiting
E. Zooplankton dan remis

4. Perhatikanlah tata nama takson dari hewan berikut ini!

Animalia
Animalia
Animalia
Chordata
Chordata
Chordata
Mamalia
Reptilia
Aves
Carnivora
Squamata
Accipitriformes
Felidae
Iguanidae
Accipitridae
Felis
Iguana
Nisaetus
Felis silvertis
Iguana iguana
Nisaetus bartelsi
kucing
iguana
Elang jawa

Yang tergolung , kelas . phyllum dan species adalah :
A. Animalia, Chordata, Iguana iguana
B. Mamalia, Reptilia, Nisaetus bartelsi
C. Aves , Chordata, Felis silvertis
D. Felis, Iguana, Nisaetus
E. Felidae, Iguana, Elang jawa

5. 
Kemungkinan besar dampak yang timbul akibat pembukaan hutan untuk dijadikan areal pemukiman adalah ....
A. Keseimbangan air terganggu
B. Sumber perekonomian berkurang
C. Mudah terjadi erosi
D. Terganggunya kelestarian spesies
E. Hutan menjadi gundul

6. Perhatikanlah skema daur nitrogen berikut ini ....


Proses (1), (2) dan (3) dalam daur nitrogen tersebut secara berurutan adalah ....
A. Denitrifikasi, nitrifikasi, dan fiksasi
B. Fiksasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi
C. Asimilasi, amonifikasi, dan fiksasi
D. Dekomposisi, nitrifikasi, dan absorbsi
E. Amonifikasi, fiksasi, dan denitrifikasi

7. Dalam klasifikasi mahluk hidup dikelompokkan ke dalam kelompok besar sampai kelompok kecil. Urutan takson pada hewan dimulai dari filum, klasis, ordo, familia, genus dan spesies. Anjing ( Canis lupus dingo )dan kucing ( Felis catus) dikelompokkan ke dalam takson ordo yang sama ( carnivora) karena ....
A. Mempunyai gigi untuk memotong makanannya berupa tumbuhan/herba
B. Mempunyai gigi taring untuk mengoyak makanannya berupa daging
C. Mempnyai tempat tinggal yang sama
D. Berdarah panas, berjalan dengan empat kaki
E. Jantung empat ruang dan bergeraham

8. Cermati gambar di bawah ini

Perubahan lingkungan mengakibatkan kerugian bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Penyebab utama adalah ulah manusia, seperti tampak pada gambar tersebut di atas. Hubungan yang tepat antara pernyataa dengan dampak dari perubahan lingkungan pada gambar tersebut 


Pernyataan
Dampak
A
Akumulasi emisi gas di atmosfir
Meningkatnya suhu bumi
B
Penebangan hutan  ilegal
Terganggunya proses hidrologi
C
Kebakaran lahan gambut/hutan
Erosi, ISPA
D
Pembuangan limbah pabrik
Turunnya kualitas tanah/air
E
Aktifitas pertambangan batu bara
Kerusakan ekosistem pantai

9. Perhatikan penampang daun berikut!
Bagian daun yang ditunjukkan oleh X berfungsi ....
A. Melindungi jaringan yang ada di bawahnya
B. Mengangkut hasil karbohidrat asimilasi
C. Mengangkut air dan garam mineral
D. Tempat berlangsungnya fotosintesa
E. Proses pertukaran gas

10. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ atau permukaan saluran tubuh hewan. Ciri jaringan epitel tergantung pada fungsi dan tempatnya. Jaringan epitel tempat filtrasi dan difusi mempunyai ciri-ciri ....
A. Sel epitel pipih selapis, berinti besar , seperti sisik (squamosa) dan merupakan sel epitel paling tipis, menyusun glomerulus (ginjal)
B. Epitel pipih berlapis banyak, tersusun rapat, sitoplasma jernih dan dapat ditemukan di rongga mulut
C. Jaringan epitel kubus selapis, inti bentuk bulat besar, sitoplasma jernih dan menyusun saluran ginjal.
D. Jaringan epitel kubus berlapis banyak dimana sel-sel bagian permukaannya lebih kecil dari pada sel-sel di lapisan basal, menyusun kelenjar.
E. Jaringan epitel silindris satu lapis, sitoplasma jernih, nukleus di bagian dasar dan dapat ditemukan di cabang tenggorok, saluran pencernaan.

11. Perhatikan gambar organ sistem ekskresi di bawah ini !
Nama organ sistem ekskresi yang ditunjukkan oleh X penghasil urea dan empedu adalah ....
A. Hati
B. Kulit
C. Ginjal
D. Paru-paru
E. Usus besar

12. Manusia dapat mengalami gangguan/kelainan/penyakit pada sistem transportasinya. Kelainan /gangguan tersebut antara lain thalasemia yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Anemia
  2. Pembesaran limpa (perut buncit)
  3. Perubahan bentuk wajah
Penderita mengalami perut buncit disebabkan karena ....
A. Eritrosit mudah dipecah limpa
B. Produksi rantai globin alfa berkurang atau tidak ada
C. Kerja limpa sebagai pembersih eritrosit yang rusak dan pembentukan eritrosit berlebihan
D. Sumsum tulang pipih kerja keras membentuk eritrosit, leukosit dan sel darah pembeku
E. Penipisan tulang dan penonjolan dahi disebabkan rongga sumsum membesar

13. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut :
Bagian yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....
A. B – 3 – A – 4 – D
B. B – 4 – A – 3 – D
C. C – 2 – B – 4 – A
D. B – 1 – C – 2 – D
E. B – 2 – C – 1 – 3

14. Gambar berikut ini menunjukkan paru-paru manusia yang disebabkan terlalu banyak merokok

Penyakit yang diderita orang tersebut ....
A. Pneumonia
B. Kanker paru-paru
C. Tuberculosis
D. Empisema
E. Pleuritis

15. Berdasarkan hasil laboratorium,diketahui kadar HCl dalam lambung tinggi. Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami ....
A. Gastritis
B. Ulkus
C. Kolik
D. Apendiksitis
E. Diare

16. Siswa kelas XII SMA melakukan penelitian berkaitan dengan pupuk urea dengan hasil pengamatan sebagai berikut:

hari
ke
Rata-rata tinggi bayam (cm)
10 ppm
20ppm
30ppm
40ppm
2
5
5
5
5
4
6,2
6,1
7,0
8,2
6
7,3
7,5
9,3
12,5
8
8,5
9,2
13,1
16,4
10
14,2
15,1
18,7
22,6
12
16,7
20,2
25,0
29,8

Kesimpulan yang tepat untuk hasil penelitian di atas adalah ....
A. tinggi tanaman bayam dikendalikan oleh pupuk urea
B. pada hari ke-12 tinggi tanaman bayam paling optimal
C. pupuk urea sangat baik untuk pertumbuhan tanaman
D. peningkatan konsentrasi pupuk berpengaruh terhadap pertumbuhan bayam
E. semakin lama waktu tanam terdapat variasi tinggi tanaman bayam

17. Berikut adalah organel sel:
1. lisosom
2. Ribosom
3. vakuola
4. mitokondria
5. sentrosom
Organel sel yang berfungsi dalam mencerna benda asing dan berperan dalam pembelahan sel secara berurutan adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 5 dan 4

18. Berikut adalah gambar satu molekul nukleotida.
Label 3, 2, dan 1 secara berurutan adalah
A. fosfat, gula pentosa, basa Nitrogen
B. fosfat, gula heksosa, basa Nitrogen
C. gula pentosa, fosfat, basa Nitrogen
D. gula pentosa, basa Nitrogen, fosfat
E. basa Nitrogen, gula pentosa, fosfat

19. Berikut ini disajikan tabel metabolisme sel

No.
Kegiatan
1.       
Menggunakan CO2 sebagai akseptor elektron
2.       
Tidak menggunakan O2
3.       
Pembentukan ATP pada jalur glikolisis
4.       
Pembentukan ATP pada system transport electron
Yang merupakan proses respirasi anaerob adalah …
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 2

20. Suatu lahan penelitian membutuhkan tanaman yang memiliki kemampuan daya tahan terhadap serangan hama atau penyakit. Bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan teknik …
A. Kultur jaringan
B. Hibridoma
C. Transgenik
D. Kloning transfer embrio
E. Kloning transfer inti

21. Sekelompok siswa melakukan kegiatan merendam 2 potongan kentang dengan ukuran yang sama pada konsentrasi larutan yang berbeda. Ternyata potongan kentang yang direndam dalam larutan gula 10% setelah ditimbang hasil akhirnya lebih ringan daripada berat kentang dalam larutan gula 5%. Hal ini menunjukkan bahwa bila sel tumbuhan direndam dalam larutan hipertonik, maka akan mengalami…
A. Difusi
B. Plasmolisis
C. Turgiditas
D. Hemolisis
E. Krenasi

22. Kegiatan metabolisme dalam tubuh manusia memerlukan enzim, komponen enzim yang lengkap ( holoenzim ) memiliki struktur terdiri dari …
A. Kofaktor dan koenzim
B. NAD dan FAD
C. Molekul-molekul organik saja
D. Apoenzim dan sitokrom
E. Apoenzim dan gugus prostetik

23. Skema berikut berkaitan dengan proses fermentasi yang terjadi .
Komponen X dan Y yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah …
A. Glukosa dan etanol
B. Glukosa dan asam asetat
C. Glukosa dan asam laktat
D. Glukosa dan asetaldehid
E. Glukosa dan asetil Ko A

24. Pada siklus gamet, akan mengalami proses replikasi DNA, pembelahan mitosis, dan meiosis.
Peristiwa spermatogenesis dari satu spermatogonium hasil akhirnya akan membentuk …
A. 4 spermatid, diploid
B. 4 spermatozoa fungsional, haploid
C. 2 spermatosit primer, diploid
D. 2 spermatosit sekunder, haploid
E. 2 spermatosit primer, haploid

25. Pada sintesis protein terjadi proses translasi yaitu ....
A. penggandaan pita sense DNA
B. penterjemahan kode genetik oleh RNA
C. penempelan RNA pada ribosome di ikuti pembentukan poliribosom
D. perpanjangan rantai polipeptida
E. pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA

26. Dampak negatif bioteknologi bagi kehidupan manusia adalah adanya mahluk baru seperti mikroorganisme hasil rekayasa genetika yang terlepas ke lingkungan dapat menyebabkan….
A. Punahnya mikroorganisme lain
B. Pemanasan global
C. Produksi pertanian menurun
D. Timbulnya penyakit baru
E. Erosi plasma nutfah

27. Perhatikan gambar sel berikut

Organel sel yang berperan dalam pembentukan lisosom ditunjukkan nomor….
A. 1 
B. 2 
C. 3 
D. 4 
E. 5

28. Perhatikan skema fotosintesis di bawah ini!

Produk reaksi terang dan reaksi gelap fotosintesis pada tabel yang benar adalah….

29. Pada pembuatan manisan buah, diagram memperlihatkan empat kelompok sel buah di tempatkan pada empat larutan yang berbeda konsentrasinya. Manakah kelompok sel di bawah ini yang mencerminkan kejadian pembuatan manisan buah ?

30. A

Perhatikan peta silsilah pewarisan sifat buta warna berikut ini!

Dari data di atas, maka untuk nomor 1 dan nomor 2 berfenotipe…..
A. Normal dan Butawarna
B. Normal dan karier
C. Karier dan karier
D. Butawarna dan karier
E. Butawarna dan Butawarna

31. Perhatikan eksperimen F. Redi berikut !


Keterangan: : Daging

1 : Perlakuan tabung satu ditutup rapat
2 : Perlakuan tabung dua ditutup kain kasa
3 : Perlakuan tabung tiga dibiarkan terbuka
Semua tabung dibiarkan selama 6 hari
Berdasarkan percobaan diatas maka dapat diambil kesimpulan ....
A. tabung satu dan dua dihinggapi lalat dan ada larva
B. tabung satu dan tiga dihinggapi lalat dan lalat bertelur
C. tabung dua dan tiga dihinggapi lalat dan ada larva
D. tabung satu, dua, dan tiga dihinggapi lalat dan tidak ada larva
E. tabung satu, dua, dan tiga tidak dihinggapi lalat dan lalat bertelur

32. Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A. adaptasi 
B. jenis makanan
C. seleksi alam 
D. perubahan lingkungan
E. isolasi geografis

33. Apabila H (hitam) epistasis terhadap K (kuning) yang bersifat hipostasis, sedangkan masing-masing dominan terhadap alelnya putih (h dan k). Jika disilangkan gandum berkulit kuning (hhKk) sesamanya akan menghasilkan keturunan dengan fenotip ….
A. Hitam : kuning = 3 : 1
B. Kuning : putih = 3 : 1
C. Kuning : putih = 9 :7
D. Hitam : kuning : putih = 3 : 3 : 1
E. Hitam : kuning : putih = 9 : 3 : 4

34. Kemungkinan untuk memperoleh keturunan dengan genotip aabbcc dari perkawinan :

♂ AaBbCc x ♀ AaBbCc adalah
A. ½
B. ¼
C. ¾
D.
E.

35. Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X, jika gen (C) untuk penglihatan normal dan gen (c) untuk buta warna.



Orang nomor berapa sajakah yang memiliki gen (c) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6

36. Perhatikan gambar bukti evolusi berikut !



Satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio. Bila melihat perkembangan mulai dari sederhana ke kompleks dikenal dengan istilah ....
A. filogeni 
B. analogi
C. ontogeny 
D. homologi 
E. radiasi adaptif


37. Perhatikan peta silsilah (pedigree) berikut !



* = gen buta warna
Genotip Parental A dan B adalah ......
A. X* Y dan X X
B. X Y dan X* X
C. X* Y dan X* X
D. X* Y dan X* X*
E. X Y dan X* X*

38. Hardy-Weinberg menyatakan bahwa perbandingan alel suatu gen dalam populasi cenderung tetap. Keadaan berikut ini yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan perbandingan tersebut adalah ....
A. terjadi migrasi
B. populasi harus besar
C. kawin rendom
D. tidak terjadi mutasi
E. fertilitas dan viabilitas gen sama

39. Menurut hukum Hardy Fre kuensi gen pada suatu populasi akan dapat berubah. Perubahan ini disebabkan karena ….
A. Viabilitas tiap genotif tinggi
B. Perkawinan antar genotip secara acak
C. Tidak terjadi migrasi
D. Terjadi seleksi alam
E. Tidak terjadi mutasi alam

40. Perhatikan bagan mutasi berikut ini


Gambar tersebut menunjukkan ….
A. inversi
B. translokasi
C. duplikasi
D. transformasi
E. delesi

Tuesday, February 9, 2016

PREDIKSI SOAL UN BIOLOGI 2016 SMA KELAS XII

Siang yang agak santai ini otak atik UN biologi akhirnya bisa dipostingkan tulisan ini semoga bisa membantu anak anak kelas XII mengerjakan Ujian Nasional Biologi dengan hasil maksimal OK
  1. Menjelaskan hubungan bakteri dan perannya dalam kehidupan.
  2. Siswa dapat menjelaskan peran organism protista tertentu dalam kehidupan
  3. Siswa dapat menjelaskan peran spesies  jamur tertentu dalam kehidupan
  4. Siswa dapat menjelaskan peran tumbuhan tertentu dalam kehidupan
  5. Siswa dapat menjelaskan peran hewan tertentu dalam kehidupan
  6. Disajikan ciri-ciri ekosistem tertentu, siswa dapat menentukan macam ekosistem dimaksud , siswa mampu menentukan jenis keaneka ragaman hayati
  7. Disajikan gambar interaksi/aliran energy dalam ekosistem, siswa dapat menentukan fungsi dan kedudukan suatu organism
  8. Disajikan gambar struktur jaringantumbuhan,siswa dapat  menjelaskan macam jaringan dan fungsinya.
  9. Disajikan gambar struktur jaringanhewan/manusia, siswa dapat menjelaskan macam  jaringan dan fungsinya
  10. Disajikan gambar kerja otot tertentu,siswa dapat menentukan otot / nama mekanisme kerja otot
  11. Disajikan system pencernaan, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  12. Disajikan gambar/diagram sirkulasi, siswa dapat menentukan bagian yang ditentukan bioprosesnya
  13. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system pernafasan yang ditentukan bioprosesnya
  14. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system ekskresi yang ditentukan bioprosesnya
  15. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari bagian system koordinasi yang ditentukan bioprosesnya
  16. Siswa dapat menentukan bagian tertentu dari system reproduksi  yang ditentukan bioprosesnya
  17. Disajikan deskripsi  gangguan fungsi pada system gerak, siswa dapat  menentukan macam gangguan dimaksud
  18. Disajikan deskripsi   gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  19. Disajikan deskripsi gangguan suatu fungsi  yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan, siswa dapat menentukan macam gangguan dimaksud.
  20. Disajikan deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi  pada system respirasi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud
  21. Disajikan  deskripsi gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada system ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan dimaksud.
  22. Disajikan deskripsi gangguan fungsi  yang mungkin terjadi pada system koordinasi, siswa dapat menentukan  gangguan dimaksud
  23. Disajikan gambar struktur sel (hewan/tumbuhan), siswa dapat menjelaskan organel dan fungsi organel yang ditentukan
  24. Siswa dapat menentukan susunan struktur DNA/RNA
  25. Siswa dapat menentukan proses katabolisme/anabolisme  berdasarkan data-data yang disajikan
  26. Disajikan produk/pemecahan masalah bioteknologi, siswa dapat menjelaskan/menentukan  prinsip-prinsip dasar (teknik bioteknologi konvensional/modern) yang dikembangkan
  27. Disajikan deskripsi persilangan mono/dihibrida siswa dapat menentukan rasio/jumlah keturunan tertentu
  28. Disajikan proses percobaan tentang asal-usul makhluk hidup yang dilakukan para ahli, siswa dapat menjelaskan hasil percobaannya
  29. Siswa dapat menjelaskan pandangan/pokok-pokok pikiran tentang teori evolusi dari ahli tertentu dari fakta-fakta yang disajikan
  30. Disajikan gambar bakteri tertentu, siswa dapat mengklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya
  31. Disajikan gambar anggota protista (Protozoa, alga), siswa dapat mengklasifikasi kan pada tingkat kelas organisme dimaksud.
  32. Disajikan ciri-ciri jamur , siswa dapat mengklasifikasi kan pada  tingkatan divisi/spesies organisme dimaksud.
  33. Disajikan ciri-ciri Plantae (lumut, paku, biji), siswa dapat mengklasifikasikan  pada tingkatan divisi/subdivisi/kelas organism dimaksud.
  34. Disajikan ciri-ciri animalia (avertebrata/vertebrata), siswa dapat mengklasifikan pada tingkatan filum/kelas organism dimaksud
  35. Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan perusakan/pencemaran lingkungan atas sebab perbuatan manusia
  36. Disajikan bagan daur biogeokimia, siswa dapat menentukan organisme/peran organisme/perubahan yang terjadi pada bagian yang ditentukan
  37. Disajikan gambar kerja otot (kontrasi/relaksasi), siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja yang terjadi.
  38. Disajikan gambar/deskripsi kerja jantung, siswa dapat mengidentifikasi  mekanisme kerja /aliran darah yang terjadi
  39. Disajikan gambar/deskripsi  organ pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi kerja system pencernaan secara kimiawi.
  40. Disajikan gambar/deskripsi kerja system pernapasan , siswa dapat mengidentifikasi mekanisme kerja yang terjadi
  41. Disajikan gambar/deskripsi organ hati, siswa dapat mengidentifikasi proses ekskresi yang terjadi pada organ tersebut
  42. Disajikan gambar otak, siswa dapat mengidentifikasi  proses kerja asosiasi pada bagian-bagian tersebut
  43. Disajikan gambar/deskripsi  pembentukan ovum/menstruasi  pada tahapan tertentu, siswa dapat mengidentifikasi proses yang terjadi
  44. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system gerak, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  45. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system sirkulasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  46. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system pencernaan, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  47. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system respirasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  48. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system ekskresi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  49. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system koordinasi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  50. Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada system reproduksi, siswa dapat mengidentifikasi macam gangguan/penyakitnya
  51. Disajikan deskripsi mekanisme transport lewat membran, siswa dapat mengidentifikasi macam transport yang terjadi
  52. Disajikan grafik kinerja enzim karena pengaruh factor tertentu, siswa dapat mengidentifikasi kinerja optimal enzimtersebut
  53. Disajikan bagan proses  anabolisme siswa dapat mengidentifikasi tempat terjadinya reaksi dan hasil reaksinya
  54. Disajikan deskripsi proses fermentasi dengan organisme tertentu, Siswa dapat mengidentifikasi hasilnya
  55. Disajikan gambar/deskripsi  tahapan reproduksi sel, siswa dapat mengidentifikasi proses  perubahan yang terjadi
  56. Disajikan bagan proses/deskripsi sintesis protein, siswa dapat mengidentifikasi tahapan proses yang ditentukan.
  57. Disajikan produk bioteknologi konvensional/modern, siswa dapat  mengidentifikasi  dampak  (positif/negative) terhadap berbagai aspek kehidupan (salingtemas)
  58. Disajikan diagram/deskripsi persilangan dari penyimpangan semu  hukum mendel tertentu, siswa dapat mengidentifikasi rasio keturunan tertentu
  59. Disajikan gambar gametogenesis, siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan pada bagian yang ditentukan
  60. Disajikan genotip individu tertentu karena kondisi normal/pautan, siswa dapat mengidentifikasi macam gamet yang diperoleh
  61. Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghindari penyakit/gangguan yang sifatnya enurun pada manusia
  62. Disajikan bukti/petunjuk evolusi, siswa dapat mengidentifikasi  kesesuaiannya  dengan  pandangan ahli evolusi tertentu
  63. Disajikan gambar berbagai eubacteria , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  64. Disajikan gambar berbagai protista , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  65. Disajikan gambar berbagai jamur , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  66. Disajikan gambar berbagai tumbuhan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  67. Disajikan gambar berbagai hewan , siswa dapat  menganalisis klasifikasi pada tingkatan tertentu menggunakan kunci determinasi
  68. Disajikan kasus  perubahan lingkungan karena pencemaran, siswa dapat menganalisis dampak yang terjadi bagi kehidupan
  69. Disajikan data keluhan penderita yang mengganggu system gerak yang dialminya, siswa dapat  menganalisis  macam gangguan yang dialmi penderita
  70. Disajikan  data gangguan  pada system  sirkulasi seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  71. Disajikan data gangguan pada system pencernaan  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  72. Disajikan data gangguan pada system respirasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  73. Disajikan data gangguan pada system ekskresi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  74. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  75. Disajikan data gangguan pada system koordinasi  seseorang, siswa dapat menganalisis macam gangguan yang dialami orang tersebut
  76. Disajikan data/deskripsi hasil percobaan pengaruh factor eksternal terhadap pertumbuhan tumbuhan, siswa dapat menyimpulkan factor yang mempengaruhi pertumbuhan dimaksud
  77. Disajikan gambar/hasil percobaan transport lewat membrane, siswa dapat menyimpulkan mekanisme transport yangterjadi
  78. Disajikan data percobaan  kerja enzim,  siswa dapat menganalisis hasil percobaan yang diperoleh
  79. Disajikan peta silsilah pewarisan penyakit/gangguan (albino, butawarna, hemofili, gangguan mental) pada manusia,siswa dapat mengintepretasi  pewarisan sifat tersebut pada keturunannya
  80. Disajikan kasus /fakta terjadinya evolusi, siswa dapat mengintepretasikan hubungan teori dan prinsip berdasarkan pandangan ahli evolusi tertentu
  81. Disajikan deskripsi fenomena evolusi  organic (pandangan lama/baru), siswa dapatmengintepretasi  mekanisme pembentukan spesies baru














































klik kanan (Mouse) open link new tab ....perbesar OK

Kunci Lainnya 

SOAL 1
SOAL 2

Support web ini

BEST ARTIKEL