Saya postingkan ini untuk membantu siswa siswi kesulitan Biologi untuk latihan menjelang UN sehingga lancar dan hasilnya nggak menghawatirkan Biasanya Guru mengabaikan sebelumnya maka ini jadi penting siapa tahu dipakai lagi hehe Selamat mengimplementasikan perencaaan soal ini OK
Hewan tersebut dikelompokkan dalam kelas yang sama berdasarkan sifat ....
A. Jantungnya memiliki empat ruang dan kulit berbulu
B. Bernapas dengan paru-paru dan mempunyai kelenjar susu
C. Memiliki tiga macam gigi dan berdarah panas
D. Memiliki kelenjar susu dan kulit berambut
E. Berdarah panas dan kulit berbulu
2. Perhatikan gambar berikut ini :
Tingkat keanekaragaman hayati pada gambar tersebut adalah :
A. Keanekaragaman hayati Indonesia
B. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistim
C. Keanekaragaman hayati tingkat populasi
D. Keanekaragaman hayati tingkat spesies
E. Keanekaaragam hayati tingkat gen
3. Perhatikan skema jaring-jaring makanan berikut!
Pasangan organisme yang menduduki taraf trofi II adalah ....
A. Fitoplankton dan zooplankton
B. Zooplankton dan udang
C. Fitoplankton dan remis
D. Siput dan kepiting
E. Zooplankton dan remis
4. Perhatikanlah tata nama takson dari hewan berikut ini!
Yang tergolung , kelas . phyllum dan species adalah :
A. Animalia, Chordata, Iguana iguana
B. Mamalia, Reptilia, Nisaetus bartelsi
C. Aves , Chordata, Felis silvertis
9. Perhatikan penampang daun berikut!
Bagian daun yang ditunjukkan oleh X berfungsi ....
A. Melindungi jaringan yang ada di bawahnya
B. Mengangkut hasil karbohidrat asimilasi
C. Mengangkut air dan garam mineral
D. Tempat berlangsungnya fotosintesa
E. Proses pertukaran gas
10. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ atau permukaan saluran tubuh hewan. Ciri jaringan epitel tergantung pada fungsi dan tempatnya. Jaringan epitel tempat filtrasi dan difusi mempunyai ciri-ciri ....
A. Sel epitel pipih selapis, berinti besar , seperti sisik (squamosa) dan merupakan sel epitel paling tipis, menyusun glomerulus (ginjal)
B. Epitel pipih berlapis banyak, tersusun rapat, sitoplasma jernih dan dapat ditemukan di rongga mulut
C. Jaringan epitel kubus selapis, inti bentuk bulat besar, sitoplasma jernih dan menyusun saluran ginjal.
D. Jaringan epitel kubus berlapis banyak dimana sel-sel bagian permukaannya lebih kecil dari pada sel-sel di lapisan basal, menyusun kelenjar.
E. Jaringan epitel silindris satu lapis, sitoplasma jernih, nukleus di bagian dasar dan dapat ditemukan di cabang tenggorok, saluran pencernaan.
11. Perhatikan gambar organ sistem ekskresi di bawah ini !
Nama organ sistem ekskresi yang ditunjukkan oleh X penghasil urea dan empedu adalah ....
A. Hati
B. Kulit
C. Ginjal
D. Paru-paru
E. Usus besar
12. Manusia dapat mengalami gangguan/kelainan/penyakit pada sistem transportasinya. Kelainan /gangguan tersebut antara lain thalasemia yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
A. Eritrosit mudah dipecah limpa
B. Produksi rantai globin alfa berkurang atau tidak ada
C. Kerja limpa sebagai pembersih eritrosit yang rusak dan pembentukan eritrosit berlebihan
D. Sumsum tulang pipih kerja keras membentuk eritrosit, leukosit dan sel darah pembeku
E. Penipisan tulang dan penonjolan dahi disebabkan rongga sumsum membesar
13. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut :
Bagian yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....
A. B – 3 – A – 4 – D
B. B – 4 – A – 3 – D
C. C – 2 – B – 4 – A
D. B – 1 – C – 2 – D
E. B – 2 – C – 1 – 3
14. Gambar berikut ini menunjukkan paru-paru manusia yang disebabkan terlalu banyak merokok
Kesimpulan yang tepat untuk hasil penelitian di atas adalah ....
A. tinggi tanaman bayam dikendalikan oleh pupuk urea
B. pada hari ke-12 tinggi tanaman bayam paling optimal
C. pupuk urea sangat baik untuk pertumbuhan tanaman
D. peningkatan konsentrasi pupuk berpengaruh terhadap pertumbuhan bayam
E. semakin lama waktu tanam terdapat variasi tinggi tanaman bayam
17. Berikut adalah organel sel:
1. lisosom
2. Ribosom
3. vakuola
Yang merupakan proses respirasi anaerob adalah …
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 2
20. Suatu lahan penelitian membutuhkan tanaman yang memiliki kemampuan daya tahan terhadap serangan hama atau penyakit. Bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan teknik …
A. Kultur jaringan
B. Hibridoma
C. Transgenik
D. Kloning transfer embrio
E. Kloning transfer inti
21. Sekelompok siswa melakukan kegiatan merendam 2 potongan kentang dengan ukuran yang sama pada konsentrasi larutan yang berbeda. Ternyata potongan kentang yang direndam dalam larutan gula 10% setelah ditimbang hasil akhirnya lebih ringan daripada berat kentang dalam larutan gula 5%. Hal ini menunjukkan bahwa bila sel tumbuhan direndam dalam larutan hipertonik, maka akan mengalami…
A. Difusi
B. Plasmolisis
C. Turgiditas
D. Hemolisis
E. Krenasi
22. Kegiatan metabolisme dalam tubuh manusia memerlukan enzim, komponen enzim yang lengkap ( holoenzim ) memiliki struktur terdiri dari …
A. Kofaktor dan koenzim
B. NAD dan FAD
C. Molekul-molekul organik saja
D. Apoenzim dan sitokrom
E. Apoenzim dan gugus prostetik
23. Skema berikut berkaitan dengan proses fermentasi yang terjadi .
PLANER SOAL BIOLOGI UN
Ø Indikator 1 : menjelaskan pengertian keanekaragaman gen, species dan keanekaragaman ekosistem
Ø Indikator 2 : mengidentifikasi ciri-ciri jenis/kelompok protista tertentu tergolong dalam kelas apa
Ø Indikator 3 : identifikasi peran eubacteria bagi kehidupan manusia
Ø Indikator 4 : menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup utamanya invertebrate (kingdom - phyllum - kelas)
Ø Indikator 5 : menjelaskan tujuan pelestarian keanekaragaman hayati tertentu (in situ, ex situ: Taman nasional, hutan wisata, cagar alam, kebun raya, dsb), sumber daya alam.
Ø Indikator 6 : menjelaskan ciri jenis/ kelompok tumbuhan tertentu (Bryophyta, Pteridophyta, Spermatophyta: kingdom-divisio-sub divisio-kelas)
Ø Indikator 7 : mengidentifikasi species mahkluk hidup dengan menggunakan kunci determinasi
Ø Indikator 8 : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan (sub divisio vertebrata: – kelas)
Ø Indikator 9 : Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem (peran/kedudukan organism dalam jarring-jaring makanan tertentu)
Ø Indicator 10: menjelaskan proses daur biogeokimia tertentu (C, O, H, S, P, H2O: proses dan hasil)
Ø Indicator 11 : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (Global warming, penipisan ozon, turunnya produksi, eutrofikasi, polusi, perubahan fungsi lingkungan,dll)
Ø Indicator 12 : Menjelaskan proses pengangkutan lewat membrane sel (Proses: difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
Ø Indicator 13: Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan tertentu
Ø Indicator 14: Mengidentifikasi macam-macam jaringan hewan dan tumbuhan sesuai fungsinya
Ø Indicator 15: menjelaskan mekanisme gerak otot (dinamika senyawa aktomiosin, zona H, zona Z saat kontraksi/relaksasi)
Ø Indikator 16: Menjelaskan gangguan sistem peredaran darah (kekurangan/ kelebihan sel darah, penyakit-penyakit, dll)
Ø Indikator 17: Menjelaskan sistem pencernaan kimiawi makanan pada manusia (macam bahan makanan, organ pencernaan, macam enzim, dan hasil mencerna)
Ø Indikator 18: Menjelaskan macam pernapasan dan volume udara pernafasan
Ø Indikator 19: Menjelaskan sistem ekskresi (struktur: nefron,fungsinya dan mekanisme pembentukan urin)
Ø Indikator 20: Menjelaskan mekanisme impuls saraf (gerak reflex-biasa)
Ø Indicator 21: Menjelaskan mekanisme pembentukan ovum/mestruasi/ pembentukan sperma dan fungsi organ reproduksi
Ø Indicator 22: Menjelaskan mekanisme pembentukan antibodi
Ø Indicator 23: Mengintepretasi hasil percobaan factor-faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (data (tabel, grafik) – desain percobaan: variabel - - hipotesis – kesimpulan.
Ø Indicator 24: Menjelaskan ciri-ciri enzim/kinerja dalam proses metabolisme (struktur/cirri-ciri enzim, kinerja enzim berdasarkan data percobaan/gambar/grafik)
Ø Indicator 25: Menjelaskan proses respirasi aerob ( proses metabolism karbohidrat : glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport elektron)
Ø Indicator 26: Menjelaskan hasil-hasil proses respirasi aerob( hasil dari proses glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)
Ø Indicator 27: Menjelaskan tahapan proses fotosintesis (stuktur kloroplas, fotosistem dan fungsinya, proses dan produk reaksi terang-gelap)
Ø Indicator 28: Menjelaskan proses respirasi anaerob (proses-hasil pebentukan alkohol, asam laktat)
Ø Indicator 29: Menentukan struktur nukleotida DNA, RNA
Ø Indicator 30: Menjelaskan proses sintesis protein (Urutan sintesis protein: transkripsi, translasi)
Ø Indicator 31: Menjelaskan tahap pembelahan mitosis/meisos (perubahan yang terjadi pada organel yang terlibat dalam reproduksi sel: nucleus, sentriol, kromosom, dll)
Ø Indicator 32: Mengintepresikan persilangan Hk Mendel (Mono-dihibrida pada organism: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
Ø Indikator 33: Mengintepretasi persilangan penyimpangan semu Hk. Mendel (Atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
Ø Indicator 34 : Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia (albino, cacat mental, hemophilia, butawarna: rasio keturunan tertentu)
Ø Indicator 35: Mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom (set, sindrom, aberasi)
Ø Indicator 36: Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi biokimia)
Ø Indicator 37: Menjelaskan prinsip-prinsip penting mekanisme evolusi (Prinsip evolusi Darwin, Lamarck, Wallace, Hardy Weinberg, proses spesiasi: isolasi geografi, isolasi reproduksi, hasil-hasil eksperimen yang mendukung mekanisme evolusi)
Ø Indicator 38: Menjelaskan peran bioteknologi: prinsip dasar teknologi, proses dan hasil konvensional-modern
Ø Indikator 39: Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern: bahan, proses teknik,mikroorganisme dan produk
Ø Indicator 40: Menjelaskan Dampak pemanfaatan bioteknologi bagi MASLING: dampak-implikasi produk dan teknologi yang digunakan
LATIHAN
1. Perhatikan gambar hewan berikut ini !
Ø Indikator 1 : menjelaskan pengertian keanekaragaman gen, species dan keanekaragaman ekosistem
Ø Indikator 2 : mengidentifikasi ciri-ciri jenis/kelompok protista tertentu tergolong dalam kelas apa
Ø Indikator 3 : identifikasi peran eubacteria bagi kehidupan manusia
Ø Indikator 4 : menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup utamanya invertebrate (kingdom - phyllum - kelas)
Ø Indikator 5 : menjelaskan tujuan pelestarian keanekaragaman hayati tertentu (in situ, ex situ: Taman nasional, hutan wisata, cagar alam, kebun raya, dsb), sumber daya alam.
Ø Indikator 6 : menjelaskan ciri jenis/ kelompok tumbuhan tertentu (Bryophyta, Pteridophyta, Spermatophyta: kingdom-divisio-sub divisio-kelas)
Ø Indikator 7 : mengidentifikasi species mahkluk hidup dengan menggunakan kunci determinasi
Ø Indikator 8 : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan (sub divisio vertebrata: – kelas)
Ø Indikator 9 : Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem (peran/kedudukan organism dalam jarring-jaring makanan tertentu)
Ø Indicator 10: menjelaskan proses daur biogeokimia tertentu (C, O, H, S, P, H2O: proses dan hasil)
Ø Indicator 11 : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (Global warming, penipisan ozon, turunnya produksi, eutrofikasi, polusi, perubahan fungsi lingkungan,dll)
Ø Indicator 12 : Menjelaskan proses pengangkutan lewat membrane sel (Proses: difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
Ø Indicator 13: Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan tertentu
Ø Indicator 14: Mengidentifikasi macam-macam jaringan hewan dan tumbuhan sesuai fungsinya
Ø Indicator 15: menjelaskan mekanisme gerak otot (dinamika senyawa aktomiosin, zona H, zona Z saat kontraksi/relaksasi)
Ø Indikator 16: Menjelaskan gangguan sistem peredaran darah (kekurangan/ kelebihan sel darah, penyakit-penyakit, dll)
Ø Indikator 17: Menjelaskan sistem pencernaan kimiawi makanan pada manusia (macam bahan makanan, organ pencernaan, macam enzim, dan hasil mencerna)
Ø Indikator 18: Menjelaskan macam pernapasan dan volume udara pernafasan
Ø Indikator 19: Menjelaskan sistem ekskresi (struktur: nefron,fungsinya dan mekanisme pembentukan urin)
Ø Indikator 20: Menjelaskan mekanisme impuls saraf (gerak reflex-biasa)
Ø Indicator 21: Menjelaskan mekanisme pembentukan ovum/mestruasi/ pembentukan sperma dan fungsi organ reproduksi
Ø Indicator 22: Menjelaskan mekanisme pembentukan antibodi
Ø Indicator 23: Mengintepretasi hasil percobaan factor-faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (data (tabel, grafik) – desain percobaan: variabel - - hipotesis – kesimpulan.
Ø Indicator 24: Menjelaskan ciri-ciri enzim/kinerja dalam proses metabolisme (struktur/cirri-ciri enzim, kinerja enzim berdasarkan data percobaan/gambar/grafik)
Ø Indicator 25: Menjelaskan proses respirasi aerob ( proses metabolism karbohidrat : glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport elektron)
Ø Indicator 26: Menjelaskan hasil-hasil proses respirasi aerob( hasil dari proses glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)
Ø Indicator 27: Menjelaskan tahapan proses fotosintesis (stuktur kloroplas, fotosistem dan fungsinya, proses dan produk reaksi terang-gelap)
Ø Indicator 28: Menjelaskan proses respirasi anaerob (proses-hasil pebentukan alkohol, asam laktat)
Ø Indicator 29: Menentukan struktur nukleotida DNA, RNA
Ø Indicator 30: Menjelaskan proses sintesis protein (Urutan sintesis protein: transkripsi, translasi)
Ø Indicator 31: Menjelaskan tahap pembelahan mitosis/meisos (perubahan yang terjadi pada organel yang terlibat dalam reproduksi sel: nucleus, sentriol, kromosom, dll)
Ø Indicator 32: Mengintepresikan persilangan Hk Mendel (Mono-dihibrida pada organism: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
Ø Indikator 33: Mengintepretasi persilangan penyimpangan semu Hk. Mendel (Atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
Ø Indicator 34 : Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia (albino, cacat mental, hemophilia, butawarna: rasio keturunan tertentu)
Ø Indicator 35: Mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom (set, sindrom, aberasi)
Ø Indicator 36: Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi biokimia)
Ø Indicator 37: Menjelaskan prinsip-prinsip penting mekanisme evolusi (Prinsip evolusi Darwin, Lamarck, Wallace, Hardy Weinberg, proses spesiasi: isolasi geografi, isolasi reproduksi, hasil-hasil eksperimen yang mendukung mekanisme evolusi)
Ø Indicator 38: Menjelaskan peran bioteknologi: prinsip dasar teknologi, proses dan hasil konvensional-modern
Ø Indikator 39: Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern: bahan, proses teknik,mikroorganisme dan produk
Ø Indicator 40: Menjelaskan Dampak pemanfaatan bioteknologi bagi MASLING: dampak-implikasi produk dan teknologi yang digunakan
LATIHAN
1. Perhatikan gambar hewan berikut ini !
A. Jantungnya memiliki empat ruang dan kulit berbulu
B. Bernapas dengan paru-paru dan mempunyai kelenjar susu
C. Memiliki tiga macam gigi dan berdarah panas
D. Memiliki kelenjar susu dan kulit berambut
E. Berdarah panas dan kulit berbulu
2. Perhatikan gambar berikut ini :
A. Keanekaragaman hayati Indonesia
B. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistim
C. Keanekaragaman hayati tingkat populasi
D. Keanekaragaman hayati tingkat spesies
E. Keanekaaragam hayati tingkat gen
3. Perhatikan skema jaring-jaring makanan berikut!
A. Fitoplankton dan zooplankton
B. Zooplankton dan udang
C. Fitoplankton dan remis
D. Siput dan kepiting
E. Zooplankton dan remis
4. Perhatikanlah tata nama takson dari hewan berikut ini!
Animalia
|
Animalia
|
Animalia
|
Chordata
|
Chordata
|
Chordata
|
Mamalia
|
Reptilia
|
Aves
|
Carnivora
|
Squamata
|
Accipitriformes
|
Felidae
|
Iguanidae
|
Accipitridae
|
Felis
|
Iguana
|
Nisaetus
|
Felis silvertis
|
Iguana iguana
|
Nisaetus bartelsi
|
kucing
|
iguana
|
Elang jawa
|
A. Animalia, Chordata, Iguana iguana
B. Mamalia, Reptilia, Nisaetus bartelsi
C. Aves , Chordata, Felis silvertis
D. Felis, Iguana, Nisaetus
E. Felidae, Iguana, Elang jawa
5. Kemungkinan besar dampak yang timbul akibat pembukaan hutan untuk dijadikan areal pemukiman adalah ....
A. Keseimbangan air terganggu
B. Sumber perekonomian berkurang
C. Mudah terjadi erosi
D. Terganggunya kelestarian spesies
E. Hutan menjadi gundul
6. Perhatikanlah skema daur nitrogen berikut ini ....
Proses (1), (2) dan (3) dalam daur nitrogen tersebut secara berurutan adalah ....
A. Denitrifikasi, nitrifikasi, dan fiksasi
B. Fiksasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi
C. Asimilasi, amonifikasi, dan fiksasi
D. Dekomposisi, nitrifikasi, dan absorbsi
E. Amonifikasi, fiksasi, dan denitrifikasi
7. Dalam klasifikasi mahluk hidup dikelompokkan ke dalam kelompok besar sampai kelompok kecil. Urutan takson pada hewan dimulai dari filum, klasis, ordo, familia, genus dan spesies. Anjing ( Canis lupus dingo )dan kucing ( Felis catus) dikelompokkan ke dalam takson ordo yang sama ( carnivora) karena ....
A. Mempunyai gigi untuk memotong makanannya berupa tumbuhan/herba
B. Mempunyai gigi taring untuk mengoyak makanannya berupa daging
C. Mempnyai tempat tinggal yang sama
D. Berdarah panas, berjalan dengan empat kaki
E. Jantung empat ruang dan bergeraham
8. Cermati gambar di bawah ini
Perubahan lingkungan mengakibatkan kerugian bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Penyebab utama adalah ulah manusia, seperti tampak pada gambar tersebut di atas. Hubungan yang tepat antara pernyataa dengan dampak dari perubahan lingkungan pada gambar tersebut
E. Felidae, Iguana, Elang jawa
5. Kemungkinan besar dampak yang timbul akibat pembukaan hutan untuk dijadikan areal pemukiman adalah ....
A. Keseimbangan air terganggu
B. Sumber perekonomian berkurang
C. Mudah terjadi erosi
D. Terganggunya kelestarian spesies
E. Hutan menjadi gundul
6. Perhatikanlah skema daur nitrogen berikut ini ....
A. Denitrifikasi, nitrifikasi, dan fiksasi
B. Fiksasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi
C. Asimilasi, amonifikasi, dan fiksasi
D. Dekomposisi, nitrifikasi, dan absorbsi
E. Amonifikasi, fiksasi, dan denitrifikasi
7. Dalam klasifikasi mahluk hidup dikelompokkan ke dalam kelompok besar sampai kelompok kecil. Urutan takson pada hewan dimulai dari filum, klasis, ordo, familia, genus dan spesies. Anjing ( Canis lupus dingo )dan kucing ( Felis catus) dikelompokkan ke dalam takson ordo yang sama ( carnivora) karena ....
A. Mempunyai gigi untuk memotong makanannya berupa tumbuhan/herba
B. Mempunyai gigi taring untuk mengoyak makanannya berupa daging
C. Mempnyai tempat tinggal yang sama
D. Berdarah panas, berjalan dengan empat kaki
E. Jantung empat ruang dan bergeraham
8. Cermati gambar di bawah ini
|
Pernyataan
|
Dampak
|
A
|
Akumulasi emisi gas di atmosfir
|
Meningkatnya suhu bumi
|
B
|
Penebangan hutan
ilegal
|
Terganggunya proses hidrologi
|
C
|
Kebakaran lahan gambut/hutan
|
Erosi, ISPA
|
D
|
Pembuangan limbah pabrik
|
Turunnya kualitas tanah/air
|
E
|
Aktifitas pertambangan batu bara
|
Kerusakan ekosistem pantai
|
9. Perhatikan penampang daun berikut!
A. Melindungi jaringan yang ada di bawahnya
B. Mengangkut hasil karbohidrat asimilasi
C. Mengangkut air dan garam mineral
D. Tempat berlangsungnya fotosintesa
E. Proses pertukaran gas
10. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, organ atau permukaan saluran tubuh hewan. Ciri jaringan epitel tergantung pada fungsi dan tempatnya. Jaringan epitel tempat filtrasi dan difusi mempunyai ciri-ciri ....
A. Sel epitel pipih selapis, berinti besar , seperti sisik (squamosa) dan merupakan sel epitel paling tipis, menyusun glomerulus (ginjal)
B. Epitel pipih berlapis banyak, tersusun rapat, sitoplasma jernih dan dapat ditemukan di rongga mulut
C. Jaringan epitel kubus selapis, inti bentuk bulat besar, sitoplasma jernih dan menyusun saluran ginjal.
D. Jaringan epitel kubus berlapis banyak dimana sel-sel bagian permukaannya lebih kecil dari pada sel-sel di lapisan basal, menyusun kelenjar.
E. Jaringan epitel silindris satu lapis, sitoplasma jernih, nukleus di bagian dasar dan dapat ditemukan di cabang tenggorok, saluran pencernaan.
11. Perhatikan gambar organ sistem ekskresi di bawah ini !
Nama organ sistem ekskresi yang ditunjukkan oleh X penghasil urea dan empedu adalah ....
A. Hati
B. Kulit
C. Ginjal
D. Paru-paru
E. Usus besar
12. Manusia dapat mengalami gangguan/kelainan/penyakit pada sistem transportasinya. Kelainan /gangguan tersebut antara lain thalasemia yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Anemia
- Pembesaran limpa (perut buncit)
- Perubahan bentuk wajah
A. Eritrosit mudah dipecah limpa
B. Produksi rantai globin alfa berkurang atau tidak ada
C. Kerja limpa sebagai pembersih eritrosit yang rusak dan pembentukan eritrosit berlebihan
D. Sumsum tulang pipih kerja keras membentuk eritrosit, leukosit dan sel darah pembeku
E. Penipisan tulang dan penonjolan dahi disebabkan rongga sumsum membesar
13. Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut :
Bagian yang dilalui oleh darah pada sistem peredaran darah besar adalah ....
A. B – 3 – A – 4 – D
B. B – 4 – A – 3 – D
C. C – 2 – B – 4 – A
D. B – 1 – C – 2 – D
E. B – 2 – C – 1 – 3
14. Gambar berikut ini menunjukkan paru-paru manusia yang disebabkan terlalu banyak merokok
Penyakit yang diderita orang tersebut ....
A. Pneumonia
B. Kanker paru-paru
C. Tuberculosis
D. Empisema
E. Pleuritis
15. Berdasarkan hasil laboratorium,diketahui kadar HCl dalam lambung tinggi. Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami ....
A. Gastritis
B. Ulkus
C. Kolik
D. Apendiksitis
E. Diare
16. Siswa kelas XII SMA melakukan penelitian berkaitan dengan pupuk urea dengan hasil pengamatan sebagai berikut:
A. Pneumonia
B. Kanker paru-paru
C. Tuberculosis
D. Empisema
E. Pleuritis
15. Berdasarkan hasil laboratorium,diketahui kadar HCl dalam lambung tinggi. Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami ....
A. Gastritis
B. Ulkus
C. Kolik
D. Apendiksitis
E. Diare
16. Siswa kelas XII SMA melakukan penelitian berkaitan dengan pupuk urea dengan hasil pengamatan sebagai berikut:
hari
ke
|
Rata-rata tinggi bayam (cm)
|
|||
10 ppm
|
20ppm
|
30ppm
|
40ppm
|
|
2
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4
|
6,2
|
6,1
|
7,0
|
8,2
|
6
|
7,3
|
7,5
|
9,3
|
12,5
|
8
|
8,5
|
9,2
|
13,1
|
16,4
|
10
|
14,2
|
15,1
|
18,7
|
22,6
|
12
|
16,7
|
20,2
|
25,0
|
29,8
|
Kesimpulan yang tepat untuk hasil penelitian di atas adalah ....
A. tinggi tanaman bayam dikendalikan oleh pupuk urea
B. pada hari ke-12 tinggi tanaman bayam paling optimal
C. pupuk urea sangat baik untuk pertumbuhan tanaman
D. peningkatan konsentrasi pupuk berpengaruh terhadap pertumbuhan bayam
E. semakin lama waktu tanam terdapat variasi tinggi tanaman bayam
17. Berikut adalah organel sel:
1. lisosom
2. Ribosom
3. vakuola
4. mitokondria
5. sentrosom
Organel sel yang berfungsi dalam mencerna benda asing dan berperan dalam pembelahan sel secara berurutan adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
Organel sel yang berfungsi dalam mencerna benda asing dan berperan dalam pembelahan sel secara berurutan adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 5 dan 4
18. Berikut adalah gambar satu molekul nukleotida.
Label 3, 2, dan 1 secara berurutan adalah
A. fosfat, gula pentosa, basa Nitrogen
B. fosfat, gula heksosa, basa Nitrogen
C. gula pentosa, fosfat, basa Nitrogen
D. gula pentosa, basa Nitrogen, fosfat
E. basa Nitrogen, gula pentosa, fosfat
19. Berikut ini disajikan tabel metabolisme sel
18. Berikut adalah gambar satu molekul nukleotida.
Label 3, 2, dan 1 secara berurutan adalah
A. fosfat, gula pentosa, basa Nitrogen
B. fosfat, gula heksosa, basa Nitrogen
C. gula pentosa, fosfat, basa Nitrogen
D. gula pentosa, basa Nitrogen, fosfat
E. basa Nitrogen, gula pentosa, fosfat
19. Berikut ini disajikan tabel metabolisme sel
No.
|
Kegiatan
|
1.
|
Menggunakan CO2
sebagai akseptor elektron
|
2.
|
Tidak menggunakan O2
|
3.
|
Pembentukan ATP
pada jalur glikolisis
|
4.
|
Pembentukan ATP
pada system transport electron
|
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 2
20. Suatu lahan penelitian membutuhkan tanaman yang memiliki kemampuan daya tahan terhadap serangan hama atau penyakit. Bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan teknik …
A. Kultur jaringan
B. Hibridoma
C. Transgenik
D. Kloning transfer embrio
E. Kloning transfer inti
21. Sekelompok siswa melakukan kegiatan merendam 2 potongan kentang dengan ukuran yang sama pada konsentrasi larutan yang berbeda. Ternyata potongan kentang yang direndam dalam larutan gula 10% setelah ditimbang hasil akhirnya lebih ringan daripada berat kentang dalam larutan gula 5%. Hal ini menunjukkan bahwa bila sel tumbuhan direndam dalam larutan hipertonik, maka akan mengalami…
A. Difusi
B. Plasmolisis
C. Turgiditas
D. Hemolisis
E. Krenasi
22. Kegiatan metabolisme dalam tubuh manusia memerlukan enzim, komponen enzim yang lengkap ( holoenzim ) memiliki struktur terdiri dari …
A. Kofaktor dan koenzim
B. NAD dan FAD
C. Molekul-molekul organik saja
D. Apoenzim dan sitokrom
E. Apoenzim dan gugus prostetik
23. Skema berikut berkaitan dengan proses fermentasi yang terjadi .
Komponen X dan Y yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah …
A. Glukosa dan etanol
B. Glukosa dan asam asetat
C. Glukosa dan asam laktat
D. Glukosa dan asetaldehid
E. Glukosa dan asetil Ko A
24. Pada siklus gamet, akan mengalami proses replikasi DNA, pembelahan mitosis, dan meiosis.
Peristiwa spermatogenesis dari satu spermatogonium hasil akhirnya akan membentuk …
A. 4 spermatid, diploid
B. 4 spermatozoa fungsional, haploid
C. 2 spermatosit primer, diploid
D. 2 spermatosit sekunder, haploid
E. 2 spermatosit primer, haploid
25. Pada sintesis protein terjadi proses translasi yaitu ....
A. penggandaan pita sense DNA
B. penterjemahan kode genetik oleh RNA
C. penempelan RNA pada ribosome di ikuti pembentukan poliribosom
D. perpanjangan rantai polipeptida
E. pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA
26. Dampak negatif bioteknologi bagi kehidupan manusia adalah adanya mahluk baru seperti mikroorganisme hasil rekayasa genetika yang terlepas ke lingkungan dapat menyebabkan….
A. Punahnya mikroorganisme lain
B. Pemanasan global
C. Produksi pertanian menurun
D. Timbulnya penyakit baru
E. Erosi plasma nutfah
27. Perhatikan gambar sel berikut
A. Glukosa dan etanol
B. Glukosa dan asam asetat
C. Glukosa dan asam laktat
D. Glukosa dan asetaldehid
E. Glukosa dan asetil Ko A
24. Pada siklus gamet, akan mengalami proses replikasi DNA, pembelahan mitosis, dan meiosis.
Peristiwa spermatogenesis dari satu spermatogonium hasil akhirnya akan membentuk …
A. 4 spermatid, diploid
B. 4 spermatozoa fungsional, haploid
C. 2 spermatosit primer, diploid
D. 2 spermatosit sekunder, haploid
E. 2 spermatosit primer, haploid
25. Pada sintesis protein terjadi proses translasi yaitu ....
A. penggandaan pita sense DNA
B. penterjemahan kode genetik oleh RNA
C. penempelan RNA pada ribosome di ikuti pembentukan poliribosom
D. perpanjangan rantai polipeptida
E. pemindahan informasi genetik dari DNA ke RNA
26. Dampak negatif bioteknologi bagi kehidupan manusia adalah adanya mahluk baru seperti mikroorganisme hasil rekayasa genetika yang terlepas ke lingkungan dapat menyebabkan….
A. Punahnya mikroorganisme lain
B. Pemanasan global
C. Produksi pertanian menurun
D. Timbulnya penyakit baru
E. Erosi plasma nutfah
27. Perhatikan gambar sel berikut
Organel sel yang berperan dalam pembentukan lisosom ditunjukkan nomor….
A. 1
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
28. Perhatikan skema fotosintesis di bawah ini!
Produk reaksi terang dan reaksi gelap fotosintesis pada tabel yang benar adalah….
29. Pada pembuatan manisan buah, diagram memperlihatkan empat kelompok sel buah di tempatkan pada empat larutan yang berbeda konsentrasinya. Manakah kelompok sel di bawah ini yang mencerminkan kejadian pembuatan manisan buah ?
30. A
Perhatikan peta silsilah pewarisan sifat buta warna berikut ini!
Dari data di atas, maka untuk nomor 1 dan nomor 2 berfenotipe…..
A. Normal dan Butawarna
B. Normal dan karier
C. Karier dan karier
D. Butawarna dan karier
E. Butawarna dan Butawarna
31. Perhatikan eksperimen F. Redi berikut !
Keterangan: : Daging
1 : Perlakuan tabung satu ditutup rapat
2 : Perlakuan tabung dua ditutup kain kasa
3 : Perlakuan tabung tiga dibiarkan terbuka
Semua tabung dibiarkan selama 6 hari
Berdasarkan percobaan diatas maka dapat diambil kesimpulan ....
A. tabung satu dan dua dihinggapi lalat dan ada larva
B. tabung satu dan tiga dihinggapi lalat dan lalat bertelur
C. tabung dua dan tiga dihinggapi lalat dan ada larva
D. tabung satu, dua, dan tiga dihinggapi lalat dan tidak ada larva
E. tabung satu, dua, dan tiga tidak dihinggapi lalat dan lalat bertelur
32. Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A. adaptasi
28. Perhatikan skema fotosintesis di bawah ini!
29. Pada pembuatan manisan buah, diagram memperlihatkan empat kelompok sel buah di tempatkan pada empat larutan yang berbeda konsentrasinya. Manakah kelompok sel di bawah ini yang mencerminkan kejadian pembuatan manisan buah ?
30. A
Perhatikan peta silsilah pewarisan sifat buta warna berikut ini!
Dari data di atas, maka untuk nomor 1 dan nomor 2 berfenotipe…..
A. Normal dan Butawarna
B. Normal dan karier
C. Karier dan karier
D. Butawarna dan karier
E. Butawarna dan Butawarna
31. Perhatikan eksperimen F. Redi berikut !
Keterangan: : Daging
1 : Perlakuan tabung satu ditutup rapat
2 : Perlakuan tabung dua ditutup kain kasa
3 : Perlakuan tabung tiga dibiarkan terbuka
Semua tabung dibiarkan selama 6 hari
Berdasarkan percobaan diatas maka dapat diambil kesimpulan ....
A. tabung satu dan dua dihinggapi lalat dan ada larva
B. tabung satu dan tiga dihinggapi lalat dan lalat bertelur
C. tabung dua dan tiga dihinggapi lalat dan ada larva
D. tabung satu, dua, dan tiga dihinggapi lalat dan tidak ada larva
E. tabung satu, dua, dan tiga tidak dihinggapi lalat dan lalat bertelur
32. Pendapat Darwin tentang asal mula nenek moyang jerapah berbeda dengan pendapat Lamarck. Faktor penyebab yang mendukung pendapat Darwin tentang jerapah yang ada sekarang adalah ….
A. adaptasi
B. jenis makanan
C. seleksi alam
C. seleksi alam
D. perubahan lingkungan
E. isolasi geografis
33. Apabila H (hitam) epistasis terhadap K (kuning) yang bersifat hipostasis, sedangkan masing-masing dominan terhadap alelnya putih (h dan k). Jika disilangkan gandum berkulit kuning (hhKk) sesamanya akan menghasilkan keturunan dengan fenotip ….
A. Hitam : kuning = 3 : 1
B. Kuning : putih = 3 : 1
C. Kuning : putih = 9 :7
D. Hitam : kuning : putih = 3 : 3 : 1
E. Hitam : kuning : putih = 9 : 3 : 4
34. Kemungkinan untuk memperoleh keturunan dengan genotip aabbcc dari perkawinan :
♂ AaBbCc x ♀ AaBbCc adalah
A. ½
B. ¼
C. ¾
D.
E.
35. Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X, jika gen (C) untuk penglihatan normal dan gen (c) untuk buta warna.
Orang nomor berapa sajakah yang memiliki gen (c) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
36. Perhatikan gambar bukti evolusi berikut !
Satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio. Bila melihat perkembangan mulai dari sederhana ke kompleks dikenal dengan istilah ....
A. filogeni
E. isolasi geografis
33. Apabila H (hitam) epistasis terhadap K (kuning) yang bersifat hipostasis, sedangkan masing-masing dominan terhadap alelnya putih (h dan k). Jika disilangkan gandum berkulit kuning (hhKk) sesamanya akan menghasilkan keturunan dengan fenotip ….
A. Hitam : kuning = 3 : 1
B. Kuning : putih = 3 : 1
C. Kuning : putih = 9 :7
D. Hitam : kuning : putih = 3 : 3 : 1
E. Hitam : kuning : putih = 9 : 3 : 4
34. Kemungkinan untuk memperoleh keturunan dengan genotip aabbcc dari perkawinan :
♂ AaBbCc x ♀ AaBbCc adalah
A. ½
B. ¼
C. ¾
D.
E.
35. Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X, jika gen (C) untuk penglihatan normal dan gen (c) untuk buta warna.
Orang nomor berapa sajakah yang memiliki gen (c) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
36. Perhatikan gambar bukti evolusi berikut !
Satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio. Bila melihat perkembangan mulai dari sederhana ke kompleks dikenal dengan istilah ....
A. filogeni
B. analogi
C. ontogeny
C. ontogeny
D. homologi
E. radiasi adaptif
37. Perhatikan peta silsilah (pedigree) berikut !
* = gen buta warna
Genotip Parental A dan B adalah ......
A. X* Y dan X X
B. X Y dan X* X
C. X* Y dan X* X
D. X* Y dan X* X*
E. X Y dan X* X*
38. Hardy-Weinberg menyatakan bahwa perbandingan alel suatu gen dalam populasi cenderung tetap. Keadaan berikut ini yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan perbandingan tersebut adalah ....
A. terjadi migrasi
B. populasi harus besar
C. kawin rendom
D. tidak terjadi mutasi
E. fertilitas dan viabilitas gen sama
39. Menurut hukum Hardy Fre kuensi gen pada suatu populasi akan dapat berubah. Perubahan ini disebabkan karena ….
A. Viabilitas tiap genotif tinggi
B. Perkawinan antar genotip secara acak
C. Tidak terjadi migrasi
D. Terjadi seleksi alam
E. Tidak terjadi mutasi alam
40. Perhatikan bagan mutasi berikut ini
Gambar tersebut menunjukkan ….
A. inversi
B. translokasi
C. duplikasi
D. transformasi
E. delesi
37. Perhatikan peta silsilah (pedigree) berikut !
* = gen buta warna
Genotip Parental A dan B adalah ......
A. X* Y dan X X
B. X Y dan X* X
C. X* Y dan X* X
D. X* Y dan X* X*
E. X Y dan X* X*
38. Hardy-Weinberg menyatakan bahwa perbandingan alel suatu gen dalam populasi cenderung tetap. Keadaan berikut ini yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan perbandingan tersebut adalah ....
A. terjadi migrasi
B. populasi harus besar
C. kawin rendom
D. tidak terjadi mutasi
E. fertilitas dan viabilitas gen sama
39. Menurut hukum Hardy Fre kuensi gen pada suatu populasi akan dapat berubah. Perubahan ini disebabkan karena ….
A. Viabilitas tiap genotif tinggi
B. Perkawinan antar genotip secara acak
C. Tidak terjadi migrasi
D. Terjadi seleksi alam
E. Tidak terjadi mutasi alam
40. Perhatikan bagan mutasi berikut ini
Gambar tersebut menunjukkan ….
A. inversi
B. translokasi
C. duplikasi
D. transformasi
E. delesi
No comments:
Post a Comment