Wednesday, November 28, 2018

NGGORENG TEMPE UDAN UDAN

Ketika hujan deras nggak berhenti henti kelaperan nemu tempe digoreng deh ....ee bisa jadi gayeng dimakan rame rame dengan cabe rawit ....pedes ngambil lagi ....hehehe




SOAL LATIHAN UNBK KELAS X YA
MATERI KELAS XI
SOAL LATIHAN SEL DAN JARINGAN
SOAL BAKTERI - MONERA
UAS BIOLOGI SMSTER 1 KELAS XII
BAKTERI AGAIN
KELAS XI

u

Tuesday, November 27, 2018

KISI UNBK BIOLOGI 2018

Pagi ini saya postingkan KISI INBK BIOLOGI 2018 -2019 semoga bisa digunakan dan bermanfaat

Segera dibedah sehingga jadi tulisan yang bermanfaat untuk ujian nanti OK

KISI SEMUA PELAJARAN UNBK SMA

BEDAH KISI BIOLOGI

KISI UNBK BIOLOGI 2018
  1. Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh virus
  2. Disajikan gambar Virus siswa dapat menjelaskan fungsi bagian struktur virus yang ditunjuk 
  3. Disajikan gambar Virus Siswa dapat menentukan ciri-ciri organisme tertentu dari ciri umum yang ditentukan berupa Reproduksi  
  4. Disajikan gambar bakteri siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 
  5. Disajikan gambar bakteri Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri 
  6. Disajikan gambar bakteri Siswa dapat menjelaskan peranan bakteri 
  7. Disajikan gambar Protista siswa dapat menjelaskan bagian yang ditunjuk 
  8. Disajikan gambar Protista Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh Protista 
  9. Disajikan gambar Protista Siswa dapat menjelaskan peranan Protista 
  10. Siswa dapat menentukan tingkat keanekara-gaman berdasarkan data/gambar yang ditampilkan 
  11. Disajikan data tentang langkah kerja ilmiah, siswa dapat merunutkan langkah kerja ilmiah dengan benar 
  12. Disajikan data penelitian/percobaan siswa dapat menentukan variabel/ meramalkan hipotesis dalam methode ilmiah 
  13. Disajikan data/gambar berbagai jenis protista hewan siswa dapat menenentukan dasar pengelompokannya 
  14. Disajikan data/gambar berbagai jenis tumbuhan siswa dapat menenentukan dasar pengelompokannya 
  15. Disajikan data/gambar berbagai jenis hewan vertebrata siswa dapat menenentukan dasar pengelompokannya 
  16. Disajikan data/gambar berbagai jenis monera , fungi siswa dapat menenentukan dasar pengelompokannya 
  17. Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan cacing hati fasciola hepatica siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  18. Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan cacing pita siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  19. Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan ubur ubur aurelia aurita / obelia siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  20. Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan cacing hati ikan siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  21. Disajikan gambar/data tentang daur hidup Paku siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  22. Disajikan gambar/data tentang daur hidup Lumut siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut 
  23. Disajikan skema gambar Jaring2 makanan Menentukan peran organisme dalam daur tersebut 
  24. Disajikan diagram Biogeokimia atau gambar sikus unsur siswa dapat : - menentukan proses yang terjadi berdasarkan gambar (N dan C) 
  25. Perubahan lingkungan Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat meramalkan perubahan/factor yang mempengaruhi perubahan lingkungan 
  26. Disajikan gambar Protista, siswa dapat :menemukan alasan pengelompokkannya 
  27. Disajikan gambar Protista, siswa dapat menarik kesimpulan tentang klasifikasinya 
  28. Disajikan gambar hewan vertebrata siswa dapat :menemukan alasan pengelompokkannya 
  29. Disajikan gambar Hewan Vertebrata , siswa dapat menarik kesimpulan tentang klasifikasinya 
  30. Disajikan gambar jamur , siswa dapat : menemukan alasan pengelompokkannya 
  31. Disajikan gambar jamur menarik kesimpulan tentang klasifikasinya 
  32. Disajikan beberapa gambar/ciri tumbuhan siswa dapat : Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae) menemukan alasan pengelompokkannya 
  33. Disajikan beberapa gambar/ciri tumbuhan siswa dapat : Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae) menemukan alasan pengelompokkannya menarik kesimpulan tentang klasifikasinya 
  34. Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat: menganalisis kasus yang ditampilkan (Studi kasus tentang lingkungan) 
  35. Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat: menarik kesimpulan dari kasus tersebut 
  36. Disajikan gambar organ tumbuhan Daun , siswa dapat menentukan Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan 
  37. Disajikan gambar organ tumbuhan Akar , siswa dapat menentukan Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan 
  38. Disajikan gambar organ tumbuhan Batang , siswa dapat menentukan Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan 
  39. Disajikan gambar berbagai jaringan hewan siswa dapat menjelaskan fungsi dari jaringan yang ditunjuk 
  40. Disajikan gambar berbagai jaringan hewan siswa dapat menjelaskan Hubungan antara jenis jaringan, dan fungsinya 
  41. Disajikan gambar berbagai jaringan hewan siswa dapat menentukan hubungan antara gambar, macam dan fungsi jaringan 
  42. Disajikan gambar tentang organ pencernaan pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya 
  43. Disajikan gambar tentang organ peredaran darah pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya 
  44. Disajikan gambar tentang organ Indera pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya 
  45. Disajikan gambar tentang organ Reproduksi pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya 
  46. Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa dapat menentukan jenis penyakit pada sistem pencaernaan 
  47. Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa dapat menentukan jenis penyakit pada sistem pernafasan 
  48. Disajikan gambar organ tubuh sistem ekskresi bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi 
  49. Disajikan gambar organ tubuh sistem peredaran darah bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi 
  50. Disajikan gambar organ tubuh sistem pernafasan bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi 
  51. Disajikan gambar organ tubuh sistem gerak bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi 
  52. Disajikan gambar organ tubuh sistem reproduksi bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi 
  53. Disajikan ciri atau gejala suatu penyakit pada sistem ekskresi siswa dapat menentukan gangguan pada organnya 
  54. Disajikan ciri atau gejala suatu penyakit pada sistem pernafasan siswa dapat menentukan gangguan pada organnya 
  55. Disajikan data hasil laboratorium, siswa dapat menarik kesimpulan dari data sistem ekskresi 
  56. Disajikan data hasil laboratorium, siswa dapat menarik kesimpulan dari data sistem sirkulasi darah 
  57. Disajikan data hasil Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman percoban/grafik siswa dpt: Menarik kesimpulan 
  58. Disajikan data hasil Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman percoban/grafik siswa dpt Menginterpretasikan 
  59. Struktur dan fungsi Organel Sel 
  60. Disajikan gambar sel, siswa dapat : menentukan organel sel yang ditunjuk 
  61. Disajikan gambar sel, siswa dapat : menjelaskan proses/fungsi yang terjadi pada organel-nya 
  62. Disajikan gambar Struktur Membran sel, siswa dapat : menjelaskan proses/fungsi yang terjadi pada organel-nya 
  63. Siswa dapat :Menentukan rantai nukleotida 
  64. Siswa dapat Menyebutkan perbedaan antara DNA dan RNA 
  65. Siswa dapat menjelaskan tentang pengertian dan reaksi kimia metabolisme (katabolisme,anabolisme, respirasi, fotosintesis, fermentasi,) 
  66. Siswa dapat : menjelaskan prinsip bioteknologi 
  67. Siswa dapat menentukan prinsip dasar bioteknologi 
  68. Disajikan gambar tentang transport antar membrane,siswa dapat menentukan prosesnya osmose atau difusi 
  69. Disajikan gambar atau diagram suhu atau pH , siswa dapat: menentukan cara kerja enzim 
  70. Disajikan gambar atau diagram suhu atau pH , siswa dapat: mengemukakakan sifat enzim 
  71. Disajikan diagram proses metabolisme Siswa dapat : menentukan bahan/atau hasil dari proses yang ditunjukkan 
  72. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan fase pembelahannya 
  73. Siswa dapat menentukan tahap dalam sintesa protein berdasarkan gambar/ 
  74. Siswa dapat meramalkan dampak penggunaan produk bioeknologi 
  75. Disajikan gambar hasil percobaan osmosa/difusi, siswa dapat menarik kesimpulan dari peristiwa yang ditampilkan 
  76. Disajikan gambar skema kerja enzim siswa dapat menentukan Mekanisme kerja enzim dengan tepat 
  77. Perangkat percobaan Fotosintesis, fermentasi Disajikan data percobaan kinerja enzim, siswa dapat menarik kesimpulan 
  78. Disajikan gambar/diagram Glikolisis siswa dapat menginterpretasikan gambar yang disediakan 
  79. Disajikan gambar/diagram Daur Krebs siswa dapat menginterpretasikan gambar yang disediakan 
  80. Disajikan gambar/diagram Sistem Transport elektron siswa dapat menginterpretasikan gambar yang disediakan 
  81. Disajikan perangkat percobaan fotosintesis siswa dapat menarik kesimpulannya 
  82. Disajikan percobaan fermentasi, siswa dapat menarik kesimpulan hasil percobaannya 
  83. Disajikan gambar proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa dapat : menemukan bagian yang ditunjuk 
  84. Disajikan gambar proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa dapat : menganalisis peristiwa yang ditunjuk 
  85. Disajikan genotif individu siswa dapat Membuat/menghitung gamet 
  86. Disajikan genotif individu sSiswa dapat menentukan jumlah gamet yang terbentuk 
  87. Disajikan kasus, siswa dapat menyelesaikan persilangannya 
  88. Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis mutasinya 
  89. Disajikan ciri2 kelainan karena mutasi/aberasi siswa dapat menentukan jenis sindromnya 
  90. Siswa dapat menjelaskan perbedaan 2 teori evolusi 
  91. Menghitung hasil persilangan , monohybrid, dihibrid 
  92. Disajikan kasus, siswa dapat : menyelesaikan persilangannya monoploid / Diploid dengan Menghitung keturunannya 
  93. Disajikan data pesilangan penyimpangan semu hukum mendel, siswa dapat menghitung kemungkinan hasil persilangan 
  94. Disajikan data perkawinan penyakit menurun terpaut kromosom seks x buta warna / Hemophilia , siswa dapat menghitung prosentase hasil keturunannya 
  95. Evolusi Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bukti-bukti evolusi 
  96. Disajikan peta silsilah, siswa dapat menemukan genotip dari individu yang ditentukan 
  97. Siswa dapat menganalisis frekuensi gen dan genotif menggunakan hukum hardy Weinberg 
  98. Disajikan soal perhitungan kasus albino Siswa dapat menghitung populasi karier nya dengan menggunakan hukum hardy Weinberg 
  99. Siswa dapat menarik kesimpulan tentang spesiasi 
  100. Siswa mengetahui jenis Isolasi yang menjadikan speciasi
PELAJARI DALAM APLIKASI SOAL



LATIHAN SOAL VIRUS MONERA

1.    benda hidup, kecuali 
(A) Mempunyai kemampuan bereproduksi
(B)  Mempunyai selubung dari protein
(C)  Materi genetik hanya DNA atau RNA
(D)  Tanpa organel sel dan protoplasma
(E)  Mampu memperbanyak diri dengan replikasi

2.    Kelompok-kelompok       penyakit          yang disebabkan oleh virus adalah 
(A) Influenza, gondongan, tifus
(B)  Rabies, trakom, cacar
(C)  Polio, disentri, cacar
(D)  Gondongan, batuk rejan, rabies
(E)  Cacar air, polio, TBC

3.    Virus tidak mempunyai komponen berikut
(A)  Selubung protein
(B)  RNA atau DNA
(C)  Enzim
(D)  Membran sel
(E)  Kapsid

4.    Secara tidak langsung, Bacteriophage merugikan manusia sebab
(A)  Bersifat parasit bagi manusia
(B)  Memakan bakteri yang menguntungkan manusia
(C)  Memakan virus T di usus manusia
(D)  Membusukkan sisa makanan di usus manusia

5.    Virus hanya dapat hidup ada benda hidup sebab
(A)  Tidak mempunyai organel sel
(B)  Mempunyai materi gentik DNA/RNA
(C)  Mempunyai kapsid yang tersusun oleh protein
(D)  Tidak mempunyai klorofil
(E)  Tidak mempunyai inti

6.    Padi VUTW dibuat tahan terhadap infeksi wereng cokelat, sebab wereng ini merupakan vector 
(A) New Castel Deases (NCD)
(B)  Tobacco Mozaik Virus (TMV)
(C)  Citrus Vein Ploem Degeration (CVPD)
(D)  Virus Tungro
(E)  Virus T

7.    Nitrosomonas termasuk bakteri kemoautotrof. Bakteri kemoautotrof aalah bakteri yang
(A)  Dapat menyusun zat organik dengan bantuan energy matahari
(B)  Mangambil zat organik dari makhluk lain
(C)  Dapat membuat zat makanan sendiri
(D)  Memerlukan energy kimia untuk menyusun zat yang diperlukan
(E)  Mutlak memerlukan oksigen untuk respirasi

8.    Kelompok bakteri penyubur tanah adalah
(A)  Azotobacter chroococcus, Nitrobacter dan Clostridium pasteurianun
(B)  Nitrosococcus, Clostridium butiricum, dan Nitrosomonas
(C)  Rhizobium radicicola, Azollae pinnata, dan Acetobacter
(D)  Nitrosomonas, Nitrobacter, dan Clostridium botulinun
(E)  Salmonella, Rhizobium leguminosarum dan Nitrobacter

9.    Bakteri tidak dapat membusukkan makanan yang diasinkan dengan kadar garam 10% sebab
(A)  Protein bakteri terkoagulasi
(B)  Sel bakteri mengalami plasmolisis
(C)  Bakteri bersifat heterotrof
(D)  Sel bakteri prokariotik
(E)  Larutan garam mengalami difusi ke dalam bakteri

10.  Bakteri yang mengadakan simbiosis mutualisme dengan polong-polongan adalah
(A)  Rhizobium leguminosarum
(B)  Clostridium botulinun
(C)  Clostridium tetani
(D)  Nitrosomonas
(E)  Azotobacter

11.  Clostridium beradaptasi terhadap lingkungan yang buruk dengan cara (A) Bereproduksi sebanyak-banyaknya
(B)  Membuat dinding yang tebal
(C)  Menghasilkan       spora    di         luar      sel vegetatif
(D)  Menghasilkan spora di dalam sel vegetatif
(E)  Mengeluarkan antibodi

12.  Komponen yang tidak dimiliki oleh alga biru adalah (A) Karoteka
(B)  Klorofil
(C)  Membran sel
(D)  Materi inti
(E)  Fikosianin

13.  Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus dan bakteri secara berurut
(A)  Polio dan influenza
(B)  Tetanus dan disentri
(C)  Pneumonia dan AIDS
(D)  Gondongan dan antraks
(E)  Trakhom dan sifilis

14.  Materi genetik virus dibentuk di dalam tubuh virus itu sendiri
SEBAB
Virus mempunyai RNA dan DNA

15. Endospora pada bekteri berfungsi sebagai alat reproduksi
SEBAB
Endospora bakteri terbentuk bila bakteri tidak mampu lagi membelah diri

16. Bakteri tidak mempunyai materi inti yang berupa DNA
SEBAB
Membran inti tidak dimiliki oleh bakteri

17. Untuk mencegah kekeringan, bakteri mempunyai dinding sel
SEBAB
Fungsi dinding sel pada bakteri sebagai pelindung tambahan

18.  Clostridium tetani dapat menyebabkan penyakit pada manusia
SEBAB 
Berdasarkan suhu, Clostridium tetani termasuk bakteri mesofil

19.  Virus dan bakteri mempunyai persamaan dalam hal 
(1) Mempunyai nukleus
(2)   Dapat bereproduksi
(3)   Mempunyai protoplasma
(4)   Mempunyai materi genetic

20.  Medium yang baik untuk virus adalah      
(1)   Agar-agar
(2)   Emrio tikus putih  
(3)   Air kaldu atau daging segar          
(4)   Embrio ayam hidup
        
21.  Morbillivirus dapat menyebabkan
(1)   Campak     
(2)   Gondongan           
(3)   Infeksi saluran pernapasan
(4)   Cacar         


22.  Bakteri pengikat nitrogen yang hidup
bebas adalah sebagai berikut  
(1)   Azotobacter chroochocum
(2)   Clostridium pasteurianum             
(3)   Rhodospirillum rubrum
(4)   Rhizobium leguminosarum
        
23.  Komponen sel yang tidak dimiliki oleh alga biru adalah            
(1)   Bahan inti              
(2)   Kloroplas
(3)   Klorofil     
(4)   Karioteka
        
24.  Anaeba     merupakan       alga      yang     menguntungkan di bidang pertanian bila
bersimbiosis dengan     
(1)   Cycas rumphii
(2)   Nostoc commune              
(3)   Azolla pinnata       
(4)   Navicula sp.
        
25.  Penyebab Cyanophyta berwarna hijau biru  antara lain
(1)   Inti sel tidak bermembran             
(2)   Kloroplas tersebar di sitoplasma
(3)   Selubungnya berwarna      
(4)   Mempunyai pigmen utama fikosianin




Support web ini

BEST ARTIKEL