SKL 7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
- Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup.
SKL 8. Menjelaskan komponen ekosistem, interaksi antara
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
- Makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya
- Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
- Menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup
- Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup dalam kehidupan.
- Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.
SKL 9. Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi
Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia.
jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan.
- Menjelaskan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut.
- Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
- Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
- Menjelaskan sistem saraf pada manusia
- Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
- Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
- Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut.
SKL 10.
- Mengaplikasikan konsep pertumbuhan, perkembangan, kelangsungan hidup
- Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
- Menjelaskan pewarisan sifat pada Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
- Menjelaskan organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
- Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
- Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan.
SKL 11.
- Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotropika, serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
- Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
- Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.
LATIHAN SOAL
1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
1. Perhatikan pernyataan berikut:
- tumbuh dan berkembang
- bergerak
- peka terhadap rangsang
- fotosintesis
Pernyataan yang merupakan cirri-ciri makhluk hidup adalah
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
b. 1, 3 dan 4
c. 1, 2 dan 4
d. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
2, Yang tidak termasuk dari ciri-ciri makhluk hidup
adalah
a. mendengar dan beradaptasi
b. melihat dan membutuhkan oksigen
c. berfotosintesis dan mendengar
d. mengeluarkan zat sisa dan bernapas
3. Laron akan terbang mengerumuni cahaya, sebagai
tanda/ciri makhluk hidup untuk ….
a. berkembang biak
b. peka terhadap rangsangan
c. bernapas
d. tumbuh
4. Mobil tidak termasuk hidup karena ….
a. mobil tidak bergerak
b. mobil tidak membutuhkan bahan bakar
c. mobil tidak berkembang biak
d. mobil tidak mengeluarkan zat sisa
2. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk
hidup, Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup
1. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dan
jamur adalah …
a. ganggang tak berklorofil
b. jamur tak berklorofil
c. jamur berklorofil
d. ganggang bersel Satu.
2. Tumbuhan yang memiliki bagian seperti akar, batang,
dan daun yang berwarna hijau. Ke dalam kelompok manakah tumbuhan itu
digolongkan ….
a. jamur
b. alga
c. tumbuhan paku
d. lumut
3. Tumbuhan biji dibedakan menjadi 2 subdivisi, yaitu
tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae).
Di bawah ini yang merupakan ciri khas tumbuhan biji tertutup adalah ….
a. biji tumbuh pada permukaan dasar bunga
b. bakal biji diselubungi bakal buah
c. alat kelamin bunga disebut strobilus
d. akarnya berupa akar tunggang dan batang bercabang
4. Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut.
- kaki jalan berjumlah lima pasang
- antena dua pasang
- eksoskeleton tersusun dari zat kitin
- bernapas dengan insang
- tubuh terdiri dari sefalothorax dan abdomen
Hewan tersebut termasuk kelas ….
a. Insecta
b. Crustacea
c. Myriapoda
d. Arachnoidea
3. Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam
ekosistem
1. Dalam suatu ekosistem terdapat tikus, kucing, rumput,
jamur, bakteri.Organisme yang sangat tergantung pada konsumen adalah ….
a. tikus, kucing
b. kucing, rumput
c. rumput, jamur
d. jamur, bakteri
2. Pernyataan yang benar adalah ….
a. setiap organisme hanya memiliki satu interaksi dengan
organisme lain dalam satu lingkungan
b. semua tumbuhan merupakan produsen karena semua
tumbuhan dapat melakukan proses otosintesis
c. herbivora tidak pernah menjadi predator bagi hewan
lainnya
d. pada ekosistem buatan tidak terjadi rantai makanan
3. Interaksi antarmakhluk hidup yang menunjukkan
terjadinya simbiosis komensalisme adalah …
a. cacing pita yang hidup dalam usus manusia
b. benalu yang hidup pada pohon-pohon besar
c. anggrek yang menempel pada pohon
d. burung jalak hinggap pada punggung kerbau
4. Di sebuah padang rumput ada kambing, sapi dan kelinci
hidup bersama. Interaksi yang terjadi di antara makhluk hidup tersebut adalah …
a. predasi
b. parasitisme
b. parasitisme
c. kompetisi
d. mutualisme
d. mutualisme
4. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
1. Pencemaran air telah menjadi permasalahan yang harus
segera ditangani. Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pencemaran air
yaitu …
a. mengencerkan kadar polutan yang larut dalam air
b. melarang pabrik membuang air limbahnya
c. sampah radioaktif dibuang di pulau terpencil
d. mengalirkan limbah ke lautan
2. Salah satu usaha untuk menyelamatkan kerusakan hutan
adalah ….
a. melakukan tebang pilih
b. mengubah hutan menjadi lahan pertanian
c. mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian
d. mengatur jarak tanam dan melakukan reboisasi
3. Beberapa hutan di Indonesia sudah rusak. Akibatnya
berbagai bencana seperti banjir dan erosi semakin sering terjadi. Upaya untuk
menanggulanginya adalah …
a. membuka hutan untuk usaha perkebunan
b. menerapkan system perladangan berpindah
c. memberlakukan system tebang pilih
d. mempermudah izin pengusahaan hutan
4. Air sungai di kota-kota besar sudah banyak yang
tercemar sehingga mengganggu kesehatan masyarakat. Upaya untuk mengatasi
permasalahan ini adalah …
a. mengeluarkan peraturan bahwa hanya sampah organic yang
boleh dibuang di sungai
b. membuat saluran septic tank ke sungai
c. membuat sengkedan di lereng sungai
d. mengalirkan limbah ke tangki resapan sebelum dibuang
ke sungai
5. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan
makhluk hidup
1. Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga
keanekaragaman hayati adalah …
a. memelihara hewan sebagai hobi
b. penggunaan pupuk buatan
c. menetapkan suatu kawasan sebagai cagar alam
d. pembukaan hutan untuk lading
2. Beberapa jenis ikan local seperti ikan gabus, ikan
patin dan ikan sepat siam terancam punah. Usaha untuk menanggulanginya adalah …
a. mengambil ikan-ikan tersebut dengan setrum
b. merintis daerah konservatif rawa untuk membudidayakan
ikan-ikan tersebut
c. mengambil ikan-ikan tersebut untuk dipelihara di
akuarium
d. mengirim bibit ikan-ikan tersebut ke luar negeri untuk
dibudidayakan
3. Organisasi lingkungan hidup PBB memperkirakan 30 tahun
mendatang beberapa spesies burung akan punah. Tindakan yang sebaiknya dilakukan
manusia saat ini untuk mengantisipasi hal tersebut adalah …
a. berburu burung langka untuk dipelihara di rumah
b. mencari burung langka untuk diperjualbelikan
c. menangkar burung langka di tempat khusus
d. mengoleksi burung langka sebelum punah
4. Kondisi alam beserta flora dan fauna di Indonesia
semakin memprihatinkan karena manusia memanfaatkannya secara berlebihan.
Kondisi ini harus segera ditangani dengan memanfaatkan flora dan fauna secara
bijaksana, diantaranya dengan …
a. membudidayakan ikan di tambak
b. mengoleksi hewan langka
c. menebang pohon di hutan untuk bahan bangunan
d. mencari ikan dengan pukat harimau
6. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan lingkungan
1. Kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan
masalah …
a. tingkat pencemaran air tinggi
b. jumlah limbah berkurang
c. udara semakin bersih
d. ketersediaan lahan makin luas
2. Pernyataan tentang pengaruh kepadatan populasi manusia
terhadap ketersediaan lahan adalah …
a. makin banyak manusia, makin banyak lahan pertanian
dibutuhkan untuk pangan
b. makin sedikit lahan pertanian karena banyak digunakan
untuk keperluan manusia
c. semakin sedikit lahan perumahan karena digunakan untuk
kawasan industri
d. semakin banyak lahan untuk taman kota
Perhatikan grafik berikut!
3. Dari grafik di atas persediaan pangan setelah tahun
2000 adalah …
a. melebihi kebutuhan penduduk
b. lebih rendah dari kebutuhan penduduk
c. memenuhi kebutuhan penduduk
d. menunjukkan kenaikan
4. Perhatikan grafik berikut
Penjelasan yang benar mengenai hubungan antara populasi manusia yang berlebihan dengan tingkat pencemaran adalah …
a. tidak ada hubungan antara peningkatan populasi manusia
dengan tingkat pencemaran
b. apabila penduduk bertambah, pencemaran lingkungan juga
meningkat
c. apabila penduduk di suatu daerah berlebihan,
pencemaran lingkungan menurun
d. pertambahan penduduk akan membuat laju pencemaran
lingkungan terkendali
7. Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak
manusia beserta fungsinya
1. Perhatikan gambar berikut!
Lengan bawah dapat terangkat karena. . . .
a. bagian X berkontraksi dan bagian Y relaksasi
b. bagianX relaksasi dan bagian Y berkontraksi
c. bagian X dan Y berkontraksi
d. bagian X dan Y relaksasi
2. Salah satu contoh bagian organ yang sendinya tidak
bergerak adalah . . . .
a. sendi pada perbatasan antara tulang tengkorak dengan
tulang belakang
b. sendi pada siku
c. sendi pada lutut
d. sendi antartulang pada tengkorak
3. Sendi yang memungkinkan gerakan bebas hampir ke segala
arah, yaitu ….
a. sendi putar
b. sendi pelana
c. sendi engsel
d. sendi peluru
4. Persamaan antara otot polos dan otot jantung ialah ….
a. letak inti tersebar
b. bekerja secara tidak sadar
c. menempel pada otot rangka
d. letaknya ada pada alat gerak
5. Tulang tengkorak merupakan tulang yang memiliki bentuk
….
a. tulang yang bentuknya tidak beraturan
b. tulang pipa
c. tulang pendek
d. tulang pipih
8. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan
1. Saluran pencernaan yang mengeluarkan enzim lipase
adalah . . . .
a. usus halus
b. kerongkongan
b. kerongkongan
c. usus besar
d. anus
d. anus
2. Organ pencernaan yang berfungsi menghasilkan zat untuk membunuh kuman yang masuk bersama makanan adalah …
a. mulut
b. lambung
c. usus halus
d. usus besar
3. Bagian yang menghasilkan enzim rennin adalah …
a. lambung
b. pankreas
c. usus halus
d. usus besar
4. Enzim yang dihasilkan oleh pancreas adalah …
a. protease
b. erepsin
c. rennin
d. ptialin
9. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya
1. Penyakit yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah
adalah . . . .
a. varises dan hipertensi
b. hipertensi dan sklerosis
c. ambeien dan varises
d. anemia dan leukemia
2. Penyakit yang merupakan gangguan pada sel darah ialah
….
a. penyakit jantung
b. varises
c. tekanan darah tinggi
d. leukemia
3. Konsumsi makanan yang mengandung zat kapur secara
berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah berupa …
a. aterosklerosis
b. arteriosklerosis
c. hemoroid
d. thalasemia
4. Penyakit yang menurun dari orang tua, dimana darah
sukar membeku disebut …
a. anemia
b. hemofilia
c. thalasemia
d ambeien
10. Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
1. Perhatikan gambar alat ekskresi di bawah
Bagian yang ditunjuk oleh anak panah berfungsi untuk.. .
a. Menyaring darah
b. Menampung urine
c. Mengatur pengeluaran urine
d. Menyalurkan urine
2. Urutan proses pembentukan urine adalah . . . .
a. filtrasi-reabsorbsi-augmentasi
b. reabsorbsi-filtrasi-augmentasi
c. filtrasi-augmentasi-reabsorbsi
d. reabsorbsi-augmentasi-filtrasi
3. Reabsorbsi atau penyerapan kembali zat-zat yang masih
berfungsi berlangsung di bagian . . . .
a. glomerulus
b. tubulus kontortus distal
c. tubulus kontortus proksimal
d. simpai Bowman
4. Bagian ginjal yang bertugas menyaring darah
ditunjukkan adalah …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
11. Menjelaskan sistem saraf pada manusia
1. Pada gambar bagian-bagian otak berikut, bagian yang
berfungsi sebagai pusat pengendali keseimbangan adalah nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
2. Otak besar terdiri atas belahan kiri dan kanan yang
salah satu fungsinya adalah …
a. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kiiri
b. Belahan kanan mengatur kegiatan tubuh sebelah kanan
c. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kanan
d. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kiri
maupun kanan
3, Pada gambar berikut yang disebut sebagai sinapsis
adalah …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Otak besar terdiri atas belahan kiri dan kanan yang
salah satu fungsinya adalah …
Saraf sensoris mempunyai fungsi ….
a. meneruskan impuls dari sel saraf yang satu ke sel
saraf yang lain
b. membawa impuls saraf dari otak ke kelenjar
c. membawa impuls saraf dari otak ke otot
d. meneruskan rangsang dari reseptor ke saraf pusat
12. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan
1. Peranan penting daun bagi tumbuhan yaitu untuk ….
a. pernapasan
b. menyerap air
c. menyebarkan sari-sari makanan
d. fotosintesis
2. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi akar bagi tumbuhan
adalah ….
a. untuk pertukaran udara
b. untuk menyerap air dan mineral
c. sebagai tempat cadangan makanan
d. sarana penghubung antara batang dan tanah
3. Pada bagian daun, terdapat pori-pori untuk pertukaran
gas yang disebut ….
a. lentisel
b. xylem
c. floem
d. stomata
4. Pada jaringan epidermis tumbuhan, terdapat lapisan
lilin yang berfungsi mengurangi penguapan yang disebut ….
a. palisade
b. stomata
c. kutikula
d. xylem
13. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar
1. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya
rangsang adalah ….
a. nasti dan tropisme
b. taksis dan tropisme
c. tropisme dan seismonasti
d. seismonasti dan taksis
2. Pertumbuhan akar seperti pada gambar di samping
menunjukkan adanya gerak ..
a. geotropi
b. seismonasti
b. seismonasti
c. fototaksis
d. hidronasti
d. hidronasti
2. Gerak kecambah yang diletakkan di tempat yang kurang
cahaya merupakan gerak . . . .
a. tropisme
b. kemotaksis
b. kemotaksis
c. nasti
d. higroskopis
d. higroskopis
4. Berikut ini merupakan gerak pada tumbuhan, kecuali . .
. .
a. gerak bunga matahari ke arah sinar
b. gerak sulur membelit
c. gerak biji polong menutup pada malam hari
d. gerak mahkota bunga jatuh karena gugur
5. Perhatikan gambar
Percobaan dengan menutup bagian dari daun menggunakan
aluminium foil untuk menunjukkan bahwa fotosintesis membutuhkan …
a. amilum
b. oksigen
c. karbon dioksida
d. sinar matahari
6. Pada percobaan seperti gambar
Pernyataan yang benar mengenai keadaan udara di dalam dan di luar tutup kaca adalah …
a. kandungan nitrogen di dalam tutup kaca lebih tinggi
daripada di luar
b. kandungan oksigen di luar tutup kaca lebih tinggi
daripada di dalam
c. kandungan karbon dioksida di dalam tutup kaca lebih
rendah daripada di luar
d. kandungan nitrogen di luar tutup kaca lebih tinggi
daripada di dalam
7. Percobaan seperti gambar di atas menghasilkan gas x
yang sifatnya …
a. mengeruhkan air kapur
b. memadamkan kayu yang menyala
c. melunturkan warna larutan yodium
d. membuat api tetap menyala
8. Pada percobaan seperti gambar di samping, fotosintesis
…
a. tetap berlangsung dan terbentuk oksigen
b. tetap berlangsung dan terbentuk amilum
c. tidak berlangsung karena tidak tersedia karbon
dioksida dalam air
d. tidak berlangsung karena ukuran jumlah Hydrilla
sedikit
15. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya
9. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!
1) kalajengking mempunyai alat sengat
2) sekelompok belalang hitam hinggap di atas rerumputan
3) katak hijau berada di bentangan sawah
4) tanaman jati menggugurkan daunnya di musim kemarau
Dari fakta di atas organisme yang berpeluang bias lolos
dari seleksi alam sehingga mampu melanjutkan keturunan adalah …
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
10. Cermati berbagai tipe paruh burung berikut!
Diantara burung dengan bentuk paruh seperti gambar di
atas yang akan terus dapat melangsungkan hidupnya jika terdampar di tepian
sungai Kalimantan adalah …
a. I, II dan III
b. I dan III
c. II dan IV
d. IV
11. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!
1) belalang sembah hinggap di atas daun
2) beruang kutub ada di hamparan salju
3) kupu-kupu bersayap coklat hinggap di tumpukan
daun-daun yang berguguran
4) Biston btularia warna cerah beterbangan di antara asap
jelaga pabrik
Dari fakta di atas, organisme yang berpeluang dikenali
oleh predator sehingga terancam kelangsungan hidupnya adalah nomor …
a. 1, 2 dan 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 4
d. 4 saja
12. Cermati tanaman berikut!
1) Padi
2) cocor bebek
3) kaktus
4) eceng gondok
Di antara tanaman di atas, yang tetap mampu melangsungkan
hidupnya jika terjadi banjir besar adalah
a. 1, 2 dan 3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
16. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan
hukum Mendel
1. Pada persilangan tumbuhan berbatang tinggi (TT) dengan
pendek (tt) akan dihasilkan F1 dengan genotip dan fenotip …
a. TT, tinggi
b. Tt, tinggi
c. Tt, pendek
d. tt, pendek
2. Kacang berbentuk lonjong warna hijau (bbkk)
disilangkan dengan kacang berbentuk bulat warna kuning (BBKK). Apabila bulat
dan kuning bersifat dominant, keturunannya berfenotip …
a. berbentuk bulat dan berwarna hijau
b. berbentuk bulat dan berwarna kuning
c. berbentuk lonjong dan berwarna hijau
d. berbentuk lonjong dan berwarna kuning
3. Tanaman ercis berbiji bulat dan berwarna kuning (RrYy)
disilangkan dengan tanaman ercis berbiji keriput dan berwarna hijau (rryy).
Dari persilangan ini akan dihasilkan persentase keturunan berbiji keriput dan
warna kuning adalah …
a. 15%
b. 50%
b. 50%
c. 25%
d. 75%
d. 75%
4. Pada persilangan monohybrid antara bunga pukul empat
berwarna merah muda (Mm) dengan merah muda (Mm) menghasilkan keturunan dengan
perbandingan fenotip …
a. 3 merah : 1 putih
b. 3 putih : 1 merah
c. 1 merah : 2 merah muda : 1 putih
d. 1 merah muda : 2 merah : 1 putih
17. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
1. Manfaat inseminasi buatan bagi para peternak sapi adalah
a. dapat mengawinkan sapinya setiap saat
b. dapat mengawinkan sapi tanpa harus menghadirkan sapi
jantan
c. dapat mengawinkan sapi tanpa menggunakan sperma
d. dapat menghasilkan anak sapi yang relative banyak
2. Pak Danu ingin mengawinkan sapinya yang berada di
Madura dengan sapi milik Pak Andi di Boyolali, Jawa Tengah. Tujuannya agar
diperoleh bibit sapi banyak. Agar tujuannya tercapai dengan mudah Pak Danu
harus melakukan …
a. kawin silang
b. pembastaran
c. kloning
d. inseminasi buatan
3. Rekayasa reproduksi pada tanaman yang dapat dilakukan
tanpa memerlukan tempat yang luas dan tidak tergantung musim adalah …
a. pembastaran
b. hibridisasi
c. serbuk sendiri
d. kultur jaringan
4. Rekayasa reproduksi untuk mendapatkan bibit tanaman yang
baik dan unggul dengan menghilangkan sifat-sifat buruk pada tanaman tersebut
dapat dilakukan dengan …
a. radiasi
b. kultur jaringan
c. pembastaran
d. hibridisasi
18. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia
1. Pada pembuatan tempe, Rhizopus oligosporus berfungsi
untuk …
a. mencegah karbohidrat menjadi glukosa
b. memecah protein menjadi asam amino
c. memfermentasi karbohidrat
d. memfermentasikan protein
2. Pada pembuatan oncom diperlukan bahan baku dan mikroba
berupa …
a. ampas tempe dan Neurospora sitophila
b. ampas kedelai dan Aspergillus wentii
c. ampas kacang tanah dan Rhizopus oligosporus
d. ampas tahu dan Neurospora sitophila
3. Krim susu dengan bantuan bakteri Propioni bacterium
dapat dijadikan suatu produk bioteknologi berupa …
a. keju
b. es krim
b. es krim
c. yoghurt
d. mentega
d. mentega
4. Mikroorganisme yang diperlukan dalam pembuatan tempe
yaitu …
a. Saccharomyces cerevisiae
b. Aspergillus wentii
c. Rhizopus stolonifer
d. Neurospora sitthopilla
19. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan
pada makanan
1. Berikut ini terdapat beberapa zat aditif makanan
1) natrium benzoat
2) monosodium glutamate
3) natrium siklamat
4) aktil asetatt
5) asam sitrat
Zat aditif yang berfungsi sebagai zat pengawet,
penyedap, dan pemanis secara berturut-turut adalah
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 4 dan 5
b. 2, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 3, 4 dan 5
d. 3, 4 dan 5
3. Zat antioksidan yang ditambahkan pada margarine yaitu
a. natrium benzoat
b. karbon dioksida
b. karbon dioksida
c. butyl hidroksi anisol
d. etanol
d. etanol
4. Rasa manis dalam suatu makanan dapat diperoleh dari
bahan …
a. natrium nitrat
b. natrium benzoat
b. natrium benzoat
c. natrium bikarbonat
d. natrium siklamat
d. natrium siklamat
5. Zat aditif yang dapat digunakan untuk menambah cita
rasa makanan adalah …
a. natrium benzoat
b. propil etanoat
c. butyl hidroksi toluene
d. monosodium glutamate
d. monosodium glutamate
20. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika
pada tubuh kita
1. Salah satu dampak negative narkoba terhadap kesehatan
tubuh yaitu …
a. menurunkan system kekebalan tubuh
b. menjadikan kaki bengkak
c. rambut menjadi cepat beruban
d. mata tampak merah dan berair
2. Salah satu alasan dilarangnya penyalahgunaan narkoba
adalah …
a. merusak mental dan kesehatan organ-organ tubuh
penggunanya
b. meningkatkan rasa percaya diri penggunanya
c. membebaskan seseorang dari rasa sakit
d. membuat seseorang mejadi energik
3. Berikut ini yang merupakan dampak dari minuman keras
adalah ….
a. meningkatnya tindak kejahatan
b. menimbulkan kanker saluran pernapasan
c. menyebabkan penyempitan pembuluh darah
d. timbulnya halusinasi
4. Pemakai ganja hingga taraf overdosis akan mengalami
gejala seperti …
a. konsentrasi lemah
b. terjadi gangguan kejiwaan
c. rasa senang dan bahagia
d. kurang nafsu makan
DETAIL
Ciri-ciri fisik korban kecanduan minuman keras :
Ciri-ciri fisik korban kecanduan minuman keras :
a. Napas bau alkohol
b. Muka merah
c. Bicara pelo
d. Jalan sempoyongan
e. Bola mata bergerak terus
3. Zat Psikotropika
Zat psikotropika adalah zat-zat tertentu yang mempunyai
efek terhadap kerja otak
sehingga menaurunkan aktivitas otak atau merangsang
susunan saraf pusat.
Fungsi psikotropika :
a. Mengganggu fungsi mental manusia normal (Halusinogen),
contoh mariyuana ,LSD
b. Menyembuhkan fungsi mental abnormal manusia yaitu
sebagai obat depresan (obat
tidur), contohnya klorpromazina, reserpina, oksanamida,
pipradol, pentobaribital. Adapun
yg termasuk golongan candu, yaitu morfin, pethidin,
fentanil.
Ciri-ciri fisik korban ketergantungan obat
(penyalahgunaan psikotropika):
a. Denyut nadi meningkat
b. Tekanan darah tidak teratur
c. Kelainan jantung
d. Banyak berkeringat sehingga kekurangan cairan
e. Badan panas
f. Kejang-kejang
g. Kurang nafsu makan
h. Rasa mual
No comments:
Post a Comment