SOAL
1.
Perhatikan pernyataan berikut!
- Lumba-lumba secara periodik naik ke permukaan
- Ayam betina bertelur setiap pagi hari
- Tanaman putri malu menutup daunnya ketika di sentuh
- Ikan air asin mengeluarkan urine yang pekat
Berdasarkan
pernyataan tersebut yang menunjukkan
ciri iritabilita adalah....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
B. 2
C. 3
D. 4
2.
Perhatikan ciri-ciri berikut!
- Jumlah stomata banyak
- Memiliki daun yang lebar
- Lingkungan dengan kandungan air di udara tinggi
A. Tropofit
B. Xerofit
C. Hidrofit
D. Higrofit
3.
Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem
sawah berikut!
Dampak
langsung yang terjadi jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para
petani adalah... .
A. populasi
padi meningkat, elang menurun
B. populasi
burung cenderung menurun, padi meningkat
C. populasi
ular meningkat, populasi burung menurun
D. populasi
elang cenderung meningkat, populasi ular menurun
4. Bentuk simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh...
A.
Interaksi antara benalu dengan tanaman inang
B.
Kehidupan bersama antara ikan remora dengan ikan
hiu
C.
Pola kehidupan antara jamur dengan bakteri
patogen
D.
Hubungan antara kupu-kupu dengan tanaman
berbunga
5. Usaha yang harus dilakukan
oleh pemerintah daerah perkotaan untuk
mengurangi tingkat pencemaran udara adalah...
A. membatasi
penggunaan kendaraan bermotor
B. menutup
pabrik yang tidak bercerobong asap
C. menanam
pohon dipinggir jalan untuk jalur hijau
D. membuat
undang-undang anti pencemaran
6. Grafik yang menunjukkan pengaruh dari
pertumbuhan penduduk terhadap kualitas
lingkungan di daerah perkotaan padat. X : waktu Y : jumlah CO2 di udara
7. Perhatikan gambar berikut!
Urutan peredaran darah besar yang
benar seperti pada gambar di atas adalah ….
A.
2 – 7 – 6 – 8 – 3
B.
1 – 2 – 7 – 6 – 8
C.
3 – 4 – 3 – 9 – 10
D.
4 – 9 – 5 – 10 – 1
8. Perhatikan gambar berikut!
Zat yang
dihasilkan oleh bagian nomer 5 memiliki fungsi....
A. Mengendapkan protein pada kasein
B. mengasamkan cairan dalam lambung
C. menghancurkan partikel-partikel lemak
D. mengaktifkan pepsinigen menjadi pepsin
9. Salah satu ciri makhluk hidup yang
berfungsi untuk mencegah kepunahan adalah ...
A. bernafas
B. tumbuh
C. bergerak
D. Berkembang biak
C. bergerak
D. Berkembang biak
10. Perhatikan tabel berikut!
No
|
Enzim
|
Organ penghasil
|
Fungsi
|
1
|
Ptialin
|
Mulut
|
Mengubah amilum menjadi maltosa
|
2
|
Renin
|
Lambung
|
Menggumpalkan kasein susu
|
3
|
Tripsin
|
Pankreas
|
Merombak lemak menjadi asam lemak dan gliserol
|
4
|
Pepsin
|
Usus halus
|
Mencerna protein menjadi pepton
|
Pernyataan yang benar adalah....
A. 1 dan 2 C.
2 dan 3
B. 1 dan 3 D.
2 dan 4
11. Pada bagian rongga hidung, udara yang masuk
akan mengalami...
A. penyesuaian suhu, pertukaran gas, penyaringan
B. pemisahan, penekanan, pengaturan kelembaban
C. penambahan gas, pengikatan, penyaringan
D. penyaringan, pengaturan kelembaban dan suhu
12. Perhatikan gambar berikut!
Kekurangan sel darah seperti
ditunjuk oleh gambar berakibat….
A. Badan lemah, pucat, kurang tenaga
B. Darah sukar sekali membeku
C. Tekanan darah meningkat
D. Daya kekebalan tubuh menurun
13. Perhatikan gambar
Peran dari sel darah pada gambar adalah…..
A. Memberikan daya tahan tubuh terhadap serangan benda asing
B. Dalam jumlah banyak akan
berakibat pada hemofilia
C. Mengangkut sari makanan yang terlarut dalam darah
D. Menjaga agar darah
mengalami pembekuan saat luka
14. Perhatikan gambar berikut
Bagian ginjal yang berfungsi
untuk menyaring (filtrasi) darah
ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1 C.
3
B. 2 D.
4
15. Perhatikan gambar nefron berikut!
Pada bagian nomer 5 terjadi
proses ....
A. Pembentukan urine primer hasil augmentasi
B. Reabsorbsi urine primer oleh tubulus distal
C. Augmentasi yang dihasilkan urine sebenarnya
D. Filtrasi terhadap darah yang berasal dari arteri
16. Perhatikan gambar berikut!
Bagian
yang ditunjuk oleh nomer 3 berfungsi...
A. menghasilkan cairan bersifat basa
B. memproduksi spermatozoa
C. menghasilkan cairan mukosa
D. menyalurkan sperma dari testis ke penis
17. Perhatikan gambar penampang batang berikut!
Bagian yang bertanda “X”
berfungsi sebagai ….
A. mengangkut hasil fotosintesis
B. daerah penyimpanan hasil
fotosintesis
C. mengangkut air dan
garam-garam mineral
D. tempat pertukaran udara di
dalam sel
18. Dalam percobaan di peroleh
data, kecambah di tempat terkena cahaya batangnya lebih pendek dan daunnya
lebih hijau daripada kecambah di tempat tidak terkena cahaya. Hal ini
menunjukkan bahwa cahaya……
A. menguntungkan bagi daun dan merugikan bagi
batang
B. tidak diperlukan untuk pertumbuhan batang
C mempengaruhi pertumbuhan batang dan daun
E. menghambat pertumbuhan batang
19. Perhatikan gambar!
Pada gambar di atas nomer 3 memiliki
fungsi...
A.
Tempat perkembangan janin
B.
Memproduksi sel telur
C.
Tempat terjadinya pembuahan
D.
Tempat masukknya sel sperma dari individu jantan
20. Salah satu teknologi
reproduksi vegetatif yaitu dengan cara menumbuhkembangkan inti (nukleus) dari
sel tubuh (somatis) ke dalam sel telur yang telah diambil intinya, kemudian sel
telur yang sudah mengandung inti diploid dari inti sel somatis ditanam pada
dinding rahim. Teknologi reproduksi tersebut adalah……
A. teknik plasmid C. hibridoma B.
cloning D. kultur sel
21. Berikut ini merupakan contoh adaptasi :
- semut memiliki tipe mulut penggigit
- melebar dan menyempitnya pupil mata karena intensitas cahaya
- paus muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen
- herbivor memiliki enzim selulosa untuk mencerna daun
- urin ikan air laut lebih pekat daripada urin ikian air tawar
- kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
Yang
merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah……
A. 1, 2, 3 C. 1, 3, 5 B. 2, 4, 5 D. 4, 5, 6
22. Gerak biasa yang terjadi pada manusia
dimungkinkan karena adanya ... .
- efektor
- rangsangan
- saraf (motoris)
- saraf sensoris
- pusat (otak)
- reseptor
Urutan
jalannya rangsangan pada gerak biasa yang benar adalah ... .
A. 1
- 2 - 4 - 5 - 3 – 6
B. 3
- 2 - 1 - 4 - 5 - 6
C. 2
- 6 - 4 - 5 - 3 - 1
D. 4
- 2 - 5 - 3 - 6 – 1
23. Di bawah ini merupakan pernyataan yang
berkaiatan dengan sistem peredaran darah ganda, kecuali ... .
A. darah mengalir melalui jantung sebanyak dua kali
B. peredaran darah besar, darah mengalir dari jantung ke seleuruh
tubuh dan kembali ke jantung
C. peredaran
darah kecil, darah mengalir dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung
D. paru-paru merupakan organ sistem peredaran darah yang berdiri
sendiri
24. Bunga merah (MM) disilangkan
dengan bunga putih (mm), dimana sifat merah adalah dominan tidak penuh terhadap
putih, maka bagaimana perbandingan fenotif F2 ...
A. 1 : 2 : 1 C. 1 : 1 B. 3 : 1 D. 1 : 3
25. Di bawah ini bukan merupakan ciri dikotil,
yaitu ... .
A. bijinya
berkeping dua
B. batang
umumnya bercabang
C. akarnya
serabut
D. bagian
bunganya berjumlah 4, 5 atau kelipatannya
26. Tujuan pengelompokkan
makhluk hidup adalah ... .
A. untuk memudahkan, mempelajari dan menyederhanakan
onjek yang beranekaragam
B. untuk mengetahui jumlah
makhluk hidup yang ada di bumi
C. untuk memahami keanekaragaman
makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan
D. untuk memanfaatkan makhluk
hidup yang ada bagi kepentingan manusia
27. Alat kelamin jantan dan
betina pada gambar secara berurutan ditrunjukkan oleh ...
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C.
2 dan 1
D. 4 dan
5
28. Perhatikan gambar!
Apabila kita makan telur yang
banyak mengandung protein, maka zat protein
di dalam tubuh akan diuraikan
menjadi asam amino. Proses perubahan
tersebut
sebagian besar terjadi pada
organ bernomor ….
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
29. Berikut ini jaring-jaring
makanan yang terbentuk pada ekosistem di ladang jagung:
Ular pada rantai makanan di atas
menduduki peran sebagai konsumen. Apabila ular banyak di bunuh oleh manusia,
apakah yang akan terjadi pada organisme lainnya di komunitas tersebut?
A. tumbuhan jagung terbebas dari hama tikus
B. populasi burung kecil meningkat karena hewan
C. populasi tikus berkurang karena jumlah
ular pemangsanya berkurang berkurang
D. populasi burung elang tidak dipengaruhi oleh
populasi lain pada ekosistem tersebut
30. Perhatikan gambar otak manusia berikut ini :
Fungsi bagian otak yang ditunjuk oleh X
adalah ...
A. Pusat engatur kecepatan pernafasan
B. Pusat pengatur kerja jantung
C. Pusat pendengaran dan penglihatan
D. Pusat koordinasi kerja otot
31. Perhatikan gambar penampang batang berikut
ini :
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh
P adalah ...
A. Membentuk jaringan kayu
B. Melindungi jaringan-jaringan yang ada didalamnya
C. Mengangkut air dan garam mineral dari dalam tanah
D. Mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh
32. Apabila di samping tanaman
kacang panjang ditancapkan batang kayu maka arah gerak batangnya adalah...
A. membelok menjauhi batang kayu
B.mendekat ke batang kayu dan
melilit
C. menuju ke batang kayu tapi
tidak melekat
D. tetap tumbuh menuju ke arah
atas
33. Perhatikan gambar berikut ini :
Tujuan yang dilakukan pada tahap ke 2 dalam
percobaan fotosintesis adalah ...
A. Melarutkan klorofil pada daun
B. Mengumpulkan hasil fotosintesis
C. Membuktikan hasil fotosintesis berupa amilum
D. Mematikan sel-sel daun yang mengadung klorofil
34. Cumi merupakan hewan moluska laut, cara
adaptasi perilaku pada hewan ini untuk menghidarkan dari kejaran pemangsanya
adalah ....
A. Mengeluarkan zat tinta
B. Tubuhnya berlendir dan licin
C. Memilki tantakel panjang dan besar
D. Memilki mata dan mulut yang terlindung oleh tanatakel
35. Jika disilangkan tanaman
ercis berbiji bulat kuning (BBKk) dengan tanaman ercis berbiji bulat kuning
(BbKk),maka perbandingan fenotif keturunanya adalah ....
A. Bulat kuning : bulat hijau = 2 : 1
B. Bulat kuning : bulat hijau = 4 : 1
C. Bulat kuning : bulat hijau = 3 : 2
D. Bulat kuning : bulat hijau = 5 : 3
36. Jika kita memilki seekor
sapi betina lokal ingin memiliki keturunan sapi yang berukuran badan besar dan
dagingnya yang banyak, maka usaha yang dilakukan dengan dengawinkan sapi betina
dengan sapi brahman jantan yang memilki sifat yang sesuai dengan yang
diharapkan. Akan tetapi jumlah dan keberadaan sapi brahman jantan yang sedikit
sehingga sulit dilakukan persilangan secara langsung. Oleh karena itu
perkawinan silang sapi ini dilakukan dengan pertolongan tenaga tehnis
penyuluhan peternakan setempat dengan melakukan pembuahan tanpa mendatangkan
pejantannya yaitu hanya menyuntikan sel sperma ke betina. Tehnologi yang dilakukan oleh tenaga tehnis penyuluh
peternakan ....
A. Inseminasi
B. Rekayasa genetik
C. Rekombinasi gen
D. Kultur jaringan hewan
37. Perhatikan gambar!
Enzim yang dihasilkan oleh alat
pencernaan nomor 1 seperti gambar di
samping berfungsi untuk ….
A. mengubah protein menjadi pepton
B. mengubah amilum menjadi zat gula
C. mencerna lemak menjadi asam lemak
D. mencerna protein menjadi asam amino
38. Hasil persilangan bunga pukul empat merah
dengan putih yang memiliki sifat intermediet, maka perbandingan fenotip pada
F2-nya ...
A. 1 : 2 : 1
B. 9 : 3 : 3 : 1
C. 3 : 1
D. 9 : 1
39. Perhatikan gambar!
Bagian yang disebut bronkus
ditandai oleh nomor ...
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
40. Perhatikan gambar berikut ini !
Pada gambar disamping
menunjukkan bahwa makhluk hidup memilik ciri-ciri .
a. Berkembang biak
b. Peka terhadap rangsang
c. Tumbuh
d. Menyesuaikan diri
REFRENSI
REFRENSI
SKL BIO 1 Menjelaskan ciri ciri dan keaneka ragaman Mahkluk Hidup
, Komponen Ekosistem serta Interaksi antar mahkluk hidup dalam
Lingkungan , Pentingnnya pelestariam mahkluk hidup dalam lingkungan
1. Kemampuan yang diuji Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
1. komponen biotik, yang meliputi
6 Kemampuan yang diuji Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
Trombocyt untuk pembekuan darah
Perhatikan gambar jantung di bawah ini :Jenis peredaran darah pada mahkluk hidup berdasar ada tidaknya keterlibatan pembuluh ada 2
18 Kemampuan yang diuji Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
TRY AGAIN , ONE MORE
1. Kemampuan yang diuji Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
- Ciri-ciri pada makhluk njelashidup meliputi :
- Bergerak
- Makan
- Bernafas
- Iritabilitas (peka terhadap rangsangan)
- Tumbuh dan berkembang
- Mengeluarkan zat sisa
- Berkembangbiak
- Memerlukan suhu tertentu
- Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal dan mempelajarimakhluk hidup.
- Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah persamaan dan perbedaan ciri.
- Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
- Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
- Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah penunjuk jenis.
Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
- Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)
- Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
- Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
- Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)
- Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra
- Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria
- Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis
- Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra
Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
- Jamur ganggang (Phycomycetes) Ã hifa tidak bersekat Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
- Jamur sejati (Eumycetes) Ã hifa bersekat
Eumycetes dibagi menjadi 3, yaitu :
- Askomisetes, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur tape)
- Basidiomisetes, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu
- Deuteromisetes, contohnya jamur oncom
Perhatikan siklus lumut di bawah ini :
Perhatikan sikulus paku di bawah ini :
Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga
Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
- Gimnospermae (terbuka) Ã ex : melinjo & pakis haji
- Angiospermae (tertutup) Ã ex : mangga, rambutan
Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
- Dikotil (berkeping dua)
- Monokotil (berkeping satu)
Ciri monokotil, yaitu
- tulang daun umumnya sejajar
- batang tak berkambium
- akar serabut
- bagian-bagian bunga kelipatan tiga.
- berkas pengangkut tersebar dengan tipe kolateral tertutup
- batang tidak bercabang
Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :
- Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
- Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
- Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
- Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
- Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit
Ciri Tumbuhan Dikotil, yaitu
- tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip
- batang berkambium
- akar tunggang
- mahkota dan kelopak bunga kelipatan 2,4, atau 5.
- berkas pengankut melingkar teraturdengan tipe kolateral terbula
Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :
- Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
- Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
- Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
- Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
- Komposite (Compositae), ex : bunga matahari
Keanekaragaman Hewan
Dunia hewan dibagi menjadi 2 berdasar vertebrae ( tulang belakang) , yi :
- Avertebrata (tidak bertulang belakang)
- Vertebrata (bertulang belakang)
Kelompok hewan avertebrata, yi :
- Protozoa (hewan bersel satu, ex : Amoeba, Paramecium, Euglena
- Porifera (hewan berpori), ex : Sycons sp, Euspongia sp
- Coelenterata (hewan rongga usus), ex : Anemon laut, Bahar, Karang batu
- Platyhelminthes (cacing pipih), ex : Taenia sp (cacing pita), Planaria sp (cacing pipih)
- Nemathelminthes (cacing gilik), ex : Ascaris sp (cacing perut), Oxyuris sp (cacing kremi)
- Anelida (cacing beruas-ruas), ex : Pheretima sp(cacing tanah), Hirudo medicinalis (lintah)
- Echinodermata (hewan berkulit duri), ex : bintang laut, landak laut
- Molusca (hewan lunak), ex : Octopus sp (gurita), Loligo sp (sotong), Sepia sp (cumicumi),Chlamis sp (tiram), Corbicula sp (remis), Lima scraba (kerang)
- Arthropoda ex Insecta (serangga), ex : jangkrik, belalang , Crustacesa (udang-udangan), ex : kepiting , Arachnida (laba-laba), kalajenging, laba-laba , Myriapoda (lipan), ex : lipan, luing
Vertebrata dikelompokan menjadi 5, yi :
- Pisces (ikan), ex : gurami, lele
- Amfibia (hewan hidup 2 alam), ex : katak, salamander
- Aves (burung), ex : perkutut, cocak rowo
- Reptilia (melata), ex : kadal, buaya
- Mamalia (menyusui), ex : sapi, kerbau
3. Kemampuan yang diuji Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
- Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
- Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik dan saling ketergantunganantara makhluk hidup dengan lingkungannya.
- Difinisi singkat --> Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem.
- Sumber energi utama dalam suatu ekosistem adalah sinar matahari.
- Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup.
Ada beberapa satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu :
- individu, yaitu satuan terkecil makhluk hidup
- populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang mengadakan interaksi pada suatuwilayah tertentu
- komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup antar populasi yang mengadakan interaksi.
- Ekosistem
Ekosistem ada 2 berdasar proses terjadinya :
- Ekosistem alami : danau, laut, sungai, dll
- Ekosistem buatan : kolam, akuarium, sawah, dll
- Ekosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat interaksi antara componen biotikdan abiotik.
- Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk hidup.
- Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup
- Nisia (Niche/Nichia) adalah status jabatan / peranan makhluk hidatus di habitatnya.
- Dengan adanya nisia dapat menghindari terjadinya kompetisi antar spesies
Ada 2 komponen penyusun ekosistem, yaitu
1. komponen biotik, yang meliputi
- producen, sebagai penghasil bahan organik,
- konsumen tingkat I, consumen yang memakan producen sebagai herbivora
- consumen tingkat II, konsemen yang memakan consumen tingkat I sebagai carnivora
- consumen puncak, consumen tingkat carnivora puncak
- dekomposer, menguraikan bahan organik menjadi anorganik
- CO2, H2O, O2 (udara)
- tanah
- suhu
- kelembaban
- cahaya
- matahari
- ruangan.
- dll
- Rantai makanan adalah peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu. Contoh : Ulat --> burung prenjak --> burung rajawali --> bakteri
- Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung prenjak, burung prenjak di makan burungrajawali.
Keterangan :
- Tumbuhan bertindak sebagai produsen
- Ulat bertindak sebagai konsumen tingkat I
- Burung prenjak bertindak sebagai konsumen tingkat II
- Burung Rajawali bertindak sebagai konsumen tingkat III --> konsumen puncak
- Bakteri bertindak sebagai decomposer / pengurai
Rantai makanan alur makan di makan yang searah
Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling berhubungan.
Perhatikan piramida makanan ini
- perpindahan aliran energi dari produsen hingga konsumen tertinggi dalam ekosistem.
- Ekosistem akan seimbang jika komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang.
- Eksosistem yang seimbang akan dapat bertahan lama, walaupun demikian ekosistem jugadapat terganggu.
- Untuk mengatasi gangguan tersebut, ekosistem yang seimbang memiliki daya lenting.
- Jadi daya lenting adalah kemampuan ekosistem untuk menuju keseimbangan ekosistem.
- autotrof, yaitu makhluk hidup yang dapat menyusun zat anorganik menjadi organik melalui proses fotosintesa atau kemosintesis, contohnya semua tanaman hijau
- heterotrof, yaitu makhluk hidup yang tidakdapat menyusun zat anorganik menjadi organik sehingga untuk mendapatkan makanannya dengan cara memakan organismo lain,
Heterotrof meliputi
- herbivora (Rusa, sapi) ,
- karnÃvora (elang, singa),
- omnivora (manusia, monyet),
- scavenger (burung nasar),
- detritivor (rayap, cacing)
Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 4
- Polusi tanah
- udara
- air,
- suara.
- Pencemaran tanah, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masukke dalam tanah.
- Pencemaran suara, dapat ditanggulangi dengan membuat dinding kedap suara, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membuat kegaduhan
- Pencemaran air, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam air.
- Pencemaran udara, yaitu adanya polutan di udara
Dampak dari pencemaran air adalah
- punahnya organisme air
- ikan yang tercemar dapat meracuni orang yang memakannya
Cara penanggulangan pencemaran air, meliputi :
- tidak membuang limbah cair ke sungai
- tidak membuang sampah di sembarang tempat
- tidak membuang sisa obat ke sungai.
Pencemaran udara, dapat diakibatkan oleh :
- Gas hasil pembakaran, meningkatnya karbondioksida di udara dapat menyebabkan efek rumah kaca, yang kemudian dapat mengakibatkan pemanasan global.
- Meningkatnya belerag dioksida dapat mengakibatkan hujan asam, sebab gas tersbut bereaksi dengan air membentuk asam sulfat.
- Gas CFC (chlorofluorocarbon), gas ini banyak digunakan untuk gas pengembang busa, AC dan lemari es. CFC dapat bereaksi dengan ozon, sehingga ozon dapat berkurang.
Upaya penanggulangan pencemaran udara berupa :
- Ditingkat rumah tangga --> dapat berupa tidak membakar sampah di pekarangan, tidak menggunakan lemari es dengan CFC , tidak merokok di dalam ruangan.
- Ditingkat wilayah --> dapat berupa reboisasi, memelihara tanaman kota, tidak menebang hutan secara liar.
- Ditingkat nasional, dapat berupa larangan insektisida berbahaya, keharusan membuat cerobong asap pada pabrik, lokasi industri yang jauh dari lingkungan
Kegiatan berwawasan lingkungan dapat berupa :
- Perlombaan berwawasan lingkungan
- Pemanfaatan ulang dan daur ulang
- Penghijauan dan pembersihan lingkungan
5. Kemampuan yang diuji Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
- Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Perlindungan keanekargaman hayati dapat dilakukan dengan cara :
- Cagar Alam, yaitu perlindungan alam dengan membiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya yang bertujuan untuk melindungi ciri khas tumbuhan, hewan dan ekosistem alam. Contohnya cagar alam Pangandaran.
- Taman Nasional, bertujuan untuk melindungi flora, fauna dan ekosistemnya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam. Contohnya taman nasional Bogor, taman nasional Suka Bumi, dan taman nasional bukit barisan
- Hutan Wisata, yi hutan produksi yg jg untuk objek wisata.
- Taman Laut, merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi, unik dan indah. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.
- Hutan Lindung, berfungsi sebagai daerah resapan air.
- Kebun Raya, yaitu kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tumbuhan dari berbagai tempat untuk dilestarikan. Contonhya kebun raya Bogor.
Berdasarkan pada tempat pemeliharaannya ada 2 pemeliharaan, yaitu
- Pemliharaan in situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya. Contohnya memelihara ikan di suatu danau.
- Pemeliharaan ex situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya, Namun kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contohnya jalak bali berhasil di tangkar baru kemudian dilepas di habitat aslinya.
Kita dapat membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan cara :
- Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar
- Tidak membuang sampah sembarangan
SKL Bio 2 : Menggant kan hubungan antar struktur dan fungsi jaringan / otgan pada tumbuhan dan manusia
6 Kemampuan yang diuji Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
Sistem Gerak
- Sistem gerak terdiri dari rangka dan otot.
- Tulang merupakan alat gerak pasif, karena tulang tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot.
Berdasarkan jenisnya, tulang dibagi menjadi 2
- tulang keras
- tulang rawan.
- Ada 3 jenis tulang rawan, yi :
- Kartilago Hialin, ex : dinding trakea, sendi tulang, antara tl rusuk dan tl. dada
- Kartilago Elastis, ex : tl hidung & telinga
- Kartilago Fibrosa / Serabut, ex : antar rusuk tulang
- Osifikasi adl proses terjadinya tulang rawan menjadi tulang keras.
Berdasarkan bentuknya ada 4 tulang, yaitu :
- Pipa/panjang, ex : tulang lengan, paha, betis, ruas jari kaki &tangan
- Pipih, ex : tulang rusuk, dada, belikat, tengkorak
- Pendek, ex : ruas tl. belakang, pergelangan kaki & tangan
- Tidak bearaturan, ex : tl rahang & tl punggung
Berdasar sifat bahan penyusunnya, ada 2 macam tulang, yi :
- Tulang kompak, ex : lapisan luar tulang pipa
- Tulang spons, ex : tulang pendek & tulang pipih
Ada 2 macam sumsum tulang, yaitu :
- Sumsum merah, tempat pembentukan sel darah merah. Terdapat pd tulang tengkorak, ruas tulang belakang, & tulang rusuk
- Sumsum kuning, terdapat pd tulang anggota gerak orang dewasa
- Pertumbuhan tulang terjadi pada daerah pertumbuhan didekat ujung tulang yg disebut cakra epifise.
Perhatikan gambar bagian-bagian tulang tubuh di bawah ini :
Perhatikan gambar tulang tengkorak di bawah ini :
Sendi adalah hubangan antar tulang gerakan.
Sendi dibagi menjadi 3, yi :
- Sendi mati / sinartrosis, tidak dapat digerakan. Ex : hubungan antar tulang tengkorak
- Sendi kaku / amfiartrosis, dapat digerakan terbatas. Ex : hubungan antar tulang belakang, hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada.
- Sendi gerak / diartrosis, dapat digerakan leluasa.
Sendi gerak dibagi menajdi 4, yi :
- Engsel, ex siku dan lulut dan rusa jari
- Putar, ex : antara kepala dan leher ( tulang atlas)
- Pelana, ex : ruas pergelangan tangan dan kaki
- Peluru, ex : hubungan antara lengan atas dg bahu , pinggul dan paha
Perhatikan kelainan tulang di bawah ini :
Otot ada 3, yi :
- Otot polos $3A berinti 1, berbentuk gelondong, & bekerja diluar kesadaran
- Otot lurik : berinti banyak, bentuknya silindris lurik tidak bercabang, & bekerja sadar
- Otot jantung : berinti banyak, serabut lurik bercabang, & bekerja diluar kesadaran.
Kerja otot ada 2, yi :
- Antagonis / berlawanan, ex bisep & trisep
- Sinergis / bersamaan, ex : pronator teres & pronator kuadratus
1. Tulang rawan
tersusun dari ....
a. osteoblas
b. osteosit
c. kondrosit
d. kartilago
2. Sendi yang arah
pergerakannya hanya satu arah yaitu ....
a. sendi pelana
b. sendi peluru
c. sendi engsel
d. sendi putar
3. Tulang yang
merupakan anggota gerak atas yaitu ....
a. tulang hasta
b. tulang kering
c. tulang paha
d. tulang pinggul
4. Berikut ini yang
bukan merupakan jenis tulang berdasarkan bentuknya yaitu ....
a. tulang hasta
b. tulang paha
c. tulang pipih
d. tulang pipa
5. Sesudah
melakukan aktivitas dalam waktu yang lama, badan bisa terasa pegal. Penyebabnya
yaitu ....
a. asam laktat
b. glukosa
c. ATP
d. ADP
6. Otot disebut
sebagai alat gerak aktif. Hal ini karena otot memiliki kemampuan untuk ....
a. berkontraksi
b. berelaksasi
c. memecah ATP
d. memanjang
7. Kelainan tulang
berupa pembengkokan tulang ke arah samping dinamakan ....
a. simfisis
b. kifosis
c. skoliosis
d. lordosis
8. Tetanus
merupakan gangguan yang terjadi pada sistem otot yang disebabkan oleh ....
a. virus
b. latihan otot
c. kejang otot
d. kram
9. Sendi yang tidak
dapat digerakkan yaitu ....
a. simfisis
b. diartrosis
c. amfiartrosis
d. sinartrosis
10. Berikut ini
yang bukan merupakan ganguan pada tulang adalah ....
a. atropi
b. mikrosepalus
c. osteoporosis
d. rakhitis
LATIHAN LAGI
1. Hubungan antar
dua tulang pada rangka dinamakan ....
a. supinasi
b. artikulasi
c. adduksi
d. adbuksi
e. osifikasi
2. Salah satu
fungsi rangka yaitu ....
a. sebagai tempat
pertumbuhan
b. membantu tubuh
bergerak
c. memperindah
bentuk tubuh
d. sebagai alat
gerak pasif
e. sebagai alat
gerak aktif
3. Tendon otot yang
melekat pada tulang dan posisinya berubah ketika digerakkan disebut ....
a. fleksor
b. insersio
c. origo
d. fasia propia
e. fasia
4. Proses
pembentukan tulang dari tulang rawan menjadi tulang keras disebut ....
a. abduksi
b. enversi
c. osilasi
d. osifikasi
e. artikulasi
5. Ketika otot
rangka berkontraksi, yang terjadi yaitu ....
a. zona H
menghilang/memendek
b. pita A memendek
c. dua gariz Z
saling menjauh
d. filamen halus
berkontraksi
e. filamen tebal
berkontraksi
6. Sifat kerja otot
bisep dan trisep pada lengan yaitu ....
a. kontraksi
b. antagonistik
c. fleksi-ekstensi
d. rotasi
e. sinergis
7. Contoh gerakan
fleksi-ekstensi pada tubuh kita yaitu pada ....
a. tulang panggul
b. siku
c. tulang rusuk
d. kepala
e. tulang belakang
8. Gerakan
menelungkupkan telapak tangan disebut ....
a. adduksi
b. abduksi
c. inversi
d. supinasi
e. pronasi
9. Otot rangka
melakukan kontraksi karena mendapatkan energi. Energi kontraksi otot didapat
dari ....
a. adenosin tri
pospat
b. miofibril
c. lemak
d. glikogen
e. glukosa
10. Penimbunan asam
laktat pada otot tubuh dapat menimbulkan perasaan ....
a. mengantuk
b. kelelahan
c. bugar
d. sedih
e. senang
11. Kelainan otot
dapat dialami oleh atlet binaraga yaitu ....
a. distrofi otot
b. artritis
c. hernia abdominal
d. hipertropi
e. atropi
12. Patah tulang di
mana posisi patahan belum bergeser dan posisi awal dan tidak menyebabkan luka
pada otot yang ada di sekitarnya disebut fraktura ....
a. keseluruhan
b. berganda
c. kompleks
d. sebagian
e. sederhana
13. Gangguan tulang
belakang di mana ruas-ruas tulang belakang terlalu membengkok ke belakang
disebut ....
a. skloliosis
b. lordosis
c. kifosis
d. subluksasi
e. atrofi
14. Gangguan pada
otot yang berupa otot tampak makin mengecil, lemah, dan kemampuan kontraksinya
mengalami penurunan disebut ....
a. atrofi
b. hipertrofi
c. tetanus
d. distrofi otot
e. artritis
15. Gangguan pada
tulang yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang disebut ....
a. rakhitis
b. mikrosefalus
c. artritis
d. subluksasi
e. osteoporosis
7. Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Sistem Pencernaan Manusia : Tersusun atas sistem utama
I. Traktus digestoria / saluran pencernaan
1. Cavitas oris
2. Oesophagus
3. Ventriculus
4. Intestinum tenue
5. Intestinum crassum
6. Anus
II. Glandula digestoria / kelenjar pencernaan
1. Glandula salivarius
2. Lambung
3. Usus halus
4. Hepar & Gallbladder
5. Pancreas
Perhatikan gambar alat-alat pencernaan di bawah ini :
Di mulut terjadi 2 kali pencernaan, yi :
- Pencernaan mekanik : saat pengunyahan makanan oleh gigi
- Pencernaan kimiawi : pencernaan dg bantuan enzim ptialin / saliva / ludah
Dikerongkongan
terjadi gerakan meremas & mendorong makanan pada kerongkongan shg
masuk kelambung yang disebut sbg gerak peristaltik.
Enzim pencernaan di mulut terdiri dari :
- Ptialin : mengubah karbohidrat amilum ( polysacharida menjadi gula
Sekret pencernaan di lambung terdiri dari :
- Pepsin : menguubah protein menjadi pepton
- Renin : menggumpalkan protein susu caseinogen menjadi cassein
- HCL : bunuh organisme asing
Enzim pencernaan di pankreas terdiri dari :
- Tripsin : mengubah pepton dari lambung menjadi asam amino
- Amilopsin : karbohidrat à gula
- Lipase : lemak à asam lemak & gliserol
- Enterokinase : mengaktifkan Tripsinogen menjadi enzim tripsin
Enzim pencernaan di usus halus meliputi :
- Maltase : mengubah maltosa menjadi glukosa dan glukosa
- Laktase : mengubah Laktosa menjadi galaktosa dan glukosa
- Sukrase : mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
- Eripsin : mengubah protein menjadi asam amino
- Enterokinase : mengaktifkan Erepsinogen menjadi enzim erepsin
1. Pengertian
pencernaan makanan yaitu ....
a. pemecahan
makanan hingga dapat diserap oleh usus
b. penghancuran
bahan makanan dengan bantuan enzim
c. penyerapan
makanan oleh jonjot-jonjot usus
d. penghancuran
makanan secara mekanik
2. Enzim yang
berfungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol yaitu ....
a. lipase
b. amilase
c. renin
d. penin
3. Enzim tripsin
berfungsi untuk mengubah protein menjadi
a. protein cair
oleh HCL
b. asam lemak dan
asam amino
c. asam amino oleh
peptida
d. asam lemak oleh
peptida
4. Enizm pencernaan
yang terdapat di lambung yaitu ....
a. erepsin dan
tripsin
b. tripsin dan
streapsin
c. pepsin dan renin
d. ptialin dan
enterokinase
5. Rasa lapar akan
muncul apabila ....
a. persediaan
energi di dalam tubuh menurun
b. tubuh mengalami
kekurangan bahan makanan
c. kadar gula dalam
darah mengalami penurunan
d. lambung kosong
dari bahan makanan
6. Saluran
pencernaan yang mengatur kadar air sisa makanan yaitu ....
a. usus buntu
b. usus 12 jari
c. usus halus
d. usus besar
7. Air diserap oleh
tubuh terutama pada ....
a. lambung
b. duodenum
c. ileum
d. usus halus
8. Garam mineral
dan vitamin tidak mengalami proses pencernaan karena ....
a. tidak bereaksi
dengan enzim
b. mudah larut dan
diserap
c. merupakan zat
pengatur
d. merupakan zat
pembangun
9. Pada peradangan
usus buntu, operasi yang dilakuakn yaitu operasi pemotongan ....
a. intestinum
b. apendiks
c. sekum
d. kolon
10. Berikut ini
pernyataan yang benar tentang gangguan pencernaan beserta penyebabnya yaitu
....
a. ulkus - adanya
racun yang dikeluarkan oleh bakteri
b. gastritis -
iritasi pada dinding kolon
c. diare -
kelebihan asam lambung
d. sembelit -
kurang mengongsumsi makanan berserat
8. Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Sistem Transportasi Manusia
Darah dibagi menjadi 2, yi :
- Plasma darah (cair) : serum & fibrinogen
- Sel darah (padat) : eritrosit, leukosit, trombosit
Plasma darah
- mengangkut atau mengedarkan sari makanan yang terlarut ke seluruh bagian tubuh (asam amino, glukosa, asam lemak, vitamin)
- Mengangkut zat sisa metabolisme dari jaringan atau sel tubuh.
- mengandung Serum sbg zat anti bodi
- terdapat protein Fibrinogen berperan dlm pembekuan darah
- mengangkut panas, hormon
Sel darah
- Eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen (hemoglobin)
- Leukosit berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan membentuk antibody( Lymposit)
Trombocyt untuk pembekuan darah
Perhatikan gambar jantung di bawah ini :Jenis peredaran darah pada mahkluk hidup berdasar ada tidaknya keterlibatan pembuluh ada 2
- Peredaran darah tertutup adl peredaran darah yang selalu beredar di dalam pembuluh darah
- Peredaran darah terbuka adl peredaran darah yang beredar tidak melalui pembuluh misal pada serangga
Berdasarkan sistem peredaran darah di bagi 2
- Peredaran darah besar : Jantung - tubuh - jantung ( Bilik kiri ke seluruh tubuh balik ke serambi kanan jantung
- Peredaran darah kecil : Jantung - Paru paru - Jantung ( Bilik kanan - Paru - Serambi kiri)
Fungsi getah bening adalah menyerap lemak dlm usus halus di kelenjar kil
Limpa berfungsi untuk :
- Tempat pembentukan sel darah putih
- Tempat membunuh kuman penyakit
- Tempat pembongkaran sel darah merah yg telah mati
- Tempat cadangan sel darah
Fungsi tonsil sbg pertahanan tubuh dr kuman yang masuk ke dlm mulit & hidung.
Ada beberapa penyakit pada system peredaran darah, yaitu :
- AIDS --> penyakit system kekebalan tubuh Penyebab : virus HIV
- Ambeien / wasir --> pembuluh darah vena disekitar anus melebar penyebab : terlalu banyak duduk , tidak mengkonsumsi serat
- Anemia --> kekurangan sel darah merah terutama Hb
- Angina --> darah dalam jantung sedikit
- Sklerosis --> pengerasan pembuluh nadi ( Aterosklerosis - penyumbatan oleh lemak , Arterio sklerosis - penyumbatan oleh kapur)
- Hemofilia --> darah tidak dapat membeku
- Hipertensi --> tekanan darah di atas normal (tinggi) ( normal Sistole 120 /diastole 80)
- Hipotensi --> tekanan darah di bawah normal
- Leukimia / kanker darah --> sel darah putih membelah secara tidak terkendali (normal 6000 - 9000 butir /cc)
- Leukopenia / Leukositosis --> sel darah putih sangat sedikit
- Limfadenitis --> peradangan kelenjar limfa
- Pariokarditis --> peradangan pada selaput pemabungkus jantung
- Serangan jantung --> suplai darah ke otot jantung sangat kurang.
- Thallasemia --> sel darah merah yang tidak normal (umur tidak mencapai 120 mati )
- Varises --> pembuluh darah vena membesar
LATIHAN
9 Kemampuan yang diuji Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
1. Bagian darah
yang berfungsi sebagai pengangkut zat makanan yaitu ....
a. trombosit
b. leukosit
c. plasma darah
d. eritrosit
2. Orang yang
terlalu banyak melakukan aktivitas lama-lama akan pucat. Hal ini terjadi karena
....
a. kekurangan
eritrosit
b. kekurangan
karbondioksida
c. kekurangan
trombosit
d. dehidrasi
3. Sel darah yang
jumlahnya mengalami penurunan saat seseorang terkena demam berdarah yaitu ....
a. leukosit
b. monosit
c. basofil
d. trombosit
4. Oksigen diangkut
ke seluruh sel tubuh untuk proses oksidasi oleh ....
a. fibrinogen
b. plasma darah
c. hemoglobin
d. globulin
5. Kuman penyakit
yang masuk ke dalam tubuh difagosit oleh ....
a. leukosit
b. fibrinogen
c. eritrosit
d. trombosit
6. Bagian
otot jantung yang paling tebal yaitu ....
a. bilik kanan
b. otot serambi
kanan
c. bilik kiri
d. otot serambi
kiri
7. Golongand arah
AB pada proses transfusi darah dapat ....
a. mendonorkan
darah kepada orang yang bergolongan darah O
b. mendonorkan
darah kepada orang yang bergolongan darah AB
c. mendonorkan
darah kepada orang yang bergolongan darah B
d. mendonorkan darah
kepada orang yang bergolongan darah A
8. Enzim
trombokinase diproduksi oleh ....
a. limpa
b. fibrinogen
c. plasma darah
d. keping darah
9. Kondisi di mana
jumlah sel darah putih kurang dari kondisi normal disebut ....
a. fagositosis
b. leukopenia
c. leukositosis
d. diapedesis
10. Penyakit darah
sulit membeku disebut ....
a. hemofilia
b. anemia
c. varises
d. thalasemia
9 Kemampuan yang diuji Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
Fungsi ginjal :
- Filtrasi yaitu penyaringan darah terjadi Badan malphigi meliputi Kapsul Bowman dan Glomerulus ( Filtrasi tepatnya di Glomerulus)
- Reabsorpbsi à penyerapan terjadi pd saat perjalanan dari kapsul Bowman menuju kesaluran pengumpul ( Reabsorbsi terjadi Tubulus Contortus Proximal
- Augmentasi : di Tubulus Contortus Distal menghasilkan Urine benar terkumpul di tubulus kolektivus (saluran pengumpul)
Dalam keadaan normal, ) urine mengandung :
- air, urea, amonia (perombakan protein)
- Garam mineral (garam dapur)
- Zat warna empedu à kuning urobilin
- Zat yg berlebihan pd darah : vitamin, obat-obatan, hormon
- keratinin ( zat tandukberupa epithel yang mati)
LATIHAN
10 Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem saraf pada manusia. Sistem Saraf
1. Pada proses
respirasi yang terjadi pada mnausia, yang dimaksud udara residu yaitu ....
a. udara yang
tersisa di dalam paru-paru
b. udara yang masuk
bisa dikeluarkan sesudah melakukan respirasi biasa
c. udara yang masuk
ke dalam paru-paru sesudah respirasi biasa
d. udara yang
keluar masuk paru-paru, sebagai akibat respirasi
2. Pada pernapasan
perut, bagian yang berkontraksi yaitu ....
a. diafragma
b. diafragma dan
antartulang rusuk
c. otot tulang dada
d. antartulang
rusuk
3. Radang yang
terjadi pada cabang batang tenggorokan dinamakan ....
a. asma, adenoid,
polip
b. pleuritis,
kemasukan air, TBC
c. kemasukan gas,
bronkhitis, kemasukan air
d. remitis,
sinusitis, preukoria
4. Berikut ini yang
merupakan faktor yang mempengaruh frekuensi pernapasan seseorang yaitu ....
a. tinggi badan
b. jenis kelamin
c. suhu tubuh
d. posisi tubuh
5. Yang dimaksud
dengan diafragma yaitu ....
a. sekat pemisah
antara rongga perut dan rongga dada
b. sekat pemisah
antara paru-paru kanan dan kiri
c. sekat pemisah
antara paru-paru dan jantung
d. sekat pemisah
antara hati dan paru-paru
6. Oksigen yang
masuk ke dalam kapiler darah pada paru-paru terjadi secara ....
a. reabsorbsi
b. osmosis
c. absorbsi
d. difusi
7. Pertukaran
oksigen dan karbondioksida terjadi pada ....
a. pleura
b. alveolus
c. bronkus
d. bronkiolus
8. Cabang dari
trakea yaitu ....
a. pulmo
b. bronkiolus
c. bronkus
d. alveolus
9. Gangguan
pernapasan karena alergi dan terjadi penyempitan pada saluran pernapasan
disebut ....
a. amandel
b. lemfisema
c. bronkitis
d. asma
10. Pembungkus
paru-paru yaitu ....
a. silia
b. perikardium
c. pleura
d. pleuritis
10 Kemampuan yang diuji Menjelaskan sistem saraf pada manusia. Sistem Saraf
Fungsi sistem saraf :
- Alat pengenal perubahan yg terjadi di luar tubuh atau sbg penghubung antara tubuh dg dunia luar melalui indra
- Alat pengatur / pengendali tanggapan thd keadaan sekitar
- Mengatur & mengendalikan kerja organ tubuh shg organ tsb dpt bekerja sesuai fungsinya
Fungsi bagian-bagian sel saraf :
- Dendrit à menerima & menghantarkan rangsangan menuju ke badan sel saraf
- Neurit / akson à menghantarkan rangsangan dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya
- Sel Schwann à menyediakan makanan utk neurit & membantu regenerasi neurit
- Nodus renvier & Neurofibril à mempercepat penyamapian rangsangan
Sistem saraf dibagi 2 :
- Sistem saraf pusat
- Sistem saraf tepi
Sistem saraf pusat dibagi 2 :
1. Otak
2. Sumsum tulang belakang
Sistem saraf tepi dibagi 2 :
- Sistem saraf somatik / sadar
- Sistem saraf autonom / tak sadar
Sistem saraf somatik dibagi 2 :
- 12 pasang saraf otak (saraf kanial)
- 31 pasang saraf sumsumm tulang belakang (sraf spinal)
Sist. saraf autonom dibagi 2 :
- Sistem saraf simpatik
- Sistem saraf simpatetik
- mengecilkan pupil
- menstimulasi aliran ludah
- memperlambat denyut jantung
- membesarkan bronkus
- menstimulasi sekresi kelenjar pencernaan
- mengerutkan kantung kemih
- memperbesar pupil
- menghambat aliran ludah
- mempercepat denyut jantung
- mengecilkan bronkus
- menghambat sekresi kelenjar pencernaan
- menghambat kontraksi kandung kemih
- Otak depan à yg plg dominan adl otak besar / serebrum yg berfungsi sbg pusat pengendalian gerak yg di sadari ex : berpikir, berbicara, melihat
- Otak tengah à (1) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg otak tengah serta (2) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg mata
- Otak belakang à bagian uatamanya : (1) otak kecil (serebelum) à mengatur keseimbangan tubuh & sbg pusat koordinasi kerja otot saat bergerak, (2) Sumsum lanjutan (medula oblongata) à pusat pengatur denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, & suhu tubuh.
- Sumsum tukang belakang (medula spinalis) Ã penghantar impuls saraf dari & menujuotak serta sbg pusat gerak refleks.
Perbedaan gerak biasa dengan gerak refleks :
- Gerak Biasa : Impus à indra à saraf sensori à otak à saraf motor à otot (respon)
- Gerak Refleks : Impus à indra à saraf sensori à saraf penghubung à saraf motor à otot (respon)
11. Kemampuan yang diuji Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan.
Struktur and Fungsi Jaringan/Organ pada Tumbuhan
A. Pengelompokan Tumbuhan Berdasar Cara Adaptasi pada Lingkungannya
Berdasarkan cara adaptasi pada lingkungannya tumbuhan dibagi menjadi 4, yi :
- Xerofit, menyesuaikan pd daerah kering, biasanya daun kecil, berduri & berlapis lilin, ex : kaktus
- Higrofit, menyesuaikan pd daerah lembab/basah, biasanya daun lebar & tipis, ex : keladi
- Hidrofit, menyesuaikan pd lingkungan air, ex : enceng gondok, terate
- Tropofit, menyesuaikan diri dg lingkungan kering & basah, ex kapuk randu & jati
B. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Kebutuhan Oksigen
Berdasarkan keperluan terhadap oksigennya, tumbuhan dibagi menjadi 2 :
- Aerob (memerlukan oksigen) Ã terjadi respirasi
- Anaerob (tak memerlukan oksigen) Ã tidak terjadi respirasi shg utk memperoleh energi dilakukan mell fermentasi/peragian. Adapun yg dimaksud dengan fermentasi adalah proses cara memperoleh energi pd tumbuhan anaerob dg cara mengubah karbohidrat menjadi gula yang kemudian gula diubah lg menjadi alkohol.
- Teknologi fermentasi jg dimanfaatkan utk memproduksi makanan, yi tempe (Rhizopus sp), tape (Sacharomices sp), yogurt (Lactobacillus sp)
Organ pada tumbuhan meliputi :
1. Akar
Fungsi akar, yaitu :
- Menyerap air dan garam-garam mineral dari tanah
- Untuk memperkokoh tegaknya tumbuhan
- dapat menyimpan cadangan makanan
- membantu pernafasan
Struktur luar akar terdiri dari :
- rambut akar --> memperluas daerah absorbsi mineral dan air dari dalam tanah
- tudung akar / kaliptra --> melindungi sel akar
Perbedaan akar monokotil dan dikotil, yaitu
- system perakaran monokotil serabut, sedangkan system perakan dikkotil tunggang
- akar monokotil tidak berkambium sedangkan akar dikotil berkambium
2. Batang
Batang di bagi menjadi 2, yaitu :
a. Batang monokotil
Ciri-ciri batang monokotil :
- Batang umumnya tidak bercabang
- Tidak berkambium
b. Batang dikotil
Ciri-ciri batang dikotil :
- Batang umumnya bercabang
- berkambium
- membesar
- Kambium --> pembelahan sel. Membelah keluar membentukl floem, membelah ke dalam membentuk xilem.
- Xilem --> mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun
- Floem --> mengangkut zat organik hasil fotosintesa dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan
- Korteks --> tempat proses pertukaran gas dan sebagai tempat cadangan makan
3. Daun
Perbedaan daun monokotil dan dikotil :
- pertulangan daun monokotil sejajar, sedangkan pertulangan daun dikotil menjari /menyirip
- berpelepah sedangkan daun dikotil tidak berpelepahur daun
Struktur daun
- Epidermis --> melindungi bagian yang ada di bawahnya
- Palisade --> sebagai tempat fotosintesa
- Jaringan Pengangkut
- Spons --> tempat cadangan CO2 yang akan digunakan untuk fotosintesa
- Stomata --> alat pernafasan
4. Bunga / Flower
- Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.
Berdasarkan bagian-bagiannya, bunga dibagi menajdi 4, yaitu
- Bunga lengkap --> bunga yang memiliki seluruh bagian-bagian bunga (benang sari, putik, mahkota, kelopak). Contoh bunga sepatu
- Bunga tidak lengkap --> bunga yang tidak memiliki seluruh bagian bunga, contoh bunga melati
- Bunga sempurna --> bunga yang mempunyai dua alat kelamin (benang sari dan putik). Contoh bunga sepatu
- Bunga tidak sempurna --> bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin (putik saja atau benang sari saja). Contoh bunga salak
5. Buah dan Biji / Fruit and Seed
Biji berfungsi sebagai embrio tumbuhan
Berdasarkan pembentukannya, buah dibagi menajadi 2, yaitu :
- Buah sejati --> dibentuk oleh seluruh jaringan pada bakal buah. Contoh : pepaya, durian, mangga, tomat dll
- Buah semu --> dibentuk bukan hanya dari bakal buah saja, tetapi juga dari bagian-bagian bunga yang lain. Contohnya :
- bentuk dari bakal buah dan kelopak bunga
- Apel --> buahnya berasal dari bunga yang menggembung
- Nangka --> berasal dari kelopak bunga yang menebal
- Jambu mede --> berasal dari tangkai bunga yang membesar
Pernafasan Pada Tumbuhan
Pernafasan merupakan proses untuk menghasilkan energi melalui oksidasi biologi dengan
reaksi sebagai berikut :
C6H12O6 + O2 --> CO2 + H2O
Organ pernafasan pd tumbuhan ada 2, yi :
- Stomata à di daun
- Lentisel à di batang & akar
Organ pernafasan khusus :
- Akar nafas pd bogem (Sonneratia sp) & kayu api (Avicennia sp)
- Akar gantung pd anggrek kalajengking (Arahnis flasaeris)
- Saluran udara pd padi, kangkung, enceng gondok
- Rongga udara pd enceng gondok
E. Pengangkutan Air dan Garam Mineral Pada Tumbuhan
Naiknya air ke daun dipengaruhi oleh 3 faktor, yi :
- Tekanan akar à pengaruh osmosis (air di dalam batang lebih pekat dr pd air tanah)
- Kapilaritas batang à sel kapilaritas pd batang
- Daya isap daun à pengaruh transpirasi
Transpirasi
Transpirasi pada tumbuhan dipengaruhi :
- Suhu
- Kelembaban relatif
- Atmosfer
- Cahaya
- Persediaan air tanah
Ekskresi Pada Tumbuhan
Pengeluaran pd tumbuhan :
- Gas à gas dikeluarkan mll stomata
- Air à air dikeluarkan mll stomata &lentisel.
- Gutasi adl keluarnya titik air pd ujung daun
12 Kemampuan yang diuji Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Gerak Pada Tumbuhan
Berdasarkan penyebabnya gerak pada tumbuhan di bagi menjadi 3, yaitu :
- Gerak autonom/endonom adalah gerak yang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Contoh : daun kobis yang selalu menguncup.
- Gerak higroskopis ádalah gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air (kelembaban). Contohnya membukanya kotak spora pada tumbuhan paku dan pecahnya kulit buah pada tumbuhan tertentu seperti jarak, karet dan petai cina.
- Gerak esionom adalah gerak yang terjadi karena rangasangan dari luar.
Gerak esionom dibedakan menjadi 3, yaitu :
- Tropisme
- Taksis
- Nasti
Ada beberapa gerak tropisme, yaitu :
- Geotropisme yaitu tropisme yang disebabkan adanya gravitasi. ada 2, yaitu - Georopisme positif --> bila arah gropisme searah dengan grafitasi. Contohnya tumbuhnya akar ke dalam tanah. - Geotropisme negatif --> bila arah geotropisme berlawanan dengan grafitasi. Contohnya ujung batang tumbuhan yang tumbuh ke atas.
- Fototropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh cahaya. Contohnya gerakan daun yang cenderung menuju kearah datangnya cahaya.
- Hidrotropisme Hidrotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh air Contohnya gerak akar yang cenderung menuju ke tempat yang barair
- Tigmotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh adanya sentuhan/persinggungan. Contohnya gerak tumbuh ujung tanaman bersulur (gadung)yang membelit batang.Nasti
NASTI
Nasti adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Ada beberapa gerak nasti, yaitu :
- Seismonasti adalah nasti yang disebabkan karena sentuhan. Contohnya menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica)saat disentuh
- Fotonasti adalah nasti yang disebabkan oleh cahaya. Contoh : - membuka dan menutupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) - mekarnya bunga matahari
- Niktinasti adalah nasti yang disebabkan karena suasana gelap Contoh : menutupnya bunga kupu-kupu pada malam hari , mengatupnya daun majemuk petai cina pada malam hari
- Termonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsangan suhu. Contonhya mengembangnya bunga tulip ketika suhu panas dan akan menutup pada suhu turun.
- Nasti kompleks adalah nasti yang disebabkan oleh beberapa penyebab sekaligus (CO2, cahaya, suhu, zat kimia dll). Contohnya membuka dan menutpnya stomata terjadi karena dipengaruhi oleh cahaya, air dan zat kimia.
3. Taksis
Taxis adalah gerak pindah tempat pada tumbuhan
Ada 2 gerak taxis, yaitu
- Kemotaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh zat kimia. Contohnya gerak spermatozoid menuju sel telur
- Fototaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh cahaya. Contoh :
- spora mempunyai bulu cambuk yang bergerak menuju tempat yang lebih terang
- klorofil yang cenderung bergerak kebagian daun yang terdedah cahaya.
13. Kemampuan yang diuji Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan
Fotosintesis
A. Tahapan-tahapan Fotosintesis
Tahapan-tahan fotosintesis, yaitu :
- Rekasi terang Klorofil menangkap cahaya, kemudian energi yang ditangkap klorofil tersebut digunakan untuk memecah molekul air. Pemecahan molekul iar tersebut disebut fotolisis. Sedangkan reaksi fotolisis sbb 2H2O --> 2H2 + O2
- Reaksi gelap Pada proses ini terjadi pengikatan karbondioksida di dalam daun. Karbondioksida ini akan bergabung dengan hydrogen yang dihasilkan pada reaksi terang untuk membentuk gula.
Reaksi Fotosintesis
Proses fotosintesa secara lengkap dengan reaksi sebagai berikut
- CO2 + H2O ------------------------> C6H12O6 + O2
Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesa, yaitu
- CO2,
- H2O,
- C6H12O6,
- O2,
- klorofil,
- cahaya
Uji Iodin
- Iodin merupakan salah satu bahan indicator karbohidrat. Apabila suatu bahan mengandung karbohidrat maka setelah ditetesi Iodin warnanya menjadi biru keahitaman.
- Uji Iodin biasa dilakukan untuk mengeatahui apakah telah terjadi fotosintesis atau belum.
LATIHAN
SKL 3 Mengaplikasikan dan perkembangan , Pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan teknologi masyarakat
1. Proses
fotosintesis terjadi dalam jaringan ....
a. spons
b. stomata
c. palisade
d. epidermis
2. Pertukaran
karbondioksida dan oksigen dilakukan oleh ....
a. stomata
b. palisade
c. klorofil
d. kloroplas
3. Kloroplas
berfungsi sebagai ....
a. menyerap air
b. menyerap cahaya
matahari
c. menyerap
karbondioksida
d. menyerap oksigen
4. Jaringan spons
pada daun berfungsi sebagai ....
a. tempat
penampungan karbondioksida untuk fotosintesis
b. proses
fotosintesis
c. tempat
penampungan oksigen untuk fotosintesis
d. tempat
penyerapan cahaya matahari untuk fotosintesis
5. Pada proses
fotosintesis, karbondioksida bereaksi dengan air menghasilkan ... dan glukosa.
a. C₆H₁₂O₆
b. COH
c. H₂O
d. O₂
6. Menutupnya daun
putri malu karena sentuhan termasuk gerak ....
a. fotonasti
b. seismonasti
c. termonasti
d. tigmotropisme
7. Mekarnya bunga
tulip termasuk gerak termonasti yang dipengaruhi oleh ....
a. cahaya
b. cuaca
c. suhu
d. zat kimia
8. Fotonasti
merupakan gerakan tumbuhan akibat rangsangan ....
a. cahaya
b. zat kimia
c. suhu
d. air
9. Gerak pada
tumbuhan karena rangsangan air disebut ....
a. geotropisme
b. fototropisme
c. hidrotropisme
d. kemotropisme
10. Walang sangit
menyerang tanaman padi pada bagian ....
a. biji
b. akar
c. daun
d. batang
SKL 3 Mengaplikasikan dan perkembangan , Pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan teknologi masyarakat
14 Kemampuan yang diuji Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Kelangsunga hidup organisme dipengaruhi oleh :
- Adaptasi
- Seleksi alam
- Kemampuan berkembangbiak
Adaptasi ada 3, yi :
- Morfologi, ex : bentuk paruh burung bermacam-macam sesuai dg jenis makanannya
- Fisiologi, ex : manusia yg biasa hidup di dataran tinggi cenderung mempunyai eritrosit lebih banyak dari pada manusia yg biasa hidup di dataran rendah
- Tingkah laku, ex : ular menjulurkan mulut untuk mengenali mangsanya.
Faktor yang mempengaruhi seleksi alam :
- Suhu lingkungan
- Makanan
15. Kemampuan yang diuji Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Genetika :
- Monohibrid adalah persilangan dengan sau sifat beda
- Dihibrid persilangan dengan dua sifat beda
- Polyhibrid persilangan dengan banyak yanda beda
- Sifat fenotip adalah sifat yang tampak. Contoh rambut kriting, bunga sepatu berwarna merah
- Sifat genotip adalah sifat yang dilukiskan dalam bentuk symbol. Contoh : MM, Mm, BB, dan sebagainya.
Contoh soal :
- Pada persilangan bunga sepatu, disilangkan bunga sepatu merah (MM) dan bunga sepatu putih (mm) sehingga dihasilkan anakan warna merah (Mm). Apabila keturunan pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka
- Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
- Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
- Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2 ?
Kunci jawaban :
- Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Merah : putih = 3 : 1
- Perbandingan fenotip pada F2 adalah : MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1
- Prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2, adalah 75 %
- Pada persilangan bunga pucung, disilangkan bunga pucung ungu (UU) dan bunga sepatu putih (uu) sehingga dihasilkan anakan warna ungu muda (Uu). Apabila keturunan pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka
- Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
- Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?
- Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2 ?
Kunci jawaban :
- Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Ungu : Ungu muda : putih = 1 : 2 : 1
- Perbandingan fenotip pada F2 adalah : UU : Uu : uu = 1 : 2 : 1
- Prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2, adalah 25 %
- Pada persilangan kacang ercis, disilangkan kacang ercis berbiji bulat kuning disilangkan dengan kacang ercis berbiji keriput hijau. Apabila bulat kuning merupakan warna dominan terhadap warna lainnya dan keturunan pada F1 disilangkan anatar sesamanya maka :
- Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?
- Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan bulat kuning pada F2 ?
Kunci jawaban :
- Perbandingan fenotip pada F2 adalah : Bulat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1
- Prosentase dihasilkan anakan berwarna bulat kuning pada F2, adalah 56,25 %
Teknologi reproduksi meliputi :
- Kawin silang / bastar Kawin silang merupakan penerapan teknologi di bidang reproduksi yang paling sederhana, karena kita tinggalkan mengawinkan indukan unggul yang seperti kita inginkan. Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu jagung hibrida, sapi potong dll
- Kultur jaringan Kultur jaringan adalah keguiatan membudidayakan suatu jarigan tanaman atau hewan secara vegetatif menjadi tanaman aztau hewan yang memilki sifat sama dengan induknya dalam waktu yang singkat.
Manfaat kultur jaringan :
- mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dengan sifat yang sama dengan induknya
- membuat tumbuhan dengan sifat-sifat yang kita kehendaki
- hemat dari segi waktu, ruang dan tenaga
- Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu bunga anggrek, dll
Inseminasi buatan / Kawin suntik
- Inseminasi buatan dilakukan dnegan menyuntikan semen dari hewan jantan pada hewan betina.
- Inseminasi buatan umunya dilakukan pada hewan ternak, misalnya sapi, kambing dll.
3. Fertilisasi in vitro / bayi tabung
- Fertilisasi terjadi di dalam tabung. Teknologi bayi tabung sudah dilakukan di beberapa rumah sakit di Indonesia.
4. Kloning
- Kloning merupakan salah satu teknologi reproduksi untuk menghasilkan individu baru secara aseksual sehingga individu baru mempunyai sifat yang sama dengan induknya.
- Kloning pertama dilakukan pada domba, domba itu diberi nama Dolly.
17. Kemampuan yang diuji Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Bioteknologi
- Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dalam menggunkan organisme untuk menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi keabutuhan manusia.
Bioteknologi ada 2, yaitu :
- Konvensional Bioteknologi koenvensioanal biasanya menggunakan mikroorganisme (bakteri dan jamur)
- Modern Bioteknologi modern meliputi : rekayasa genetika, hidroponik aeroponik, dan teknologi reproduksi.
Ada beberapa mikroorganisme yang telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk tertentu, yaitu :
- Aspergillus oryzae --> kecap
- Aspergillus wenti --> taucho
- Rhyzopus sp --> tempe
- Neurospora sp --> oncom
- Saccharomyces sp --> tape, bir
- Streptococus lactis --> keju
- Lactobacillus sp --> yogurt
- Acetobaster --> asam cuka
- Pseudomorus sp --> Vitamin B12
- Penicillium sp --> penisilin
Penerapan bioteknologi di bidang pertanian :
- Hidroponik Media tanam yang digunakan genting, passir, kerikil dllyang disiram dengan larutan berisi nutrient yang diperlukan tanaman.
- Aeroponik Tanaman dibiarkan menngantung dan dijaga kelembabanya.
- Penerapan bioteknologi dengan cara rekombinasi gen (rekayasa genetika telah dilakukan, seperti di bawah ini, yaitu :
- Pembuatan insulin Gen penghasil insulin disambung dengan Eschercia coli sehingga bakteri tersbut dapat menghasilkan insulin
- Racun serangga Penyuntikan Pseudomanas flouroscens ke akar tumbuhan jagung seahingga tumbuhan mampu menghasilkan racun yang mematikan serangga.
- mengurangi kekurangan bahan makanan
- membantu mengastasi maslah kesehatan
- menyediakan berbagai senyawa organic, seperti alcohol dll
- menyediakan energi (biogas)
- memperbaiki lingkungan
- mengatasi kesulitan memperoleh keturunan (bayi tabung)
Dampak negative penerapan bioteknologi :
- Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi
- Ada kehawatiran ketrampilan merekayasa gen digunakan untuk kejahatan
SKL 4 Bio Menjalaskan bahan kimia alami dan buatan pada bahan makanan dan pengaruhnya pada kesehatan
18 Kemampuan yang diuji Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
Bahan Kimia Dalam Bahan Makanan
A. Keuntungan Zat Aditif Makanan
- Membuat makanan menjadi lebih tahan lama
- Bakteri yang merusak bahan makanan :
- Staphylococcal à tumbuh dengan cepat pada susu, daging dan telur
- Salmonela à penyebab diare
- Penampilan yang lebih baik
- Sayur gudeg à + daun jambu klutuk dan kulit bawang merah
B. Bahan Pewarna
- Bahan pewarna alami Contoh :
- Beta karoten à berwarna jingga pada wortel ,
- Klorofil à berwarna hajau pada pandan ,
- Kurkumin à berwarna kuning pada kunyit
- Karamel à berwarna coklat (hasil pemanasan gula)
2. Bahan pewarna sintesis Contoh :
- Eritrosin,
- biru berlian,
- FCF,
- tartrasin,
- kamoisin,
- ponceau 4R
3. Bahan pemanis :
- Bahan pemanis alami Contoh : gula dan madu
- Bahan pemanis buatan Contoh : Natrium Siklamat & Kalsium Siklamat à penyebab kanker
4. Bahan pengawet :
- Teknik Pengawetan Makanan Contoh :
- Pengemasan dalam cuka à acar timun
- Dehidrasi à susu bubuk, buah yg dikeringkan
- Gula dan penggaraman à telur, daging, sale
- Pengasapan à daging, ikan
- Bahan kimia à minuman ringan dan sosis
b. Bahan Kimia Pengawet Makanan Contoh :
- Garam nitrat & nitrit à daging kaleng, sosis
- Garam benzoat à sirup, margarin, kecap
- Senyawa sulfit à Tepung, sosis
- Gas Etilen Oksida & Propilen Oksida
- rempah dan tepung (bahan kering)
5. Bahan Penyedap
- Bahan penyedap alami Contoh : Bawang putih, kaldu daging, udang ebi
- Bahan penyedap buatan Contoh : Vetsin atau MSG (Monosodium Glutamat) Ã hasil fermentasi tetes tebu dg bantuan Micrococus glutamicus
19 . Kemampuan yang diuji Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.
Zat aditif dan Psikotropika
A. Zat Aditif
- Zat aditif adalah zat yang jika kita masukan ke dalam tubuh, dapat mengakibatkan efek tertentu dan dapat mengakibatkan kecanduan.
- Rokok Senyawa kimia berabahaya yang terdapat dlm rokok :
- Nikotin, menyebabkan kecanduan, rusaknya jaringan otak, darah leabih mudah membeku, & mengeraskan dinding arteri
- Tar, membenuh sel dalam saluran pernafasan, & menaingkatkan produksi lendir dalam paru-paru.
- Karbon monoksida, berbahaya sebab meangikat oksigen sehingga tubuh kekurangan oksigen
- Karsinogen, penyebab kanker
Ciri-ciri perokok :
- Gigi kuning karena nikotin
- Kuku kotor karena nikotin
- Mata pedih
- Sering batuk-batuk
- Mulut dan napas bau rokok
- Minuman Keras
- Dampak negatif dalam jangka pendek : Menyebabkan penuruanan fungsi otak, kehilangan sistem koordinasi tubuh, gangguan penglihatan dan pembicaraan.
- Dampak negatif dalam jangka panjang : Merusak hati, sel darah, hilang ingatan, & depresi
- Napas bau alkohol
- Muka merah
- Bicara pelo
- Jalan sempoyongan
- Bola mata bergerak terus
Zat Psikotropika
- Zat psikotropika adalah zat-zat tertentu yang mempunyai efek terhadap kerja otak sehingga menaurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat.
Fungsi psikotropika :
- Mengganggu fungsi mental manusia normal (Halusinogen), contoh mariyuana ,LSD
- Menyembuhkan fungsi mental abnormal manusia yaitu sebagai obat depresan (obat tidur), contohnya klorpromazina, reserpina, oksanamida, pipradol, pentobaribital. Adapun yg termasuk golongan candu, yaitu morfin, pethidin, fentanil.
- Denyut nadi meningkat
- Tekanan darah tidak teratur
- Kelainan jantung
- Banyak berkeringat sehingga kekurangan cairan
- Badan panas
- Kejang-kejang
- Kurang nafsu makan
- Rasa mual
TRY AGAIN , ONE MORE
CIRI-CIRI MAKHLUK
HIDUP
1. Perhatikan gambar
berikut :
Gambar di atas
menunjukkan bahwa tumbuhan mempunyai ciri ….
a. bernapas
b. berkembang
c. bereproduksi
d. irritabillita
2. Perhatikan
gambar berikut !
Gambar tersebut
menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri ….
a. bernafas
b. makan
c. berkembangbiak
d. tumbuh
3. Bunga matahari
akan mekar pada pagi hari, karena cahaya matahari pagi. Hal ini
menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri ….
a. tumbuh
b. bernafas
c. peka terhadap
rangsang
d. membutuhkan
makanan
4. Perhatikan nama
hewan berikut berikut!
1) ikan
mas
2)
paus
3)
ular
4) katak
5) kadal
6) burung
Hewan-hewan yang
dapat dikelompokkan bersama berdasarkan suhu tubuh adalah nomor
….
a. 1,2, dan 4
b. 1,3, dan 5
c. 2,3, dan 6
d. 4,5, dan 6
5. Berikut beberapa
tanaman yang ditemukan di kebun sekolah :
1)
mangga
2)
kembang sepatu
3)
padi
4)
jagung
5)
jeruk
Tanaman yang dapat
dikelompokkan dalam kelompok yang sama karena berakar tunggang adalah ….
a. 1,2, dan 3
b. 1,2, dan 5
c. 2,3, dan 5
d. 2,4, dan 5
6. Sari menemukan
suatu tanaman dengan cirri sebagai berikut: memiliki akar , batang dan daun
sejati, berklorofil, hidup ditempat yang lembab, belum memiliki bunga,
dibalik daun terdapat spora, kemungkinan tanaman tersebut adalah :
a. Bryophyte
b. Pteridophyta
c. Algae
d. Spermatophyta
7. Abed menemukan
hewan dengan cirri : kaki beruas-ruas, tubuh terdiri atas kepala , dada yang
bersatu , dan perut, kaki 8 buah, maka hewan tersebut dapat digolongkan dalam
….
a. Anelida
b. Arachnida
c. Molusca
d. Myriapoda
7. Perhatikan
diagram jaring-jaring makanan berikut!
Kepunahan pada ular
dapat menyebabkan perubahan keseimbangan ekosistem yaitu ….
a.
meningkatnya jumlah serigala
b. meningkatnya
penyerapan energy matahari
c. meningkatnya
jumlah kelinci dan burung
d. berkurangnya
jumlah belalang dan burung
8. Perhatikan
gambar jaring-jaring makanan pada soal diatas!
Konsumen ke dua
pada diagram diatas adalah ….
a. belalang
dan burung
b. ayam dan ular
c. tikus dan ular
d. elang dan
burung
9. Peningkatan
jumlah penduduk berakibat pada pemanfaatan hutan menjadi pemukiman dan lahan
pertanian. Hal ini dapat menyebabkan ….
a. ketersediaan air
bersih mencukupi
b. meningkatnya
udara bersih lingkungan
c. hilangnya jenis
flora fauna tertentu
d. semakin luasnya
paru-paru bumi
10. Peningkatan
jumlah penduduk berakibat pada pemanfaatan hutan menjadi pemukiman dan lahan
pertanian. Hal ini dapat menyebabkan ….
a. ketersediaan air
bersih mencukupi
b. meningkatnya
udara bersih lingkungan
c. hilangnya jenis
flora dan fauna tertentu
d. semakin luasnya
paru-paru bumi
11. Perhatikan data
mengenai ciri otot berikut!
NO
|
Bentuk sel otot
|
Jumlah inti
|
Letak inti sel
|
1
|
silinder
|
satu
|
ditengah
|
2
|
gelendong
|
banyak
|
di pinggir
|
3
|
gelendong
|
satu
|
di tengah
|
4
|
silinder,
bercabang
|
banyak
|
di pinggir
|
Data ciri otot yang
berfungsi antara lain menyusun organ usus ditunjukkan oleh nomor ….
a. 4
b. 3
c.2
d. 1
11. Perhatikan
gambar berikut!
Sifat kerja otot
yang berperan dalam gerak seperti ditunjuk oleh gambar otot bisep adalah ….
a. pronasi
b. supinasi
c. antagonis
d. kontraksi
12. Perhatikan
gambar berikut!
Persendian pada
gambar di atas memungkinkan terjadi pergerakan ….
a. terbatas
b. satu arah
c. dua arah
d. segala arah
13. Perhatikan
gambar
Tulang yang
ditunjukkan dalam keadaan frakture adalah adalah ….
a. radius
b. ulna
c. tibia
d. fibula
14. Perhatikan gambar
berikut!
Berdasarkan
cir-ciri yang terdapat pada gambar tersebut, maka pernyataan berikut yang
sesuai adalah
a. otot lurik,
berfungsi menyusun organ jantung, bekerja secara tak sadar
b. otot lurik,
berfungsi sebagai otot rangka, bekerja secara sadar
c. otot polos,
berfungsi membentuk organ dalam, bekerja secara sadar
d. otot polos, berfungsi
menyusun organ dalam, bergerak peristaltic
15. Perhatikan
gambar system pencernaan makanan berikut!
Apabila kita makan
telor, maka sebagian besar telor akan diubah menjadi asam amino. Proses
perubahan tersebut terjadi karena adanya enzim yang dihasilkan oleh nomor ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
16. Fungsi enzim
lipase adalah ….
a. Mengubah zat
tepung menjadi zat gula
b. mengubah protein
menjadi asam amino
c. Mengubah lemak
menjadi asam lemak dan gliserol
d. mengubah
17. Perhatikan
organ system pencernaan berikut!
Enzim yang dapat
menguraikan amilum menjadi gula maltose dihasilkan oleh organ yang
ditunjuk oleh nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
18. Perhatikan
tabel enzim dan organ pencernaan berikut!
NO
|
ENZIM
|
ORGAN
|
1
|
renin
|
Pankreas
|
2
|
lipase
|
Hati
|
3
|
pepsin
|
Lambung
|
4
|
HCl
|
pankreas
|
Data yang benar
tentang enzim dan organ pencernaan yang menghasilkannya ditunjukkan oleh ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
19. Enzim yang
terlibat dalam proses pencernaan karbohidrat pada usus halus adalah ….
a. amilase
b. lipase
c. protease
20. Tangan Ani
terluka saat memotong wortel, lalu dengan cepat dia menutup luka dengan ibu
jarinya. Beberapa saat kemudian lukanya tidak berdarah lagi. Bagian darah yang
berperan dalam penutupan luka tersebut adalah ….
a. Serum dan
fibrinogen
b. fibrinogen dan
keeping darah
c. keping darah dan
plasma darah
d. plasma darah dan
serum
21. Urin sekunder
merupakan hasil proses pembentukan urin di ginjal pada tahap ….
a. filtrasi
b. reabsorbsi
c. augmentasi
d. fiksasi
22. Penyerapan
kembali zat dalam urine primer yang masih berguna merupakan proses pembentukan
urine tahap ….
a. filtrasi
b. reabsorbsi
c. augmentasi
d. imbibisi
23. Rini memetik
bunga , tiba-tiba ia menjerit karena jarinya tertusuk duri tanaman bunga
tersebut. Mekanisme gerak yang terjadi ketika jari Rini tertusuk duri adalah ….
a. Reseptor –
neuron sensoris – sumsum medula spinalis – neuron motoris – efektor
b. efektor – neuron
sensoris – sumsum medula spinalis – neuron motoris – reseptor
c. reseptor –
motoris – saraf pusat – neuron sensoris – efektor
d. efektor – neuron
motoris – saraf pusat – neuron sensoris – reseptor
24. Perhatikan
beberapa jaringan pada batang tanaman dikotil berikut!
1)
Jaringan meristem
2)
Jaringan parenkim
3)
Jaringan epidermis
4)
Jaringa floem dan xylem
Jaringan yang
mengalami pertumbuhan dan mengalami spesialisasi membentuk bagian lain pada
tumbuhan adalah ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
25. Ganggang hijau
bersel satu apabila diberikan rangsang cahaya maka yang terjadi adalah ….
a. bergerak menjauh
dari sumber cahaya
b. akan tetap diam
di tempat semula
c. bergerak menuju
tempat yang banyak cahaya
d. mula-mula
mendekat kemudian menjauh
26. Ani melakukan
percobaan dengan menanam 5 biji kacang merah dalam posisi yang berbeda-beda.
Setelah beberapa hari tampak biji tumbuh seperti ditunjukkan peda gambar.
Berdasarkan percobaan tersebut pernyataan yang sesuai adalah ….
a. pertumbuhan akar
selalu mengarah ke atas
b. arah tumbuh daun
menuju ke arah bawah
c. akar tumbuh ke
atas kemudian ke arah
d. pertumbuhan
batang menuju ke arah atas
27. Pada Percobaan
fotosintesa, apabila daun yang telah direbus tersebut ditetesi lugol maka
bagian yang tidak ditutup kertas karbon berwarna biru kehitaman dan bagian yang
ditutup kertas karbon berwarna pucat. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a. pada bagian daun
yang ditutup kertas karbon telah terjadi fotosintesa
b.pada bagian daun
yang berwarna biru hitam tidak terjadi fotosintesa
c. pada daun
tersebut tidak terjadi fotosintesa
d. untuk
berfotosintesis tumbuhan memerlukan sinar matahari
28. Perhatikan
pernyataan dari jaringan tumbuhan berikut!
NO
|
Jaringan
|
Fungsi
|
1
|
Jaringan pagar
|
Tempat
fotosintesa
|
2
|
Jaringan
sklerenkim
|
Penyokong
|
3
|
Jaringan bunga
karang
|
Tempat
fotosintesis
|
4
|
Jaringan kolenkim
|
Penyokong
|
Pernyataan yang
tepat antara jaringan dan fungsinya adalah nomor ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
29. Pada musim
kemarau, kelompok tumbuhan tropofit bertahan hidup dengan cara ….
a. menggiatkan
fotosintesis untuk pertumbuhan
b. memperbesar
batang untuk cadangan makanan
c. memanjangkan
akar untuk menyerap air
d. menggugurkan
daun untuk mengurangi penguapan
30. Lumba-lumba
adalah salah satu mamalia yang hidup di air yang memiliki ciri-ciri sebagai
berikut
1)
Bergerak dengan sirip
2)
Bernafas dengan paru-paru
3)
Bentuk tubuh lonjong seperti terpedo
4)
Secara berkala muncul ke permukaan
Dari ciri tersebut
manakah yang merupakan bentuk perilaku dalam usaha mempertahankan kelangsungan
hidupnya?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
30. Perhatikan data
hasil persilangan berikut!
BK
|
Bk
|
bK
|
bk
|
|
Bk
|
BBKkBulat kuning
|
BBkkBulat hijau
|
BbKkBulat kuning
|
BBbkkBulat hijau
|
bk
|
BbKkBulat kuning
|
BbkkBulat hijau
|
bbKkkeriput
kuning
|
BbkkKeriput hijau
|
Maka fenotip dan
genotip parentalnya adalah ….
a. bulat
kuning (BbKk) dengan bulat kuning (BbKk)
b. bulat kuning
(BbKk) dengan bulat hijau (Bbkk)
c. bulat hijau
(Bbkk) dengan bulat hijau (Bbkk)
d.keriput hijau
(bbkk) dengan bulat kuning (BbKk)
31. Tikus berambut
hitam kasar (BBDD) disilangkan dengan tikus berambut putih halus (bbdd) .
Apabila gen hitam dan gen kasar memiliki sifat dominan , maka jika F1
disilangkan dengan salah satu induknya perbandingan genotip F2nya adalah ….
a. 9 : 3 : 3 : 1
b. 4 : 3 : 2 : 1
c. 2 : 2 : 1 : 1
d. 1 : 1 : 1 : 1
32. Manfaat teknik
perbanyakan kultur jaringan adalah diperoleh individu baru yang memiliki
keunggulan ….
a. sifat sama
dengan induknya, jumlah banyak
b. jumlah banyak
dan sifat variasi dari induknya
c. sifat berbeda
dengan induknya dan bebas hama
d. jumlah sedikit
dan bebas dari penyakit
33. Mikroorganisme
yang berperan dalam pembuatan tape adalah ….
a.
Aspergillus wentii
b.
Saccharomyces sp
c. Neurospora sp
d. Rhyzopus
oryzae
34. Bakteri
Eschericia coli transgenik yang telah dikloning dengan gen insulin manusia
dapat menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang banyak dan kualitas yang
baik. Manfaat hasil dari produk bioteknologi ini adalah untuk ….
a. pengobatan darah
tinggi
b. pengobatan
kencing manis
c. pemisahan logam
dan polutan
d. mendapatkan
antibodi
35. Perhatikan
daftar zat aditif pada bahan makanan berikut ini!
1)
Natrium benzoate
2)
Sakarin
3)
Tartrazin
4)
Caramel
5)
Sorbitol
Berdasarkan daftar
tersebut yang merupakan bahan pemanis buatan adalah ….
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
36. Penggunaan
bahan kimia menimbulkan efek samping diantaranya :
1)
Rusaknya fungsi organ tubuh
2)
Membuat kecanduan
3)
Menghilangkan kesadaran
Bahan kimia yang
memiliki efek samping tersebut adalah ….
a. vitamin
b. narkotika
c. antibiotik
d. penyedap
37. Zat aditif yang
biasa ditambahkan pada bahan makanan sebagai pemanis adalah ….
a. MSG
b. tartrazine
c. natrium benzoat
d. sakarin
38. Ciri-ciri orang
yang menggunakan zat adiktif/psikotropika :
1)
hilang kepercayaan diri
2)
lamban kerja
3)
mual-mual dan muntah
4)
penghayal
5)
gangguan pada system saraf
6)
menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
Ciri psikis orang
pengguna zat adiktif/psikotropika adalah ….
a. 1,2, dan 3
b. 1,3, dan 5
c. 1,4, dan 6
d. 2, 3 dan 5
39. Manakah yang
merupakan contoh produk bioteknologi modern?
a. Pemberantasan
hama dengan jantan mandul.
b. Pembuatan bibit
unggul dengan kultur jaringan.
c. Pembuatan tempe
dengan menggunakan jamur.
d. Pembuatan
insulin dengan menggunakan bakteri.
40. Bunglon
mengelabuhi musuh untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan cara
….
a. pura-pura mati
b. bersuara
menakut-nakuti musuhnya
c. mengeluarkan
aroma yang menyengat
d. mengubah warna
kulit sesuai dengan lingkungannya
41. Dilakukan
persilangan antara tanaman kembang sepatu warna putih (mm) dengan tanaman
kembang sepatu warna merah (MM). Warna merah dominan terhadap warna putih ,
jika keturunan pertama(F1)disilangkan sesamanya akan dihasilkan keturunan pada
F2 dengan perbandingan fenotip ….
a. merah : unggu :
putih = 1 : 2 : 1
b. merah : unggu :
putih = 1 : 1 : 2
c. merah : putih =
3 : 1
d. merah : putih =
1 : 1
42. Sifat-sifat
yang lebih unggul dari dua tanaman yang berbeda dapat diperoleh dengan
mengembangbiakkan tanaman melalui proses ….
a. mencangkok dan
merunduk
b. menempel dan
menyambung
c. merunduk dan
menyambung
d. menyambung dan
mencangkok
43. Manakah
yang merupakan contoh produk bioteknologi modern?
a. Pemberantasan
hama dengan jantan mandul
b. Pembuatan bibit
unggul dengan kultur jaringan
c. Pembuatan tempe
dengan menggunakan jamur
d. Pembuatan
insulin dengan menggunakan bakteri
44. Di dalam
kemasan makanan sering tercantum komposisi makanan sebagai berikut :
1)
kurkumin
2)
karamel
3)
amaranth
4)
sunset yellow
manakah yang
termasuk pewarna alami?
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 2 dan 4
45. Orang yang
mabuk sehabis minum minuman keras dapat berbuat di luar kesadarannya karena ….
a. menggalami
gangguan jiwa
b. saraf pusatnya
menjadi pasif
c. saraf
penglihatannya terganggu
d. koordinasi
motorik terganggu
No comments:
Post a Comment