Sunday, February 28, 2016

REAL SOAL UN BIOLOGI 2016

Judul Postingan ini ada alasannya karena pengamatan detail setiap ada UN dilaksanakan . Dan kita tentu tahu bahwa UN selalu diujikan terus setiap tahun , namun apakah Prediksi ini 100 % sama atau tidak sama itu bukan berarti . 
Yang pasti harus segera move on menangkap signal prediksi soal Biologi ini he saudara mudaku semua

Maksudnya UN itu tidak sulit ... Hanya karena takut / banyak materi dan ditakuti, ragu-ambigu dan alasan menjijikkan lain yang nggak berguna sehingga menjadi Malay...hilangkan itu semua hayo temens bangkit lah jiwa ragamu bersama Blog ini OK .

Ada perubahan di soal yang sebelumnya itu pasti, namun diyakini ada hal yang kajiannya tetap. karena teorinya sudah baku dan tidak bervariasi. Kali ini saya paparkan Progress Ujian Nasional Biologi yang mungkin tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya ( yang tidak digunakan saya beri marker hijau, Penggantinya kuning sedang yang tetep keluar tetap putih OK )


TARGET SOAL YANG AKAN DIUJI 

  • Disajikan permasalahan dari objek biologi/bidang tertentu, siswa dapat menjelaskan solusinya atau Siswa dapat menjelaskan peran virus atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok mirip jamur tertentu berdasarkan cirri-cirinya

  1. Siswa dapat menjelaskan peran eubacteria yang menguntungkan/ merugikan bagi kehidupan
  2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Protozoa tertentu berdasarkan ciri-cirinya atau Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok Alga tertentu berdasarkan ciri-cirinya serta VIRUS
  3. Siswa dapat menentukan Keanekaragaman Hayati kehidupan yang ada didunia ini dengan memahami Keanekaragaman Genetik, Species dan Ekosistem)
  4. Siswa dapat menentukan dasar pengelompokkan hewan invertebrata pada tingkatan takson tertentu berdasarkan ciri-cirinya ( Phyllum sampai Kelas saja)
  5. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari usaha pelestarian SDA tertentu atau soal dengan disajikan contoh pelestarian SDA, siswa dapat menentukan macam pelestarian SDA yang dilakukan
  6. Siswa dapat mengidentifikasi jenis/kelompok tumbuhan pada tingkatan takson tertentu berdasarkan cirri-cirinya (dari Divisio sampai Kelas )
  7. Disajikan daur hidup invertebrata tertentu siswa dapat mengidentifikasi tahapan perekembangbiakannya atau Siswa mampu mendudukkan species suatu mahkluk hidup dengan menggunakan Kunci Determinasi 
  8. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata pada tingkatan takson tertentu
  9. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya
  10. Disajikan daur biogeokimia tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/ peristiwa yang ditunjuk
  11. Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan
  12. Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi dari contoh proses pengangkutan lewat membrane
  13. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan 2 organel sel dan fungsinya yang ditentukan
  14. Dideskripsikan suatu jaringan hewan, siswa dapat menjelaskan macam jaringan dan fungsinya atau Jaringan tumbuhan yang penting dengan Perannya 
  15. Disajikan deskripsi/gambar otot yang kontraksi/relaksasi , siswa dapat menjelaskan mekanisme gerakan yang terjadi
  16. Siswa dapat menjelaskan aliran darah dari fungsi kerja jantung atau Siswa dapat menjelaskan penyakit/gangguan system peredaran darah
  17. Disajikan deskripsi/gambar organ pencernaan tertentu, siswa dapat menjelaskan proses pencernaan kimiawi yang terjadi
  18. Disajikan deskripsi/gambar system pernafasan, siswa dapat menjela skan mekanisme pernafasan dada atau soal dengan Disajikan proses bernafas, siswa dapat menjelaskan macam udara pernafasan dan volume udaranya atau bisa juga gangguannya artinya Disajikan deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  19. Siswa dapat menjelaskan proses ekskresi melalui nefron atau bisa juga soal bertanya dengan penyajian deskripsi suatu gangguan/penyakit pada system eksktresi, siswa dapat menjelaskan penyebab/akibatnya
  20. Siswa dapat menjelaskan mekanisme aliran impuls dalam neuron/system saraf atau Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja mata/telinga/hidung
  21. Siswa dapat menjelaskan pembentukan ovum/menstruasipada wanita
  22. Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan antibody
  23. Disajikan deskripsi percobaan pertumbuhan dari pengaruh factor luar, siswa dapat menginterpretasi data/hasil percobaan
  24. Disajikan data kinerja percobaan enzim, siswa dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
  25. Disajikan diagram katabolisme karbohidrat, siswa dapat menjelaskan proses yang ditentukan
  26. Disajikan deskripsi proses respirasi aerob, siswa dapat menjelaskan produk yang dikeluarkan/dihasilkan
  27. Disajikan deskripsi/gambar tahapan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  28. Disajikan deskripsi respirasi anaerob, siswa dapat menjelaskan proses/hasil yang diperoleh
  29. Disajikan gambar/deskripsi polinukleotida DNA/RNA, siswa dapat menjelaskan struktur yang ditentukan
  30. Disajikan tabel/deskripsi, siswa dapat menjelaskan perbedaan struktur DNA dan RNA
  31. Disajikan deskripsi/gambar tahapan sintesis protein, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi
  32. Disajikan gambar mitosis/meiosis, siswa dapat menjelaskan tahapan pembelahan yang ditentukan
  33. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  34. Disajikan deskripsi persilangan semu hk Mendel, siswa dapat mengintepretasi hasil persilangan yang ditentukan
  35. Disajikan deskripsi/pedigree pewarisan cacat/penyakit menurun, siswa dapat mengidentifikasi pewarisan sifat tersebut atau pertanyaan soal yang Disajikan kasus/gambar mutasi kromosom, siswa dapat menjelaskan mutasi yang terjadi
  36. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis dari ahli tertentu, siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi
  37. Siswa dapat menjelaskan pernyataan yang mendukung teori evolusi berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari ahli tertentu
  38. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi modern tertentu
  39. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  40. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan


INI PREDIKSI VARIASI SEBARANNYA








PREDIKSI SOAL UN






Prediksi 1

1A. Kunci Determinasi
2A. Keanekaragaman Tk. Gen
3A. Peranan Bakteri
4A. Ciri Fungi pada ciri Divisio dan Species
5A. Ciri Protozoa
6A. Metagenesis Bryophyta dan Pterydophyta
7A. Siklus Coelenterata / Cacing pita / Cacing Hati
8A. Mendeskripsi Ciri salah satu Kelas vertebrata l
9A. Daur nitrogen
10A.Eutrofikasi
11A.Identifikasi gambar organel dan fungsinya
12A.Mekanisme osmosis
13A.Struktur akar
14A.Membedakan Jaringan otot berdasarkan gambar
15A.Dengan gambar mampu menentukan jenis persendian
16A.Kelainan/penyakit
17A.Organ pencernaan dan fungsi berdasar gambar yang tersedia
18A.Mekanisme Pernafasan berdasarkan gambar/pernyataan
19A.Gangguan dan Penyakit system ekskresi dengan data Tabel Lab
20A.Membedakan peran saraf simpatis dan saraf parasimpatis
21A.Peranan hormon pada Reproduksi manusia dalam Menstruasi
22A.Hormon pertumbuhan dan pengaruhnya
23A. Menganalisa Tabel data hasil percobaan pertumbuhan dan Interpretasinya.
24A.Menentukan grafik dari berbagai pengaruh faktor luar thd fungsi enzim katalase
25A.Mendeskripsikan tahapan katabolisme karbohidrat
26A.Hasil reaksi fermentasi
27A.Disediakan gambar kloroplas, dapat menentukan proses dan tempat reaksi terang
28A.Disediakan skema reaksi Calvin Benson bisa menentukan proses yang terjadi
29A.Menganalisis hasil ekperimen fotosintesis
30A.Menentukan struktur nukleotida
31A.Menentukan Kodon berdasarkan
32A.Menafsirkan perilaku kromosom pada setiap tahapan mitosis kodogen
33AMembandingkan oogenesis dan spermatogenesis berdasarkan gambar/tabel
34A.Persilangan Hukum Mendel
35A.Karyotype kromosom manusia syndrome
36A.Percobaan Stanley Miller berdasarkan
37A.Homologi gambar/skema
38A.Syarat Hukum Hardy-Weinberg
39A.Dampak transgenik
40A.Proses bioteknologiModern

Prediksi 2

1B. Tatanama Binomial
2B. Keanekaragaman Tk. ekosistem /Tk Gen/Tk Species
3B. Peran Bakteri Positif
4B. Peranan Fungi dengan Deskripsi kata /deskripsi gambar
5B. Ciri kelompok Algae
6B. Specifikasi tanaman Gymnospermae
7B. Siklus hidup Cacing tambang
8B. Karakter hewan Vertebrata
9B. Daur karbon/oksigen
10B.Peranan manusia dalam pelestarian lingkungan
11B.Identifikasi fungsi organel berdasarkan ciri atau Gambar
12B.Mengidentifikasi jenis transport zat melalui membran
13B.Ciri jaringan Tumbuhan
14B.Fungsi Jaringan pada organ hewan berdasarkan gambar
15B.Mekanisme gerak otot
16B.Sistem peredaran darah (Gambar peredaran darah kecil/besar)
17B.Gangguan dan penyakit system sirkulasi dengan data tabel
8B.Gangguan /penyakit Respirasi
19B.Struktur nefron dan pembentukan urine berdasarkan gambar dengan specifikasi nya
20B.Struktur atau fungsi mata/telinga berdasarkan gambar
21B.Menjelaskan struktur dan fungsi alat reproduksi wanita berdasarkan gambar
22B.Pengaruh matahari terhadap pertumbuhan batang
23B.Menjelaskan berbagai variabel percobaan
24B.Menganalisa data hasil percobaan enzim katalase.
25B.Menentukan hasil dari tahapan itu proses katabolisme atau Anabolisme
26B.Perbedaan respirasi aerob dan anaerob
27B.Disediakan gambar kloroplas, dapat menentukan hasil dan tempat reaksi terang
28B.Proses reaksi Calvin Benson berdasarkan skema
29B.Mendeskripsikan eksperimen Ingenhouse berdasarkan gambar/kasus
30B.Membedakan DNA dan RNA
31B.Menentukan asam amino berdasarkan urutan basa nitrogen pada DNA/RNA dalam gambar atau deskripsi kalimat
32B.Menafsirkan perilaku kromosom pada setiap tahapan meiosis
33B.Mendeskripsikan oogenesis
34B.Penyimpangan Semu Hukum Mendel atau Dihibrid Mendel
35B.Membaca Pedigree manusia
36B.Percobaan Louis Pasteur berdasarkan gambar/skema
37B.Petunjuk evolusi
38B.Soal hitungan hukum Hardy-Weinberg heterozygot
39B.Peranan Boteknologi dalam bidang kesehatan
40B.Proses bioteknologi Konvensional 



SILAHKAN KLIK INI UNTUK LATIHANNYA
 

Prediksi 3

1C. Klasifikasi berbagai hewan mampu menentukan kelompoknya
2C. Keanekaragaman tk. Spesies
3C. Peranan bakteri , Menguntukngkan atau yang bikin Penyakit
4C. Perbedaan masing masing kelompok Fungi dengan gambar / Deskripsi kkalimat
5C. Peranan Protozoa
6C. Mendeskripsikan kelompok Plantae itu Lumut-Paku-Gymnos atau Angios
7C. Siklus hidup Wuchereria bancrofti
8C. Membandingkan Ciri vertebrata dengan deskripsi kalimat
9C. Tingkat trofik dan jaring-jaring makanan/Suksesi
10C.Efek rumah kaca/ dan bolongnya ozon di kutub / Acid Rain
11C.Membandingkan sel hewan dan sel tumbuhan
12C.Kasus sel ditempatkan di lingkungan tertentu berdasarkan gambar krenasi atau hemolisis , Plasmolisis atau peningkatan Turgiditas
13C.Struktur batang
14C.Struktur usus sebagai organ berdasarkan gambar disuruh menentukan jaringannya
15C.Kelainan/sakit penyakit berkaitan dengan sistem gerak
16C.Proses pembekuan darah
17C.Uji makanan
18C.Mekanisme pengangkutan gas
19C.Identifikasi fungsi organ ekskresi berdasarkan gambar
20C.Gangguan /Penyakit System Indra
21C.Menjelaskan struktur & fungsi alat repr. pria berdasar gambar yang disediakan
22C.Peranan Hormon tumbuh dalam bidang pertanian
23C.Grafik pertumbuhan dan interpretasinya
24C.Menjelaskan berbagai variabel percobaan
25C.Membedakan tahapan tahapan katabolisme/respirsi
26C.Macam-macam fermentasi
27C.Proses rekasi fotolisis berdasarkan skema
28C.Disediakan gambar kloroplas, dapat menentukan hasil dan tempat reaksi terang
29C.Mendeskripsikan eksperimen Sachs berdasarkan gambar/kasus
30C.Hubungan gen dan kromosom
31C.Menentukan urutan proses sintesis protein berdasarkan skema
32C.Membedakan tahapan Mitosis dan Meiosis
33C.Mendeskripsikan spermatogenesis
34C.Hereditas manusia
35C.Mutasi Gen berdasarkan skema
36C.Proses Evolusi kimia - evolusi biologi
37C.Perbedaan Evolusi darwin dan Lamarck3
8C.Soal hitungan hukum Hardy weinberg homozygote
39C.Peranan Boteknologi dalam bidang pertanian / pertambangan .
40C. Contoh hasil Bioteknologi Modern / Konvensional

Semoga OK dari 3 Prediksi ini dapatlah 85 minimal hehehehe


ini sekedar contoh jepretan foto kiriman anak anak yang nggak bisa ngerjakan jawabannya ditanyakan ke saya, dan saya lihat mirip dengan prediksinya ....sepertinya diambil dari detik detik UN ....bagi yang ada dipelosok ini bisa untuk latihan ( maaf intan pariwara ini serba memberikan semangat aja) nggak ada preminya untuk saya ...tks 

Agar bisa dibaca klik kanan open link in the tab setelah itu Zoom Out OK 









JAWABAN 








TRY AGAIN

















No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL